mybest
Ikan kaleng

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan kaleng
  4. 10 Rekomendasi Sarden Terbaik [Ditinjau oleh Nutritionist]
  • 10 Rekomendasi Sarden Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 1
  • 10 Rekomendasi Sarden Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 2
  • 10 Rekomendasi Sarden Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 3
  • 10 Rekomendasi Sarden Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 4
  • 10 Rekomendasi Sarden Terbaik  [Ditinjau oleh Nutritionist] 5

10 Rekomendasi Sarden Terbaik [Ditinjau oleh Nutritionist]

Sarden kaleng adalah makanan yang praktis dijadikan stok untuk lauk sehari-hari, untuk anak kos, serta untuk sahur ataupun berbuka. Ada beragam pilihan merek sarden kaleng yang bagus dengan saus yang enak. Namun, manakah sarden kaleng terbaik yang aman untuk dikonsumsi dan tidak mengandung cacing pita?

Kami akan memberikan informasi seputar tips memilih sarden kaleng terenak dalam artikel ini. Merek sarden terbaik yang aman dari cacing, seperti Botan, AsaHi, dan ABC, ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!

Diperbaharui 11/11/2023
Mochammad Rizal
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah sarden kaleng sehat?

Apakah sarden kaleng sehat?
Sarden kaleng bisa menjadi stok makanan praktis untuk keluarga. Namun, apakah sarden kaleng aman untuk dikonsumsi?

Sarden merupakan ikan yang rendah merkuri dan kaya akan protein, asam lemak omega-3, dan mineral. Sebelum masuk kaleng, sarden dibersihkan dahulu (insang dan kepala dibuang), kemudian dimasak, baik dengan dikukus maupun digoreng. Karena itu, sarden kaleng sangat aman dikonsumsi, bahkan oleh anak-anak dan ibu hamil sekalipun.


Sarden kaleng memang mengandung pengawet. Makanan berpengawet memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh Anda. Untuk itu, Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan lain yang segar, seperti sayuran dan buah-buahan. Sajikan sarden kaleng beserta sayur dan buah-buahan di meja makan Anda agar gizi terpenuhi


Kini juga tersedia sarden kaleng tanpa kandungan pengawet dan MSG. Cek kembali komposisinya untuk memastikan hal tersebut, ya.

Cara memilih sarden

Sekarang Anda sudah mengetahui sekilas tentang sarden kaleng, ya. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih sarden kaleng yang aman untuk dikonsumsi serta terjamin bebas cacing. Silakan cek poin-poin berikut inI!

1

Ketahui perbedaan antara ikan sarden dan ikan makerel

Ketahui perbedaan antara ikan sarden dan ikan makerel

Saat berada di rak sarden supermarket, umumnya Anda akan menemukan kemasan kaleng sarden berjejer dengan kemasan kaleng makerel. Banyak orang beranggapan keduanya sama, padahal sarden dan makerel merupakan jenis ikan yang berbeda. Sebagai informasi, produk ikan makerel pernah ditarik peredarannya oleh BPOM karena mengandung cacing parasit.


Namun, saat ini konsumsi ikan makerel kaleng sudah dinyatakan aman oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) dengan catatan:

  • Makerel tersebut tidak mengandung kontaminan berbahaya dari parasit,
  • tidak mengandung mikrob, serta
  • tidak mengandung zat merkuri yang tinggi. 

Biasanya makerel yang mengandung tinggi merkuri berasal dari perairan luar Indonesia, seperti Samudra Atlantik. Jadi, apabila mengonsumsi makerel yang berasal dari perairan Indonesia, bisa dikatakan bahwa makerel tersebut aman dikonsumsi.


Untuk itu, Anda perlu mengetahui ciri-ciri ikan sarden. Berikut ini ciri-ciri ikan sarden yang aman:

  1. Ikan sarden memiliki harga relatif rendah dibanding ikan makerel.
  2. Secara fisik, ikan sarden memiliki kulit berwarna perak dengan daging yang berwarna gelap.
  3. Ukuran ikan sarden lebih kecil dan kurang berdaging dibandingkan ikan makerel.

Selain ciri-ciri ikan sarden, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri ikan makerel. Berikut ini ciri-ciri ikan makerel:

  1. Nilai jual ikan makerel cenderung lebih tinggi.
  2. Ikan makerel bentuknya lebih panjang, ramping, dan memiliki garis hitam di tubuhnya.
  3. Ukuran ikan makerel lebih besar dan lebih berdaging dibandingkan ikan sarden. 

Kemasan sarden dan makerel kaleng memang mirip, tetapi biasanya ada tulisan "makarel" atau "mackerel" pada kemasan makerel kaleng. Maka dari itu, Anda sebaiknya jeli membaca kemasan produk ikan kaleng yang akan Anda beli. Jika Anda sedang mencari beragam ikan kaleng lainnya, Anda bisa langsung mengecek artikel kami berikut. Kami sudah mengulas beragam ikan kaleng yang lezat dan aman untuk dikonsumsi.

2

Pilih sarden kaleng dengan variasi saus terenak: Sambal balado, saus tomat, sambal bangkok, dan lainnya

Pilih sarden kaleng dengan variasi saus terenak: Sambal balado, saus tomat, sambal bangkok, dan lainnya

Setelah bisa membedakan ikan makerel dengan sarden, langkah selanjutnya adalah memilih berdasarkan variasi sausnya. Mungkin Anda hanya familier dengan sarden yang memiliki saus tomat, saus pedas, atau saus ekstrapedas. Namun, tahukah Anda sarden kaleng memiliki varian saus yang lebih beragam?


Kini sarden kaleng telah diproduksi dengan berbagai varian saus yang enak dan lezat. Beberapa contoh saus tersebut adalah saus sambal hijau, sambal bangkok, sambal balado, dan masih banyak lagi. Banyaknya varian saus tentu menambah alternatif pilihan. Anda pun tidak mudah bosan sekaligus dapat membuat selera makan Anda dan keluarga meningkat.

3

Pastikan kondisi kaleng sarden tidak bocor, menggembung, penyok, atau terbuka

Pastikan kondisi kaleng sarden tidak bocor, menggembung, penyok, atau terbuka

Kemasan kaleng sarden sangat beragam, mulai dari yang berbentuk tabung, persegi, hingga oval. Di Indonesia sendiri kemasan sarden mayoritas berbentuk tabung dengan ukuran sekitar 155 gram dan 425 gram. 


Nah, selain memilih ukuran kemasan, perhatikan kondisi kemasannya sebelum membeli. Jika kemasan dalam kondisi rusak, penyok, menggembung, atau bahkan bocor, sebaiknya Anda hindari. Produk kemasan hanya dapat bertahan selama berada dalam kondisi kedap udara atau tidak terkontaminasi udara dari luar. Jika kemasannya sudah rusak, sangat mungkin ikan sarden di dalamnya juga dalam keadaan yang tidak bagus lagi


Kontaminasi bakteri saat pengemasan juga menyebabkan kaleng menggembung akibat tumbuhnya bakteri Clostridium botulinum. Karena itu, pilihlah sarden dengan kemasan yang masih baik. Agar lebih aman, bersihkan terlebih dahulu kemasan sarden sebelum dibukaPanaskan isi produk sebelum disajikan untuk memastikan produk lebih higienis dan lebih enak dikonsumsi.

4

Cek juga izin edar sarden kaleng agar lebih terjamin

Cek juga izin edar sarden kaleng agar lebih terjamin

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa izin edar produk sarden. Izin edar untuk produk pangan di Indonesia, khususnya sarden, dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Izin edar ini berupa nomor registrasi yang biasanya dicantumkan di kemasan bagi produk yang sudah resmi boleh diedarkan.


Anda bisa mengecek izin edarnya langsung di kemasan kaleng sarden. Namun, kemasan yang memiliki nomor registrasi BPOM pun masih perlu Anda cek keasliannya. Anda harus memastikannya dengan mencocokkan nomor registrasi dan produk tersebut di laman resmi BPOM.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sarden Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sarden terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 11 November 2023).
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Isi
Bahan baku
Saran penyimpanan
Kalori
Masa kedaluwarsa
Negara produksi
Sertifikasi
1

Heinz

ABC Sarden Tomat

Heinz ABC Sarden Tomat 1

Rp15.200

Menengah

Kualitas yang terjaga tanpa rasa pedas, anak-anak pasti suka!

155 g, 425 g

Ikan sarden, saus tomat

70 kkal per 50 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

2

Pasific Harvest

AsaHi Sarden Saus Tomat

Pasific Harvest AsaHi Sarden Saus Tomat 1

Rp9.000

Agak Murah

Sarden kaleng dengan kesegaran saus tomat yang memikat

155 g, 425 g

Ikan sarden, saus tomat

120 kkal per 100 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

3

Maya

Sarden Saus Tomat

Maya Sarden Saus Tomat 1

Rp10.000

Agak Murah

Nikmati cita rasa istimewa pada masakan Anda!

155 g, 425 g

Ikan sarden, pasta tomat

100 kkal per 100 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

4

Heinz

ABC Sarden Siap Goreng Bumbu Serundeng

Heinz  ABC Sarden Siap Goreng Bumbu Serundeng 1

Rp12.700

Menengah

Sarden digoreng? Coba dulu produk ini!

155 g, 400 g

Ikan sarden, bumbu serundeng

30 kkal per 30 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

5

Maya Food Industries

Botan Sarden Saus Tomat

Maya Food Industries Botan Sarden Saus Tomat 1

Rp13.500

Menengah

Olahan sarden dengan saus tomat kaya rasa yang mendalam

155 g, 425 g

Ikan sarden, saus tomat

160 kkal per 100 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

6

PRONAS

Sarden Saus Pedas / Chili

PRONAS Sarden Saus Pedas / Chili 1

Rp10.500

Agak Murah

Pedas nikmat menggugah selera Anda!

155 g, 425 g

Ikan sarden, cabai merah

100 kkal per 70 g sajian

36 bulan

Indonesia

BPOM, halal

7

King's Fisher

Sarden dalam Sambal Hijau

King's Fisher  Sarden dalam Sambal Hijau 1

Rp14.000

Menengah

Tak perlu tambahkan bumbu, cita rasa lokalnya sedap!

155 g, 425 g

Ikan sarden, cabai besar hijau, cabai kecil hijau

70 kkal per 50 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

8

Mili

Ikan Sarden dalam Saus Tomat

Mili  Ikan Sarden dalam Saus Tomat 1

Rp38.500

Lebih Mahal

Potongan ikannya besar, rasanya pun lembut dan gurih

155 g, 425 g

Ikan sarden, saus tomat

Tidak diketahui

24 bulan

Malaysia

BPOM, halal

9

Lasallefood Indonesia

Del Monte Sarden Saus Tomat

Lasallefood Indonesia  Del Monte Sarden Saus Tomat 1

Rp10.100

Agak Murah

Kualitas tinggi, lezat, dan kaya rasa ada pada produk ini!

155 g, 425 g

Ikan sarden, saus tomat

100 kkal per 75 g sajian

36 bulan

Indonesia

BPOM, halal

10

Jakarana Tama

GAGA Sardines Chili Balado

Jakarana Tama  GAGA Sardines Chili Balado 1

Rp34.000

Lebih Mahal

Sambal baladonya berikan sensasi berbeda

155 g, 425 g

Ikan sarden, cabai merah

90 kkal per 78 g sajian

24 bulan

Indonesia

BPOM, halal

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

HeinzABC Sarden Tomat

ABC Sarden Tomat 1
Sumber: heinzabc.co.id
ABC Sarden Tomat 2
Sumber: shopee.co.id
ABC Sarden Tomat 3
Sumber: shopee.co.id
ABC Sarden Tomat 4
Sumber: shopee.co.id
ABC Sarden Tomat 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp15.200
Menengah
Harga referensi
Rp15.200
Menengah

Kualitas yang terjaga tanpa rasa pedas, anak-anak pasti suka!

ABC Sarden Tomat adalah pilihan sempurna bagi pencinta makanan praktis. Dengan rasa tomat yang khas dan kualitas ikan yang terjaga, produk ini cocok untuk Anda yang menginginkan hidangan lezat dalam waktu singkat. Anda akan mendapatkan rasa autentik sarden dalam masakan sehari-hari tanpa mengorbankan kualitas. Anak-anak pun tentu menyukainya karena rasanya tidak pedas.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, saus tomat
Saran penyimpanan
Kalori70 kkal per 50 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Pasific HarvestAsaHi Sarden Saus Tomat

Harga referensi
Rp9.000
Agak Murah

Sarden kaleng dengan kesegaran saus tomat yang memikat

Anda baru pertama kalinya hendak mencoba ikan kaleng? Kalau begitu, sarden saus tomat ini kami rekomendasikan untuk Anda. Dibandingkan jenis ikan kalengan lainnya, AsaHi Sarden Saus Tomat memiliki harga yang lebih terjangkau.


Tak hanya itu, rasanya pun aman untuk Anda yang tidak begitu suka pedasnya saus cabai. Ikan sarden ini juga diklaim bebas bahan pengawet sehingga lebih sehat untuk Anda konsumsi. Produk ini bisa Anda konsumsi langsung atau bisa juga dipanaskan terlebih dahulu, sesuaikan saja dengan selera Anda.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, saus tomat
Saran penyimpanan
Kalori120 kkal per 100 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.3

MayaSarden Saus Tomat

Harga referensi
Rp10.000
Agak Murah

Nikmati cita rasa istimewa pada masakan Anda!

Maya Sarden Saus Tomat dikenal dengan rasa lezatnya. Sarden yang digunakan berkualitas tinggi dengan saus tomat yang nikmat untuk cita rasa yang istimewa. Produk ini cocok untuk dihidangkan sebagai lauk atau sebagai tambahan dari menu masakan Anda. Kemasannya mudah dibuka dan tahan lama, dapat dijadikan pilihan ideal untuk keluarga yang sibuk dan ingin menikmati hidangan sarden lezat.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, pasta tomat
Saran penyimpanan
Kalori100 kkal per 100 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.4

Heinz ABC Sarden Siap Goreng Bumbu Serundeng

Harga referensi
Rp12.700
Menengah

Sarden digoreng? Coba dulu produk ini!

ABC Sarden Bumbu Serundeng adalah salah satu pilihan sarden anti-mainstream untuk Anda yang ingin mencoba rasa berbeda. Tidak seperti sarden kebanyakan yang direndam dalam saus tomat atau cabai, sarden ini dihidangkan dengan cara digoreng. Agar makin istimewa, ada tambahan serundeng yang membuat rasanya makin kaya. Nikmat!

Isi155 g, 400 g
Bahan bakuIkan sarden, bumbu serundeng
Saran penyimpanan
Kalori30 kkal per 30 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.5

Maya Food IndustriesBotan Sarden Saus Tomat

Harga referensi
Rp13.500
Menengah

Olahan sarden dengan saus tomat kaya rasa yang mendalam

Botan Sarden Saus Tomat adalah produk makanan sarden yang sangat disukai oleh berbagai kalangan. Hanya dengan membuka kaleng, Anda bisa menikmati olahan sarden lezat yang telah disajikan dalam saus tomat yang kaya rasa. Produk ini pas untuk mahasiswa, pekerja, hingga keluarga yang ingin menikmati hidangan yang lezat dalam waktu terbatas.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, saus tomat
Saran penyimpanan
Kalori160 kkal per 100 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.6

PRONASSarden Saus Pedas / Chili

Harga referensi
Rp10.500
Agak Murah

Pedas nikmat menggugah selera Anda!

Kebanyakan sarden memang direndam dalam saus tomat yang menggugah selera. Namun, untuk Anda yang bosan dan ingin mencoba rasa lebih menantang, cobalah varian ini. Saus pedasnya menawarkan sensasi pedas yang menyegarkan untuk para pencinta makanan pedas. Momen makan jadi lebih hot jika makan sarden saus cabai ini.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, cabai merah
Saran penyimpanan
Kalori100 kkal per 70 g sajian
Masa kedaluwarsa36 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.7

King's Fisher Sarden dalam Sambal Hijau

Harga referensi
Rp14.000
Menengah

Tak perlu tambahkan bumbu, cita rasa lokalnya sedap!

Pencinta cita rasa lokal silakan mencoba sarden kaleng King's Fisher ini. Dari sambalnya saja, Anda mungkin langsung terbayang sepiring nasi padang. Produk ini memang dibuat dengan cita rasa Sumatra sehingga sangat identik dengan kuliner Minang tersebut. Rasa pedas dan gurih akan memanjakan lidah Anda selama memakannya. 


Selain itu, produk sarden ini sudah mengalami proses pematangan yang panjang, yakni steam dan retort. Anda sudah tidak perlu lagi menambahkan bumbu lain di dalamnya. Sangat praktis, bukan? Sarden kaleng ini tentu cocok untuk Anda bawa traveling atau saat mendaki gunung.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, cabai besar hijau, cabai kecil hijau
Saran penyimpanan
Kalori70 kkal per 50 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.8

Mili Ikan Sarden dalam Saus Tomat

Ikan Sarden dalam Saus Tomat 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp38.500
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp38.500
Lebih Mahal

Potongan ikannya besar, rasanya pun lembut dan gurih

Mili Ikan Sarden dalam Saus Tomat merupakan produk makanan kaleng impor dari Malaysia. Sarden ini memiliki rasa yang lembut dan gurih serta potongan ikan yang besar. Dengan begitu, Anda akan makin puas saat memakannya. Produk ini cocok untuk semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang mencari makanan ikan lezat tanpa harus khawatir kepedasan.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, saus tomat
Saran penyimpanan
KaloriTidak diketahui
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiMalaysia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.9

Lasallefood Indonesia Del Monte Sarden Saus Tomat

Harga referensi
Rp10.100
Agak Murah

Kualitas tinggi, lezat, dan kaya rasa ada pada produk ini!

Del Monte Sarden Saus Tomat adalah produk makanan kaleng yang dikenal dengan kualitas yang tinggi dan rasa yang lezat. Produk ini terdiri dari sarden berkualitas tinggi yang direndam dalam saus tomat yang kaya rasa. Dengan kualitas dan rasa yang khas, Del Monte Sarden Saus Tomat adalah pilihan yang luar biasa untuk pencinta sarden dan makanan praktis yang enak.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, saus tomat
Saran penyimpanan
Kalori100 kkal per 75 g sajian
Masa kedaluwarsa36 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all
No.10

Jakarana Tama GAGA Sardines Chili Balado

Harga referensi
Rp34.000
Lebih Mahal

Sambal baladonya berikan sensasi berbeda

Bosan dengan saus sarden yang itu-itu saja? Saatnya Anda mencoba sarden sambal balado. Dengan sensasi rasa yang berbeda dari biasanya, bersiaplah untuk menghabiskan nasi di meja makan. Kualitas produk ini juga sangat dijaga dengan ikan sarden segar pilihan yang tanpa bahan pengawet.


Anda bisa mendapatkan banyak nutrisi penting dari sarden kaleng ini. Ada omega-3, zat besi, magnesium, zink, fosfor, tembaga, mangan, dan sebagainya yang terkandung dalam sarden. Selain itu, produk ini juga mengandung kalsium yang diklaim lebih tinggi daripada susu. Karena itu, sarden kalengan ini sangat cocok untuk menjaga asupan nutrisi Anda dan keluarga di rumah.

Isi155 g, 425 g
Bahan bakuIkan sarden, cabai merah
Saran penyimpanan
Kalori90 kkal per 78 g sajian
Masa kedaluwarsa24 bulan
Negara produksiIndonesia
SertifikasiBPOM, halal
View all

Tambahkan cabai, bawang, atau topping lainnya supaya masakan sarden lebih mantap!

Tambahkan cabai, bawang, atau topping lainnya supaya masakan sarden lebih mantap!

Sarden kaleng merupakan makanan siap saji yang bisa langsung dikonsumsi karena sudah dimasak sebelum masuk kaleng. Namun, beberapa produsen menyarankan untuk menghangatkan terlebih dahulu agar sarden makin enak.


Setiap produsen bisa jadi mempunyai saran penyajian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak lupa membaca saran penyajian yang diinformasikan pada label kemasan sarden. Berikut ini salah satu cara memasak sarden kaleng secara sederhana:


  1. Panaskan minyak ke penggorengan.
  2. Tumis bawang dan cabai hingga layu dan mengeluarkan aroma sedap.
  3. Buka kaleng sarden dan tuang ke penggorengan.
  4. Tambahkan segelas air, lalu aduk pelan-pelan sesekali agar ikan tidak hancur.
  5. Tambahkan garam dan penyedap rasa, lalu masak hingga mendidih.
  6. Angkat dan sarden hangat siap disajikan.

5 Rekomendasi Sarden terbaik

No. 1: HeinzABC Sarden Tomat

No. 2: Pasific HarvestAsaHi Sarden Saus Tomat

No. 3: MayaSarden Saus Tomat

No. 4: Heinz ABC Sarden Siap Goreng Bumbu Serundeng

No. 5: Maya Food IndustriesBotan Sarden Saus Tomat

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Makanan kaleng
  4. 10 Rekomendasi Sarden Terbaik [Ditinjau oleh Nutritionist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.