1. TOP
  2. >
  3. Fashion pria
  4. >
  5. Sepatu pria
  6. >
  7. 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Merk Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Gerakan menggunakan sepatu lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sepatu dari brand lokal, seperti sneakers merek Ventela, Compass, atau PATROBAS. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. 


Pada beberapa kesempatan, launching produk sepatu lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tips memilih sepatu lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Yuk, ikuti terus!

Diperbaharui 11-06-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Halida Fatha

Halida Fatha Arrifa atau sering dipanggil Halida adalah mahasiswi S2 Kajian Pariwisata di Universitas Gadjah Mada. Karena kesukaannya dengan budaya Jepang, pada tahun 2016 hingga 2018 ia pun pernah hijrah ke Jepang untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya gemar traveling dan belajar bahasa, Halida juga senang mengikuti perkembangan fashion mode di Jepang. Tak heran jika saat ini ia pun menjadi seorang fashion enthusiast dan kreator di mybest yang sering mengulas mengenai busana wanita.

Profil Halida Fatha
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa yang menjadi daya tarik sepatu lokal?

Sepatu lokal dikenal memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk ternama dari luar. Banyaknya merek lokal yang muncul membuat persaingan makin ketat, apalagi setiap merek memiliki kekhasan masing-masing. Tak hanya kualitas, desain sepatu lokal juga makin bervariasi dan tidak kalah dengan produk luar negeri.


Pergerakan komunitas yang menanamkan kebanggaan memakai produk dalam negeri membuat sepatu lokal memiliki daya saing tersendiri. Ditambah lagi, sekarang ada banyak acara, seperti Jakarta Sneaker Day, Jakcloth, dan Indonesia Local Select yang menampilkan sepatu-sepatu lokal. Dengan memakai sepatu lokal, Anda juga dapat ikut ambil bagian dalam menumbuhkan perekonomian UMKM.

Cara memilih sepatu lokal

Ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sepatu lokal. Nah, agar tidak salah pilih, jadikanlah kriteria-kriteria tersebut sebagai referensi, ya!

① Ketahui beberapa merek sepatu lokal yang terkenal

Ada berbagai merek sepatu lokal yang kini beredar di pasaran, sebut saja Ventela, Compass, Geoff Max, BUCCHERI, NAH Project, dan yang lainnya. Kali ini, kami akan membahas lima merek tersebut agar Anda mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kualitas sepatu lokal. Yuk, simak penjelasannya!

Compass, produk lokal asal Bandung dengan desain yang apik

Pada perhelatan akbar Asian Games 2018, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan sepatu dari Compass. Banyak orang memburu sneakers asal Bandung ini karena harganya yang terjangkau dan desainnya yang apik. Cukup dengan 200–300 ribu rupiah Anda sudah mendapatkan sepatu yang ciamik. Popularitasnya makin menanjak setelah hadir pada acara Urban Sneaker Society tahun 2019. 


Meskipun harganya terbilang ekonomis, produk ini tidak mengesampingkan kualitas. Upper berbahan canvas atau twill berpadu dengan desain simpel menjadi ciri khas sneakers ini. Salah satu produk terkenalnya adalah seri Gazelle model hi-top. Jika Anda tertarik membelinya, jangan terlalu lama berpikir karena setiap seri sepatu Compass diproduksi terbatas.

NAH Project, pelopor sneakers lokal berbahan knit


Jika Adidas punya teknologi upper berbahan rajutan nilon (knit) yang disebut PrimeKnit, NAH Project memiliki FlexKnit. Di Indonesia, NAH Project menjadi pelopor sepatu dengan upper berbahan knit yang dinilai cocok dengan iklim tropis Indonesia. Sepatu dari NAH Project bahkan pernah dibeli oleh presiden Indonesia, lho!


Menariknya, NAH Project juga mengusung transparency pricing kepada para pembelinya. Strategi ini membuat masyarakat lebih percaya saat membeli produk ini. Mereka jadi tahu bahwa harga yang ditetapkan oleh NAH Project tidak dinaikkan terlalu tinggi dari harga bahan bakunya.

Geoff Max, sepatu yang kental dengan image band punk rock dan dunia skateboarding

Ready to kick! Itulah tagline yang diusung Geoff Max untuk menyampaikan bahwa sneakers-nya siap bersaing, baik dengan merek lokal maupun internasional. Brand yang didirikan oleh Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada 2012 ini masih eksis hingga sekarang. Geoff Max juga pernah berkolaborasi dengan merek streetwear yang sedang naik daun, yakni Thanksinsomnia.


Produk-produk sepatu dari Geoff Max menggunakan bahan yang berkualitas, seperti semikulit, suede, atau canvas. Sejak berdiri, Geoff Max pernah mensponsori beberapa musisi lokal ternama seperti Bobby SID dan Asking Alexandria. Tak hanya musisi punk rock, Geoff Max juga dekat dengan komunitas skateboarding lokal.


Dengan kualitas yang tepercaya, Geoff Max ingin mengajak masyarakat membeli produk lokal daripada sepatu dari luar negeri. Sejak awal berdiri, Geoff Max tetap mempertahankan desain old school di setiap serinya. Kini, Geoff Max juga melebarkan sayap ke produk sneakers wanita. Salah satu produknya yang terkenal adalah seri Authentic Navy Gum.

Ventela, desain sepatunya keren dan harganya terjangkau

Ventela, desain sepatunya keren dan harganya terjangkau
Sumber: ventela.com

Satu lagi produk lokal asal Bandung yang tak kalah terkenal, yaitu Ventela. Produk ini memiliki desain sepatu yang keren dan kekinian. Tak hanya itu, harga sneakers-nya juga terjangkau, berkisar 100 ribu hingga 400 ribu rupiah. Apabila Anda ingin mencari sepatu sneakers dengan desain terkini, cobalah tengok koleksi dari Ventela. 


Meski begitu, Ventela hanya menjual produknya lewat reseller. Mereka tidak menjual produknya secara resmi di website ataupun jaringan media sosial lainnya. Maka dari itu, Anda bebas memilih reseller dengan harga terendah dan paling dekat dengan wilayah tempat tinggal Anda. 

BUCCHERI, andalan sepatu formal pria yang menawan

BUCCHERI, andalan sepatu formal pria yang menawan
Sumber: buccheri.com


Ini dia, spesialis sepatu formal kebanggaan Indonesia, BUCCHERI. Brand ini sudah dikenal sejak tahun 1980 dan pamornya tetap bagus hingga saat ini. Ciri khas dari sepatu produksi BUCCHERI adalah penggunaan kulit asli sebagai bahannya.


Kualitas dan desainnya yang menawan membuat brand ini memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Meskipun terkenal dengan sepatu formalnya, saat ini BUCCHERI juga merancang sneakers dengan tampilan yang modern. Tak hanya itu, tersedia juga sepatu untuk wanita dan aksesori yang akan menyempurnakan gaya formal Anda.

② Sesuaikan tipe sepatu dengan kegiatan Anda

Tipe dari sepatu lokal pun cukup beragam, beberapa di antaranya sport shoes, formal shoes, dan casual shoes. Setiap tipe tentu memiliki karakteristiknya masing-masing. Lalu, apa saja perbedaannya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Sport shoes, nyaman dipakai untuk berolahraga

Sport shoes atau sepatu olahraga umumnya mengutamakan kenyamanan kaki dengan desain yang sporty. Hal tersebut dimaksudkan supaya kaki dapat terhindar dari jamur akibat keringat. Tak heran banyak brand lokal yang merancang sepatu olahraga dengan bahan yang breathable


Selain itu, sepatu olahraga juga memiliki bobot yang ringan sehingga membuat kaki dapat bergerak dengan leluasa. League Kumo 1.5 Mid, Kodachi 8111, dan NAH Project Flexknit V3.0 merupakan sepatu lokal tipe sport yang dapat dipilih.

Formal shoes, bikin tampilan makin profesional

Formal shoes, bikin tampilan makin profesional
Sumber: prabu.id

Apabila Anda sering menghadiri pertemuan bisnis atau pekerja kantoran, tentu sepatu tipe ini paling pas untuk dipilih. Jenis dari formal shoes pun cukup beragam, seperti pantofel, oxford, derby, loafers, dan monk strap


Rata-rata formal shoes dibuat dari bahan kulit dengan tampilan yang mengilap sehingga memancarkan kesan lebih profesional. Sepatu lokal dengan tipe formal yang dapat Anda pertimbangkan, yakni BUCCHERI Hasani dan Prabu Cipta.

Casual shoes, paling pas untuk daily activity

Casual shoes, paling pas untuk daily activity
Sumber: patrobas.id

Apabila Anda mencari sepatu yang lebih universal atau cocok dipakai untuk berbagai kegiatan, tipe casual shoes layak dipertimbangkan. Modelnya pun sangat beragam, sepearti model slip-ons atau sneakers dengan jenis high cut dan low cut


Anda dapat memakai sepatu kasual tipe ini untuk hang out, traveling, kuliah, bahkan berkencan. Anda tertarik untuk mengoleksi sepatu lokal tipe kasual? PATROBAS Cloud Slip On, Aerostreet Riku, dan Ventela Ethnic Series Low cocok untuk Anda pilih.

③ Ketahui material sepatu yang digunakan

Ketahui material sepatu yang digunakan
Sumber: ventela.com

Material sepatu menentukan kenyamanan Anda saat memakainya. Jadi, usahakanlah untuk memilih sepatu dengan bahan yang nyaman saat dipakai dalam jangka waktu lama. Selain itu, pastikan sepatunya tidak membuat kaki Anda lecet. 


Perhatikan juga jahitan atau lem perekat yang digunakan pada sepatu karena hal ini akan memengaruhi daya tahannya. Berikut ini beberapa bahan yang banyak dipakai oleh sepatu-sepatu di Indonesia.


  • Canvas

Banyak sepatu lokal Indonesia memakai bahan canvas untuk sepatu mereka. Bahan ini ringan dan berdaya tahan kuat. Selain itu, kanvas juga mudah dicuci dan dirawat. Untuk tampilan kasual yang maksimal, sepatu berbahan canvas memang paling juara. 


  • Knit

Apabila ingin mencari sepatu dengan tingkat breathability paling baik, Anda bisa mencari sepatu berbahan knit. Bahan yang satu ini menawarkan kenyamanan maksimal. Tak hanya breathable, knit juga sangat elastis dan fleksibel. Bahannya melekat dan mengikuti kontur kaki Anda. 


  • Kulit 

Dibandingkan dua bahan yang telah disebutkan di atas, bahan kulit terlihat lebih elegan dan eksklusif. Jika Anda ingin pergi ke acara penting, sepatu berbahan kulit bisa dijadikan pilihan. Ada dua jenis kulit yang biasa dijadikan bahan sepatu, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. 

10 Rekomendasi sepatu lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ventela

Ethnic Series Low

Ventela Ethnic Series Low 1枚目

Insole nyaman, kaki bebas pegal seharian!

2

Aerostreet

Riku

Aerostreet Riku  1枚目

Tampil segar dengan sneakers bernuansa colorful

3

Geoff Max

Timeless Low Black Gum STZ

Geoff Max Timeless Low Black Gum STZ 1枚目

Ringan dan nyaman untuk dipakai bermain skateboard

4

Flexknit V3.0 Carbon Black

 Flexknit V3.0 Carbon Black 1枚目

Teknologi FlexKnit membuat sneakers lebih lentur untuk running

5

Prabu

Cipta

Prabu Cipta 1枚目

Dijamin awet dan tidak mudah rusak

6

Kodachi

8111 Retro

Kodachi 8111 Retro 1枚目

Modelnya simpel dengan gaya retro yang timeless

7

PATROBAS

Cloud Slip On

PATROBAS Cloud Slip On 1枚目

Cara pakainya praktis dan nyaman dikenakan

8

League

Kumo 1.5 Mid Men

League Kumo 1.5 Mid Men 1枚目

Sepatu tangguh untuk kegiatan hiking!

9

BUCCHERI

Hasani

BUCCHERI Hasani 1枚目

Dibuat dari kulit sapi asli yang superawet

10

Compass

Flight Jkt Hi

Compass Flight Jkt Hi 1枚目

Dibalut warna army dengan tampilan yang macho

Perincian produk
Close
No.1

VentelaEthnic Series Low

Mulai dari Rp209.800,00

Insole nyaman, kaki bebas pegal seharian!

Kelebihan:

  • Memiliki warna netral dengan desain yang timeless
  • Harga relatif ramah di kantong

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mengeluhkan bahannya terasa kaku saat dipakai 

Ventela Ethnic tipe low cut ini memiliki performa yang cukup memuaskan. Dengan EVA foam di bagian insole-nya, sepatu ini akan membuat kaki Anda tidak mudah pegal meskipun digunakan seharian. Potongannya mirip dengan sepatu Converse yang sudah digemari anak muda sejak dahulu. Sepatu keren satu ini cocok Anda jadikan sebagai daily wear untuk kuliah atau ke sekolah.

No.2

Tampil segar dengan sneakers bernuansa colorful

Kelebihan:

  • Dilengkapi insole Aero Fomz yang empuk dan dapat menyesuaikan dengan bentuk telapak kaki

Kekurangan:

  • Menurut pembeli, sepatu cukup berat saat dipakai untuk berolahraga

Aerostreet mendesain sneakers ini dengan kombinasi enam warna yang memberikan kesan lebih colorful. Saat memakainya, Anda akan terlihat playful dan penuh semangat. Sepatu ini dirancang untuk Anda yang ingin tampil beda saat hang out bersama kawan. 


Selain tampilannya yang menarik, sepatu ini juga dilengkapi dengan teknologi Shoes Injection Mould. Teknologi ini menjamin sepatu tidak akan mudah jebol setelah dicuci atau kehujanan.

No.3

Geoff MaxTimeless Low Black Gum STZ

Mulai dari Rp345.000,00

Ringan dan nyaman untuk dipakai bermain skateboard

Kelebihan:

  • Dibuat menggunakan teknik vulcanized, gerakan melompat saat bermain skateboard pun makin nyaman
  • Lebih empuk berkat insole yang dibuat dari jersey foam


Kekurangan:

  • Banyak ulasan yang mengeluhkan bahwa lemnya kurang rapi

Jatuhkan pilihan Anda pada sneakers ini apabila mencari produk dengan tampilan keren yang bisa dipakai untuk bermain skateboard. Sepatu ini cukup ringan dan bahannya sangat nyaman saat dipakai. 


Ditambah lagi, detail logo Geoff Max yang simpel dan tidak terlalu menonjol justru membuat desainnya lebih keren. Tak hanya cocok untuk bermain skateboard, sneakers ini juga layak dipakai ke acara semiformal dan ke sekolah.

No.4

Flexknit V3.0 Carbon Black

Mulai dari Rp435.000,00

Teknologi FlexKnit membuat sneakers lebih lentur untuk running

Kelebihan:

  • Berbobot ringan, tidak akan membebani kaki saat bergerak
  • Didesain antiselip dan breathable

Kekurangan:

  • Ada reviewer yang mengatakan bahwa lemnya kurang rapi

Apabila Anda membutuhkan sneakers untuk lari, produk dari NAH Project ini bisa menjadi solusinya. Menggunakan teknologi FlexKnit di bagian upper, sepatu ini sangat lentur dan nyaman dipakai meski banyak bergerak. Terlebih, bagian outsole-nya menggunakan teknologi EVA Phylon yang empuk. Alhasil, aktivitas lari Anda pun makin nyaman!

No.5

Dijamin awet dan tidak mudah rusak

Kelebihan:

  • Sepatunya tergolong awet dan tidak mudah rusak, asalkan perawatannya benar
  • Dibuat dengan jahitan side-wall-stitch construction yang membuat sepatu lebih kuat

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan menyatakan adanya area jahitan yang kurang rapi

Siapa bilang tidak bisa tampil sporty dan elegan sekaligus? Dengan sepatu keluaran Prabu ini, Anda bisa mendapatkan look keduanya. Sepatu Cipta ini dibuat dari bahan cowhide leather yang pancarkan tampilan lebih mengilap. 


Sementara itu, detail tali berwarna senadanya menciptakan look yang lebih sporty. Untuk kesan lebih formal, Anda bisa memilih produk berwarna Brown Black atau Black. Sementara itu, pilihlah sepatu berwarna Black White atau warna lainnya untuk kesan semiformal.

No.6

Modelnya simpel dengan gaya retro yang timeless

Kelebihan:

  • Nyaman dipakai untuk badminton, voli, takraw, ataupun parkur
  • Didesain dengan sol full karet sehingga saat dipakai tidak akan mudah terpeleset

Kekurangan:

  • Berbahan canvas, cenderung mudah kotor

Desain simpel sneakers Kodachi 8111 Retro tidak akan membuat Anda salah gaya. Warnanya yang polos dan tiga garis di bagian samping akan membuat Anda tampil keren. Anda pun bisa mengenakannya saat ke sekolah ataupun ketika jalan-jalan. Dipadukan dengan jeans atau celana jogger juga cocok, lho. Anda yang ingin memiliki sneakers dengan tampilan timeless sebaiknya tidak melewatkan produk ini!

No.7

PATROBASCloud Slip On

Mulai dari Rp289.900,00

Cara pakainya praktis dan nyaman dikenakan

Kelebihan:

  • Sepatunya diklaim empuk dan lembut sehingga nyaman dipakai

Kekurangan:

  • Terdapat pembeli yang mengeluhkan bahwa di bagian punggung kaki terasa sempit

Sepatu dari PATROBAS yang satu ini memadukan konsep slip-ons dengan collar berbahan mesh. Anda pun akan merasa lebih nyaman karena collar-nya tidak akan membuat lecet saat dipakai aktif bergerak. Desain sepatunya juga dibuat simpel dengan kombinasi warna yang netral. Nah, Anda yang menginginkan kepraktisan saat memakai sepatu, produk inilah jawabannya.

No.8

Sepatu tangguh untuk kegiatan hiking!

Kelebihan:

  • Lace-nya dirancang dengan fast lock lacing system sehingga tak perlu repot mengikat tali sepatu
  • Dilengkapi reflective yang akan menyala saat gelap

Kekurangan:

  • Ada pengguna yang mendapatkan sepatu yang lemnya kurang kuat

Jika Anda mencari sneakers lokal yang cukup tangguh untuk hiking santai, League Kumo 1.5 Mid Men ini layak dicoba. Perpaduan bahan solid dan carbon rubber pada outsole-nya membuat sneakers ini memiliki daya cengkeram yang kuat. Jadi, Anda tidak akan mudah terpeleset di medan yang menantang.


Saat hiking, biasanya kaki juga banyak berkeringat. Untungnya, seri Kumo ini dilengkapi upper berbahan mesh yang sirkulasi udaranya baik. Dengan begitu, kaki tidak akan mudah lembap saat bertualang di alam bebas. 

No.9

Dibuat dari kulit sapi asli yang superawet

Kelebihan:

  • Dibuat menggunakan metode handmade dengan jahitan yang rapi 

Kekurangan:

  • Pilihan ukurannya cukup terbatas

Pilihlah pantofel ini apabila Anda mencari sepatu formal yang kuat dan tahan lama. Sepatu produksi BUCCHERi ini dibuat dari bahan kulit sapi asli. Selain dikenal kuat dan kokoh, bahan ini juga tahan terhadap goresan, air, dan debu sehingga lebih mudah dibersihkan. Tampilannya pun tampak lebih elegan dengan balutan warna hitam mengilap. 

No.10

Dibalut warna army dengan tampilan yang macho

Kelebihan:

  • Produk limited edition 
  • Terdapat busa di bagian pergelangan kaki yang membuat pergerakan makin nyaman
  • Dilengkapi gantungan kunci bercorak senada sebagai aksesori 

Kekurangan: 

  • Tidak begitu tahan terhadap air

Ingin first impression Anda saat berkencan terlihat lebih macho? Coba pertimbangkan produk keluaran Compass ini. Sepatu ini dirancang dengan balutan warna hijau army yang membuat kesan tampak lebih gagah. Karena didesain dengan model high cut, sepatu ini sangat cocok Anda padukan dengan celana slim fit atau skinny jeans. 

Baca juga rekomendasi sepatu lainnya di sini

Selain sepatu lokal, ada banyak produk sepatu lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Kami sudah pernah membahas berbagai jenis sneakers, termasuk produk keluaran merek ternama. Klik tautan di bawah ini jika Anda ingin mencari referensi lebih lanjut.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah Anda sudah mendapat gambaran mengenai sepatu lokal yang ada di pasar Indonesia? Jangan ragu untuk membeli sepatu lokal karena kualitasnya makin baik dari hari ke hari.


Harganya yang terjangkau juga memungkinkan Anda membeli lebih dari sepasang sepatu. Semoga dengan meningkatnya antusiasme dalam memakai produk dalam negeri, kualitas sepatu lokal makin bisa bersaing dengan produk luar.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer