1. TOP
  2. >
  3. Elektronik rumah tangga
  4. >
  5. TV & perangkat video
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Smart TV akan memperkaya konten yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Produknya menawarkan ragam tayangan hiburan, seperti dari YouTube dan Netflix. Keunggulan lain smart TV adalah bisa dipakai untuk mendengarkan musik, browsing, hingga gaming.


Kali ini kami akan membagikan rekomendasi produk dari merek smart TV terbaik, contohnya Samsung, LG, dan Polytron. Ukurannya pun beragam, mulai dari smart TV 32 inch, 40 inch, 43 inch, sampai 85 inch. Namun, Kami akan terlebih dahulu menjelaskan cara memilih smart TV yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 11-14-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih smart TV

Supaya Anda tidak salah dalam memilih smart TV, terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan lebih dahulu. Poin-poin yang akan kami jelaskan melalui artikel ini tentunya akan memudahkan Anda untuk mendapatkan produk terbaik. Berikut penjelasannya!

① Sesuaikan ukuran layar smart TV dengan kebutuhan

Kebutuhan seseorang dalam membeli smart TV tentu bukan hanya untuk menonton. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum menjatuhkan pilihan adalah menentukan tujuan penggunaannya.

Ukuran 32 inch hingga 43 inch, untuk Anda yang tinggal sendiri

Ukuran 32 inch hingga 43 inch, untuk Anda yang tinggal sendiri

Jika Anda sedang indekos, pertimbangkanlah untuk memilih televisi yang ukurannya tidak terlalu besar. Anda dapat memilih smart TV 32 inch hingga 43 inch. Selain dapat menghemat biaya, smart TV berukuran minimalis akan membuat ruangan terlihat tidak terlalu sempit.

Ukuran 50 inci sampai 60 inci, memenuhi kebutuhan yang lebih beragam

Ukuran 50 inci sampai 60 inci, memenuhi kebutuhan yang lebih beragam

Kebutuhan seseorang saat membeli televisi tentu sangat beragam. Tidak hanya untuk menyaksikan film favorit, banyak juga yang memakai televisi untuk bermain game hingga melakukan presentasi.


Untuk kebutuhan yang lebih beragam, Anda dapat memilih smart TV 50 inch hingga 60 inch. Dengan layar yang lebih lebar, game yang Anda mainkan akan terasa lebih seru. Setiap slide presentasi yang Anda tayangkan pun akan mudah terbaca.


Selain dapat digunakan untuk kebutuhan tertentu, smart TV 50–60 inch memberikan kenyamanan saat menonton bersama keluarga. Cobalah untuk menempatkannya di ruang keluarga, lalu tambahkan sofa dan dekorasi tanaman atau foto keluarga. Suasananya akan menjadi lebih hangat!

Ukuran 65 inch ke atas, untuk ruangan yang luas

Ukuran 65 inch ke atas, untuk ruangan yang luas
Sumber: samsung.com

Ukuran layar smart TV juga perlu disesuaikan dengan luas ruangan. Jika ruang keluarga Anda tergolong luas, Anda perlu memilih ukuran smart TV yang tepat untuk meningkatkan kenyamanan menonton. Maka dari itu, pertimbangkanlah untuk memilih smart TV 65 inch ke atas.


Selain itu, produknya dapat menjadi alternatif jika Anda berhalangan ke bioskop. Anda bisa mengkreasikan sendiri bioskop mini di rumah dengan smart TV 65 inch ke atas. Supaya suasana menonton film di rumah lebih sempurna, hubungkanlah smart TV dengan speaker atau home theater!

② Perhatikan resolusi gambar smart TV

Perhatikan resolusi gambar smart TV

Anda harus benar-benar mencermati kualitas resolusi yang ditawarkan produk smart TV. Maka dari itu, sebaiknya Anda memahami betul soal apa yang dimaksud dengan resolusi agar tidak salah pilih.


Resolusi merupakan jumlah piksel yang ada pada layar. Makin tinggi resolusinya, makin tajam pula tampilan layarnya. Namun, perlu diketahui bahwa ukuran layar yang besar belum tentu memiliki resolusi yang besar pula.


Anda bisa memilih smart TV dengan resolusi HD (1.280 x 720), FHD (1.920 x 1.080), atau UHD (3.840 x 2.160). Bahkan terdapat beberapa merek smart TV yang menawarkan produk dengan resolusi hingga 8K (7.680 x 4.320).

③ Periksa kelengkapan fitur smart TV

Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran mengenai smart TV yang akan dipilih. Namun, masih terdapat hal lain yang harus Anda perhatikan. Selain besar layar dan resolusinya, periksalah keberadaan fitur-fitur di bawah ini pada smart TV pilihan Anda.

HDR: Menghasilkan gambar yang berkualitas

HDR: Menghasilkan gambar yang berkualitas
Sumber: sony.co.id

Kualitas gambar yang ditampilkan melalui smart TV bukan hanya bergantung pada resolusi pikselnya. Dukungan fitur HDR (high dynamic range) juga memengaruhi. Fitur ini mendukung gambar yang ditampilkan melalui smart TV terlihat lebih nyata.


HDR akan meningkatkan kontras, kekayaan warna, hingga kecerahan pada gambar yang ditayangkan smart TV. Perbedaan warnanya akan terlihat lebih nyata dibandingkan dengan smart TV tanpa fitur ini.


Bagi Anda yang mementingkan kualitas gambar, pastikanlah untuk memilih smart TV yang telah didukung fitur ini. Format HDR yang biasa ada pada smart TV adalah Dolby Vision, HDR10, HDR10+, dan HLG.

Port HDMI, USB, dan LAN: Memberi alternatif hiburan lainnya

Port HDMI, USB, dan LAN: Memberi alternatif hiburan lainnya

Selain fitur HDR, cobalah untuk memeriksa ketersediaan port HDMI, USB, ataupun LAN pada smart TV. Port HDMI akan membantu Anda untuk menghubungkan smart TV dengan perangkat lainnya. Contohnya, Anda bisa menghubungkan televisi dengan DVD ataupun game console, seperti PlayStation dan Xbox.


Berbeda dengan port HDMI, port USB bermanfaat untuk membaca data yang tersimpan di dalam media penyimpanan eksternal. Salah satu contohnya adalah saat Anda ingin memutar film dari hard disk eksternal atau flash drive.


Di sisi lain, fungsi dari port LAN atau Ethernet adalah untuk menghubungkan koneksi internet melalui bantuan kabel. Beberapa merek smart TV juga menawarkan fitur penyimpanan internal, lho. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk menyimpan beragam aplikasi.

10 Rekomendasi smart TV terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk smart TV terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Changhong

Android Smart TV

Changhong Android Smart TV 1枚目

Smart TV 32 inch yang fiturnya berkelas

2

Xiaomi

TV A2

Xiaomi TV A2 1枚目

Resolusi tinggi, fitur lengkap, harganya pun bersahabat

3

TCL

4K UHD Google TV

TCL 4K UHD Google TV 1枚目

Tetap bisa menikmati Google TV meski berhemat

4

Polytron

Easy Smart Digital TV

Polytron Easy Smart Digital TV 1枚目

Solusi hemat untuk menikmati siaran digital dan beragam konten lainnya

5

Coocaa

Y72 Series

Coocaa Y72 Series 1枚目

Gambar yang ditampilkan nyaman dipandang, mata jadi tidak cepat lelah

6

Toshiba

FHD LED TV FHD Smart Android

Toshiba FHD LED TV FHD Smart Android 1枚目

Nonton pertandingan sepak bola rasa live dari stadion!

7

Hisense

FHD Android 11 Smart TV

Hisense FHD Android 11 Smart TV 1枚目

Layarnya serasa tampil penuh dengan bezel tipis

8

LG

UHD AI ThinQ

LG UHD AI ThinQ 1枚目

Banyak fitur menarik untuk memenuhi beragam kebutuhan

9

Samsung

QLED 4K

Samsung QLED 4K 1枚目

Desain sangat tipis, menyatu di ruangan yang minimalis

10

Sony

X90K Series

Sony X90K Series 1枚目

Ketajaman dan kehalusan gambarnya tak perlu diragukan

Perincian produk
Close
No.1

ChanghongAndroid Smart TVL32G7N

Mulai dari Rp3.599.000,00

Smart TV 32 inch yang fiturnya berkelas

Kelebihan:

  • Garansi panel 5 tahun
  • Mendukung Dolby Audio

Kekurangan:

  • Bingkai dari plastik, kurang memberi feel kokoh

Anda yang tinggal sendiri juga bisa memiliki smart TV 32 inch dengan fitur yang mumpuni. Meskipun ukuran layarnya tidak sebesar produk lain, Changhong L32G72N mendukung HDR10 dan Dolby Audio. Jadi, Anda tetap bisa menikmati beragam tayangan dengan kualitas tinggi.


Smart TV Changhong ini pun sudah dibekali sistem operasi Android 11. Dengan begitu, ragam tayangan hiburan yang bisa Anda dapatkan akan makin luas. Tak perlu repot-repot mencari TV besar demi merasakan hiburan berkualitas di rumah. Anda yang tinggal sendiri di ruangan yang tidak terlalu luas bisa memanfaatkan produk ini!

No.2

Resolusi tinggi, fitur lengkap, harganya pun bersahabat

Kelebihan:

  • Bingkai lebih kukuh dengan konstruksi metal
  • Tampil lebih elegan dengan bezel tipis

Kekurangan:

  • Panelnya belum D-LED, warna bisa washed out pada kondisi ruangan yang terang

Layar besar, resolusi tinggi, dan fitur smart pada TV kini dapat dirasakan oleh banyak orang. Dengan produk ini, Anda bisa menikmati konten beresolusi tinggi pada layar yang besar tanpa perlu menyiapkan banyak budget. Xiaomi TV A2 cocok untuk Anda yang mencari TV UHD pertama.


Fitur smart TV Xiaomi ini cukup lengkap sehingga akan memaksimalkan dana Anda dengan baik. Anda sudah akan mendapatkan TV dengan fitur Dolby Vision, Dolby Audio, hingga MEMC. Tidak heran bila produk ini merupakan salah satu TV Android terbaik 2022.

No.3

TCL4K UHD Google TVA30

Mulai dari Rp4.199.000,00

Tetap bisa menikmati Google TV meski berhemat

Kelebihan:

  • Harga terjangkau untuk Google TV
  • Sudah ada layanan TCL Channel yang menawarkan streaming film gratis

Kekurangan:

  • Letak port yang berada di tengah kurang mudah dijangkau
  • Kualitas audio tergolong standar

Google TV merupakan salah satu fitur menarik yang ditawarkan smart TV. Interface tersebut berfokus pada kemudahan Anda dalam mendapatkan tayangan yang sesuai minat dari berbagai platform. Nah, Anda bisa mendapatkan pengalaman menelusuri Google TV dengan lebih terjangkau lewat TCL A30.


Terlebih jika Anda suka menonton film ataupun serial televisi jadul, produk ini adalah pilihan tepat. Salah satu smart TV terbaik 2022 ini sudah dibekali teknologi MEMC. Teknologi tersebut mampu menampilkan konten dengan frame rate rendah menjadi konten rasa 60 fps. Jadi, Anda dapat menikmati konten jadul dengan lebih smooth.

No.4

PolytronEasy Smart Digital TVPLD MV1859

Mulai dari Rp1.799.000,00

Solusi hemat untuk menikmati siaran digital dan beragam konten lainnya

Kelebihan:

  • Konsumsi daya rendah

Kekurangan:

  • Hiburan terbatas pada aplikasi bawaan, tidak dapat ditambah

Dengan berakhirnya siaran analog, Anda memerlukan perangkat khusus untuk menikmati siaran digital. Daripada membeli TV digital saja, Anda bisa menambahkan sedikit budget untuk sekalian meminang smart TV. Inilah produk yang dapat Anda pertimbangkan dengan harganya yang ramah di kantong.


Smart TV Polytron ini sudah termasuk aplikasi Mola, YouTube dan konten hiburan lainnya. Perlu diingat bahwa Anda tidak bisa menambahkan aplikasinya. Meskipun demikian, produk ini sudah bisa screen mirroring untuk memperbesar tampilan dari layar HP Anda. Jika Anda ingin mengganti TV analog di rumah, pertimbangkan Polytron Easy Smart Digital TV.

No.5

Gambar yang ditampilkan nyaman dipandang, mata jadi tidak cepat lelah

Kelebihan:

  • Mudah dikendalikan dari jauh dengan hands-free voice command
  • Bingkai lebih kukuh dengan konstruksi metal

Kekurangan:

  • Tidak ada fitur khusus untuk meningkatkan pengalaman gaming
  • Gambarnya tergolong tidak terlalu cerah, kurang cocok untuk Anda yang menyukai ketajaman warna

Mengutamakan TV beresolusi tinggi boleh saja, tetapi jangan lupakan kesehatan mata Anda. Jika mata Anda tergolong cepat lelah saat menatap layar, produk ini adalah jawabannya. Coocaa Y72 Series sudah tersertifikasi flicker-free dan low blue light. Efek flickering dan cahaya biru yang bisa membuat mata lelah mampu diredamnya.


Selain itu, smart TV Coocaa ini sudah menyiapkan menu khusus yang berfokus pada kesehatan mata. Anda bisa memilih pengaturan night mode atau eye protection supaya gambar yang ditampilkannya tidak menyilaukan. Layarnya bahkan anti-glare sehingga tidak memantulkan cahaya lain dari ruangan Anda. Pilihan ukuran produk ini pun membuatnya cocok sebagai smart TV untuk presentasi.

No.6

ToshibaFHD LED TV FHD Smart Android43V35KP

Mulai dari Rp5.699.000,00

Nonton pertandingan sepak bola rasa live dari stadion!

Kelebihan:

  • Mendukung Dolby Audio

Kekurangan:

  • Penyimpanan internalnya rendah dibandingkan produk yang lain

Produk ini adalah smart TV 43 inch terbaik untuk fan sepak bola. Toshiba 43V35KP menawarkan fitur Football Mode yang akan meningkatkan pengalaman Anda saat menonton pertandingan sepak bola. Ditambah dengan dukungan teknologi Picture Optimizer, mata Anda akan dimanjakan saat menyaksikan tim favorit bertanding.


TV resmi Piala Dunia Qatar 2022 ini juga menawarkan pengalaman audio visual yang berkesan untuk tayangan lain. Teknologi mesin REGZA menjamin smart TV Toshiba ini menampilkan gambar 4K yang tajam dengan audio menggelegar.

No.7

HisenseFHD Android 11 Smart TV40E5G

Mulai dari Rp3.499.000,00

Layarnya serasa tampil penuh dengan bezel tipis

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk smart TV 40 inch
  • Tampil lebih elegan dengan bezel tipis

Kekurangan:

  • Belum termasuk bracket untuk wall mount

Anda butuh rekomendasi smart TV pertama? Kalau begitu, pertimbangkan produk ini. Hisense 40E5G merupakan salah satu smart TV 40 inch terbaik untuk pemula. Harganya terjangkau sekaligus punya ukuran layar yang cukup besar. Resolusi FHD dari produk ini juga sudah mumpuni untuk beragam tayangan.


Tidak hanya menampilkan gambar yang berkualitas, penampilan produk ini pun menarik di mata. Bezel-nya yang tipis membuat smart TV Hisense ini seolah tidak memiliki bingkai di sisi sampingnya. Dengan begitu, bidang gambar yang diberikan produk ini rasanya lebih luas.

No.8

LGUHD AI ThinQUQ8000PSC

Mulai dari Rp6.499.000,00

Banyak fitur menarik untuk memenuhi beragam kebutuhan

Kelebihan:

  • Menawarkan banyak fitur, seperti ThinQ AI, Sport Alert, Filmmaker Mode, dan Game Dashboard

Kekurangan:

  • Masih menggunakan soft panel yang bereaksi dengan sentuhan

Daya tarik dari smart TV LG ini adalah dilengkapi banyak fitur. Salah satu fiturnya yang eksklusif adalah ThinQ AI. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk mengatur segala hal lewat TV. Produk ini terintegrasi dengan Alexa, Apple Airplay, dan Apple HomeKit. Jika Anda menggunakan perangkat smart home, TV ini akan melengkapinya.


Fitur lain yang berhubungan dengan performa produk ini pun banyak. Dengan Sport Alert, Anda tidak akan melewatkan pertandingan olahraga dari tim favorit. Terdapat juga fitur Filmmaker Mode yang mengoptimalkan tayangan film dan Game Dashboard yang meningkatkan pengalaman gaming. Sebab itu, produk ini cocok bagi Anda yang menggunakan TV untuk beragam kebutuhan.

No.9

Desain sangat tipis, menyatu di ruangan yang minimalis

Kelebihan:

  • Mode gaming cukup lengkap, bisa diatur sesuai dengan preferensi

Kekurangan:

  • Sudut menonton tidak terlalu luas, warnanya terlihat washed out dari samping

Tidak hanya sebagai media hiburan, TV juga bisa menjadi perangkat yang mendukung interior ruangan Anda. Produk ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang mencari rekomendasi smart TV untuk melengkapi ruangan yang minimalis. Desainnya yang lurus dan tipis akan menyatu dengan ruangan Anda tersebut.


Samsung mengembangkan teknologi QLED dan Quantum HDR untuk TV model Q60B. Teknologi tersebut mendukung warna yang lebih bervariasi dan kontras yang lebih tinggi. Produk ini pun diberi fitur Motion Xcelerator dan Super Ultrawide GameView & Game Bar. Fitur tersebut memberi banyak opsi pengaturan untuk gaming, seperti input lag, frame rate, dan HDR.

No.10

Ketajaman dan kehalusan gambarnya tak perlu diragukan

Kelebihan:

  • Backlight sudah menggunakan teknologi full array LED
  • Mendukung frame rate hingga 120 Hz
  • Mendukung Dolby Atmos

Kekurangan:

  • Masih terdapat efek blooming atau cahaya yang bocor ke gambar gelap
  • Tidak ada fitur eksklusif untuk harganya yang cukup tinggi

Jika Anda mengutamakan kualitas gambar, produk ini adalah jawabannya. Smart TV Sony ini sudah menggunakan teknologi full array LED atau local dimming. LED yang tersebar di belakang layarnya mampu meredupkan dan meningkatkan cahaya pada area yang sesuai. Dengan begitu, Anda bisa menikmati kontras yang lebih baik.


Keunggulan lain Sony X90K adalah mendukung frame rate hingga 120 Hz. Produk ini memang didesain untuk memanjakan pengguna PS5. Dengan memainkan game yang mendukung frame rate tersebut, Anda bisa mendapat gambar yang super smooth.

Baca juga rekomendasi TV lainnya di sini

Masih banyak produk lain yang dapat Anda pilih selain smart TV. TV 8K, OLED TV, dan smart TV 4K juga bisa dipertimbangkan untuk fitur yang lebih spesifik. Rekomendasi produknya sudah kami siapkan untuk Anda di artikel-artikel berikut. Silakan dikunjungi!

Kesimpulan

Smart TV merupakan televisi canggih yang tidak hanya digunakan untuk menonton. Produknya juga dapat mengakses browser, menjalankan aplikasi, ataupun memutar video YouTube. Dengan smart TV, Anda dapat menikmati beragam jenis hiburan.


Semoga artikel kami dapat membantu Anda dalam mendapatkan smart TV terbaik. Jangan lupa untuk memastikan kualitas jaringan internet di rumah Anda agar seluruh fitur smart TV dapat berjalan maksimal. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer