1. TOP
  2. >
  3. Peralatan kantor & alat tulis
  4. >
  5. Elektronik kantor
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Printer Laserjet Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Seiring dengan berjalannya waktu, jenis printer yang tersedia pun makin bervariasi. Tidak hanya menggunakan tinta saja, ada printer yang memanfaatkan inframerah. Jenis printer yang satu ini dikenal dengan nama laserjet. Laserjet printer banyak digunakan untuk keperluan kantor karena kualitas dan warna yang bagus. 


Jika Anda berminat untuk membeli laserjet printer, kami akan membahas cara memilihnya untuk Anda. Tidak ketinggalan, kami juga sudah menyiapkan beberapa rekomendasi produk laserjet printer dari merek terbaik. Beberapa di antaranya adalah HP, Canon, Brother, dan yang lainnya. Silakan disimak untuk keperluan referensi Anda, ya. 

Diperbaharui 07-13-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Mengenal printer laserjet

Laserjet printer adalah sebuah mesin pencetak dokumen yang memanfaatkan teknologi inframerah. Tentu saja, ada beberapa perbedaan antara laserjet dan inkjet printer. Laserjet printer juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum Anda membelinya.

Perbedaan printer laserjet dengan printer inkjet

Perbedaan printer laserjet dengan printer inkjet

Ada beberapa perbedaan antara laserjet printer dengan inkjet printer dari berbagai aspek. Sebelum Anda membelinya, pastikan untuk mengetahui beberapa perbedaan di antara kedua jenis mesin pencetak dokumen ini, ya.


  • Perbedaan pertama adalah dari bentuk tintanya. Inkjet printer menggunakan tinta cair, sedangkan laserjet printer menggunakan tinta serbuk atau toner serta memanfaatkan teknologi inframerah. 

  • Kedua printer ini juga berbeda dari segi fungsinya. Inkjet printer lebih cocok untuk pencetakan dokumen skala kecil, sementara laserjet printer cocok untuk skala besar.

  • Ukuran keduanya pun berbeda. Inkjet printer memiliki ukuran yang lebih kecil daripada laserjet printer.

  • Dari segi kualitas dokumen yang dicetak, laserjet printer jauh lebih bagus dan tidak mudah luntur daripada inkjet printer.

  • Kecepatan mencetak dari laserjet printer jauh lebih cepat daripada inkjet printer.

Kelebihan dan kekurangan printer laserjet

Kelebihan dan kekurangan printer laserjet

Laserjet printer memiliki beberapa kelebihan yang menjadi nilai jual utamanya. Beberapa kelebihan tersebut meliputi:


  • Kualitas cetak yang lebih bagus daripada inkjet printer. Dengan menggunakan teknologi yang berbeda, hasil cetakan tidak mudah luntur terkena air.

  • Kecepatan cetak yang lebih tinggi sehingga sangat menghemat waktu jika ingin mencetak dalam jumlah banyak.

  • Dapat mencetak dokumen pada ukuran kertas yang bervariasi.

  • Penggunaan tinta yang lebih efisien daripada inkjet printer sehingga dapat memangkas biaya maintenance.

  • Daya tahan dari laserjet printer cenderung lebih lama karena tidak mudah rusak.

Di sisi lain, ada beberapa kekurangan dari laserjet printer yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya, antara lain:

  • Ukurannya cenderung lebih besar sehingga membutuhkan space yang lebih luas.
  • Untuk mencetak gambar warna beresolusi tinggi, hasilnya tidak sebagus inkjet printer.
  • Harganya lebih tinggi daripada inkjet printer

Cara memilih printer laserjet

Harga laserjet printer cenderung tinggi sehingga Anda harus memilih dengan saksama. Berikut ini merupakan beberapa cara memilih yang harus diperhatikan jika Anda ingin membeli laserjet printer. Silakan jadikan sebagai referensi saat Anda ingin membeli laserjet printer, ya. 

① Sesuaikan dengan fungsi yang Anda butuhkan

Sesuaikan dengan fungsi yang Anda butuhkan

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah laserjet printer adalah fungsinya. Selain mencetak dokumen dari soft copy menjadi hard copy, laserjet printer juga bisa melakukan tugas fotokopi dan scan


Beberapa laserjet printer juga dapat digunakan untuk faksimile. Terkait dengan fungsinya, setiap produk bisa berbeda-beda. Jika Anda ingin membelinya, pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda, baik untuk di rumah maupun di kantor. 

② Perhatikan tipe warna yang dihasilkan

Perhatikan tipe warna yang dihasilkan

Jika dilihat dari warna yang dihasilkan, ada dua pilihan laserjet printer, yaitu monokrom dan berwarna. Untuk tipe monokrom, warna yang dihasilkan hanya hitam saja. Sementara itu, tipe yang berwarna bisa menghasilkan lebih banyak pilihan warna pada dokumen Anda. 


Tentu saja, hal ini juga harus dipertimbangkan saat akan membeli laserjet printer. Banyak orang langsung membeli laserjet printer berwarna supaya praktis. Namun, tentu Anda perlu menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Jika Anda lebih banyak mencetak dokumen tidak berwarna, tipe monokrom adalah pilihan terbaik. 

③ Cek kapasitas printer dalam mencetak dokumen

Cek kapasitas printer dalam mencetak dokumen
Sumber: id.canon

Salah satu kelebihan dari laserjet printer adalah kemampuan mencetak banyak dokumen dalam waktu singkat. Terkait dengan kemampuan sebuah laserjet printer, ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui dan pahami. 


  • Print speed merupakan kecepatan dalam mencetak dokumen per menit. Rata-rata, sebuah laserjet printer dapat mencetak 15 sampai 1000 halaman per menit. 

  • Duty cycle adalah kemampuan mencetak dokumen sebanyak-banyaknya tanpa merusak komponen yang ada di dalamnya.

  • Recommended monthly print volume atau kapasitas bulanan yang direkomendasikan. Istilah ini digunakan untuk menunjukkan angka dokumen yang sebaiknya dicetak dalam satu bulan agar printer tetap berfungsi secara optimal. 

④ Ketahui resolusinya

Ketahui resolusinya


Tidak hanya kapasitas, Anda juga harus memperhatikan resolusinya karena resolusi menentukan kualitas gambar yang dicetak. Resolusi standar dari printer umumnya adalah 600 dpi


Printer dengan resolusi 600 dpi bisa mencetak dokumen tulisan secara jelas dan baik. Jika Anda ingin mencetak gambar, sebaiknya pilih resolusi yang lebih tinggi. Makin tinggi resolusinya, kualitas gambar yang dihasilkan pun makin bagus. 

⑤ Pilih printer laserjet yang mudah dipasang dan dioperasikan

Pilih printer laserjet yang mudah dipasang dan dioperasikan
Sumber: store.hp.com

Setelah membeli printer, biasanya Anda melakukan proses instalasi terlebih dahulu ke PC atau laptop. Agar dapat menginstalnya, Anda memerlukan software printer driver yang biasanya sudah disertakan dalam pembelian. Pastikan Anda membaca buku panduan agar bisa menginstalnya dengan baik. Di dalam buku panduan, biasanya juga sudah disertakan cara mengoperasikan dan fitur-fitur yang tersedia. 


Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah konektivitasnya. Umumnya, laserjet printer dapat disambungkan dengan USB 2.0 atau eternet. Namun, sekarang sudah banyak produk yang dilengkapi koneksi Wi-Fi direct ataupun smart app pada smartphone. Dengan begitu, Anda bisa mengoperasikan printer melalui smartphone. Makin canggih printer-nya, makin efisien pula kerja Anda.

⑥ Pertimbangkan ukuran yang compact

Pertimbangkan ukuran yang compact

Salah satu kekurangan laserjet printer adalah ukurannya cukup besar dan lebih berat dibandingkan inkjet printer. Karena itu, Anda perlu menyiapkan tempat khusus untuk meletakkannya. Pastikan ruang yang tersedia cukup nyaman untuk mencetak dokumen. Jangan sampai space-nya terlalu sempit sehingga Anda tidak leluasa saat menggunakan printer.

10 Rekomendasi printer laserjet terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk printer laserjet terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Canon

imageCLASS LBP6030

Canon imageCLASS LBP6030 1枚目

Hemat daya, cocok untuk penggunaan sehari-hari!

2

HP

Printer Laser 107a

HP Printer Laser 107a 1枚目

Memiliki mobilitas tinggi? Bawa saja printer yang ringan ini!

3

HP

Laser 107w

HP Laser 107w 1枚目

Kecil-kecil cabe rawit! Bisa cetak dokumen dalam jumlah banyak

4

Brother

Laser Printer DCP-B7535DW

Brother Laser Printer DCP-B7535DW 1枚目

Kecepatan printing tinggi, bagus untuk percetakan

5

Brother

Laser Printer MFC-L2700D

Brother Laser Printer MFC-L2700D 1枚目

Hemat waktu dan tenaga berkat fitur High Speed Duplex Printing

6

Brother

Monochrome Laser Printer HL-1201

Brother Monochrome Laser Printer HL-1201  1枚目

Antimacet, hasil print pun senantiasa lancar

7

Fuji Xerox

DocuPrint P115W

Fuji Xerox DocuPrint P115W 1枚目

Harganya ekonomis, bisa hasilkan cetakan dengan resolusi tinggi

8

Brother

DCP-L2540DW

Brother DCP-L2540DW 1枚目

Koneksi beragam, kompatibel dengan laptop dan PC

9

HP

LaserJet Pro M102a Printer

HP LaserJet Pro M102a Printer 1枚目

Printer rumahan dengan kapasitas tinggi? Produk ini jawabannya!

10

HP

Color LaserJet Pro MFP M183fw

HP Color LaserJet Pro MFP M183fw 1枚目

Monthly print volume yang tinggi, pas untuk printer kantor!

Perincian produk
Close
No.1

CanonimageCLASS LBP6030

Mulai dari Rp1.870.000,00

Hemat daya, cocok untuk penggunaan sehari-hari!

Kelebihan:

  • Fitur mati otomatis bisa menghemat tagihan listrik
  • Ukurannya compact, hemat space

Kekurangan:

  • Hanya bisa untuk print saja
  • Konektivitas hanya USB saja

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin menghemat tagihan listrik tiap bulannya. Selain konsumsi daya yang hemat, printer ini juga sudah dilengkapi dengan fitur sleep mode dan auto shutdown. Kombinasi kedua fitur ini tentunya efektif untuk menekan pengeluaran tagihan listrik. Sebagai tambahan, ukurannya pun compact sehingga Anda tidak perlu menyediakan space yang luas.

No.2

HPPrinter Laser 107a

Mulai dari Rp1.695.000,00

Memiliki mobilitas tinggi? Bawa saja printer yang ringan ini!

Kelebihan:

  • Dilengkapi dukungan mobile printing, print makin mudah
  • Bobot relatif ringan, siap mendukung mobilitas Anda yang tinggi

Kekurangan:

  • Hanya untuk print
  • Hanya bisa mencetak dokumen hitam putih

Jika Anda mencari rekomendasi printer laser monokrom untuk penggunaan sehari-hari, produk ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Angka monthly duty cycle dari printer ini relatif tinggi sehingga bisa digunakan untuk mencetak dalam jumlah banyak. Adanya dukungan mobile printing pun membuat pekerjaan Anda makin efisien. Harga yang ditawarkannya juga ramah di kantong.

No.3

Kecil-kecil cabe rawit! Bisa cetak dokumen dalam jumlah banyak

Kelebihan:

  • Ukuran tidak terlalu besar sehingga tak memakan terlalu banyak tempat
  • Resolusi maksimal cukup tinggi
  • Mendukung konektivitas kabel dan nirkabel

Kekurangan:

  • Hanya satu fungsi untuk print saja
  • Tidak bisa mencetak dokumen warna-warni

Jika Anda baru memulai bisnis skala rumahan dan rutin mencetak dokumen dalam jumlah banyak, produk ini layak dipilih. Printer ini bisa mencetak dokumen hingga 1.500 halaman per bulan. Jika digunakan hingga maksimal, kemampuannya bahkan bisa mencapai 10.000 halaman! Bobotnya juga tidak sampai 5 kg. Menariknya lagi, printer ini juga sudah mendukung konektivitas kabel dan nirkabel, lho!

No.4

BrotherLaser Printer DCP-B7535DW

Mulai dari Rp3.590.000,00

Kecepatan printing tinggi, bagus untuk percetakan

Kelebihan:

  • Kecepatan printing yang tinggi bagus untuk usaha percetakan
  • Bebas repot dengan fitur Automatic 2-sided Printing

Kekurangan:

  • Bodinya besar sehingga cukup memakan tempat
  • Hanya bisa mencetak dokumen hitam putih

Untuk bisa meningkatkan produktivitas, Anda memerlukan printer dengan kecepatan mencetak yang tinggi. Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat karena kemampuan mencetaknya mencapai 36 ppm. Tidak ketinggalan, printer ini juga dilengkapi fitur Automatic 2-sided Printing yang bisa mencetak di dua sisi kertas secara otomatis. 


Selain itu, printer ini juga mendukung wireless printing sehingga menambah efisiensi. Resolusi dokumen yang dihasilkan pun juga sangat bagus. Jika Anda ingin membelinya, pastikan sudah memiliki tempat yang cukup luas, ya. 

No.5

BrotherLaser Printer MFC-L2700D

Mulai dari Rp3.690.000,00

Hemat waktu dan tenaga berkat fitur High Speed Duplex Printing

Kelebihan:

  • Multifungsi, dapat digunakan untuk fotokopi, scan, dan faksimile di mesin yang sama
  • Fitur High Speed Duplex Printing menghemat waktu dan tenaga

Kekurangan:

  • Hanya bisa mencetak dokumen dalam bentuk hitam putih saja

Anda mencari printer yang memiliki beragam konektivitas? Pilih saja produk ini untuk memudahkan pekerjaan Anda. Selain lewat USB, Anda juga bisa langsung menghubungkannya secara wireless dari gadget masing-masing. Hal ini tentunya meningkatkan efisiensi penggunaan. Print speed dari printer ini juga relatif cepat berkat fitur High Speed Duplex Printing.

No.6

BrotherMonochrome Laser Printer HL-1201

Mulai dari Rp1.590.000,00

Antimacet, hasil print pun senantiasa lancar

Kelebihan:

  • Bobot ringan sehingga mudah dipindahkan
  • Dimensinya relatif kecil, hemat space
  • Hasil print selalu lancar berkat fitur anti-paper jam 

Kekurangan:

  • Hanya bisa dihubungkan dengan USB saja
  • Tidak bisa mencetak warna, hanya hitam putih saja

Anda sering mengalami kertas nyangkut di dalam printer saat sedang mencetak dokumen? Jika iya, printer ini hadir untuk menjawab masalah Anda. Hal ini karena teknologi anti-paper jam yang terdapat di dalam printer. Selain itu, bobot printer ini juga tergolong ringan dan dimensinya tidak memakan banyak tempat. Harganya pun cukup bersahabat sehingga cocok untuk bisnis rumahan.

No.7

Fuji XeroxDocuPrint P115W

Mulai dari Rp1.250.000,00

Harganya ekonomis, bisa hasilkan cetakan dengan resolusi tinggi

Kelebihan:

  • Resolusi tinggi, hasil print terlihat lebih jelas dan tajam 

Kekurangan:

  • Tidak multifungsi, hanya bisa untuk print monokrom saja

Laserjet printer ini bisa digunakan untuk mencetak dokumen dalam resolusi yang cukup tinggi. Print speed dari produk ini pun relatif cepat, yakni mencapai 20 ppm. Anda juga bisa menghubungkannya lewat USB atau Wi-Fi. Harganya pun relatif terjangkau sehingga cocok untuk bisnis rumahan. Namun, printer ini hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen monokrom saja. 

No.8

Koneksi beragam, kompatibel dengan laptop dan PC

Kelebihan:

  • Angka kecepatan mencetak relatif cepat, menghemat waktu Anda
  • Tersedia beragam koneksi yang memudahkan penggunaan

Kekurangan:

  • Hanya bisa mencetak dokumen hitam-putih

Jika Anda mencari rekomendasi printer all-in-one yang bisa mencetak dokumen dalam waktu singkat, produk ini adalah pilihan yang tepat. Kecepatan mencetak dari printer ini mencapai 30 ppm. Dengan demikian, pekerjaan Anda akan menjadi lebih efisien.


Selain itu, printer hemat tinta ini menyediakan beragam koneksi. Anda bisa menghubungkannya lewat kabel USB, eternet, bahkan wireless. Sayangnya printer ini hanya bisa mencetak hitam-putih.

No.9

HPLaserJet Pro M102a PrinterG3Q34A

Mulai dari Rp1.499.900,00

Printer rumahan dengan kapasitas tinggi? Produk ini jawabannya!

Kelebihan:

  • Ukuran cukup compact, hemat space
  • Efisien, bisa mencetak dalam jumlah banyak

Kekurangan:

  • Tidak memiliki sambungan wireless, hanya lewat USB saja
  • Hanya bisa mencetak dokumen monokrom saja


Anda sedang merintis bisnis rumahan dan membutuhkan laserjet printer? Produk ini bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Harganya cukup terjangkau dengan kemampuan yang ditawarkan. Pasalnya, printer ini bisa mencetak dokumen sampai dengan 1.500 halaman per bulan. Jika digunakan sampai maksimal, Anda bisa mencetak sampai 10.000 halaman. 


Dari segi dimensi, produk yang satu ini juga tidak memakan banyak tempat. Bobotnya pun relatif ringan sehingga masih bisa dipindahkan dengan mudah. Namun, printer ini tidak memiliki sambungan wireless dan Anda hanya bisa mencetak menggunakan kabel USB saja. Selain itu, printer ini hanya bisa mencetak dokumen dalam versi BW (black & white) saja. 

No.10

HPColor LaserJet Pro MFP M183fw7KW56A

Mulai dari Rp6.750.000,00

Monthly print volume yang tinggi, pas untuk printer kantor!

Kelebihan:

  • Monthly print volume dan monthly duty cycle yang tinggi, sanggup mencetak banyak
  • Multifungsi, bisa digunakan untuk print, copy, scan, dan fax
  • Dilengkapi konektivitas USB dan Wi-Fi, mudahkan penggunaan

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar sehingga lebih cocok untuk penggunaan di kantor yang luas

Bagi Anda yang sedang mencari laserjet printer untuk di kantor, produk ini bisa menjadi pilihan terbaik. Angka recommended monthly print volume dan monthly duty cycle yang tinggi membuatnya cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak. 


Selain sebagai printer, Anda juga bisa menggunakannya untuk fotokopi, scan, dan faksimile. Tidak ketinggalan, laserjet printer ini juga dilengkapi konektivitas USB dan Wi-Fi. Dengan demikian, Anda bisa menggunakannya untuk mencetak dokumen meski cukup jauh dari laptop.

Baca juga rekomendasi produk printer lainnya di sini

Kami juga sudah pernah membahas berbagai jenis printer yang dapat dijadikan sebagai referensi, seperti mobile printer dan inkjet printer. Jika Anda tertarik ingin mencari tahu lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini. Anda juga dapat membaca kategori lain melalui official website kami di my-best.id.

Kesimpulan

Jadi, itulah pembahasan mengenai laserjet printer beserta cara memilihnya. Tidak hanya itu saja, kami juga sudah merekomendasikan sepuluh produk laserjet printer yang terbaik. Jika Anda berencana membeli laserjet printer, jadikan panduan di atas sebagai referensi, ya. 


Jika Anda ingin lebih mengetahui perbedaannya, silakan cari tahu fitur-fitur yang ada di setiap produknya. Belilah printer yang sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer