• 9 Oatmeal yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 9 Oatmeal yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 9 Oatmeal yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 9 Oatmeal yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 9 Oatmeal yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022) 5

9 Oatmeal yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang terbuat dari oat dan berbentuk tepung kasar. Oat sendiri adalah jenis biji-bijian tinggi serat serta kaya nutrisi. Banyak orang menjadikan oat sebagai salah satu sumber karbohidrat alternatif karena dianggap lebih baik untuk kesehatan.


Apabila Anda berencana mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi, kami akan merekomendasikan oatmeal terbaik dari berbagai merek. Ada QUAKER, Haverjoy, dan Oatsy. Kami juga akan menjabarkan poin-poin yang sebaiknya diperhatikan agar Anda bisa memilih produk oatmeal yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Disimak, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Evrina Budiastuti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 01 Desember 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger, Evrina Budiastuti, SP.

Profil pakar: Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger, Evrina Budiastuti, SP.
Evrina Budiastuti
Penyuluh pertanian dan lifestyle blogger
Evrina Budiastuti

Evrina adalah penyuluh pertanian yang bekerja di Kabupaten Bogor. Selama lebih dari 10 tahun, Evrina bertugas membina para petani dan kelompok tani, terutama untuk subsektor tanaman pangan dan hortikultura.

Evrina tengah memperkenalkan digitalisasi bidang pertanian untuk memperkuat promosi dan pemasaran produk pertanian di wilayah binaan. Ia juga gemar berbagi informasi dunia pertanian melalui berbagai kanal digital seperti blog, podcast, dan berbagai media sosial.

Manfaat oatmeal untuk kesehatan

Manfaat oatmeal untuk kesehatan

Oatmeal dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang tinggi serat dan kaya nutrisi. Oleh karena itu, banyak orang menjadikannya sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi, terutama saat sarapan. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa oatmeal dikatagorikan sebagai makanan sehat.


  • Mengandung banyak nutrisi

Di dalam oat, setidaknya terkandung lima puluh nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh. Selain ada karbohidrat dan serat, terkandung pula protein, vitamin, zat besi, kalsium, magnesium, dan sebagainya.


  • Oatmeal tinggi serat, cocok untuk diet

Oatmeal juga kaya akan serat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet. Kandungan serat yang tinggi dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan Anda untuk makan terlalu banyak dan ngemil dapat diminimalkan. Berat badan Anda pun kemungkinan akan lebih terjaga.


  • Kadar kolesterol dan gula lebih terjaga

Oatmeal juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula di dalam darah. Dalam Mediakom Kementerian Kesehatan RI dituliskan bahwa oat memiliki serat beta-glucan. Serat ini berperan dalam menghambat atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. 


Jika kadar LDL turun, risiko penyakit jantung pun dapat menurun. Hal ini juga berperan dalam proses penyerapan gula sehingga kadar gula dalam darah selalu terjaga. Risiko diabetes tipe dua pun dapat dihindari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih oatmeal

Ada banyak produsen oatmeal yang memasarkan beragam jenis oatmeal dengan keunggulannya masing-masing. Agar Anda lebih mudah ketika memilih produk oat, perhatikanlah tips di bawah ini terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan jenis oatmeal

Meski sama-sama oatmeal, tahukah Anda jika setidaknya ada empat jenis oatmeal di pasaran? Supaya Anda bisa mendapatkan manfaatnya, Anda sebaiknya mengetahui macam-macam oatmeal tersebut sebelum membelinya.

Oatmeal instan, penyajiannya praktis

Oatmeal instan, penyajiannya praktis

Oatmeal instan adalah jenis yang paling praktis. Cara penyajian oatmeal jenis ini sangat mudah karena hanya perlu diseduh. Oatmeal instan memang mempunyai tekstur paling tipis dan halus dibandingkan jenis lainnya. Anda dapat menyeduh oatmeal ini di mana saja, baik di indekos, kantor, bahkan saat traveling sekalipun. Apalagi banyak produsen yang membuatnya dalam kemasan saset atau kemasan cup.


Kepraktisan oatmeal instan didapat dari proses pengolahan yang panjang. Oat yang digunakan harus melalui proses pengukusan, penggilingan, hingga pengeringan. Jadi, tidak heran bila tekstur akhir yang dihasilkan pun lebih halus dan menyerupai bubur.


Oatmeal instan cocok untuk Anda yang baru memulai mengonsumsi oatmeal. Hal ini karena ada banyak produk dengan berbagai varian rasa. Jadi, Anda dapat mulai mencoba oatmeal dengan rasa yang paling disukai.

Quick cooking oats, proses masaknya lebih cepat

Quick cooking oats, proses masaknya lebih cepat

Quick cooking oats merupakan jenis oat yang mirip seperti oatmeal instan. Proses produksinya nyaris sama, tetapi jenis ini melalui proses pengukusan yang lebih cepat. Tekstur quick cooking oats juga lebih kasar dibandingkan oatmeal instan.


Karena itu, oatmeal jenis ini harus melalui proses pemanasan beberapa menit sebelum disajikan. Meski harus dimasak, prosesnya tak membutuhkan waktu yang lama. Anda hanya perlu merebusnya selama 3–5 menit dan oatmeal pun siap disajikan.

Rolled oats, dapat dikreasikan dengan berbagai resep

Rolled oats, dapat dikreasikan dengan berbagai resep

Rolled oats memiliki bentuk yang lebih jelas dan pipih. Rolled oats berasal dari oat goats yang dikukus dan dipipihkan. Proses yang pendek tersebut membuat kandungan minyak sehat di dalamnya terjaga dengan baik. Menurut Mediakom Kemeterian Kesehatan RI, rolled oats perlu dimasak dalam waktu sekitar 10–15 menit.


Oat jenis ini juga biasa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan bahan makanan sehat lain, seperti muesli dan granola. Anda dapat menggunakan rolled oats untuk berkreasi dengan beragam resep, seperti overnight oat atau berbagai olahan kue. Jadi, Anda tidak akan merasa bosan untuk menikmatinya.

Steel cut oat, pilihan tepat untuk diet terbaik

Steel cut oat, pilihan tepat untuk diet terbaik

Steel cut oat adalah jenis oatmeal yang paling pendek proses produksinya sehingga memiliki kandungan gizi yang paling tinggi. Groat oat yang telah dikuliti akan dipanggang dalam suhu rendah dan dipotong menggunakan pemotong dari baja. 


Oatmeal jenis ini tidak melalui proses pemipihan sehingga bentuknya tampak lebih kasar. Selain itu, tekstur dan cita rasa oatmeal jenis ini juga lebih kuat dibandingkan jenis oatmeal lainnya.


Untuk menyajikan oatmeal jenis ini, Anda harus memasaknya dalam waktu lebih lama. Setidaknya Anda membutuh waktu sekitar 20–30 menit supaya oatmeal siap disantap. Meskipun begitu, kandungan serat dan protein di dalamnya lebih tinggi. Apabila Anda sedang menjalankan program diet, steel cut oat adalah jenis oatmeal terbaik yang bisa Anda pilih.

Pertimbangkan adanya varian rasa

Pertimbangkan adanya varian rasa

Untuk menarik minat konsumen, saat ini banyak produsen oatmeal yang berlomba-lomba membuat oatmeal dengan beragam varian rasa. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan alternatif, terutama untuk Anda yang baru memulai mengonsumsinya. Dengan adanya varian rasa, oatmeal tak lagi terasa hambar meskipun Anda tidak menambahkan apa pun ke dalamnya.


Anda bisa memilih varian rasa manis, misalnya buah-buahan dan cokelat. Selain itu, ada juga rasa kopi, charcoal, hingga green tea. Beberapa produsen bahkan menyediakan varian rasa yang gurih asin, seperti soto dan kari. Sayangnya, varian rasa asin sudah mulai sedikit dijual di e-commerce.

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Oatmeal tersedia dalam berbagai merek dan kemasan sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Untuk alasan kepraktisan dan portabilitas, Anda bisa pilih oatmeal instan dengan kemasan saset atau cup.


Begitu juga saat akan mencicipi salah satu produk, sebaiknya pilih kemasan yang relatif kecil. Hal ini sebagai antisipasi kalau Anda tidak menyukai rasanya. Namun, jika Anda sudah cocok dengan satu produk, akan lebih hemat bila memilih kemasan besar.

9 Rekomendasi oatmeal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk oatmeal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update Juli 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa QUAKER Instant Oatmeal memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Bob’s Red Mill Gluten Free Steel Cut Oats yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 8 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.


Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Evrina Budiastuti, SP.

Gambar produk
1
QUAKER  Instant Oatmeal 1

QUAKER

2
Minime Minimeal Instant Oatmeal 1

Minime

3
Haverjoy Havermix Rolled Oats & Barley Flakes 1

Haverjoy

4
Federal Oats Mills CAPTAIN - Quick Cook Oatmeal 1

Federal Oats Mills

5
Lowan  Rolled Oats 1

Lowan

6
Minko by Aiko Food Oatmeal Buah Sereal Oats 1

Minko by Aiko Food

7
Bob’s Red Mill Gluten Free Steel Cut Oats 1

Bob’s Red Mill

8
Bob’s Red Mill  Gluten Free Apple Cinnamon Oatmeal Cup 1

Bob’s Red Mill

9
Oatsy Gluten Free Instant Oatmeal 1

Oatsy

Nama produk

Instant Oatmeal

Minimeal Instant Oatmeal

Havermix Rolled Oats & Barley Flakes

CAPTAIN - Quick Cook Oatmeal

Rolled Oats

Oatmeal Buah Sereal Oats

Gluten Free Steel Cut Oats

Gluten Free Apple Cinnamon Oatmeal Cup

Gluten Free Instant Oatmeal

Keunggulan

Terbuat dari 100% biji oat utuh yang mengandung beta glucan

Nikmati oatmeal yang enak dengan 5 varian rasa

Perpaduan bahannya bikin serat makin tinggi, cocok untuk diet

Sarapan sehat dengan proses masak yang cepat!

Kreasikan resep Anda dengan oatmeal yang rendah garam

Teksturnya lembut, cocok untuk bayi di atas 8 bulan

Bebas gluten, cocok untuk Anda yang intoleransi gluten

Super praktis, cocok juga untuk Anda yang sakit maag

Rendah gula, pilihan tepat untuk diabetesi

Harga mulai dariRp 12.800,00Rp 10.000,00Rp 18.000,00Rp 11.700,00Rp 71.000,00Rp 29.000,00Rp 159.000,00Rp 59.000,00Rp 46.500,00
JenisInstan oatmealOatmeal instanRolled oatsQuick cook oatsRolled oatsOatmeal instanSteel cut oatsInstan oatmealInstant oatmeal
RasaOriginalOriginal, charcoal, kopi, teh hijau, cokelatOriginal, barleyOriginalOriginalPisang, stroberi, alpukat, cokelatOriginalApple cinnamonOriginal
Pilihan kemasan 200 g, 800 g, 1.000 g, 1.200 gSachet (isi 50 g)500 g, 1.000 gPouch (200 g, 400 g, 500 g, 800 g, 1.100 g)・Stoples (500 g, 1.000 g, 1.200 g)1.000 g200 g680 gCup (67 g)500 g
Tautan produk
9
JenisInstant oatmeal
RasaOriginal
Pilihan kemasan 500 g
8

Bob’s Red Mill Gluten Free Apple Cinnamon Oatmeal Cup

Mulai dari Rp 59.000,00

JenisInstan oatmeal
RasaApple cinnamon
Pilihan kemasan Cup (67 g)
7

Bob’s Red MillGluten Free Steel Cut Oats

Mulai dari Rp 159.000,00

JenisSteel cut oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan 680 g
6

Minko by Aiko FoodOatmeal Buah Sereal Oats

Mulai dari Rp 29.000,00

JenisOatmeal instan
RasaPisang, stroberi, alpukat, cokelat
Pilihan kemasan 200 g
5
Jenis oatmealRolled oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan 1.000 g
4

Federal Oats MillsCAPTAIN - Quick Cook Oatmeal

Mulai dari Rp 11.700,00

JenisQuick cook oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan Pouch (200 g, 400 g, 500 g, 800 g, 1.100 g)・Stoples (500 g, 1.000 g, 1.200 g)
3

HaverjoyHavermix Rolled Oats & Barley Flakes

Mulai dari Rp 18.000,00

Jenis oatmealRolled oats
RasaOriginal, barley
Pilihan kemasan 500 g, 1.000 g
2
JenisOatmeal instan
RasaOriginal, charcoal, kopi, teh hijau, cokelat
Pilihan kemasan Sachet (isi 50 g)
1
JenisInstan oatmeal
RasaOriginal
Pilihan kemasan 200 g, 800 g, 1.000 g, 1.200 g

Pertanyaan umum seputar oatmeal

Pertanyaan umum seputar oatmeal

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar oatmeal. Apabila Anda masih mempunyai pertanyaan seputar oatmeal, silakan simak jawaban di bawah ini.

Bolehkah makan oat setiap hari?

Jawabannya adalah boleh. Namun, Anda tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan dan tetap harus mengonsumsi makanan lainnya. Sesuaikanlah dengan AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang Anda butuhkan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin.

Bolehkah makan oat mentah?

Sebenarnya, makan oat mentah boleh-boleh saja, tetapi lebih direkomendasikan untuk mengolahnya terlebih dahulu. Anda bisa merendamnya di dalam air matang atau susu untuk menghindari efek lain yang tidak diinginkan, contohnya gangguan pencernaan.

Bolehkah makan oat saat diare?

Anda diperbolehkan mengonsumsi oatmeal saat diare. Namun, pastikan Anda tidak menambahkan produk olahan susu ke dalamnya. Menambahkan gula, sirup, atau mentega juga tidak disarankan.

Baca juga rekomendasi makanan sehat lainnya di sini

Apakah Anda sudah menemukan produk oatmeal terbaik dari rekomendasi kami di atas? Selain membahas oatmeal, kami juga telah memiliki artikel tentang makanan sehat yang lain, lho! Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang tinggi serat serta kaya nutrisi. Oatmeal sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang ingin menjaga kesehatan pencernaan atau sedang menjalani program diet. Beberapa jenis oatmeal memang harus dimasak cukup lama, tetapi banyak juga oatmeal instan yang praktis.


Semoga tips dan rekomendasi di atas dapat membantu Anda menemukan produk oatmeal terbaik. Jadi, Anda dapat mengonsumsi oatmeal dengan nikmat dan menjalankan pola makan lebih sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Baso Aci Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baso Aci Instan Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci yang enak. Anda bisa membeli baso aci instan dalam kemasan yang bagus dan praktis.Di artikel ini, kami membagikan rekomendasi baso aci instan terenak berserta cara memilihnya. Ada varian baso aci tulang rangu terenak dari Bapper. Ada juga merk baso aci instan recommended lainnya seperti Bensu, Mak Igun, dan Baso Aci Teh Shanty. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Makanan olahan kering
  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.  Dalam artikel ini kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Honey Stars, dan Energen, dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Nori (Rumput Laut) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nori atau rumput laut merupakan bahan makanan khas Jepang yang sering digunakan untuk membuat onigiri dan sushi. Tak hanya di Jepang, nori juga sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia karena terkenal memiliki rasa yang lezat dan gurih. Terlebih lagi, nori yang bagus memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan dapat dijadikan camilan diet.Nori yang enak dan dijual di pasaran pun beragam, misalnya merek MamaSuka, Man Jun, hingga Choripdong. Untuk itu, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi nori terbaik yang dapat Anda beli secara online beserta harganya. Selamat membaca!
    Makanan olahan kering
  • 10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Granola Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal granola dengan buah-buahan dan kacang-kacangan mengandung nilai gizi tinggi serta kaya akan serat. Selain sebagai menu sarapan, sereal ini bisa menjadi pilihan ideal saat menjalankan program diet karena rendah kalori. Ada beragam olahan makanan yang dapat dibuat dari sereal granola. Di artikel ini kami akan membagikan tips memilih sereal granola yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merk sereal granola yang enak, seperti East Bali Cashews, Chia-Yo, dan Granolab Muesli. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Yuk, mari disimak!
    Makanan olahan kering
  • 9 Kerupuk Rendah Kalori yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    9 Kerupuk Rendah Kalori yang Enak - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi masyarakat Indonesia, makan tanpa kerupuk pasti rasanya kurang lengkap. Teksturnya yang renyah dan garing sangat disukai karena menambah selera makan. Sayangnya, kerupuk biasanya dihindari karena jumlah kalorinya yang cukup banyak.Kami akan berbagi tips memilih kerupuk rendah kalori yang dapat menjadi teman diet Anda. Kami juga merekomendasikan merek kerupuk terbaik, seperti Rengas Jaya, Purnama, dan Kerupuk Bocah Tua. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Bagi Anda pencinta kerupuk, simaklah artikel ini dan temukan bermacam kerupuk yang enak dijadikan camilan sehat!
    Makanan olahan kering
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori