mybest
Clay mask

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Pemilik kulit yang berminyak biasanya lebih sering mengalami permasalahan kulit, seperti jerawat, komedo, dan kusam. Untuk merawat kulit berminyak, Anda perlu sesekali menggunakan clay mask secara teratur karena kemampuan oil control-nya. Namun, clay mask dengan kandungan apa yang cocok untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah?


Untuk mengetahui jawabannya, simak cara memilih clay mask untuk kulit berminyak yang kami susun bersama dermatovenereologist, dr. Rahma Evasari. Ada beberapa merek yang bagus dan bisa Anda coba, seperti Wardah, Innisfree, dan Whitelab. Anda juga bisa menemukan rekomendasi produk lainnya di artikel ini. Mari simak pembahasannya!

Diperbaharui 19/12/2023
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Grace Mulyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Grace Mulyani

Grace Mulyani adalah lulusan Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya yang melanjutkan kembali studinya dalam bidang yang sama di Institut Teknologi Bandung. Semasa menjalani studi lanjut, Grace yang juga adalah content creator di Lemon8 menemukan passion-nya dalam dunia menulis dan menjadi writer di mybest Indonesia. Melalui pekerjaan ini, Grace telah banyak meriset dan berhubungan dengan pakar untuk berbagai topik terkait kesehatan, elektronik rumah tangga, perawatan tubuh, makanan, serta tren fashion terkini.

Profil Grace Mulyani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah clay mask cocok untuk kulit berminyak?

Apakah clay mask cocok untuk kulit berminyak?

Clay mask menjadi salah satu masker yang cocok digunakan untuk kulit berminyak. Clay memiliki kandungan mineral yang berfungsi menyerap minyak berlebih dan memberikan efek detosifikasi pada kulit. Supaya hasilnya optimal, Anda perlu menggunakan clay mask dengan tepat. Berikut ini beberapa cara memakai clay mask dengan tepat:


  • Bersihkan wajah dengan facial wash terlebih dahulu. Jika Anda menggunakan makeup ataupun sunscreen, lakukan double cleansing.
  • Pastikan wajah Anda dalam keadaan yang bersih dan kering sebelum menggunakan clay mask
  • Hindari mengoleskan clay mask di sekitar area mata dan mulut. 
  • Hindari menggunakan clay mask hingga benar-benar kering agar tidak mengiritasi kulit.
  • Bilas clay mask saat masih setengah basah dengan air hangat.
  • Gunakan clay mask 1-2 kali saja setiap minggu, pada pagi atau malam hari. Jangan gunakan clay mask terlalu sering karena bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi.
  • Gunakan moisturizer yang fokusnya untuk hydrating setelah menggunakan clay mask. 

Biasanya, setelah memakai clay mask kulit akan menjadi lebih kering. Pilihlah moisturizer yang sifatnya ringan dan cocok untuk kulit berminyak, seperti hyaluronic acid, ceramide, glycerin dan heparan sulfate. 

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Clay mask tidak sama dengan mud mask. Clay mask terbuat dari clay atau tanah liat, sedangkan mud mask terbuat dari lumpur. Clay mask memiliki fungsi untuk menyerap minyak dan toksin, sedangkan mud mask untuk menghidrasi kulit.

Cara memilih Clay Mask untuk Kulit Berminyak

Pemilihan clay mask untuk kulit berminyak memang cukup tricky. Kandungan clay mask yang tidak tepat bisa membuat kulit makin berminyak dan kusam. Agar mendapatkan clay mask yang tepat, simak tips memilih clay mask untuk kulit berminyak di bawah ini, ya!

1

Utamakan clay mask dengan kandungan bentonite di urutan awal komposisi jika kulit Anda sangat berminyak

Utamakan clay mask dengan kandungan bentonite di urutan awal komposisi jika kulit Anda sangat berminyak

Umumnya, clay mask hadir dalam beberapa jenis, yaitu clay dari bentonite, kaolin, dan French green. Ketiganya memiliki daya penyerapan minyak yang berbeda-beda. Berikut ini penjelasannya:


  • Bentonite

Bentonite atau green clay merupakan clay yang berasal dari abu vulkanis. Bentonite sendiri memiliki daya serap minyak yang sangat tinggi seperti spons. Menurut penelitian, bentonite murni direkomendasikan untuk jenis kulit bermasalah, seperti kulit yang sangat berminyak dan breakout. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pemakaian jenis masker ini perlu dihindari karena berpotensi mengiritasi wajah.


  • Kaolin

Kaolin atau white clay termasuk salah satu jenis clay yang gentle sehingga aman untuk semua jenis kulit. Meskipun daya serap minyaknya tidak sekuat bentonite, kaolin memiliki efek antibakteri dan anti-inflamasi. 


  • French green clay

Clay jenis ini sering disebut sebagai illite clay atau sea clay. Jenis clay ini bisa Anda temukan di Prancis yang memiliki warna hijau. Warna yang dihasilkan tersebut berasal dari dekomposisi tanaman dan iron oxide. Sama halnya seperti bentonite, French green clay juga efektif menyerap minyak berlebih dan kotoran pada kulit. 


Kebanyakan produk clay mask di Indonesia mengandung campuran bentonite dan kaolin. Jika kulit Anda sangat berminyak, pastikan bentonite berada di urutan 5-10 awal pada komposisi.

2

Jika kulit berjerawat dan berkomedo, prioritaskan clay mask dengan tambahan bahan, seperti salicylic acid, Cica, atau tea tree oil

Jika kulit berjerawat dan berkomedo, prioritaskan clay mask dengan tambahan bahan, seperti salicylic acid, Cica, atau tea tree oil

Munculnya jerawat dan komedo disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Perbedaannya, komedo tidak meradang, sedangkan jerawat meradang. Bakteri tersebut bisa tumbuh sumbur karena minyak dan kotoran yang menumpuk di pori-pori. Nah, kondisi kulit seperti ini bisa Anda atasi dengan menggunakan clay mask. 


Dengan efek detoksifikasi, clay mask mampu menyerap minyak berlebih sehingga meminimalkan pembentukan komedo baru. Selain itu, sifat anti-inflamasi yang terdapat dalam kandungan mineral di dalam clay bisa menenangkan jerawat meradang. Clay mask juga memiliki antibakteri yang bisa mencegah terbentuknya bakteri penyebab jerawat dan komedo. Namun, Anda tetap perlu mencari clay mask dengan bahan aktif untuk meredakan peradangan jerawat dan bahan antibakteri lainnya. Anda bisa memilih clay mask dengan bahan seperti:


  • Salicylic acid untuk memberikan efek eksfoliasi dan oil control. Salicylic acid juga efektif meredakan inflamasi akibat jerawat.
  • Mugwort (Artemisia vulgaris) merupakan tanaman herbal yang berfungsi sebagai oil control tanpa membuat kulit kering. Selain itu, mugwort memberikan efek anti-inflamasi pada jerawat.
  • Willow bark mengandung salicylic acid di dalamnya, tetapi sifatnya lebih mild.
  • Tea tree oil memiliki aktivitas antibakteri untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat. Kemudian, tea tree oil juga efektif meredakan peradangan jerawat sekaligus memberikan efek oil control.
  • Cica atau Centella asiatica memberikan efek anti-inflamasi sekaligus memperkuat skin barrier.


Supaya efek yang dihasilkan lebih maksimal, pilihlah clay mask dengan kombinasi bahan-bahan di atas. Terdapat pula clay mask dengan kandungan mint untuk efek soothing pada kulit berjerawat yang terasa gatal dan panas. Namun, Anda perlu berhati-hati dengan kandungan mint karena bisa mengiritasi kulit. Jika kulit terasa panas setelah pemakaian clay mask tersebut, segera hentikan penggunaannya.


Perlu diingat bahwa clay mask tidak berfungsi untuk mengangkat komedo, tetapi mencegah pembentukan komedo baru. Jika Anda memiliki komedo, sebaiknya lakukan ekstraksi komedo dengan dokter kulit untuk mencegah iritasi dan peradangan jerawat.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Clay mask diklaim dapat mencegah munculnya jerawat dengan mengangkat minyak berlebih pada wajah. Jadi, tak masalah jika ada clay mask dengan klaim tersebut.

Namun, hindari penggunaan clay mask jika memiliki jerawat tahap sedang sampai berat dan fungal acne

Namun, hindari penggunaan clay mask jika memiliki jerawat tahap sedang sampai berat dan fungal acne

Tidak semua pemilik kulit berjerawat diperbolehkan menggunakan clay mask. Clay mask boleh digunakan pada kondisi jerawat ringan, yaitu jumlah jerawat dan komedo tidak lebih dari 30. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kondisi yang membuat Anda tidak bisa memakai clay mask. Di bawah ini merupakan beberapa kondisi wajah yang tidak disarankan memakai clay mask. 


  • Pemilik jerawat sedang sampai berat
  • Pemilik kulit berjerawat yang cenderung sensitif
  • Pemilik fungal acne atau Malassezia folliculitis yang disebabkan oleh jamur
  • Orang yang sedang dalam tahap pengobatan jerawat dengan dokter kulit

Jika Anda memiliki salah satu masalah di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit. Nantinya, Anda akan diberikan penanganan yang lebih baik oleh dokter kulit untuk mengatasi jerawat. 


Perlu dicatat bahwa penggunaan clay mask dengan kondisi wajah di atas hanya akan membuat kulit makin iritasi. Biasanya, dokter akan memberikan krim anti-acne dan treatment sebagai penanganan. Namun, hal tersebut cenderung membuat kulit menjadi kering. Pemakaian clay mask pada tahap ini hanya akan membuat kulit makin kering. Karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit Anda terkait pemilihan masker yang tepat agar kulit tidak makin kering.

3

Jika kulit berminyak Anda cenderung kusam, pertimbangkan clay mask dengan kandungan eksfoliasi dan brightening

Kulit yang berminyak sering kali memiliki permasalahan wajah kusam. Maka dari itu, Anda memerlukan tambahan kandungan yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Pilihlah clay mask yang memiliki kandungan eksfoliasi dan brightening untuk mencerahkan wajah. Simak pembahasannya di bawah ini. 

Untuk kulit berminyak non-sensitif: Pilih kandungan eksfoliasi fisik atau kimia

Untuk kulit berminyak non-sensitif: Pilih kandungan eksfoliasi fisik atau kimia
Kandungan minyak pada kulit berminyak bisa membuat kotoran lebih mudah menempel. Hal inilah yang membuat pori-pori menjadi tersumbat dan regenerasi sel tidak berjalan dengan baik. Maka dari itu, Anda perlu mencari clay mask dengan bahan eksfoliasi fisik atau kimia. Berikut ini perbedaannya:

  • Eksfoliasi fisik
Kandungan eksfoliasi fisik dalam clay mask biasanya berupa scrub. Scrub mampu memberikan sensasi mekanik saat Anda membilas clay mask. Perlu diingat bahwa clay mask sudah berfungsi untuk menarik minyak dari kulit. Maka dari itu, tambahan scrub bisa mengiritasi kulit Anda, apalagi jika Anda menggosok wajah secara berlebihan. Jika kulit Anda berminyak dan cenderung sensitif, hindari clay mask dengan tambahan scrub. 

Selain scrub, Anda juga bisa mendapatkan eksfoliasi fisik dengan memilih clay mask berbentuk peel off. Nantinya, masker tersebut akan dikelupas dari kulit sehingga mampu mengangkat kotoran dari pori-pori. Sel-sel kulit mati dan minyak berlebih juga akan ikut terangkat dari pori-pori Anda.


  • Eksfoliasi kimia

Untuk mendapatkan eksfoliasi kimia, Anda bisa menggunakan AHA (alpha hydroxy acids) dan BHA (beta hydroxy acid). Berikut ini penjelasan singkatnya:


- AHA mampu membantu merenggangkan ikatan antar sel. Beberapa kandungan yang termasuk AHA, yaitu glycolic acid, lactic acid, dan mandelic acid.


- BHA memiliki fungsi untuk mengeksfoliasi hingga ke lapisan terdalam. Maka dari itu, BHA terbukti efektif mengangkat kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih dari pori-pori. Salicylic acid menjadi salah satu bahan populer dalam kelompok BHA.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Clay mask sering disebut sebagai exfoliating mask. Efek eksfoliasi yang dihasilkan berasal dari pengangkatan kotoran dan minyak berlebih dari pori-pori. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan mineral yang terdapat di dalam clay mask. 

Untuk kulit berminyak dan sensitif: Pilih yang mengandung PHA

Untuk kulit berminyak dan sensitif: Pilih yang mengandung PHA

PHA lebih disarankan untuk kulit berminyak yang cenderung sensitif. Hal ini disebabkan karena ukuran molekulnya lebih besar dari AHA sehingga tidak cepat terserap ke dalam kulit. Alhasil, bahan ini minim menimbulkan iritasi. Contoh PHA adalah gluconolactone, galactose, dan lactobionic acids.


Pemilik kulit berminyak yang sensitif diperbolehkan memakai masker apabila derajat sensitivitasnya sudah berkurang. Jika kulit berminyak Anda terasa sensasi tingling atau cekit-cekit, segera hentikan penggunaan clay mask

Pilih juga clay mask dengan kandungan pencerah, seperti vitamin C, niacinamide, licorice extract, dan arbutin

Pilih juga clay mask dengan kandungan pencerah, seperti vitamin C, niacinamide, licorice extract, dan arbutin
Selain kandungan eksfoliasi, Anda juga bisa memilih clay mask dengan bahan pencerah. Beberapa bahan pencerah yang bisa Anda pilih, yaitu vitamin C, niacinamide, licorice extract, dan arbutin.


  • Bila kulit berminyak Anda hanya memiliki permasalahan kulit kusam, Anda bisa memilih clay mask kombinasi pencerah. Contohnya clay mask dengan kombinasi niacinamide, licorice extract, dan arbutin.

  • Berbeda lagi jika Anda punya permasalahan jerawat. Clay mask dengan kombinasi anti-acne, eksfoliasi kimia, dan pencerah adalah solusi yang tepat. Anda bisa memilih clay mask dengan tea tree, salicylic acid, dan niacinamide.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Anda tidak perlu khawatir jika kesulitan mencari clay mask dengan tambahan bahan pencerah. Alasannya karena Anda bisa mendapatkan efek brightening dari tahapan skincare selanjutnya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 19 Desember 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis clay
Jenis masker
Kandungan AHA
Kandungan BHA
Kandungan PHA
Klaim acne-care
Soothing agent
Kandungan antibakteri
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan anti-aging
Brightening agent
Kandungan mint
Scrub
Isi
BPOM
1

SKINTIFIC

Mugwort Acne Clay Stick

SKINTIFIC Mugwort Acne Clay Stick  1

Mulai dari Rp139.000,00

Agak Mahal

Coverage optimal, satu usapan bisa menutup kulit wajah

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Beta-glucan, curcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, salicylic acid

Pinus densiflora leaf extract

Centella asiatica extract

Curcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, Pinus densiflora leaf extract

Curcuma longa (turmeric) root extract, niacinamide

40 gram

NA11220200288

2

Wardah

Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Wardah Nature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask 1

Mulai dari Rp20.000,00

Lebih Murah

Dengan kandungan CarboActiv, bisa menyerap polutan dan minyak berlebih

Kaolin, bentonite

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Witch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract

Witch hazel leaf extract, Caprae lac extract

Witch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract

Tocopheryl acetate

Ulva lactuca extract

(Kaolin, charcoal powder)

60 ml

NA18180200469

3

Whitelab

Mugwort Pore Clarifying Mask

Whitelab  Mugwort Pore Clarifying Mask 1

Mulai dari Rp84.300,00

Menengah

Clay mask yang kaya akan senyawa anti-inflamasi

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Centellla asiatica, allantoin

Niacinamide, salicylic acid

Niacinamide, mugwort

Niacinamide, mugwort

Niacinamide

60 g

NA18210200015

4

Paragon Technology and Innovation

Emina Clay Mask Sebum Control

Paragon Technology and Innovation Emina Clay Mask Sebum Control 1

Mulai dari Rp43.500,00

Agak Murah

Menyerap minyak berlebih, berikan tampilan yang lebih matte dan bebas kering

Kaolin, bentonite

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Allantoin, Calendula officinalis flower extract

Tidak ada

Calendula officinalis flower extract

Calendula officinalis flower extract

Tidak ada

60 ml

NA18190205549

5

Azarine®

Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Azarine® Purifying Deep Cleansing Clay Mask 1

Mulai dari Rp65.000,00

Agak Murah

Kaya bahan alami, aman digunakan oleh bumil dan busui

Kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice extract, allantoin, turmeric root extract, cucumber fruit extract, Portulaca oleracea extract

Chlorphenesin, piper betle leaf extract

Centella asiatica extract

Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Olea europaea fruit oil, turmeric root extract, Portulaca oleracea extract

Turmeric root extract

60 gram

NA18200200925

6

N'Pure

Cica Chocomint Clay Mask

N'Pure Cica Chocomint Clay Mask 1

Mulai dari Rp119.000,00

Menengah

Bersihkan pori-pori dengan masker wangi grassy-minty!

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Tidak ada

Tidak ada

Centella asiatica extract, allantoin, tea tree leaf oil

Tea tree leaf oil

Niacinamide, tea tree

Tidak diketahui

Niacinamide

(Theobroma cacao shell powder)

50 g

NA18200200618

7

Jacquelle

Butter Clay Mask

Jacquelle Butter Clay Mask 1

Mulai dari Rp179.000,00

Agak Mahal

Dapatkan kulit bebas kilap dengan kelembutan tanah liat dan keharuman menyegarkan!

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Allantoin, salicylic acid

Salicylic acid, niacinamide

Niacinamide

Niacinamide

Niacinamide, ascorbic acid

30 g, 100 g

NA18210200423

8

White Story

Jeju Volcanic Acne Clay Mask

White Story  Jeju Volcanic Acne Clay Mask 1

Mulai dari Rp52.700,00

Agak Murah

Kandungan green tea dan Jeju volcanic efektif mengatasi permasalahan sebum berlebih

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Ada

Tidak ada

Jeju volcanic ash, green tea

Niacinamide

Niacinamide

Green tea

Niacinamide

60 g

NA18220200325

9

Everwhite

Mugwort Pore Clay Mask

Everwhite Mugwort Pore Clay Mask 1

Mulai dari Rp108.700,00

Menengah

Dilengkapi kandungan mugwort asli Korea yang mampu menenangkan peradangan kulit

Bentonite, kaolin

Rinse off

Tidak ada

Salicylic acid

Tidak ada

Allantoin, Saccharomyces ferment filtrate, Centella asiatica extract, Scutellaria baicalensis root extract, Camellia sinensis leaf extract, beta-glucan

Niacinamide, salicylic acid

Niacinamide, Centella asiatica extract

Niacinamide

Niacinamide

125 g

NA18210200014

10

Innisfree

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1

Mulai dari Rp225.000,00

Lebih Mahal

Dengan abu vulkanik Jeju, komplet atasi permasalahan kulit wajah berminyak

Volcanic clay mask

Rinse off

Lactic acid

Tidak ada

Tidak ada

Camellia sinensis leaf extract

Camellia sinensis leaf extract

Camellia sinensis leaf extract

Lactic acid

Citrus unshiu peel extract

100 ml

NA26190205138

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SKINTIFICMugwort Acne Clay Stick

Mugwort Acne Clay Stick  1
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  2
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  3
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  4
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Acne Clay Stick  5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp139.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp139.000,00
Agak Mahal

Coverage optimal, satu usapan bisa menutup kulit wajah

Clay mask dari SKINTIFIC ini praktis digunakan. Selain dikemas dalam bentuk stik, coverage-nya pun bagus. Hanya dengan sekali usap, clay mask dapat menutup satu area pada wajah. Dengan tiga key ingredients, masker ini dapat mengatasi beruntusan pada wajah Anda. 


Ekstrak mugwort yang bersifat anti-inflamasi dapat menenangkan kulit yang beruntusan. Salicylic acid dapat mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori, sedangkan niacinamide dapat membantu mempercepat penyembuhan jerawat.

Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentBeta-glucan, curcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, salicylic acid
Kandungan antibakteriPinus densiflora leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan anti-agingCurcuma longa (turmeric) root extract, Centella asiatica extract, Pinus densiflora leaf extract
Brightening agentCurcuma longa (turmeric) root extract, niacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi40 gram
BPOMNA11220200288
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp20.000,00
Lebih Murah

Dengan kandungan CarboActiv, bisa menyerap polutan dan minyak berlebih

Jangan biarkan polusi lingkungan menempel di wajah karena lama-kelamaan bisa merusak skin barrier Anda. Rawatlah wajah Anda menggunakan clay mask Wardah yang diformulasikan dengan CarboActiv untuk menyerap polutan ini. Di dalamnya terkandung juga clarifying mineral untuk detoksifikasi wajah. Dengan pemakaian sesuai yang disarankan, wajah akan terasa bersih, halus, bebas minyak dan jerawat.

Jenis clayKaolin, bentonite
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentWitch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan antibakteriWitch hazel leaf extract, Caprae lac extract
Kandungan anti-inflamasiWitch hazel leaf extract, Aloe barbadensis leaf extract
Kandungan anti-agingTocopheryl acetate
Brightening agentUlva lactuca extract
Kandungan mint
Scrub(Kaolin, charcoal powder)
Isi60 ml
BPOMNA18180200469
View all
No.3

Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

Harga referensi
Mulai dari Rp84.300,00
Menengah

Clay mask yang kaya akan senyawa anti-inflamasi

Jerawat Anda tak kunjung hilang? Kalau begitu, cobalah Mugwort Pore Clarifying Mask dari Whitelab. Produk ini kaya akan senyawa anti-inflamasi, seperti Centella asiatica, niacinamide, salicylic acid, dan green tea. Kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan peradangan kulit, termasuk jerawat.


Produk ini juga baik untuk kulit aging dan berminyak berkat kandungan mugwort yang kaya akan antioksidan. Jadi, pori-pori yang besar akibat kulit yang mengendur juga bisa tersamarkan. Kulit wajah yang mudah iritasi dan mulai mengalami aging bisa mempertimbangkan clay mask ini.

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentellla asiatica, allantoin
Kandungan antibakteriNiacinamide, salicylic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, mugwort
Kandungan anti-agingNiacinamide, mugwort
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi60 g
BPOMNA18210200015
View all
No.4

Paragon Technology and InnovationEmina Clay Mask Sebum Control

Harga referensi
Mulai dari Rp43.500,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp43.500,00
Agak Murah

Menyerap minyak berlebih, berikan tampilan yang lebih matte dan bebas kering

Selain menggunakan produk basic skincare harian, lengkapi perawatan kulit berminyak Anda dengan pemakaian clay mask ini seminggu sekali. Tampilan kulit berminyak Anda akan berkurang berkat kandungan kaolin dan bentonite pada masker Emina ini.


Anda tak usah khawatir kulit menjadi kering setelahnya. Masker ini diperkaya dengan hyaluronic acid dan triple moisturizing complex yang dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Ada pula ekstrak calendula yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari efek buruk radikal bebas.

Jenis clayKaolin, bentonite
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentAllantoin, Calendula officinalis flower extract
Kandungan antibakteriTidak ada
Kandungan anti-inflamasiCalendula officinalis flower extract
Kandungan anti-agingCalendula officinalis flower extract
Brightening agentTidak ada
Kandungan mint
Scrub
Isi60 ml
BPOMNA18190205549
View all
No.5

Azarine®Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Harga referensi
Mulai dari Rp65.000,00
Agak Murah

Kaya bahan alami, aman digunakan oleh bumil dan busui

Sedang hamil atau menyusui tidak menghalangi Anda untuk merawat wajah. Anda bisa menggunakan clay mask ini karena formulanya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Selain itu, masker ini juga non comedogenic, bebas alkohol, fragrance, dan oil.

Terdapat 12 veggie green tox dalam clay mask ini, mulai dari brokoli, rapseed, Aloe vera, timun, sirih, dan sebagainya. Selain bisa atasi kulit berminyak, produk ini juga mampu mengatasi breakout, pori-pori besar, dan juga jerawat meradang.
Jenis clayKaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Aloe barbadensis leaf juice extract, allantoin, turmeric root extract, cucumber fruit extract, Portulaca oleracea extract
Kandungan antibakteriChlorphenesin, piper betle leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica extract
Kandungan anti-aging Centella asiatica extract, Camellia sinensis leaf extract, Olea europaea fruit oil, turmeric root extract, Portulaca oleracea extract
Brightening agentTurmeric root extract
Kandungan mint
Scrub
Isi60 gram
BPOMNA18200200925
View all
No.6

N'PureCica Chocomint Clay Mask

Harga referensi
Mulai dari Rp119.000,00
Menengah

Bersihkan pori-pori dengan masker wangi grassy-minty!

Clay mask dengan harum chocolate mint ini cocok untuk Anda yang menyukai masker beraroma. Selain wanginya yang enak, clay mask ini mengandung niacinamide dan tea tree oil untuk mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, ada ekstrak Centella asiatica juga yang memberikan efek soothing dan calming pada kulit.


Tekstur masker ini padat karena mengandung dua jenis clay, yaitu bentonite dan kaolin yang cocok untuk kulit sangat berminyak. Produk ini juga diklaim dapat membantu Anda membersihkan pori-pori hanya dalam 10 menit.

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCentella asiatica extract, allantoin, tea tree leaf oil
Kandungan antibakteriTea tree leaf oil
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, tea tree
Kandungan anti-agingTidak diketahui
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub(Theobroma cacao shell powder)
Isi50 g
BPOMNA18200200618
View all
No.7

JacquelleButter Clay Mask

Harga referensi
Mulai dari Rp179.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp179.000,00
Agak Mahal

Dapatkan kulit bebas kilap dengan kelembutan tanah liat dan keharuman menyegarkan!

Jacquelle Butter Clay Mask adalah solusi ideal bagi pemilik kulit berminyak yang mencari kelembapan dan keseimbangan. Terbuat dari formula tanah liat berkualitas tinggi, masker ini membantu mengontrol kelebihan minyak tanpa membuat kulit kering.

Selain untuk merawat wajah, clay mask ini juga bisa digunakan di area tubuh lain, lho. Ditambah aromanya yang lembut, pengalaman spa pribadi Anda akan semakin menyenangkan. Jacquelle Butter Clay Mask juga cocok untuk jenis kulit selain berminyak dan menyuguhkan kecantikan alami tanpa rasa tertarik. Nyaman digunakan, produk ini siap memberikan kilau sehat dan kelembutan sepanjang hari.

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentAllantoin, salicylic acid
Kandungan antibakteriSalicylic acid, niacinamide
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan anti-agingNiacinamide
Brightening agentNiacinamide, ascorbic acid
Kandungan mint
Scrub
Isi30 g, 100 g
BPOMNA18210200423
View all
No.8

White Story Jeju Volcanic Acne Clay Mask

Jeju Volcanic Acne Clay Mask 1
Sumber: shopee.co.id
Jeju Volcanic Acne Clay Mask 2
Sumber: shopee.co.id
Jeju Volcanic Acne Clay Mask 3
Sumber: shopee.co.id
Jeju Volcanic Acne Clay Mask 4
Sumber: shopee.co.id
Jeju Volcanic Acne Clay Mask 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp52.700,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp52.700,00
Agak Murah

Kandungan green tea dan Jeju volcanic efektif mengatasi permasalahan sebum berlebih

Clay mask dari White Story ini direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak. Kandungan green tea dan Jeju volcanic-nya bisa menyerap minyak berlebih, memperkecil pori-pori, dan mengontrol minyak. Hasilnya, wajah akan bebas dari minyak, tetapi tidak membuatnya kering dan iritasi. Terlebih lagi, Anda bisa mendapatkan wajah yang lebih sehat, bersih, bebas jerawat, dan beruntusan.

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHAAda
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentJeju volcanic ash, green tea
Kandungan antibakteriNiacinamide
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide
Kandungan anti-agingGreen tea
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi60 g
BPOMNA18220200325
View all
No.9

EverwhiteMugwort Pore Clay Mask

Mugwort Pore Clay Mask 1
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Pore Clay Mask 2
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Pore Clay Mask 3
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Pore Clay Mask 4
Sumber: shopee.co.id
Mugwort Pore Clay Mask 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp108.700,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp108.700,00
Menengah

Dilengkapi kandungan mugwort asli Korea yang mampu menenangkan peradangan kulit

Everwhite Mugwort Pore Clay Mask bisa jadi solusi efektif untuk kulit berminyak dan sensitif. Diformulasikan dengan tanah liat berkualitas tinggi dan mugwort asli Korea, clay mask ini mampu menyerap kelebihan minyak dengan baik. Kandungan tersebut juga dapat menenangkan kulit yang sedang mengalami peradangan atau iritasi ringan.

Dengan teksturnya yang lembut dan mudah diaplikasikan, masker ini memberikan sensasi menyegarkan saat digunakan. Dengan penggunaan teratur, kulit akan terlihat lebih bersih, segar, dan merona.

Jenis clayBentonite, kaolin
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHATidak ada
Kandungan BHASalicylic acid
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentAllantoin, Saccharomyces ferment filtrate, Centella asiatica extract, Scutellaria baicalensis root extract, Camellia sinensis leaf extract, beta-glucan
Kandungan antibakteriNiacinamide, salicylic acid
Kandungan anti-inflamasiNiacinamide, Centella asiatica extract
Kandungan anti-agingNiacinamide
Brightening agentNiacinamide
Kandungan mint
Scrub
Isi125 g
BPOMNA18210200014
View all
No.10

InnisfreeSuper Volcanic Pore Clay Mask 2X

Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 1
Sumber: shopee.co.id
Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 2
Sumber: shopee.co.id
Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 3
Sumber: shopee.co.id
Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 4
Sumber: shopee.co.id
Super Volcanic Pore Clay Mask 2X 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp225.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp225.000,00
Lebih Mahal

Dengan abu vulkanik Jeju, komplet atasi permasalahan kulit wajah berminyak

Bagi Anda yang memiliki wajah sangat berminyak dan ingin bebas kilap, cobalah menggunakan masker ini secara rutin. Jeju volcanic cluster sphere yang terkandung di dalam clay mask ini sanggup serap minyak 2 kali lebih banyak. Dengan begitu, pori-pori tampak mengecil dan wajah tak akan terlihat mengilap.


Di samping menyerap minyak, masker ini mampu membersihkan pori secara mendalam. Komedo dan debu halus pun dapat bersih dengan sempurna. Tambahan walnut shell powder bermanfaat memberikan kulit yang lebih halus.

Jenis clayVolcanic clay mask
Jenis masker Rinse off
Kandungan AHALactic acid
Kandungan BHATidak ada
Kandungan PHATidak ada
Klaim acne-care
Soothing agentCamellia sinensis leaf extract
Kandungan antibakteriCamellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-inflamasiCamellia sinensis leaf extract
Kandungan anti-agingLactic acid
Brightening agentCitrus unshiu peel extract
Kandungan mint
Scrub
Isi100 ml
BPOMNA26190205138
View all

5 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak terbaik

No. 1: SKINTIFICMugwort Acne Clay Stick

No. 2: WardahNature Daily Mineral+ Clarifying Clay Mask

No. 3: Whitelab Mugwort Pore Clarifying Mask

No. 4: Paragon Technology and InnovationEmina Clay Mask Sebum Control

No. 5: Azarine®Purifying Deep Cleansing Clay Mask

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Clay Mask untuk Kulit Berminyak Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.