• 10 Rekomendasi Pil KB Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pil KB Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pil KB Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pil KB Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pil KB Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pil KB Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Karena berbagai alasan, kehamilan mungkin perlu ditunda atau dicegah. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi pil KB. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa merek pil KB, seperti Microgynon, Andalan, atau Yasmin. 


Namun, banyaknya merek yang beredar di pasaran justru akan membuat Anda makin bingung memilih pil KB. Terlebih lagi, ada banyak poin-poin yang perlu dipertimbangkan lainnya, mulai dari kandungan sampai efek samping. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih produk pil KB yang tepat sesuai kebutuhan Anda. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 12 Oktober 2020
  • 140 Views
Daftar isi

Apa itu pil KB?

Apa itu pil KB?

Pil KB termasuk ke dalam kontrasepsi hormonal. Di dalamnya terkandung hormon estrogen dan/atau progesteron. Wanita tidak akan mengalami kehamilan bila mengonsumsinya karena asupan hormon tersebut mencegah pertemuan sperma dengan sel telur. Caranya adalah dengan menghambat terjadinya ovulasi atau mengentalkan cairan di rahim. 


Oleh karena itu, metode kontrasepsi ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Bila dikonsumsi dengan benar, efektivitasnya dapat mencapai 99%. Artinya, dari 100 wanita yang menggunakan pil KB, hanya 0–1 orang yang tetap mengalami kehamilan. Selain itu, pil KB juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menunda kehamilan untuk sementara saja. Kesuburan Anda dapat segera pulih begitu konsumsi pil KB dihentikan.

Cara memilih pil KB

Banyak wanita memilih pil KB sebagai kontrasepsi karena efektivitas dan kemudahan penggunaannya. Namun, tidak sedikit di antaranya yang masih merasa kesulitan dalam memilih pil KB yang tepat. Bagi Anda yang baru akan mengonsumsi pil KB, berikut ini adalah poin-poin yang perlu diperhatikan dalam pemilihannya. 

Sesuaikan jenis pil KB dengan kondisi Anda

Berdasarkan hormon yang dikandungnya, pil KB terbagi dua jenis yaitu pil kombinasi dan pil mini. Anda perlu memahami perbedaannya dan memastikan jenis pil KB yang dipilih sesuai dengan kondisi Anda. 

Pil kombinasi, tidak invasif dan nyaman digunakan

Pil kombinasi, tidak invasif dan nyaman digunakan

Sesuai namanya, pil ini mengandung kombinasi antara hormon estrogen dan progesteron. Terdapat beberapa pilihan pil kombinasi berdasarkan siklus menstruasi yang diharapkan. Anda dapat melihat hal ini pada poin selanjutnya. 


Secara umum, penggunaan pil kombinasi cukup nyaman bagi banyak orang. Cara penggunaannya seperti konsumsi tablet pada umumnya, tidak invasif sama sekali. Selain itu, banyak wanita merasa diuntungkan karena nyeri menstruasi dan PMS berkurang setelah mengonsumsi pil ini. Pil ini juga memberikan keuntungan medis lain seperti menurunkan risiko kanker ovarium dan mempermudah pemulihan jerawat. 


Beberapa orang memulai kontrasepsi segera setelah persalinan dan dalam masa menyusui. Anda yang ingin memberikan ASI pada si kecil tidak disarankan menggunakan pil kombinasi. Pil kombinasi juga tidak direkomendasikan untuk wanita di atas 35 tahun, penderita penyakit jantung, atau perokok. 

Pil mini, pilihan aman bagi ibu menyusui

Pil mini, pilihan aman bagi ibu menyusui

Kandungan tunggal hormon progesteron dalam pil mini memungkinkan Anda menjalani kontrasepsi sambil menyusui. Berbeda dengan hormon estrogen, hormon progesteron tidak menghambat produksi ASI. Selain itu, pil mini juga lebih aman bagi Anda yang berusia di atas 35 tahun dan memiliki kebiasaan merokok.


Di samping kondisi menyusui, usia, dan kebiasaan seperti merokok, efek samping juga perlu diperhatikan. Pada beberapa orang, estrogen dalam pil kombinasi memicu nyeri perut dan nyeri kepala hebat. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, pil mini dapat menjadi pilihan konstrasepsi oral yang tepat. 


Namun, Anda juga perlu berhati-hati bila memiliki kondisi medis tertentu. Beberapa di antaranya, seperti pernah mengalami kanker payudara, gangguan lever, perdarahan saluran kemih tanpa sebab, serta konsumsi obat tertentu. Pil mini juga tidak direkomendasikan bagi Anda yang baru saja menjalani operasi untuk menurunkan berat badan.

Pilihlah sesuai siklus yang diharapkan

Selain dibedakan berdasarkan kombinasi hormonnya, khusus pil KB kombinasi dibedakan lagi berdasarkan kandungan zat aktif dan inaktif. Perbedaan campuran ini menghasilkan jenis pil konvensional dan extended cycle. Mari kenali perbedaan antara keduanya!

Pil konvensional, siklus menstruasi berjalan seperti biasa

Pil konvensional, siklus menstruasi berjalan seperti biasa

Pil KB konvensional termasuk jenis pil kombinasi yang paling populer. Dalam satu blister pack, biasanya terdapat 21 pil aktif dan tujuh pil nonaktif. Terdapat juga pil konvensional dengan komposisi 24 pil aktif dan empat pil nonaktif. Dalam istilah kefarmasian, pil nonaktif tersebut disebut plasebo, yaitu pil yang tidak mengandung obat. Khusus pil KB, plasebo berarti tidak mengandung hormon. 


Meski sebagian pil tidak mengandung hormon, Anda tetap perlu mengonsumsinya setiap hari. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko lupa atau terlewat. Selama periode mengonsumsi pil nonaktif, Anda akan mengalami menstruasi. Jadi, menstruasi terjadi setiap bulan seperti biasanya. 

Extended cycle pill, jarak siklus menstruasi menjadi lebih panjang

Extended cycle pill, jarak siklus menstruasi menjadi lebih panjang

Umumnya, pil KB jenis extended cycle ini mengandung 84 pil aktif dan tujuh pil nonaktif. Oleh sebab itu, Anda hanya akan mengalami menstruasi empat kali dalam setahun bila mengonsumsi pil ini. Sesuai namanya, jarak siklus menstruasi menjadi lebih panjang. Bahkan, tersedia produk dengan pil aktif untuk dikonsumsi sepanjang tahun yang disebut 365-day pill. 


Saat minum pil ini, siklus menstruasi menjadi sangat jarang atau tidak terjadi sama sekali. Hal ini dibutuhkan oleh beberapa orang dalam rangka mengatasi kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi medis tersebut seperti untuk mengurangi nyeri endometriosis atau kondisi medis yang memburuk bersamaan menstruasi. Sayangnya, pil KB jenis ini masih jarang di Indonesia. 

Ketahui efek samping yang mungkin timbul

Ketahui efek samping yang mungkin timbul

Hampir seperti semua jenis terapi atau tindakan medis, konsumsi pil KB juga berpotensi memicu efek samping. Umumnya, efek samping yang timbul bukanlah kondisi medis serius. Anda mungkin akan merasa mual, payudara terasa kencang, ada bercak darah menjelang menstruasi, perubahan mood, dan sakit kepala. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda juga mungkin lebih jarang mengalami menstruasi. 


Itulah efek samping yang kerap muncul. Ada pula beberapa efek samping yang jarang terjadi, tetapi dampaknya lebih serius. Waspadalah bila muncul nyeri perut hebat, nyeri dada, sakit kepala parah, penglihatan buram, atau pembengkakan kaki. Reaksi tersebut merupakan gejala kondisi medis serius. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bila efek samping tersebut Anda rasakan.

10 Rekomendasi pil KB terbaik

Di bawah ini, terdapat rekomendasi sepuluh pil KB yang dapat Anda pilih. Namun, Anda juga perlu memperhatikan dengan cermat manfaat dan efek sampingnya. Selain itu, sesuaikanlah dengan kondisi Anda!

10
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, nyeri payudara, perdarahan pada uterus atau saluran reproduksi, emosi labil, depresi, migrain, sakit kepala
9
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMunculnya reaksi alergi, asma, depresi, memengaruhi libido, migrain, tekanan darah tinggi, venus thromboembolism, arterial thromboembolism, jerawat, eczema, gangguan menstruasi, perubahan berat badan
8
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingReaksi hipersensitivitas, payudara nyeri atau lunak, migrain, sakit kepala, mual, muntah, perubahan berat badan, mood swing, perubahan libido, kulit kemerahan, retensi cairan
7
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingGangguan menstruasi (hingga tidak menstruasi sama sekali), gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
6
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, muntah, sakit kepala, kram perut, kembung, nyeri payudara, pembengkakan pergelangan kaki, kenaikan berat badan
5

ExeltisDesirett

Rp 135.000,00

Jenis pilPil mini
Ibu menyusuiYa
Efek sampingHipertensi, mual, muntah, kram perut, thrombophlebitis
4
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, nyeri perut, peningkatan berat badan, sakit kepala, dan nyeri payudara
3
Jenis pilPil mini
Ibu menyusuiYa
Efek sampingSpotting, sakit kepala, mual, payudara terasa lembek
2
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, sakit kepala, nyeri payudara, pendarahan saat menstruasi
1
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingSpotting, pusing, mual, payudara terasa lembek

Tabel perbandingan produk pil KB terbaik

Gambar produk
1
DKT Pil KB Andalan FE 1

DKT

2
DKT Pil KB Andalan 1

DKT

3
DKT Pil KB Andalan Laktasi 1

DKT

4
Bayer Diane 35  1

Bayer

5
Exeltis Desirett  1

Exeltis

6
Bayer Microgynon 1

Bayer

7
Triyasa Nagamas Farma Planotab 1

Triyasa Nagamas Farma

8
Triyasa Nagamas Farma Neynna 1

Triyasa Nagamas Farma

9
Bayer Yasmin 1

Bayer

10
Exeltis Synfonia 24 1

Exeltis

Nama produk

Pil KB Andalan FE

Pil KB Andalan

Pil KB Andalan Laktasi

Diane 35

Desirett

Microgynon

Planotab

Neynna

Yasmin

Synfonia 24

Keunggulan

Mengandung tambahan zat besi yang cocok untuk wanita aktif dan energik

Kualitasnya terjamin, harganya pun terjangkau!

Dosis progesteronnya rendah, pilihan tepat untuk ibu menyusui

Mengandung kombinasi hormon untuk mencegah kehamilan sekaligus mengatasi jerawat

Berisi desogestrel yang efektif untuk kontrasepsi semasa nifas dan menyusui

Memengaruhi hormon reproduksi, menstruasi Anda lebih teratur dan tidak nyeri

Berbentuk tablet salut selaput, aman dikonsumsi oleh penderita maag

Kontrasepsi oral yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk terapi hormonal

Strukturnya menyerupai hormon reproduksi alami yang efektif untuk mencegah kehamilan

Solusi untuk kontrasepsi dan gejala PMS yang parah

HargaRp 10.000,00Rp 10.000,00Rp 17.000,00Rp 130.000,00Rp 135.000,00Rp 16.500,00Rp 4.500,00Rp 95.000,00Rp 220.000,00Rp 200.000,00
Jenis pilPil kombinasiPil kombinasiPil miniPil kombinasiPil miniPil kombinasiPil kombinasiPil kombinasiPil kombinasiPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkanTidak dianjurkanYaTidak dianjurkanYaTidak dianjurkanTidak dianjurkanTidak dianjurkanTidak dianjurkanTidak dianjurkan
Efek sampingSpotting, pusing, mual, payudara terasa lembekMual, sakit kepala, nyeri payudara, pendarahan saat menstruasiSpotting, sakit kepala, mual, payudara terasa lembekMual, nyeri perut, peningkatan berat badan, sakit kepala, dan nyeri payudaraHipertensi, mual, muntah, kram perut, thrombophlebitisMual, muntah, sakit kepala, kram perut, kembung, nyeri payudara, pembengkakan pergelangan kaki, kenaikan berat badanGangguan menstruasi (hingga tidak menstruasi sama sekali), gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Reaksi hipersensitivitas, payudara nyeri atau lunak, migrain, sakit kepala, mual, muntah, perubahan berat badan, mood swing, perubahan libido, kulit kemerahan, retensi cairanMunculnya reaksi alergi, asma, depresi, memengaruhi libido, migrain, tekanan darah tinggi, venus thromboembolism, arterial thromboembolism, jerawat, eczema, gangguan menstruasi, perubahan berat badanMual, nyeri payudara, perdarahan pada uterus atau saluran reproduksi, emosi labil, depresi, migrain, sakit kepala
Tautan produk

Cara konsumsi pil KB yang tepat

Cara konsumsi pil KB yang tepat

Mengonsumsi pil KB tidak dapat dimulai kapan saja. Secara umum, Anda perlu mulai mengonsumsi pil KB sejak hari pertama periode menstruasi dimulai. Bila pil KB baru mulai dikonsumsi hari kelima periode menstruasi, ada potensi efek kontrasepsi tidak optimal. Jadi, pil KB mungkin perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi lain. 


Idealnya, pil KB dikonsumsi setiap hari agar memberikan hasil efektif. Bila jadwalnya terlewat, Anda mungkin perlu segera meminum pil KB begitu mengingatnya. Namun, kadang ada juga pil yang harus diabaikan dan Anda harus segera minum pil berikutnya apabila terlewat. Untuk mengetahui aturan pakai saat jadwal minum pil terlewat, bacalah informasi obat pada kemasan pil KB. Masing-masing pil KB mungkin mensyaratkan perlakuan berbeda saat terlewat. 

Baca juga rekomendasi produk test pack di sini

Tidak semua pil KB dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak sedang mengandung saat mulai mengonsumsinya. Untuk membantu Anda memeriksa kehamilan, silakan membaca rekomendasi produk test pack berikut ini. 

Kesimpulan

Setiap wanita memilki prioritas dan kondisi kesehatan yang berbeda sehingga beberapa mungkin perlu menunda kehamilan. Tersedia beragam kontrasepsi di luar sana dan pil KB adalah salah satu yang dapat menjadi pilihan. 


Dengan rekomendasi di atas, semoga proses pemilihan pil KB tidak membingungkan lagi bagi Anda. Bila Anda masih ragu setelah membaca rekomendasi tersebut, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Aroma Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beban pikiran, stres, dan kerjaan menumpuk terkadang bisa mengakibatkan susah tidur atau merusak mood Anda. Banyak orang mengatasi masalah tersebut melalui terapi aroma dengan bantuan aroma diffuser. Alat ini akan mengeluarkan wewangian dari berbagai campuran essential oil yang dapat membuat Anda lebih relaks.Aroma diffuser sendiri memiliki berbagai tipe, fitur, dan kegunaan yang berbeda. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, kami akan membahas tentang aroma diffuser beserta cara memilihnya. Kami juga memberikan rekomendasi produk dari beberapa merek terbaik, seperti Innogear, Artnaturals, atau Stadler Form. Yuk, disimak!
    Kosmetik & kesehatan
    67.635 Views
  • 10 Rekomendasi Bulu Mata Palsu Natural Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bulu Mata Palsu Natural Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bulu mata palsu seakan sudah menjadi benda wajib untuk makeup bagi sebagian wanita. Di antara banyaknya jenis yang dijual, bulu mata palsu yang terlihat natural adalah yang paling banyak dicari. Penggunaan bulu mata palsu natural tentunya dapat membuat penampilan Anda menawan tanpa kesan berlebihan.Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih bulu mata palsu yang natural kepada Anda. Tentunya, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bulu mata palsu natural terbaik dari merek Revlon, Artisan Professionnel, dan sebagainya. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    23.605 Views
  • 10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Softlens Warna Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika ingin mengubah kesan pada mata secara instan, Anda bisa menggunakan softlens warna. Anda pasti sudah pernah mendengar merek Exoticon dan beberapa serinya seperti X2 dan Ice. Ada pula FreshKon, EOS, dan sebagainya. Dengan banyaknya jenis dan merek softlens warna, wajar saja jika Anda bingung dibuatnya, bukan?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih softlens warna serta sepuluh rekomendasi softlens warna terbaik. Softlens yang kami rekomendasikan telah kami pilih berdasarkan harga, kualitas, dan jangka waktu pemakaian. Jadi, Anda dapat menggunakan softlens warna yang cantik tanpa merusak kesehatan mata Anda.
    Kosmetik & kesehatan
    96.264 Views
  • 10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Face Emulsion Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2020)
    Pada usia 40-an, fungsi perlindungan kulit akan menurun seiring dengan penurunan kondisi hormon pada wanita. Tanda-tanda penuaan seperti kerutan, rona kulit tidak merata, dan bintik hitam menjadi lebih mencolok. Tidak hanya pelembap dan pemutih wajah, face emulsion merupakan bagian penting untuk melengkapi kebutuhan kulit Anda.Namun, banyaknya produk face emulsion di pasaran tentu akan membuat Anda bingung memilihnya. Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi face emulsion terbaik. Anda akan menemukan beragam face emulsion berkualitas keluaran SK-II, Sulwhasoo, atau Shiseido dalam artikel ini.
    Kosmetik & kesehatan
    3.581 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin Terbaik untuk Daya Tahan dan Tumbuh Kembang Anak (Terbaru Tahun 2020)
    Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga membutuhkan vitamin untuk menjaga daya tahan serta tumbuh kembangnya. Banyak merek suplemen vitamin anak yang dapat Anda temui di pasaran, seperti Sakatonik ABC, Scott’s Emulsion, dan Curcuma Plus. Namun, apa saja yang harus diperhatikan saat memilih suplemen vitamin untuk anak?Agar Anda dapat memilih suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh serta tumbuh kembang anak yang tepat, simaklah artikel berikut. Kami akan menjelaskan tentang fungsi vitamin dalam menjaga daya tahan tubuh serta tumbuh kembang anak. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk pilihan untuk Anda. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    56.455 Views
  • 10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lipstik Matte Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lipstik matte seakan menjadi must have items bagi para wanita. Selain lebih tahan lama, lipstik matte dinilai lebih nyaman digunakan dibandingkan jenis lainnya. Ada berbagai brand kosmetik yang telah mengeluarkan lipstik matte berkualitas, seperti Maybelline, Pixy, dan Make Over.Dengan berbagai macam produk lipstik matte, Anda mungkin bingung memilih. Untuk membantu Anda, pada artikel kali ini kami akan membahas jenis-jenis lipstik matte serta tips cara memilihnya. Sepuluh lipstik matte terbaik juga sudah kami siapkan bagi Anda agar lebih mudah dalam menentukan pilihan.
    Kosmetik & kesehatan
    54.874 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2020)
    Para wanita yang sedang mengandung tentu membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Selain dari makanan, suplemen juga dibutuhkan oleh ibu hamil agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dengan sempurna. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu, serta proses tumbuh kembang calon bayi.Jika Anda sedang mencari suplemen untuk ibu hamil, simaklah artikel kali ini. Kami akan memberikan info cara memilih suplemen yang paling sesuai untuk Anda. Setelahnya, kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk terbaik, seperti Blackmores, Garden of Life, Sanbe, dan lainnya Tunggu apa lagi? Selamat membaca!.
    Kosmetik & kesehatan
    45.739 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Apakah Anda juga begitu? Salah satu produk yang dapat membantu Anda mendapat tubuh langsing adalah teh pelangsing. Namun, ada beberapa merek teh pelangsing yang ternyata tidak aman untuk dikonsumsi karena efek sampingnya.Untuk membantu Anda dalam memilih teh pelangsing yang aman, kami akan memberikan beberapa tips yang mudah. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi teh pelangsing terbaik dari berbagai merek, seperti WRP, Mustika Ratu, Orihiro, dan lainnya. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih!
    Kosmetik & kesehatan
    22.678 Views
  • 10 Rekomendasi Primer Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Primer Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mendapatkan riasan yang terlihat mulus tanpa cela, sebaiknya Anda menggunakan primer. Primer biasa digunakan sebagai dasar sebelum menggunakan makeup. Produk kosmetik ini dapat membantu menyamarkan ketidaksempurnaan di kulit wajah serta membuat riasan lebih awet. Namun, primer seperti apa yang sebaiknya dipilih saat bujet terbatas?Kami akan membantu Anda dengan membahas cara memilih primer yang tepat. Di artikel ini juga telah tersedia sepuluh rekomendasi primer dengan harga terjangkau yang bisa Anda pilih. Sejumlah merek seperti Studio Tropik, Maybelline, dan Nivea turut menawarkan primer dengan harga bersahabat. Siap untuk tampil flawless?
    Kosmetik & kesehatan
    170 Views
  • 10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Produk Skincare Bioderma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit yang sehat terawat tidak terlepas dari skincare yang tepat dan sesuai kebutuhan. Bioderma merupakan brand skincare yang patut Anda pertimbangkan. Bioderma memiliki berbagai teknologi terbaik untuk setiap kebutuhan kulit, mulai dari kulit berminyak sampai kulit sensitif. Produknya sudah banyak digunakan dan dipercaya.Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang brand ini? Dalam artikel ini, Anda bisa menemukan tips cara memilih, serta rekomendasi produk terbaiknya. Mulai dari Sébium Mat Control, Sensibio H2O, Hydrabio Brume, dan Sensibio Eye ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini sampai habis, ya.
    Kosmetik & kesehatan
    91 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    563.339 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    436.449 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Kosmetik & kesehatan
    125.652 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Flek hitam dapat terjadi akibat bekas jerawat, paparan sinar UV, dan pigmentasi berlebih. Menggunakan krim merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tampilan flek hitam pada wajah Anda.Memilih krim untuk menghilangkan flek hitam harus dilakukan dengan saksama. Kami sudah menyiapkan tips untuk memilih krim yang pas untuk mengatasi flek hitam. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaiknya, seperti Olay, L'Oreal Paris, Kojie San, Shiseido, dan lainnya. Simak terus sampai habis, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    417.010 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    432.722 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Wajah yang berjerawat bisa jadi menyebabkan Anda kurang percaya diri. Berbagai produk dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, salah satunya adalah masker. Ada berbagai merek masker untuk kulit berjerawat, seperti Innisfree, Aztec, Himalaya Herbal, dan Lush.Jika Anda sedang mencari masker untuk kulit berjerawat, artikel kali ini tidak boleh Anda lewatkan. Kami akan membahas tentang memilih masker untuk kulit berjerawat serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Jangan kelewatan juga tips cara membuat masker di rumah, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    208.402 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, artikel ini akan mengulas tentang cara memilih obat sembelit beserta cara memilihnya. Silakan simak ulasannya berikut ini!
    Kosmetik & kesehatan
    235.699 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori