• 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Gula Halus Terbaik - Ditinjau oleh Professional Baker (Terbaru Tahun 2022)

Siapa yang suka makan kue, donat, dan cookies? Rasa manis yang dihasilkan pada beberapa makanan tersebut salah satunya berasal dari gula halus. Wajar saja, banyak orang menjadikan gula halus sebagai bahan dasar adonan kue hingga topping pada donat. 


Ada banyak produsen yang menawarkan gula halus dengan kualitas jempolan. Ada merek gula halus BOLA Deli, Rose Brand, Claris, hingga produk asal Australia, CSR. Kami akan memberikan rekomendasi gula halus yang bagus beserta tips memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh professional baker kami, Tata Violeta. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tata Violeta
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta

Profil pakar: Professional baker, Tata Violeta
Tata Violeta
Professional baker
Tata Violeta

Tata adalah seorang home baker sekaligus founder dari tatabakes (online cakery) yang berdiri sejak 2018. Tata menyelesaikan pendidikan jurusan Culinary Arts selama dua tahun di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2018.


Wanita yang senang berinteraksi dengan customer lewat Instagram-nya ini memanfaatkan hasil pengalamannya untuk membuka online cakery sampai saat ini. Selain itu, Tata juga pernah mengajar di salah satu kampus di kota tempat tinggalnya.

Apa perbedaan gula halus dengan gula pasir?

Apa perbedaan gula halus dengan gula pasir?

Setiap orang pasti pernah merasakan manisnya gula. Namun, apakah Anda tahu perbedaan dari gula halus dan gula pasir? Kedua jenis gula ini sama-sama memiliki rasa manis yang dapat dikonsumsi untuk menambah kenikmatan di berbagai sajian.


Gula pasir merupakan hasil dari kristalisasi air tebu dengan tekstur yang kasar. Biasanya, gula pasir dilarutkan pada minuman, seperti teh, kopi, dan jus. Sementara itu, gula halus atau sering disebut dengan icing sugar memiliki tekstur yang lebih halus seperti bubuk. Gula halus terbilang mudah larut sehingga sering digunakan untuk membuat adonan kue hingga hiasan cake.


Selain untuk membuat kue basah, gula halus juga cocok dan sering digunakan untuk membuat adonan kering. Beberapa di antaranya adalah kue kering, seperti biskuit, nastar, dan kue kering lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gula halus

Sudah tahu perbedaan gula halus dan gula pasir, bukan? Nah, sekarang kami akan memberikan tips memilih gula halus untuk Anda. Tidak hanya bahan yang harus diperhatikan, kemasan dan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pun tak kalah pentingnya.

Perhatikan bahan yang digunakan

Perhatikan bahan yang digunakan

Pada umumnya, bahan utama untuk membuat gula halus adalah gula pasir yang dihaluskan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gula pasir dibuat dari air tebu yang dikristalisasi. Namun, beberapa produsen juga menawarkan gula halus yang dibuat dari nira kelapa. Gula halus dari bahan kelapa ini mengandung banyak nutrisi dengan rasa manis yang alami dan aroma yang khas.


Sementara itu, ada juga gula halus yang dibuat dari hasil rafinasi. Gula rafinasi berasal dari gula tebu dan gula bit. Karena rasa manisnya lebih terasa, tak heran banyak industri makanan dan minuman yang menjadikannya sebagai bahan baku. Namun, gula halus rafinasi tak boleh dikonsumsi sering-sering karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Pilih berdasarkan ukuran kemasannya

Pilih berdasarkan ukuran kemasannya

Saat akan membeli gula halus, Anda juga perlu mempertimbangkan ukurannya. Produk yang dijual di pasaran tersedia dalam banyak pilihan ukuran, mulai dari ukuran terkecil 250 gram hingga 10 kg. Cukup beragam, ya?


Karena itu, pilihlah ukuran gula halus berdasarkan kebutuhan Anda. Apabila Anda ingin latihan membuat adonan kue dengan gula halus, pilihlah ukuran terkecil agar tidak terbuang percuma. Lain halnya jika Anda memiliki usaha bakery, tentu saja ukuran 10 kg adalah yang paling pas. Jangan sampai membeli gula halus dengan ukuran yang besar jika Anda tidak berencana menggunakannya lagi.


Sisa dari gula halus yang telah digunakan sebaiknya disimpan di tempat yang rapat atau kedap udara. Anda bisa menyimpannya di dalam wadah yang dapat ditutup rapat agar tidak menggumpal karena terkontaminasi oleh udara.

Cermati perbedaannya dengan gula tabur

Cermati perbedaannya dengan gula tabur

Jika dilihat sekilas, gula halus dan gula tabur (gula donat) memang memiliki warna dan tekstur yang hampir sama. Bahan yang digunakan pun rata-rata serupa, yaitu gula pasir yang dihaluskan. Mari disimak apa saja perbedaannya berikut ini.


  • Tekstur: Gula tabur cenderung lebih halus daripada gula halus. Tekstur gula tabur mirip dengan tepung sehingga cocok untuk topping donat atau roti.

  • Sifat: Gula halus lebih mudah larut dalam adonan sehingga dapat digunakan untuk membuat fondant dan royal icing. Untuk membuat fondant, Anda bisa mencampurkan gula halus dengan gliserin, shortening, gelatin, dan glukosa. Sementara itu, gula halus yang dicampur dengan putih telur, susu, dan air lemon bisa untuk membuat royal icing

  • Fungsi: Gula halus banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cake atau bolu. Rasa manis yang dicampur dengan mentega, telur, dan terigu akan menghasilkan hidangan yang begitu lezat. Di sisi lain, gula tabur merupakan solusi yang paling tepat dan lebih praktis untuk digunakan sebagai taburan donat atau kue.

  • Rasa: Gula halus dan gula tabur tidak banyak perbedaan dalam hal rasa. Yang membedakan gula tabur dari gula halus adalah sensasi dingin ketika gula tabur terkena lidah. Gula tabur inilah yang banyak digunakan sebagai taburan pada kue putri salju.

10 Rekomendasi gula halus terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gula halus terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Tata Violeta.

10
KomposisiGula tebu
Ukuran500 gram
9
KomposisiGula kelapa
Ukuran500 gram
8
KomposisiGula tebu
Ukuran500 gram, 25 kg
7
KomposisiGula pasir
Ukuran300 gram, 500 gram, 1.000 gram
6

Gandum Mas KencanaHaan Fiesta Icing Sugar

Mulai dari Rp 20.900,00

KomposisiGula halus murni
Ukuran425 gram
5

Multi Warna RasaGula Halus Cap Segi Tiga Emas

Mulai dari Rp 6.500,00

KomposisiGula pasir
Ukuran250 gram, 500 gram
4
KomposisiGula tebu
Ukuran500 gram, 1.000 gram
3
KomposisiGula murni
Ukuran250 gram
2
KomposisiGula pasir rafinasi
Ukuran500 gram
1
KomposisiGula tebu
Ukuran500 gram

Tabel perbandingan produk gula halus terbaik

Gambar produk
1
Rose Brand Gula Halus 1

Rose Brand

2
Gulus Gula Halus 1

Gulus

3
Claris Gula Halus 1

Claris

4
BOLA Keluarga BOLA Deli Gula Halus 1

BOLA Keluarga

5
Multi Warna Rasa Gula Halus Cap Segi Tiga Emas 1

Multi Warna Rasa

6
Gandum Mas Kencana Haan Fiesta Icing Sugar 1

Gandum Mas Kencana

7
Merbabu Gula Halus 1

Merbabu

8
Donnica Gula halus Classic 1

Donnica

9
Cap Semut Gula Halus 1

Cap Semut

10
Goodman Fielder CSR Pure Icing Sugar 1

Goodman Fielder

Nama produk

Gula Halus

Gula Halus

Gula Halus

BOLA Deli Gula Halus

Gula Halus Cap Segi Tiga Emas

Haan Fiesta Icing Sugar

Gula Halus

Gula halus Classic

Gula Halus

CSR Pure Icing Sugar

Keunggulan

Produk dari merek kesayangan berbagai kalangan

Rasa manis yang nendang dengan harga yang ekonomis

Rasa manisnya pas, tak bikin enek di lidah

Dibuat dari tebu pilihan dengan kualitas yang terjamin

Tersedia kemasan kecil dengan tiga kelebihan!

Praktis kemasannya, tak ada drama tumpah-tumpah!

Teksturnya sangat lembut, tak takut menggumpal lagi

Pilihan tepat untuk para pengusaha bakery

Lebih sehat dengan gula rendah kalori

Buat dekorasi kue makin cantik dengan produk gluten-free

Harga mulai dariRp 13.500,00Rp 11.900,00Rp 5.500,00Rp 13.400,00Rp 6.500,00Rp 20.900,00Rp 11.190,00Rp 10.000,00Rp 11.800,00Rp 63.000,00
KomposisiGula tebu Gula pasir rafinasiGula murniGula tebuGula pasirGula halus murniGula pasirGula tebuGula kelapaGula tebu
Ukuran500 gram500 gram250 gram500 gram, 1.000 gram250 gram, 500 gram425 gram300 gram, 500 gram, 1.000 gram500 gram, 25 kg500 gram500 gram
Tautan produk

Cara membuat gula halus sendiri di rumah

Cara membuat gula halus sendiri di rumah

Jika gula halus di rumah habis dan Anda belum sempat membelinya, buat saja gula halus sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan gula pasir dan blender. Simpel, bukan?


Cara membuat gula halus adalah dengan menghaluskan gula pasir menggunakan blender atau food processor sampai berbentuk bubuk. Lalu, tiriskan gula tersebut di wadah yang kering. Voilà, gula halus pun siap dijadikan topping atau campuran adonan.


Namun, jika dirasa masih kurang halus, siapkan saringan untuk mengayak gula yang sudah diblender. Tuangkan gula tersebut sedikit demi sedikit ke saringan, kemudian tepuk pelan-pelan bagian pinggiran saringan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gula dengan tekstur yang lebih halus lagi.


Agar tidak mudah menggumpal, simpan gula halus di wadah yang tertutup rapat atau kedap udara. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi gula lainnya di sini

Di pasaran, jenis dari gula memang sangat banyak ragamnya. Nah, karena gula halus sudah kami bahas di artikel ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi jenis gula lainnya. Ada gula merah, gula pasir, hingga gula rendah kalori yang bisa Anda pilih. Jika tertarik, langsung klik tautan berikut, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah memahami cara memilih gula halus yang baik? Kemudian, sudahkah Anda menemukan produk favorit? 


Apa pun pilihan Anda, mengonsumsi gula secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Untuk itu, gunakanlah gula halus secara bijak agar kesehatan Anda tetap terjaga. Selamat membuat hidangan dengan gula halus pilihan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Lalu, ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Ada komentar dari cook, Debbie Ariesthea juga, lho. Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Soun Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sohun atau lebih sering disebut soun merupakan mi kering yang terbuat dari pati. Ada berbagai jenis soun, yaitu soun yang terbuat dari pati kacang hijau, kentang, dan ubi jalar. Soun terkenal sebagai makanan diet karena rendah kalori dan mengenyangkan. Tidak hanya itu, soun juga nikmat dikonsumsi saat sarapan ataupun makan siang.Nah, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih soun agar Anda tidak kebingungan menentukan pilihan. Kami juga akan merekomendasikan produk dari berbagai merek yang bagus seperti Sohun Kaca dan FITMee. Semoga Anda bisa mendapatkan soun kesukaan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bumbu Merk Kobe Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bumbu Merk Kobe Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar memasak, Anda mungkin sudah tidak asing dengan berbagai produk dari merk Kobe. Kobe adalah produsen bumbu masakan yang memiliki banyak variasi produk, mulai dari cabe bubuk hingga tepung bumbu. Dengan tepung bumbu dari Kobe, membuat gorengan yang renyah dan lezat jadi lebih mudah!Di artikel ini kami akan memberikan tips yang akan membantu Anda memilih tepung bumbu Kobe yang sesuai dengan kebutuhan. Rekomendasi produk terbaiknya juga telah kami siapkan. Jadi, jika Anda berencana membeli tepung bumbu dari Kobe, simak artikel ini sampai habis, ya.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori