mybest
Skuter

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman maupun trotoar makin banyak. Skuter elektrik atau otopet listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, serta nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi.


Kalau Anda berencana membeli skuter listrik, simak artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan beberapa merek skuter listrik terbaik untuk orang dewasa. Ada skuter murah 2 jutaan dari merek Mankeel, skuter lipat merek Xiaomi, bahkan skuter dengan tempat duduk juga ada. Yuk, baca artikelnya sampai tuntas.

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih skuter listrik

Sama seperti kendaraan lainnya, membeli skuter listrik atau otopet listrik juga memerlukan banyak pertimbangan. Anda harus memperhatikan beberapa spesifikasi skuter listrik, seperti durasi baterai, kapasitas beban, dan spesifikasi lainnya. Pokoknya semua perlu dipertimbangkan. Agar Anda punya gambaran mengenai skuter listrik, simak pembahasan di bawah ini sebelum membelinya.

1

Untuk orang dewasa, utamakan yang kapasitas bebannya minimal 100 kg dan kecepatannya 20 km/jam ke atas

Untuk orang dewasa, utamakan yang kapasitas bebannya minimal 100 kg dan kecepatannya 20 km/jam ke atas
Kebanyakan produk skuter listrik hanya mampu menahan beban sekitar 70–100 kg. Mungkin kapasitas tersebut tidak akan cukup untuk orang yang memiliki bobot cukup tinggi. Untungnya, saat ini ada beberapa skuter listrik yang memiliki kapasitas hingga 150 kg atau lebih. Jika Anda merasa memiliki bobot tubuh yang besar, Anda sebaiknya pilih skuter listrik ini supaya lebih aman. 


Selain itu, perhatikan juga kecepatan maksimal yang mampu dicapai skuter listrik incaran Anda. Skuter listrik umumnya memiliki kecepatan yang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 15–25 km/jam. Namun, ada juga skuter listrik yang memiliki kecepatan maksimal 45 km/jam. Skuter yang bisa mencapai kecepatan sekitar 20 km/jam tentunya dapat mengantar Anda sampai tujuan lebih cepat. 


Namun, Anda jangan sampai lupa untuk memperhatikan faktor keamanannya juga, ya! Menurut PM No. 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, skuter listrik dan sepeda listrik dapat beroperasi dengan kecepatan maksimal 25 km/jam.


Selain skuter listrik, Anda juga bisa mempertimbangkan sepeda listrik sebagai kendaraan alternatif. Jika Anda tertarik dengan sepeda listrik, silakan klik tautan di bawah ini.

2

Pertimbangkan skuter dengan spesifikasi ban karet, bersuspensi, dan rem fisik untuk sarana transportasi sehari-hari

Setelah mengetahui bobot dan kecepatan maksimal, Anda sebaiknya mengecek spesifikasi ban, suspensi, dan rem yang digunakan. Ketiga hal tersebut penting untuk diperhatikan karena dapat memengaruhi kenyamanan dan keselamatan Anda pada saat menggunakan skuter. Pembahasan lebih lanjut mengenai ketiga hal tersebut sudah kami uraikan menjadi beberapa poin di bawah ini.

Ban karet, untuk melewati berbagai medan

Ban karet, untuk melewati berbagai medan

Ada skuter listrik yang menggunakan ban padat (tanpa udara) dan ban karet yang diisi udara (pneumatik). Ban padat direkomendasikan bagi Anda yang memakai skuter di jalan mulus. Apabila Anda memakainya di jalan yang kurang rata, guncangan akan terasa sehingga perjalanan jadi kurang nyaman. Tambahan lagi, ban padat kurang direkomendasikan karena membuat bobot skuter jadi lebih berat.


Bagaimana dengan ban karet? Ban karet cenderung lebih lentur sehingga dapat meminimalkan guncangan di jalan yang buruk meski tanpa suspensi. Apabila Anda menginginkan perjalanan yang minim guncangan saat mengendarai skuter, pertimbangkanlah skuter listrik dengan ban karet. Namun, Anda perlu mengecek kondisi ban secara berkala agar awet digunakan.

Suspensi, cocok untuk kenyamanan di medan yang sulit

Suspensi, cocok untuk kenyamanan di medan yang sulit
Suspensi merupakan bagian dari kendaraan yang bertugas meredam getaran. Jika tak ada suspensi, getaran yang timbul selama di perjalanan bisa menyebabkan Anda tidak nyaman. Selain itu, getaran tersebut juga bisa memengaruhi bodi serta komponen lain dari kendaraan. Jadi, perhatikan keberadaan suspensi ketika memilih skuter listrik.

Ada tiga jenis suspensi yang biasanya ditemukan pada skuter listrik, yakni suspensi pegas, piston hidrolik, dan karet. Untuk kenyamanan saat berkendara, skuter listrik dengan suspensi kombinasi pegas dan piston hidrolik adalah pilihan terbaik.


Ada banyak electric scooter terbaik yang telah mengadopsi suspensi seperti mobil. Skuter listrik dengan suspensi ini direkomendasikan untuk Anda yang melakukan perjalanan jauh di medan yang sulit. Sayangnya, tak banyak seller yang memberikan informasi mengenai suspensi tersebut.

Rem fisik, agar tetap aman saat berkendara

Rem fisik, agar tetap aman saat berkendara
Bagian selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah rem. Beberapa skuter listrik memakai rem elektronis, sistem pengereman yang menggunakan sistem elektrik dan regeneratif. Rem elektronis memiliki perawatan yang mudah. Namun, kekuatan pengeremannya lemah sehingga sistem rem ini tidak begitu direkomendasikan.

Ada juga skuter yang memakai rem mekanis atau rem fisik. Rem ini mengandalkan mekanisme fisik untuk mengurangi kecepatan skuter listrik. Ketika menggunakan rem ini, skuter mungkin masih melaju sekitar 3–6 m, tetapi rem ini dapat membuat Anda lebih nyaman saat mengendarai skuter listrik. Tambahan lagi, rem fisik bisa dibagi lagi jadi tiga, yaitu rem kaki, rem tromol, dan rem cakram.

3

Pilih yang mudah dibawa bepergian untuk sarana hiburan, misalnya berbobot ringan dan bisa dilipat

Pilih yang mudah dibawa bepergian untuk sarana hiburan, misalnya berbobot ringan dan bisa dilipat

Bobot skuter dan ke-compact-an skuter listrik sebaiknya dipertimbangkan juga. Makin ringan bobot skuter, makin mudah Anda untuk membawanya. Biasanya skuter listrik memiliki bobot belasan kilogram. Namun, Anda juga dapat menemukan beberapa produk skuter listrik yang bobotnya di bawah 10 kg. Ada banyak faktor yang memengaruhi bobot skuter listrik, mulai dari material yang dipakai hingga aksesori yang disertakan. 


Selain mengecek bobot, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran skuter listrik pada saat dilipat. Makin kecil ukurannya, tentu makin praktis untuk dibawa dan disimpan. Jadi, saat bepergian, Anda dapat menyimpannya tanpa mengganggu orang lain yang ada di sekitar.


Pembahasan kami di artikel ini memang berfokus pada skuter dewasa. Jika Anda memerlukan info seputar skuter anak, silakan cek artikelnya di bawah ini.

4

Agar dapat dipakai lama, cari skuter listrik yang mampu digunakan sejauh 20 km atau lebih

Agar dapat dipakai lama, cari skuter listrik yang mampu digunakan sejauh 20 km atau lebih

Skuter listrik digerakkan dengan baterai sehingga penting untuk mempertimbangkan kapasitasnya. Kapasitas baterai yang besar memungkinkan Anda menggunakan skuter lebih lama sehingga jarak yang dapat ditempuh lebih jauh. Kapasitas baterai yang besar juga menghindarkan Anda dari risiko kehabisan daya di tengah perjalanan


Sayangnya kebanyakan produsen tidak mencantumkan informasi mengenai kapasitas baterai skuter buatannya. Namun, ada informasi mengenai jarak maksimal yang bisa ditempuh skuter dalam satu kali pengisian baterai. Rata-rata skuter di rekomendasi produk mampu menempuh 5–20 km dalam sekali pengisian baterai (hingga penuh). Ada juga skuter yang mampu menempuh jarak 60 km dalam satu kali pengisian baterai.


Selain itu, cari tahu waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai hingga penuh. Logikanya, makin jauh jarak yang bisa ditempuh, waktu pengisian pun makin lama. Akan tetapi, kenyataannya tidak selalu begitu. Ada juga skuter yang bisa menempuh jarak 60 km, tetapi waktu pengisiannya hanya perlu 4–6 jam. Lebih cepat dibandingkan SEALUP S8 yang perlu waktu 6–8 jam, tetapi jarak tempuh maksimalnya hanya 40 km. Jadi, perhatikan kedua hal tersebut saat memilih skuter.

5

Pastikan aksesorinya berguna untuk Anda, contohnya sadel agar Anda tidak pegal saat di perjalanan

Pastikan aksesorinya berguna untuk Anda, contohnya sadel agar Anda tidak pegal saat di perjalanan

Ketika memilih skuter listrik, Anda mungkin menemukan beberapa produk yang dilengkapi dengan aksesori, seperti lampu dan sadel. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menyesuaikan aksesori yang ada dengan kebutuhan sehingga dapat digunakan secara maksimal. Berikut adalah beberapa aksesori yang biasanya dipasang pada skuter listrik.


  • Lampu

Jika ingin mengendarai skuter listrik pada malam hari, pastikan Anda mengendarainya di jalan yang terang dan rata. Agar penerangan makin maksimal, sebaiknya pilih skuter listrik yang sudah dilengkapi dengan lampu penerangan, baik depan maupun belakang. Dengan begitu, Anda dapat melihat jalan lebih baik dan memudahkan pengguna jalan lain untuk melihat Anda.


  • Sadel

Meskipun terlihat aneh, sadel pada skuter ternyata dapat dimanfaatkan untuk menjaga kaki supaya tidak pegal selama di perjalanan. Hal ini tentu berguna untuk Anda yang berencana menggunakan skuter listrik untuk menempuh jarak yang lumayan jauh. Jadi, tubuh tidak akan terlalu pegal atau lelah ketika sampai di tempat tujuan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi skuter listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skuter listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Bobot
Kapasitas beban
Kecepatan maksimal
Ukuran saat dilipat
Kapasitas baterai
Lampu
Jenis rem
1

Segway

Ninebot KickScooter D28

Segway Ninebot KickScooter D28 1

Mulai dari Rp7.799.000,00

Lebih Mahal

Segway skuter listrik dengan mesin & baterai yang lebih awet

15,3 kg

30–120 kg

25 km/jam

114,3 cm × 48 cm × 49,5 cm

Mampu menempuh jarak 28 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem elektronik + Rem tromol

2

SEALUP

Skuter ListrikQ8

SEALUP Skuter Listrik 1

Mulai dari Rp4.799.997,00

Menengah

Lebih aman saat parkir berkat remot kontrol antimaling

19 kg

150 kg

45 km/jam

57 cm x 115 cm

Mampu menempuh jarak 40 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem elektronik + Rem cakram

3

Exotic

Scooter ElectricST-8255

Exotic Scooter Electric 1

Mulai dari Rp3.089.000,00

Agak Murah

Waktu pengisian cenderung singkat, mobilitas jadi lebih cepat

13,72 kg

120 kg

25 km/jam

105,4 cm x 43,6 cm x 48 cm

Mampu menempuh jarak 20 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem cakram

4

e-Buy

Skuter ElektrikKL071

e-Buy Skuter Elektrik 1

Mulai dari Rp2.019.000,00

Lebih Murah

Skuter listrik murah yang bisa diatur ketinggian setang & sadelnya

12 kg

80 kg

15 km/jam

15 cm x 79 cm

Mampu menempuh jarak 5–10 km setelah pengisian penuh

Tidak ada

Rem tangan

5

Petrik

Skuter Listrik dengan Saddle

Petrik Skuter Listrik dengan Saddle 1

Mulai dari Rp3.190.000,00

Agak Murah

Berkendara lebih nyaman dengan saddle tebal dan juga tambahan keranjang

14 kg

Tidak ada keterangan

Tidak ada keterangan

100 cm x 50 cm x 24 cm

Mampu menempuh jarak 15–20 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem tangan

6

Geekman

Folding Schooter

Geekman Folding Schooter 1

Mulai dari Rp6.399.000,00

Agak Mahal

Bobot lebih ringan, lebih nyaman saat dibawa bepergian

9 kg

70 kg

16 km/jam

109 cm x 20 cm x 29 cm

Mampu menempuh jarak 6,5–8 km setelah pengisian penuh

Tidak ada

Reme lektronik EABS

7

Mankeel

Skuter Elektrik FoldingM187

Mankeel Skuter Elektrik Folding 1

Mulai dari Rp2.635.000,00

Agak Murah

Dilengkapi lampu indikator, cek baterai dan mode kecepatan jadi lebih mudah

12 kg

100 kg

25 km/jam

112 cm x 17 cm x 54 cm

Mampu menempuh jarak 18–20 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem elektronik + Rem cakram

8

Xiaomi Mijia

Smart Electric Scooter ProM365

Xiaomi Mijia Smart Electric Scooter Pro 1

Mulai dari Rp6.451.300,00

Agak Mahal

Menggunakan aluminium alloy aircraft grade, kuat & ringan sekelas bahan bodi pesawat

19,3 kg

100 kg

25 km/jam

17 cm x 19 cm x 52 cm

Mampu menempuh jarak 45 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem elektronik + Rem cakram

9

Keep Going Max

Skuter Listrik Roda 2

Keep Going Max  Skuter Listrik Roda 2 1

Mulai dari Rp4.259.000,00

Menengah

Melaju lebih cepat di jalanan yang gelap dengan skuter ini

15 kg

100–150 kg

30 km/jam

60 cm x 29 cm x 33 cm

Mampu menempuh jarak 25 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem elektronik + Rem cakram

10

Scooter Electric Onpark T4 Max

null Scooter Electric Onpark T4 Max 1

Mulai dari Rp3.749.000,00

Menengah

Daya tempuh lebih jauh, tak perlu sering-sering isi daya baterai

19,1 kg

130 kg

30 km/jam

116,7 cm x 47,2 cm x 53,4 cm

Mampu menempuh jarak 60 km setelah pengisian penuh

Ada

Rem elektronik

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

SegwayNinebot KickScooter D28

Ninebot KickScooter D28 1
Sumber: ap-en.segway.com
Harga referensi
Mulai dari Rp7.799.000,00
Lebih Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp7.799.000,00
Lebih Mahal

Segway skuter listrik dengan mesin & baterai yang lebih awet

Kelebihan:

  • Memadukan dua sistem rem sehingga respon pengereman bisa dilakukan dalam waktu 0,1 detik saja
  • Pola ban dan pola berlian di sisi ban membuatnya tidak mudah mengalami selip saat melewati jalan berair
  • Kecepatan skuter dapat diatur menjadi tiga mode, yaitu Eco (15 km/jam), Standard (25 km/jam), dan Sport (25 km/jam)

Kekurangan:

  • Tidak perbedaan kecepatan antara mode Standard dan Sport
  • Pengisian baterai memerlukan waktu sekitar 5 jam
  • Harga skuter listrik ini termasuk mahal dan hanya tersedia dalam satu pilihan warna

Segway skuter listrik ini diklaim memiliki mesin yang dapat hidup hingga tiga ribu jam. Jika Anda menggunakannya satu jam per hari, skuter mampu bertahan delapan tahun. Selain itu, baterainya menggunakan high-cycle Li-ion cell. Jenis baterai ini disebut-sebut lebih awet karena performanya dinyatakan tidak akan kurang dari 70% meski sudah digunakan lima tahun.


Dilengkapi ban pneumatik 10 inci, Anda dapat berkendara dengan nyaman karena getaran jadi lebih minim. Ban jenis ini memang bisa mengalami kebocoran, tetapi Segway melengkapinya dengan kabel polimer. Jadi, ketahanan ban dalam menangkal bocor meningkat 12%. Cocok untuk Anda yang ingin mengendarai skuter listrik secara rutin dengan nyaman.

Bobot15,3 kg
Kapasitas beban30–120 kg
Kecepatan maksimal25 km/jam
Ukuran saat dilipat114,3 cm × 48 cm × 49,5 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 28 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem elektronik + Rem tromol
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

SEALUPSkuter ListrikQ8

Skuter Listrik 1
Sumber: shopee.co.id
Skuter Listrik 2
Sumber: shopee.co.id
Skuter Listrik 3
Sumber: shopee.co.id
Skuter Listrik 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.799.997,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp4.799.997,00
Menengah

Lebih aman saat parkir berkat remot kontrol antimaling

Kelebihan:

  • Bobot maksimal yang bisa ditahan skuter ini mencapai 150 kg, dapat digunakan oleh Anda yang bertubuh gemuk
  • Menggunakan 2+2 shockbreaker sehingga kenyamanan di berbagai jalan lebih terjamin
  • Bagian tiang saddle juga dilengkapi dengan shockbreaker

Kekurangan:

  • Bobot skuter mencapai 19 kg, termasuk berat jika dibandingkan produk lain
  • Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai hingga penuh mencapai 6–8 jam

Memarkirkan skuter di tempat umum memang rawan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, skuter listrik SEALUP Q8 ini dilengkapi remot kontrol antimaling. Apabila Anda menekan tombol di remot tersebut, skuter akan mengeluarkan alarm ketika disentuh oleh orang lain. Fitur ini tentunya berguna ketika Anda harus memarkir skuter beberapa saat di suatu tempat.


Di luar fitur kemanan tersebut, skuter ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan yang menarik dan berguna. Misalnya, fitur speedometer yang memungkinkan Anda untuk mengetahui kecepatan skuter. Lalu, ada juga fitur pengisi daya yang akan menjaga baterai ponsel supaya tidak habis di tengah perjalanan.

Bobot19 kg
Kapasitas beban150 kg
Kecepatan maksimal45 km/jam
Ukuran saat dilipat57 cm x 115 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 40 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem elektronik + Rem cakram
View all
No.3

ExoticScooter ElectricST-8255

Scooter Electric 1
Sumber: shopee.co.id
Scooter Electric 2
Sumber: shopee.co.id
Scooter Electric 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.089.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.089.000,00
Agak Murah

Waktu pengisian cenderung singkat, mobilitas jadi lebih cepat

Kelebihan:

  • Frame berbahan alloy yang terkenal tidak mudah berkarat dan perawatannya mudah
  • Bagian deck diberi gerigi supaya kaki tidak mudah terpeleset saat berada di atas skuter
  • Skuter juga masih dapat diandalkan ketika melewati tanjakan dengan kemiringan 15 derajat 

Kekurangan:

  • Memakai ban angin 8,5 inci sehingga kemampuan menahan guncangannya tidak sebaik ban angin berukuran 10 inci
  • Bagian shock absorption-nya hanya ada di bagian belakang ban

Waktu pengisian baterai yang lebih dari empat jam mungkin merepotkan bagi sebagian dari Anda. Karena itu, kami merekomendasikan salah satu otopet listrik terbaik ini. Jangka waktu pengisian baterainya hanya sekitar 3–4 jam dan Anda bisa menempuh 20 km dengan baterai yang terisi penuh. Kelebihan ini tentunya berguna untuk Anda yang punya mobilitas tinggi dan sering mengandalkan skuter.


Untuk baterainya sendiri tertanam di dalam skuter dan charging slot-nya terletak di bawah skuter. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir saat melewati jalan yang basah karena skuter listrik ini sudah waterproof IP54. Hal ini membuat skuter terlindungi dari debu dan air.

Bobot13,72 kg
Kapasitas beban120 kg
Kecepatan maksimal25 km/jam
Ukuran saat dilipat105,4 cm x 43,6 cm x 48 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 20 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem cakram
View all
No.4

e-BuySkuter ElektrikKL071

Skuter Elektrik 1
Sumber: shopee.co.id
Skuter Elektrik 2
Sumber: shopee.co.id
Skuter Elektrik 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.019.000,00
Lebih Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.019.000,00
Lebih Murah

Skuter listrik murah yang bisa diatur ketinggian setang & sadelnya

Kelebihan:

  • Tekan satu tombol, skuter dapat dilipat dalam waktu tiga detik dan jok serta tiangnya bisa dilepas
  • Setang dapat diatur dalam empat empat ketinggian, yaitu 55 cm, 75 cm, 80 cm, dan 82 cm
  • Ketinggian jok dapat disesuaikan sesuai kebutuhan jadi 42 cm, 46 cm, atau 49 cm

Kekurangan:

  • Beban maksimalnya sekitar 80 kg
  • Kecepatan maksimalnya hanya sekitar 15 km/jam
  • Jarak maksimal yang bisa ditempuh skuter ini hanya sekitar 5–10 km

Ada banyak skuter listrik murah terbaik di pasaran, salah satunya adalah produk ini. Otopet listrik murah ini didesain dengan sadel agar Anda tidak pegal saat mengendarainya. Ketinggian sadel dan setangnya juga bisa disesuaikan. Pilihan tepat jika Anda mencari skuter listrik yang dapat digunakan bersama anggota keluarga lain.


Sayangnya scooter elektrik murah ini menggunakan ban berukuran 6 inci yang membuat guncangan lebih terasa. Untunglah ada dua suspensi di bagian depan roda untuk meminimalkan kejut sehingga Anda tetap nyaman saat berkendara. Daya tahan baterainya sendiri hanya bisa menempuh 10 km, tetapi dapat diganti dengan tipe lithium agar dapat menempuh jarak lebih jauh.

Bobot12 kg
Kapasitas beban80 kg
Kecepatan maksimal15 km/jam
Ukuran saat dilipat15 cm x 79 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 5–10 km setelah pengisian penuh
LampuTidak ada
Jenis rem Rem tangan
View all
No.5

PetrikSkuter Listrik dengan Saddle

Skuter Listrik dengan Saddle 1
Sumber: shopee.co.id
Skuter Listrik dengan Saddle 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.190.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.190.000,00
Agak Murah

Berkendara lebih nyaman dengan saddle tebal dan juga tambahan keranjang

Kelebihan:

  • Durasi pengisian daya terblang cepat, hanya 3–4 jam dalam keadaan off
  • Ketinggian skuter dan dudukannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Di bagian belakang ada spakbor tambahan untuk mengurangi cipratan air

Kekurangan:

  • Keberadaan saddle yang besar dan keranjang membuat skuter tidak ringkas saat dilipat

Siapa yang suka malas untuk jalan ke pasar? Jika Anda salah satunya, coba lirik skuter listrik ini, deh. Jika memiliki skuter ini, perjalanan ke pasar akan jadi lebih mudah, apalagi di bagian depannya ada tambahan keranjang. Jadi, Anda bisa membawa belanjaan dengan mudah.


Tidak perlu mengkhawatirkan ban padat yang digunakan karena di bagian depannya sudah dilengkapi shockbreaker untuk meminimalkan guncangan. Selain itu, skuter listrik ini juga sudah dipasangi saddle tebal nan empuk. Sedikit guncangan sepertinya tidak akan mengganggu kenyamanan Anda ketika mengendarainya. Bagaimana? Anda tertarik memilikinya?

Bobot14 kg
Kapasitas bebanTidak ada keterangan
Kecepatan maksimalTidak ada keterangan
Ukuran saat dilipat100 cm x 50 cm x 24 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 15–20 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem tangan
View all
No.6

GeekmanFolding Schooter

Folding Schooter 1
Sumber: shopee.co.id
Folding Schooter 2
Sumber: shopee.co.id
Folding Schooter 3
Sumber: shopee.co.id
Folding Schooter 4
Sumber: shopee.co.id
Folding Schooter 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp6.399.000,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp6.399.000,00
Agak Mahal

Bobot lebih ringan, lebih nyaman saat dibawa bepergian

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan penyerap guncangan di bagian depan dan bagian belakangnya

Kekurangan:

  • Beban maksimal dan kecepatan maksimalnya terbilang rendah jika dibandingkan produk lain di rekomendasi produk

Tak semua skuter listrik memiliki bobot yang ringan. Karena itu, kami merekomendasikan folding e-scooter ini. Bobotnya hanya sekitar 9 kg sehingga tidak terlalu memberatkan Anda saat membawanya menggunakan kendaraan umum. Tak hanya itu, skuter ini juga dirancang agar dapat dilipat dalam satu kali klik. Jadi, Anda tak memerlukan waktu lama untuk bisa menjinjingnya. Cocok bagi Anda yang ingin membawa skuter listrik ke kantor atau membawanya ketika liburan.

Bobot9 kg
Kapasitas beban70 kg
Kecepatan maksimal16 km/jam
Ukuran saat dilipat109 cm x 20 cm x 29 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 6,5–8 km setelah pengisian penuh
LampuTidak ada
Jenis rem Reme lektronik EABS
View all
No.7

MankeelSkuter Elektrik FoldingM187

Skuter Elektrik Folding 1
Sumber: shopee.co.id
Skuter Elektrik Folding 2
Sumber: shopee.co.id
Skuter Elektrik Folding 3
Sumber: shopee.co.id
Skuter Elektrik Folding 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp2.635.000,00
Agak Murah
Harga referensi
Mulai dari Rp2.635.000,00
Agak Murah

Dilengkapi lampu indikator, cek baterai dan mode kecepatan jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Sistem pengereman memakai teknologi elektronik EABS sehingga roda depan dan belakang tetap stabil saat melakukan pengereman mendadak

Kekurangan:

  • Anda harus menjalankan skuter menggunakan sebelah kaki terlebih dahulu (gas baru bisa ditarik setelah skuter mencapai kecepatan 5 km/jam)

Jika Anda memperhatikan secara sekilas, bentuk fisik skuter ini memang mirip dengan Smart Electric Scooter Pro milik Mijia. Namun, skuter buatan Mankeel ini bobotnya 12 kg, lebih ringan 2 kg. Selain unggul dari segi bobot, skuter ini juga dilengkapi beberapa fitur sederhana yang usefull


Misalnya, lampu indikator berubah dari hijau menjadi putih saat Anda mengubah mode kecepatan dari hemat daya ke mode normal. Lalu, lampu indikator ini juga akan padam satu per satu jika daya baterai berkurang. Hal ini tentunya akan mempermudah Anda yang sering lupa mengecek sisa baterai skuter.

Bobot12 kg
Kapasitas beban100 kg
Kecepatan maksimal25 km/jam
Ukuran saat dilipat112 cm x 17 cm x 54 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 18–20 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem elektronik + Rem cakram
View all
No.8

Xiaomi MijiaSmart Electric Scooter ProM365

Smart Electric Scooter Pro 1
Sumber: shopee.co.id
Smart Electric Scooter Pro 2
Sumber: shopee.co.id
Smart Electric Scooter Pro 3
Sumber: shopee.co.id
Smart Electric Scooter Pro 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp6.451.300,00
Agak Mahal
Harga referensi
Mulai dari Rp6.451.300,00
Agak Mahal

Menggunakan aluminium alloy aircraft grade, kuat & ringan sekelas bahan bodi pesawat

Kelebihan:

  • Jarak tempuh skuter saat baterai penuh mampu mencapai 45 km
  • Kecepatannya dapat diatur menjadi tiga mode, yaitu Eco (15 km/jam), Standard (20 km/jam), dan Sport (25 km/jam)

Kekurangan:

  • Ketahanan terhadap korosinya masih kalah jika dibandingkan aluminium 6061
  • Durasi yang dibutuhkan untuk mengisi dayanya lama, mencapai 8–9 jam

Anda sedang mencari skuter listrik yang tangguh? Skuter listrik Xiaomi Mijia M365 Pro sepertinya bisa menjadi jawabannya. Xiaomi otopet ini menggunakan material aluminium alloy aircraft grade yang biasa digunakan di bodi serta sayap pesawat. Selain memiliki daya tahan yang baik, material tersebut juga ringan.


Sistem pengereman skuter listrik Xiaomi ini juga jadi salah satu hal yang diunggulkan. Hal tersebut karena Xiaomi menggabungkan dua sistem pengereman. Alhasil, jarak pengereman hanya sekitar 4 meter, lebih singkat dibandingkan jarak pengereman skuter listrik biasa yang mencapai 6 meter.

Bobot19,3 kg
Kapasitas beban100 kg
Kecepatan maksimal25 km/jam
Ukuran saat dilipat17 cm x 19 cm x 52 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 45 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem elektronik + Rem cakram
View all
No.9

Keep Going Max Skuter Listrik Roda 2

Skuter Listrik Roda 2 1
Sumber: shopee.co.id
Skuter Listrik Roda 2 2
Sumber: shopee.co.id
Skuter Listrik Roda 2 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp4.259.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp4.259.000,00
Menengah

Melaju lebih cepat di jalanan yang gelap dengan skuter ini

Kelebihan:

  • Laju skuter dapat diubah menjadi tiga mode, yakni Eco mode (10 km/jam), Normal mode (15 km/jam), dan Sport mode (30 km/jam)
  • Selain menampilkan info kecepatan dan daya, dashboard-nya juga mampu mendeteksi kesalahan otomatis saat skuter dinyalakan

Kekurangan:

  • Menurut customer, ban kurang besar sehingga skuter tidak terlalu tinggi dan menyebabkan mentok saat melewati polisi tidur

Beberapa fitur pada skuter elektrik roda dua ini memang mirip dengan produk dari Segway. Salah satunya adalah skuter akan mengubah energi kinetik menjadi energi listrik untuk dijadikan energi cadangan. Namun, kecepatan maksimalnya mencapai 30 km/jam. Hal tersebut tentunya cocok untuk Anda yang memang mencari skuter listrik dengan laju lebih cepat.


Di pihak lain, skuter listrik ini juga unggul dari sisi pencahayaan. Keep Going Max melengkapinya dengan lampu depan yang mampu memberikan penerangan efektif hingga jarak 6 meter. Selain itu, di bagian belakangnya ada tail light yang akan menyala saat rem ditekan. Jadi, keberadaan Anda akan lebih mudah diketahui.

Bobot15 kg
Kapasitas beban100–150 kg
Kecepatan maksimal30 km/jam
Ukuran saat dilipat60 cm x 29 cm x 33 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 25 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem elektronik + Rem cakram
View all
No.10

Scooter Electric Onpark T4 Max

Scooter Electric Onpark T4 Max 1
Sumber: shopee.co.id
Scooter Electric Onpark T4 Max 2
Sumber: shopee.co.id
Scooter Electric Onpark T4 Max 3
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Mulai dari Rp3.749.000,00
Menengah
Harga referensi
Mulai dari Rp3.749.000,00
Menengah

Daya tempuh lebih jauh, tak perlu sering-sering isi daya baterai

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi dengan IP56 yang lebih unggul dibandingkan IP54
  • Skuter dapat digunakan melewati jalan dengan kemiringan 20 derajat

Kekurangan:

  • Sudah menggunakan ban tubles berukuran 10 inci, tetapi masih menggunakan rem elektronik

Jarak tempuh yang pendek dalam satu kali pengisian baterai mungkin menjadi permasalahan tersendiri bagi sebagian dari Anda. Untungnya skuter listrik yang satu ini punya daya tempuh 60 km ketika baterai terisi penuh. Alhasil, Anda tak perlu sering-sering mengisi baterai, cocok untuk Anda yang sedang mencari skuter listrik jarak jauh.


Waktu pengisian baterai skuter ini adalah 4–6 jam. Dibandingkan Exotic ST-8255 atau skuter listrik Petrik yang hanya 3–4 jam, charging time skuter ini memang lama. Namun, kalau dihitung rata-ratanya, skuter ini lebih unggul karena daya dari satu jam pengisian baterai bisa digunakan untuk 10 km perjalanan.

Bobot19,1 kg
Kapasitas beban130 kg
Kecepatan maksimal30 km/jam
Ukuran saat dilipat116,7 cm x 47,2 cm x 53,4 cm
Kapasitas bateraiMampu menempuh jarak 60 km setelah pengisian penuh
LampuAda
Jenis rem Rem elektronik
View all

Apakah skuter listrik dilarang di jalan raya?

Apakah skuter listrik dilarang di jalan raya?

Menurut PM No. 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, skuter listrik hanya bisa beroperasi di kawasan tertentu. Kawasan ini meliputi pemukiman, lokasi car free day, area kawasan perkantoran, kawasan wisata, dan area di luar jalan.


Untuk penggunaan di jalan raya umum, pemerintah daerah Kabupaten/Kota akan menetapkan lajur khusus atau lajur sepeda untuk kendaraan tertentu ini. Permasalahan mengenai lajur ini akan diatur lebih lanjut dengan peraturan daerah. Kecepatan saat memakai kendaraan tertentu berpenggerak motor listrik juga diatur, lho. Untuk skuter listrik dan sepeda listrik dapat beroperasi dengan kecepatan maksimal 25 km/jam.

Baca juga rekomendasi helm, deker, dan aksesori lainnya untuk digunakan naik skuter di sini

Skuter listrik mampu melaju dengan kecepatan 20 km/jam, bahkan bisa lebih. Agar keamanan Anda saat mengendarai skuter tetap terjaga, jangan lupa memakai helm dan deker. Anda juga bisa pakai tas selempang supaya barang-barang bisa dibawa dengan mudah.

Kesimpulan

Bagaimana rekomendasi scooter electric yang sudah kami berikan? Semoga bisa membantu Anda menemukan scooter listrik terbaik, ya. Sebelum memilih salah satu produknya, jangan lupa cek bobot skuter supaya Anda tidak terbebani saat membawanya. 


Cek juga bobot maksimal yang bisa ditahan skuter, kecepatan maksimalnya, dan ketahanan baterainya. Jadi, Anda bisa lebih tenang dan nyaman tanpa khawatir skuter akan mati ketika digunakan. Selamat memilih skuter elektrik terbaik dan menikmati jalanan dengan santai.

5 Rekomendasi Skuter Listrik terbaik

No. 1: SegwayNinebot KickScooter D28

No. 2: SEALUPSkuter ListrikQ8

No. 3: ExoticScooter ElectricST-8255

No. 4: e-BuySkuter ElektrikKL071

No. 5: PetrikSkuter Listrik dengan Saddle

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Outdoor & sports
  3. Olahraga lainnya
  4. 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.