• 10 Rekomendasi Calendula Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Calendula Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Calendula Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Calendula Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Calendula Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Calendula Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sejak zaman dahulu, bunga calendula terkenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Karena itu, bunga calendula kini sering diolah sebagai calendula cream untuk memudahkan penggunaannya. Telah banyak brand perawatan kulit terkenal yang memproduksi calendula cream, seperti merk Mamonde, Kiehl's, Nacific, dan lainnya.


Bila ini pertama kalinya Anda mencoba calendula cream, mungkin Anda akan kebingungan saat memilih. Oleh sebab itu, kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang cara memilih calendula cream yang bagus. Tidak hanya sampai disitu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya. Silakan disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 08 Mei 2022
Daftar isi

Apa itu tanaman calendula?

Apa itu tanaman calendula?

Bunga calendula atau yang dikenal sebagai pot marigold memiliki nama ilmiah Calendula officinalis. Bunga ini merupakan tanaman asli dari negara-negara di wilayah Mediterania, Eropa Selatan. Bunga calendula dapat tumbuh dengan mudah selama lokasi penanamannya kaya akan sinar matahari. Ciri khas dari bunga ini adalah warna kelopaknya yang terang, biasanya kuning atau oranye. Diameter bunga calendula sendiri hanya sekitar 4-7 cm dengan tinggi sekitar 30-60 cm.


Selain dipercaya mampu merawat kulit, bunga calendula memiliki banyak manfaat medis. Hal ini dikarenakan calendula memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Bahkan, dewan pengawas obat dan makanan dari Amerika telah menyetujui penggunaan calendula sebagai bahan makanan dan obat.


Saat ini, telah banyak produk kecantikan dan kesehatan yang menggunakan calendula sebagai bahan bakunya. Biasanya, produsen mengolah bunga calendula menjadi krim agar lebih mudah digunakan. Tidak hanya untuk kulit wajah, calendula cream bahkan juga diaplikasikan pada kulit tubuh.

Cara memilih calendula cream

Nah, sekarang kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih calendula cream. Silakan simak dengan saksama agar Anda dapat memilih produk yang tepat.

Pilih berdasarkan penggunaan Anda

Pada umumnya, ada calendula cream yang dirancang untuk dipakai di wajah, di tubuh, dan keduanya. Produk yang diperuntukkan bagi wajah tentu memiliki kandungan yang berbeda dengan produk untuk tubuh. Begitu pula dengan produk yang dapat digunakan pada keduanya. Oleh karena itu, saat akan membeli produk calendula cream, pastikan Anda telah menentukan tujuan pemakaian Anda.

Untuk kulit wajah : Pilih yang teksturnya ringan dan kaya kandungan bahan aktif

Untuk kulit wajah : Pilih yang teksturnya ringan dan kaya kandungan bahan aktif

Perbedaan utama antara kulit wajah dengan kulit tubuh terletak pada ketebalan teksturnya. Kulit di area wajah lebih tipis daripada di tubuh. Beberapa bagian di wajah pun memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan bagian wajah lainnya. Bagian wajah yang kulitnya lebih tipis adalah area sekitar mata dan leher.


Beberapa permasalahan kulit juga lebih rentan terjadi di wajah, misalnya jerawat, bintik hitam, dan penuaan dini. Oleh karena itu, calendula cream yang ditujukan untuk wajah biasanya memiliki kandungan bahan aktif yang lebih banyak.


Anda juga disarankan memilih calendula cream yang memiliki tekstur ringan agar mudah diserap oleh kulit wajah. Dengan begitu, krim tidak akan meninggalkan kesan berminyak pada wajah. Anda pun akan terhindar dari permasalahan kulit lain yang muncul akibat menumpuknya minyak pada wajah.

Untuk kulit tubuh : Pilih yang kandungan minyaknya cukup tinggi

Untuk kulit tubuh : Pilih yang kandungan minyaknya cukup tinggi

Tekstur kulit tubuh lebih tebal daripada kulit wajah. Oleh sebab itu, calendula cream yang ditujukan untuk tubuh biasanya memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi. Dengan demikian, calendula cream tersebut dapat melindungi, menutrisi, dan melembapkan tubuh.


Kandungan yang seperti itu terlalu berat untuk kulit wajah. Bila Anda mengaplikasikannya pada wajah, tentu akan merangsang iritasi pada kulit. Hal itu akan makin parah bila kulit wajah Anda cenderung sensitif. Penggunaan produk yang tidak sesuai aturan akan memicu permasalahan kulit lainnya. Karena itu, pastikan untuk menggunakan calendula cream sesuai dengan saran pemakaiannya.

Untuk kulit wajah dan tubuh : Pilih yang bahan kandungannya lebih sederhana

Untuk kulit wajah dan tubuh : Pilih yang bahan kandungannya lebih sederhana

Selain calendula cream yang memiliki fungsi khusus, ada pula produk yang dapat digunakan untuk wajah sekaligus tubuh. Pada produk seperti ini, bahan kandungannya biasanya tidak dapat memberikan efek yang maksimal. Hal ini dikarenakan produsen harus mempertimbangkan kandungan krim yang ramah, baik untuk kulit wajah maupun tubuh. 


Calendula cream yang seperti ini tentu lebih praktis. Saat ingin bepergian, Anda tak perlu lagi membawa banyak krim. Cukup dengan satu produk, Anda bisa mengaplikasikannya pada seluruh anggota tubuh. Namun, bila Anda ingin mengatasi permasalahan kulit tertentu, sebaiknya Anda tetap memilih calendula cream dengan fungsi khusus.

Perhatikan kandungan bahan lainnya

Selain memperhatikan tujuan penggunaan, Anda juga harus memeriksa kandungan bahan lain dari calendula cream pilihan Anda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mendapatkan manfaat sesuai yang diharapkan.

Tambahan bahan pelembap lainnya akan membuat kulit lebih lembut

Tambahan bahan pelembap lainnya akan membuat kulit lebih lembut

Pada dasarnya, bunga calendula memiliki kemampuan melembapkan yang tinggi. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit kering. Meski demikian, telah banyak produk calendula cream yang diperkaya dengan bahan pelembap tambahan. Tujuannya agar krim tersebut dapat memberikan efek melembapkan dengan lebih cepat dan tahan lama. Dengan begitu, kulit Anda akan terasa makin lembut dan halus. Beberapa bahan pelembap yang sering digunakan pada calendula cream antara lain glycerin, hyaluronic acid, dan olive oil.

Bahan yang bersifat menenangkan akan mampu meredakan iritasi kulit

Bahan yang bersifat menenangkan akan mampu meredakan iritasi kulit

Salah satu manfaat utama dari calendula cream adalah mampu menenangkan kulit. Berbagai gejala eczema seperti kemerahan, gatal, dan iritasi dapat diredakan dengan mengaplikasikan calendula cream. Meski demikian, ada beberapa produk yang diperkaya dengan bahan tambahan lain yang mampu menenangkan kulit. Salah satu bahan kandungan yang sering digunakan adalah lidah buaya. Kandungan ini dikenal mampu menenangkan sekaligus melembapkan kulit Anda.

Kandungan bahan alami lebih aman untuk bayi dan kulit sensitif

Kandungan bahan alami lebih aman untuk bayi dan kulit sensitif

Karena calendula memiliki manfaat medis, banyak produk calendula cream yang ditujukan untuk kulit bayi dan kulit sensitif. Perlu diperhatikan bahwa kulit bayi lebih tipis daripada kulit orang dewasa. Jadi, penggunaan calendula cream yang mengandung zat aditif seperti pewangi dan pengawet dapat merangsang iritasi pada kulit. Hal ini juga rentan terjadi pada Anda yang memiliki kulit sensitif. Untuk menghindari terjadinya hal seperti ini, Anda disarankan memilih calendula cream yang hanya menggunakan bahan-bahan alami.

Pilih berdasarkan kemasannya

Saat ini, calendula cream umumnya dipasarkan dalam kemasan jar dan tube. Setiap jenis kemasan memiliki keunggulan tersendiri. Pilihlah produk dengan kemasan yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Tube : Lebih higienis dan nyaman untuk dibawa bepergian

Tube : Lebih higienis dan nyaman untuk dibawa bepergian

Salah satu keunggulan kemasan tube adalah dapat menjaga calendula cream Anda tetap higienis. Hal ini dikarenakan lubang keluar krim hanya terbuka sedikit. Jadi, Anda bisa mengeluarkan krim secukupnya tanpa harus membuat sisanya tepapar udara luar. Kemasan tube sangat nyaman digunakan oleh Anda yang sering travelling.

Jar : Melindungi calendula cream dari paparan sinar matahari

Jar : Melindungi calendula cream dari paparan sinar matahari

Kemasan jar sering menjadi pilihan karena tampilannya yang cantik. Isinya pun biasanya lebih banyak. Selain itu, calendula cream dengan kemasan jar umumnya menggunakan bahan kaca atau plastik polyester. Kedua material tersebut merupakan bahan yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang.


Kemasan jar yang terbuat dari bahan kaca juga mampu menghalau pengaruh lingkungan seperti suhu dan sinar ultraviolet. Hasilnya, kemurnian calendula cream akan lebih terjaga. Untuk penggunaan di rumah atau mempercantik tampilan meja makeup, Anda bisa memilih calendula cream dalam kemasan jar.

10 Rekomendasi calendula cream terbaik

Sekarang, saatnya kami memberikan sepuluh rekomendasi produk calendula cream yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit Anda!

10
FungsiWajah dan tubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis flower oil, Aloe vera extract, olive oil, niacinamide, dan lainnya
KemasanTube
Isi60 gr
9
FungsiWajah dan tubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis flower extract, shea butter, glycerin, allantoin, dan lainnya
KemasanTube
Isi100 ml
8
FungsiWajah dan tubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis flower extract, glycerin, sunflower seed oil, avocado oil, olive oil, dan lainnya
KemasanTube
Isi50 ml
7

Kreasi Cantik AlamiMommy Time Baby Diaper Cream

Mulai dari Rp 115.000,00

FungsiTubuh
Bahan kandunganOrganic calendula extract, chia seed, dan lainnya
KemasanTube
Isi60 gr
6

WeledaNourishing Face Cream - Calendula

Mulai dari Rp 305.000,00

FungsiWajah
Bahan kandunganCalendula flower extract, sesame seed oil, almond oil, dan lainnya
KemasanTube
Isi50 ml, 75 ml
5

AbillkoreaNacific Real Floral Aircream Calendula

Mulai dari Rp 390.000,00

FungsiWajah
Bahan kandunganCalendula officinalis flower extract, glycerin, betaine, hyaluronic acid, dan lainnya
KemasanJar
Isi100 ml
4
FungsiTubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis flower extract, shea butter, glycerin, blueberry leaf extract, chamomile extract, dan lainnya
KemasanTube
Isi200 ml
3
FungsiWajah dan tubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis flower,, glycerin, lavender oil, canola oil, aloe vera, dan lainnya
KemasanJar, tube
IsiJar : 57 gr, 113 gr ・ tube : 51 gr, 170 gr
2
FungsiWajah dan tubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis extract, shea butter, glycerin, dan lainnya
KemasanTube
Isi50 gr
1

Kiehl'sCalendula Serum-Infused Water Cream

Mulai dari Rp 470.000,00

FungsiWajah
Bahan kandunganCalendula officinalis flower extract, glycerin, lemon peel oil, dan lainnya
KemasanJar
Isi28 ml, 50 ml

Tabel perbandingan produk calendula cream terbaik

Gambar produk
1
Kiehl's Calendula Serum-Infused Water Cream 1

Kiehl's

2
Nelsons Calendula Cream 1

Nelsons

3
California Baby Calendula Cream 1

California Baby

4
Attitude Calendula Natural Body Cream 1

Attitude

5
Abillkorea Nacific Real Floral Aircream Calendula 1

Abillkorea

6
Weleda Nourishing Face Cream - Calendula 1

Weleda

7
Kreasi Cantik Alami Mommy Time Baby Diaper Cream 1

Kreasi Cantik Alami

8
Popo Calendula Soothing Cream 1

Popo

9
Etonne Calendula Skin Care 1

Etonne

10
Guardian Skin Soothing Calendula Cream 1

Guardian

Nama produk

Calendula Serum-Infused Water Cream

Calendula Cream

Calendula Cream

Calendula Natural Body Cream

Nacific Real Floral Aircream Calendula

Nourishing Face Cream - Calendula

Mommy Time Baby Diaper Cream

Calendula Soothing Cream

Calendula Skin Care

Skin Soothing Calendula Cream

Keunggulan

Satu krim untuk berbagai permasalahan kulit wajah

Cegah munculnya jamur pada tubuh

Hanya menggunakan bahan baku alami yang aman untuk kulit

Bantu persiapkan si kecil untuk tidur lebih nyenyak

Cepat meresap tanpa meninggalkan rasa lengket

Lindungi kesehatan kulit bayi sejak awal pemakaian

Meredakan ruam popok pada bayi

Tingkatkan produksi kolagen pada kulit

Ampuh mengatasi gigitan serangga

Mampu melembapkan kulit yang sangat kering

Harga mulai dariRp 470.000,00Rp 220.000,00Rp 231.000,00Rp 295.000,00Rp 390.000,00Rp 305.000,00Rp 115.000,00Rp 109.000,00Rp 115.000,00Rp 99.000,00
FungsiWajahWajah dan tubuhWajah dan tubuhTubuhWajahWajahTubuhWajah dan tubuhWajah dan tubuhWajah dan tubuh
Bahan kandunganCalendula officinalis flower extract, glycerin, lemon peel oil, dan lainnyaCalendula officinalis extract, shea butter, glycerin, dan lainnyaCalendula officinalis flower,, glycerin, lavender oil, canola oil, aloe vera, dan lainnyaCalendula officinalis flower extract, shea butter, glycerin, blueberry leaf extract, chamomile extract, dan lainnyaCalendula officinalis flower extract, glycerin, betaine, hyaluronic acid, dan lainnyaCalendula flower extract, sesame seed oil, almond oil, dan lainnyaOrganic calendula extract, chia seed, dan lainnyaCalendula officinalis flower extract, glycerin, sunflower seed oil, avocado oil, olive oil, dan lainnyaCalendula officinalis flower extract, shea butter, glycerin, allantoin, dan lainnyaCalendula officinalis flower oil, Aloe vera extract, olive oil, niacinamide, dan lainnya
KemasanJarTubeJar, tubeTubeJarTubeTubeTubeTubeTube
Isi28 ml, 50 ml50 grJar : 57 gr, 113 gr ・ tube : 51 gr, 170 gr 200 ml100 ml50 ml, 75 ml60 gr50 ml100 ml60 gr
Tautan produk

Baca juga rekomendasi krim lidah buaya di sini

Selain bunga calendula, ada pula tanaman lain yang diolah sebagai krim kecantikan yaitu lidah buaya. Sama seperti calendula, lidah buaya juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Nah, bila Anda penasaran dengan kehebatannya, silakan cek artikel kami di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Karena kandungan pelembapnya tinggi, bunga calendula sangat berguna untuk menjaga kadar air pada kulit. Selain itu, calendula memiliki manfaat medis berkat adanya kandungan antibakteri dan antiinflamasi. Kini, dengan adanya calendula cream, Anda bisa dengan mudah menikmati khasiat bunga calendula


Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat menentukan produk calendula cream yang paling tepat untuk Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kulit, ya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Laneige, Hada Labo, hingga Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik untuk Usia 50-an (Terbaru Tahun 2022)
    Pada usia 50-an, lapisan kulit tentu sudah tidak sekencang seperti saat remaja. Anda mungkin akan mendapati kulit mengendur, adanya kerutan di sekitar mata, kelopak mata yang mengendur, dan lainnya. Untuk memperbaiki kerutan dan mencegah kulit mengendur di daerah ujung mata, Anda dapat menggunakan eye cream. Ada berbagai macam merek eye cream yang dapat mengatasi masalah Anda, seperti SK II, Sulwhasoo, hingga Shiseido. Kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih eye cream beserta sepuluh rekomendasi produk terbaik. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori