• 10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Nebulizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Mengonsumsi obat minum tidak selalu dapat menjadi solusi untuk masalah pernapasan. Kadang, Anda membutuhkan bantuan alat nebulizer. Nebulizer adalah alat yang berfungsi menghantarkan obat dengan cepat ke paru-paru. Anda dapat memilih nebulizer dari beberapa merk, seperti Philips, OneMed, dan Omron Nebulizer. 


Namun, dalam pemilihannya tentu Anda tidak dapat sembarangan. Ada faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari kesesuaiannya dengan penyakit, harga nebulizer, sampai kebisingan yang ditimbulkan. Di bawah ini kami akan menunjukkan cara memilih nebulizer yang bagus dan tepat untuk Anda. Mari simak selengkapnya, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 15 April 2021
  • 4.806 Views
Daftar isi

Apa itu nebulizer?

Apa itu nebulizer?

Pada beberapa gangguan pernapasan seperti asma, kadang diperlukan obat yang dapat mencapai paru-paru dengan cepat. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan nebulizer. Nebulizer adalah alat medis yang dapat menghantarkan obat dengan cepat dan langsung ke paru-paru. 


Obat cair akan diubah menjadi partikel uap yang sangat halus oleh nebulizer. Pasien dengan gangguan pernapasan pun dapat menghirupnya melalui masker atau pipa (air tube). Pemberian obat dengan cara ini membuat partikel obat dapat segera mencapai paru-paru. 


Namun, tidak semua pasien dengan masalah pernapasan membutuhkan nebulizer. Dokter biasanya meresepkan nebulizer bagi pasien dengan masalah asma, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), atau fibrosis. 

Cara memilih nebulizer

Ada banyak sekali faktor yang perlu menjadi pertimbangan dalam pemilihan nebulizer. Sebelum membelinya, Anda dapat memperhatikan poin-poin berikut ini. 

Pilihlah sesuai dengan penyakit yang diderita

Ada nebulizer yang didesain untuk merawat saluran pernapasan atas dan ada yang diperuntukkan untuk saluran pernapasan bawah. Kedua desain ini akan menghasilkan ukuran partikel yang berbeda. Jadi, pastikan Anda mengetahui perbedaan keduanya. 

Partikel uap yang besar untuk perawatan saluran napas atas

Partikel uap yang besar untuk perawatan saluran napas atas

Telah disebutkan sebelumnya, nebulizer berfungsi mengubah cairan obat menjadi partikel yang sangat halus. Ukuran partikel obat ini menentukan di mana obat akan dimasukkan. Partikel-partikel besar akan menjangkau saluran pernapasan lebih cepat. Oleh sebab itu, nebulizer yang menghasilkan partikel besar lebih cocok untuk merawat saluran napas atas.


Saluran napas atas terdiri dari rongga hidung dan faring atau pangkal kerongkongan. Adapun rinitis dan sinusitis kronis merupakan beberapa penyakit yang biasa menyerang saluran napas atas. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih nebulizer yang diperuntukkan untuk perawatan saluran napas atas. 

Partikel uap yang kecil untuk perawatan saluran napas bawah

Partikel uap yang kecil untuk perawatan saluran napas bawah

Kebalikan dari tipe nebulizer untuk saluran napas atas, partikel uap yang lebih kecil dibutuhkan untuk merawat saluran napas bawah. Partikel uap yang kecil lebih ringan sehingga dapat menjangkau lebih dalam dan masuk ke saluran napas bawah.


Dibandingkan saluran napas atas, komponen saluran napas bawah relatif lebih kompleks. Bagian pertama yang termasuk saluran napas bawah adalah laring, yaitu bagian atas tenggorok yang berisi pita suara. 


Berikutnya, ada trakea yang menyalurkan udara dari laring ke bronkus. Bronkus merupakan cabang tenggorok yang tersambung ke paru-paru bagian kiri dan kanan. Di dalamnya, terdapat saluran-saluran lebih kecil yang disebut bronchiole. Terakhir tentu paru-paru itu sendiri, termasuk alveoli atau kantung udara kecil di dalamnya. 


Beberapa penyakit yang umum menyerang saluran napas bawah adalah Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), asma, dan bronkitis. Penderita penyakit tersebut umumnya membutuhkan nebulizer yang menghasilkan partikel obat kecil. Bila Anda salah satunya, pastikan Anda memilih nebulizer untuk saluran napas bawah ini.

Sesuaikan nebulizer dengan penggunanya

Secara umum, hampir tidak ada perbedaan mekanis antara nebulizer untuk anak dan orang dewasa. Namun, desain dan uap yang dihasilkan nebulizer satu dengan yang lain tetap memiliki perbedaan. Maka dari itu, Anda tetap perlu menyesuaikan nebulizer yang akan dipilih, apakah diperuntukkan bagi anak atau orang dewasa.

Desain unik dan partikel lebih halus untuk bayi dan anak

Desain unik dan partikel lebih halus untuk bayi dan anak

Tidak mudah bagi bayi atau anak untuk menjalani terapi inhalasi. Bernapas di balik masker yang mengeluarkan uap obat sering kali terasa menakutkan bagi si kecil. Oleh sebab itu, desain nebulizer untuk anak biasanya dibuat lebih berwarna atau berbentuk hewan lucu. Hal tersebut ditujukan agar anak tidak tertekan saat menjalani terapi tanpa mengurangi fungsi dan efektivitas alat. Jadi, obat tetap dapat dihantarkan secara efisien dan anak lebih nyaman saat menggunakannya.

Fungsi terapi menjadi fokus utama untuk orang dewasa

Fungsi terapi menjadi fokus utama untuk orang dewasa

Berbeda dengan desain nebulizer untuk anak-anak, tampilan nebulizer untuk orang dewasa cenderung standar. Biasanya, nebulizer-nya tidak memiliki desain yang terlalu unik atau berwarna. Fokus utama nebulizer untuk orang dewasa adalah untuk menghantarkan obat secara lebih optimal. 

Pertimbangkan tempat penggunaannya

Pemilihan nebulizer juga perlu disesuaikan dengan tempat penggunaannya, apakah Anda menggunakannya di rumah atau untuk bepergian. Maka dari itu, pastikan Anda tidak keliru memilih antara nebulizer dengan desain tabletop atau desain portabel. 

Nebulizer tabletop, lebih sesuai untuk penggunaan di rumah

Nebulizer tabletop, lebih sesuai untuk penggunaan di rumah

Sebelum membeli nebulizer, Anda perlu mengetahui di mana Anda akan sering menggunakannya. Jika Anda hanya akan menggunakannya di rumah, desain tabletop dapat menjadi pilihan. 


Tabletop nebulizer umumnya membutuhkan saluran listrik untuk dapat beroperasi. Selain itu, nebulizer ini juga cukup berat sehingga memang sulit untuk dibawa bepergian. Namun, tabletop nebulizer biasanya dijual dengan harga yang relatif lebih ekonomis dan garansi lebih panjang. 

Nebulizer portable, mudah dibawa bepergian

Nebulizer portable, mudah dibawa bepergian

Nebulizer portabel memiliki bobot yang ringan dan ukuran kecil. Alat ini sesuai untuk Anda yang sulit sampai ke rumah pada jam yang sama untuk menjalani terapi. 


Desain portabel juga pilihan tepat bagi Anda yang sering kali melakukan perjalanan atau menderita asma parah. Jadi, Anda dapat menggunakannya kapan pun saat dibutuhkan. Meskipun demikian, alat ini juga tetap dapat digunakan ketika Anda berada di rumah. 


Dengan menggunakan nebulizer portabel, Anda tidak perlu khawatir terkait sumber daya listrik. Beberapa alat ini dapat diisi ulang dan sebagian menggunakan baterai sekali pakai. Sayangnya, harga nebulizer portabel ini relatif lebih tinggi. 

Ketahui kecepatannya untuk menghantarkan obat

Ketahui kecepatannya untuk menghantarkan obat

Tingkat kecepatan nebulizer untuk menghantarkan obat sangatlah penting, apalagi ketika Anda sedang terkena serangan asma. Untuk itu, Anda perlu mengetahui seberapa cepat nebulizer mampu menghantarkan obat. Rata-rata nebulizer dapat menghantarkan 4–8 liter partikel obat per menit. Pastikan Anda memeriksa deskripsi produknya sebelum memutuskan membeli. 

Cari model yang tidak berisik

Cari model yang tidak berisik

Di dalam nebulizer, terdapat kompresor. Makin besar kompresor tersebut, nebulizer akan makin berisik saat beroperasi. Jika Anda banyak menggunakan nebulizer pada malam hari, pilihlah alat dengan tingkat kebisingan yang rendah. Terlebih lagi apabila nebulizer digunakan oleh si kecil, pilihlah yang tidak berisik agar buah hati tidak terganggu tidurnya. 


Pada deskripsi produk, Anda dapat memeriksa tingkat kebisingannya pada bagian noise atau volume. Kebisingan alat berkisar antara 20 dB–65 dB. Makin kecil angka tersebut, artinya alat makin senyap saat beroperasi. 

10 Rekomendasi nebulizer terbaik

Setelah mengetahui cara memilih nebulizer, Anda dapat membaca rekomendasi produk-produk nebulizer terbaik di bawah ini. Silakan pilih produk yang paling sesuai untuk Anda!

10
Fokus perawatanTidak diketahui
PenggunaAnak
DesainTabletop
Kecepatan6 LPM @ 10 psig
NoiseTidak diketahui
9
Fokus perawatanSaluran napas atas dan bawah
PenggunaBayi
DesainTabletop
Kecepatan0,4 ml/menit atau 0,2 ml/menit
Noise68 dB
8
Fokus perawatanTidak diketahui
PenggunaDewasa
DesainTabletop
Kecepatan6–7 LPM @ 10 psig
Noise58±3 dB
7
Fokus perawatanSaluran napas atas dan bawah
PenggunaDewasa
DesainTabletop
Kecepatan6 LPM @ 10 psi
Noise58±3 dB
6
Fokus perawatanSaluran napas bawah
PenggunaBayi, anak
DesainTabletop
Kecepatan0,3 ml/menit
Noise46 dB
5

OmronCompA.I.R NE-C801

NE-C801S-E(V)

Mulai dari Rp 475.000,00

Fokus perawatanSaluran napas bawah
PenggunaAnak, dewasa
DesainTabletop
Kecepatan0,3 ml/menit
Noise46 dB
4

OneMed ION 402Nebulizer

ION 402CB000007690

Mulai dari Rp 643.000,00

Fokus perawatanSaluran napas atas dan bawah
PenggunaDewasa
DesainTabletop
Kecepatan>3 ml/menit
Noise50 dB
3
Fokus perawatanSaluran napas bawah
PenggunaBayi, anak, dewasa
DesainPortabel
Kecepatan>0,25 ml/menit
Noise20 dB
2
Fokus perawatanSaluran napas atas dan bawah
PenggunaAnak, dewasa
DesainPortabel
Kecepatan0,37–0,5 ml/menit
NoiseTidak diketahui
1

LaicaUltrasound Aerosol Therapy

NE1005

Mulai dari Rp 1.149.000,00

Fokus perawatanSaluran napas atas dan bawah
PenggunaAnak, dewasa
DesainPortabel
Kecepatan0,25 ml/menit
Noise37,4 dB

Tabel perbandingan produk nebulizer terbaik

Gambar produk
1
Laica Ultrasound Aerosol Therapy 1

Laica

2
YKD Medical Mesh Nebulizer 1

YKD Medical

3
Omron MicroAir U100 1

Omron

4
OneMed ION 402 Nebulizer  1

OneMed ION 402

5
Omron CompA.I.R NE-C801 1

Omron

6
Omron CompAIR C801KD 1

Omron

7
Philips InnoSpire Deluxe 1

Philips

8
Philips InnoSpire Essence 1

Philips

9
Omron DuoBaby 1

Omron

10
Philips Sami the Seal  1

Philips

Nama produk

Ultrasound Aerosol Therapy

Mesh Nebulizer

MicroAir U100

Nebulizer

CompA.I.R NE-C801

CompAIR C801KD

InnoSpire Deluxe

InnoSpire Essence

DuoBaby

Sami the Seal

Keunggulan

Mudah dibawa ke mana saja dan dapat menghasilkan partikel microdroplet

Nebulizer portabel yang harganya ramah di kantong

Desain sangat ringkas, sesuai untuk Anda yang kerap bepergian

Dilengkapi teknologi ultrasonic, pertolongan cepat untuk penderita sinus dan asma

Noise rendah, pilihan tepat untuk inhalasi pada malam hari

Desain sangat menarik, perawatan saluran napas bawah anak jadi lebih teratur

Mudah dipindahkan dan mampu menghantarkan partikel obat secara konstan

Terapi lebih singkat dan efisien dengan adanya sistem active venturi

Terintegrasi dengan nasal aspirator untuk mengatasi masalah pernapasan bayi

Bentuk anjing laut, menarik bagi si kecil yang memerlukan inhalasi

Harga mulai dariRp 1.149.000,00Rp 350.000,00Rp 2.805.000,00Rp 643.000,00Rp 475.000,00Rp 884.000,00Rp 1.750.000,00Rp 963.000,00Rp 1.550.000,00Rp 1.700.000,00
Fokus perawatanSaluran napas atas dan bawahSaluran napas atas dan bawahSaluran napas bawahSaluran napas atas dan bawahSaluran napas bawahSaluran napas bawahSaluran napas atas dan bawahTidak diketahuiSaluran napas atas dan bawahTidak diketahui
PenggunaAnak, dewasaAnak, dewasaBayi, anak, dewasaDewasaAnak, dewasaBayi, anakDewasaDewasaBayiAnak
DesainPortabelPortabelPortabelTabletopTabletopTabletopTabletopTabletopTabletopTabletop
Kecepatan0,25 ml/menit0,37–0,5 ml/menit>0,25 ml/menit>3 ml/menit0,3 ml/menit0,3 ml/menit6 LPM @ 10 psi6–7 LPM @ 10 psig0,4 ml/menit atau 0,2 ml/menit6 LPM @ 10 psig
Noise37,4 dBTidak diketahui20 dB50 dB46 dB46 dB58±3 dB58±3 dB68 dBTidak diketahui
Tautan produk

Cara penggunaan nebulizer yang tepat

Cara penggunaan nebulizer yang tepat

Penggunaan nebulizer harus sesuai dengan instruksi yang tercantum pada manual dari masing-masing alat. Jadi, pastikan Anda membacanya terlebih dahulu dan ikuti petunjuk tersebut. Namun, secara umum, hal pertama yang perlu Anda pastikan adalah tangan Anda sudah bersih sebelum memakai nebulizer


Setelah yakin tangan sudah bersih, tuangkan obat ke dalam cup khusus obat pada nebulizer. Pasangkan penutupnya dan sambungkan bagian penutup tersebut dengan masker atau mouthpiece. Lalu, pasang ujung selang ke kompresor dan ujung lainnya dipasangkan ke masker atau mouthpiece


Selanjutnya, pasanglah masker di wajah atau mouthpiece di antara gigi dalam posisi mulut rapat. Anda dapat memulai proses terapi dengan menekan tombol on dan bernapaslah seperti biasa. Lamanya proses terapi bervariasi, biasanya antara 10–15 menit.

Baca juga rekomendasi produk nose cleaner di sini

Selain berbagai gangguan pernapasan yang dapat diatasi dengan nebulizer, masalah yang cukup sering timbul adalah hidung tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda dapat memakai nose cleaner. Pada artikel berikut ini Anda dapat mencari tahu rekomendasi produk nose cleaner terbaik. 

Kesimpulan

Beberapa masalah pernapasan, seperti rinitis, sinusitis, asma, atau bronkitis, mungkin membutuhkan perawatan lain selain konsumsi obat oral. Salah satu yang lazim disarankan dokter adalah terapi inhalasi dengan nebulizer


Meski nebulizer di pasaran sangat banyak, dengan rekomendasi di atas Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilihnya. Anda cukup membaca panduan cara memilh dan memeriksa rekomendasi produk tersebut. Semoga Anda menemukan produk nebulizer yang sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Masker Pelindung Sekali Pakai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masker pelindung sekali pakai merupakan benda yang cukup sering digunakan khususnya ketika seseorang mengalami masalah kesehatan. Anda juga akan membutuhkan masker pelindung sekali pakai ketika berada di tempat berdebu atau dikelilingi zat-zat berbahaya.Saat ini, masker pelindung telah diproduksi dalam berbagai varian yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kali ini, kami akan membantu Anda untuk memilih masker pelindung sekali pakai sesuai kebutuhan. Produk-produk yang akan kami perkenalkan di sini antara lain Sensi, Skrineer, dan Nexcare. Untuk ulasan lengkapnya, silakan baca artikel berikut ini. 
    Alat medis
    244.489 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Pengukur Tekanan Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tekanan darah merupakan parameter kondisi kesehatan yang pemeriksaannya sering kali dilakukan di fasilitas kesehatan. Namun, bila Anda memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter sendiri, Anda dapat memeriksa tekanan darah di rumah. Merek-merek, seperti Omron, Beurer, dan Elvasense menawarkan berbagai macam tensimeter, baik yang dipakai di lengan atas ataupun pergelangan tangan. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda mungkin kesulitan untuk memilihnya. Maka dari itu, kami akan memberikan rekomendasi alat pengukur tekanan darah yang lengkap dengan cara memilihnya. Selamat memilih dan pantaulah kesehatan Anda setiap hari!
    Alat medis
    95.950 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Cek Gula Darah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mengecek kadar gula darah secara teratur adalah hal penting bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan alat cek gula darah yang kini banyak beredar di pasaran. Anda dapat memilih alat dari berbagai produsen, seperti Abbott, Roche atau Xiaomi. Pemilihannya tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih alat cek gula darah sekaligus merekomendasikan produk terbaiknya. Pilihlah alat yang dapat membantu Anda untuk memantau gula darah secara efektif!
    Alat medis
    75.009 Views
  • 10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Termometer Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Termometer digital merupakan pengukur suhu yang saat ini umum digunakan untuk menggantikan termometer air raksa. Termometer ini tersedia dalam berbagai bentuk dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Produsen ternama, seperti OneMed, Omron, dan Braun juga turut meramaikan pasar dengan produk-produknya. Anda mungkin jadi sedikit kebingungan untuk menentukan termometer yang tepat. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli termometer digital. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi termometer digital terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya berikut ini, ya!
    Alat medis
    121.802 Views
  • 10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Timbangan Badan Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menimbang berat badan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Anda dapat mengetahui kebutuhan kalori tubuh dengan melihat berat badan Anda di timbangan. Selain itu, menimbang badan juga diperlukan oleh Anda yang sedang menjalankan program diet untuk mendapatkan tubuh ideal.Timbangan digital dapat menjadi pilihan yang praktis dan akurat untuk mengetahui angka berat badan. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas tentang memilih timbangan badan digital. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik, seperti OneMed, Tanita, dan Idealife. Selamat membaca!
    Alat medis
    25.766 Views
  • 10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi pH Meter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebuah pH meter dapat mengukur tingkat keasaman lebih akurat dibandingkan kertas lakmus. pH meter dengan berbagai jenis dan fungsi sudah banyak dijual di pasaran. Dari segi jenisnya, ada pH meter tipe compact dan handy. Sementara itu, dari penggunaannya, ada pH meter untuk cairan dan ada yang untuk tanah.Anda kesulitan mencari pH meter yang sesuai kebutuhan? Di artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih pH meter terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari merek ternama, seperti Mediatech, Hanna Instrument, dan Takemura. Selamat membaca!
    Alat medis
    18.933 Views
  • 10 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Alat Bantu Dengar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mampu mendengar dengan baik adalah sebuah anugerah. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat beberapa orang mengalami gangguan pendengaran. Untuk mengatasi kondisi tersebut, menggunakan alat bantu dengar bisa menjadi pilihan. Alat ini bisa membantu mempermudah komunikasi bagi para lansia dan golongan usia lainnya. Namun, bagaimanakah cara memilih alat bantu dengar yang bagus?Kali ini, kami akan membagi tips untuk memilih alat bantu dengar yang terbaik untuk Anda. Anda bisa pertimbangkan sepuluh produk rekomendasi kami dari Siemens, BiON, WIDEX, dan merek lainnya. Bacalah sampai habis dan pilihlah yang paling sesuai!
    Alat medis
    24.959 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori