mybest
Sepatu merek lokal

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Fashion pria
  3. Sepatu pria
  4. 10 Rekomendasi Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lokal  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lokal  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lokal  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lokal  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lokal  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Gerakan menggunakan sepatu lokal makin gencar terdengar belakangan ini. Banyak orang mulai percaya diri memakai sepatu brand lokal, seperti sneakers merek Ventela, Compass, Aerostreet, atau PATROBAS. Ditambah lagi, komunitas pencinta sepatu merek lokal gencar menggaungkan hashtag #LocalPrideIndonesia sehingga membuat banyak orang makin tertarik. 


Pada beberapa kesempatan launching produk sepatu lokal dipadati orang-orang yang mengantre untuk membeli. Ini memperlihatkan betapa besarnya antusiasme publik terhadap brand lokal. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tips memilih merek sepatu lokal yang bagus serta merekomendasikan sepatu lokal terbaik untuk pria. Yuk, ikuti terus!

Diperbaharui 05/02/2024
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih Sepatu Lokal

Ada beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sepatu lokal. Aar tidak salah pilih, jadikanlah kriteria-kriteria tersebut sebagai referensi, ya!

1

Ketahui merek sepatu lokal buatan Indonesia yang populer: Ventela dan Compass asal Bandung, Aerostreet asal Klaten, dan PATROBAS asal Semarang

Ketahui merek sepatu lokal buatan Indonesia yang populer: Ventela dan Compass asal Bandung, Aerostreet asal Klaten, dan PATROBAS asal Semarang
Sumber: ventela.com

Saat ini, sudah banyak brand sepatu lokal yang terkenal. Anda mungkin sudah tidak asing mendengar namanya atau bahkan pernah memakainya. Berikut ini beberapa brand sepatu lokal yang bagus beserta kota asalnya.


  • Ventela, NAH Project, Geoff Max, dan Compass asal Bandung

Bandung memang sudah dikenal sebagai kota fashion di Indonesia. Berbagai brand fashion lokal telah lahir di kota ini termasuk juga brand sepatu. Anda pasti sudah cukup familier dengan Ventela. Brand sepatu milik William Ventela ini sempat viral dan ramai dibicarakan beberapa tahun lalu. 


Selain itu juga ada brand Nah Project, Geoff Max, dan Compass yang juga dari Bandung dan tidak kalah moncer. Penjualannya jadi salah satu yang paling tinggi di marketplace. Selain karena harganya yang ekonomis, kualitasnya pun tidak kalah dengan brand impor. Sepatu dari NAH Project bahkan pernah dibeli oleh presiden Indonesia, lho!


  • Aerostreet asal Klaten

Mendengar namanya, siapa sangka bila brand ini berasal dari Klaten, Jawa Tengah. Merek sepatu lokal ini sudah memproduksi banyak sepatu dengan beragam seri sejak tahun 2015. Bahkan, Aerostreet juga pernah berkolaborasi dengan brand terkenal, seperti Swallow, Sunpride, Boncabe, dan lainnya untuk memproduksi sepatu seri khusus


Uniknya, harga jual sepatu Aerostreet sangat terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan. Soal kualitas, tentu produk Aerostreet berani bersaing, apalagi pemasarannya saat ini sudah tembus ke pasar internasional seperti Singapura dan Malaysia.


  • PATROBAS asal Semarang

PATROBAS juga jadi salah satu merek sepatu lokal yang menyita perhatian publik. Brand asal Semarang ini pernah mencetak rekor dengan penjualan 200 pasang sepatu hanya dalam empat menit di Tokopedia. Hal itu menjadi catatan yang positif sebab penjualannya sendiri terjadi di tengah pandemi. Salah satu bukti bahwa brand lokal ini cukup diminati oleh masyarakat. 

2

Agar nyaman dan pas dipakai sehari-hari, cari yang bermodel slip-on atau sneakers

Agar nyaman dan pas dipakai sehari-hari, cari yang bermodel slip-on atau sneakers
Sumber: patrobas.id

Apabila Anda mencari sepatu yang lebih universal atau cocok dipakai untuk berbagai kegiatan, tipe casual shoes layak dipertimbangkan. Modelnya pun sangat beragam, sepearti model slip-on atau sneakers dengan jenis high cut dan low cut.


Anda dapat memakai sepatu kasual tipe ini untuk hang out, traveling, kuliah, bahkan berkencan. Anda tertarik untuk mengoleksi sepatu lokal tipe kasual? PATROBAS Cloud Slip On, Aerostreet Riku, dan Ventela Ethnic Series Low adalah beberapa contoh sneakers yang bagus.

3

Jika Anda ingin memakainya saat berolahraga, pilih sepatu lokal model running

Sport shoes atau sepatu olahraga umumnya mengutamakan kenyamanan kaki dengan desain yang sporty. Hal tersebut dimaksudkan supaya kaki dapat terhindar dari jamur akibat keringat. Tak heran banyak brand lokal yang merancang sepatu olahraga dengan bahan yang breathable.


Selain itu, sepatu olahraga juga memiliki bobot yang ringan sehingga membuat kaki dapat bergerak dengan leluasa. NAH Project Flexknit V3.0, Kodachi8111 Retro, Brodo Active Sprint, merupakan sepatu lokal tipe sport yang dapat dipilih.

4

Untuk dipakai ke kampus atau kantor, utamakan sepatu formal yang bermodel pantofel, oxford, atau derby

Untuk dipakai ke kampus atau kantor, utamakan sepatu formal yang bermodel pantofel, oxford, atau derby

Apabila Anda sering menghadiri pertemuan bisnis atau pekerja kantoran, tentu sepatu tipe ini paling pas untuk dipilih. Jenis dari formal shoes pun cukup beragam, seperti pantofel, oxford, derby, loafers, dan monk strap.


Rata-rata formal shoes dibuat dari bahan kulit dengan tampilan yang mengilap sehingga memancarkan kesan lebih profesional. Sepatu lokal dengan tipe formal yang dapat Anda pertimbangkan, yakni BUCCHERI Hasani.

5

Canvas, knit, atau kulit? Pilih sepatu lokal bahan canvas jika ingin yang ringan dan mudah dicuci

Canvas, knit, atau kulit? Pilih sepatu lokal bahan canvas jika ingin yang ringan dan mudah dicuci
Sumber: ventela.com

Material sepatu menentukan kenyamanan Anda saat memakainya. Jadi, usahakanlah untuk memilih sepatu dengan bahan yang nyaman saat dipakai dalam jangka waktu lama. Selain itu, pastikan sepatunya tidak membuat kaki Anda lecet.


Perhatikan juga jahitan atau lem perekat yang digunakan pada sepatu karena hal ini akan memengaruhi daya tahannya. Berikut ini beberapa bahan yang banyak dipakai oleh sepatu-sepatu di Indonesia.


  • Canvas

Banyak sepatu lokal Indonesia memakai bahan canvas untuk sepatu mereka. Bahan ini ringan dan berdaya tahan kuat. Selain itu, kanvas juga mudah dicuci dan dirawat. Untuk tampilan kasual yang maksimal, sepatu berbahan canvas memang paling juara.


  • Knit

Apabila ingin mencari sepatu dengan tingkat breathability paling baik, Anda bisa mencari sepatu berbahan knit. Bahan yang satu ini menawarkan kenyamanan maksimal. Tak hanya breathable, knit juga sangat elastis dan fleksibel. Bahannya melekat dan mengikuti kontur kaki Anda.


  • Kulit

Dibandingkan dua bahan yang telah disebutkan di atas, bahan kulit terlihat lebih elegan dan eksklusif. Jika Anda ingin pergi ke acara penting, sepatu berbahan kulit bisa dijadikan pilihan. Ada dua jenis kulit yang biasa dijadikan bahan sepatu, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sepatu Lokal Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sepatu Lokal terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 05 Februari 2024).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Model
Bahan sepatu
Bahan sol sepatu
Bahan insole
Pilihan ukuran
Cutting
Pilihan warna
1

Aerostreet

Osaka

Aerostreet  Osaka 1

Rp299.800

Menengah

Tak mudah jebol meski sering kehujanan atau dicuci

Sneakers

Kanvas, mesh, kulit sintetis

Tidak diketahui

Tidak diketahui

37-44

Low

Krem/Biru/Hitam, Krem/Merah/Navy, All Black, Putih/Abu Merah, dll.

2

Ventela

Ethnic Series Low

Ventela Ethnic Series Low 1

Rp209.800

Agak Murah

Insole nyaman, kaki bebas pegal seharian!

Sneakers

Canvas

Rubber

EVA foam

36-45

Low

Black/Natural, Black/White, All Black

3

BRODO

Active Sprint

BRODO Active Sprint 1

Rp385.000

Agak Mahal

Temani Anda berolahraga di sela kesibukan

Sporty

Mesh

Athleisure phylon

Cupped EVA

36-45

Low

Navy WS, Full Black, Black WS, Navy WS, All White

4

Kodachi

8111

Kodachi 8111 1

Rp179.800

Lebih Murah

Model simpel dengan gaya retro yang timeless

Sporty

Canvas

Rubber

Tidak diketahui

37–45

Low

Rainbow R2, Putih Monaco, Rainbow Italy, All Black, dll

5

Geoff Max

Ethan

Geoff Max  Ethan 1

Rp345.000

Menengah

Bergaya kasual dengan desain yang minimalis

Sneakers

Canvas

Rubber

Jersey Foam

38-44

Low

Green, Yellow, Black White, Maroon White, dll.

6

Compass

Gazelle Low

Compass Gazelle Low 1

Rp408.000

Agak Mahal

Dengan sentuhan vintage yang menjadikan makin stylish

Sneakers

Canvas

Rubber

Tidak diketahui

35-45

Low

Black Gum Silver, Red Gum Silver, Low Bluesky Silver, dll.

7

Joemen

Sepatu Kulit Pria J 28

Joemen  Sepatu Kulit Pria  1

Rp259.000

Agak Murah

Sepatu formal ringan yang nyaman dipakai

Pantofel

Kulit sintetis

Rubber

Tidak diketahui

39-43

Low

Cokelat Muda Tan, Hitam, Cokelat Tua

8

League

Legas Flit LA

League  Legas Flit LA 1

Rp429.000

Agak Mahal

Dengan teknologi sirkulasi udara yang baik, kaki tak mudah bau

Sporty

Mesh

Rubber

EVA

36-41

Low

Milky Blue/White, Medieval Blue/White, Peach Nestar/White, Black/Black/Cool Gray, dll.

9

NAH Project

Flexknit V3.0

NAH Project  Flexknit V3.0 1

Rp435.000

Agak Mahal

Sneakers lebih lentur untuk running berkat teknologi FlexKnit

Sporty

Knit

EVA Phylon

EVA

36–46

Low

All White, Triple Black, Carbon Black

10

PATROBAS

Cloud Slip On

PATROBAS Cloud Slip On 1

Rp309.000

Menengah

Lebih praktis dipakai dan tidak membuat kaki lecet

Slip-on

Canvas

Tidak diketahui

Patrofoam tech

36–44

Low

Black White, Beige, Olive, White, dll.

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Aerostreet Osaka

Osaka 1
Sumber: shopee.co.id
Osaka 2
Sumber: shopee.co.id
Osaka 3
Sumber: shopee.co.id
Osaka 4
Sumber: shopee.co.id
Osaka 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp299.800
Menengah
Harga referensi
Rp299.800
Menengah

Tak mudah jebol meski sering kehujanan atau dicuci

Aerostreet merilis sneakers dengan teknologi Shoes Injection Mould pada bagian solnya. Pembuatan sol dilakukan dengan mencairkan rubber menggunakan tekanan tinggi sehingga bisa menyatu dengan sepatu secara sempurna tanpa proses pengeleman. Hal ini menjadikan sepatu tidak mudah jebol meski kehujanan atau sering dicuci.

Bagi Anda yang gemar beraktivitas di luar ruangan, sneakers merek lokal ini bisa menjadi pilihan. Terlebih lagi, desainnya yang menarik akan mendukung Anda tampil percaya diri. Meski demikian, Anda tetap tidak terlihat norak karena pilihan warna sepatu ini cenderung kalem.
ModelSneakers
Bahan sepatuKanvas, mesh, kulit sintetis
Bahan sol sepatuTidak diketahui
Bahan insoleTidak diketahui
Pilihan ukuran37-44
CuttingLow
Pilihan warnaKrem/Biru/Hitam, Krem/Merah/Navy, All Black, Putih/Abu Merah, dll.
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

VentelaEthnic Series Low

Harga referensi
Rp209.800
Agak Murah

Insole nyaman, kaki bebas pegal seharian!

Ventela Ethnic tipe low cut ini memiliki performa yang memuaskan. Dengan EVA foam di bagian insole-nya, kaki Anda tidak mudah pegal meskipun mengenakan sepatu ini seharian. Stiching atau jahitan sepatu juga rapi dan kuat sehingga tidak mudah lepas.


Potongannya mirip dengan sepatu merek Converse yang sudah digemari anak muda sejak dahulu. Sepatu keren satu ini cocok Anda jadikan sebagai daily wear untuk kuliah atau ke sekolah. Anda bisa memadukannya juga dengan celana denim saat hendak hang out.

ModelSneakers
Bahan sepatuCanvas
Bahan sol sepatuRubber
Bahan insoleEVA foam
Pilihan ukuran36-45
CuttingLow
Pilihan warnaBlack/Natural, Black/White, All Black
View all
No.3

BRODOActive Sprint

Active Sprint 1
Sumber: bro.do
Active Sprint 2
Sumber: bro.do
Active Sprint 3
Sumber: bro.do
Active Sprint 4
Sumber: bro.do
Active Sprint 5
Sumber: bro.do
Harga referensi
Rp385.000
Agak Mahal

Temani Anda berolahraga di sela kesibukan

Anda gemar berolahraga di sela kesibukan? Sepatu Active Sprint dari BRODO ini layak Anda pilih sebagai alternatif sepatu olahraga. Sepatu berdesain sporty dan fungsional ini dibuat khusus untuk mendukung semua kegiatan olahraga pemakainya. 


Keunikan sepatu ini terdapat pada bagian solnya yang melebar. Sol ini diciptakan untuk Anda yang aktif bergerak. Anda pun akan makin bersemangat untuk terus berolahraga. Dengan mengenakan sepatu ini, Anda bisa bergerak dengan lebih lincah ke sana kemari.

ModelSporty
Bahan sepatuMesh
Bahan sol sepatuAthleisure phylon
Bahan insoleCupped EVA
Pilihan ukuran36-45
CuttingLow
Pilihan warnaNavy WS, Full Black, Black WS, Navy WS, All White
View all
No.4

Kodachi8111

Harga referensi
Rp179.800
Lebih Murah

Model simpel dengan gaya retro yang timeless

Desain simpel sneakers Kodachi 8111 mendukung Anda untuk tampil dengan gaya retro. Desain tiga garis di bagian samping akan menunjang penampilan Anda. Anda bisa mengenakan sepatu ini untuk jalan-jalan dengan dipadukan celana jogger.


Sepatu ini juga cocok dipakai jika Anda ingin bermain bulu tangkis, voli, takraw, atau parkur. Hal ini karena sepatunya didesain dengan sol full karet. Anda bisa bergerak bebas tanpa takut terpeleset.

ModelSporty
Bahan sepatuCanvas
Bahan sol sepatuRubber
Bahan insoleTidak diketahui
Pilihan ukuran37–45
CuttingLow
Pilihan warnaRainbow R2, Putih Monaco, Rainbow Italy, All Black, dll
View all
No.5

Geoff Max Ethan

Harga referensi
Rp345.000
Menengah

Bergaya kasual dengan desain yang minimalis

Gaya hidup minimalis kini sedang digandrungi. Hal ini juga turut memengaruhi tren pemilihan sepatu. Nah, sneakers dari Geoff Max ini turut hadir untuk Anda yang ingin menonjolkan kesan minimalis. Tanpa banyak aksen, sepatu ini tetap tampak keren dan trendi dipadukan dengan outfit kekinian Anda. Sneakers Ethan ini juga cocok Anda padankan dengan celana dan atasan berwarna terang.
ModelSneakers
Bahan sepatuCanvas
Bahan sol sepatuRubber
Bahan insoleJersey Foam
Pilihan ukuran38-44
CuttingLow
Pilihan warnaGreen, Yellow, Black White, Maroon White, dll.
View all
Harga referensi
Rp408.000
Agak Mahal

Dengan sentuhan vintage yang menjadikan makin stylish

Tampil stylish tentu menjadi idaman setiap orang. Jika Anda termasuk salah satunya, kenakan sneakers Gazelle Low dari Compass. Sepatu dari brand lokal ini didesain dengan sentuhan vintage yang menjadikan tampilan Anda makin stylish. Meski demikian, ada juga sisipan detail modern yang menunjukkan relevansi dengan zaman. Karena itu, sepatu sneakers ini cocok digunakan untuk berbagai usia. 

ModelSneakers
Bahan sepatuCanvas
Bahan sol sepatuRubber
Bahan insoleTidak diketahui
Pilihan ukuran35-45
CuttingLow
Pilihan warnaBlack Gum Silver, Red Gum Silver, Low Bluesky Silver, dll.
View all
No.7

Joemen Sepatu Kulit Pria J 28

Harga referensi
Rp259.000
Agak Murah

Sepatu formal ringan yang nyaman dipakai

Untuk acara resmi, tentu Anda akan memilih untuk mengenakan sepatu formal. Jika Anda khawatir sepatu terasa berat ketika digunakan, pilihlah sepatu slip on dari Joemen yang satu ini. Dibuat dari bahan kulit sintetis, sepatu lokal ini pun terasa ringan ketika digunakan. Sol pun terasa empuk sehingga nyaman digunakan selama acara berlangsung.

ModelPantofel
Bahan sepatuKulit sintetis
Bahan sol sepatuRubber
Bahan insoleTidak diketahui
Pilihan ukuran39-43
CuttingLow
Pilihan warnaCokelat Muda Tan, Hitam, Cokelat Tua
View all
No.8

League Legas Flit LA

Harga referensi
Rp429.000
Agak Mahal

Dengan teknologi sirkulasi udara yang baik, kaki tak mudah bau

Saat berlari, tubuh memproduksi keringat dengan lebih baik, tak terkecuali di bagian kaki. Hal ini dapat menyebabkan bau kaki yang mengganggu. Kini Anda bisa berlari bebas bau dengan sepatu running dari League. Sepatu ini dilengkapi dengan teknologi sirkulasi udara yang baik sehingga kelembapan akan terjaga.


Outsole sepatu ini dari bahan flexolite yang memberikan cengkeraman baik ke lapangan. Rasa khawatir terpeleset pun akan berkurang. Anda bisa berlari dengan aman, baik di dalam maupun di luar ruangan.
ModelSporty
Bahan sepatuMesh
Bahan sol sepatuRubber
Bahan insoleEVA
Pilihan ukuran36-41
CuttingLow
Pilihan warnaMilky Blue/White, Medieval Blue/White, Peach Nestar/White, Black/Black/Cool Gray, dll.
View all
No.9

NAH Project Flexknit V3.0

Harga referensi
Rp435.000
Agak Mahal

Sneakers lebih lentur untuk running berkat teknologi FlexKnit

Apabila Anda membutuhkan sneakers lokal untuk lari, produk dari NAH Project ini bisa menjadi pilihan. Menggunakan teknologi FlexKnit di bagian upper, sepatu ini sangat lentur dan nyaman dipakai meski banyak bergerak. Terlebih lagi, bagian outsole-nya menggunakan teknologi EVA Phylon yang empuk. Alhasil, aktivitas lari Anda pun terasa makin menyenangkan.

ModelSporty
Bahan sepatuKnit
Bahan sol sepatuEVA Phylon
Bahan insoleEVA
Pilihan ukuran36–46
CuttingLow
Pilihan warnaAll White, Triple Black, Carbon Black
View all
No.10

PATROBASCloud Slip On

Harga referensi
Rp309.000
Menengah

Lebih praktis dipakai dan tidak membuat kaki lecet

Sepatu dari PATROBAS yang satu ini memadukan konsep slip-ons dengan collar berbahan mesh. Anda pun akan merasa lebih nyaman karena collar-nya tidak akan membuat lecet saat dipakai aktif bergerak. Desain sepatunya juga dibuat simpel dengan kombinasi warna yang netral. Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan saat memakai sepatu, produk inilah jawabannya.

ModelSlip-on
Bahan sepatuCanvas
Bahan sol sepatuTidak diketahui
Bahan insolePatrofoam tech
Pilihan ukuran36–44
CuttingLow
Pilihan warnaBlack White, Beige, Olive, White, dll.
View all

5 Rekomendasi Sepatu Lokal terbaik

No. 1: Aerostreet Osaka

No. 2: VentelaEthnic Series Low

No. 3: BRODOActive Sprint

No. 4: Kodachi8111

No. 5: Geoff Max Ethan

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Fashion pria
  3. Sepatu pria
  4. 10 Rekomendasi Sepatu Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.