• 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Buku Cerita Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)

Tahukah Anda bahwa membacakan buku cerita untuk bayi memiliki banyak manfaat? Beberapa manfaatnya adalah membentuk bonding atau ikatan antara anak dan orang tua serta menstimulasi kerja otak si kecil. Terlebih lagi, membacakan cerita juga bisa dilakukan sejak bayi masih dalam kandungan. 


Bagi Anda yang sedang mencari buku cerita untuk bayi, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih buku cerita yang bagus untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaiknya dari Gramedia, Bookabook, dan Rabbit Hole. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 November 2022
Daftar isi

Manfaat membacakan buku cerita untuk bayi

Manfaat membacakan buku cerita untuk bayi

Saat ini, sudah banyak buku cerita yang dibuat khusus untuk bayi mulai dari umur 0 bulan. Umumnya, buku cerita untuk bayi didesain dengan gambar yang menarik dan penuh warna. Hal tersebut akan membantu si kecil untuk melatih fokusnya. 


Biasanya, bayi berusia 4–6 bulan akan mulai tertarik dengan buku dengan cara mengambil dan memegangnya. Selanjutnya, bayi berusia 6–12 bulan sudah mulai mampu memahami gambar, membalik halaman, dan menunjuk objek gambar di buku.


Nah, selain membangun kedekatan dengan orang tua, membacakan buku cerita untuk bayi banyak manfaatnya. Apa saja itu?

  • Mengajarkan bayi untuk berkomunikasi.
  • Melatih keterampilan untuk mendengarkan.
  • Mampu meningkatkan kemampuan bayi dalam menirukan suara, mengenali gambar, dan belajar kosakata.
  • Dapat melatih kemampuan motorik halus.
  • Meningkatkan daya ingat si kecil.
  • Mampu mengembangkan imajinasi anak.

Cara memilih buku cerita untuk bayi

Dalam memilih buku cerita untuk bayi, terdapat kriteria khusus yang perlu diperhatikan. Selain memilih produk yang sesuai dengan selera Anda, pertimbangkan juga kebutuhan si buah hati. Di bawah ini, kami akan mengulas poin-poin yang dapat dijadikan acuan sebelum membeli buku cerita untuk bayi.

Periksa jenis dan bahan bukunya

Ternyata, tidak semua buku cerita untuk bayi terbuat dari kertas biasa. Terdapat bahan lain yang digunakan sesuai usia dan pemahaman si kecil. Mau tahu lebih lanjut? Temukan penjelasannya di bawah ini!

Paper book: Ringan dan mudah dibawa ke mana saja

Paper book: Ringan dan mudah dibawa ke mana saja

Buku cerita yang terbuat dari kertas memiliki bobot ringan dengan isi yang lebih lengkap. Karena produk ini praktis dibawa ke mana saja, Anda dapat membacakan cerita untuk bayi saat traveling


Buku cerita berbahan kertas sangat ideal digunakan oleh orang tua yang baru memiliki bayi newborn. Bayi baru lahir belum dapat melihat dengan jelas sehingga Anda cukup memberikan stimulasi melalui pendengarannya. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih buku berisi cerita panjang daripada yang berisi banyak gambar.

Soft book: Aman untuk digigit dan diremas si kecil

Soft book: Aman untuk digigit dan diremas si kecil

Soft book atau yang juga disebut cloth book merupakan buku yang terbuat dari kain. Ada pula soft book yang dibuat seperti bantal sehingga disebut buku bantal. Soft book sebaiknya mulai dikenalkan pada bayi sejak usia 4 bulan saat mereka mulai aktif memegang dan menggigit.


Buku cerita ini memiliki ujung yang tumpul sehingga aman saat bayi mencoba menggigitnya. Buku cerita jenis ini tentu akan lebih awet dipakai karena tidak mudah sobek. Anda juga dapat mencuci dan mengeringkan buku ini agar selalu terjaga kebersihannya.

Bath book: Bisa membacakan cerita sambil memandikan bayi

Bath book: Bisa membacakan cerita sambil memandikan bayi

Salah satu milestone terpenting bayi ialah saat badannya sudah mampu untuk duduk sendiri. Tumbuh kembang ini terjadi pada rentang usia 4–7 bulan. Pada usia tersebut, si kecil akan makin tertarik saat Anda membacakan cerita untuknya. Nah, buku cerita jenis bath book wajib masuk ke dalam koleksi mainan buah hati Anda.


Karena bath book terbuat dari material waterproof, Anda dapat membacakan cerita kapan saja, bahkan saat mandi. Namun, setelah selesai digunakan, pastikan Anda mengelap dan mengeringkan bath book agar bersih dan bebas kuman. Sayangnya, buku cerita untuk bayi berbahan antiair ini masih jarang ditemui di pasaran Indonesia.

Board book: Melatih kemampuan sensorik dan motorik

Board book: Melatih kemampuan sensorik dan motorik

Menjelang usia 1 tahun, Anda harus rajin menstimulasi kemampuan sensorik dan motorik bayi. Dengan mengajaknya membaca buku cerita, Anda dapat melakukan hal tersebut. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan board book atau hard book. Buku ini terbuat dari papan yang cukup tebal sehingga memudahkan si kecil membolak-balik halaman.


Kemampuan sensorik, seperti pendengaran, penglihatan, dan perabanya, akan terangsang melalui cerita yang disampaikan. Begitu pula dengan kemampuan motorik yang berupa gerakan otot tangan saat bayi membuka halaman buku. Agar lebih maksimal, Anda juga dapat memilih board book yang berisi gambar pop-up, flip-flap, atau touch and feel.

Pilih berdasarkan genre cerita yang ingin disampaikan

Pilih berdasarkan genre cerita yang ingin disampaikan

Untuk mengasah pemahaman si buah hati, Anda juga perlu memilih genre cerita yang akan disampaikan. Misalnya, apabila Anda ingin ia lebih menonjol pada pengetahuan agama Islam, pilihlah genre islami, seperti kisah nabi.


Untuk cerita pengantar tidur, Anda bisa memilih cerita berjenis dongeng atau fairy tale. Untuk aktivitas harian, pilihlah cerita tentang kehidupan sehari-hari serta fabel yang banyak disukai anak-anak. Anda pun dapat menirukan suara hewan saat membacakan cerita!

Cek bahasa yang digunakan

Cek bahasa yang digunakan

Tak hanya bahasa Indonesia, buku cerita bayi juga tersedia dalam bahasa Inggris. Jika Anda ingin anak dapat menguasai bahasa internasional sejak dini, hal ini tentu harus diperhatikan. Dengan rajin membacakan cerita dan mengajaknya berbicara, bayi akan merekam dan akhirnya menirukan kata yang Anda ucapkan.


Membaca buku cerita akan menjadi kegiatan penting untuk melatih kemampuan berbahasa. Namun, pastikan kata yang Anda gunakan sederhana agar mudah dipahami si kecil. Seiring dengan tumbuh kembangnya, Anda dapat memilih buku cerita dengan bahasa yang lebih kompleks. Anda juga dapat menggunakan hand puppet atau boneka tangan agar lebih menarik dan seru.

10 Rekomendasi buku cerita terbaik untuk bayi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk buku cerita terbaik untuk bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 16 Oktober 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Ladybird Peekaboo: Ladybird Baby Touch menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Rian F. Rahman Cerita Tematik: Aku Anak Anak Jujur memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Rian F. Rahman Buku Cerita Anak Bergambar Tematik Bilingual 1

Rian F. Rahman

2
Devi Raissa Hoaam 1

Devi Raissa

3
Husna Widyani 60+ Dongeng Fabel Sepanjang Masa 1

Husna Widyani

4
Bookabook Good Night 1

Bookabook

5
Irsyad Zulfahmi   Cerita Bergambar 25 Nabi&Rasul 1

Irsyad Zulfahmi

6
Adya Tuti Seri Anak Hebat: Aku Sayang Ayahku (Boardbook) 1

Adya Tuti

7
Tim Charissa  Kumpulan Dongeng Nusantara Terpopuler Dari 34 Provinsi 1

Tim Charissa

8
Fleurus Seri Bayi Hebat : Pintar Makan 1

Fleurus

9
Priddy Books  Bedtime Baby  1

Priddy Books

10
The Walt Disney Kisah-Kisah 5 Menit Disney Klasik (5-Minute Classics Stories) 1

The Walt Disney

Nama produk

Buku Cerita Anak Bergambar Tematik Bilingual

Hoaam

60+ Dongeng Fabel Sepanjang Masa

Good Night

Cerita Bergambar 25 Nabi&Rasul

Seri Anak Hebat: Aku Sayang Ayahku (Boardbook)

Kumpulan Dongeng Nusantara Terpopuler Dari 34 Provinsi

Seri Bayi Hebat : Pintar Makan

Bedtime Baby

Kisah-Kisah 5 Menit Disney Klasik (5-Minute Classics Stories)

Keunggulan

Harganya tak bikin kantong Anda kering!

Mau digigit atau dibuat mainan, dijamin aman untuk bayi

Buku bergenre fabel, buat hari-hari Anda dan buah hati lebih berwarna

Ajak si kecil jadi tokoh utama dalam cerita

Bacakan cerita islami untuk bayi kapan saja dan di mana saja

Para ayah, bacakan cerita ini untuk putra dan putri kecil Anda!

Dongeng Nusantara untuk newborn baby

Teman si kecil saat menikmati MPASI

Belajar dan bermain dengan asyik pakai board book ini

Yuk, luangkan waktu sebentar untuk si kecil!

Harga mulai dariRp 4.000,00Rp 99.000,00Rp 98.000,00Rp 289.000,00Rp 99.000,00Rp 54.000,00Rp 115.000,00Rp 65.000,00Rp 129.900,00Rp 180.000,00
JenisPaper bookSoft bookPaper bookBoard bookPaper bookBoard bookPaper bookBoard bookBoard bookPaper book
GenreCerita sehari-hariCerita sehari-hariFabelFabelIslamiCerita sehari-hari islamiDongengCerita sehari-hariCerita sehari-hariDongeng
BahasaIndonesia dan InggrisIndonesiaIndonesiaIndonesia atau InggrisIndonesiaIndonesiaIndonesiaIndonesia InggrisIndonesia
Jumlah halamanTidak disebutkan8208Tidak disebutkan162202561610192
Target umurMulai dari newborn0 bulan sampai 3 tahunMulai dari newborn0 bulan sampai 5 tahunMulai dari newborn1 tahun ke atasMulai dari newborn6 bulan ke atas6 bulan ke atasMulai dari newborn
Tautan produk
10

The Walt DisneyKisah-Kisah 5 Menit Disney Klasik (5-Minute Classics Stories)

Mulai dari Rp 180.000,00

JenisPaper book
GenreDongeng
BahasaIndonesia
Jumlah halaman192
Target umurMulai dari newborn
9
JenisBoard book
GenreCerita sehari-hari
BahasaInggris
Jumlah halaman10
Target umur6 bulan ke atas
8
JenisBoard book
GenreCerita sehari-hari
BahasaIndonesia
Jumlah halaman16
Target umur6 bulan ke atas
7

Tim Charissa Kumpulan Dongeng Nusantara Terpopuler Dari 34 Provinsi

Mulai dari Rp 115.000,00

JenisPaper book
GenreDongeng
BahasaIndonesia
Jumlah halaman256
Target umurMulai dari newborn
6

Adya TutiSeri Anak Hebat: Aku Sayang Ayahku (Boardbook)

Mulai dari Rp 54.000,00

JenisBoard book
GenreCerita sehari-hari islami
BahasaIndonesia
Jumlah halaman20
Target umur1 tahun ke atas
5

Irsyad Zulfahmi Cerita Bergambar 25 Nabi&Rasul

Mulai dari Rp 99.000,00

JenisPaper book
GenreIslami
BahasaIndonesia
Jumlah halaman162
Target umurMulai dari newborn
4
JenisBoard book
GenreFabel
BahasaIndonesia atau Inggris
Jumlah halamanTidak disebutkan
Target umur0 bulan sampai 5 tahun
3

Husna Widyani60+ Dongeng Fabel Sepanjang Masa

Mulai dari Rp 98.000,00

JenisPaper book
GenreFabel
BahasaIndonesia
Jumlah halaman208
Target umurMulai dari newborn
2
JenisSoft book
GenreCerita sehari-hari
BahasaIndonesia
Jumlah halaman8
Target umur0 bulan sampai 3 tahun
1

Rian F. RahmanBuku Cerita Anak Bergambar Tematik Bilingual

Mulai dari Rp 4.000,00

JenisPaper book
GenreCerita sehari-hari
BahasaIndonesia dan Inggris
Jumlah halamanTidak disebutkan
Target umurMulai dari newborn

Baca juga rekomendasi buku cerita untuk anak lainnya di sini

Selain buku cerita untuk bayi, kami juga telah menuliskan rekomendasi buku cerita anak lainnya di bawah ini. Ada buku cerita bahasa Inggris untuk balita, buku dongeng, dan buku dongeng terjemahan. Simak informasi selengkapnya dengan mengeklik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Semoga rekomendasi dari kami dapat bermanfaat untuk Anda dan si kecil, ya. Ingatlah bahwa membacakan cerita dapat memperkuat ikatan antara orang tua dan anak sejak masih bayi.


Supaya lebih menarik, Anda dapat memilih buku cerita berjenis soft book ataupun board book. Pilih juga genre cerita yang sesuai dengan selera Anda. Selamat menikmati momen berharga bersama kesayangan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Empeng Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi banyak orang tua, empeng atau pacifier (soother) merupakan penyelamat saat bayi rewel. Selain dipakai untuk menenangkan bayi, empeng juga membantu mencegah buah hati agar tidak mengisap jarinya sendiri. Ada banyak produk empeng bayi yang bagus di pasaran. Empeng seperti apa yang sebaiknya dibeli?Pada artikel ini, kami akan membeberkan cara memilih empeng bayi yang bagus. Produk dari berbagai merek, seperti Pigeon, Dodo, hingga Dr. Brown’s, juga akan kami review di sini. Mari simak artikel ini agar Anda tak salah membeli empeng untuk bayi!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Playmat Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Playmat Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu perlengkapan bayi yang perlu Anda pertimbangkan untuk dibeli adalah playmat bayi. Playmat bisa berfungsi sebagai alas main anak atau kebutuhan lainnya. Produk ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu playmat bayi lipat, playmat bayi pagar, dan karpet. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan playmat bayi terbaik dengan membagikan tips memilihnya. Anda juga akan menemukan berbagai merek playmat yang bagus, seperti Parklon, Coby Haus, atau IKEA. Tak hanya itu, artikel ini juga sudah ditinjau oleh bidan kami, Destry Permata Sari, STr. Keb. Yuk, baca selengkapnya!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Chair Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para orang tua yang mempunyai anak kecil di rumah, Anda mungkin sepakat bahwa baby chair mempunyai peranan penting. Dengan adanya baby chair, Anda bisa lebih mudah menyuapi si kecil sewaktu makan. Terdapat banyak jenis baby chair yang ada di pasaran. Namun, sebenarnya baby chair seperti apa yang cocok untuk si kecil?Jika Anda bingung, bacalah artikel ini karena kami akan membagikan tips memilih baby chair yang bagus. Produk-produk dari berbagai merek, seperti Summer Infant, IKEA, dan Pliko akan kami ulas sebagai referensi Anda memilih. Selamat membaca!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Pasir Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Praktisi Terapi Bermain (Terbaru Tahun 2022)
    Screen time pada anak menjadi tantangan orang tua masa kini. Untuk mengatasinya Anda membutuhkan mainan yang menghibur sekaligus menstimulasi motorik anak seperti mainan pasir. Dengan memberikan mainan pasir, kreativitas anak akan terasah, kemampuan motorik serta sensorinya pun terstimulasi.Kali ini kami akan mengulas rekomendasi mainan pasir yang bagus untuk anak. Beberapa merek, seperti Zoetoys, Magic Sand, dan Yoyo, akan dibahas. Jenis mainan pasirnya juga beragam, mulai dari pasir kinetik, edible sand, hingga pasir gambar. Artikel ini telah ditinjau oleh therapeutic play practitioner kami, Grace Melia. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Rattle Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tua yang memberikan rattle sebagai mainan pertama bagi bayi mereka. Rattle merupakan mainan yang dapat mengeluarkan bunyi gemerincing. Di pasaran sendiri, mainan rattle bayi tersedia dalam beragam bentuk, seperti stick, boneka, gelang, dan lainnya.   Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih rattle bayi terbaik kepada Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk rattle bayi yang bagus dan telah mengantongi SNI seperti merek PlayGro dan Baby Safe. Semua produk tentu dapat Anda beli dengan mudah secara online. Selamat membaca!
    Mainan & aktivitas bayi
  • 10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Baby Play Gym Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Baby play gym merupakan seperangkat mainan bayi yang tergantung di tiang penyangganya. Jenis mainannya pun beragam, mulai dari yang dapat bergerak sampai yang mengeluarkan musik menarik. Selain menghibur, baby play gym bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih baby play gym beserta rekomendasi produknya kepada Anda. Berbagai merek baby play gym yang bagus, seperti Sugar Baby, Pumpee, dan Playgro juga ada dalam ulasan kami. Silakan simak review lengkapnya dengan membaca artikel ini sampai selesai.
    Mainan & aktivitas bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori