1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan wajah
  6. >
  7. 10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sabun Collagen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Kolagen adalah sejenis protein alami yang terdapat pada tubuh manusia. Sekitar sepertiga protein di tubuh terbentuk dari kolagen. Meskipun secara alami tubuh bisa membentuk kolagen sendiri, Anda tetap membutuhkan kolagen tambahan untuk mendukung kulit yang sehat. Anda bisa mencoba sabun kolagen untuk wajah atau tubuh.


Di pasaran terdapat beberapa merek sabun kolagen, seperti Whitelab, Senka, dan MSI. Nah, di artikel ini akan dibahas cara memilih sabun collagen terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk sabun collagen yang bagus. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Galih Manggala. Yuk, kita mulai!

Diperbaharui 11-18-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi. Saat ini dr. Galih berpraktek di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun instagram-nya.

Profil dr. Galih Manggala
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Manfaat sabun collagen

Manfaat sabun collagen

Kolagen alami yang terdapat dalam tubuh manusia bisa ditemukan di tulang, tendon, otot, dan kulit. Akan tetapi, seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh manusia akan berkurang. Hal ini terlihat dari kulit yang makin keriput, kering, dan tidak elastis. Itulah sebabnya Anda membutuhkan sabun kolagen.


Sabun kolagen sendiri dapat bermanfaat untuk mengatasi kulit sensitif dan iritasi, misalnya jerawat atau gatal-gatal. Selain itu, sabun kolagen dapat mengembalikan kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih kencang, elastis, dan tidak keriput. Beberapa produk sabun kolagen bahkan dapat memutihkan kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sabun collagen

Kami akan membahas tips memilih sabun kolagen di bawah ini. Gunakan panduan ini agar Anda dapat menemukan sabun kolagen yang sesuai dengan kebutuhan.

① Pilih berdasarkan bentuknya

Secara garis besar, terdapat tiga bentuk sabun kolagen di pasaran, yaitu sabun batang, sabun cair, dan facial wash. Tiap bentuk sabun memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing.

Sabun batang, lebih ekonomis dan ramah lingkungan

Sabun batang, lebih ekonomis dan ramah lingkungan

Sabun batang adalah sabun padat yang umumnya dikemas dengan kertas pembungkus. Karena itu, sabun batang lebih ramah lingkungan karena minim penggunaan plastik. Di samping itu, harga sabun batang relatif lebih ekonomis dibandingkan sabun cair.


Namun, karena kemasannya terbuka, sabun batang lebih rawan terkontaminasi bakteri. Hal ini perlu diperhatikan, apalagi jika Anda memakainya bersama-sama dengan orang lain. Bakteri yang ada di tubuh menempel di sabun, lalu bisa berpindah ke tubuh orang lain. Jadi, apabila Anda memilih sabun batang, sebaiknya hanya digunakan untuk pribadi. Selain itu, simpanlah sabun dalam wadah tertutup.

Sabun cair, lebih tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri

Sabun cair, lebih tertutup sehingga tidak terkontaminasi bakteri

Sabun cair umumnya dikemas dalam botol plastik sehingga membuatnya kurang ramah lingkungan. Selain itu, harga sabun cair umumnya relatif lebih mahal ketimbang sabun batang. Anda juga perlu membeli kemasan isi ulangnya lebih sering.


Akan tetapi, berbeda dengan sabun batang, sabun cair lebih aman dari kontaminasi bakteri. Sabun cair diwadahi dalam botol plastik tertutup dan saat dikeluarkan hanya untuk satu kali pemakaian. Jadi, Anda akan merasa lebih nyaman berbagi sabun cair kolagen bersama dengan orang lain.

Facial wash, sabun wajah dengan tekstur beragam

Facial wash, sabun wajah dengan tekstur beragam

Facial wash merupakan sabun yang digunakan khusus untuk membersihkan wajah. Tekstur yang dimiliki facial wash cukup beragam, mulai dari cair, menyerupai krim, hingga gel.


Sama seperti sabun cair, facial wash umumnya memiliki kemasan tertutup sehingga lebih terlindungi dari kontaminasi bakteri. Salah satu kemasan yang sering digunakan produsen facial wash adalah bentuk tube. Dengan begitu, isi produk akan langsung turun sampai habis.

② Sesuaikan dengan tujuan pemakaian

Sama seperti sabun pada umumnya yang terbagi untuk penggunaan yang berbeda-beda, sabun kolagen juga demikian. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, ketahui dahulu tujuan Anda membeli sabun kolagen.

Untuk wajah, pilih yang bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati

Untuk wajah, pilih yang bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati

Karakter kulit wajah dan tubuh Anda berbeda. Wajah lebih sering tertutup makeup dan terpapar sinar matahari. Jika tidak diatasi, kedua hal tersebut lama-lama akan menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan flek hitam. Jadi, carilah sabun kolagen khusus wajah yang bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari pori-pori. Dengan demikian, masalah-masalah pada wajah bisa teratasi.

Untuk tubuh, pilih yang melembapkan dan tidak membuat kulit kering

Untuk tubuh, pilih yang melembapkan dan tidak membuat kulit kering

Kulit tubuh membutuhkan kelembapan ekstra dibandingkan kulit wajah. Jika kulit tidak lembap, Anda akan merasakan kulit yang bersisik, kering, dan kasar. Karena itu, pilihlah sabun kolagen khusus tubuh yang mengandung pelembap tinggi.


Berkat kelembapan dari sabun tubuh, kulit akan terasa lebih halus dan kenyal. Hindari memakai sabun wajah untuk tubuh karena kadar pH pada tubuh dan wajah berbeda. Anda juga disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan sabun karena dapat mengubah pH kulit sehingga kulit menjadi lebih kering.

③ Pertimbangkan bahan alami yang aman untuk kulit

Pertimbangkan bahan alami yang aman untuk kulit

Kolagen pada dasarnya bisa diproduksi secara alami oleh tubuh manusia. Cara untuk merangsang produksi kolagen adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan asam amino, seperti telur, susu, dan daging. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah yang tinggi kandungan vitamin A dan vitamin C.


Ketika Anda mencari sabun kolagen, pilihlah sabun kolagen yang mengandung bahan alami, seperti susu, madu, atau minyak zaitun. Dengan demikian, kulit akan merasakan manfaat yang lebih dan terasa sehat alami tanpa efek samping. Namun, jangan lupa untuk tetap mengecek kandungan zat aditif pada sabun kolagen yang akan dibeli. 

④ Utamakan produk tepercaya yang memiliki sertifikasi BPOM

Utamakan produk tepercaya yang memiliki sertifikasi BPOM

Untuk menjaga keamanan kulit, Anda sebaiknya memastikan produk sabun kolagen yang dipilih telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). BPOM merupakan pengawas resmi peredaran obat-obatan dan makanan di Indonesia, termasuk produk kosmetik.


Sabun kolagen yang telah mendapat izin edar dari BPOM biasanya mencantumkan nomor registrasi di kemasan. Dengan nomor tersebut, produk sudah dipastikan memenuhi standar keamanan BPOM. Anda bisa mengeceknya secara mandiri pada laman resmi Cek Produk BPOM.

10 Rekomendasi sabun collagen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sabun collagen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Galih Manggala.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Whitelab

Brightening Facial Wash

Whitelab Brightening Facial Wash 1枚目

Cegah tanda penuaan dini dengan sabun kolagen untuk remaja

2

Senka

Perfect Whip Collagen In

Senka Perfect Whip Collagen In 1枚目

Atasi kulit wajah kering menggunakan busa lembut melimpah

3

Beautetox

Gluta Collagen Soap

Beautetox Gluta Collagen Soap  1枚目

Dapatkan manfaat ganda dari sabun kolagen yang bisa dijadikan masker

4

Rodeos

Bamboo Charcoal Soap

Rodeos Bamboo Charcoal Soap 1枚目

Collagen soap dengan charcoal, hapus minyak berlebih hingga ke pori-pori!

5

Espio

Collagen Soap

Espio Collagen Soap 1枚目

Sabun collagen whitening untuk wajah selalu glowing

6

Precious Skin

Kojic Collagen Soap

Precious Skin Kojic Collagen Soap 1枚目

Lebih praktis dengan sabun kolagen untuk wajah dan tubuh!

7

Wings Corp

GIV Body Wash Glowing White Mulberry & Collagen

Wings Corp GIV Body Wash Glowing White Mulberry & Collagen 1枚目

Hadirkan sabun kolagen ekonomis dengan aroma menyegarkan

8

Galenium

Oilum Body Wash Hydrating Care Bottle

Galenium Oilum Body Wash Hydrating Care Bottle 1枚目

Miliki kulit lembap terhidrasi maksimal dengan sabun kolagen cair ini

9

Kose

Softymo Cleansing Wash Collagen

Kose Softymo Cleansing Wash Collagen 1枚目

Tuntas bersihkan wajah dari makeup dan kotoran

10

MSI

Collagen Soap

MSI Collagen Soap 1枚目

Kulit lebih cerah dan putih dengan kandungan susu domba

Perincian produk
Close
No.1

WhitelabBrightening Facial Wash

Mulai dari Rp38.000,00

Cegah tanda penuaan dini dengan sabun kolagen untuk remaja

Kelebihan:

  • Diklaim aman untuk usia 12 tahun ke atas, ibu hamil, dan ibu menyusui
  • Diklaim dapat digunakan kulit sensitif dan acne prone

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan produk ini kurang cocok untuk kulit kering

Jika Anda mencari sabun kolagen yang dapat digunakan sejak remaja, inilah produk yang tepat. Whitelab menawarkan facial wash dengan kandungan kolagen dan niacinamide yang dapat dipakai usia 12 tahun ke atas.


Kandungan niacinamide berperan mencerahkan dan melembapkan kulit, menyamarkan noda hitam, serta membantu mengatasi jerawat. Sementara itu, kolagen berperan penting meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah tanda penuaan.

No.2

SenkaPerfect Whip Collagen In

Mulai dari Rp99.000,00

Atasi kulit wajah kering menggunakan busa lembut melimpah

Kelebihan:

  • Mengandung 90% Beauty Serum dan bahan Aqua-In-Pool untuk menutrisi serta memperkuat lapisan kulit
  • Aromanya segar dengan busa lembut yang dapat dibuat melimpah

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan kandungannya dapat memicu fungal acne

Aktivitas yang padat dan paparan sinar matahari bisa membuat kulit kering makin kusam, bahkan memunculkan tanda penuaan dini. Untuk itu, menggunakan Perfect Whip Collagen In adalah pilihan yang tepat. Sabun ini memiliki formula khusus untuk kulit kering.


Kombinasi Beauty Serum dan kolagen di dalamnya efektif untuk mengencangkan kulit wajah Anda. Bahan Aqua-In-Pool akan memperkuat fungsi barrier kulit, sementara Silk Cocoon Essence khas Senka membantu mengunci kelembapan. Hasilnya, kulit Anda akan terasa kenyal, halus, dan lembap lebih lama.

No.3

BeautetoxGluta Collagen Soap

Mulai dari Rp35.000,00

Dapatkan manfaat ganda dari sabun kolagen yang bisa dijadikan masker

Kelebihan:

  • 2-in-1, sabun wajah yang bisa dijadikan masker
  • Memiliki dua varian dengan aroma unik yaitu cokelat dan susu

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan efek memutihkannya hanya bertahan sementara

Ingin merasakan sabun kolagen yang dapat digunakan sebagai masker? Kami merekomendasikan Gluta Collagen Soap bila Anda ingin mendapatkan manfaat ganda. Setelah digosokkan dan menghasilkan busa, diamkan selama 2–3 menit sampai mengering seperti masker.


Produk ini memiliki dua varian untuk Anda pilih. Chocowhite dapat membantu mencerahkan wajah dan meratakan warna kulit. Sementara itu, Milkywhite dapat menghilangkan bintik gelap pada kulit dan lingkar hitam di bawah mata. Pilih saja sesuai keinginan Anda!

No.4

RodeosBamboo Charcoal Soap

Mulai dari Rp65.000,00

Collagen soap dengan charcoal, hapus minyak berlebih hingga ke pori-pori!

Kelebihan:

  • Diklaim mampu membersihkan kotoran dan minyak hingga ke pori-pori
  • Dilengkapi collagen dan Aloe vera untuk kulit wajah yang kencang dan tampak segar

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan produk rentan meleleh selama pengiriman

Selain kolagen, sabun ini dilengkapi charcoal powder dan ekstrak Aloe vera. Kandungan arang bambu dipercaya berfungsi sebagai detoksifikasi kulit karena mampu mengangkat kotoran hingga ke pori-pori. Sementara itu, lidah buaya dapat menjaga kelembapan dan kesegaran kulit.


Sabun charcoal terbaik ini cocok untuk Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, terutama para pria. Mayoritas pria memiliki pori-pori wajah lebih besar sehingga memproduksi lebih banyak sebum dan rentan berjerawat. Gunakan produk ini untuk mengatasi permasalahan kulit Anda dan dapatkan wajah bersih menyeluruh.

No.5

Sabun collagen whitening untuk wajah selalu glowing

Kelebihan:

  • Sejumlah review mengatakan sabun ini terbukti mencerahkan wajah dengan aroma yang harum

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan kemasannya mudah terbuka sehingga kurang higienis, terutama saat pengiriman

Sering beraktivitas outdoor berisiko menyebabkan kulit wajah tampak kusam, kering, bahkan terlihat lebih tua. Anda dapat mencoba sabun yang terbuat dari dua belas bahan aktif alami ini untuk mencerahkan kulitKandungan ekstrak Poria cocos dan glutathione di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan alami.


Selain itu, produk ini juga dapat membuat kulit lebih glowing dan meregenerasi sel kulit agar selalu segar. Espio Collagen Soap sudah mendapatkan sertifikasi BPOM sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakannya.

No.6

Precious SkinKojic Collagen Soap

Mulai dari Rp61.750,00

Lebih praktis dengan sabun kolagen untuk wajah dan tubuh!

Kelebihan:

  • 2-in-1, bisa untuk wajah dan tubuh
  • Sudah termasuk jaring untuk memperbanyak busa

Kekurangan:

  • Ada review mengatakan sabun ini membuat kulit terasa kering

Apabila Anda sedang mencari sabun kolagen yang dapat digunakan untuk wajah dan tubuh, cobalah Kojic Collagen Soap. Anda bisa menggunakan sabun ini untuk meratakan warna kulit yang belang. Sabun dengan aroma mirip permen karet ini memadukan kojic acid, kolagen, dan ekstrak lendir siput. 


Tiap pembelian produk Precious Skin ini sudah dilengkapi net untuk menghasilkan lebih banyak busa. Untuk mencerahkan kulit, meremajakan kulit, dan mengangkat sel-sel kulit mati, Anda disarankan menggunakan sabun ini secara rutin.

No.7

Wings CorpGIV Body Wash Glowing White Mulberry & Collagen

Mulai dari Rp29.200,00

Hadirkan sabun kolagen ekonomis dengan aroma menyegarkan

Kelebihan:

  • Mengandung vita-white complex yang dapat mencerahkan kulit 
  • Harganya terjangkau untuk ukuran 450 ml

Kekurangan:

  • Mengandung SLS yang berisiko memicu reaksi alergi dan kulit kering pada pemilik kulit sensitif

Kebanyakan sabun kolagen berukuran kecil dan cukup mahal sehingga cepat habis jika dipakai seluruh anggota keluarga. Jika Anda bermasalah dengan hal tersebut, cobalah GIV Body Wash Glowing White Mulberry & Collagen. 


Sabun cair ini berisi cukup banyak dan memiliki harga yang tergolong terjangkau. Jadi, sabun ini tidak akan cepat habis ketika dipakai bersama-sama keluarga. Produk ini juga diperkaya vita-white complex untuk mencegah kulit kusam serta memiliki aroma fruity floral yang menyegarkan.

No.8

GaleniumOilum Body Wash Hydrating Care Bottle

Mulai dari Rp46.000,00

Miliki kulit lembap terhidrasi maksimal dengan sabun kolagen cair ini

Kelebihan:

  • Mengandung formula Hydro Rebalance System yang menghidrasi kulit

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan kemasan produk cukup ringkih 

Kulit yang senantiasa terjaga kelembapannya akan terasa lebih elastis, kenyal, serta tampak awet muda. Formula Hydro Rebalance System dalam sabun ini akan membantu mengembalikan keseimbangan hidrasi alami kulit. 


Bahan dasar sabun ini adalah minyak zaitun dan kolagen sehingga membuatnya aman digunakan oleh kulit kering dan sensitif. Karena itu, Anda yang membutuhkan sabun mandi dengan kelembapan ekstra dapat mencoba Oilum Body Wash Hydrating Care. Selain itu, Galenium juga menyediakan produk Oilum dalam kemasan isi ulang dan sabun kolagen batangan, lho!

No.9

KoseSoftymo Cleansing Wash Collagen

Mulai dari Rp165.000,00

Tuntas bersihkan wajah dari makeup dan kotoran

Kelebihan:

  • Sabun wajah yang juga mampu membersihkan makeup
  • Menghasilkan busa lembut yang lebih banyak

Kekurangan:

  • Sejumlah review mengatakan produk ini kurang cocok untuk kulit berminyak dan sensitif

Butuh sabun wajah yang sekaligus dapat digunakan sebagai makeup remover? Produk Jepang ini layak diperhitungkan. Tekstur busanya lembut dan mampu membersihkan kotoran penyumbat pori-pori serta sisa riasan.


Kose Softymo Washing Foam Collagen diperkaya tiga esens tumbuhan yang tidak membuat kulit kering atau terasa tertarik. Anda dapat menggunakan air dingin ataupun hangat saat mencuci wajah. Hasilnya, kulit jadi lebih bersih, kenyal, dan lentur.

No.10

Kulit lebih cerah dan putih dengan kandungan susu domba

Kelebihan:

  • Diklaim cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif

Kekurangan:

  • Mengandung fragrance, bisa memicu reaksi alergi pada orang dengan kulit supersensitif

Kulit menggelap setelah berlibur di pantai? Anda dapat mencoba produk MSI ini bila Anda sedang mencari sabun kolagen untuk memutihkan kulit. Sabun kolagen ini terbuat dari susu domba dan memiliki aroma yang unik. 


Selain mampu memutihkan kulit yang gelap, sabun ini juga bisa menghaluskan kulit yang kering dan kusam. Anda bisa menggunakan sabun ini untuk kulit wajah sensitif. Warna kulit Anda akan cerah lebih merata. 

Pertanyaan umum seputar sabun kolagen

Pertanyaan umum seputar sabun kolagen

Berikutnya, kami sudah merangkum pertanyaan umum seputar sabun kolagen. Simaklah informasi tambahan ini untuk menambah wawasan Anda seputar sabun kolagen.

Apakah sabun collagen mengandung merkuri?

BPOM telah melarang penambahan merkuri pada produk kosmetika, tak terkecuali di sabun kolagen. Menurut BPOM, merkuri merupakan senyawa logam berat yg dapat meracuni tubuh karena tidak dapat dibuang secara alami.


Kandungan ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan organ tubuh dan kanker. Sabun kolagen yang telah lolos uji BPOM berarti bebas kandungan berbahaya, termasuk merkuri.

Adakah efek samping sabun kolagen?

Penggunaan kolagen yang dioleskan jarang menimbulkan efek samping, tetapi tidak menutup kemungkinan di sejumlah kulit. Sabun kolagen bisa saja menimbulkan reaksi alergi di kulit, seperti gatal, perih, ruam kemerahan, hingga iritasi


Anda bisa terlebih dahulu melakukan patch test untuk memeriksa reaksi kulit terhadap sabun kolagen. Bagi pemilik kulit sensitif, patch test ini penting untuk dilakukan. Oleskan produk pada bagian kulit yang sensitif, misalnya di belakang telinga dan siku bagian dalam. Anda dapat melihat reaksinya selama 1–3 hari percobaan. Segera hentikan pemakaian dan berkonsultasi ke dokter bila kulit menampakkan reaksi negatif.

Baca juga rekomendasi produk sabun berbahan alami lainnya di sini

Selain sabun kolagen, ada beragam produk sabun berbahan alami lainnya yang mungkin Anda butuhkan. Mungkin Anda sedang mencari sabun zaitun, sabun beras, atau sabun susu sapi. Kami telah membahasnya di artikel berikut ini.

Kesimpulan

Penggunaan sabun kolagen secara rutin bisa mengatasi permasalahan kulit Anda. Tentu Anda ingin tampak lebih muda, keriput wajah teratasi, dan kulit terasa lebih glowing serta kenyal, bukan? Nah, menggunakan sabun kolagen adalah pilihan yang tepat.


Di artikel ini kami telah membahas beberapa rekomendasi produk sabun kolagen terbaik yang patut Anda lirik. Semoga berkat ulasan kami, Anda bisa mendapatkan produk terbaik untuk kulit wajah dan tubuh.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer