mybest
Keyboard

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024)

Keyboard mechanical menjadi jenis keyboard yang cocok untuk kerja dam gaming. Ada beragam jenis keyboard mechanical yang digemari. Dua di antaranya adalah keyboard TKL (ten key less) tanpa numeric pad dan keyboard 60% yang lebih compact. Ada juga keyboard dengan lighting RGB yang menambah keseruan suasana gaming.


Beberapa merek terkenal seperti Razer, Logitech, Rexus, dan lainnya merilis keyboard mechanical yang bagus. Apakah Anda sedang mencari keyboard mechanical terbaik? Simak juga komentar dari software engineer, Yosua Surojo, tentang keyboard mechanical. Pilihlah keyboard mechanical yang mudah dan nyaman digunakan untuk Anda!

Diperbaharui 14/07/2023
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu keyboard mechanical dan apa kegunaannya?

Apa itu keyboard mechanical dan apa kegunaannya?

Keyboard mechanical adalah keyboard dengan komponen mekanik berupa switch yang terhubung dengan keycaps. Respons keyboard ini lebih cepat dari keyboard biasa. Selain itu, keyboard mechanical juga memiliki sensasi klik yang berbeda. Dengan karakteristiknya tersebut, keyboard mechanical sering digunakan untuk gaming atau mengetik cepat.

 
Karena digunakan untuk beragam kebutuhan, ada beberapa pilihan layout keyboard mechanical yakni full keys dan ten key less (TKL). Full keys adalah keyboard yang lengkap dengan numeric pad. Jenis ini cocok untuk penggunaan sehari-hari, terutama untuk pengolahan data angka. 

 
Sementara itu, TKL adalah keyboard yang tidak mempunyai numeric pad. Ada beberapa jenis keyboard TKL, seperti keyboard 40%, 60%, 65%, dan 75%. Makin kecil nilainya, maka makin sedikit jumlah tombolnya. Jenis keyboard TKL bagus digunakan untuk bermain game FPS (first-person shooter). Ukurannya yang compact membuat Anda bisa lebih leluasa untuk menggerakkan mouse.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Mechanical keyboard hadir untuk pengguna yang memiliki kebutuhan untuk mengetik cepat atau membutuhkan sensasi mengetik seperti suara ketik yang khas. Ada juga pengguna yang membutuhkan kedalaman tekan key yang dapat meningkatkan produktivitas. Selain itu, karena setiap key-nya memiliki switch, daya tahan mechanical keyboard lebih baik dibandingkan membrane keyboard.


Switch yang digunakan terdiri atas plastik tekan, metal kontak untuk mengirim sinyal ketikan, dan pegas untuk mengembalikan posisi plastik tekan. Dengan konstruksi key tersebut, tidak heran jika sensasi mengetik di mechanical keyboard akan lebih menyenangkan dibandingkan membrane keyboard.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keyboard mechanical

Pertama-tama, kami akan menjelaskan cara memilih keyboard mechanical yang cocok untuk Anda. Agar dapat menemukan produk yang sesuai, simaklah ulasan ini sampai selesai!

1

Ketahuilah karakteristik dari setiap switch

Hal terpenting dalam memilih keyboard mechanical adalah mengetahui perbedaan setiap jenis switch-nya. Jenis switch akan memengaruhi sensasi dalam menekan tombol keyboard. Mari kenali karakteristik dari setiap switch dan temukan yang paling cocok untuk Anda!

Red switch: Suara lebih tenang dan memudahkan para pemula

Red switch: Suara lebih tenang dan memudahkan para pemula
Sumber: prohavit.com

Red switch merupakan jenis yang memiliki sentuhan yang paling ringan saat menekan tombol. Red switch sangat direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan keyboard dalam durasi waktu lama. Apabila Anda khawatir menimbulkan kebisingan saat menekan tombol, pilihlah keyboard dengan red switch.


Karena relatif mudah digunakan, red switch ideal digunakan untuk para pemula. Namun, karena nyaman digunakan untuk waktu yang lama, pro gamer juga menjadi peminat keyboard mechanical jenis ini.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Red switch cocok digunakan oleh gamer yang menginginkan pengetikan cepat dengan resistance minimum tanpa tactile. Karena tidak adanya tactile, red switch kurang cocok untuk pengetik yang menginginkan tactile feedback. Tactile feedback berfungsi untuk meyakinkan pengguna bahwa karakter yang diinginkan tertekan dengan sempurna.

Blue switch: Ada kepuasan tersendiri saat mendengar suara tombol

Blue switch: Ada kepuasan tersendiri saat mendengar suara tombol
Sumber: corsair.com

Blue switch merupakan pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin merasakan sensasi taktil saat menekan tombol keyboard. Jenis ini memiliki tekanan yang paling kuat dan suara yang paling keras saat Anda menekan tombol. Karena suaranya tersebut, blue switch sangat cocok bagi Anda yang menyukai bunyi "klik" yang keras saat mengetik.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Blue switch adalah switch dengan suara ketikan paling keras dan tactile feedback paling besar ketika key ditekan. Suara ketikan yang keras tersebut dapat memanjakan pengetik karena menawarkan sensasi yang berbeda dengan switch lainnya. 


Akan tetapi, suara ketikan yang keras tersebut dapat mengganggu orang lain jika Anda mengetik di ruang publik. Apalagi kalau Anda sering melakukan pengetikan sembari melakukan video call. Suara ketikan Anda dapat tertangkap oleh microphone dan mungkin mengganggu lawan bicara Anda.

Brown switch: Level menengah yang mudah digunakan semua orang

Brown switch direkomendasikan bagi Anda yang merasa tekanan saat mengeklik red switch terlalu ringan dan blue switch terlalu keras. Brown switch memiliki tekanan yang berada di tengah-tengah antara red switch dan blue switch. Jenis ini merupakan yang paling mudah diterima dan digunakan oleh semua orang.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Brown switch dapat menjadi pilihan Anda karena cocok digunakan untuk mengetik ataupun gaming. Brown switch digunakan banyak orang karena tactile feedback-nya yang terasa nyaman serta mempunyai medium resistance. Selain itu, suara ketikan yang tidak senyaring blue switch, brown switch dapat Anda jadikan sebagai switch yang tidak mengganggu orang di sekitar Anda.

Black switch: Ideal bagi Anda yang ingin mengetik dengan cepat

Black switch: Ideal bagi Anda yang ingin mengetik dengan cepat
Sumber: motospeed.cc

Black switch merupakan jenis yang membutuhkan tekanan yang kuat saat mengeklik tombol keyboard. Tombol tersebut akan memantul kembali dengan cepat setelah Anda menekannya. Apabila sudah terbiasa, Anda dapat menggunakan black switch untuk mengetik secara cepat.


Meskipun demikian, kami menyarankan Anda memilih jenis lain untuk keyboard mechanical pertama Anda. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan keyboard mechanical, jenis ini bisa menjadi pilihan.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Black switch memiliki resistance yang cukup besar ketika key ditekan. Suara ketikan pun cukup rendah sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitar Anda. Black switch umumnya digunakan oleh pengetik cepat karena aktuasi (ketepatan tekan key) yang tinggi sehingga dapat meminimalisir gagal input karakter.

Original switch: Diproduksi khusus untuk kebutuhan tertentu

Original switch: Diproduksi khusus untuk kebutuhan tertentu

Jika Anda lebih sering menggunakan keyboard untuk gaming, Anda bisa memilih original switch. Tekanan yang dirasakan berada di antara red switch dan blue switch, tetapi memiliki performa yang berbeda. Banyak original switch yang sudah dikembangkan oleh beberapa perusahaan memiliki respon yang cepat. Jangan lupa untuk mengecek jenis keyboard ini, ya!

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Produsen gaming hardware seperti keyboard gaming saat ini sudah mulai memproduksi sendiri keyboard switch yang dapat digunakan para gamers. Tujuannya adalah untuk menciptakan karakteristik yang khas dari gaming keyboard mereka. Dengan demikian, produsen gaming hardware dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang bermacam-macam dan bersaing dengan produsen lain.

2

Periksalah fitur yang paling Anda butuhkan

Saat memilih keyboard mechanical, perhatikan juga fitur-fitur yang dimiliki oleh setiap produk. Fitur yang harus diperhatikan antara lain adalah anti-ghosting, rollover, macro, dan lain sebagainya. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Fitur anti-ghosting: Mengetik cepat dengan minim kesalahan

Fitur anti-ghosting: Mengetik cepat dengan minim kesalahan

Anti-ghosting adalah fitur yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kesalahan input saat Anda menekan beberapa tombol secara bersamaan. Untuk Anda yang sering mengetik dengan cepat, Anda harus memastikan keyboard yang Anda pilih memiliki fitur ini. Fitur ini juga biasa dicari oleh para gamer.


Saat Anda mengetik terlalu cepat, tombol yang Anda tekan kadang tidak mengeluarkan input yang diinginkan. Hal tersebut akan mengurangi efisiensi kerja Anda dan akan merugikan saat Anda bermain game. Fitur anti-ghosting akan membantu Anda mencegah hal itu.  

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur anti-ghosting sangat dibutuhkan untuk pengetik cepat yang terkadang menekan lebih dari satu key secara bersamaan. Dengan adanya fitur ini, karakter yang keluar akan sejumlah dengan key yang ditekan secara bersamaan tersebut. 


Meskipun sebuah keyboard memiliki fitur anti-ghosting, pengguna juga perlu memastikan berapa banyak key yang ter-cover oleh fitur tersebut. Dengan begitu, pengguna tidak heran jika ada beberapa kombinasi key yang tidak ter-cover fitur anti-ghosting.

Fitur rollover: Tombol dapat berfungsi saat ditekan bersamaan

Fitur rollover: Tombol dapat berfungsi saat ditekan bersamaan

Fitur rollover direkomendasikan untuk game yang menuntut Anda untuk menekan beberapa tombol secara bersamaan. Fitur ini akan mengenali dan menerima input dengan baik walaupun Anda menekan banyak tombol di saat bersamaan.


Ada dua jenis fitur rollover pada keyboard mechanical. Jenis pertama adalah 10-key rollover yang memiliki batasan pada jumlah tombol yang dapat ditekan bersamaan. Jenis kedua adalah n-key rollover yang tidak memiliki batasan. Jika Anda ingin bermain dengan lebih nyaman, kami sarankan Anda untuk memilih jenis n-key rollover.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur rollover akan sangat menguntungkan gamer yang gemar menggunakan kombinasi key di keyboard. Kombinasi key tersebut adalah sebagai shortcut dalam mengakses item atau menu tertentu dalam game


Rollover dihitung dengan satuan n-key. n adalah jumlah minimum key yang dapat ditekan secara bersamaan. Jumlah n dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, apakah perlu 2-key, atau 10-key. Apabila memilih n-key, berarti tidak ada batasan jumlah key yang dapat ditekan bersamaan.

Fitur macro: Meningkatkan efisiensi baik saat bekerja maupun gaming

Fitur macro: Meningkatkan efisiensi baik saat bekerja maupun gaming

Fitur macro direkomendasikan untuk Anda yang ingin meningkatkan efisiensi dalam bekerja dan kenyamanan saat gaming. Fitur ini dapat meregistrasikan kegiatan keyboard dan mouse yang paling sering digunakan. Jika fitur ini digunakan, hanya dengan menekan satu tombol, kerja Anda akan lebih cepat selesai. Jadi, jangan lupa mengecek keberadaan fitur ini, ya!

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Fitur macro dapat memanjakan pengguna yang gemar melakukan kustomisasi fungsi key pada keyboard untuk shortcut. Untuk gamer, fitur macro dapat diatur untuk mengaktifkan multiple skills karakter di game dalam sekali tekan. Selain itu, fitur macro juga dapat membuat pengguna membuka program seperti Steam ataupun Discord dengan satu kali tekan saja.

3

Pilihlah keyboard dengan tekanan tombol yang familier untuk Anda

Pilihlah keyboard dengan tekanan tombol yang familier untuk Anda

Tekanan tombol adalah seberapa dalam tombol tersebut masuk ke dalam saat ditekan. Pilihlah keyboard mechanical yang bertekanan sama dengan keyboard yang sering Anda gunakan. Dengan begitu, Anda akan cepat terbiasa memakai keyboard mechanical.


Keyboard mechanical biasanya memiliki tekanan tombol 2–4 mm. Tekanan yang lebih dalam akan membuat sensasi mengetik lebih terasa. Sementara itu, tekanan yang lebih pendek membuat input lebih mudah. Apabila Anda bingung memilih tekanan tombol yang cocok, pilihlah yang memiliki tekanan sekitar 3 mm.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Apakah Anda baru pertama kali menggunakan mechanical keyboard setelah sebelumnya menggunakan membrane keyboard? Jika demikian, Anda memerlukan waktu adaptasi terhadap travel dari switch key pada mechanical keyboard.


Travel adalah total jarak sebuah switch dapat ditekan. Membrane keyboard memiliki travel yang lebih kecil dibandingkan mechanical keyboard. Saya sarankan pengguna baru memilih mechanical keyboard dengan travel yang tidak terlalu besar agar proses adaptasi tidak memakan waktu terlalu lama.

4

Sebaiknya, gunakan keyboard dengan konektor kabel

Sebaiknya, gunakan keyboard dengan konektor kabel

Untuk menentukan jenis koneksi yang Anda butuhkan, bayangkan situasi dan tempat Anda menggunakan keyboard mechanical. Pertimbangkan juga device yang akan Anda sambungkan dengan keyboard mechanical pilihan Anda.


Apabila Anda tidak ingin ada delay saat Anda memencet tombol, pilihlah keyboard dengan konektor kabel. Karena menggunakan kabel, input keyboard akan cepat sampai di layar monitor Anda.


Namun, apabila ingin mengoperasikan keyboard Anda yang berjarak jauh dengan monitor, Anda dapat memilih koneksi wireless. Beberapa wireless keyboard juga dapat tersambung dengan beberapa perangkat sekaligus.

Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Mechanical keyboard dengan kabel memberikan keuntungan untuk penggunanya dalam bentuk delay input karakter yang lebih kecil dibandingkan wireless mechanical keyboard. Namun, wireless mechanical keyboard akan menguntungkan pengguna yang menginginkan fleksibilitas penempatan keyboard di meja atau pangkuan ketika mengetik. Selain itu, wireless mechanical keyboard akan membuat meja kerja Anda terkesan minimalis dan rapi.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi keyboard mechanical terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keyboard mechanical terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Aula

Mechanical Gaming KeyboardF2058

Aula Mechanical Gaming Keyboard 1

Mulai dari Rp620.000,00

Menengah

Multiguna untuk kebutuhan gaming dan aktivitas harian

2

Rexus

Legionare MX9

Rexus  Legionare MX9 1

Mulai dari Rp549.000,00

Agak Murah

Simpel, praktis, dan cantik dengan pilihan warna yang elegan!

3

Redragon

K630W-RGB 60% Wired Gaming Mechanical Keyboard

Redragon  K630W-RGB 60% Wired Gaming Mechanical Keyboard 1

Mulai dari Rp505.000,00

Agak Murah

Compact dan responsif, main game FPS jadi lebih seru

4

Armaggeddon

MKA-2C PRO

Armaggeddon MKA-2C PRO 1

Mulai dari Rp399.000,00

Agak Murah

Mechanical keyboard dengan harga terjangkau yang berkualitas!

5

HP

GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard

HP GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard 1

Mulai dari Rp580.000,00

Agak Murah

Bekerja dan gaming lebih aman dengan keyboard tahan air dan tahan debu

6

VortexSeries

VX5 Pro RGB 60% Mechanical Keyboard

VortexSeries  VX5 Pro RGB 60% Mechanical Keyboard 1

Mulai dari Rp449.000,00

Agak Murah

Tampilan minimalis dengan warna putih bersih

7

Corsair

K100 RGB Optical-Mechanical Gaming KeyboardSKU CH-912A01A-NA

Corsair  K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard 1

Mulai dari Rp2.999.000,00

Agak Mahal

Fitur lengkap untuk profesional gamers!

8

Steelseries

Apex Pro TKL Gaming Keyboard

Steelseries  Apex Pro TKL Gaming Keyboard 1

Mulai dari Rp3.000.000,00

Agak Mahal

Performa respons mantap untuk mengetik cepat!

9

Razer

BlackWidow V3 Tenkeyless

Razer  BlackWidow V3 Tenkeyless 1

Mulai dari Rp1.599.000,00

Agak Mahal

Keyboard TKL yang kukuh untuk gaming berjam-jam!

10

Logitech

Pop Key

Logitech Pop Key 1

Mulai dari Rp2.029.000,00

Agak Mahal

Sistem wireless yang praktis dengan desain colourfull

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

AulaMechanical Gaming KeyboardF2058

Mechanical Gaming Keyboard 1
Sumber: shopee.co.id
Mechanical Gaming Keyboard 2
Sumber: shopee.co.id
Mechanical Gaming Keyboard 3
Sumber: shopee.co.id
Mechanical Gaming Keyboard 4
Sumber: shopee.co.id
Mechanical Gaming Keyboard 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp620.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp620.000,00
Menengah

Multiguna untuk kebutuhan gaming dan aktivitas harian

Keyboard dari Aula ini cocok bagi Anda yang mencari produk untuk banyak kebutuhan. Fitur-fitur keyboard ini pas digunakan untuk kebutuhan gaming atau hanya sekadar mengetik. Panel keyboard ini berbahan aluminium alloy yang kuat dan halus. Anda yang kerap heboh saat bermain game pun bisa lebih tenang berkat kekukuhan produk ini.


Kemudian, keycaps-nya terbuat dari resin black ABS sehingga nyaman di jari. Keycaps-nya juga tidak mudah luntur, tergores, atau berminyak sehingga keyboard tetap bersih dan lebih nyaman digunakan untuk mengetik. Terlebih lagi, adanya knop multifungsi akan memudahkan Anda untuk mengontrol volume dan keyboard lighting.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Rexus Legionare MX9

Legionare MX9 1
Sumber: rexus.id
Legionare MX9 2
Sumber: rexus.id
Legionare MX9 3
Sumber: rexus.id
Harga referensi
Mulai dari Rp549.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp549.000,00
Agak Murah

Simpel, praktis, dan cantik dengan pilihan warna yang elegan!

Bila Anda mencari keyboard yang simpel, kami merekomendasikan Rexus Legionare MX9. Keyboard ini diketahui dapat digunakan dengan mudah. Anda pun tidak membutuhkan perangkat lunak untuk mengonfigurasikan tombolnya. Selain itu, tipe switch keyboard ini juga dapat dipasang dan dilepas secara mandiri.


Keyboard gaming ini menggunakan switch mekanikal Outemu, salah satu merek switch keyboard mekanikal. Dengan demikian, kualitas dan ketangguhan keyboard ini tidak perlu diragukan lagi. Jangan lupakan juga pilihan warnanya yang sangat elegan, yaitu Rose Pink, Cloud White, Steel Blue, dan Asphalt Black. 

No.3

Redragon K630W-RGB 60% Wired Gaming Mechanical Keyboard

Harga referensi
Mulai dari Rp505.000,00
Agak Murah

Compact dan responsif, main game FPS jadi lebih seru

Jika Anda mencari keyboard untuk game FPS (first-person shooter), kami menyarankan Anda memilih produk ini. Bentuk keyboard yang kecil dan minimalis membuat Anda lebih bebas menggerakkan mouse untuk membidik lawan. Kemudian, seluruh keycaps keyboard ini memiliki fitur anti-ghosting sehingga keyboard makin responsif. Perpaduan keduanya membuat momen bermain game FPS menjadi makin seru.

No.4

ArmaggeddonMKA-2C PRO

Harga referensi
Mulai dari Rp399.000,00
Agak Murah

Mechanical keyboard dengan harga terjangkau yang berkualitas!

MKA-2C PRO direkomendasikan bila Anda mencari mechanical keyboard yang ekonomis. Untuk mendapatkan keyboard ini, Anda tidak perlu menyiapkan bujet besar karena harganya di bawah 500 ribu. Soal kualitas, Anda pun tak perlu meragukan produk ini. Ada 26 keys anti-ghosting dengan keycaps yang antiluntur. Kemudian, tombol mampu bertahan hingga 50 juta kali ketikan sehingga lebih panjang umur. 

No.5

HPGK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard

GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard 1
Sumber: shopee.co.id
GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard 2
Sumber: shopee.co.id
GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard 3
Sumber: shopee.co.id
GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard 4
Sumber: shopee.co.id
GK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp580.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp580.000,00
Agak Murah

Bekerja dan gaming lebih aman dengan keyboard tahan air dan tahan debu

Untuk Anda yang sering bekerja dengan keyboard sembari menikmati minuman, ada baiknya menggunakan produk ini. HP GK100 merupakan keyboard yang tahan air dan tahan debu sehingga lebih aman saat terkena tumpahan minuman. Keycaps keyboard juga tahan lama karena dibuat dengan double-shot injection. Terlebih lagi, tombol keyboard memiliki usia hingga 60 juta ketikan.

No.6

VortexSeries VX5 Pro RGB 60% Mechanical Keyboard

Harga referensi
Mulai dari Rp449.000,00
Agak Murah

Tampilan minimalis dengan warna putih bersih

Jika workspace Anda mengusung gaya minimalis, kami merekomendasikan keyboard VortexSeries yang berwarna putih ini. Desain dan tampilannya yang minimalis membuat area kerja Anda terlihat lebih elegan. Keycaps-nya memiliki RGB lighting yang membuat suasana kerja menjadi lebih relaks, terlebih saat malam hari. Hal ini dapat meningkatkan mood Anda, baik saat mengetik maupun gaming.

No.7

Corsair K100 RGB Optical-Mechanical Gaming KeyboardSKU CH-912A01A-NA

K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard 1
Sumber: corsair.com
K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard 2
Sumber: corsair.com
K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard 3
Sumber: corsair.com
K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard 4
Sumber: corsair.com
Harga referensi
Mulai dari Rp2.999.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp2.999.000,00
Agak Mahal

Fitur lengkap untuk profesional gamers!

K100 RGB Optical-Mechanical Gaming Keyboard dari Corsair ini merupakan keyboard dengan fitur lengkap untuk para gamers. Tidak hanya sekadar fungsi anti-ghosting, keyboard ini juga memiliki fungsi rollover dan macro. Anda pun dapat mengatur setting keyboard sesuai kebutuhan Anda akan gaming.


Keyboard ini juga terintegrasi dengan perangkat Corsair lainnya menggunakan software Corsair iCue. Jika Anda menggunakan produk Corsair, seperti CPU, cooling system, dan lainnya, Anda dapat membuat set up gaming yang keren. Maka dari itu, jika Anda seorang gamers profesional, produk ini cocok untuk Anda!

No.8

Steelseries Apex Pro TKL Gaming Keyboard

Apex Pro TKL Gaming Keyboard 1
Sumber: shopee.co.id
Apex Pro TKL Gaming Keyboard 2
Sumber: shopee.co.id
Apex Pro TKL Gaming Keyboard 3
Sumber: shopee.co.id
Apex Pro TKL Gaming Keyboard 4
Sumber: shopee.co.id
Apex Pro TKL Gaming Keyboard 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.000.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp3.000.000,00
Agak Mahal

Performa respons mantap untuk mengetik cepat!

Steelseries Apex Pro TKL Gaming Keyboard diklaim mempunyai respons delapan kali lebih cepat dari keyboard mechanical lainnya. Tingkat aktuasi tombolnya juga lima kali lebih cepat. Perpaduan kedua fitur tersebut membuat keyboard ini cocok untuk Anda yang mencari mechanical keyboard untuk mengetik cepat. Ada juga wrist rest yang dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan Anda.

No.9

Razer BlackWidow V3 Tenkeyless

BlackWidow V3 Tenkeyless 1
Sumber: shopee.co.id
BlackWidow V3 Tenkeyless 2
Sumber: shopee.co.id
BlackWidow V3 Tenkeyless 3
Sumber: shopee.co.id
BlackWidow V3 Tenkeyless 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp1.599.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp1.599.000,00
Agak Mahal

Keyboard TKL yang kukuh untuk gaming berjam-jam!

Kami merekomendasikan Tazer BlackWidow V3 ini untuk Anda yang mencari mechanical keyboard TKL terbaik dengan konstruksi kukuh. Hal ini berkat keycaps keyboard yang dibuat menggunakan material aluminium. Keycaps keyboard pun cukup tanky untuk digunakan bermain game berjam-jam. 


Untuk mendukung Anda bermain game dalam durasi panjang, keyboard dilengkapi dengan wrist rest yang ergonomis. Wrist rest ini mengurangi tekanan pada pergelangan tangan Anda. Hasilnya, tangan tidak cepat pegal dan lelah sehingga Anda pun dapat fokus pada permainan Anda.

No.10

LogitechPop Key

Pop Key 1
Sumber: logitech.com
Pop Key 2
Sumber: logitech.com
Pop Key 3
Sumber: logitech.com
Pop Key 4
Sumber: logitech.com
Harga referensi
Mulai dari Rp2.029.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp2.029.000,00
Agak Mahal

Sistem wireless yang praktis dengan desain colourfull

Apakah Anda terbiasa bekerja menggunakan beberapa perangkat? Keyboard ini sepertinya akan cocok untuk Anda. Mechanical keyboard ini menggunakan sistem wireless yang dapat tersambung ke tiga perangkat sekaligus.


Ada juga switch changeover yang memudahkan Anda mengganti koneksi keyboard ke komputer, tablet, dan ponsel. Jangan lupakan juga desainnya yang antimainstream dan colourfull. Perpaduan keycaps bulat dengan warna-warna ceria membuat Anda lebih semangat bekerja menggunakan keyboard ini.

Baca juga rekomendasi keyboard lainnya di sini

Selain keyboard mechanical, kami juga mempunyai beberapa artikel lain tentang keyboard untuk komputer Anda. Mulai dari keyboard yang mudah dipakai, keyboard lipat, keyboard untuk Mac, dan lainnya. Anda bisa membaca artikel lainnya dari tautan berikut.

Kesimpulan

Kami sudah memaparkan poin penting yang Anda harus ketahui sebelum memilih keyboard mechanical yang sesuai. Apakah Anda sudah menentukan produk yang menarik perhatian Anda?


Poin terpenting dalam memilih keyboard mechanical adalah switch-nya. Amatilah produk yang ingin Anda beli sesuai dengan cara memilih yang sudah dibahas. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan keyboard lebih nyaman.

5 Rekomendasi Keyboard Mechanical terbaik

No. 1: AulaMechanical Gaming KeyboardF2058

No. 2: Rexus Legionare MX9

No. 3: Redragon K630W-RGB 60% Wired Gaming Mechanical Keyboard

No. 4: ArmaggeddonMKA-2C PRO

No. 5: HPGK100 - RGB Blue Switch Mechanical Keyboard

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Keyboard Mechanical Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.