• 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Sekolah Warna Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat anak kembali bersekolah, sepatu menjadi barang penting yang wajib disiapkan. Banyak sekolah mewajibkan siswanya untuk memakai sepatu hitam, baik sepatu hitam polos maupun hitam bertali. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda menemukan sepatu sekolah warna hitam terbaik.


Anda bisa mempertimbangkan beberapa merek sepatu sekolah yang bagus, seperti Converse, adidas, atau TOMKINS. Selain itu, kami juga akan memberi sepuluh rekomendasi sepatu sekolah hitam kekinian untuk anak remaja. Langsung baca artikel di bawah ini, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 29 November 2022
Daftar isi

Cara memilih sepatu sekolah warna hitam

Agar anak mendapatkan sepatu sekolah yang sesuai, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa tips memilih sepatu sekolah warna hitam yang bisa Anda aplikasikan saat hendak membelinya.

Perhatikan bahan sepatu

Pemilihan material atau bahan sepatu adalah poin paling penting untuk dipertimbangkan. Bahan yang dipilih akan memengaruhi kenyamanan anak saat memakainya. Sebelum memilih, ketahui dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan bahan sepatu berikut ini. 

Kanvas: Bobotnya ringan dan lentur

Kanvas: Bobotnya ringan dan lentur

Kanvas merupakan jenis material sepatu sekolah yang paling banyak ditemukan di pasaran. Anda bisa mengenali bahan kanvas lewat permukaannya yang terlihat berserat. Keunggulan dari sepatu kanvas adalah ringan dan lentur saat dipakai. Jenis bahan ini mudah dicuci atau dibersihkan hanya dengan dilap menggunakan kain


Meskipun begitu, Anda juga perlu berhati-hati saat merawat sepatu berbahan kanvas. Simpan sepatu kanvas di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika banyak terpapar sinar matahari, sepatu Anda bisa berubah warna dan memudar. Sepatu ini juga mudah menyerap air sehingga tidak cocok dipakai saat musim hujan.

Mesh: Bahan berpori yang breathable

Mesh: Bahan berpori yang breathable

Mesh adalah material berpori besar yang banyak ditemukan pada sepatu olahraga. Bahannya breathable mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga sepatu tidak mudah apak dan pengap. Selain itu, bahan mesh juga dikenal ringan.


Sama seperti bahan kanvas, sepatu berbahan mesh juga mudah dicuci. Anda cukup mencucinya dengan sikat halus dan mengeringkannya di tempat berangin selama kurang lebih 24 jam. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung karena bahannya bisa berubah menjadi kaku. 

Kulit sintetis: Kulit imitasi dengan harga yang relatif terjangkau

Kulit sintetis: Kulit imitasi dengan harga yang relatif terjangkau

Kulit sintetis adalah jenis kulit imitasi yang terbuat dari bahan dasar kain dan campuran bahan kimia olahan pabrik. Bahan ini banyak digunakan untuk membuat sepatu karena harganya relatif lebih terjangkau dibandingkan kulit asli. Anda bisa langsung mengenali sepatu jenis ini dari teksturnya yang mengilap


Meski kulit sintetis tidak mudah basah saat terkena air, sebaiknya Anda tidak mengenakannya kala cuaca hujan atau jalanan becek. Supaya tahan lama, Anda harus rajin membersihkannya dengan sabun khusus kulit. Lap bagian permukaan sepatu dan usahakan tidak ada air yang masuk ke bagian dalam sepatu.

Pilih model sepatu berdasarkan kemudahan cara pemakaiannya

Selain bahan, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan dalam memilih sepatu adalah modelnya. Jika sekolah anak Anda memiliki peraturan khusus tentang model sepatu yang wajib dikenakan, Anda tinggal mematuhinya. Namun, jika anak bebas memakai sepatu model apa saja, Anda tinggal mencarikan model sepatu berdasarkan cara pemakaiannya.

Model velcro, mudah dikenakan oleh anak TK dan SD

Model velcro, mudah dikenakan oleh anak TK dan SD

Sepatu model velcro merupakan model yang praktis digunakan. Cara pakainya mudah, hanya dengan membuka dan merekatkan kembali velcro. Sepatu model ini sangat cocok untuk anak TK atau SD yang belum menguasai teknik mengikat tali sepatu. Jadi, anak Anda bisa memakai sepatu sekolah sendiri tanpa bantuan Anda. 

Model slip-ons, bisa dilepas pasang secara cepat

Model slip-ons, bisa dilepas pasang secara cepat

Model sepatu slip-ons juga bisa menjadi pilihan untuk sepatu sekolah. Model sepatu ini sangat simpel dan mudah dikenakan serta cocok untuk anak yang tidak mau ribet. Anak bisa memakai atau melepas sepatunya dengan cepat. Selain sebagai sepatu sekolah, modelnya yang cukup trendi juga bisa dipakai untuk acara santai di luar sekolah, lho! 

Model tali, melekat erat di kaki dan bisa diatur tingkat kenyamanannya

Model tali, melekat erat di kaki dan bisa diatur tingkat kenyamanannya

Sepatu sekolah yang paling populer adalah sepatu sekolah hitam bertali. Beberapa sekolah memiliki aturan untuk menggunakan sepatu model ini agar terlihat seragam. Dengan memakai sepatu bertali, anak bisa mengatur lebar atau sempitnya sesuai dengan kenyamanan mereka. Sepatu ini juga akan melekat erat di kaki dan tidak mudah lepas meski digunakan berlari.


Namun, jika anak Anda belum menguasai teknik mengikat tali sepatu, hindarilah sepatu model ini. Jika di sekolah tali sepatu terlepas, anak akan kesulitan mengikatnya kembali. Tali sepatu yang terlepas bisa saja terinjak dan membuat anak jadi tersandung. 

Sesuaikan dengan aturan sekolah

Sesuaikan dengan aturan sekolah

Sebelum memutuskan untuk membeli sepatu sekolah, pastikan Anda sudah mengetahui aturan sekolah dalam hal pemakaian sepatu. Biasanya yang dianjurkan oleh sekolah adalah sepatu berwarna hitam polos dan hitam bertali. Ada sekolah yang mengharuskan sepatu benar-benar berwarna hitam secara keseluruhan. Ada pula yang mengizinkan sepatu dengan kombinasi warna putih. 


Ada banyak juga aturan yang mewajibkan anak untuk memilih satu model tertentu. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini terdapat banyak sekali sepatu warna hitam yang keren. Jadi, anak tetap bisa tampil trendi tanpa harus melanggar aturan sekolah. 

Pastikan ukurannya pas dan nyaman di kaki

Pastikan ukurannya pas dan nyaman di kaki

Pada poin terakhir, pastikan Anda mengukur kaki anak dengan tepat agar sepatu yang ia kenakan pas dan nyaman di kaki. Jika Anda hendak membelinya lewat offline store, belilah sepatu pada malam hari. Ukuran kaki pada malam hari biasanya jauh lebih besar dibandingkan pada pagi hari.


Namun, jika Anda hendak membeli lewat online store, pastikan Anda memperhatikan size chart yang tertera secara saksama. Anda mungkin akan melihat tiga tipe ukuran, yaitu EU, US, atau UK. Setiap tipe punya standar yang berbeda-beda. Akan tetapi, biasanya seller juga memberikan penjelasan ukuran dalam cm, kok.

10 Rekomendasi sepatu sekolah warna hitam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu sekolah warna hitam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 17 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa PVN Dalmi masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Dwi Naga Sakti Abadi Homyped Imagine 01 muncul sebagai produk terlaris kedua.

Gambar produk
1
PVN Dalmi Basic Sneakers Black 1

PVN

2
Dwi Naga Sakti Abadi Homyped Imagine 01 1

Dwi Naga Sakti Abadi

3
TOMKINS Ron 1

TOMKINS

4
COMPASS® Gazelle Low Black White 1

COMPASS®

5
MACo. Catenzo Junior Sepatu Sekolah Anak 1

MACo.

6
Selena Sepatu Pantofel Anak 1

Selena

7
Converse Chuck Taylor All Star Hi Unisex Sneakers Shoes - Mono Black 1

Converse

8
Precise Deflin JT All Black 1

Precise

9
Vans Slip-On Black 1

Vans

10
adidas Sepatu Duramo SL 2.0 1

adidas

Nama produk

Dalmi Basic Sneakers Black

Homyped Imagine 01

Ron

Gazelle Low Black White

Catenzo Junior Sepatu Sekolah Anak

Sepatu Pantofel Anak

Chuck Taylor All Star Hi Unisex Sneakers Shoes - Mono Black

Deflin JT All Black

Slip-On Black

Sepatu Duramo SL 2.0

Keunggulan

Sepatu sekolah hitam dengan model kekinian

Outsole berbahan phylon membuat sepatu jadi lebih awet

Bahannya tidak membuat kaki gerah dan pengap!

Sepatu hitam putih buatan lokal yang menjadi incaran para remaja

Modelnya manis, cocok dikenakan anak perempuan

Pantofel untuk si kecil yang girly

Desain polos bertali yang klasik dan tak lekang oleh waktu

Slip-on all black berbahan kanvas yang simpel dan praktis

Dipakai sekolah oke, dijadikan sepatu gaya juga bisa

Makin keren dengan sneakers hitam sporty

Harga mulai dariRp 399.999,00Rp 419.900,00Rp 399.000,00Rp 408.000,00Rp 134.750,00Rp 27.000,00Rp 799.000,00Rp 369.900,00Rp 525.000,00Rp 900.000,00
Bahan upperKulit sintetisMeshMeshKanvasSintetisSintetisKanvasKanvasKanvasSandwich mesh
ModelBertaliVelcroVelcroBertaliVelcroVelcroBertaliVelcroSlip-onsBertali
UkuranEU 36–41EU 29–38EU 33–40EU 35–45EU 31–37EU 26–35US 3–11EU 31–37EU 36-46UK 6–12
Tautan produk
10

adidasSepatu Duramo SL 2.0

GW8336

Mulai dari Rp 900.000,00

Bahan upperSandwich mesh
ModelBertali
UkuranUK 6–12
9
Bahan upperKanvas
ModelSlip-ons
UkuranEU 36-46
8
Bahan upperKanvas
ModelVelcro
UkuranEU 31–37
7

ConverseChuck Taylor All Star Hi Unisex Sneakers Shoes - Mono Black

Mulai dari Rp 799.000,00

Bahan upperKanvas
ModelBertali
UkuranUS 3–11
6

SelenaSepatu Pantofel Anak

S.01

Mulai dari Rp 27.000,00

Bahan upperSintetis
ModelVelcro
UkuranEU 26–35
5

MACo.Catenzo Junior Sepatu Sekolah Anak

CSD 022

Mulai dari Rp 134.750,00

Bahan upperSintetis
ModelVelcro
UkuranEU 31–37
4

COMPASS®Gazelle Low Black White

Mulai dari Rp 408.000,00

Bahan upperKanvas
ModelBertali
UkuranEU 35–45
3
Bahan upperMesh
ModelVelcro
UkuranEU 33–40
2

Dwi Naga Sakti AbadiHomyped Imagine 01

Mulai dari Rp 419.900,00

Bahan upperMesh
ModelVelcro
UkuranEU 29–38
1
Bahan upperKulit sintetis
ModelBertali
UkuranEU 36–41

Tips merawat sepatu sekolah

Tips merawat sepatu sekolah

Sepatu yang tidak dirawat akan mudah usang dan rusak. Oleh karena itu, Anda perlu merawat dan membersihkannya supaya tetap nyaman dan layak dikenakan. Berikut ini cara merawat sepatu sekolah yang bisa dilakukan oleh anak Anda.


  • Simpan di tempat kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik

Sepatu sekolah biasanya diletakkan begitu saja di teras atau rak sepatu di depan rumah. Hal ini bisa menyebabkan sepatu berdebu. Tempatkan sepatu di dalam rak sepatu tertutup yang tidak terkena matahari langsung. Namun, pastikan rak sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik supaya sepatu tidak lembap dan menjadi jamuran. 


  • Rawat sesuai dengan bahan sepatunya

Bersihkan dan cuci sepatu berdasarkan bahannya. Jika sepatu terbuat dari kanvas atau mesh, Anda bisa mencucinya dan menyikat halus. Apabila terbuat dari kulit sintetis, Anda cukup mengelap dengan kain basah dan mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan. Supaya lebih mengilap, Anda juga bisa menyemirnya dengan semir sepatu.


  • Gunakan sepatu sesuai fungsinya

Sepatu biasanya dirancang sesuai dengan fungsinya. Ada sepatu yang hanya bisa dipakai untuk berjalan, ada juga yang khusus untuk olahraga. Namun, sering kali anak mengabaikan hal. Jika anak Anda sangat aktif, lebih baik belikan sepatu yang memang bisa sekaligus dipakai untuk olahraga. Jadi, sepatu tidak mudah rusak karena sudah sesuai dengan fungsinya. 


  • Melepas dan memakai sepatu dengan cara yang benar

Beberapa anak suka terburu-buru hingga memakai sepatu dengan cara yang tidak benar, misalnya dengan menginjak bagian belakang. Begitu juga saat melepasnya. Ada anak yang melepas sepatu tanpa membuka velcro atau talinya, tetapi diinjak di bagian tumit. Hal ini membuat sepatu mudah rusak. Supaya sepatu awet, pakai dan lepas sepatu secara benar.

Baca juga rekomendasi keperluan sekolah untuk anak lainnya di sini

Selain sepatu sekolah yang berwarna hitam, mungkin Anda sedang mencari keperluan sekolah untuk anak lainnya. Di bawah ini, kami memiliki rekomendasi tas sekolah untuk anak laki-laki, kotak makan, dan tempat pensil untuk anak. Silakan klik tautan di bawah untuk informasi lebih lengkapnya!

Kesimpulan

Banyaknya ragam sepatu sekolah warna hitam memang bisa membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Namun, Anda bisa memilihnya berdasarkan poin-poin penting yang sudah kami sampaikan di atas. 


Pastikan sepatu yang Anda pilih sudah sesuai dengan selera dan kebutuhan anak. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan aturan yang ada agar sepatu yang Anda pilih tepat. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Merk Sneakers Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sneakers Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    Sneakers untuk anak-anak memegang peranan penting, yaitu memberi dukungan bagi kaki anak-anak yang gemar bermain seperti melompat dan berlari. Hal ini tidak hanya berlaku bagi anak laki-laki, tetapi juga anak perempuan. Namun, pemilihan sneakers anak perempuan tidak cukup fokus pada kemampuannya melindungi kaki, Anda juga perlu menemukan desain yang cantik.Di artikel ini, Anda bisa mencari tahu cara memilih sneakers untuk anak perempuan yang bagus serta menemukan merek terbaik. Ada beberapa merek yang akan kami ulas seperti Vans, Adidas, serta merek sneakers lainnya. Jadi, langsung baca saja, yuk! 
    Sepatu anak
  • 10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu yang Bagus untuk Anak Laki-Laki (Terbaru Tahun 2022)
    Memilih sepatu untuk anak tidak boleh sembarangan, apalagi anak laki-laki yang biasanya lebih aktif. Jika Anda salah memilih sepatu, dikhawatirkan akan menghambat pertumbuhan kaki anak. Jangan memilih sepatu anak dari modelnya yang keren saja. Lalu, sepatu seperti apa yang terbaik untuk anak?Kami akan memberikan tips memilih sepatu khusus untuk anak laki-laki di artikel ini. Kami juga akan mengulas produk sepatu anak laki-laki yang bagus rekomendasi kami. Merek-merek sepatu anak laki-laki terbaik, seperti Nike, Ardiles, Skechers, dan Tomkins, masuk dalam daftar rekomendasi kami. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Sepatu anak
  • 10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sandal Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk dipakai saat bersantai, sandal memang pilihan yang paling pas dan nyaman. Tidak hanya orang tua saja yang membutuhkan sandal, tetapi juga anak-anak. Namun, memilih sandal untuk anak tidak boleh sembarangan. Pemilihan sandal yang salah dapat menghambat pertumbuhan kaki si kecil, lho!Jika Anda sedang mencari sandal yang bagus, nyaman, dan tentunya aman dipakai anak, bacalah artikel ini. Anda bisa menemukan tips memilih sandal anak yang tepat sekaligus rekomendasi merek terbaik. Ada sandal dari Nike, PUMA, Crocs, dan Bata yang dapat dijadikan pilihan. Baca hingga akhir, ya! 
    Sepatu anak
  • 10 Merk Sepatu Pesta Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Sepatu Pesta Terbaik untuk Anak Perempuan (Terbaru Tahun 2022)
    Selain gaun, putri Anda tentu memerlukan sepatu yang sesuai agar tampil cantik saat menghadiri pesta. Ada beragam sepatu pesta yang dapat ditemukan di berbagai gerai online. Model, ukuran, dan warnanya pun sangat bervariasi serta menarik perhatian. Namun, sepatu pesta seperti apa yang bagus dan sesuai untuk putri Anda? Kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih sepatu pesta untuk anak perempuan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi merek sepatu pesta, seperti Gabino, Fladeo, dan Ulikids. Simak informasi selengkapnya dan buat anak Anda bagaikan putri raja di acara pesta nanti!
    Sepatu anak
  • 10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sandal Terbaik untuk Anak Laki-laki (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan anak laki-laki agar tampil lebih modis dan keren adalah sandal. Bahkan, sandal juga berfungsi untuk menemani fase latihan berjalan. Ada tiga jenis sandal anak laki-laki yang populer di pasaran, yaitu flip-flop, slip-on, dan sepatu sandal.Agar tidak salah pilih, Anda sebaiknya membaca artikel ini hingga tuntas. Kami akan memberikan tips memilih sandal yang bagus untuk anak laki-laki serta merekomendasikan produk terbaiknya. Produk dari deretan merek sandal anak ternama, seperti Crocs, PYOPP, dan Fipper juga akan turut kami ulas. So, stay tune!
    Sepatu anak
  • 10 Rekomendasi Sneaker Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sneaker Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sneakers merupakan alas kaki yang nyaman digunakan untuk berjalan ataupun berlari. Bagi bayi yang baru belajar berjalan, sneakers bisa menjadi pilihan alas kaki yang tepat. Saat ini, ada banyak produsen yang turut memproduksi sneakers untuk bayi. Anda bisa menemukan sneakers bayi yang bagus dari merek terbaik, seperti Attipas, Syalu, dan Hello Mici.Sekarang kami akan berbagi tips memilih sneakers bayi yang nyaman dikenakan. Kami juga akan mengulas sneakers bayi perempuan dan sneakers bayi laki-laki yang mudah dipasang dan dilepas. Simak artikel ini dan dapatkan referensi sneakers terbaik untuk bayi Anda.
    Sepatu anak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori