1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Obat-obatan
  6. >
  7. 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Salep Luka Bakar - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)

Saat beraktivitas, Anda bisa saja mengalami kecelakaan, seperti terkena setrika, tersiram air atau minyak panas, dan terkena knalpot. Karena itu, penting untuk menyediakan salep luka bakar yang aman di kotak obat. Namun, salep luka bakar apa yang sebaiknya Anda beli?


Untuk mengetahui tentang salep luka bakar, bacalah artikel ini sampai habis. Anda akan mendapatkan tips memilih salep luka bakar yang bagus, serta rekomendasi produknya. Salep dari berbagai merek terkenal, seperti Bioplacenton, Burnazin, dan Mebo, juga akan kami bahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum, dr. Afriyani Khusna. Selamat membaca!

Diperbaharui 06-27-2022
Pakar
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh. Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya.

Profil dr. Afriyani Khusna
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengenal luka bakar dan derajatnya

Luka bakar terjadi ketika jaringan kulit rusak akibat terbakar sinar matahari (sunburn), bersentuhan dengan benda panas, tersengat listrik, atau terpapar zat kimia. Luka bakar sendiri dibagi menjadi tiga tingkatan atau disebut sebagai derajat luka bakar. Derajat luka bakar tersebut dibagi berdasarkan kedalaman luka yang ditimbulkan.

Derajat luka bakar tingkat 1 (superficial burn)

Derajat luka bakar tingkat 1 (superficial burn)

Derajat luka bakar tingkat 1 disebut juga superficial burn. Pada derajat ini, luka bakar hanya memengaruhi epidermis atau lapisan kulit luar saja. Secara klinis, tandanya berupa kulit yang tampak merah, kering, dan terasa sakit. Luka bakar derajat 1 ini tidak terlalu mengkhawatirkan dan bisa sembuh dengan sendirinya.


Selain itu, saat luka mulai sembuh, akan terjadi pengelupasan kulit. Umumnya, luka bakar derajat 1 memerlukan waktu antara 7–10 hari untuk benar-benar sembuh. Kulit Anda pun bisa kembali mulus seperti sedia kala.

Derajat luka bakar tingkat 2 (superficial partial-thickness burn)

Derajat luka bakar tingkat 2 (superficial partial-thickness burn)

Derajat luka bakar tingkat 2 disebut superficial partial-thickness burn. Luka bakar yang terjadi sudah sampai pada epidermis dan sebagian lapisan dermis kulit (lapisan kulit yang lebih dalam). Secara klinis, kulit akan tampak merah, lecet, melepuh, bengkak, dan terasa sakit. 


Selain itu, area yang terluka tampak basah dan mengilap. Benjolan berisi cairan juga terkadang muncul dan dapat memicu infeksi jika dipecahkan. Apabila tidak disertai infeksi, luka bakar derajat dua bisa sembuh dalam waktu 2–4 minggu.


Meskipun begitu, luka bakar derajat 2 sebaiknya ditangani oleh dokter. Hal ini terutama jika Anda mengalami luka bakar derajat 2 pada area kulit yang luas. Anda juga perlu segera berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami luka bakar derajat 2 di area wajah, saluran napas, persendian, selangkangan, dan genital.

Derajat luka bakar tingkat 3 (full thickness burn)

Derajat luka bakar tingkat 3 (full thickness burn)

Derajat luka bakar tingkat 3 disebut juga full thickness burn. Pada derajat ini, kerusakan jaringan telah mengenai seluruh lapisan epidermis dan dermis, atau lebih dalam lagi. Secara klinis, kulit tampak putih dan kasar, tetapi juga dapat terlihat hangus dan mati rasa. 


Luka bakar pada derajat ini harus ditangani oleh dokter. Luka bakar ini bisa menyebabkan rusaknya saraf dan pembuluh darah. Tak jarang, kulit di sekitar luka menjadi mati rasa. 


Umumnya, luka bakar derajat 3 meninggalkan bekas luka berupa jaringan parut atau sering disebut sebagai keloid. Pasien dengan derajat luka bakar tingkat 3 juga mungkin memerlukan tindakan operasi, fisioterapi, rehabilitasi, atau bahkan perawatan seumur hidup. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih salep luka bakar

Salep merupakan salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi luka bakar. Apabila luka bakar Anda masih ada di derajat 1 dan 2, Anda dapat membeli sendiri salep untuk meringankannya. Berikut ini adalah beberapa poin yang bisa Anda ikuti sebagai panduan dalam memilih salep luka bakar yang tepat.

① Kenali bahan aktif yang sebaiknya ada di dalam salep luka bakar

Kenali bahan aktif yang sebaiknya ada di dalam salep luka bakar

Salep untuk luka bakar sebaiknya memiliki kandungan antibiotik, anti-inflamasi, dan pelembap agar dapat mengatasi luka bakar dengan baik. Antibiotik dibutuhkan agar area yang terluka tidak terinfeksi bakteri yang membuat peradangan tak kunjung sembuh. Pada dasarnya, semua salep antibiotik bisa Anda gunakan untuk mencegah infeksi pada luka bakar. 


Secara garis besar, agen topikal untuk luka bakar sebaiknya memiliki kriteria berikut ini.


  • melindungi permukaan luka
  • mempercepat penyembuhan
  • menjaga kelembapan luka untuk mengoptimalkan re-epitelisasi kulit dan mencegah infeksi

Lapisan kulit yang terbuka akibat luka bakar rentan terinfeksi. Karena itu, pemberian agen topikal yang mengandung khasiat antimikroba diperlukan. Agen antimikroba seperti apa yang bisa digunakan? Agen yang dirancang untuk mencegah perkembangbiakan mikroba pada luka (profilaksis) dan di dalam luka bakar.


Agen topikal yang umum digunakan untuk luka bakar dan memiliki khasiat antimikroba adalah:

  • silver sulfadiazine
  • mafenide acetate
  • bacitracin
  • mupirocin
  • neosporin
  • polymyxin b
  • nitrofurazone, dan 
  • nystatin

Penggunaan agen topikal ini harus di bawah arahan dan petunjuk dari dokter.


Sementara itu, peradangan dan rasa panas pada area kulit yang terbakar perlu diatasi dengan zat anti-inflamasi. Pada kulit yang utuh dan tidak melepuh (luka bakar derajat 1), krim pelembap dapat digunakan. Krim pelembap ditujukan sebagai tata laksana awal pada luka bakar. 


Pelembap sebaiknya memiliki zat yang memiliki khasiat antiradang dan dapat menenangkan kulit. Beberapa contoh zat tersebut yaitu allantoin, Aloe vera, madu, dan hyaluronic acid. Selain mengurangi peradangan, kandungan ini juga dapat mengurangi rasa nyeri dan gatal.

② Pilih salep sesuai dengan tingkatan luka bakar yang Anda alami

Pilih salep sesuai dengan tingkatan luka bakar yang Anda alami

Luka bakar yang terjadi karena kecelakaan rumah tangga umumnya berada pada derajat 1 dan 2. Agar Anda mendapat manfaat optimal, sesuaikan salep dengan derajat luka bakar yang Anda alami.


  1. Luka bakar derajat 1 (mengalami kemerahan pada kulit tanpa lepuh atau bula; lapisan atas kulit pun masih terlihat utuh): Gunakan salep yang memiliki kandungan pelembap, seperti kandungan allantoin, Aloe vera, madu, dan hyaluronic acid.
  2. Luka bakar derajat 2 (kulit tampak merah, lecet, melepuh, ada bula, dan nyeri, tetapi tidak luas serta tidak mengenai area tubuh tertentu): Gunakan salep yang mengandung zat dengan khasiat antimikroba untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter mengenai penggunaan produk yang mengandung antibiotik.
  3. Luka bakar derajat 3: Segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

③ Mana yang lebih baik, bahan alami atau bahan kimia?

Mana yang lebih baik, bahan alami atau bahan kimia?

Baik bahan alami maupun bahan kimia, keduanya sama-sama bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar. Banyak bahan alami yang memiliki kemampuan anti-inflamasi dan antibiotik. Demikian juga dengan bahan kimia. 


Tidak masalah apakah Anda memilih salep dengan bahan alami atau kimia. Hal yang terpenting, pilihlah produk yang bisa menyerap panas dan melindungi luka, melembapkan area yang terluka, serta mencegah infeksi. Satu lagi yang perlu diperhatikan, pilihlah produk dari produsen dan penjual yang tepercaya. Hal tersebut bertujuan agar Anda terhindar dari produk palsu.


Pemilihan produk yang mengandung bahan alami juga tidak boleh sembarangan. Pilih produk alami yang memang sudah terbukti aman untuk mengatasi luka bakar. Contohnya, Anda bisa menggunakan produk pelembap yang mengandung senyawa alami, seperti:

  • Aloe vera
  • madu, 
  • tea tree oil
  • dexpanthenol
  • chamomile, 
  • licorice extract, dan lainnya. 

Namun, ingatlah bahwa produk ini hanya dapat diberikan pada luka bakar dengan kondisi lapisan kulit masih utuh. Selain itu, pastikan bahwa Anda tidak alergi dengan kandungan yang ada dalam komposisi produk.

10 Rekomendasi salep luka bakar

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk salep luka bakar yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Darya-Varia Laboratoria

Burnazin Plus

 Darya-Varia Laboratoria Burnazin Plus 1枚目

Membantu mencegah dan menghentikan infeksi pada luka bakar

2

Combiphar

Mebo

Combiphar Mebo 1枚目

Salep untuk luka bakar yang ringan

3

KalbeMed

Bioplacenton

KalbeMed Bioplacenton 1枚目

Merangsang pertumbuhan sel kulit baru pada area yang terluka

4

Borobudur Herbal

Bioskin Gel

Borobudur Herbal Bioskin Gel 1枚目

Kandungan alaminya mampu menyerap panas dan menenangkan kulit

5

Tianjin Darentang Jingwanhong Pharmaceutical

Ching Wan Hung

Tianjin Darentang Jingwanhong Pharmaceutical  Ching Wan Hung 1枚目

Menghilangkan rasa nyeri pada luka dalam seketika

6

Mundipharma

BETADINE Antiseptic Ointment

Mundipharma BETADINE Antiseptic Ointment 1枚目

Pilihan tepat untuk pengguna setia Betadine

7

Herbalindo Citra Mandiri

Herbalindo Citra Mandiri  1枚目

Siap membersihkan nanah pada luka bakar Anda

8

CNI

Nutrimoist

CNI Nutrimoist 1枚目

Salep serbaguna untuk memar hingga luka bakar

9

Beiersdorf

Beiersdorf  1枚目

Aman untuk bayi dan pemilik kulit sensitif

10

Lucas' Papaw Remedies

Lucas' Papaw Ointment

Lucas' Papaw Remedies Lucas' Papaw Ointment 1枚目

Sahabat para ibu rumah tangga

Perincian produk
Close
No.1

Darya-Varia LaboratoriaBurnazin Plus

Mulai dari Rp121.440,00

Membantu mencegah dan menghentikan infeksi pada luka bakar

Luka bakar yang dalam memang lebih berisiko terinfeksi bakteri. Nah, apabila luka Anda sudah telanjur terinfeksi, salep untuk luka bakar ini bisa mencegahnya meluas. Burnazin Plus mengandung silver sulfadiazine yang efektif mencegah serta mengobat infeksi pada luka bakar yang cukup dalam. Jadi, jika Anda mengalaminya, Anda bisa mempertimbangkan salep ini.

No.2

Salep untuk luka bakar yang ringan

Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang luka bakarnya tergolong ringan. Salah satu bahan aktifnya, Coptis chinensis franch, merupakan bahan herbal yang kerap dipakai dalam ramuan obat-obatan Cina. Kandungan tersebut berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk membantu melindungi permukaan luka. Agar Anda mendapat hasil yang lebih efektif, oleskan salep ini setiap 4 jam hingga 6 jam.

No.3

Merangsang pertumbuhan sel kulit baru pada area yang terluka

Luka bakar, terutama yang terbuka, membutuhkan waktu yang relatif lama untuk bisa tertutup kembali. Nah, produk ini bisa membantu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru agar luka segera kering dan pulih.


Bioplacenton mengandung placenta extract yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan jaringan kulit baru. Jadi, bila Anda akan menghadiri suatu acara dalam waktu dekat, produk ini layak untuk dicoba. 

No.4

Borobudur HerbalBioskin Gel

Mulai dari Rp22.000,00

Kandungan alaminya mampu menyerap panas dan menenangkan kulit

Apabila Anda mengalami luka bakar dalam karena terkena knalpot atau tersiram air panas, salep ini cocok digunakan. Dengan kandungan Aloe vera dan tea tree oil, produk ini mampu menyerap panas, melembapkan area luka, dan menenangkan peradangannya.


Anda pun tak perlu khawatir dengan bekas luka parut karena di dalamnya terkandung Centellae herba extract. Kandungan tersebut banyak digunakan pada produk skincare karena kemampuannya dalam merangsang pembentukan kolagen dan sel kulit baru. Luka bakar teratasi, kulit pun bisa segera pulih kembali.

No.5

Tianjin Darentang Jingwanhong Pharmaceutical Ching Wan Hung

Mulai dari Rp34.000,00

Menghilangkan rasa nyeri pada luka dalam seketika

Apabila Anda mencari salep yang bisa membuat rasa sakit pada luka bakar segera menghilang, gunakan produk ini. Ramuan herbal asal Tiongkok ini diklaim mampu menghilangkan rasa sakit seketika setelah dioleskan. Selain itu, luka Anda bisa lebih cepat kering dan sembuh. 


Salep ini bahkan dapat membantu mengatasi luka bakar akibat tersiram logam cair. Namun, untuk merawat luka bakar yang berat, kami sarankan Anda tetap berkonsultasi ke dokter.

No.6

MundipharmaBETADINE Antiseptic Ointment

Mulai dari Rp38.000,00

Pilihan tepat untuk pengguna setia Betadine

Povidone-iodine telah dipercaya selama puluhan tahun sebagai obat untuk setiap luka di kulit. Kini Betadine menghadirkan salep yang memiliki kandungan utama berupa Povidone-iodine untuk mengeringkan luka bakar dengan lebih cepat.


Selain mengeringkan luka bakar, kandungan tersebut juga bertindak sebagai antiseptik yang mampu mematikan kuman dan bakteri penyebab infeksi. Bagi Anda yang telah lama mengandalkan Betadine untuk menyembuhkan luka, produk ini adalah pilihan tepat.

No.7

Herbalindo Citra Mandiri

Mulai dari Rp25.000,00

Siap membersihkan nanah pada luka bakar Anda

Pada beberapa kejadian, luka bakar yang cukup berat dan telah terinfeksi bakteri bisa jadi bernanah. Apabila Anda mengalami hal tersebut, Anda bisa mencoba mengobatinya dengan Myrhax.


Komposisi dalam produk ini diklaim mampu membantu membersihkan luka Anda dari nanah. Salah satu kandungannya, yakni minyak mur, berfungsi sebagai antimikroba dan antijamur untuk membersihkan dan menyembuhkan luka.

No.8

Salep serbaguna untuk memar hingga luka bakar

Kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang menginginkan satu produk serbaguna untuk berbagai perawatan kulit. CNI Nutrimoist tak hanya cocok untuk mengatasi luka bakar, tetapi juga bisa Anda gunakan sebagai skincare. Di dalamnya terdapat kandungan yang mampu melembapkan serta memenuhi kebutuhan gizi pada kulit.


Mulai dari jerawat, kulit kering, luka memar, luka akibat teriris pisau, hingga luka lecet bisa diatasi dengan salep ini. Anda juga tak perlu mengoleskan antibiotik secara terpisah karena produk ini memiliki manfaat sebagai antimikroba. Benar-benar serbaguna, ya!

No.9

Aman untuk bayi dan pemilik kulit sensitif

Apabila Anda mencari salep luka bakar yang aman digunakan seluruh anggota keluarga, Hansaplast Salep Luka adalah pilihan tepat. Salep ini dapat digunakan oleh anak-anak dan bayi yang memiliki kulit sensitif. 


Formula utama produk in berupa petrolium jelly yang sanggup melindungi luka dari udara kotor. Selain bebas dari pewangi, pewarna, dan pengawet, salep ini telah teruji secara dermatologi. Tak perlu khawatir, deh!

No.10

Lucas' Papaw RemediesLucas' Papaw Ointment

Mulai dari Rp50.000,00

Sahabat para ibu rumah tangga

Produk buatan Australia ini wajib dimiliki oleh para ibu rumah tangga. Tak hanya luka bakar, masalah seperti gigitan serangga, terbakar matahari, dan ruam popok bisa Anda atasi dengan salep ini. Beberapa orang yang mengalami dermatitis dan eczema bahkan mengaku mengalami perbaikan setelah menggunakan produk ini.


Baik bayi, anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, semua bisa menggunakan salep ini. Kandungan utamanya berasal dari fermentasi buah pepaya yang dilarutkan dalam petroleum jelly dan wax. Jelly yang digunakan di dalam produk ini sepenuhnya aman karena telah lolos uji farmakologi.

Tips merawat luka bakar

Perawatan yang benar pada luka bakar bisa mempercepat penyembuhan dan meminimalkan munculnya bekas luka. Saat merawat luka bakar, ada hal yang boleh dan tidak boleh Anda lakukan. Mari kita bahas!

Bagaimana penanganan pertama untuk luka bakar?

Bagaimana penanganan pertama untuk luka bakar?

Penangganan pertama untuk luka bakar adalah seperti berikut ini:


  1. Cooling the burn atau alirkan air biasa ke daerah luka (ingat, tidak boleh menggunakan es). Fungsi utamanya adalah untuk menghilangkan panas dan menormalkan kembali suhu tubuh. 
  2. Alirkan air bersih tersebut selama kurang lebih 10 menit. Menurut penelitian, mengalirkan air bersih pada luka dapat menghilangkan panas, mengurangi nyeri, memperlambat onset, serta meminimalkan tingkat keparahan akibat pembengkakan.
  3. Lepaskan pakaian dan perhiasan. Jika pakaian melekat pada luka bakar, gunting pakaian di sekitarnya yang tidak menempel. Jangan memaksa untuk melepasnya (biarkan dokter saja nanti).
  4. Jangan mengoleskan apa pun pada luka, seperti minyak, mentega, putih telur, odol, kecap, kopi, atau es.
  5. Jangan memecahkan gelembung.
  6. Jika luka bakar ringan alias derajat 1, Anda boleh mengoleskan krim khusus untuk luka bakar, seperti salep silver sulfadiazine, krim atau salep lidah buaya, dan lainnya.

Hindari melakukan hal-hal berikut agar luka bakar cepat sembuh

Hindari melakukan hal-hal berikut agar luka bakar cepat sembuh

Banyak mitos yang beredar tentang penanganan luka bakar. Beberapa di antaranya adalah mengoleskan pasta gigi, menaburi luka dengan bubuk kopi, atau menyiram luka dengan minyak zaitun. 


Faktanya, mengoleskan pasta gigi atau bubuk kopi malah bisa menginfeksi luka. Sementara itu, menyiramkan minyak zaitun dapat memperparah luka bakar. Minyak bisa menahan panas di dalam kulit sehingga kulit terus terbakar. Apabila ada lepuhan yang berisi air, jangan memecahkannya karena bisa menyebabkan infeksi. 


Hal-hal yang harus Anda hindari saat menangani luka bakar:


  • Hindari menyiram luka dengan air es. Anda juga tidak boleh meletakkan es batu langsung pada luka karena bisa membuat luka makin parah. Jika ingin mengompres luka bakar dengan es batu, bungkus es dengan kain bersih, lalu gunakan sebagai kompres. 

  • Hindarkan luka dari sinar matahari langsung agar rasa nyerinya tidak bertambah selama masa perawatan. Jika terpaksa pergi ke luar, lindungi area yang terluka dengan pakaian atau sunblock

Kulit memiliki lapisan proteksi yang cukup tebal yaitu epidermis yang dikenal dengan istilah barrier kulit. Lapisan ini berguna untuk melindungi tubuh dari potensi bahaya lingkungan luar, seperti panas, polusi, dingin, zat kimia, kuman, dan lainnya. 


Saat kulit terluka, ia akan dengan mudahnya terpapar hal-hal yang membahayakan tersebut. Bayangkan jika Anda mengoles sesuatu yang dapat memberikan efek buruk ke kulit atau bahan yang tidak steril (penuh kuman), seperti mentega, minyak, putih telur, mentega. Zat-zat tersebut dapat memperparah kondisi kulit dan berisiko menimbulkan infeksi sekunder.

Baca juga artikel tentang salep lainnya di sini

Salep merupakan salah satu obat yang paling mudah dijumpai untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit. Tak hanya untuk mengatasi luka bakar, kami memiliki rekomendasi salep untuk masalah lainnya. Anda bisa membuka link di bawah ini untuk mendapatkan informasinya secara lengkap.

Kesimpulan

Luka bakar memiliki derajat yang berbeda, tergantung pada kedalaman lukanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan salep luka bakar, baik yang mengandung bahan alami maupun bahan kimia. Pilihlah produk yang memiliki fungsi sebagai antibiotik dan anti-inflamasi.


Semoga artikel ini mempermudah Anda dalam menemukan salep luka bakar yang paling tepat dan sesuai kebutuhan. Jangan lupa, rawatlah luka bakar Anda dengan benar agar segera pulih dan tak meninggalkan bekas. Semoga lekas sembuh!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer