1. TOP
  2. >
  3. Buku
  4. >
  5. Buku pengembangan diri & karier
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Buku Nonfiksi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Buku nonfiksi adalah buku yang menyajikan informasi dan kebenaran yang akurat. Inilah pembeda antara buku nonfiksi dengan novel atau karya fiksi yang ditulis berdasarkan hasil imajinasi pengarang. Semua informasi pada buku nonfiksi dilengkapi data. Tak heran jika buku nonfiksi sarat akan ilmu baru dan pengetahuan menarik.


Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda dalam memilih buku nonfiksi yang bagus serta merekomendasikan judul buku nonfiksi terbaik. Contoh buku nonfiksi yang direkomendasikan antara lain Filosofi Teras, Imperfect, dan Bringing Up Bebe. Anda makin tertarik mengetahuinya lebih jauh? Baca artikel sampai tuntas!

Diperbaharui 01-26-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di Goodreads pada 26 Januari 2023.

Cara memilih buku nonfiksi

Supaya tidak kecewa dengan isi buku, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting sebelum membelinya. Poin-poin tersebut adalah subgenre, penulis, penerbit, dan ulasan pembaca lainnya. Kami telah menyusunnya menjadi beberapa poin seperti di bawah ini.

① Kenali subgenre dalam buku nonfiksi

Buku nonfiksi terbagi menjadi banyak subgenre atau kategori, seperti self-improvement atau pengembangan diri, panduan, parenting, dan masih banyak lainnya. Sebelum Anda membeli salah satunya, kenali lebih dahulu subgenre kesukaan Anda.

Self-improvement, mengembangkan pribadi Anda jadi lebih baik

Buku-buku dalam kategori self-improvement, atau pengembangan diri, berisi ajakan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik daripada sebelumnya. Buku ini akan membantu pembaca untuk meningkatkan kualitas dirinya dan berkembang. Tambahan lagi, di dalam buku-buku jenis ini juga sering terselip kata-kata motivasi yang membuat Anda makin bersemangat menjalani hidup.


Buku self-improvement bisa berisi kumpulan cerita pengalaman hidup penulisnya. Selain itu, ada juga buku yang berisi pemikiran dan teori-teori tertentu yang dijelaskan dengan bahasa populer. Hal ini menjadikan buku self-improvement mudah dipahami dan enak dibaca.

How to atau guide, panduan untuk melakukan sesuatu

How to atau guide, panduan untuk melakukan sesuatu

Sesuai dengan namanya, how to, buku jenis ini berisikan panduan untuk melakukan sesuatu. Temanya sendiri sangat luas, dari kesehatan, pertanian, memasak, menjahit, dan lainnya. Anda akan menemukan pembahasan mendetail yang mudah diikuti oleh para pembacanya. Harapannya adalah pembaca dapat mengikuti langkah-langkah yang disampaikan dalam buku


Salah satu tema lain yang juga menjadi favorit adalah traveling atau buku perjalanan. Buku ini menjelaskan cara bepergian ke suatu tempat dengan detail. Buku tersebut biasanya dilengkapi data-data penting semisal rute, rekomendasi penginapan, hingga berapa biaya yang diperlukan untuk traveling.

Parenting, acuan untuk mendidik anak

Parenting, acuan untuk mendidik anak

Mendidik anak adalah tugas mulia yang harus dilakukan sepanjang hidup. Sayangnya tugas tersebut sangat sulit dan terkadang menjadi beban tersendiri bagi pasangan muda yang belum berpengalaman. Nah, buku parenting menjadi jawaban atas permasalahan yang dihadapi. 


Buku-buku parenting berisi cara mendidik anak, mengenali emosi anak, berkomunikasi dengan anak, dan lain-lain. Lewat buku ini Anda bisa belajar bagaimana bertindak menjadi orang tua yang menyenangkan bagi anak serta tidak toksik. Dengan demikian, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sehat, baik, dan bertanggung jawab.

Biografi dan autobiografi, petik pelajaran dari pengalaman hidup orang lain

Biografi dan autobiografi, petik pelajaran dari pengalaman hidup orang lain

Biografi merupakan buku yang mengupas kisah hidup seseorang dan pemikirannya. Orang-orang yang ditulis biografinya biasanya adalah sosok yang inspiratif, seperti presiden, politisi, CEO perusahaan ternama, musisi, hingga selebriti. 


Di dalam biografi akan dikisahkan perjalanan hidup tokoh tersebut dari lahir hingga menjadi sosok sukses. Pembaca akan diajak untuk mengetahui suka duka kehidupannya serta bagaimana dia berjuang. Setelah membaca biografi seseorang, biasanya pembaca akan termotivasi untuk tidak mudah menyerah.


Selain itu, mungkin Anda juga pernah mendengar autobiografi. Meskipun sama-sama menuliskan kisah seseorang, keduanya adalah hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada si penulis. Biografi adalah kisah tokoh yang ditulis oleh orang lain, sedangkan autobiografi ditulis oleh pribadi bersangkutan.


Subgenre biografi dan autobiografi pernah dibahas secara mendalam di beberapa artikel kami. Tertarik membacanya? Mari klik tautan di bawah ini.

Subgenre lainnya, makin spesifik makin menggambarkan topik

Subgenre lainnya, makin spesifik makin menggambarkan topik

Buku nonfiksi sangatlah luas. Terdapat banyak subgenre lain seperti kumpulan esai, ensiklopedia, agama, perjalanan, psikologi, kesehatan, dan lain-lain. Anda bisa memilih buku nonfiksi sesuai dengan minat atau hal baru apa yang ingin dipelajari. Jika Anda sudah menyukai temanya, membaca tak lagi menjadi hal yang membosankan.


Selain itu, Anda pun bisa memilih subgenre populer. Subgenre ini biasanya berpengaruh pada gaya penulisan. Penulisan buku nonfiksi populer cenderung cair dan ringan dibaca, berbeda dengan buku teks yang cenderung ditujukan untuk kalangan tertentu. Anda tidak akan menemukan istilah-istilah yang njelimet hingga membuat bola mata Anda berputar.

② Periksa latar belakang penulisnya

Periksa latar belakang penulisnya

Buku nonfiksi berisikan informasi yang benar dan akurat. Karena itu, Anda harus memperhatikan kredibilitas penulis, contohnya memeriksa latar belakang pendidikan. Misalnya, untuk buku yang membahas kanker, Anda membutuhkan penulis dengan latar belakang medis. Kesesuaian latar belakang pendidikan dengan tema buku menjadi sebuah nilai plus.


Namun, bagaimana jika penulis tersebut tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai? Anda bisa memeriksa kiprahnya selama ini di bidang tersebut. Mungkin dia telah bertahun-tahun berkecimpung di bidang tersebut sebagai profesional. Poin lain yang tak kalah penting adalah seberapa jauh dia melakukan riset. Hal ini, salah satunya, bisa dilihat melalui daftar pustaka yang menunjang tulisan-tulisannya.

③ Ketahui kredibilitas penerbitnya

Ketahui kredibilitas penerbitnya

Tak hanya nama besar seorang pengarang, bagus atau tidaknya sebuah buku kerap juga dipengaruhi oleh penerbitnya. Penerbit-penerbit besar biasanya tidak akan sembarangan menerbitkan buku. Mereka melakukan proses kurasi dan editing yang panjang sehingga buku yang dihasilkan benar-benar berkualitas. Karena itu, melihat nama penerbit juga perlu Anda lakukan.


Terlebih lagi jika buku yang Anda baca adalah buku terjemahan. Biasanya penerbit besar sudah memiliki tim penerjemah sehingga menghasilkan buku dengan terjemahan yang bagus. Cara lainnya adalah dengan melihat tema-tema apa yang biasa diterbitkan oleh penerbit tersebut. Contohnya, untuk buku-buku terjemahan di bidang pendidikan, Anda bisa menengok Penerbit Erlangga.  

④ Baca ulasannya untuk mendapatkan gambaran isi buku

Baca ulasannya untuk mendapatkan gambaran isi buku

Buku-buku yang populer dan menarik biasanya akan dibicarakan oleh orang-orang. Setelah itu, buku akan diulas dan direkomendasikan di media sosial, media cetak, blog, atau situs khusus yang membahas buku. Jika Anda ingin mendapatkan gambaran singkat tentang buku yang hendak dibeli, sebaiknya Anda membaca ulasan-ulasan tersebut.


Anda bisa mencari informasi dengan mengetikkan judul buku di mesin pencari Google. Jika banyak ulasan positif muncul, sudah pasti buku tersebut layak untuk dibaca. Selain itu, Anda juga bisa membaca ulasannya di situs Goodreads yang menjadi tempat berkumpulnya para pembaca buku.

10 Rekomendasi buku nonfiksi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh buku nonfiksi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pembaca. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Goodreads.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Henry Manampiring

Filosofi Teras

Henry Manampiring Filosofi Teras 1枚目

Stop overthinking dengan mempelajari filsafat stoisisme

2

Fellexandro Ruby

You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness

Fellexandro Ruby You Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness 1枚目

Mengenal diri sendiri lebih baik untuk kualitas hidup yang lebih baik

3

James Clear

Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

James Clear Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa 1枚目

Membuat perubahan besar lewat kebiasaan kecil? Bisa!

4

Ashlee Vance

Elon Musk Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future

Ashlee Vance Elon Musk Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future 1枚目

Pelajari kehidupan sang visioner, Elon Musk

5

dr. Meta Hanindita, Sp.A (K)

Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

dr. Meta Hanindita, Sp.A (K) Mommyclopedia: 78 Resep MPASI 1枚目

Menyiapkan MPASI jadi mudah berkat kumpulan resep dari dokter spesialis anak

6

Samuel Ray

Lagi Probation : Menikmati Perjalanan Mencari Kerja

Samuel Ray Lagi Probation : Menikmati Perjalanan Mencari Kerja 1枚目

Persiapkan diri Anda untuk pekerjaan dan karir yang lebih baik

7

Pamela Druckerman

Bringing Up Bebe

Pamela Druckerman Bringing Up Bebe 1枚目

Mengasuh anak bebas stres ala orang tua Prancis

8

Dale Carnegie & Associates

How To Win Friends and Influence People In The Digital Age

Dale Carnegie & Associates How To Win Friends and Influence People In The Digital Age 1枚目

Asah kemampuan sosialisasi Anda dengan buku ini

9

Meira Anastasia

Imperfect

Meira Anastasia Imperfect 1枚目

Sebuah perjalanan self-acceptance dari seorang Meira Anastasia

10

Mark Manson

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Mark Manson Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat 1枚目

Menjalani hidup lebih bahagia dengan bersikap cuek

Perincian produk
Close
No.1

Henry ManampiringFilosofi Teras

Mulai dari Rp98.000,00

Stop overthinking dengan mempelajari filsafat stoisisme

Kelebihan:

  • Gaya bahasanya enak dibaca dan mudah dipahami

Kekurangan:

  • Isi bahasannya ada beberapa yang diulang-ulang, pembaca mungkin akan merasa bosan

Menjadi orang yang overthinking itu kerap menghabiskan energi dan menguras emosi. Nah, melalui buku ini, Henry Manampiring mengajak pembaca untuk belajar mengendalikan pikiran, salah satunya dengan belajar tentang filsafat Stoisisme.


Gaya bertutur buku ini sangat enak dibaca. Anda akan belajar bahwa ada hal-hal di dunia ini yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak demikian. Om Piring, panggilan akrab penulis, mengajak Anda menjalani hidup dengan lebih baik dan legawa. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi yang bagus sehingga tak akan membuat Anda bosan. 

No.2

Fellexandro RubyYou Do You: Discovering Live Through Experiments and Self-Awareness

Mulai dari Rp128.000,00

Mengenal diri sendiri lebih baik untuk kualitas hidup yang lebih baik

Kelebihan:

  • Membantu pembaca mengenali diri sendiri lebih baik dengan bahasa yang mudah dipahami

Kekurangan:

  • Beberapa pembaca mungkin merasa buku ini kurang praktis karena hanya membantu merefleksikan diri, bukan memaparkan langkah taktisnya

Pernahkah Anda mendengar tentang quarter life crisis? Atau ternyata Anda sendiri tengah mengalaminya? Jika ya, buku ini bisa menjadi jawaban bagi Anda. Buku ini dibuat untuk membantu para pembacanya mengenali dirinya sendiri dengan lebih baik.


Tanpa memberikan jawaban langsung, buku ini akan membantu Anda merefleksikan diri. Mulai dari mengenali situasi yang Anda alami, tipe belajar Anda, sampai akhirnya Anda bisa merancang kehidupan Anda. 

No.3

James ClearAtomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa

Mulai dari Rp108.000,00

Membuat perubahan besar lewat kebiasaan kecil? Bisa!

Kelebihan:

  • Tidak hanya menyajikan teori, tetapi buku ini juga menyajikan kisah inspiratif para tokoh dunia

Kekurangan:

  • Cukup banyak kata-kata bermakna ganda yang mungkin bisa menyulitkan pembaca

Sudah jamak terdengar ungkapan bahwa perubahan besar selalu dimulai dari hal-hal kecil. Namun, terkadang Anda bertanya-tanya, hal kecil macam apa yang perlu dilakukan. Atomic Habits menyajikan banyak studi kasus tentang para CEO, atlet berprestasi, dan ilmuwan yang mampu tetap produktif dan bahagia. Semua berkat kebiasaan kecil yang berpengaruh pada hal besar.


Anda akan menjumpai trik-trik menarik mengubah kebiasaan atau memasukkan kebiasaan kecil bermanfaat. Jadi, sebelum Anda putus asa dan menganggap mustahil untuk melakukan perubahan, segera baca buku ini. Percayalah pada diri Anda bahwa perubahan besar sangat mungkin terjadi dalam hidup Anda.

No.4

Ashlee VanceElon Musk Tesla, SpaceX, and the Quest for a Fantastic Future

Mulai dari Rp163.999,00

Pelajari kehidupan sang visioner, Elon Musk

Kelebihan:

  • Buku biografi tentang Elon Musk dari sudut pandang yang baru dan berbeda

Kekurangan:

  • Beberapa bagian yang disampaikan mungkin terasa membosankan karena berita tentang Elon Musk sudah banyak beredar

Siapa tak kenal dengan nama besar Elon Musk? Seorang pengusaha, penemu, sekaligus pebisnis besar di Amerika. Segala hal tentang Elon Musk tentunya menyodot perhatian dunia. Jadi, tak heran banyak buku biografi yang menceritakan tentang dirinya.


Nah, buku biografi Elon Musk karya Ashlee Vance ini membahas sisi Elon Musk sebagai campuran seorang penemu dan industrialis. Menurut Ashlee vence, Elon Musk adalah kombinasi dari Thomas Edison, Henry Ford, Howard Hughes, dan Steve Jobs. 

No.5

dr. Meta Hanindita, Sp.A (K)Mommyclopedia: 78 Resep MPASI

Mulai dari Rp110.000,00

Menyiapkan MPASI jadi mudah berkat kumpulan resep dari dokter spesialis anak

Kelebihan:

  • Memberikan inspirasi untuk menu MPASI sehari-hari, menunya ringkas dan mudah diikuti

Kekurangan:

  • Tampilan menu tidak semua disertai dengan gambar 

Saat anak memasuki usia 6 bulan, Anda harus mulai memberikan MPASI (makanan pendamping ASI) pada buah hati. Terkadang orang tua kerap kebingungan saat hendak memulai fase ini. Beragam pertanyaan muncul di benak, seperti makanan apa yang cocok untuk bayi, bagaimana cara memasaknya, dan lain-lain.


Guna menjawab kebingungan orang tua baru, dr. Meta menulis buku yang berisikan kumpulan resep MPASI. Semua resep dijamin teruji dan memiliki kandungan vitamin serta zat-zat yang diperlukan bayi. Kini, Anda pun tak perlu bingung lagi dalam memberikan menu MPASI.

No.6

Samuel RayLagi Probation : Menikmati Perjalanan Mencari Kerja

Mulai dari Rp98.000,00

Persiapkan diri Anda untuk pekerjaan dan karir yang lebih baik

Kelebihan:

  • Pembahasannya mengalir dan sangat lengkap

Kekurangan:

  • Target pembacanya spesifik untuk para pencari kerja, khususnya yang masih minim pengalaman


Lagi Probation : Menikmati Perjalanan Mencari Kerja adalah sebuah buku yang ditujukan untuk para pencari kerja. Baik para fresh graduate ataupun pekerja yang ingin mencari pekerjaan baru.


Dalam buku ini akan dijelaskan secara rinci tentang penilaian yang dilakukan HRD terhadap CV dan cover letter para pelamar. Tak hanya itu, tips and trick mengenai negosiasi gaji juga dibahas disini. Jadi, segera miliki buku ini, pelajari, dan dapatkan pekerjaan yang tepat. 

No.7

Pamela DruckermanBringing Up Bebe

Mulai dari Rp89.000,00

Mengasuh anak bebas stres ala orang tua Prancis

Kelebihan:

  • Memberikan pandangan baru dalam pengasuhan anak yang lebih minim stres


Kekurangan:

  • Pembahasan cara pengasuhan di buku ini bisa saja menimbulkan kontroversi karena dianggap tiak biasa dalam kultur Indonesia


Masa-masa mengasuh anak yang masih kecil benar-benar penuh tantangan. Belum lagi paparan dari media sosial yang banyak membuat para orang tua muda makin insecure. Jika Anda ingin lebih menikmati masa-masa mengasuh anak kecil, cobalah membaca Bringing up Bebe.


Buku ini ditulis oleh seorang jurnalis Amerika yang lama tinggal di Prancis. Dia mengamati betapa orang tua Prancis tidak pernah stres dalam mengasuh anak. Meskipun demikian, anak-anak Prancis tetap tumbuh dengan tertib dan bahagia. Hmmm, orang tua mana yang tidak tergiur melihatnya? 

No.8

Dale Carnegie & AssociatesHow To Win Friends and Influence People In The Digital Age

Mulai dari Rp88.000,00

Asah kemampuan sosialisasi Anda dengan buku ini

Kelebihan:

  • Pembahasannya mengikuti tren terkini, komunikasi di era digital

Kekurangan:

  • Beberapa pembaca merasa apa yang digambarkan dalam buku ini terlalu ideal dan sulit diterapkan

Dale Carnegie adalah seorang pengajar dan penulis yang fokus akan self-improvement. Sudah banyak karya yang dihasilkanya dan How To Win Friends And Influence People In The Digital Age adalah karya terbarunya.


Buku ini akan mengarahkan Anda cara berkomunikasi di era digital dengan adanya peran media sosial. Setelah bisa berkomunikasi dengan baik, Anda akan diarahkan untuk dapat memberikan pengaruh. Hal inilah yang saat ini dianggap sebagai salah satu faktor penting dalam keberhasilan, baik dalam bisnis, sekolah, dan pekerjaan.

No.9

Meira AnastasiaImperfect

Mulai dari Rp95.000,00

Sebuah perjalanan self-acceptance dari seorang Meira Anastasia

Kelebihan:

  • Topiknya sangat relate dengan masalah para remaja masa kini

Kekurangan:

  • Buku ini mengisahkan kisah Meira, bisa jadi kurang relate untuk para pria

Nama Meira Anastasia mulai dikenal masyarakat luas melalui film layar lebar Imperfect. Film ini sendiri diadaptasi dari buku dengan judul yang sama yang juga merupakan karya Meira.


Buku ini menceritakan tentang perjalanan self-acceptance Meira sebagai seorang wanita, ibu, dan istri seorang public figure. Dalam setiap perannya tersebut, ketidaksempurnaan yang dimilikinya lah yang menjadikannya sempurna. Nah, bagi para remaja atau wanita muda silakan baca buku ini, sangat hangat dan menginspirasi. 

No.10

Mark MansonSebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Mulai dari Rp67.000,00

Menjalani hidup lebih bahagia dengan bersikap cuek

Kelebihan:

  • Untuk pembaca usia 20-an dan 30-an akan sangat relate dengan situasi yang dipaparkan dan merasa emosinya tersampaikan

Kekurangan:

  • Ini bukanlah buku motivasi, tetapi isi luapan emosi dari pengalaman pribadi, remaja mungkin kurang cocok membacanya



Bodo amat begitu mudah diucapkan, tetapi percayalah menjalaninya tidak begitu. Mark Hanson tahu hal ini dan menuliskan bagaimana menjalani hidup dengan sikap bodo amat. Namun, jangan berharap menemukan ajakan untuk acuh kepada segala hal. Mark Hanson hanya meminta kita lebih cuek pada hal-hal yang kurang penting.


Buku ini membantu Anda menjalani hidup dengan lebih bahagia karena mampu memilah mana yang lebih penting. Bagi Anda yang sedang berada titik terendah kehidupan, sepertinya Anda perlu membacanya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan makna hidup baru untuk hidup yang berkualitas.

Baca juga rekomendasi buku lainnya di sini!

Setelah mengetahui gambaran umum buku nonfiksi, mungkin Anda ingin menyelami lebih jauh subgenre di dalamnya. Nah, kami telah memilih rekomendasi artikel tentang buku bisnis, parenting, dan psikologi yang bisa Anda simak. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang rekomendasi kami, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Jika menemukan buku yang tepat, membaca buku nonfiksi bisa sama serunya dengan buku fiksi. Anda akan dibawa terhanyut ke dalam kisahnya dan tidak ingin berhenti sebelum halaman terakhir. Selesai membaca buku, otak menjadi fresh dan bertambah pengetahuan.


Kami telah membagikan tips memilih buku nonfiksi terbaik. Semoga tips yang kami berikan bisa membantu Anda mendapatkan buku nonfiksi yang sesuai dengan preferensi pribadi. Selamat memilih dan menyusuri lembar kata-kata!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer