• 10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Pil KB Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)

Karena berbagai alasan, kehamilan mungkin perlu ditunda atau dicegah. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi pil KB. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan beberapa merk pil KB, seperti Microgynon, Andalan, atau Yasmin. 


Namun, banyaknya merk pil KB yang bagus di pasaran justru akan membuat Anda makin bingung memilihnya. Terlebih lagi, ada banyak poin-poin yang perlu dipertimbangkan, seperti kandungan, harga, sampai efek sampingnya. Untuk tahu lebih lanjut mengenai macam-macam pil KB, bidan Ony Christy akan memberikan informasi tambahannya untuk Anda. 

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ony Christy
  • Pembaharuan terakhir: 20 Oktober 2021
  • 15.329 Views
Daftar isi

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Profil pakar: Bidan, Ony Christy

Ony Christy adalah bidan lulusan jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Wanita yang akrab dipanggil Bidan Kriwil ini memiliki pengalaman bekerja selama 6 tahun di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta. Saat ini bidan Ony aktif menjadi content creator yang giat memberikan edukasi melalui media sosialnya. Tengok Instagram, YouTube, atau blognya untuk tahu informasi seputar kesehatan ibu dan anak.

Apa itu pil KB?

Apa itu pil KB?

Pil KB termasuk ke dalam kontrasepsi hormonal. Di dalamnya terkandung hormon estrogen dan/atau progesteron. Wanita tidak akan mengalami kehamilan bila mengonsumsinya karena asupan hormon tersebut mencegah pertemuan sperma dengan sel telur. Caranya adalah dengan menghambat terjadinya ovulasi atau mengentalkan cairan di rahim. 


Oleh karena itu, metode kontrasepsi ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan. Bila dikonsumsi dengan benar, efektivitasnya dapat mencapai 99%. Artinya, dari 100 wanita yang menggunakan pil KB, hanya 0–1 orang yang tetap mengalami kehamilan. Selain itu, pil KB juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang menunda kehamilan untuk sementara saja. Kesuburan Anda dapat segera pulih begitu konsumsi pil KB dihentikan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pil KB yang ada di Indonesia biasanya terdiri dari 2135 tablet. Pil tersebut terdiri dari pil aktif yang berisi hormon dan pil inaktif yang tidak mengandung hormon. Pil bekerja dengan menghambat ovulasi dan menebalkan serta mengentalkan lendir pada leher rahim. Dengan begitu, sperma tidak dapat melewatinya dan pembuahan tidak akan terjadi.


Jika digunakan dengan cara yang benar, pil KB memiliki efektivitas sampai 99%. Meskipun begitu, kesuburan akan kembali dengan cepat begitu ibu menghentikan konsumsi pil KB. Karena itu, pil KB merupakan metode yang cocok bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan dalam waktu sebentar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pil KB

Banyak wanita memilih pil KB sebagai kontrasepsi karena efektivitas dan kemudahan penggunaannya. Namun, tidak sedikit di antaranya yang masih merasa kesulitan dalam memilih pil KB yang tepat. Bagi Anda yang baru akan mengonsumsi pil KB, berikut ini adalah poin-poin yang perlu diperhatikan dalam pemilihannya. 

Sesuaikan jenis pil KB dengan kondisi Anda

Berdasarkan hormon yang dikandungnya, pil KB terbagi dua jenis yaitu pil kombinasi dan pil mini. Anda perlu memahami perbedaannya dan memastikan jenis pil KB yang dipilih sesuai dengan kondisi Anda. 

Pil kombinasi, tidak invasif dan nyaman digunakan

Pil kombinasi, tidak invasif dan nyaman digunakan

Sesuai namanya, pil ini mengandung kombinasi antara hormon estrogen dan progesteron. Terdapat beberapa pilihan pil kombinasi berdasarkan siklus menstruasi yang diharapkan. Anda dapat melihat hal ini pada poin selanjutnya. 


Secara umum, penggunaan pil kombinasi cukup nyaman bagi banyak orang. Cara penggunaannya seperti konsumsi tablet pada umumnya, tidak invasif sama sekali. Selain itu, banyak wanita merasa diuntungkan karena nyeri menstruasi dan PMS berkurang setelah mengonsumsi pil ini. Pil ini juga memberikan keuntungan medis lain seperti menurunkan risiko kanker ovarium dan mempermudah pemulihan jerawat. 


Beberapa orang memulai kontrasepsi segera setelah persalinan dan dalam masa menyusui. Anda yang ingin memberikan ASI pada si kecil tidak disarankan menggunakan pil kombinasi. Pil kombinasi juga tidak direkomendasikan untuk wanita di atas 35 tahun, penderita penyakit jantung, atau perokok. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pil KB kombinasi masih bisa dikelompokkan lagi berdasarkan komposisi hormonalnya yaitu monofasik, bifasik, trifasik, dan tetrafasik. Monofasik memiliki kadar hormon yang konstan dalam satu siklus pil aktif. Sementara itu, bifasik memiliki kadar hormon yang berubah di tengah siklus pil aktif. 


Trifasik memiliki kadar hormon yang mengalami tiga perubahan hormonal dalam satu siklus pil aktif. Terakhir, ada tetrafasik yang kadar hormonnya mengalami empat perubahan hormonal dalam satu siklus pil aktif. 


Pil KB kombinasi sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu menyusui karena hormon estrogennya dapat mengganggu atau menghambat produksi ASI. Selain itu, ibu yang menderita penyakit darah tinggi, jantung, dan hipertensi juga tidak disarankan mengonsumsi pil KB ini. Namun, ingat, Pil KB tidak melindungi ibu dari infeksi menular seksual. Jika ibu berisiko terkena IMS, sebaiknya ibu menggunakan alat pengaman sebagai kontrasepsi tambahan.

Pil mini, pilihan aman bagi ibu menyusui

Pil mini, pilihan aman bagi ibu menyusui

Kandungan tunggal hormon progesteron dalam pil mini memungkinkan Anda menjalani kontrasepsi sambil menyusui. Berbeda dengan hormon estrogen, hormon progesteron tidak menghambat produksi ASI. Selain itu, pil mini juga lebih aman bagi Anda yang berusia di atas 35 tahun dan memiliki kebiasaan merokok.


Di samping kondisi menyusui, usia, dan kebiasaan seperti merokok, efek samping juga perlu diperhatikan. Pada beberapa orang, estrogen dalam pil kombinasi memicu nyeri perut dan nyeri kepala hebat. Jika Anda termasuk yang mengalaminya, pil mini dapat menjadi pilihan konstrasepsi oral yang tepat. 


Namun, Anda juga perlu berhati-hati bila memiliki kondisi medis tertentu. Beberapa di antaranya, seperti pernah mengalami kanker payudara, gangguan lever, perdarahan saluran kemih tanpa sebab, serta konsumsi obat tertentu. Pil mini juga tidak direkomendasikan bagi Anda yang baru saja menjalani operasi untuk menurunkan berat badan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pada masa menyusui, ibu sebaiknya memilih alat kontrasepsi yang tidak memengaruhi ASI. Pil mini bisa dipilih karena hanya mengandung hormon progesteron saja sehingga tidak mengganggu produksi ASI. 


Ibu bisa mengonsumsi pil mini 68 minggu setelah persalinan atau saat nifas selesai. Karena kandungan hormonnya lebih sedikit, ibu sebaiknya mengonsumsi pil ini tepat waktu. Tidak lupa, ibu juga perlu mengonsumsinya secara konsisten agar efektivitasnya dapat maksimal. 

Pilihlah sesuai siklus yang diharapkan

Selain dibedakan berdasarkan kombinasi hormonnya, khusus pil KB kombinasi dibedakan lagi berdasarkan kandungan zat aktif dan inaktif. Perbedaan campuran ini menghasilkan jenis pil konvensional dan extended cycle. Mari kenali perbedaan antara keduanya!

Pil konvensional, siklus menstruasi berjalan seperti biasa

Pil konvensional, siklus menstruasi berjalan seperti biasa

Pil KB konvensional termasuk jenis pil kombinasi yang paling populer. Dalam satu blister pack, biasanya terdapat 21 pil aktif dan tujuh pil nonaktif. Terdapat juga pil konvensional dengan komposisi 24 pil aktif dan empat pil nonaktif. Dalam istilah kefarmasian, pil nonaktif tersebut disebut plasebo, yaitu pil yang tidak mengandung obat. Khusus pil KB, plasebo berarti tidak mengandung hormon. 


Meski sebagian pil tidak mengandung hormon, Anda tetap perlu mengonsumsinya setiap hari. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko lupa atau terlewat. Selama periode mengonsumsi pil nonaktif, Anda akan mengalami menstruasi. Jadi, menstruasi terjadi setiap bulan seperti biasanya. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Pil kombinasi konvesional adalah pil KB yang paling sering digunakan. Pil ini bisa membantu ibu mendapatkan haid yang lebih teratur. Ibu perlu mengonsumsi pil ini sesuai petunjuk pada blister dan tetap meminumnya meskipun sedang menstruasi. Hal ini dilakukan supaya siklus hormonal pada tubuh tetap terjaga dan efektivitas pil KB dapat maksimal. 


Hindari pil ini apabila ibu merokok, berusia di atas 35 tahun, dan memiliki penyakit jantung. Ibu yang memiliki riwayat diabetes, darah tinggi, dan sakit kepala hebat juga tidak dianjurkan menggunakannya.

Extended cycle pill, jarak siklus menstruasi menjadi lebih panjang

Extended cycle pill, jarak siklus menstruasi menjadi lebih panjang

Umumnya, pil KB jenis extended cycle ini mengandung 84 pil aktif dan tujuh pil nonaktif. Oleh sebab itu, Anda hanya akan mengalami menstruasi empat kali dalam setahun bila mengonsumsi pil ini. Sesuai namanya, jarak siklus menstruasi menjadi lebih panjang. Bahkan, tersedia produk dengan pil aktif untuk dikonsumsi sepanjang tahun yang disebut 365-day pill. 


Saat minum pil ini, siklus menstruasi menjadi sangat jarang atau tidak terjadi sama sekali. Hal ini dibutuhkan oleh beberapa orang dalam rangka mengatasi kondisi medis tertentu. Beberapa kondisi medis tersebut seperti untuk mengurangi nyeri endometriosis atau kondisi medis yang memburuk bersamaan menstruasi. Sayangnya, pil KB jenis ini masih jarang di Indonesia. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Extended cycle pill biasanya digunakan untuk kepentingan medis tertentu atau untuk terapi pada ibu yang bermasalah dengan menstruasi. Pil ini juga bisa dikonsumsi oleh ibu yang tidak menginginkan menstruasi terlalu sering, seperti traveller, atlet, atau relawan militer.


Pil KB ini cukup aman digunakan meskipun ibu tidak mengalami menstruasi. Ibu juga tidak perlu khawatir akan ada darah yang menumpuk pada rahim. Pasalnya, pil ini membuat dinding rahim tidak mengalami penebalan sehingga menstruasi tidak terjadi.

Ketahui efek samping yang mungkin timbul

Ketahui efek samping yang mungkin timbul

Hampir seperti semua jenis terapi atau tindakan medis, konsumsi pil KB juga berpotensi memicu efek samping. Umumnya, efek samping yang timbul bukanlah kondisi medis serius. Anda mungkin akan merasa mual, payudara terasa kencang, ada bercak darah menjelang menstruasi, perubahan mood, dan sakit kepala. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda juga mungkin lebih jarang mengalami menstruasi. 


Itulah efek samping yang kerap muncul. Ada pula beberapa efek samping yang jarang terjadi, tetapi dampaknya lebih serius. Waspadalah bila muncul nyeri perut hebat, nyeri dada, sakit kepala parah, penglihatan buram, atau pembengkakan kaki. Reaksi tersebut merupakan gejala kondisi medis serius. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bila efek samping tersebut Anda rasakan.

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Komplikasi atau efek samping Pil KB akan berbeda pada satu pengguna dengan pengguna lainnya. Perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kondisi hormonal ibu. Hentikan pemakaian jika ibu mengalami keluhan seperti nyeri kepala hebat atau mual dan muntah berat. Ibu juga perlu berhenti menggunakannya apabila mengalami gangguan penglihatan, pembekakan tubuh, atau keluar gumpalan darah dari vagina.

10 Rekomendasi pil KB terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh pil KB terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari bidan Ony Christy.

10
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, nyeri payudara, perdarahan pada uterus atau saluran reproduksi, emosi labil, depresi, migrain, sakit kepala
9
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMunculnya reaksi alergi, asma, depresi, memengaruhi libido, migrain, tekanan darah tinggi, venus thromboembolism, arterial thromboembolism, jerawat, eczema, gangguan menstruasi, perubahan berat badan
8
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingReaksi hipersensitivitas, payudara nyeri atau lunak, migrain, sakit kepala, mual, muntah, perubahan berat badan, mood swing, perubahan libido, kulit kemerahan, retensi cairan
7
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingGangguan menstruasi (hingga tidak menstruasi sama sekali), gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
6
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, muntah, sakit kepala, kram perut, kembung, nyeri payudara, pembengkakan pergelangan kaki, kenaikan berat badan
5

ExeltisDesirett

Mulai dari Rp 135.000,00

Jenis pilPil mini
Ibu menyusuiYa
Efek sampingHipertensi, mual, muntah, kram perut, thrombophlebitis
4
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, nyeri perut, peningkatan berat badan, sakit kepala, dan nyeri payudara
3
Jenis pilPil mini
Ibu menyusuiYa
Efek sampingSpotting, sakit kepala, mual, payudara terasa lembek
2
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingMual, sakit kepala, nyeri payudara, pendarahan saat menstruasi
1
Jenis pilPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkan
Efek sampingSpotting, pusing, mual, payudara terasa lembek

Tabel perbandingan produk pil KB terbaik

Gambar produk
1
DKT Pil KB Andalan FE 1

DKT

2
DKT Pil KB Andalan 1

DKT

3
DKT Pil KB Andalan Laktasi 1

DKT

4
Bayer Diane 35  1

Bayer

5
Exeltis Desirett  1

Exeltis

6
Bayer Microgynon 1

Bayer

7
Triyasa Nagamas Farma Planotab 1

Triyasa Nagamas Farma

8
Triyasa Nagamas Farma Neynna 1

Triyasa Nagamas Farma

9
Bayer Yasmin 1

Bayer

10
Exeltis Synfonia 24 1

Exeltis

Nama produk

Pil KB Andalan FE

Pil KB Andalan

Pil KB Andalan Laktasi

Diane 35

Desirett

Microgynon

Planotab

Neynna

Yasmin

Synfonia 24

Keunggulan

Mengandung tambahan zat besi yang cocok untuk wanita aktif dan energik

Kualitasnya terjamin, harganya pun terjangkau!

Dosis progesteronnya rendah, pilihan tepat untuk ibu menyusui

Mengandung kombinasi hormon untuk mencegah kehamilan sekaligus mengatasi jerawat

Berisi desogestrel yang efektif untuk kontrasepsi semasa nifas dan menyusui

Memengaruhi hormon reproduksi, menstruasi Anda lebih teratur dan tidak nyeri

Berbentuk tablet salut selaput, aman dikonsumsi oleh penderita maag

Kontrasepsi oral yang sekaligus dapat dimanfaatkan untuk terapi hormonal

Strukturnya menyerupai hormon reproduksi alami yang efektif untuk mencegah kehamilan

Solusi untuk kontrasepsi dan gejala PMS yang parah

Harga mulai dariRp 10.000,00Rp 10.000,00Rp 17.000,00Rp 130.000,00Rp 135.000,00Rp 16.500,00Rp 4.500,00Rp 95.000,00Rp 220.000,00Rp 200.000,00
Jenis pilPil kombinasiPil kombinasiPil miniPil kombinasiPil miniPil kombinasiPil kombinasiPil kombinasiPil kombinasiPil kombinasi
Ibu menyusuiTidak dianjurkanTidak dianjurkanYaTidak dianjurkanYaTidak dianjurkanTidak dianjurkanTidak dianjurkanTidak dianjurkanTidak dianjurkan
Efek sampingSpotting, pusing, mual, payudara terasa lembekMual, sakit kepala, nyeri payudara, pendarahan saat menstruasiSpotting, sakit kepala, mual, payudara terasa lembekMual, nyeri perut, peningkatan berat badan, sakit kepala, dan nyeri payudaraHipertensi, mual, muntah, kram perut, thrombophlebitisMual, muntah, sakit kepala, kram perut, kembung, nyeri payudara, pembengkakan pergelangan kaki, kenaikan berat badanGangguan menstruasi (hingga tidak menstruasi sama sekali), gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein. Reaksi hipersensitivitas, payudara nyeri atau lunak, migrain, sakit kepala, mual, muntah, perubahan berat badan, mood swing, perubahan libido, kulit kemerahan, retensi cairanMunculnya reaksi alergi, asma, depresi, memengaruhi libido, migrain, tekanan darah tinggi, venus thromboembolism, arterial thromboembolism, jerawat, eczema, gangguan menstruasi, perubahan berat badanMual, nyeri payudara, perdarahan pada uterus atau saluran reproduksi, emosi labil, depresi, migrain, sakit kepala
Tautan produk

Cara konsumsi pil KB yang tepat

Cara konsumsi pil KB yang tepat

Mengonsumsi pil KB tidak dapat dimulai kapan saja. Secara umum, Anda perlu mulai mengonsumsi pil KB sejak hari pertama periode menstruasi dimulai. Bila pil KB baru mulai dikonsumsi hari kelima periode menstruasi, ada potensi efek kontrasepsi tidak optimal. Jadi, pil KB mungkin perlu dikombinasikan dengan kontrasepsi lain. 


Idealnya, pil KB dikonsumsi setiap hari agar memberikan hasil efektif. Bila jadwalnya terlewat, Anda mungkin perlu segera meminum pil KB begitu mengingatnya. Namun, kadang ada juga pil yang harus diabaikan dan Anda harus segera minum pil berikutnya apabila terlewat. 


Untuk mengetahui aturan pakai saat jadwal minum pil terlewat, bacalah informasi obat pada kemasan pil KB. Masing-masing pil KB mungkin mensyaratkan perlakuan berbeda saat terlewat. 

Ony Christy
Bidan & educreator
Ony Christy

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi pil KB adalah pada hari pertama haid atau 68 minggu setelah persalinan. Untuk mengonsumsinya, ibu bisa mengikuti petunjuk dalam kemasan dan mengikuti anak panah pada blister.


Jika ibu tidak mengonsumsi pil pada hari pertama haid, ada kemungkinan efektivitasnya berkurang. Jika begitu, ibu perlu menggunakan kontrasepsi tambahan selama minimal tujuh hari. 


Pil KB juga sebaiknya dikonsumsi rutin setiap hari pada waktu yang sama. Jika lupa, ibu perlu segera meminum pil yang terlupa tersebut. Jika lupa dua kali, tambahkan dosis pil berikutnya sampai sesuai dengan jadwal pil yang seharusnya.

Baca juga rekomendasi produk test pack di sini

Tidak semua pil KB dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa Anda tidak sedang mengandung saat mulai mengonsumsinya. Untuk membantu Anda memeriksa kehamilan, silakan membaca rekomendasi produk test pack berikut ini. 

Kesimpulan

Setiap wanita memilki prioritas dan kondisi kesehatan yang berbeda sehingga beberapa mungkin perlu menunda kehamilan. Tersedia beragam kontrasepsi di luar sana dan pil KB adalah salah satu yang dapat menjadi pilihan. 


Dengan rekomendasi di atas, semoga proses pemilihan pil KB tidak membingungkan lagi bagi Anda. Bila Anda masih ragu setelah membaca rekomendasi tersebut, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Artikel terkait

  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Test pack adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengecek kehamilan. Berbagai jenis dan merk produk test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang tepat? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai test pack. Simak ulasan kami, mulai dari cara memilih test pack yang bagus sampai rekomendasi produknya, seperti Akurat, Sensitif, dan Clearblue. Ulasan mengenai macam-macam test pack dan harganya juga akan kami paparkan di artikel ini. Agar tidak salah pilih, bidan Ony Christy juga ikut memberikan komentarnya untuk Anda.
    Produk dewasa & kewanitaan
    331.421 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Malam Hari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Malam Hari (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai wanita, pastinya Anda mengetahui bagaimana repotnya bila sedang menstruasi, terlebih saat Anda tidur di malam hari. Umumnya, kekhawatiran terbesar adalah darah menstruasi yang merembes dan mengotori tempat tidur Anda. Nah, kali ini, kami akan membantu Anda untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut.Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pembalut untuk malam hari, serta merekomendasikan produk pembalut terbaik untuk Anda. Mulai dari pembalut herbal Natesh, pembalut super tipis Laurier, hingga pembalut antibocor Charm akan kami ulas!
    Produk dewasa & kewanitaan
    52.296 Views
  • 10 Rekomendasi Pantyliner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pantyliner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan yang dihasilkan oleh miss V merupakan elemen penting dalam kesehatan organ intim wanita. Namun, kenyamanan Anda tentu saja terganggu apabila cairan yang dihasilkan banyak, bahkan berbau tak sedap. Karena itu, banyak yang merekomendasikan pantyliner untuk melindungi daerah kewanitaan dan menjaga agar pakaian dalam tetap bersih.Terdapat pantyliner tipe sekali pakai atau kain yang dapat dicuci ulang. Anda dapat memilih berbagai macam merek yang ada, seperti Laurier, Unicharm, dan lainnya. Namun, sebelum membeli, alangkah baiknya jika Anda mempelajari cara memilih pantyliner dan menyimak rekomendasi produknya dari kami. Simak terus, ya!
    Produk dewasa & kewanitaan
    31.701 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, makin banyak orang yang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dengan mulai mengurangi sampah. Bagi para wanita, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pembalut kain. Dibandingkan dengan pembalut sekali pakai, pembalut kain dinilai lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan. Namun, memilih pembalut kain, terutama untuk para pemula, merupakan hal yang cukup membingungkan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih pembalut kain. Tidak lupa, rekomendasi produk dapat Anda temukan di bawah ini, mulai dari Hannahpad, Demibumi, BabyClo dan lainnya. 
    Produk dewasa & kewanitaan
    29.467 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Siang Hari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Siang Hari (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk beraktivitas di siang hari saat sedang menstruasi, Anda pasti menginginkan pembalut yang ringan dan nyaman digunakan. Berbagai macam brand terkenal mulai dari Laurier, CHARM, hingga Softex berlomba mengeluarkan pembalut terbaik mereka. Jadi, pembalut seperti apa yang cocok untuk Anda?Untuk menjawab pertanyaan Anda, kali ini kami akan mengulas tentang cara memilih pembalut untuk siang hari. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk pilihan kami. Temukan produk yang sesuai dan bersiaplah untuk bebas beraktivitas tanpa khawatir akan bocor saat sedang deras-derasnya!
    Produk dewasa & kewanitaan
    39.493 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan popok dewasa atau adult diaper.Banyaknya merk popok dewasa di pasaran, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Tenang, kami akan merekomendasikan produk popok dewasa yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Tips memilih popok dewasa pun juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    54.331 Views
  • 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah melahirkan, Anda akan mengalami postpartum bleeding selama beberapa pekan. Pada masa nifas ini, Anda akan mengeluarkan darah dari rahim seperti saat menstruasi dengan cairan yang lebih banyak dan pekat. Untuk itu, Anda memerlukan pembalut untuk ibu melahirkan atau maternity pad.Beberapa merk pembalut nifas yang mudah ditemukan antara lain Softex Maternity, Dacco Mama, dan Sofie Maternity. Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi pembalut nifas yang bagus untuk dipakai. Selain itu, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. Mari disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
    33.618 Views
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap wanita pasti menginginkan tubuh yang bersih dan sehat. Tak hanya tubuh bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi pun perlu dirawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan, seperti Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Lactacyd Feminine Hygiene.Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan supaya tidak salah pilih sabun kewanitaan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih pembersih kewanitaan serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu ragu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Produk dewasa & kewanitaan
    68.822 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Laurier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Laurier Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Laurier adalah salah satu merek pembalut yang populer di Indonesia dengan pilihan produk yang beragam. Inovasi yang ditawarkan rangkaian pembalut Laurier pun selalu mengutamakan kenyamanan pemakainya. Selain itu, harganya yang relatif terjangkau dan mudah ditemukan membuat pembalut Laurier banyak digemari. Di antara pilihan yang ada, pembalut seperti apa yang cocok untuk Anda?Dalam artikel ini kami akan memberikan tips cara memilih pembalut Laurier dan sepuluh rekomendasi produk terbaik. Di antara sepuluh produk tersebut, Anda akan menemukan Laurier Healthy Skin, Laurier Relax Night, dan Laurier Active Day. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    2.281 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Charm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Charm Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    CHARM merupakan salah satu merk pembalut yang terus mengeluarkan inovasi demi meningkatkan kenyamanan produknya. Tidak heran jika saat ini pembalut CHARM memiliki banyak varian dengan beragam keunggulan. Ada yang bersayap, tanpa sayap, ukurannya lebih panjang, hingga selalu kering supaya tidak bikin gatal.Di antara banyaknya pilihan, manakah pembalut CHARM yang bagus untuk dipilih? Nah, kali ini kami akan menjabarkan tips memilih pembalut CHARM. Sepuluh rekomendasi produk dengan harga yang beragam juga telah disiapkan. Beberapa produk pembalut CHARM seperti Body Fit, Cooling Fresh, hingga Extra Comfort ada di dalamnya. Mari disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
    380 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pencukur Miss V Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2021)
    Sekarang, mulai banyak wanita yang mencukur bulu di area miss V atau area kemaluan. Namun, jika Anda mencukur dengan alat cukur biasa, ujung rambut bisa menjadi tajam. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal pada permukaan kulit miss V yang sensitif. Untuk itu, Anda memerlukan pencukur khusus area miss V.Telah banyak juga merek pencukur miss V yang beredar di pasaran, seperti Veet, Philips, atau Panasonic. Kali ini kami akan memberikan tips memilih pencukur miss V beserta rekomendasi produknya untuk Anda. Mari simak dan temukan pencukur miss V yang tepat!
    Produk dewasa & kewanitaan
    119.540 Views
  • 10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Test Pack Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Test pack adalah salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk mengecek kehamilan. Berbagai jenis dan merk produk test pack banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, bagaimana cara menentukan produk yang tepat? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara tuntas mengenai test pack. Simak ulasan kami, mulai dari cara memilih test pack yang bagus sampai rekomendasi produknya, seperti Akurat, Sensitif, dan Clearblue. Ulasan mengenai macam-macam test pack dan harganya juga akan kami paparkan di artikel ini. Agar tidak salah pilih, bidan Ony Christy juga ikut memberikan komentarnya untuk Anda.
    Produk dewasa & kewanitaan
    331.406 Views
  • 10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pembersih Kewanitaan Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap wanita pasti menginginkan tubuh yang bersih dan sehat. Tak hanya tubuh bagian luar, area kewanitaan yang tersembunyi pun perlu dirawat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membersihkannya menggunakan pembersih kewanitaan, seperti Betadine, Purbasari Sabun Sirih Manjakani, atau Lactacyd Feminine Hygiene.Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan supaya tidak salah pilih sabun kewanitaan. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih pembersih kewanitaan serta memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Tak perlu ragu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. 
    Produk dewasa & kewanitaan
    68.811 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Popok Dewasa Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada berbagai kondisi kesehatan yang bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk menahan urine dan feses. Usia lanjut, diabetes, obesitas, atau kelainan saraf yang mengatur fungsi berkemih adalah sebagian dari contohnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan popok dewasa atau adult diaper.Banyaknya merk popok dewasa di pasaran, seperti Confidence, Certainty, dan Lifree mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Tenang, kami akan merekomendasikan produk popok dewasa yang bagus dan sesuai kebutuhan Anda. Tips memilih popok dewasa pun juga akan kami ulas. Selamat membaca!
    Produk dewasa & kewanitaan
    54.322 Views
  • 10 Rekomendasi Pantyliner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pantyliner Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Cairan yang dihasilkan oleh miss V merupakan elemen penting dalam kesehatan organ intim wanita. Namun, kenyamanan Anda tentu saja terganggu apabila cairan yang dihasilkan banyak, bahkan berbau tak sedap. Karena itu, banyak yang merekomendasikan pantyliner untuk melindungi daerah kewanitaan dan menjaga agar pakaian dalam tetap bersih.Terdapat pantyliner tipe sekali pakai atau kain yang dapat dicuci ulang. Anda dapat memilih berbagai macam merek yang ada, seperti Laurier, Unicharm, dan lainnya. Namun, sebelum membeli, alangkah baiknya jika Anda mempelajari cara memilih pantyliner dan menyimak rekomendasi produknya dari kami. Simak terus, ya!
    Produk dewasa & kewanitaan
    31.699 Views
  • 10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pembalut Nifas Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah melahirkan, Anda akan mengalami postpartum bleeding selama beberapa pekan. Pada masa nifas ini, Anda akan mengeluarkan darah dari rahim seperti saat menstruasi dengan cairan yang lebih banyak dan pekat. Untuk itu, Anda memerlukan pembalut untuk ibu melahirkan atau maternity pad.Beberapa merk pembalut nifas yang mudah ditemukan antara lain Softex Maternity, Dacco Mama, dan Sofie Maternity. Melalui artikel ini kami akan memberikan rekomendasi pembalut nifas yang bagus untuk dipakai. Selain itu, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. Mari disimak!
    Produk dewasa & kewanitaan
    33.616 Views
  • 10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Malam Hari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pembalut Terbaik untuk Malam Hari (Terbaru Tahun 2021)
    Sebagai wanita, pastinya Anda mengetahui bagaimana repotnya bila sedang menstruasi, terlebih saat Anda tidur di malam hari. Umumnya, kekhawatiran terbesar adalah darah menstruasi yang merembes dan mengotori tempat tidur Anda. Nah, kali ini, kami akan membantu Anda untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut.Kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih pembalut untuk malam hari, serta merekomendasikan produk pembalut terbaik untuk Anda. Mulai dari pembalut herbal Natesh, pembalut super tipis Laurier, hingga pembalut antibocor Charm akan kami ulas!
    Produk dewasa & kewanitaan
    52.295 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori