1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Roti & kue
  6. >
  7. 10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Selai Srikaya Terenak (Terbaru Tahun 2023)

Tiada yang lebih nikmat selain sarapan pagi dengan roti tawar beroleskan selai. Dari sekian banyak jenis selai, selai srikaya merupakan salah satu selai yang sangat populer. Namun, banyaknya selai srikaya di pasaran mungkin membuat Anda bingung menentukan produk yang bagus.


Tenang saja. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips cara memilih selai srikaya. Rekomendasi produk selai srikaya yang enak, seperti Morin, Donny, dan Srikaya dari Marizafoods, juga akan kami review. Yuk, simak ulasannya dan temukan selai srikaya yang enak dan lezat!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Selai srikaya, bukan dari buah srikaya

Selai srikaya, bukan dari buah srikaya

Ya, Anda tidak salah membaca judul di atas. Selai srikaya sama sekali tidak berasal dari buah srikaya. Selai yang legit dan lezat ini utamanya terbuat dari empat bahan saja, yaitu santan, telur, pandan, dan gula. Selai ini kemudian bisa langsung dioleskan di atas roti atau dijadikan isian roti kukus.


Sejarah istilah "srikaya" pada selai ini memang masih belum jelas. Namun, konon katanya nama tersebut berasal dari Bahasa Melayu. Selain dikenal dengan istilah "srikaya", selai srikaya juga populer dengan sebutan "selai sarikaya" dan "kaya jam".

Cara memilih selai srikaya

Menemukan selai srikaya yang enak memang susah-susah gampang. Namun, kami sudah menyiapkan tips memilih yang bisa Anda jadikan panduan. Apa saja tipsnya?

① Pilih berdasarkan produsennya

Selai srikaya diproduksi oleh dua tipe produsen, yaitu produksi pabrik serta produksi rumah tangga (homemade). Mari simak perbedaan dua tipe kaya jam tersebut.

Produksi pabrik, mudah didapat dan rasanya konsisten

Produksi pabrik, mudah didapat dan rasanya konsisten

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko, pilihlah selai srikaya produksi pabrik. Produk tipe ini umumnya memiliki rasa yang selalu sama dengan mutu terjamin. Selain itu, selai srikaya ini juga mudah ditemukan di pasaran. Anda tidak perlu kelimpungan mencarinya jika stok di rumah sudah habis.


Layaknya produk olahan pabrik, selai srikaya tipe ini lumrah mengandung pengawet. Di satu sisi, hal tersebut mungkin tidak cocok untuk Anda yang berusaha mengurangi konsumsi pengawet. Namun, karena mengandung pengawet, Anda tidak perlu terburu-buru menghabiskannya karena tanggal kedaluwarsanya biasanya lumayan lama.

Produksi rumahan, lebih kaya rasa dan eksklusif

Produksi rumahan, lebih kaya rasa dan eksklusif

Berbeda dengan olahan pabrik, selai srikaya homemade memberikan sensasi eksklusif dengan cita rasa yang fresh. Pasalnya, selai srikaya homemade umumnya hanya bisa dibeli melalui sistem pre-order (PO). Jadi, produk yang Anda nikmati memang freshmade.


Karena umumnya tidak mengandung pengawet, ketahanan selai homemade tentu tidak selama selai produksi pabrik. Tanyakan pada produsen selai srikaya idaman Anda terkait umur simpan produk. Selain itu, pertimbangkanlah produk yang produsennya dekat dari domisili Anda agar produk tidak terlalu lama dalam pengiriman.

② Cek kandungan gizi dan kadar kalorinya

Cek kandungan gizi dan kadar kalorinya

Produk selai srikaya memang biasanya tidak menawarkan nutrisi yang banyak. Namun, informasi nilai gizi tetap bisa ditanyakan agar konsumsi produk tidak mengganggu kesehatan atau diet.


Misalnya, jika Anda perlu mengurangi asupan gula, pilihlah produk dengan kadar gula yang paling sedikit. Selain itu, jika Anda sedang menjalani diet, selai srikaya yang rendah kalori tentu lebih layak dipilih, bukan?

③ Cicipi juga varian unik lainnya

Cicipi juga varian unik lainnya
Sumber: shopee.co.id

Selain rasa original, Anda dapat menemukan varian selai srikaya lain yang tidak kalah menggoda. Misalnya, selai srikaya dengan rasa pandan yang kuat banyak digemari berkat tambahan pasta atau air endapan pandan. Merek seperti Morin, Srikaya dari Marizafoods, dan Beau Bakery memiliki pilihan rasa pandan yang menjadi favorit banyak orang.


Anda juga bisa mencoba selai srikaya dengan rasa gula merah dan karamel. Fong Recipe menggunakan gula merah sehingga memberikan rasa manis yang berbeda dari produk dengan gula pasir. Meski menarik, pilihan produk dengan varian rasa seperti ini masih sedikit.

④ Pertimbangkan produk dengan klaim yang lebih sehat

Pertimbangkan produk dengan klaim yang lebih sehat

Beberapa produk selai srikaya menawarkan klaim bebas zat aditif, seperti pengemulsi, pengawet, pewarna sintetis, dan perisa buatan. Jika Anda berusaha mengurangi konsumsi zat-zat tersebut, terutama anak-anak dan ibu hamil, ada banyak produk yang bisa dipilih. Mengonsumsi produk bebas zat aditif tentu menambah rasa aman saat mengonsumsinya.


Selain memilih produk dengan zat aditif yang minimal, pertimbangkan pula produk dengan bahan yang lebih sehat. Misalnya, Fong Recipe menggunakan telur ayam kampung untuk menggantikan telur ayam negeri. Variasi bahan yang lebih superior ini tentu menarik untuk dicoba.

10 Rekomendasi selai srikaya terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh selai srikaya terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Morin

Kaya Spread

Morin Kaya Spread 1枚目

Dari merek populer langganan Top Brand Awards

2

Marizafoods

Buybest Srikaya Bakery

Marizafoods Buybest Srikaya Bakery 1枚目

Stabil untuk isian roti panggang dan cocok untuk bisnis

3

Hakiki Donarta

Donny Sarikaya

Hakiki Donarta Donny Sarikaya 1枚目

Isinya banyak dan cocok untuk filling roti kukus saat lebaran

4

Marizafoods

Srikaya Spread

Marizafoods Srikaya Spread 1枚目

Kualitasnya terjamin baik lewat sertifikasi kemanan makanan

5

Toko Roti Ganda

Ganda

Toko Roti Ganda Ganda 1枚目

Khas Pematang Siantar yang sudah termashyur se-Indonesia

6

Sukahati Pontianak

 Sukahati Pontianak 1枚目

Asli Pontianak dengan rasa yang konsisten dari masa ke masa

7

Purnama

Selei Kaya

Purnama Selei Kaya 1枚目

Produk legendaris dari Makassar sejak tahun 1968

8

BoxBread Bakery

Selai Srikaya Tradisional

BoxBread Bakery Selai Srikaya Tradisional 1枚目

Selai srikaya sejati yang bebas tepung dan pati

9

Fong Recipe

Selai Srikaya Homemade Telur Ayam Kampung

Fong Recipe Selai Srikaya Homemade Telur Ayam Kampung 1枚目

Lebih spesial karena menggunakan telur ayam kampung

10

Beau Bakery

Pandan Kaya Jam

Beau Bakery Pandan Kaya Jam 1枚目

Selai srikaya bebas pengawet dari toko roti terkemuka

Perincian produk
Close
No.1

Dari merek populer langganan Top Brand Awards

Bicara soal selai srikaya berkualitas, Morin Kaya Spread tentu tidak boleh dilewatkan. Selai dari merek ini sudah terjamin kualitasnya, terbukti dari predikat yang diterimanya. Merek ini sering menerima predikat Top Brand Awards untuk kategori selai buah!


Mengapa produk ini berkualitas? Rahasianya adalah pada cara pengolahan yang memakai teknologi canggih dan higienis. Selain itu, Morin juga hanya memakai bahan fresh yang diambil langsung dari perkebunan. Jadi, Anda yang mencari produk dengan mutu terjamin bisa memilih produk ini. Selain rasa original, Anda juga bisa memilih varian rasa pandan.

No.2

MarizafoodsBuybest Srikaya Bakery

Mulai dari Rp47.188,00

Stabil untuk isian roti panggang dan cocok untuk bisnis

Apakah Anda memiliki bisnis roti panggang dan memerlukan selai srikaya sebagai isiannya? Produk ini adalah jawaban paling tepat. Pasalnya, selai Srikaya Bakery berbeda dengan Srikaya Spread yang bisa langsung dioleskan. 


Karena memiliki tingkat kestabilan yang baik, Anda bisa menjadikan selai ini sebagai isian toast. Selai ini bisa tahan saat dipanggang hingga 210 derajat Celcius. Selai nantinya tidak akan berubah warna, tekstur, maupun rasa.

No.3

Hakiki DonartaDonny Sarikaya

Mulai dari Rp16.900,00

Isinya banyak dan cocok untuk filling roti kukus saat lebaran

Berawal dari Kota Surabaya, Hakiki Donarta sudah meramaikan industri makanan Indonesia sejak tahun 1969. Selai Donny Sarikaya yang diproduksinya juga menjadi salah satu produk unggulan dan termashyur hingga kini.


Isian selai ini tergolong banyak, yakni 500 gram dan 1 kilogram. Sebagai filling roti, produk ini memang cocok untuk menjadi isian roti kukus seperti bakpao. Bila Anda membutuhkan selai untuk dijadikan filling roti kukus saat lebaran dan perayaan lain, Donny Sarikaya tidak perlu diragukan. 

No.4

MarizafoodsSrikaya Spread

Mulai dari Rp29.375,00

Kualitasnya terjamin baik lewat sertifikasi kemanan makanan

Selai srikaya homemade memang memberikan cita rasa ekslusif. Namun, adakalanya Anda tidak bisa langsung menghabiskannya dalam beberapa hari. Selai srikaya dari perusahaan seperti produk Marizafoods ini layak dicoba. Hadir sejak tahun 1976, Srikaya Spread merupakan produk pertama yang diproduksi oleh Marizafoods.


Selain legendaris dan dijamin lezat, kualitas selai kaya ini juga sudah terjamin. Marizafoods sudah memegang Food Safety System Certification 22000 (FSSC). Tak sampai di situ saja. Srikaya Spread hadir dalam tiga pilihan rasa yang bisa Anda koleksi sesuai selera keluarga di rumah.

No.5

Khas Pematang Siantar yang sudah termashyur se-Indonesia

Saat bertandang ke Sumatera Utara, Anda mungkin hanya terpikir mencari selai srikaya dari Kota Medan. Namun, selai srikaya dari Pematang Siantar juga sangat populer, lho. Salah satu selai sarikaya Pematang Siantar yang banyak dicari adalah produk dari Toko Roti Ganda.


Toko roti ini dikatakan sudah buka sejak 38 tahun lalu. Tak heran, selai srikayanya sangat terkenal dan menjadi ikon kota Pematang Siantar. Jika membeli online, Anda tentu sebaiknya membeli dari seller yang berlokasi di Pematang Siantar.

No.6

Asli Pontianak dengan rasa yang konsisten dari masa ke masa

Pontianak tidak hanya dikenal lewat roti kukus srikaya yang menggoyangkan lidah. Selai srikayanya pun cukup banyak dicari oleh masyarakat dari daerah lain. Merek Sukahati merupakan salah satu selai srikaya populer dari Kota Khatulistiwa tersebut. 


Meski kemasannya tidak semewah produk lain, manisnya selai ini sangat pas untuk disantap bersama roti dan pisang goreng. Dengan rasa yang tidak berubah dari waktu ke waktu, selai ini merupakan obat penawar jika Anda merindukan Kota Pontanak. 

No.7

PurnamaSelei Kaya

Mulai dari Rp28.500,00

Produk legendaris dari Makassar sejak tahun 1968

Beberapa kota di Indonesia memiliki selai srikaya legendaris yang bisa dijadikan oleh-oleh, termasuk Makassar. Jika Anda merindukan legitnya selai srikaya dari kota tersebut, produk dari Purnama ini layak untuk dicoba. 


Bahan pada selai ini umumnya sama dengan selai srikaya lain. Meski begitu, kentalnya selai ini memberikan senasi yang tentu berbeda. Selai srikaya ini juga sudah hadir sejak tahun 1968. Karena bertahan sudah sangat lama, kelezatan dan kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

No.8

BoxBread BakerySelai Srikaya Tradisional

Mulai dari Rp40.000,00

Selai srikaya sejati yang bebas tepung dan pati

Beberapa produsen mungkin menggunakan tepung untuk mengentalkan selai srikaya mereka. Namun, tidak semua konsumen menyukai hal tersebut. Apakah Anda juga demikian? Selai srikaya dari BoxBread ini wajib dicoba! 


Dalam klaimnya, BoxBread tidak menggunakan tepung, pati, atau pengemulsi pada selai homade ini. Hanya empat bahan yang digunakan, yakni kuning telur, gula, santan, dan pandan. Jika Anda membutuhkan selai srikaya tradisional yang benar-benar otentik, produk ini merupakan pilihan yang ciamik!

No.9

Fong RecipeSelai Srikaya Homemade Telur Ayam Kampung

Mulai dari Rp45.000,00

Lebih spesial karena menggunakan telur ayam kampung

Jika dilihat sekilas, produk ini memang mirip dengan selai homemade lainnya. Selai srikaya ini fresh, eksklusif, dan otentik. Namun, hal paling menarik dari produk Fong Recipe ini adalah telur yang digunakan. Jika selai srikaya lain menggunakan telur ayam negeri, produk ini menggunakan telur ayak kampung!


Telur ayam kampung selama ini dikenal lebih sehat dengan nutrisi yang lebih baik. Pasalnya, ayam kampung memang dipelihara secara lebih alami dan dibiarkan banyak bergerak. Untuk Anda yang lebih menyukai telur ayam kampung, selai srikaya langka ini adalah pilihan menarik!

No.10

Beau BakeryPandan Kaya Jam

Mulai dari Rp65.000,00

Selai srikaya bebas pengawet dari toko roti terkemuka

Untuk Anda yang berdomisili di Jabodetabek, Beau Bakery mungkin sudah tidak asing lagi. Selain dikenal lewat produk bakery-nya yang memanjakan lidah, Beau ternyata juga menawarkan selai srikaya pandan nan lezat! Layaknya selai srikaya homemade lain, produk ini menawarkan rasa ekslusif yang dibuat berdasarkan order.


Beau menggunakan bahan-bahan alami tanpa pengawet pada produk ini. Dengan begitu, selai srikaya yang Anda dapatkan memang otentik. Untuk rasa yang makin nikmat, selai ini membubuhkan sedikit sea saltSea salt dikatakan lebih baik daripada garam meja karena menawarkan nutrisi yang lebih baik. 

Baca juga rekomendasi produk selai lainnya di sini

Jika ingin menu sarapan lebih berwarna, sebaiknya sediakan berbagai variasi selai di meja makan. Kami sudah mengulas banyak artikel mengenai selai roti, termasuk selai kacang, cokelat, dan nanas. Agar Anda menemukan produk yang pas, mari simak pembahasannya dengan mengeklik tautan berikut ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah selesai mengecek detail semua produk selai srikaya di atas? Tidak disangka-sangka, pilihannya cukup banyak, ya? Utamanya, pilihlah selai srikaya berdasarkan produsennya, pilihan rasa, hingga klaim yang ditawarkan.


Jangan lupa untuk memvariasikan produk selai untuk mengiringi sarapan Anda. Dengan begitu, Anda dan keluarga pun tidak cepat bosan. Semoga ulasan terkait selai srikaya di atas bermanfaat untuk Anda, ya. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer