• 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Sneakers Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Gerakan menggunakan sneakers lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sneakers dari brand lokal, seperti Ventela, Compass, atau Brodo. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. 


Di beberapa kesempatan, launching produk sneakers lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal, bahkan tidak kalah dengan sneakers luar. Di artikel kali ini, kami akan membahas tips memilih sneakers lokal yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Yuk, ikuti pembahasannya! 

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa yang menjadi daya tarik sneakers lokal?

Sneakers lokal terkenal memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan produk dengan nama besar, seperti Nike, New Balance, atau Puma. Makin banyak merek lokal yang muncul membuat persaingan makin ketat, apalagi setiap merek memiliki kekhasannya masing-masing. Kualitas sneakers lokal juga makin meningkat dari waktu ke waktu.


Dahulu, banyak orang menganggap sneakers lokal tidak bergengsi. Mereka lebih memilih menggunakan sneakers luar negeri, meskipun harganya jauh lebih tinggi. Tak bisa dipungkiri, pergerakan komunitas yang menanamkan kebanggaan memakai produk dalam negeri membuat sneakers lokal memiliki daya saing tersendiri. Orang-orang kini makin bangga mengenakan sneakers lokal.


Tak hanya itu, pemakai sneakers lokal juga merasa ikut ambil bagian dalam menumbuhkan perekonomian UMKM. Ditambah lagi, saat ini ada banyak acara, seperti Jakarta Sneaker Day, Jakcloth, dan Indonesia Local Select yang menampilkan sneakers lokal. Desain sneakers lokal juga makin bervariasi dan tidak kalah dengan produk luar negeri. Hal-hal tersebut cukup menjadi alasan naiknya popularitas sneakers lokal.

Tabel perbandingan produk sneakers lokal terbaik

Gambar produk
1
Ventela Ethnic Series Low 1

Ventela

2
Geoff Max  Authentic 1

Geoff Max

3
Brodo Corte White WS 1

Brodo

4
Compass Gazelle Hi Matcha 1

Compass

5
Kodachi OG France Unisex Original Stripe 1

Kodachi

6
Prabu Cipta 1

Prabu

7
Piero Wnr Evo 1

Piero

8
Wakai Gyou 1

Wakai

9
NAH Project Yoga Flexknit V2.0 1

NAH Project

10
League Kumo 1.5 Mid Men 1

League

Nama produk

Ethnic Series Low

Authentic

Corte White WS

Gazelle Hi Matcha

OG France Unisex Original Stripe

Cipta

Wnr Evo

Gyou

Yoga Flexknit V2.0

Kumo 1.5 Mid Men

Keunggulan

Insole nyaman, kaki bebas pegal seharian!

Ringan dan nyaman untuk dipakai bermain skateboard

Tampil lebih stylish dan sleek dengan desain all white

Tampil segar dengan sneakers klasik warna matcha

Modelnya simpel dan harganya terjangkau

Dijamin awet dan tidak mudah rusak

Makin gaya dengan sneakers berdesain modern dan stylish

Cara pakainya praktis dan nyaman dikenakan

Teknologi FlexKnit membuat sneakers lebih lentur

Cukup tangguh untuk diajak hiking!

Harga mulai dariRp 135.000,00Rp 225.000,00Rp 287.000,00Rp 468.000,00Rp 120.000,00Rp 649.000,00Rp 549.800,00Rp 729.000,00Rp 415.000,00Rp 799.000,00
MaterialUpper: 12 oz canvas ・ Outsole: Rubber ・ Insole: EVA foamUpper: Canvas 12 Oz ・ Outsole: Rubber ・ Insole: Jersey foamUpper: Faux leather ・ Outsole: Rubber ・ Insole: Terry EVAUpper: Twill ・ Outsole: Cream vintage rubber ・ Insole: Tidak ada keteranganUpper: Kanvas ・ Outsole: Karet ・ Insole: Tidak ada keteranganUpper: Genuine cowhide leather dan genuine suede leather ・ Outsole: Signature Prabu rubber cupsole ・ Insole: Anatomic pre-Moulded PU insoleTidak ada keteranganKnitUpper: NAH Project FlexKnit Technology v2.0 ・ Outsole: TPR + Phylon ・ Insole: Autofoam Performance Upper: Mesh dan spandex polyester lace ・ Outsole: Carbon dan solid rubber ・ Insole: Injected EVA
Ukuran36–4538–4636–4536–4537–4539–4439–4536–45 36–4638–46
Pilihan warnaBlack/white, black/natural, all blackMaroon gum, navy white, black white, maroon white, black gum, navy gumPutihWhite, bluePutihBrown black, black, white, suede tan, suede navy, suede blackNavy, grey, blackNautical blue, battle blue, purist blue, cantaloupe, neo mint, mellow yellow, dll Triple white, oreo grey, carbon blackHitam, merah
DesainLow cutLow cutLow cutHigh cutLow cutLow cutLow cutLow cutLow cutHigh cut
Tautan produk

Cara memilih sneakers lokal

Berikut ini adalah beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sneakers lokal. Agar tidak salah pilih, jadikan poin-poin berikut sebagai referensi, ya!

Ketahui beberapa merek sneakers lokal yang terkenal

Ada berbagai merek sneakers lokal yang kini beredar di pasaran, sebut saja Ventela, Compass, Geoff Max, Brodo, NAH Project, dan yang lainnya. Kali ini, kami akan membahas empat merek di antaranya agar Anda mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kualitas sneakers lokal. Yuk, simak penjelasannya!

Compass, produk lokal asal Bandung dengan desain yang apik

Pada perhelatan akbar Asian Games 2018, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan sneakers Compass. Banyak orang yang memburu sneakers asal Bandung ini karena harganya yang terjangkau dan desainnya yang apik. Popularitasnya makin menanjak setelah hadir di acara Urban Sneaker Society tahun 2019. Harganya yang berkisar antara 200 hingga 300 ribu rupiah membuatnya diminati berbagai kalangan.


Meskipun harganya terbilang ekonomis, produk ini tidak mengesampingkan kualitas. Upper berbahan canvas atau twill berpadu dengan desain simpel menjadi ciri khas sneakers ini. Salah satu produk terkenalnya adalah seri Gazelle model hi-top. Jika Anda tertarik membelinya, jangan terlalu lama berpikir karena setiap seri sepatu Compass diproduksi terbatas.

NAH Project, pelopor sneakers lokal berbahan knit

Jika Adidas punya teknologi upper berbahan rajutan nilon (knit) yang disebut PrimeKnit, NAH Project memiliki FlexKnit. Di Indonesia, NAH Project menjadi pelopor sepatu dengan upper berbahan knit yang dinilai cocok dengan iklim tropis Indonesia. Sepatu dari NAH Project bahkan pernah dibeli oleh presiden Indonesia, Pak Jokowi, lho!


Menariknya, NAH Project juga mengusung transparency pricing kepada para pembelinya. Strategi ini membuat masyarakat lebih percaya saat membeli produk ini. Mereka jadi tahu bahwa harga yang ditetapkan oleh NAH Project tidak dinaikkan terlalu tinggi dari harga bahan bakunya.

Geoff Max, sepatu yang kental dengan image band punk rock dan dunia skateboarding

Ready to kick! Itulah tagline yang diusung Geoff Max untuk menyampaikan pesan bahwa sneakers-nya siap bersaing, baik dengan merek lokal maupun internasional. Brand yang didirikan oleh Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada tahun 2012 ini masih eksis hingga sekarang. Popularitasnya bahkan makin meningkat. Geoff Max juga pernah berkolaborasi dengan merek streetwear yang sedang naik daun, yakni Thanksinsomnia.


Produk-produk sneakers dari Geoff Max sudah menggunakan bahan yang berkualitas, seperti semikulit, suede, atau kanvas. Sejak berdiri, Geoff Max pernah mensponsori beberapa musisi lokal ternama seperti Bobby SID dan Asking Alexandria. Tak hanya musisi punk rock, Geoff Max juga dekat dengan komunitas skateboarding lokal.


Dengan kualitas sneakers yang terpercaya, Geoff Max ingin mengajak masyarakat membeli produk lokal daripada memilih produk imitasi dari sneakers luar negeri. Sejak awal berdiri, Geoff Max tetap mempertahankan desain old school di setiap serinya. Kini, Geoff Max juga melebarkan sayap ke produk sneakers wanita. Salah satu produknya yang terkenal adalah seri Authentic Navy Gum.

Ventela, desain sepatunya keren dan harganya terjangkau

Satu lagi produk lokal asal Bandung yang tak kalah terkenal, yaitu Ventela. Produk ini memiliki desain sepatu yang keren dan kekinian. Tak hanya itu, harga sneakers-nya juga terjangkau, berkisar 100 ribu hingga 400 ribu rupiah. Bila Anda ingin mencari sepatu sneakers dengan desain terkini, cobalah tengok koleksi dari Ventela. 


Meski begitu, Ventela hanya menjual produknya lewat reseller. Mereka tidak menjual produknya secara resmi di website ataupun jaringan media sosial lainnya. Maka dari itu, Anda bebas memilih reseller dengan harga termurah dan paling dekat dengan wilayah tempat tinggal Anda. 

Pilih desain dan model sneakers yang Anda sukai

Desain sneakers lokal tidak kalah kerennya dengan sepatu merek ternama dari luar negeri. Beberapa merek sneakers bahkan memiliki desain yang terinspirasi dari sepatu luar negeri. Jika Anda ingin menggunakannya sebagai sepatu harian, pilihlah produk yang tampilannya lebih kasual. Di sisi lain, untuk keperluan olahraga, pilihlah sneakers yang kokoh dan memiliki desain sporty.


Anda juga sebaiknya mempertimbangkan sepatu model high cut atau low cut. Potongan high cut lebih melindungi mata kaki Anda sehingga lebih aman untuk aktivitas yang memerlukan banyak gerakan. Sepatu high cut seperti ini cocok dipadukan dengan celana slim fit atau skinny jeans


Sementara untuk tampil lebih santai, pilihlah sepatu model low cut. Anda bisa memadukannya dengan lebih banyak variasi celana. Selain kedua model tersebut, Anda juga bisa memilih model slip on yang praktis. Jika Anda tipe orang yang tidak mau repot, sepatu slip on sangat pas untuk dimiliki. 

Ketahui material sneakers yang digunakan

Material sneakers menentukan kenyamanan Anda saat memakainya. Usahakan untuk memilih sepatu dengan bahan yang nyaman saat dipakai dalam jangka waktu lama, tidak membuat kaki lecet, dan awet. Perhatikan juga jahitan atau lem perekat yang digunakan pada sneakers karena hal ini akan memengaruhi daya tahannya. Berikut ini beberapa bahan yang banyak dipakai oleh sneakers-sneakers di Indonesia.


  • Kanvas

Banyak sneakers lokal Indonesia memakai bahan kanvas untuk sepatu mereka. Bahan ini ringan dan berdaya tahan kuat. Selain itu, kanvas juga mudah dicuci dan dirawat. Untuk tampilan kasual yang maksimal, sneakers berbahan kanvas memang paling juara. 


  • Knit

Bila ingin mencari sneakers dengan tingkat breathability paling baik, Anda bisa mencari sneakers berbahan knit. Bahan yang satu ini menawarkan kenyamanan maksimal. Tak hanya breathable, knit juga sangat elastis dan fleksibel. Bahannya melekat dan mengikuti kontur kaki Anda. 


  • Kulit 

Dibandingkan dua bahan yang telah disebutkan di atas, bahan kulit terlihat lebih elegan dan eksklusif. Jika Anda ingin pergi ke acara penting, sneakers berbahan kulit bisa dijadikan pilihan. Meski tampilan sporty, Anda akan tetap terlihat rapi dan sopan. Ada dua jenis kulit yang biasa dijadikan bahan sneakers, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. 

Pilih ukuran yang nyaman di kaki Anda

Pilih ukuran yang nyaman di kaki Anda

Jika Anda datang langsung ke toko, cobalah sneakers dengan ukuran yang biasa Anda pakai dan satu nomor di atasnya. Hal ini akan sangat membantu Anda memilih ukuran yang paling nyaman karena tiap merek memiliki size chart yang berbeda. Jangan lupa untuk memakai kaus kaki saat mencobanya agar lebih akurat.


Selain itu, usahakan untuk datang ke toko pada sore hari saat ukuran kaki Anda sudah memuai secara maksimal. Untuk pembelian secara online, pastikan Anda menanyakan ukuran sebenarnya dari sepatu tersebut agar tidak salah beli.

10 Rekomendasi sneakers lokal terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sneakers lokal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

LeagueKumo 1.5 Mid Men

107067070N

Mulai dari Rp 799.000,00

MaterialUpper: Mesh dan spandex polyester lace ・ Outsole: Carbon dan solid rubber ・ Insole: Injected EVA
Ukuran38–46
Pilihan warnaHitam, merah
DesainHigh cut
9
MaterialUpper: NAH Project FlexKnit Technology v2.0 ・ Outsole: TPR + Phylon ・ Insole: Autofoam Performance
Ukuran36–46
Pilihan warnaTriple white, oreo grey, carbon black
DesainLow cut
8
MaterialKnit
Ukuran36–45
Pilihan warnaNautical blue, battle blue, purist blue, cantaloupe, neo mint, mellow yellow, dll
DesainLow cut
7
MaterialTidak ada keterangan
Ukuran39–45
Pilihan warnaNavy, grey, black
DesainLow cut
6
MaterialUpper: Genuine cowhide leather dan genuine suede leather ・ Outsole: Signature Prabu rubber cupsole ・ Insole: Anatomic pre-Moulded PU insole
Ukuran39–44
Pilihan warnaBrown black, black, white, suede tan, suede navy, suede black
DesainLow cut
5

KodachiOG France Unisex Original Stripe

8111

Mulai dari Rp 120.000,00

MaterialUpper: Kanvas ・ Outsole: Karet ・ Insole: Tidak ada keterangan
Ukuran37–45
Pilihan warnaPutih
DesainLow cut
4
MaterialUpper: Twill ・ Outsole: Cream vintage rubber ・ Insole: Tidak ada keterangan
Ukuran36–45
Pilihan warnaWhite, blue
DesainHigh cut
3
MaterialUpper: Faux leather ・ Outsole: Rubber ・ Insole: Terry EVA
Ukuran36–45
Pilihan warnaPutih
DesainLow cut
2
MaterialUpper: Canvas 12 Oz ・ Outsole: Rubber ・ Insole: Jersey foam
Ukuran38–46
Pilihan warnaMaroon gum, navy white, black white, maroon white, black gum, navy gum
DesainLow cut
1
MaterialUpper: 12 oz canvas ・ Outsole: Rubber ・ Insole: EVA foam
Ukuran36–45
Pilihan warnaBlack/white, black/natural, all black
DesainLow cut

Baca juga rekomendasi sneakers lainnya di sini

Selain sneakers lokal, ada banyak produk sepatu lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Kami sudah pernah membahas berbagai jenis sneakers, termasuk produk keluaran merek ternama. Klik tautan di bawah ini jika Anda ingin mencari referensi lebih lanjut.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah Anda sudah mendapat gambaran mengenai sneakers lokal yang ada di pasar Indonesia? Jangan ragu untuk membeli sneakers lokal karena kualitasnya makin baik dari hari ke hari.


Harganya yang terjangkau juga memungkinkan Anda membeli lebih dari sepasang sepatu. Semoga dengan meningkatnya antusiasme masyarakat dalam memakai produk dalam negeri, kualitas sneakers lokal makin bisa bersaing dengan produk luar.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Sneakers Pria Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2022)
    Sneakers sudah menjadi bagian dari gaya berpakaian sehari-hari karena kenyamanannya di kaki. Dahulu, sneakers mungkin identik dengan harga yang tinggi. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak brand yang menghadirkan sneakers dengan harga terjangkau dan berkualitas.Agar tidak salah pilih, simak artikel ini untuk mengetahui tips memilih sneakers terbaik dengan harga yang terjangkau. Temukan juga berbagai rekomendasi merek sneakers yang bagus untuk pria, seperti NAH Project, Reebok, dan Bata. Ikuti terus pembahasannya dan tentukan sneakers favorit Anda di sini!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Sepatu pantofel adalah jenis sepatu bermodel formal sehingga cocok digunakan saat menghadiri acara resmi. Perkembangan sepatu pantofel pria makin berkembang. Desainnya makin trendi serta pilihan warnanya beragam. Beberapa sepatu pantofel pria bahkan dilengkapi keunggulan tambahan, contohnya antiselip. Hal tersebut mungkin membuat Anda dilema dalam menentukan pilihan. Karena itu, kami akan membagikan poin-poin tentang cara memilih sepatu pantofel terbaik untuk pria. Selain itu, kami pun akan merekomendasikan sepatu pantofel yang bagus dari merek houseofcuff, Keeve, dan lainnya. Jadi, simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Sepatu pria
  • 10 Merk Sepatu Slip On Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Slip On Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu model sepatu pria yang populer adalah slip on. Sepatu ini memungkinkan para pemakainya untuk menggunakan dan melepaskannya tanpa perlu berjongkok atau menggunakan tangan. Sepatu slip on pria yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam. Ada sepatu yang terlihat casual dan formal. Sepatu manakah yang sebaiknya dipilih?Untuk membantu Anda menentukan pilihan, kami akan memberikan tips memilih sepatu slip on terbaik untuk pria. Kami juga akan memberikan rekomendasi sepatu slip on pria yang bagus, seperti Vans dan Skecher. Merek lokal, seperti Redknot serta Wakai, pun ada. Yuk, baca artikelnya!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sepatu Boots Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Boots Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Soal pemilihan alas kaki, sepatu boots umumnya ada di deretan paling atas dalam daftar pilihan pria. Selain dianggap praktis dan nyaman, sepatu boots pria juga cenderung versatile serta trendi. Banyak sepatu boots pria yang bisa dipakai kerja sekaligus nongkrong, bahkan dapat disesuaikan dengan aneka tampilan.Di pasaran, tersedia beragam merk sepatu boots pria yang bagus, seperti Brodo, Timberland, serta Red Wing. Supaya Anda bisa menemukan produk terbaik untuk melengkapi penampilan Anda, pertimbangkan tips memilih berikut ini. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai akhir karena kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya.
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sandal Pria Terbaik yang Modis (Terbaru Tahun 2022)
    Tak hanya wanita, pria pun ingin tampil modis dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Salah satu penunjangnya adalah sandal yang modis. Namun, berbagai macam sandal modis pria yang dijual di berbagai gerai online mungkin membuat Anda bingung saat memilih.Untuk itu, kami akan membagikan beberapa tips memilih sandal pria yang bagus dan tentunya modis. Tak lupa, kami juga akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Berbagai merek, seperti Crocs, Fipper, Eiger, dan lainnya dengan beragam bahan yang nyaman pun akan kami ulas. Simak terus, ya!
    Sepatu pria
  • 10 Rekomendasi Sneakers Putih Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sneakers Putih Pria Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria masa kini adalah sneakers putih. Modelnya yang selalu inovatif membuat pesona dari sneakers putih tak pernah surut. Apalagi, sneakers putih juga mudah dipadukan dengan berbagai busana dan membuat gaya jadi modis sekaligus kekinian. Agar tak bingung dengan banyaknya pilihan yang ada, kami akan memberikan tips memilih dan rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Mulai dari merek ternama, seperti Converse, Vans, Nike, dan adidas hingga merek sepatu lokal seperti Ventela dan Compass tersedia. Daripada penasaran, langsung dibaca, yuk!
    Sepatu pria
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori