1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Sepatu anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan anak laki-laki agar tampil lebih modis dan keren adalah sandal. Bahkan, sandal juga berfungsi untuk menemani fase latihan berjalan. Ada tiga jenis sandal anak laki-laki yang populer di pasaran, yaitu flip-flop, slip-on, dan sepatu sandal.


Agar tidak salah pilih, Anda sebaiknya membaca artikel ini hingga tuntas. Kami akan memberikan tips memilih sandal yang bagus untuk anak laki-laki serta merekomendasikan produk terbaiknya. Produk dari deretan merek sandal anak ternama, seperti Crocs, PYOPP, dan Fipper juga akan turut kami ulas. So, stay tune!

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Pentingnya memilih sandal yang tepat untuk anak-anak

Pentingnya memilih sandal yang tepat untuk anak-anak

Sandal anak memiliki desain dan model yang sangat beragam. Anda bisa memilih sandal sesuka hati. Meski begitu, dibandingkan memilih sandal yang mengikuti fashion terkini, lebih baik memilih sandal yang baik untuk pertumbuhan kaki anak. 


Mengapa begitu? Menurut The National Center for Biotechnology Information, kekuatan kaki anak dipengaruhi oleh alas kaki yang digunakan saat masih kecil. Maka dari itu, Anda tak boleh sembarangan memilih alas kaki. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus memilih sandal yang tepat untuk anak!


  • Sandal yang fleksibel dan lentur akan membuat anak menjadi lebih bebas berjalan dan bergerak. Hal itu membuat anak tidak terbatasi mobilitas maupun aktivitasnya.
  • Dengan memberikan sandal yang sesuai umur anak, proses pertumbuhan kaki mereka akan berlangsung dengan baik. Begitu juga proses belajar berjalan bagi anak usia batita.
  • Sandal untuk anak sebaiknya antiselip. Hal itu membuat anak-anak lebih aman saat bergerak, berlari, maupun melompat. Sol antiselip membuat anak jadi tidak mudah tergelincir.
  • Anak-anak suka bermain di tempat becek maupun kotor-kotoran. Oleh karena itu, sandal yang tahan air atau mudah dibersihkan adalah pilihan yang bijak.

Kini, Anda sudah mengetahui betapa pentingnya sandal yang tepat untuk anak. Selanjutnya, Anda bisa membaca tips memilih sandal terbaik untuk anak laki-laki. Semoga tips dari kami membantu Anda yang sedang mencari sandal untuk buah hati. 

Cara memilih sandal untuk anak laki-laki

Sebelum kami memberikan sepuluh rekomendasi produk terbaik, bacalah empat poin cara memilih berikut ini. Memperhatikan bahan, ukuran, jenis sandal, dan selera anak merupakan hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum memilih. Dengan sandal yang tepat, jagoan riang, orang tua pun senang!

① Pilih jenis sandal berdasarkan usia anak

Di pasaran saat ini, jenis sandal untuk anak laki-laki banyak sekali macamnya. Namun, ada tiga jenis yang paling banyak diminati, yaitu flip-flop, slip-on, dan sepatu sandal. Jangan asal memilih jenis sandal, Anda perlu menyesuaikannya dengan usia putra tercinta. 

Sepatu sandal, aman digunakan oleh balita

Sepatu sandal, aman digunakan oleh balita

Usia 1-5 tahun merupakan fase latihan berjalan anak. Nah, jika sandal yang digunakan tidak dapat menopang dengan maksimal, posisi berdiri anak pun akan terganggu dan mereka tidak bisa menjaga keseimbangan. Alih-alih dapat berjalan dengan lancar, hal tersebut justru bisa membahayakan kesehatan.


Jika Anda ingin membelikan sandal untuk anak yang masih balita, pilihlah produk jenis sepatu sandal. Menurut dr. Meidy H. Triangto, Sp.KFR, yang dikutip dari health.detik.com, penggunaan sandal jepit atau selop yang berkontur rata tidak direkomendasikan untuk balita. Hal ini karena sandal jepit kurang memberikan support dan perlindungan pada kaki.


Sepatu sandal yang tepat untuk balita adalah yang memiliki model tertutup di bagian depannya. Saat si kecil tidak sengaja terjatuh, penutup depan tersebut dapat melindungi jari-jari kakinya. Selain itu, pilih yang memiliki strap di bagian punggung kaki dan tumit agar lebih kukuh saat dipakai berjalan. Dengan begitu, fase latihan berjalan anak jadi makin nyaman dan aman.

Flip-flop, nyaman dipakai sehari-hari oleh anak usia TK ke atas

Flip-flop, nyaman dipakai sehari-hari oleh anak usia TK ke atas

Bagi si kecil yang sudah berumur 5 tahun ke atas, sandal flip-flop atau sandal jepit bisa dipakai untuk aktivitas harian. Sandal jenis ini memiliki strap berbentuk Y yang memperlihatkan bagian jari dan punggung kaki. Modelnya tergolong praktis dan mudah digunakan. Banyak produsen menawarkan sandal flip-flop yang terbuat dari bahan antiair. 


Tak sedikit pula model sandal jepit yang bisa dipakai untuk acara semiformal, salah satunya adalah model flatbed. Flip-flop yang dipakai untuk daily activity biasanya memiliki corak yang menarik dan detail hiasan tambahan seperti bentuk mobil atau bola. Pilihlah yang sesuai dengan selera jagoan Anda.

Slip-on, praktis untuk anak SD

Slip-on, praktis untuk anak SD

Jenis sandal lain yang tak kalah praktis adalah sandal slip-on. Sandal ini ideal dipakai oleh anak usia 6 tahun ke atas atau usia anak SD. Pada umumnya, sandal jenis ini memiliki satu strap yang menutupi punggung kaki. Namun, ada juga beberapa produsen yang menawarkan sandal slip-on dengan dua strap yang bisa diatur kekencangannya. Menarik, bukan?


Selain cocok dipakai di luar rumah, anak Anda pun bisa memakainya sebagai home slipper agar kakinya selalu bersih. Sama dengan sandal flip-flop dan sepatu sandal, slip-on juga hadir dalam beragam corak dan desain yang menarik. Model minimalis hingga penuh warna ada semua!

② Sesuaikan bahan sandal dengan aktivitasnya

Setelah memilih jenis sandal berdasarkan usia anak, selanjutnya Anda perlu menyesuaikan bahan sandal dengan aktivitasnya. Ada tiga bahan yang paling sering dipakai untuk membuat sandal anak laki-laki, yaitu EVA, rubber, dan synthetic leather. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

EVA atau rubber, untuk anak yang suka bermain air

EVA atau rubber, untuk anak yang suka bermain air

Sebagian besar anak suka bermain atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air. Mereka akan senang bermain di sungai, pantai, berlarian di bawah hujan, atau melewati jalanan becek. Untuk itu, lebih baik pilihkan sandal yang terbuat dari bahan EVA atau rubber untuk mereka.


Sandal berbahan EVA memiliki karakteristik yang empuk, ringan, serta tahan lama. Sementara itu, sandal yang terbuat dari bahan rubber lebih fleksibel dan tidak mudah kotor ketika dipakai. Alhasil, kegiatan bermain anak pun jadi makin seru dan mengasyikkan tanpa terhalang alas kaki yang merepotkan.

Synthetic leather, cocok dipakai saat acara semiformal hingga formal

Synthetic leather, cocok dipakai saat acara semiformal hingga formal

Apabila Anda ingin mengajak si jagoan pergi menghadiri acara semiformal atau formal, sandal berbahan synthetic leather merupakan opsi yang tepat. Selain tampilannya lebih stylish dan elegan, produk berbahan synthetic leather lebih ringan dibandingkan dengan kulit asli. Dengan begitu, anak Anda pun bisa betah memakainya hingga acara berakhir.


Sayangnya, sandal berbahan synthetic leather lebih cepat rusak jika terkena air. Jadi, jangan lupa untuk langsung mengeringkannya ketika basah. Warnanya pun cenderung cepat memudar jika sering dipakai. Agar kualitasnya tetap terjaga, Anda perlu merawat sandal berbahan synthetic leather dengan baik.

③ Periksalah ukurannya

Periksalah ukurannya

Poin ketiga yang harus Anda lakukan saat membeli sandal untuk anak laki-laki adalah memeriksa ukurannya. Pilihlah ukuran yang pas, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Jika Anda salah memilih ukuran sandal, si kecil bisa saja merasa tidak nyaman dan pegal, bahkan sandal bisa cepat rusak.


Sandal untuk anak laki-laki memiliki dua tipe size chart, yaitu pengukuran berdasarkan umur serta perhitungan size dari Eropa. Produk yang memiliki ukuran berdasarkan umur biasanya langsung dituliskan target usianya. Sementara itu, sandal yang ukurannya memakai size Eropa dituliskan dengan angka 22 hingga 36


Apabila Anda akan membelinya lewat online shop, jangan lupa untuk cek detail ukuran di keterangan produk agar tidak salah pilih. Jika Anda masih ragu, baca review pembeli atau tanyakan langsung kepada admin toko online tersebut. 

④ Sesuaikan dengan selera si jagoan

Sesuaikan dengan selera si jagoan

Menyesuaikan model dan corak sandal yang sesuai dengan selera si buah hati juga merupakan hal yang penting, lho. Jika Anda asal-asalan memilih model dan warna, putra Anda bisa jadi enggan untuk memakainya.


Karena itu, tanyakan dengan detail model dan corak seperti apa yang putra Anda inginkan. Kalau perlu, ajak mereka ke tokonya langsung saat membeli. Namun, jika Anda ingin membelikan sandal lewat e-commerce, pastikan si jagoan ikut melihat dan memilihnya. Anda hanya perlu mengarahkan agar dia memilih model dan corak yang sesuai dengan umurnya.

10 Rekomendasi sandal terbaik untuk anak laki-laki

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sandal terbaik untuk anak laki-laki yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Red Apple

Sandal Anak

Red Apple Sandal Anak  1枚目

Dilengkapi adjustable strap sehingga kekencangannya bisa diatur

2

Khans

Sandal Gunung Anak - Messi Black

Khans Sandal Gunung Anak - Messi Black 1枚目

Nyaman dipakai baik untuk outdoor maupun indoor

3

PYOPP

Tapak Barefoot Flip Flops

PYOPP Tapak Barefoot Flip Flops 1枚目

Sandal barefoot yang bagus untuk pertumbuhan kaki anak

4

Konnichiwa

Safari Kids

Konnichiwa Safari Kids 1枚目

Bisa sekaligus berdonasi untuk satwa domestik!

5

Fipper

Junior

Fipper Junior 1枚目

Alas kaki harian untuk sang jagoan tercinta

6

Whitelust

Arcana Sandal

Whitelust Arcana Sandal 1枚目

Model timeless yang jadikan penampilan makin trendi

7

Decathlon

Nabaiji Boy's Slap 100 Pool Sandals - Blue Red

Decathlon Nabaiji Boy's Slap 100 Pool Sandals - Blue Red 1枚目

Bagian insole-nya dibuat berpori, pas dipakai ke kolam renang

8

Crocs

Kid's Crocs Fun Lab Minions Multi Clog

Crocs  Kid's Crocs Fun Lab Minions Multi Clog 1枚目

Motifnya lucu, warnanya cerah dan eye-catching

9

Balmoral

Kids Sandal Clogs Easy-Dry Basic Disney Mickey

Balmoral Kids Sandal Clogs Easy-Dry Basic Disney Mickey  1枚目

Latihan berjalan jadi lebih aman berkat modelnya yang tertutup

10

CPE by Calliope

SLPT Dino Sandal Anak

CPE by Calliope SLPT Dino Sandal Anak 1枚目

Mau dijadikan home slipper? Bisa banget!

Perincian produk
Close
No.1

Red AppleSandal Anak BG 2562

Mulai dari Rp89.500,00

Dilengkapi adjustable strap sehingga kekencangannya bisa diatur

Ingin membuat anak laki-laki Anda makin modis dengan sandal flatbed yang ringan dan fleksibel? Jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. Sandal ini terbuat dari material phylon yang sangat ringan dengan dua adjustable strap. Buah hati Anda jadi bisa mengatur tingkat kekencangan sandal sesuai dengan ukuran kakinya Sandal antiair warna-warni ini bisa digunakan sebagai outfit liburan supaya tampil kece.

No.2

KhansSandal Gunung Anak - Messi Black

Mulai dari Rp179.000,00

Nyaman dipakai baik untuk outdoor maupun indoor

Ini dia sepatu sandal yang cocok untuk menemani buah hati bertualang. Dipakai tekking di hutan atau gunung? Nyaman! Digunakan untuk sekadar jalan-jalan di mal? Stylish! Hal itu karena sandal dirancang untuk menemani aktivitas harian anak. 


Dengan strap yang kuat dan outsole bertekstur, desain sandal ini terlihat tahan banting dan tidak mudah rusak. Mau dipakai berlari atau melompat, kaki anak tetap aman terlindungi dan nyaman. 

No.3

PYOPPTapak Barefoot Flip Flops

Mulai dari Rp238.000,00

Sandal barefoot yang bagus untuk pertumbuhan kaki anak

Memakai sandal jepit terlalu sering ternyata tidak bagus untuk pertumbuhan kaki anak, khususnya mereka yang masih berusia dini. Namun, produk yang satu ini berbeda. Bagian lacing di antara jempol dan telunjuk didesain khusus supaya tidak sakit saat dipakai. 


Lalu, terdapat adjustable strap yang dibuat untuk membagi tekanan agar merata. Paling spesial, sandal ini dirancang supaya anak dapat merasakan tekstur yang mereka injak seolah-olah bertelanjang kaki. Bila Anda peduli dengan pertumbuhan kaki anak, pilihlah produk ini.  

No.4

Bisa sekaligus berdonasi untuk satwa domestik!

Anak Anda pencinta binatang? Jika iya, cobalah mengajari mereka untuk mulai peduli terhadap binatang-binatang di sekitarnya. Salah satu cara peduli dengan binatang adalah dengan melakukan bantuan donasi. 


Bila Anda membeli sandal dari Konnichiwa motif safari, Anda sudah sekaligus berdonasi Rp 5.000 untuk yayasan Garda Satwa Indonesia. Menarik sekali, bukan? Anda memperoleh sandal jepit yang lucu sekaligus bisa berkontribusi untuk melakukan perlindungan satwa Cool!

No.5

Alas kaki harian untuk sang jagoan tercinta

Sedang mencari produk yang bisa dipakai sehari-hari untuk sang jagoan? Yuk, jadikan sandal dari Fipper ini sebagai pilihan. Produk ini didesain dengan mencampurkan beberapa kombinasi warna dalam satu sandal sehingga lebih unik dan colorful. Selain itu, outsole-nya juga dirancang bertekstur sehingga tak akan licin saat dikenakan. Aman dipakai dan stylish, kombinasi yang menarik, bukan?

No.6

Model timeless yang jadikan penampilan makin trendi

Sandal model flatbed memiliki desain yang timeless dan menjadi produk favorit banyak kalangan. Nah, kali ini Whitelust Kids menghadirkan sandal flatbed yang dibalut dengan warna tan untuk jagoan Anda. Tampilan anak saat Lebaran akan makin charming jika sandal ini dikombinasikan dengan busana putih. Perpaduan tersebut akan menciptakan look trendi di hari raya.

No.7

DecathlonNabaiji Boy's Slap 100 Pool Sandals - Blue Red8384321

Mulai dari Rp75.000,00

Bagian insole-nya dibuat berpori, pas dipakai ke kolam renang

Si kecil hobi berenang atau punya kegiatan les renang? Coba lirik sandal Nabaiji ini. Sandal ini dirancang khusus sebagai sandal kolam renang. Bagian insole-nya dibuat berlubang sehingga air yang masuk akan mengalir keluar lewat lubang tersebut. 


Jadi, Anda tak perlu khawatir anak akan sulit berjalan karena sandal basah atau kemasukan air. Bagian outsole-nya juga didesain antiselip sehingga memiliki cengkeraman yang baik agar anak tak mudah tergelincir. Anak laki-laki Anda pun bisa beraktivitas dengan lebih leluasa di luar kolam.

No.8

Crocs Kid's Crocs Fun Lab Minions Multi Clog

Mulai dari Rp659.000,00

Motifnya lucu, warnanya cerah dan eye-catching

Apakah anak Anda penggemar karakter kartun Minions? Kalau begitu, mereka pasti akan menyukai produk Crocs ini. Motifnya yang lucu disempurnakan dengan warnanya yang cerah dan eye-catching. Bahannya ringan, breathable, dan nyaman. Sandal ini bisa dipakai dengan dua cara, yaitu model slip on atau sepatu sandal. 


Jika hendak dipakai untuk berlari-lari, lebih aman bila strap diletakkan di belakang. Namun, saat berjalan santai, dijadikan slip on tentu akan lebih praktis. Bila ingin menghadiahi putra tersayang dengan sepasang sandal yang sudah teruji kenyamanannya, pilihlah produk ini.

No.9

BalmoralKids Sandal Clogs Easy-Dry Basic Disney Mickey MC-JKT01

Mulai dari Rp199.900,00

Latihan berjalan jadi lebih aman berkat modelnya yang tertutup

Jika Anda ingin melatih si kecil berjalan memakai sandal, produk dari Balmoral ini bisa dijadikan opsi yang tepat. Didesain dengan model tertutup, jari kaki anak dijamin aman dan tidak akan mudah tersandung. 


Bagian strap-nya menggunakan sistem velcro sehingga mudah dilepas pasang, serta mengunci sandal dengan baik. Bahan yang digunakan pun ringan dan tidak licin. Ditambah lagi, motif kartun Mickey Mouse menjadikan sandal ini jadi lebih lucu dan menarik untuk dipakai anak balita. Worth to buy!

No.10

CPE by CalliopeSLPT Dino Sandal Anak

Mulai dari Rp199.000,00

Mau dijadikan home slipper? Bisa banget!

Sandal model slip-on dari CPE ini memiliki perpaduan warna segar, biru untuk alasnya dan hijau dengan gambar dinosaurus untuk strap-nya. Bentuknya sendiri minimalis dengan outsole antiselip. Selain dikenakan di luar ruangan, sandal ini juga sangat cocok untuk dijadikan home slipper. Dengan begitu, kaki anak Anda pun akan tetap bersih saat berada di dalam rumah.

Baca juga rekomendasi alas kaki untuk anak lainnya di sini

Selain sandal, mungkin Anda juga sedang mencari alas kaki lainnya untuk buah hati. Di bawah ini, kami sudah mengumpulkan beberapa artikel yang bisa Anda jadikan referensi. Mulai dari sepatu biasa, sepatu boot, hingga running shoes, semua telah kami ulas. Untuk informasi lengkapnya, langsung klik saja tautan berikut!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah mendapatkan sandal untuk anak laki-laki yang diinginkan? Kenyaman anak adalah yang paling utama. Untuk itu, Anda wajib memperhatikan bahan dan modelnya. 


Jangan lupa juga untuk melibatkan anak dalam memilih sandal yang sesuai seleranya. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dan putra tercinta dalam menentukan sandal yang paling cocok.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer