• 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Salep Luka Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Salep Luka Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Saat beraktivitas, kecelakaan seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot mungkin saja terjadi. Untuk itu, menyediakan salep luka bakar di kotak obat merupakan hal penting untuk dilakukan. Sebenarnya, salep luka bakar seperti apakah yang sebaiknya Anda beli?


Untuk mengetahui lebih banyak tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar, serta rekomendasi produk terbaik pilihan kami. Salep luka bakar terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo ada dalam rekomendasi kami. Yuk, temukan produk terbaik untuk mengatasi luka bakar Anda.

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 4.209 Views
Daftar isi

Kenali luka bakar dan derajatnya

Kenali luka bakar dan derajatnya

Luka bakar terjadi ketika jaringan kulit rusak akibat terbakar sinar matahari (sunburn), bersentuhan dengan benda panas, tersengat listrik, atau terpapar zat kimia. Dalam kehidupan sehari-hari, luka bakar bisa terjadi karena terkena setrika, knalpot kendaraan, tersiram air panas, atau sebab lainnya. Luka bakar sendiri dibagi menjadi tiga tingkatan atau disebut sebagai derajat luka bakar. Derajat luka bakar tersebut dibagi berdasarkan kedalaman luka yang ditimbulkan.


Pada derajat yang paling rendah, luka bakar hanya terjadi di lapisan epidermis atau lapisan kulit terluar. Di tingkatan ini, Anda akan mengalami kulit kemerahan, serta peradangan ringan dengan rasa nyeri yang masih dapat ditahan. Selain itu, saat luka mulai sembuh, akan terjadi pengelupasan kulit. Umumnya, luka bakar derajat satu memerlukan waktu antara tujuh hari hingga sepuluh hari untuk benar-benar sembuh. Kulit Anda pun bisa kembali mulus seperti sedia kala.


Luka bakar memasuki derajat dua ketika luka menembus dermis atau lapisan kulit dalam. Gejalanya berupa kulit memerah dan melepuh, juga terasa sangat perih. Di samping itu, area yang terluka tampak basah dan mengilap. Benjolan berisi cairan juga terkadang muncul dan dapat memicu infeksi jika dipecahkan. Jika tidak disertai infeksi, luka bakar derajat dua bisa sembuh dalam waktu dua minggu sampai tiga minggu. Namun, tentu Anda perlu merawat luka tersebut dengan baik.


Saat luka bakar menembus hingga jaringan lemak, Anda sebaiknya langsung berobat ke dokter. Pada derajat yang ketiga ini, akan mucul area putih atau cokelat gelap pada kulit yang terbakar. Luka bakar ini bisa menyebabkan rusaknya saraf dan pembuluh darah. Tak jarang, kulit di sekitar luka menjadi mati rasa. Umumnya, luka bakar derajat tiga meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut atau sering disebut sebagai keloid. Biasanya, dokter akan menyarankan operasi untuk mengatasinya.

Cara memilih salep luka bakar

Salep merupakan salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi luka bakar. Apabila luka bakar Anda masih ada di derajat satu dan dua, Anda dapat membeli sendiri salep untuk meringankannya. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa Anda ikuti sebagai panduan dalam memilih salep luka bakar yang tepat.

Bahan aktif yang sebaiknya ada di dalam salep luka bakar

 Bahan aktif yang sebaiknya ada di dalam salep luka bakar

Salep luka bakar sebaiknya memiliki kandungan antibiotik, antiinflamasi, dan pelembab agar dapat mengatasi luka bakar dengan baik. Antibiotik dibutuhkan agar area yang terluka tidak terinfeksi bakteri yang membuat peradangan tak kunjung sembuh. Pada dasarnya, semua salep antibiotik bisa Anda gunakan untuk mencegah infeksi pada luka bakar. Namun, akan lebih baik jika salep pilihan Anda memiliki kandungan yang mampu menenangkan peradangan dan menyerap panas. Kandungan antibiotik yang ada di salep luka bakar biasanya berupa silver sulfadiazine, gentamycin dan neomicin sulphate, octenidine, dan lain-lain.


Sementara itu, peradangan dan rasa panas pada area kulit yang terbakar perlu diatasi dengan zat antiinflamasi. Kandungan seperti allantoin memiliki fungsi antiinflamasi yang sangat baik untuk luka bakar. Anda juga bisa memilih bahan alami seperti lidah buaya. Tak hanya menyejukkan, lidah buaya juga mampu melembapkan. Kondisi kulit yang lembap dan bersih bisa mempercepat penyembuhan luka bakar. Selain itu, agen pelembap seperti hyaluronic acid juga aman digunakan untuk melembapkan kulit yang mengalami luka bakar.

Pilih salep sesuai dengan tingkatan luka bakar yang Anda alami

Pilih salep sesuai dengan tingkatan luka bakar yang Anda alami

Luka bakar yang terjadi karena kecelakaan rumah tangga umumnya berada pada derajat satu dan dua. Agar Anda mendapat manfaat optimal, sesuaikan salep dengan derajat luka bakar yang Anda alami.


Apabila Anda tidak sengaja menyenggol setrika atau wajan panas sehingga kulit memerah, gunakanlah salep yang tinggi kandungan antiinflamasi. Pada derajat satu, luka bakar jarang menyebabkan munculnya luka terbuka sehingga infeksi bakteri sangat minim. Pilihlah salep dengan kandungan yang mampu menenangkan peradangan, serta membuat luka cepat mengering.


Untuk luka bakar akibat terciprat minyak atau air panas yang membuat kulit melepuh, pakailah salep dengan kandungan antibiotik juga. Antibiotik diperlukan untuk mencegah timbulnya infeksi pada luka Anda. Namun, berhati-hatilah jika luka bakar Anda cukup luas atau berada di area wajah, leher, persendian, atau selangkangan. Pada kasus seperti itu, sebaiknya Anda lekas pergi ke dokter untuk perawatan yang lebih lanjut.


Sementara itu, luka bakar derajat tiga yang menyebabkan luka lebih dalam sebaiknya ditangani oleh dokter. Bila Anda ingin menggunakan salep, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping atau komplikasi.

Mana yang lebih baik, bahan alami atau bahan kimia?

Mana yang lebih baik, bahan alami atau bahan kimia?

Baik bahan alami maupun bahan kimia, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar. Banyak bahan alami, seperti madu, lidah buaya, tea tree oil, hingga ekstrak buah-buahan, memiliki kemampuan antiinflamasi dan antibiotik. Demikian juga dengan bahan kimia. Terdapat begitu banyak bahan kimia dengan fungsinya masing-masing yang bisa membantu Anda merawat luka bakar yang Anda alami.


Tidak masalah apakah Anda memilih salep dengan bahan alami atau kimia. Yang terpenting, pilihlah produk yang bisa menyerap panas dan melindungi luka, melembapkan area yang terluka, serta mencegah infeksi. Satu lagi yang perlu diperhatikan, pilihlah produk dari produsen dan penjual yang tepercaya. Hal tersebut bertujuan agar Anda terhindar dari produk palsu.

10 Rekomendasi salep luka bakar terbaik

Di bagian ini, kami akan menyajikan rekomendasi produk salep luka bakar terbaik yang telah kami siapkan untuk Anda. Baca dengan saksama dan pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
Bahan aktifPlacenta extract, neomycin sulphate
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi15 g
9
Bahan aktifPovidone iodine
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi20 g
8
Bahan aktifFermentasi pepaya
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi15 g (tube), 25 g (tube), 75 g (jar), 200 g (jar)
7
Bahan aktifMelaleuca oil
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi50 g
6
Bahan aktifPanax ginseng, polygonum multiflori, polygonum cuspidatum, angelica sinensis
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi20 g
5
Bahan aktifOctenidine hydrochloride, allantoin
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi10 g, 20 g
4
Bahan aktifTea tree oil, aloe vera, centellae herba extract
Derajat luka bakar1 dan 2
Isi30 g, 60 g
3
Bahan aktifSilver sulfadiazine, hyaluronic acid
Derajat luka bakar2 dan 3
Isi25 g
2
Bahan aktifMinyak wijen, cera flava, herbal
Derajat luka bakar1, 2 , 3
Isi20 g
1

Tianjin Darentang Jingwanhong Pharmaceutical Ching Wan Hung

Rp 30.000,00

Bahan aktifCera flava, chaemomelis frucius, oelum sesami, sangnisorbreradix
Derajat luka bakar1, 2, 3
Isi10 g (tube), 30 g (jar)

Tabel perbandingan produk salep luka bakar terbaik

Gambar produk
1
Tianjin Darentang Jingwanhong Pharmaceutical  Ching Wan Hung 1

Tianjin Darentang Jingwanhong Pharmaceutical

2
Combiphar Mebo 1

Combiphar

3
 Darya-Varia Laboratoria Burnazin Plus 1

Darya-Varia Laboratoria

4
Borobudur Herbal Bioskin Gel 1

Borobudur Herbal

5
Anugerah Familindo Utama Octenilin Gel 1

Anugerah Familindo Utama

6
CNI Nutrimoist 1

CNI

7
Mundipharma Mundicare Burnaid Gel 1

Mundipharma

8
Lucas' Papaw Remedies Lucas' Papaw Ointment 1

Lucas' Papaw Remedies

9
Mundipharma BETADINE Antiseptic Ointment 1

Mundipharma

10
KalbeMed Bioplacenton 1

KalbeMed

Nama produk

Ching Wan Hung

Mebo

Burnazin Plus

Bioskin Gel

Octenilin Gel

Nutrimoist

Mundicare Burnaid Gel

Lucas' Papaw Ointment

BETADINE Antiseptic Ointment

Bioplacenton

Keunggulan

Menyerap panas dan menghilangkan nyeri dengan seketika

Kaya akan pelembap untuk mempercepat penyembuhan luka

Mencegah dan menghentikan infeksi pada luka bakar berat

Kandungan alaminya mampu menyerap panas dan menenangkan kulit

Telah teruji mampu menghambat infeksi hanya dalam waktu 2 menit

Salep serbaguna untuk memar hingga luka bakar

Sahabat para ibu rumah tangga

Salep multifungsi yang aman untuk bayi

Mengeringkan luka dengan lebih cepat

Merangsang pertumbuhan sel kulit baru pada area yang terluka

HargaRp 30.000,00Rp 79.500,00Rp 110.000,00Rp 17.000,00Rp 40.000,00Rp 165.000,00Rp 150.000,00Rp 65.000,00Rp 38.000,00Rp 18.000,00
Bahan aktifCera flava, chaemomelis frucius, oelum sesami, sangnisorbreradixMinyak wijen, cera flava, herbalSilver sulfadiazine, hyaluronic acidTea tree oil, aloe vera, centellae herba extractOctenidine hydrochloride, allantoinPanax ginseng, polygonum multiflori, polygonum cuspidatum, angelica sinensisMelaleuca oilFermentasi pepayaPovidone iodinePlacenta extract, neomycin sulphate
Derajat luka bakar1, 2, 31, 2 , 32 dan 31 dan 21 dan 21 dan 21 dan 21 dan 21 dan 21 dan 2
Isi10 g (tube), 30 g (jar)20 g25 g30 g, 60 g10 g, 20 g20 g50 g15 g (tube), 25 g (tube), 75 g (jar), 200 g (jar)20 g15 g
Tautan produk

Tips merawat luka bakar

Perawatan yang benar pada luka bakar bisa mempercepat penyembuhan dan meminimalisasi munculnya bekas luka. Saat merawat luka bakar, ada hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan. Mari kita bahas!

Langkah-langkah yang boleh dilakukan saat merawat luka bakar

Langkah-langkah yang boleh dilakukan saat merawat luka bakar

Anda bisa merawat luka bakar secara mandiri apabila luka tersebut berada pada derajat satu dan dua. Pertama, posisikan area yang terluka di bawah air mengalir selama sepuluh menit hingga dua puluh menit. Usahakan suhu air ada pada suhu normal, bukan air hangat, juga bukan yang terlalu dingin. Berikutnya, keringkan luka dengan kain bersih, lalu oleskan salep luka bakar atau salep antibiotik. Jika tidak ada salep, Anda bisa menggunakan madu atau lidah buaya. Untuk mengurangi rasa nyeri, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol, asetaminofen, atau ibuprofen.


Jika Anda menggunakan salep, perhatikan petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan produk. Cermati juga apakah pemakaian salep tersebut mewajibkan Anda untuk menutup area luka dengan perban atau tidak. Beberapa jenis salep mengharuskan luka untuk ditutup agar tidak terinfeksi. Di sisi lain, ada juga salep yang melarang untuk menutup luka agar luka lebih cepat kering.

Hindari melakukan hal-hal berikut agar luka bakar cepat sembuh

Hindari melakukan hal-hal berikut agar luka bakar cepat sembuh

Banyak mitos yang beredar tentang penanganan luka bakar. Beberapa di antaranya adalah mengoleskan pasta gigi, menaburi luka dengan bubuk kopi, atau menyiram luka dengan minyak zaitun. Faktanya, mengoleskan pasta gigi atau bubuk kopi malah bisa menginfeksi luka. Sementara itu, menyiramkan minyak zaitun dapat memperparah luka bakar. Minyak bisa menahan panas di dalam kulit sehingga kulit terus terbakar. Apabila ada lepuhan yang berisi air, jangan memecahkannya karena bisa menyebabkan infeksi.


Hindari menyiram luka dengan air es. Anda juga tidak boleh meletakkan es batu langsung pada luka karena bisa membuat luka makin parah. Jika ingin mengompres luka bakar dengan es batu, bungkus es dengan kain bersih, lalu gunakan sebagai kompres. Selama masa perawatan, hindarkan luka dari sinar matahari langsung agar rasa nyerinya tidak bertambah. Jika terpaksa pergi ke luar, lindungi area yang terluka dengan pakaian atau sunblock.

Baca juga artikel tentang salep lainnya di sini

Salep merupakan salah satu obat yang paling mudah dijumpai untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Tak hanya untuk mengatasi luka bakar, kami memiliki rekomendasi salep untuk masalah lainnya. Anda bisa membuka link di bawah ini untuk mendapatkan informasinya secara lengkap.

Kesimpulan

Luka bakar memiliki derajat yang berbeda, tergantung dari kedalaman lukanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan salep luka bakar, baik yang mengandung bahan alami maupun bahan kimia. Pilihlah produk yang memiliki fungsi sebagai antibiotik dan antiinflamasi. 


Semoga artikel ini mempermudah Anda dalam menemukan salep luka bakar yang paling tepat dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa, rawatlah luka bakar Anda dengan benar agar segera pulih dan tak meninggalkan bekas. Semoga lekas sembuh!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Flu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk mengatasi flu, terdapat beberapa obat yang dapat Anda beli tanpa harus pergi berobat ke dokter. Namun, Anda mungkin bingung memilih yang paling tepat di antara banyaknya merek dan varian. Efek terbaik dari obat tersebut bisa diperoleh jika Anda memilih obat yang sesuai dengan simtom yang muncul.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak membeli obat flu, serta menjelaskan varian yang cocok dengan gejala yang Anda alami. Setelahnya, Anda juga dapat membaca rekomendasi obat flu terbaik, mulai dari Panadol, Bodrex, Rhinos SR, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    399.348 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Nyeri Otot Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Nyeri otot merupakan kondisi umum yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh. Pada umumnya, rasa sakitnya dapat diobati dengan pemijatan sebagai alternatif pengobatan atau langsung berkonsultasi ke dokter. Akan tetapi, sebelum pergi ke dokter, ada baiknya Anda mencoba obat pereda nyeri otot terlebih dahulu. Kali ini kami akan merekomendasikan produk-produk pilihan, seperti Counterpain, Panadol, Salonpas, dan sebagainya. Kami pun akan menjabarkan cara memilih obat pereda nyeri otot yang sesuai dengan kondisi Anda. Tak perlu menunggu lama, simaklah ulasan berikut ini.
    Obat-obatan
    183.020 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Diare Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Obat diare efektif untuk mengatasi sakit perut mendadak. Namun, ada banyak jenis obat diare di pasaran. Sebagai contoh, terdapat obat yang bekerja mengurangi pergerakan sistem pencernaan dan obat yang menghambat penyerapan air. Pada artikel kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih obat diare sesuai gejala yang dialami.Beberapa merek yang mungkin pernah Anda dengar, seperti Norit, Diatab, Entrostop, dan Diapet juga akan kami sajikan. Di bagian akhir ada catatan penting yang perlu Anda perhatikan ketika bepergian. Pastikan Anda menyimak karena informasi ini berguna untuk Anda!
    Obat-obatan
    150.970 Views
  • 10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Salep Penghilang Bekas Luka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit merupakan pelindung tubuh dari lingkungan sekitar sehingga rentan mengalami luka. Bila Anda dioperasi, proses operasi juga biasanya meninggalkan luka di kulit. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka. Langkah paling sederhana adalah dengan menggunakan salep penghilang bekas luka.Salep penghilang bekas luka memiliki berbagai bahan aktif untuk membuat kulit kembali mulus. Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih salep dengan bahan yang pas untuk Anda, serta memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti Dermatix, Mederma, dan Laderma, ada dalam rekomendasi kami. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    39.310 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Sembelit Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak orang memiliki masalah lambung, seperti sembelit atau konstipasi, susah buang air besar, dan perut kembung. Hal ini tentunya bisa mengakibatkan penyakit berbahaya pada saluran pencernaan jika dibiarkan. Untuk itu, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan obat sembelit.Di pasaran sendiri, banyak sekali obat sembelit yang bisa Anda temukan, seperti Dulcolax, Laxadine, dan Microlax. Namun, tentu Anda harus memilih obat yang tepat dan sesuai dengan gejala yang dialami. Karena itu, artikel ini akan mengulas tentang cara memilih obat sembelit beserta cara memilihnya. Silakan simak ulasannya berikut ini!
    Obat-obatan
    250.158 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Kutu Air Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika mengalami infeksi kulit karena kutu air, ada banyak pilihan obat yang bisa digunakan. Namun, hal yang sering menjadi masalah adalah pemilihan obat yang sesuai. Sekilas obat kutu air terlihat sama, padahal ada beragam bentuk obat kutu air, mulai dari cairan, krim, hingga salep.Pemilihan obat juga tergantung pada beberapa hal, mulai dari jenis kutu air, area kulit yang terinfeksi, usia, hingga kondisi penderita. Agar tak membingungkan, kami akan membahas cara memilih obat kutu air yang tepat. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi beberapa produk, seperti keluaran Daktarin, Fungiderm, Kalpanax, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Obat-obatan
    53.089 Views
  • 10 Rekomendasi Obat Penghilang Panu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Obat Penghilang Panu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Meskipun tidak berbahaya, adanya panu di badan pastinya membuat Anda kurang percaya diri. Lebih parah lagi jika panunya terletak di bagian tubuh yang terlihat seperti wajah atau leher. Stigma sebagai orang yang jorok dan tidak memedulikan kebersihan bisa saja melekat pada Anda.Apakah Anda sedang mengalami masalah panu? Di artikel ini, kami akan membahas lebih jauh tentang obat yang dapat menghilangkan panu dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Tak hanya itu, kami juga akan membahas tentang hal-hal yang menyebabkan panu tumbuh di kulit serta cara mencegahnya.
    Obat-obatan
    12.936 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori