1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Olahraga lainnya
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Skuter Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Belakangan banyak terlihat pengguna skuter listrik di perkotaan, baik di taman, trotoar, maupun di jalan raya. Skuter yang juga disebut skuter elektrik atau otoped listrik ini makin dilirik karena keren, canggih, dan nyaman dikendarai. Skuter listrik juga ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi seperti kendaraan bermotor.


Jika Anda berencana membeli skuter listrik dalam waktu dekat, simaklah artikel ini hingga tuntas. Kami akan membagikan tips memilih skuter listrik yang bagus sekaligus merekomendasikan produk skuter listrik terbaik di pasaran. Produk merek Skutis, Segway, dan Xiaomi ada di antaranya. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih skuter listrik

Seperti kendaraan lainnya, membeli skuter listrik atau otopet listrik juga memerlukan banyak pertimbangan. Mulai dari harga, spesifikasi yang dimiliki, hingga soal perawatan setelah pembelian, semua perlu dipertimbangkan. Yuk, ikuti pembahasannya agar lebih jelas.

① Periksa spesifikasi skuter listrik

Setelah Anda menemukan beberapa produk yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki, selanjutnya periksa spesifikasi tiap-tiap produk. Setiap produk memiliki spesifikasi dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. Silakan sesuaikan spesifikasi yang Anda butuhkan dari produk-produk tersebut.

Kecepatan maksimal, waktu tempuh pun jadi lebih cepat

Kecepatan maksimal, waktu tempuh pun jadi lebih cepat

Beberapa di antara Anda mungkin membeli skuter listrik untuk digunakan ke kantor. Selain dapat menghindari macet, electric scooter juga dapat membantu Anda sampai di kantor lebih cepat. Skuter listrik umumnya memiliki kecepatan yang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 20–30 km/jam


Akan tetapi, ada juga skuter listrik yang memiliki kecepatan maksimal 30–40 km/jam. Dengan kecepatan maksimal, Anda dapat sampai tujuan lebih cepat. Meski begitu, Anda juga harus memperhatikan faktor keamanannya. Jadi, periksa kecepatan maksimal skuter listrik terlebih dahulu sebelum Anda membelinya.

Bobot ringan, memudahkan mobilitas Anda

Bobot ringan, memudahkan mobilitas Anda

Banyak faktor yang memengaruhi bobot skuter listrik, mulai dari bahan material yang dipakai hingga aksesori yang disertakan. Biasanya skuter listrik memiliki bobot sekitar belasan kilogram (kg). Namun, Anda juga dapat menemukan beberapa produk skuter listrik yang bobotnya di bawah 10 kg. Jadi, pertimbangkan bobot skuter listrik ini. Karena makin ringan bobotnya, makin mudah Anda membawanya.

Ukuran ringkas, penyimpanannya lebih praktis

Ukuran ringkas, penyimpanannya lebih praktis

Selain bobot, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran skuter listrik saat dilipat. Makin kecil ukurannya, tentu makin praktis untuk dibawa dan disimpan. Dengan demikian, Anda bisa menyimpannya tanpa mengganggu orang lain yang ada di sekitar.

Kapasitas beban yang besar, agar kuat menopang badan

Kapasitas beban yang besar, agar kuat menopang badan

Jangan lupa juga untuk memeriksa kapasitas beban dari skuter listrik. Kebanyakan produk skuter listrik hanya mampu menahan beban sekitar 100 kg. Mungkin itu tidak akan cukup untuk orang yang memiliki bobot cukup tinggi.


Karena itu, Anda perlu memastikan kapasitas beban skuter listrik agar tidak terjadi masalah saat berkendara. Saat ini ada beberapa skuter listrik yang memiliki kapasitas hingga 120 kg atau lebih. Anda bisa memilih produk seperti ini agar lebih aman. 

Kapasitas baterai besar, waktu penggunaan pun lebih lama

Kapasitas baterai besar, waktu penggunaan pun lebih lama

Skuter listrik digerakkan dengan tenaga baterai sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan kapasitas dayanya. Dengan kapasitas yang besar, tentu Anda dapat menggunakannya lebih lama untuk jarak tempuh yang lebih jauh.


Kapasitas baterai yang besar juga menghindarkan Anda dari risiko kehabisan daya di tengah perjalanan. Akan tetapi, makin besar kapasitasnya, makin lama pula waktu yang diperlukan untuk mengisi daya. Jadi, coba pertimbangkan hal ini juga, ya!

Lampu penerangan, cocok digunakan berkendara saat malam hari

Lampu penerangan, cocok digunakan berkendara saat malam hari

Jika ingin mengendarai skuter listrik pada malam hari, pastikan Anda mengendarainya di jalan yang terang dan rata. Agar penerangan makin cukup, sebaiknya pilih skuter listrik yang sudah dilengkapi dengan lampu penerangan, baik depan maupun belakang. Selain agar Anda dapat melihat jalan lebih baik, hal ini juga berguna agar pengguna jalan lain mudah melihat Anda.


Lampu depan membantu Anda menerangi jalan, sedangkan lampu belakang membantu kendaraan lain mengetahui keberadaan Anda. Dengan adanya lampu, setidaknya Anda jadi lebih aman, meski sebenarnya berkendara skuter listrik pada malam hari kurang disarankan.

② Pertimbangkan juga fitur lainnya pada skuter listrik

Ada beberapa fitur lainnya yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli skuter listrik. Anda perlu memperhatikan jenis ban, suspensi, hingga sistem rem yang dimiliki skuter listrik. Yuk, langsung simak pertimbangan fitur lainnya berikut ini. 

Jenis ban, berkaitan dengan kualitas berkendara dan kemudahan maintenance

Jenis ban, berkaitan dengan kualitas berkendara dan kemudahan maintenance

Ban merupakan salah satu fitur penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih skuter listrik. Skuter listrik dengan ban yang tepat akan membuat kegiatan berkendara lebih nyaman. Berikut ini jenis ban skuter listrik yang perlu Anda tahu.


  • Ban padat (tanpa udara) disarankan untuk Anda yang suka berkendara di jalan dengan medan mulus. Pasalnya, mungkin Anda akan merasakan guncangan ketika melalui jalan berkerikil jika berkendara dengan ban jenis ini. Selain itu, skuter listrik dengan ban seperti ini biasanya memiliki bobot yang lebih berat. Namun, perawatan ban padat lebih praktis dan mudah.

  • Ban pneumatik (berisi udara) cocok untuk Anda yang ingin mengurangi guncangan saat berkendara. Hal ini karena karet lenturnya dapat bekerja lebih baik dalam kondisi jalan yang buruk meski tanpa suspensi tambahan. Jenis ban ini paling sering digunakan pada ban motor atau mobil. Namun, Anda perlu mengecek kondisi ban secara berkala agar awet digunakan.

Skuter listrik dengan suspensi, cocok untuk berkendara di medan yang sulit

Skuter listrik dengan suspensi, cocok untuk berkendara di medan yang sulit

Ada banyak skuter listrik yang saat ini sudah mengadopsi suspensi seperti mobil. Skuter listrik dengan suspensi ini direkomendasikan untuk Anda yang melakukan perjalanan jauh di medan yang sulit.


Ada tiga jenis suspensi yang biasanya ditemukan pada skuter listrik, yakni suspensi pegas, piston hidrolik, dan karet. Untuk kenyamanan saat berkendara, skuter listrik dengan suspensi kombinasi pegas dan piston hidrolik adalah pilihan terbaik. Sayangnya, tidak banyak seller yang memberikan informasi mengenai suspensi tersebut.

Sistem rem berkualitas, agar tetap aman saat berkendara

Sistem rem berkualitas, agar tetap aman saat berkendara

Rem skuter listrik umumnya dapat dibagi menjadi dua, yakni mekanis dan elektronis. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini, ya.


  • Sistem rem mekanis mengandalkan mekanisme fisik untuk mengurangi kecepatan skuter listrik. Jarak berhentinya pun biasanya antara 3–6 meter. Sistem rem mekanis itu sendiri dapat dibagi lagi menjadi tiga, yakni rem kaki, rem tromol, dan rem cakram. Sistem rem tipe ini membuat Anda lebih nyaman berkendara.

  • Sistem rem elektronis adalah pengereman yang menggunakan sistem elektrik dan regeneratif. Jika dibandingkan sistem pengereman lainnya, sistem ini kurang aman dipilih karena kekuatan pengeremannya lemah dan rawan gagal. Meski begitu, sistem pengereman elektronis ini memiliki perawatan yang mudah.

Saat ini ada banyak skuter listrik yang menggunakan sistem pengereman ganda berupa kombinasi rem mekanis dan elektronik. Dengan sistem ini, keamanan Anda pun akan lebih terjamin.

③ Perhatikan dukungan pabrik perihal perawatan

Perhatikan dukungan pabrik perihal perawatan

Selain spesifikasi yang dimiliki, Anda juga perlu memeriksa dukungan pabrik perihal perawatan skuter listrik setelah pembelian. Hal itu untuk berjaga-jaga apabila ada masalah dengan skuter listrik yang dibeli. Dukungan pabrik yang dimaksud adalah perihal garansi, service center, dan ketersediaan suku cadang.


Bagaimanapun juga skuter listrik juga perlu diservis dan butuh penggantian onderdil yang sudah aus, seperti kelistrikan atau pengereman. karena itu, biasanya Anda perlu melakukan pengecekan tiap 500–1000 km.

10 Rekomendasi skuter listrik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk skuter listrik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

E-Scooter

 E-Scooter 1枚目

Skuter listrik ekonomis, tetap aman untuk berkendara

2

SwagWay

Lightweight Electric Scooter

SwagWay  Lightweight Electric Scooter 1枚目

Material aluminiumnya mampu menampung kapasitas beban hingga 125 kg!

3

SEGWAY

Ninebot KickScooter

SEGWAY  Ninebot KickScooter 1枚目

Dilengkapi bluetooth security lock, lebih aman saat disimpan

4

SEGWAY

Electric Scooter Kick Scooter

SEGWAY  Electric Scooter Kick Scooter  1枚目

Kecepatannya stabil, cocok untuk pemula

5

SEGWAY

Ninebot KickScooter

SEGWAY  Ninebot KickScooter 1枚目

Skuter berbobot ringan dengan tiga mode berkendara

6

DYU

Seated Electric Scooter

DYU  Seated Electric Scooter 1枚目

Bisa jadi skuter listrik sekaligus sepeda

7

Xiaomi

Mi Electric Scooter Pro 2

Xiaomi  Mi Electric Scooter Pro 2 1枚目

Dengan baterai lithium yang tahan lama, cocok untuk berkendara jarak jauh

8

TaffSPORT

Folding Electric Scooter

TaffSPORT  Folding Electric Scooter 1枚目

Material seperti bodi pesawat, ringan, dan kuat

9

Skutis Corporation

ANOA

Skutis Corporation ANOA 1枚目

Skuter elektrik ini siap mengantar Anda dengan kecepatan kilat!

10

Motify

Electric Scooter

Motify  Electric Scooter 1枚目

Baterainya bisa dilepas, mengisi daya jadi lebih mudah

Perincian produk
Close
No.1

Skuter listrik ekonomis, tetap aman untuk berkendara

Kelebihan:

  • Memiliki sadel untuk berkendara lebih nyaman
  • Dapat dipasangi keranjang pada bagian depan skuter listrik

Kekurangan:

  • Hanya memiliki kecepatan maksimal 15 km/jam
  • Ulasan mengatakan bahwa besi sadel dan tempat charger mudah rusak

Jika Anda baru pertama kali membeli skuter listrik dan memiliki anggaran terbatas, produk ini mungkin adalah pilihan tepat. Meski harganya ekonomis, keamanan dan kenyamanannya tetap terjamin karena dilengkapi rem cakram.


Sayangnya, skuter listrik ini hanya memiliki jarak tempuh maksimal 10 km sehingga kurang cocok untuk berkendara jarak jauh. Namun, bagi Anda yang hanya ingin berjalan-jalan di sekitar kompleks rumah, skuter ini bisa diandalkan.

No.2

SwagWay Lightweight Electric Scooter

Mulai dari Rp2.800.000,00

Material aluminiumnya mampu menampung kapasitas beban hingga 125 kg!

Kelebihan:

  • Memiliki bobot yang ringan sehingga mudah dibawa
  • Memiliki kapasitas beban hingga 125 kg

Kekurangan:

  • Ada ulasan mengatakan bahwa baterai produk cepat habis
  • Material aluminium mudah berkarat jika tidak dirawat dengan baik

Bagi Anda yang memiliki badan gemuk, skuter listrik dari SwagWay ini patut dipertimbangkan. Skuter listrik ini memiliki material aluminium yang mampu menahan beban hingga 125 kg. Meski menopang beban berat, electric scooter ini tetap dapat melaju hingga 25 km/jam.


Anda juga mudah membawa skuter listrik ini ke mana saja karena berbobot ringan. Menariknya lagi, produk ini juga dilengkapi dengan layar LCD di bagian handle skuter. Layar LCD tersebut dapat menampilkan informasi kecepatan skuter hingga status baterainya. 

No.3

SEGWAY Ninebot KickScooterF25

Mulai dari Rp7.699.000,00

Dilengkapi bluetooth security lock, lebih aman saat disimpan

Kelebihan:

  • Tidak memakan banyak tempat penyimpanan
  • Memiliki lampu depan dan belakang untuk keamanan ekstra

Kekurangan:

  • Waktu pengecasannya cukup lama

Soal desain dan portabilitas, skuter listrik dari SEGWAY memang juara dan tidak bisa diragukan lagi. Dengan desain yang mudah dilipat, Anda dapat memasukkan electric scooter ini ke dalam bagasi mobil.


Skuter listrik ini juga dilengkapi dengan lampu LED di bagian depan dan bagian belakang. Dengan begitu, Anda dapat berkendara dengan aman di malam hari. Tambahan lagi, skuter listrik ini dilengkapi dengan bluetooth security lock sehingga penyimpanannya pun lebih aman. 

No.4

SEGWAY Electric Scooter Kick Scooter E22

Mulai dari Rp5.499.000,00

Kecepatannya stabil, cocok untuk pemula

Kelebihan:

  • Bisa dilipat dan ringan sehingga mudah dibawa

Kekurangan:

  • Tidak cocok digunakan di jalanan dengan banyak tanjakan

Dengan stabilitas yang luar biasa, skuter listrik dari SEGWAY ini sangat sempurna untuk para pemula. Produk ini juga memiliki ban padat yang antikempis sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kebocoran ban.


Menariknya lagi, perpindahan kecepatannya sangat smooth sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan untuk penggunanya. Meski begitu, kami tidak menyarankan Anda mengendarai skuter listrik ini untuk jarak jauh. Alasannya karena skuter listrik ini memiliki jarak tempuh sekitar 16 km saja. 

No.5

SEGWAY Ninebot KickScooterC20

Mulai dari Rp5.249.000,00

Skuter berbobot ringan dengan tiga mode berkendara

Kelebihan:

  • Berbobot ringan, hanya 10,6 kg
  • Memiliki lampu di bagian bawah footboard

Kekurangan:

  • Sistem rem mekanisnya dapat memuai sehingga kadang kurang pakem

Skuter listrik dari SEGWAY ini memiliki desain yang disukai anak muda. Model skuter elektrik ini hadir dalam skema warna yang menawan dengan bingkai hitam dan highlight berwarna merah di bagian rodanya. Tidak hanya itu, bobot yang dimiliki skuter listrik ini pun cukup ringan, hanya 10,6 kg.


Skuter listrik dari SEGWAY ini memiliki tiga mode kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk safe mode, kecepatan skuter biasanya ada pada kisaran 10 km/jam. Sementara itu, untuk cruise mode, kecepatannya bisa mencapai 16 km/jam. Nah, untuk turbo mode, Anda bisa mengendarai skuter hingga kecepatan 20 km/jam. Menarik, bukan?

No.6

DYU Seated Electric ScooterD1

Mulai dari Rp4.990.000,00

Bisa jadi skuter listrik sekaligus sepeda

Kelebihan:

  • Memiliki dudukan yang nyaman menyerupai sepeda
  • Dapat dilipat sehingga praktis

Kekurangan:

  • Hanya menggunakan satu rem mekanis di bagian belakang

Kurang nyaman menggunakan skuter listrik dengan berdiri? Kalau begitu, Anda bisa memilih electric scooter dengan model sepeda seperti produk ini. DYU yang merupakan brand asal Singapura ini berhasil menciptakan skuter listrik dengan dudukan sehingga menyerupai sepeda.


Desain tersebut membuat Anda tidak mudah lelah karena bisa berkendara sambil duduk. Meski menyerupai sepeda, Anda tidak bisa mengayuh produk ini secara manual. Pasalnya, skuter listrik ini bergerak menggunakan daya baterai.

No.7

Xiaomi Mi Electric Scooter Pro 2DDHBC11NEB

Mulai dari Rp7.525.000,00

Dengan baterai lithium yang tahan lama, cocok untuk berkendara jarak jauh

Kelebihan:

  • Baterai tahan lama
  • Memiliki dasbor multifungsi untuk kenyamanan berkendara

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi tempat duduk

Xiaomi kembali mengeluarkan produk skuter listrik terbaru. Mi Scooter Electric Pro 2 merupakan salah satu seri yang terbaik dari Xiaomi. Mulai dari desain, performa, hingga keamanan, semua bisa Anda dapatkan pada skuter elektrik ini. Dengan baterai lithium yang memiliki kapasitas hingga 12,4 Ah, Anda dapat berkendara sejauh 45 km.


Selain itu, skuter listrik ini memiliki akselerasi yang tidak mengecewakan karena maksimal kecepatannya mencapai 25 km/jam. Karena menggunakan ban pneumatik yang tahan guncangan, produk ini cocok untuk dikendarai di jalanan dengan berbagai kondisi. Menariknya lagi, skuter listrik ini memiliki mode kecepatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

No.8

TaffSPORT Folding Electric ScooterES5

Mulai dari Rp3.250.000,00

Material seperti bodi pesawat, ringan, dan kuat

Kelebihan:
  • Memiliki bobot yang cukup ringan untuk dibawa ke mana saja

Kekurangan:
  • Tidak memiliki suspensi atau peredam kejut
  • Tidak memiliki sistem pengereman ganda

Jika Anda melihat skuter ini, Anda pasti akan tertarik dengan desain simpel dan materialnya yang berkualitas. Material produk ini tampak sangat kokoh dan garang. Namun, ketika Anda mencoba untuk mengangkatnya, bobot skuter ini ternyata cukup ringan. Hal itu karena bahannya menggunakan aluminium alloy aircraft grade.


Selain itu, skuter listrik dari TaffSPORT ini memiliki fitur pengisian baterai yang cepat. Dengan daya baterai yang mumpuni, Anda bisa berkendara 25 km hingga 30 km jauhnya. Nah, bagi Anda para eksekutif muda yang sering terjebak macet, produk ini kami sarankan untuk Anda.

No.9

Skutis CorporationANOAEX+

Mulai dari Rp18.000.000,00

Skuter elektrik ini siap mengantar Anda dengan kecepatan kilat!

Kelebihan:

  • Memiliki jarak tempuh hingga 60 km
  • Kapasitas beban pengguna hingga 120 kg

Kekurangan:

  • Memiliki bobot yang berat sebesar 25 kg
  • Tidak memiliki sadel sehingga kurang nyaman untuk perjalanan jarak jauh

Anda yang ingin membawa skuter elektrik saat traveling ke banyak kota di Indonesia sangat cocok menggunakan produk ini. Produk dari Skutis Corporation ini dirancang sesuai dengan kondisi jalanan di Indonesia sehingga Anda dapat memaksimalkan performanya saat berkendara. Jalan yang menantang dan bergelombang pun tak menjadi masalah besar.


Anda juga bisa memacu kecepatan skuter ini jauh lebih cepat dibandingkan skuter elektrik kebanyakan hingga 45–50 km/jam. Jika Anda ingin berkendara lebih santai, skuter elektrik ini juga dapat ditambah dengan sadel sepeda.

No.10

Motify Electric ScooterX7

Mulai dari Rp7.656.300,00

Baterainya bisa dilepas, mengisi daya jadi lebih mudah

Kelebihan:

  • Baterai dapat dilepas pasang
  • Memiliki sistem rem triple sehingga lebih aman

Kekurangan:

  • Tidak memiliki aplikasi pengaturan khusus yang terhubung ke smartphone
  • Tampilan layar sangat minimalis sehingga kadang status baterai kurang terlihat

Menenteng skuter listrik mendekati colokan terasa begitu repot dan mengganggu. Namun, itu tidak berlaku jika Anda memilih produk ini sebab baterainya dapat dilepas untuk proses pengisian daya. Jika Anda mencari skuter listrik dengan pengisian daya yang mudah, pertimbangkanlah produk ini.


Akselerasi skuter listrik ini pun terbilang mantap dengan kecepatan maksimal hingga 25 km/jam. Dengan performa yang dimilikinya, tidak heran apabila skuter listrik ini mengantongi standar keamanan UL2272. Jadi, mengapa tidak mempertimbangkan skuter listrik dari Motify ini?

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer