• 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Essential Oil Terbaik yang Aman untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Essential oil dipercaya dapat memberikan banyak manfaat, khususnya untuk efek relaksasi dan menyegarkan pernapasan. Tak hanya orang dewasa, bayi pun dapat menikmati manfaatnya. Namun, apakah essential oil benar-benar aman digunakan pada bayi? Tentu saja, asalkan Anda memperhatikan usia dan aroma yang memang boleh digunakan untuk bayi.


Dalam artikel ini, kami akan membahas produk essential oil yang aman untuk bayi. Supaya Anda tidak bingung, kami juga akan mengulas cara memilihnya. Anda akan menemukan rekomendasi essential oil dari berbagai merek yang bagus, seperti Bonnels, Cessa, dan Mommytime. Simak sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Cara memilih essential oil yang aman untuk bayi

Dalam memilih produk untuk bayi, Anda tentu harus memastikan bahwa produknya dapat dipercaya. Untuk itu, temukan tips memilih essential oil yang aman untuk bayi berikut ini.

Pilih berdasarkan manfaatnya

Essential oil atau minyak aromaterapi diperoleh dari proses ekstraksi tanaman tertentu. Minyak murni tersebut berasal dari bagian akar, batang, daun, bunga, maupun buah. Setiap jenis essential oil tentu memiliki manfaat tersendiri. Untuk lebih jelasnya, simak poin-poin di bawah ini.

Meredakan demam hingga kolik: Produk beraroma floral yang menenangkan

Meredakan demam hingga kolik: Produk beraroma floral yang menenangkan

Karena daya tahan tubuh yang masih lemah, bayi rentan mengalami demam, apalagi saat cuaca sudah memasuki musim hujan. Selain itu, kondisi lain yang sangat dikhawatirkan oleh para orang tua ialah kolik. Gejala kolik sendiri dapat menyebabkan bayi menangis selama 3 jam lebih.


Menggunakan essential oil merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk meredakan kondisi-kondisi tersebut. Anda dapat memilih aroma floral seperti lavender dan rose oil. Aroma floral dapat membantu bayi merasa lebih nyaman. Selain itu, manfaat lain dari aroma ini ialah dapat mengusir nyamuk dan serangga.

Mengatasi masalah pernapasan dan sebagai antivirus: Produk beraroma eucalyptus, peppermint, dan citrus

Mengatasi masalah pernapasan dan sebagai antivirus: Produk beraroma eucalyptus, peppermint, dan citrus

Tak bisa disangkal, bakteri, kuman, hingga virus banyak tersebar di lingkungan sekitar. Bakteri jahat dapat membawa penyakit bagi Anda dan keluarga. Begitu pula dengan virus, bayi dapat terserang penyakit, seperti flu dan batuk, jika terkena infeksi virus. Karena itu, Anda harus selalu waspada dengan menyediakan essential oil di rumah.


Aroma eucalyptus, peppermint, dan citrus, seperti lemon maupun sweet orange, dapat berperan sebagai antivirus. Aroma yang menyegarkan dari bahan-bahan tersebut juga dikenal dapat melegakan pernapasan. Ketika bayi Anda menunjukkan gejala flu dan batuk, Anda dapat mengandalkan essential oil sebelum memberi obat-obatan.

Menghilangkan ruam kulit: Produk beraroma tea tree oil

Menghilangkan ruam kulit: Produk beraroma tea tree oil

Permasalahan lain yang mungkin dialami bayi ialah ruam kulit. Ruam yang muncul di area paha dan sekitarnya biasanya disebabkan oleh penggunaan diaper atau popok sekali pakai. Untuk perawatan dengan essential oil, Anda dapat memilih aroma tea tree oil.


Anda dapat mengoleskan essential oil pada bagian kulit bayi yang ruam. Namun, pastikan untuk mencampur essential oil dengan carrier oil atau minyak pembawa. Hal ini karena konsentrasi essential oil terlalu pekat sehingga berpotensi menimbulkan iritasi jika langsung digunakan ke kulit.


Terdapat banyak carrier oil di pasaran. Beberapa di antaranya adalah virgin coconut, jojoba, grapeseed, argan, habbatussauda, rose hip, dan olive oil. Anda bisa menggunakan carrier oil tersebut bersama dengan tea tree sebagai minyak terapi pijat bayi. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan tree tea oil tidak dianjurkan untuk bayi berusia kurang dari 6 bulan.

Utamakan produk yang telah tersertifikasi

Utamakan produk yang telah tersertifikasi

Salah satu cara untuk memastikan bahwa produk yang Anda pilih berkualitas dan aman ialah dengan adanya sertifikasi. Setiap produsen essential oil memiliki bermacam-macam sertifikasi, seperti sertifikasi BPOM, halal MUI, ISO, dan lain-lain. Pada umumnya, produk yang ditujukan khusus untuk bayi lebih aman karena formulanya telah disesuaikan.

Tentukan kemasan sesuai selera dan kebutuhan

Tentukan kemasan sesuai selera dan kebutuhan

Biasanya, essential oil dikemas dalam bentuk botol dengan isi sekitar 5–10 ml. Ukuran tersebut memang tergolong sangat kecil, tetapi telah disesuaikan dengan pemakaiannya yang hanya 1–5 tetes.


Namun, terdapat produk essential oil untuk bayi yang dikemas dalam bentuk roll-on. Dengan kemasan tersebut, Anda bisa mengoleskannya langsung ke badan bayi. Jadi, tidak semua essential oil untuk bayi digunakan dengan cara dihirup melalui diffuser.

10 Rekomendasi essential oil terbaik yang aman untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk essential oil terbaik yang aman untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 6 September 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Bonnels Essential Oil Deep Sleep menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Cessa Fever Drop Essential Oil memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Cessa  Fever Drop Essential Oil  1

Cessa

2
Cleanso Indochemical SiBaim Deep Sleep + Vitamin E 1

Cleanso Indochemical

3
Bonnels Fitbost Essential Oil 1

Bonnels

4
Delta Atsiri Prima CHIO Kenrich Bye Bye Colic 1

Delta Atsiri Prima

5
Bali Sari Nu Aroma Flu + Cough Essential Oil Blend 1

Bali Sari

6
Nafasena Cough and Flu Relief Essential Oil Original 1

Nafasena

7
Belli To Baby  Cheer Up Essential Oil 1

Belli To Baby

8
Beauty Barn Waterbased Essential Oil Set 1

Beauty Barn

9
Kreasi Cantik Alami Mommytime Baby Essential Oil Lavender  1

Kreasi Cantik Alami

10
Delta Atsiri Prima EIKO Purple Immune Booster  1

Delta Atsiri Prima

Nama produk

Fever Drop Essential Oil

SiBaim Deep Sleep + Vitamin E

Fitbost Essential Oil

CHIO Kenrich Bye Bye Colic

Nu Aroma Flu + Cough Essential Oil Blend

Cough and Flu Relief Essential Oil Original

Cheer Up Essential Oil

Waterbased Essential Oil Set

Mommytime Baby Essential Oil Lavender

EIKO Purple Immune Booster

Keunggulan

Solusi redakan demam tanpa obat

Buat buah hati tidur nyenyak tanpa rewel

Kandungannya bantu jaga kekebalan tubuh bayi Anda

Produk andalan untuk obati gejala kolik

Dilengkapi dengan pipet tetes, makin mudah menggunakannya

Waspada serangan flu dan batuk pada bayi, segera atasi dengan produk ini!

Kandungannya efektif membantu kondisi emosional ibu dan bayi

Essential oil untuk diffuser yang mampu ciptakan suasana nyaman di rumah

Wangi bunga lavender yang bikin nyamuk enggan mendekat

Praktis dibawa bepergian dan dapat dipakai di mana saja

Harga mulai dariRp 56.000,00Rp 50.000,00Rp 225.000,00Rp 30.000,00Rp 105.000,00Rp 207.900,00Rp 219.000,00Rp 499.000,00Rp 270.000,00Rp 29.000,00
ManfaatMembantu menurunkan demam pada anakMembantu bayi tidur nyenyak, membantu relaksasi bayiMenjaga kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, bisa digunakan sebagai antivirus dan anti-infeksi Mengatasi kembung atau nyeri pada perut bayi, meredakan sembelit bayi, meningkatkan kesehatan pencernaan bayiMembantu meringankan batuk dan pilek, membantu meredakan gejala flu dan demam, meringankan sakit tenggorokan, dan lain-lainMembantu meredakan gejala flu, batuk, pilek, dan hidung tersumbatMengembalikan keceriaan anak, memperbaiki kondisi emosional, mengurangi ketidaknyamanan selama PMS Melancarkan hidung mampet, mempercepat pemulihan batuk dan pilek, mengusir nyamuk dan serangga, memperbaiki kualitas tidur, dan lainnyaMengusir nyamuk, membantu tidur nyenyak, memberikan efek relaksasiMemperkuat sistem imun/daya tahan tubuh si kecil, memberikan rasa nyaman dan segar pada tubuh
Komposisi100% pure therapeutic grade essential oilLavender essential oil, lemon essential oilClove bud, cinnamon, lemon, eucalyptus, rosemary essential oilTidak ada keteranganPeppermint, eucalyptus, lavender, lemon essential oilEucalyptus essential oil, peppermint essential oil, lemon essential oilGrapefruit, lemon, tangerine, sweet orange, mandarin, clementine, ylang ylangTidak disebutkanLavender oilEucalyptus, lemon, coconut oil
SertifikasiBPOMTidak ada keteranganBPOM, LPPOM MUIBPOM, LPPOM MUIISO 9001Tidak ada keteranganBPOMTidak ada keteranganBPOM, LPPOM MUIBPOM
KemasanRoll-onRoll-onBotolRoll-onBotolBotolBotolBotolBotolRoll-on
Tautan produk
10

Delta Atsiri PrimaEIKO Purple Immune Booster

Mulai dari Rp 29.000,00

ManfaatMemperkuat sistem imun/daya tahan tubuh si kecil, memberikan rasa nyaman dan segar pada tubuh
KomposisiEucalyptus, lemon, coconut oil
SertifikasiBPOM
KemasanRoll-on
9

Kreasi Cantik AlamiMommytime Baby Essential Oil Lavender

Mulai dari Rp 270.000,00

ManfaatMengusir nyamuk, membantu tidur nyenyak, memberikan efek relaksasi
KomposisiLavender oil
SertifikasiBPOM, LPPOM MUI
KemasanBotol
8

Beauty BarnWaterbased Essential Oil Set

Mulai dari Rp 499.000,00

ManfaatMelancarkan hidung mampet, mempercepat pemulihan batuk dan pilek, mengusir nyamuk dan serangga, memperbaiki kualitas tidur, dan lainnya
KomposisiTidak disebutkan
SertifikasiTidak ada keterangan
KemasanBotol
7

Belli To Baby Cheer Up Essential Oil

Mulai dari Rp 219.000,00

ManfaatMengembalikan keceriaan anak, memperbaiki kondisi emosional, mengurangi ketidaknyamanan selama PMS
KomposisiGrapefruit, lemon, tangerine, sweet orange, mandarin, clementine, ylang ylang
SertifikasiBPOM
KemasanBotol
6

NafasenaCough and Flu Relief Essential Oil Original

Mulai dari Rp 207.900,00

ManfaatMembantu meredakan gejala flu, batuk, pilek, dan hidung tersumbat
KomposisiEucalyptus essential oil, peppermint essential oil, lemon essential oil
SertifikasiTidak ada keterangan
KemasanBotol
5

Bali SariNu Aroma Flu + Cough Essential Oil Blend

Mulai dari Rp 105.000,00

ManfaatMembantu meringankan batuk dan pilek, membantu meredakan gejala flu dan demam, meringankan sakit tenggorokan, dan lain-lain
KomposisiPeppermint, eucalyptus, lavender, lemon essential oil
SertifikasiISO 9001
KemasanBotol
4

Delta Atsiri PrimaCHIO Kenrich Bye Bye Colic

Mulai dari Rp 30.000,00

ManfaatMengatasi kembung atau nyeri pada perut bayi, meredakan sembelit bayi, meningkatkan kesehatan pencernaan bayi
KomposisiTidak ada keterangan
SertifikasiBPOM, LPPOM MUI
KemasanRoll-on
3
ManfaatMenjaga kekebalan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, bisa digunakan sebagai antivirus dan anti-infeksi
KomposisiClove bud, cinnamon, lemon, eucalyptus, rosemary essential oil
SertifikasiBPOM, LPPOM MUI
KemasanBotol
2

Cleanso IndochemicalSiBaim Deep Sleep + Vitamin E

Mulai dari Rp 50.000,00

ManfaatMembantu bayi tidur nyenyak, membantu relaksasi bayi
KomposisiLavender essential oil, lemon essential oil
SertifikasiTidak ada keterangan
KemasanRoll-on
1

Cessa Fever Drop Essential Oil

Mulai dari Rp 56.000,00

ManfaatMembantu menurunkan demam pada anak
Komposisi100% pure therapeutic grade essential oil
SertifikasiBPOM
KemasanRoll-on

Baca juga rekomendasi minyak lainnya untuk bayi di sini

Selain essential oil, masih ada beberapa macam minyak lainnya untuk perawatan bayi, contohnya minyak kayu putih, minyak telon, dan baby oil. Untuk memenuhi kebutuhan Anda dan si kecil, kami telah menyiapkan beberapa artikel rekomendasi. Yuk, baca selengkapnya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Kami telah mengulas essential oil yang aman untuk bayi. Sudahkah Anda menemukan produk yang tepat? Pastikan Anda memilih sesuai dengan kondisi si kecil, ya. Lalu, sebaiknya gunakan essential oil ketika bayi sudah berusia 6 bulan ke atas.


Ingatlah bahwa kulit bayi masih sangat sensitif. Jika ingin digunakan sebagai minyak oles atau pijat, jangan lupa untuk mencampurkan essential oil dengan carrier oil. Selamat menikmati hidup sehat bersama buah hati Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran bayi dan setelah bayi lahir. Ada berbagai merek botol susu yang bagus untuk bayi. Karena pilihan yang banyak itu, Anda harus memilih produk yang tepat.  Botol dengan dot yang bagus harus mampu mengurangi kolik, BPA-free, dan tidak membuat tersedak. Lalu, apa saja merek botol bayi yang bagus? Kali ini, kami telah menghimpun beragam botol susu terbaik, seperti Philips Avent, Pigeon, Momi Homi, dan masih banyak lagi. Langsung saja intip rekomendasi botol bayi berikut ini, yuk!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Bayi / Baby Cream Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Meskipun kulit bayi halus dan lembut, bukan berarti tidak membutuhkan perhatian dan perawatan khusus. Sebaliknya, kulit bayi sangat sensitif dan rentan terkena permasalahan kulit, seperti eksem, iritasi, dan ruam. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan baby cream atau krim bayi. Kami akan mengulas tips memilih krim bayi yang bagus untuk mengatasi ruam popok, biang keringat, dan lainnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi krim bayi/baby cream terbaik dari berbagai merek, seperti Johnson's, Zwitsal, dan Cussons Baby. Artikel ini sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby lotion adalah salah satu produk skincare bayi yang berperan sebagai moisturizer. Baby lotion bisa digunakan untuk melembapkan kulit wajah dan tubuh bayi. Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek baby lotion yang bagus, seperti Zwitsal, Cussons, Johnson's, Aveeno, dan Cetaphil.Bagi Anda yang masih bingung ketika memilih produk, silakan cermati artikel yang akan mengupas tuntas tentang baby lotion ini. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang bisa Anda jadikan pilihan. Simak sampai akhir dan temukan lotion yang tepat untuk bayi Anda!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Popok bayi sangatlah beragam, ada popok kain, diapers, dan cloth diapers (clodi). Namun, kali ini kami hanya akan membahas popok sekali pakai. Banyaknya merek populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, mungkin membuat banyak ibu kebingungan memilih popok bayi.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih sekaligus memperkenalkan pampers newborn terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya berikut ini! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby carrier jenis hipseat makin banyak digemari, khususnya bagi para pasangan yang tidak ingin repot menggendong bayi. Selain praktis, desain hipseat jauh lebih stylish dibanding gendongan bayi tipe kain. Nah, bagaimana cara memilih hipseat yang aman untuk bayi? Dalam artikel ini, kami akan mengulas mengenai cara memilih gendongan hipseat bayi terbaik untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk terlaris untuk dijadikan referensi. Merek hipseat yang bagus, seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe akan Anda jumpai ulasannya. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stroller Ringan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, banyak stroller atau kereta dorong bayi yang memiliki bobot ringan. Stroller berbobot ringan ini memudahkan para ibu dan ayah saat bepergian dengan bayi. Dengan bobotnya yang ringan, stroller jenis ini juga mudah dan nyaman untuk didorong, dilipat, bahkan dimasukkan ke dalam kabin pesawat terbang.Ada berbagai merek stroller berbobot ringan yang dapat Anda temukan di pasaran, seperti Aprica, Pliko, Joie, dan sebagainya. Setiap produk memiliki keunggulan dan daya tarik masing-masing. Kami akan membantu Anda dalam menemukan stroller terbaik dengan memberikan rekomendasi produk beserta cara memilihnya. Selamat membaca!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu bayi bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan tulang si kecil dan menjaga kakinya dari kotoran. Saat ini, merek perlengkapan bayi, seperti PYOPP, Attipas, hingga Tamagoo menawarkan beragam model sepatu bayi yang bagus. Dari banyaknya pilihan tersebut, Anda pasti bingung memilih produk yang cocok untuk si buah hati. Agar Anda tidak salah pilih, berikut ini kami suguhkan informasi cara memilih sepatu bayi yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepatu bayi yang nyaman dan berdesain menarik untuk si kecil. Yuk, simak penjelasan artikel ini lebih lanjut!
    Perlengkapan & perawatan bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori