1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Buku pengembangan diri & karier
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Buku Terbaik Tentang Self-Improvement (Terbaru Tahun 2023)

Manusia memiliki keinginan untuk terus belajar, tetapi tidak semua pelajaran bisa didapatkan melalui jalur formal. Tak heran buku tentang self-improvement atau pengembangan diri menjadi salah satu kategori buku yang laris diburu pembeli. Banyak topik menarik mengenai pengembangan diri, misalnya finansial, kepribadian manusia, kepercayaan diri, cara meningkatkan produktivitas kerja, dan sebagainya.


Kami akan membahas beberapa buku self-improvement yang bagus dan wajib Anda baca setidaknya sekali seumur hidup. Buku-buku best seller dunia, seperti Psychology of Money, dan buku lokal, seperti Filosofi Teras, ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, simak cara memilihnya juga!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih buku tentang self-improvement

Memilih buku self-improvement itu sama saja seperti sedang memilih mentor atau guru untuk diri sendiri. Oleh karena itu, Anda tentu harus lebih selektif dalam memilihnya. Berikut ini adalah beberapa tips dari kami. 

① Pilih berdasarkan jenis bukunya

Sebagian besar buku self-improvement tersedia dalam bentuk nonfiksi. Namun, bukan berarti tidak ada buku self-improvement dalam bentuk fiksi. Kami akan menjelaskan sedikit mengenai kedua jenis buku tersebut. 

Nonfiksi, bacaan tepat untuk Anda yang detail-oriented

Nonfiksi, bacaan tepat untuk Anda yang detail-oriented
Buku self-improvement jenis nonfiksi biasanya berupa esai. Isi buku berdasarkan data dan murni hasil analisis pengalaman nyata penulis maupun sekitar penulis. Selain itu, buku nonfiksi cenderung serius dan tidak memiliki alur cerita. Buku jenis nonfiksi cocok untuk Anda yang detail-oriented dan mengutamakan data.

Fiksi, memberikan pesan self-improvement melalui plot cerita

Fiksi, memberikan pesan self-improvement melalui plot cerita
Buku self-improvement jenis fiksi biasanya berupa novel dan kumpulan cerita pendek. Isi dari buku self-improvement jenis fiksi merupakan analisis yang dibalut dengan imajinasi penulis. Jenis fiksi ini cenderung menyisipkan pesan dan poin yang ingin disampaikan melalui plot cerita. Jika Anda mudah bosan membaca buku yang cenderung serius, mungkin buku self-improvement jenis fiksi ini cocok untuk Anda. 

② Pilih berdasarkan topik dan ringkasannya

Pilih berdasarkan topik dan ringkasannya

Ada banyak buku self-improvement yang beredar di pasaran, baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. Topiknya pun beragam, ada yang berupa keahlian soft skills, seperti cara melatih fokus, membentuk kebiasaan baik, hingga self-love. Di sisi lain, ada juga topik yang berupa hard skills, seperti cara berinvestasi, cara mengatur keuangan, hingga public speaking.


Oleh karena itu, sebaiknya tentukan dahulu topik apa yang sedang ingin Anda pelajari. Anda bisa mencarinya langsung di toko buku atau lewat pencarian online. Setelah Anda mendapatkan topik atau judul buku yang sekiranya menarik, bacalah ringkasannya. Seberapa bagus isi dari buku yang Anda pilih biasanya tecermin dari ringkasannya.


Jika Anda tidak ingin salah pilih, Anda bisa memilih buku yang best seller, baik skala nasional maupun internasional. Buku yang sudah mendapatkan predikat best seller tentunya memiliki kualitas penyampaian yang baik, diterima oleh masyarakat, dan topiknya menarik.

③ Ketahui kredibilitas penulis bukunya

Ketahui kredibilitas penulis bukunya

Jika Anda sudah memiliki penulis favorit di kategori buku self-improvement, biasanya Anda akan terus-terusan mengikuti karyanya. Namun, bagaimana jika Anda belum punya penulis favorit? Sebaiknya, Anda cari tahu dahulu tentang penulis dari buku yang Anda pilih. Cari tahu mengenai latar belakang keilmuan atau pencapaian penulis tersebut, terutama untuk topik-topik spesifik seperti finansial.


Dengan mengetahui latar belakang penulis, Anda akan lebih percaya dengan isi dari buku tersebut. Buku tentang self-improvement terkadang mengajak pembacanya untuk mengambil tindakan setelah membaca buku tersebut. Jika Anda kurang percaya dengan penulisnya, Anda mungkin akan enggan bertindak setelah selesai membaca buku tersebut. 

④ Pertimbangkan harga dan ulasan dari pembaca lain

Pertimbangkan harga dan ulasan dari pembaca lain

Bagi Anda yang gemar membaca buku, pasti sering tergiur untuk membeli setiap buku bagus yang Anda temukan. Padahal, buku di rumah belum tentu sudah dibaca semua. Sebaiknya, tetapkan bujet terlebih dahulu saat akan memilih buku self-improvement yang ingin Anda beli. Dengan begitu, saat pergi ke toko buku atau belanja online, Anda sudah tahu kisaran harga buku yang ingin dibeli.


Jika harganya lebih tinggi dari bujet Anda, pilihlah yang angkanya tidak berbeda terlalu jauh. Untuk itu, Anda bisa mempertimbangkannya dengan lebih matang. Selain harga, penting juga untuk mempertimbangkan faktor ulasan pembeli. Meskipun judul atau pengarangnya bagus, belum tentu isinya sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Ulasan dari pembaca lain akan membantu Anda supaya lebih yakin saat memilih buku.

⑤ Sesuaikan jumlah halaman dengan waktu yang Anda miliki

Sesuaikan jumlah halaman dengan waktu yang Anda miliki

Jumlah halaman merupakan salah satu faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan. Buku yang terlalu tebal membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya dan berpeluang besar tidak dibaca hingga selesai. Tentu saja, ada buku yang jumlah halamannya banyak, tetapi pembahasannya menarik sehingga Anda tidak akan bosan.


Namun, sebaiknya, sesuaikan jumlah halaman buku dengan waktu yang Anda miliki untuk membaca buku. Tidak seperti kategori buku lain yang bisa dibaca dengan cepat, buku self-improvement terkadang membuat pembaca harus mencatat isinya. Pembaca juga sering kali diajak untuk merefleksikan isi buku tersebut sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama.

⑥ Pilihlah buku dengan bahasa yang Anda kuasai

Pilihlah buku dengan bahasa yang Anda kuasai

Buku self-improvement ada yang ditulis dengan bahasa asing ataupun bahasa Indonesia. Buku impor berbahasa asing biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan buku lokal. Jika Anda tidak terlalu menguasai bahasa asing, pilihlah buku yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Pilihlah buku dengan bahasa yang paling Anda pahami agar isi dari buku tersebut tersampaikan dengan baik.

10 Rekomendasi buku terbaik tentang self-improvement

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku terbaik tentang self-improvement yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Henry Manampiring

Filosofi Teras

Henry Manampiring Filosofi Teras 1枚目

Tingkatkan kualitas diri dengan filsafat Yunani!

2

Fellexandro Ruby

You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness

Fellexandro Ruby You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness 1枚目

Mengenal diri sendiri lebih baik untuk kualitas hidup yang lebih baik

3

Morgan Housel

The Psychology of Money

Morgan Housel The Psychology of Money 1枚目

Mengelola uang dengan cara yang berbeda

4

Yoon Hong Gyun

How to Respect Myself

Yoon Hong Gyun How to Respect Myself 1枚目

Buku terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri

5

Alvi Syahrin

Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa

Alvi Syahrin Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa 1枚目

Bacaan untuk remaja agar tak mudah galau hadapi masa depan

6

Desi Anwar

Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi

Desi Anwar Going Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi 1枚目

Lepaskan diri dari belenggu sosial media

7

Dale Carnegie & Associates

How To Win Friends and Influence People In The Digital Age

Dale Carnegie & Associates How To Win Friends and Influence People In The Digital Age 1枚目

Asah kemampuan sosialisasi Anda dengan buku ini

8

Aulia Hanifa

Wake Up Sloth

Aulia Hanifa Wake Up Sloth 1枚目

Buku self-improvement yang penuh dengan ilustrasi lucu

9

Baek Sae Hee

I Want to Die But I Want to Eat Tteokpokki

Baek Sae Hee I Want to Die But I Want to Eat Tteokpokki 1枚目

Alasan-alasan sederhana agar tetap bertahan hidup

10

Hector Garcia dan Francesc Miralles

IKIGAI: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Hector Garcia dan Francesc Miralles IKIGAI: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang 1枚目

Hidup bahagia dan sejahtera seperti orang Jepang

Perincian produk
Close
No.1

Henry ManampiringFilosofi Teras

Mulai dari Rp98.000,00

Tingkatkan kualitas diri dengan filsafat Yunani!

Filosofi Teras merupakan buku self-improvement yang ditulis oleh seorang penulis lokal, Henry Manampiring. Selain menjadi mega best seller, buku ini memenangkan Book of The Year di Indonesia International Book Fair 2019!


Buku ini mengajak Anda belajar meningkatkan kualitas diri dengan filsafat Yunani kuno, yakni stoisisme. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir buku ini akan penuh dengan bahasa berat. Penulis telah mengemas buku ini dalam bahasa yang ringan, mudah dipahami, serta relevan dengan era saat ini.

No.2

Fellexandro RubyYou Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness

Mulai dari Rp128.000,00

Mengenal diri sendiri lebih baik untuk kualitas hidup yang lebih baik

Kelebihan:

  • Membantu pembaca mengenali diri sendiri lebih baik dengan bahasa yang mudah dipahami

Kekurangan:

  • Beberapa pembaca mungkin merasa buku ini kurang praktis karena hanya membantu merefleksikan diri, bukan memaparkan langkah taktisnya

Pernahkah Anda mendengar tentang quarter life crisis? Atau ternyata Anda sendiri tengah mengalaminya? Jika ya, buku ini bisa menjadi jawaban bagi Anda. Buku ini dibuat untuk membantu para pembacanya mengenali dirinya sendiri dengan lebih baik.


Tanpa memberikan jawaban langsung, buku ini akan membantu Anda merefleksikan diri. Mulai dari mengenali situasi yang Anda alami, tipe belajar Anda, sampai akhirnya Anda bisa merancang kehidupan Anda. 

No.3

Morgan HouselThe Psychology of Money

Mulai dari Rp289.000,00

Mengelola uang dengan cara yang berbeda

Uang bisa membawa kesejahteraan, tetapi juga bisa membawa kesengsaraan. Semua tergantung dari bagaimana cara Anda menyikapi dan mengelola uang yang Anda miliki. Penting untuk belajar bagaimana cara mengelola uang dengan baik. 


Buku ini membagikan 19 cerita pendek tentang cara unik serta aneh orang-orang berpikir tentang uang. Selain itu, buku ini akan mengajari Anda cara memahami manajemen keuangan melalui sudut pandang yang berbeda. The Psychology of Money merupakan buku International Best Seller di Amerika Serikat versi Amazon.

No.4

Yoon Hong GyunHow to Respect Myself

Mulai dari Rp99.000,00

Buku terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri

Kepercayaan diri adalah hal yang terdengar sepele, tetapi sejatinya sangat penting untuk setiap individu. Rasa percaya diri merupakan modal awal untuk memulai sebuah kesuksesan. 


Yoon Hong Gyun merupakan seorang dokter kejiwaan asal Korea Selatan. Melalui buku ini, ia membagikan cerita dan tips untuk Anda yang ingin meningkatkan rasa percaya diri. Selain gaya penulisan yang menyenangkan, buku ini dilengkapi dengan 24 latihan sehingga tidak akan membuat Anda bosan.

No.5

Alvi SyahrinJika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa

Mulai dari Rp93.000,00

Bacaan untuk remaja agar tak mudah galau hadapi masa depan

Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa merupakan buku self-improvement yang cocok untuk para remaja. Remaja adalah usia yang biasanya galau memikirkan masa depan dan kerap membandingkan diri sendiri dengan orang di sekitar. Melalui buku ini, Anda akan belajar untuk memahami bahwa hidup tidak selamanya berjalan sesuai ekspektasi. 


Bahasa yang digunakan ringan sehingga tidak akan membuat Anda mudah bosan. Buku ini merupakan karya Alvi Syahrin yang sebelumnya telah sukses menerbitkan buku Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta. Sama seperti buku sebelumnya, buku ini sukses meraih gelar best seller.

No.6

Desi AnwarGoing Offline: Menemukan Jati Diri di Dunia Penuh Distraksi

Mulai dari Rp80.000,00

Lepaskan diri dari belenggu sosial media

Meskipun memberi banyak manfaat, tidak seharusnya sosial media menjauhkan kita dari produktivitas dan interaksi di dunia nyata. Buku ini sangat relevan dengan kehidupan di era modern saat ini. Khususnya semenjak masa pandemi, banyak orang terpaksa menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. 


Buku ini mengajak Anda untuk mengalihkan diri dari sosial media agar tetap dapat bersosialisasi dan produktif secara offline. Ada banyak tips bermanfaat di dalamnya yang tentunya bisa Anda coba aplikasikan di dunia nyata.

No.7

Dale Carnegie & AssociatesHow To Win Friends and Influence People In The Digital Age

Mulai dari Rp88.000,00

Asah kemampuan sosialisasi Anda dengan buku ini

Kelebihan:

  • Pembahasannya mengikuti tren terkini, komunikasi di era digital

Kekurangan:

  • Beberapa pembaca merasa apa yang digambarkan dalam buku ini terlalu ideal dan sulit diterapkan

Dale Carnegie adalah seorang pengajar dan penulis yang fokus akan self-improvement. Sudah banyak karya yang dihasilkanya dan How To Win Friends And Influence People In The Digital Age adalah karya terbarunya.


Buku ini akan mengarahkan Anda cara berkomunikasi di era digital dengan adanya peran media sosial. Setelah bisa berkomunikasi dengan baik, Anda akan diarahkan untuk dapat memberikan pengaruh. Hal inilah yang saat ini dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam keberhasilan, baik dalam bisnis, sekolah, dan pekerjaan.

No.8

Buku self-improvement yang penuh dengan ilustrasi lucu

Buku ini ditulis oleh seorang penulis lokal, yakni Aulia Hanifa. Terinspirasi dari hewan kukang yang pemalas, buku ini berisi motivasi untuk bangkit mengejar impian. Buku ini juga membahas segala kegalauan mengenai hidup, passion, hingga karier. 


Selain itu, mata Anda akan dimanjakan oleh beragam ilustrasi yang lucu di setiap halaman. Anda juga akan diminta untuk aktif mengisi template latihan dan catatan di dalamnya. Jadi, tidak akan ada alasan untuk merasa bosan saat membaca buku ini.

No.9

Baek Sae HeeI Want to Die But I Want to Eat Tteokpokki

Mulai dari Rp99.000,00

Alasan-alasan sederhana agar tetap bertahan hidup

Judulnya memang terkesan suram. Namun, isi bukunya inspiratif dan sarat makna. Buku ini merupakan esai yang berisi tentang pertanyaan, penilaian, saran, nasihat, dan evaluasi diri. Tujuannya adalah Anda sebagai pembaca bisa menerima dan mencintai diri Anda sendiri. 


Buku ini ditulis oleh Baek Sae Hee, yang berhasil sembuh dari depresi setelah berjuang selama 10 tahun. I Want to Die but I Want to Eat Tteokpokki mendapat predikat best seller di Korea Selatan. Buku self-improvement ini makin populer saat seorang anggota boyband terkenal, RM BTS, mengunggahnya ke sosial media.

No.10

Hector Garcia dan Francesc MirallesIKIGAI: Rahasia Hidup Bahagia dan Panjang Umur Orang Jepang

Mulai dari Rp90.500,00

Hidup bahagia dan sejahtera seperti orang Jepang

Buku ini ditulis oleh dua sahabat asal negara Spanyol, Hector Garcia dan Francesc Miralles. Kini mereka sudah sah menetap di Jepang. Ikigai sudah dicetak sebanyak 500.000 eksemplar, sukses menduduki gelar International Best Seller. 


Tidak hanya membahas rahasia hidup bahagia, buku ini juga membahas kiat-kiat hidup sehat dan sejahtera ala orang Jepang. Menariknya, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi yang akan memanjakan mata Anda. Buku ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat yang ingin hidup sejahtera.

Baca juga rekomendasi buku lainnya di sini

Selain buku self-improvement, tentunya masih banyak kategori buku lainnya yang bisa Anda baca, misalnya buku biografi atau autobiografi. Jika Anda ingin mempertajam imajinasi, novel yang inspiratif mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membaca ulasan kami lebih lanjut.

Kesimpulan

Apakah artikel ini cukup membantu Anda dalam mencari buku self-improvement? Semoga sudah, ya! Tentunya masih banyak buku self-improvement yang bisa Anda pelajari selain sepuluh rekomendasi dari kami. 


Setelah membaca buku self-improvement pilihan Anda sampai habis, jangan lupa untuk mengimplementasikannya ke dunia nyata. Dengan begitu, ilmu di dalam buku tersebut bisa berguna untuk Anda. Jangan lelah untuk terus mempelajari hal-hal baru!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer