• 10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Oatmeal yang Bagus (Terbaru Tahun 2021)

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang berupa tepung kasar dan terbuat dari oat. Oat sendiri adalah jenis biji-bijian yang mengandung serat tinggi serta kaya nutrisi. Oleh karena itu, banyak orang menjadikan oat sebagai salah satu sumber karbohidrat alternatif. Hal itu karena oat dianggap lebih sehat dan baik untuk kesehatan.


Bila Anda berencana mengonsumsi oatmeal sebagai pengganti nasi dalam waktu dekat, kami akan membantu Anda memilihnya. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi merk oatmeal yang bagus, seperti QUAKER, Haverjoy, dan Oatsy. Jadi, silakan simak artikel ini baik-baik!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Marantina
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Manfaat oatmeal untuk kesehatan

Manfaat oatmeal untuk kesehatan

Oatmeal dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang tinggi serat dan kaya nutrisi. Oleh karena itu, banyak orang menjadikannya sebagai salah satu sumber karbohidrat pengganti nasi terutama saat sarapan. Hal itu tentu bukan tanpa alasan. Di dalam oat, setidaknya terkandung lima puluh nutrisi penting yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain karbohidrat dan serat, terkandung pula protein, vitamin, zat besi, kalsium, magnesium, dan sebagainya. 


Dengan kandungan serat yang tinggi, oatmeal sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalankan program diet. Oatmeal dapat mencegah Anda makan terlalu banyak atau sering ngemil karena rasa kenyang yang dihasilkan tahan lebih lama. Dengan demikian, berat badan Anda pun dapat lebih terjaga.


Oatmeal juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula dalam darah. Serat yang terkandung dalam oatmeal mampu menghambat proses penyerapan kolesterol jahat (LDL) di dalam usus. Jika kadar kolesterol dan LDL makin turun, risiko penyakit jantung pun dapat menurun. Hal itu juga bekerja dalam proses penyerapan gula sehingga kadar gula dalam darah selalu terjaga. Risiko diabetes tipe dua pun dapat Anda hindari.


Tidak hanya itu saja, mengonsumsi oatmeal secara rutin juga dapat mengobati berbagai masalah pencernaan. Sebut saja masalah radang usus, sembelit, bahkan risiko terkena kanker usus besar.

Cara memilih oatmeal

Ada banyak produsen oatmeal yang memasarkan produknya yang beragam. Agar Anda lebih mudah memilihnya, cobalah perhatikan beberapa hal berikut.

Pilih berdasarkan jenis oatmeal

Meski sama-sama oatmeal, tahukah Anda jika setidaknya ada empat jenis oatmeal yang ada di pasaran? Nah, agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya, sebaiknya Anda ketahui keempat jenis oatmeal tersebut.

Oatmeal instan untuk sajian praktis

Oatmeal instan untuk sajian praktis

Oatmeal instan adalah jenis yang paling praktis. Cara penyajian oatmeal jenis ini sangat mudah karena hanya perlu diseduh. Oatmeal instan memang memiliki tekstur paling tipis dan halus bila dibandingkan dengan jenis lainnya. Anda bisa menyeduh oatmeal ini di mana saja, baik di indekos, kantor, maupun saat traveling sekalipun. Terlebih lagi, banyak produsen yang membuatnya dalam kemasan saset atau kemasan cup.


Kepraktisan oatmeal instan didapat dari proses pengolahan yang panjang. Oat yang digunakan harus melalui proses pengukusan, penggilingan, hingga pengeringan. Jadi, tidak heran bila tekstur akhir yang dihasilkan pun lebih halus dan menyerupai bubur. Jenis ini juga cocok untuk Anda yang baru memulai mengonsumsi oatmeal. Hal itu karena ada banyak produk dengan berbagai varian rasa. Anda bisa mulai mencoba dari rasa favorit Anda. 

Quick cooking oats untuk proses masak lebih cepat

Quick cooking oats untuk proses masak lebih cepat

Quick cooking oats merupakan jenis oat yang mirip seperti oatmeal instan. Bahkan, proses produksinya pun nyaris sama. Hanya saja, jenis ini melalui proses pengukusan yang lebih cepat. Tekstur quick cooking oats lebih kasar bila dibanding jenis instan. Oleh sebab itu, jenis ini harus melalui proses pemanasan beberapa menit sebelum disajikan. Meski harus dimasak, prosesnya tak membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa merebusnya selama 3-5 menit saja.

Rolled oat untuk kreasi berbagai resep

Rolled oat untuk kreasi berbagai resep

Rolled oat memiliki bentuk yang lebih jelas dan pipih. Jenis ini berasal dari oat goats yang dikukus dan dipipihkan. Proses yang pendek membuat kandungan minyak sehat di dalamnya terjaga dengan baik. Oat jenis ini juga biasa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan bahan makanan sehat lain, seperti muesli dan granola. Anda bisa mengkreasikan rolled oat dengan beragam resep seperti overnight oat atau berbagai olahan kue. Jadi, Anda tidak akan merasa bosan untuk menikmatinya.

Steel cut oat untuk diet terbaik

Steel cut oat untuk diet terbaik

Steel cut oat adalah jenis oatmeal yang paling pendek proses produksinya. Groat oat yang telah dikuliti akan dipanggang dalam suhu rendah dan dipotong menggunakan pemotong dari baja. Oatmeal jenis ini tidak melalui proses pemipihan sehingga bentuknya tampak lebih kasar. Oleh karena itu, untuk menyajikan oatmeal jenis ini, Anda harus memasaknya dalam waktu lebih lama. Setidaknya butuh waktu sekitar 20-30 menit agar oatmeal Anda siap disantap. 


Meski demikian, baik tekstur maupun cita rasa, oatmeal jenis ini lebih kuat dibanding jenis oatmeal lainnya. Begitu juga dengan kandungan serat dan protein di dalamnya yang lebih tinggi. Jika Anda sedang menjalankan program diet, steel cut oat adalah jenis oatmeal terbaik yang bisa Anda pilih.

Pertimbangkan adanya varian rasa

Pertimbangkan adanya varian rasa

Untuk menarik minat konsumen, saat ini banyak produsen oatmeal yang berlomba-lomba membuat oatmeal dengan beragam varian rasa. Hal ini tentu bisa menjadi pilihan alternatif, terutama untuk Anda yang baru memulai mengonsumsinya. Anda bisa memilih varian rasa manis misalnya buah-buahan dan cokelat. Selain itu, Anda juga bisa pilih varian rasa yang gurih asin, seperti soto dan kari. Dengan adanya varian rasa, oatmeal tak lagi terasa hambar meski Anda tak menambahkan apa pun ke dalamnya.

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Pilih ukuran kemasan sesuai kebutuhan

Oatmeal tersedia dalam berbagai merek dan kemasan sehingga Anda dapat memilih sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, untuk alasan kepraktisan dan portabilitas, Anda bisa pilih oatmeal instan dengan kemasan saset atau cup. Begitu juga saat akan mencicipi salah satu produk, sebaiknya pilih kemasan yang relatif kecil. Hal itu sebagai antisipasi kalau Anda tidak menyukai rasanya. Sementara itu, jika Anda sudah cocok dengan satu produk tertentu, akan lebih hemat bila Anda pilih kemasan besar.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi oatmeal terbaik

Setelah memahami cara memilih oatmeal, selanjutnya silakan siapkan keranjang belanjaan Anda. Kami memiliki beberapa rekomendasi produk oatmeal terbaik untuk Anda yang sayang untuk dilewatkan!

10
Jenis oatmealQuick cooking oats
RasaSoto ayam
Pilihan kemasan Box (4 saset, 12 saset)
9
Jenis oatmealRolled oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan 1 kg
8
Jenis oatmealSteel cut oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan 750 g
7
Jenis oatmealQuick cook oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan Pouch (200 g, 500 g, 800 g, 1,5 kg), stoples (500 g, 1 kg, 1,2 kg)
6

HaverjoyHavermix Rolled Oats & Barley Flakes

Mulai dari Rp 15.750,00

Jenis oatmealRolled oats
RasaOriginal, barley
Pilihan kemasan 500 g, 1 kg
5

Bob’s Red Mill Gluten Free Apple Cinnamon Oatmeal Cup

Mulai dari Rp 59.000,00

Jenis oatmealInstan oatmeal
RasaApple cinnamon
Pilihan kemasan Cup (67 g)
4

GerberLil’ Bits Cereal Oatmeal Banana Strawberry

Mulai dari Rp 93.700,00

Jenis oatmealInstan oatmeal
RasaBanana strawberry
Pilihan kemasan 227 g
3
Jenis oatmealInstan oatmeal
RasaOriginal
Pilihan kemasan 250 g, 750 g
2
Jenis oatmealInstan oatmeal
RasaOriginal
Pilihan kemasan 200 g, 800 g, 1 kg, 1,2 kg
1

Bob’s Red MillGluten Free Steel Cut Oats

Mulai dari Rp 175.000,00

Jenis oatmealSteel cut oats
RasaOriginal
Pilihan kemasan 680 g

Tabel perbandingan produk oatmeal terbaik

Gambar produk
1
Bob’s Red Mill Gluten Free Steel Cut Oats 1

Bob’s Red Mill

2
QUAKER  INSTANT OATMEAL 1

QUAKER

3
Oatsy  Instant Havermout/Oatmeal 1

Oatsy

5
Bob’s Red Mill  Gluten Free Apple Cinnamon Oatmeal Cup 1

Bob’s Red Mill

6
Haverjoy Havermix Rolled Oats & Barley Flakes 1

Haverjoy

7
CAPTAIN  Quick Cook Oatmeal 1

CAPTAIN

8
Oatsy Steel Cut Oats 1

Oatsy

9
Lowan  Rolled Oats 1

Lowan

10
QUAKER  Soto Ayam 1

QUAKER

Nama produk

Gluten Free Steel Cut Oats

INSTANT OATMEAL

Instant Havermout/Oatmeal

Gluten Free Apple Cinnamon Oatmeal Cup

Havermix Rolled Oats & Barley Flakes

Quick Cook Oatmeal

Steel Cut Oats

Rolled Oats

Soto Ayam

Keunggulan

Selain kualitas terbaik, oatmeal ini juga dijamin bebas gluten

Terbuat dari 100% biji oat utuh yang mengandung beta glucan

Cukup satu menit saja, Anda sudah bisa menyantapnya!

Super praktis! Siap santap dengan sekali seduh

Perpaduan bahan barley bikin serat makin tinggi

Sarapan sehat dengan proses masak yang cepat!

Konsumsi tiap hari sehatkan jantung dan hati

Kreasikan resep Anda dengan oatmeal yang rendah garam

Nikmati oatmeal rasa soto ayam tanpa bahan tambahan!

Harga mulai dariRp 175.000,00Rp 59.700,00Rp 9.990,00Rp 59.000,00Rp 15.750,00Rp 35.000,00Rp 29.700,00Rp 71.500,00Rp 37.500,00
Jenis oatmealSteel cut oatsInstan oatmealInstan oatmealInstan oatmealRolled oatsQuick cook oatsSteel cut oatsRolled oatsQuick cooking oats
RasaOriginalOriginalOriginalApple cinnamonOriginal, barleyOriginalOriginalOriginalSoto ayam
Pilihan kemasan 680 g200 g, 800 g, 1 kg, 1,2 kg250 g, 750 gCup (67 g)500 g, 1 kgPouch (200 g, 500 g, 800 g, 1,5 kg), stoples (500 g, 1 kg, 1,2 kg)750 g1 kgBox (4 saset, 12 saset)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi makanan sehat lainnya di sini

Apakah Anda sudah menemukan produk oatmeal terbaik dari rekomendasi kami di atas? Selain oatmeal, kami juga memiliki banyak rekomendasi makanan sehat yang lain, lho! Jadi, tidak ada salahnya jika Anda baca juga artikel-artikel berikut.

Kesimpulan

Oatmeal adalah sumber karbohidrat kompleks yang tinggi serat serta kaya nutrisi. Oatmeal sangat baik dikonsumsi terutama untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Selain dapat menahan rasa kenyang lebih lama, oatmeal juga mudah disajikan terutama saat sarapan.


Semoga tips dan rekomendasi di atas dapat membantu Anda menemukan produk oatmeal terbaik dan sesuai selera. Dengan demikian, Anda dapat mengonsumsi oatmeal dengan nikmat dan dapat menjalankan pola makan lebih sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Gandum yang Bagus - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal gandum merupakan makanan alternatif yang disukai, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya mengenyangkan, sereal gandum, terutama yang terbuat dari gandum utuh, memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Sereal gandum dapat menjadi sumber karbohidrat, protein, mineral, bahkan antioksidan.  Dalam artikel ini kami berkolaborasi dengan nutritionist untuk memberikan tips memilih sereal gandum yang bagus. Tak hanya itu, Anda juga dapat menemukan rekomendasi produk sereal gandum. Merek sereal ternama seperti Koko Krunch, Honey Stars, dan Energen, dapat Anda temukan dalam artikel ini. Jadi, baca sampai selesai, ya.
    Makanan olahan kering
  • 10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Makanan Terbaik yang Bebas Gluten - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Akhir-akhir ini makanan bebas gluten makin populer di kalangan pegiat gaya hidup sehat. Awalnya, makanan bebas gluten dibuat untuk penderita celiac (coeliac) atau orang yang sensitif terhadap gluten. Namun, kini makanan tersebut banyak diminati oleh orang yang ingin menjaga pola makannya.Di pasaran, produk makanan bebas gluten juga makin banyak, mulai dari cemilan, roti, hingga pasta. Merek-merek yang memproduksi makanan bebas gluten di antaranya Javara, Ladang Lima, dan Nourish Kitchen. Simaklah tips memilih produk makanan gluten-free dan intiplah rekomendasi produknya. Cek juga komentar ahli gizi, Leona Victoria di artikel ini!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Abon Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon atau beef floss merupakan olahan daging sapi yang berasal dari Tiongkok. Rasanya yang gurih membuat abon menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Abon sapi kini makin enak karena varian rasanya banyak, termasuk rasa bawang dan rasa pedas. Apakah Anda termasuk penggemar abon sapi? Jika iya, Anda sudah tepat membaca artikel ini karena kami akan membahas bagaimana cara memilih abon sapi yang enak. Berbagai merek, seperti Gloria, Mesran Solo, Pronas, Patma, dan lainnya ada dalam rekomendasi kami. Ayo baca artikelnya sampai habis untuk mengetahui produk-produk tersebut!
    Makanan olahan kering
  • 10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Baso Aci Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda penggemar bakso, jangan lewatkan untuk mencoba baso aci. Makanan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung aci dan tepung terigu sehingga teksturnya terasa kenyal. Ditambah varian topping, seperti ceker, cuanki, dan pilus membuat baso aci makin sedap dinikmati dengan kuah pedas.Anda tidak perlu jauh-jauh ke Garut untuk menikmati baso aci tulang rangu terenak. Berkat baso aci instan, Anda kini bisa membuatnya sendiri di rumah. Di artikel ini kami akan mengulas baso aci instan yang enak dan recommended dari berbagai merk, seperti Bapper, 69, Kylafood, dan Mak Igun.
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kismis Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencinta makanan manis pasti sudah tidak asing lagi dengan kismis. Anda sering menemuinya sebagai topping untuk roti, cookies, dessert, dan masih banyak lagi. Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan sehingga kandungan nutrisinya mirip dengan buah anggur. Selain rasanya manis, kismis ternyata juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.Kami akan memaparkan cara memilih kismis yang bagus. Merek kismis terbaik, Foodmall, Asba Food, Greenara akan ada dalam rekomendasi kami. Ada juga jenis kismis hitam, kismis kuning, dan kismis sultana yang bisa Anda pilih. Silakan simak artikel ini sampai habis.
    Makanan olahan kering
  • 10 Rekomendasi Abon Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Abon Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Abon ayam sangat disukai masyarakat Indonesia karena enak dan cocok dicampurkan ke berbagai makanan. Namun, tahukah Anda bahwa kini abon ayam memiliki jenis yang bermacam-macam? Abon ayam pedas, abon ayam Cianjur, bahkan abon ayam suwir tersedia di pasaran. Tidak hanya jenisnya, harga abon ayam juga beragam. Cara memilih dan rekomendasi produk yang enak akan kami bahas di artikel ini. Merek terkenal seperti Gloria, Tunggal Roso, Grandville, dan Karwati akan Anda temukan. Semuanya lezat dan menggugah selera!
    Makanan olahan kering
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori