• 10 Rekomendasi Gula Halus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Gula Halus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Gula Halus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Gula Halus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Gula Halus Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Gula Halus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Siapa yang suka makan kue, donat, dan cookies? Rasa manis yang dihasilkan pada beberapa makanan tersebut salah satunya berasal dari gula halus. Wajar saja, banyak orang menjadikan gula halus sebagai bahan dasar adonan kue hingga topping pada donat. 


Dewasa ini, produsen yang menawarkan gula halus dengan berbagai ukuran banyak bermunculan, misalnya Rose Brand, Segi Tiga Emas, hingga produk asal Australia, CSR. Nah, agar Anda tidak bingung memilihnya, kami akan memberikan rekomendasi gula halus terbaik beserta tips memilihnya. Pastikan untuk membaca dari awal hingga akhir, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 693 Views
Daftar isi

Apa perbedaan gula halus dengan gula pasir?

Apa perbedaan gula halus dengan gula pasir?

Setiap orang pasti pernah merasakan manisnya gula. Namun, apakah Anda tahu perbedaan dari gula halus dan gula pasir? Kedua jenis gula ini sama-sama memiliki rasa manis yang dapat dikonsumsi untuk menambah kenikmatan di berbagai sajian. 


Gula pasir merupakan hasil dari kristalisasi air tebu dengan tekstur yang kasar. Biasanya, gula pasir dilarutkan pada minuman, seperti teh, kopi, jus, dan lainnya. Sementara itu, gula halus atau sering disebut dengan icing sugar memiliki tekstur yang lebih halus seperti bubuk. Gula halus terbilang mudah larut sehingga sering digunakan untuk membuat adonan kue hingga hiasan cake.

Cara memilih gula halus

Sudah tahu perbedaan gula halus dan gula pasir, kan? Nah, sekarang kami akan memberikan tips memilih gula halus untuk Anda. Tidak hanya bahan yang harus diperhatikan, kemasan dan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pun tak kalah pentingnya.

Perhatikan bahan yang digunakan

Perhatikan bahan yang digunakan

Pada umumnya, bahan utama untuk membuat gula halus adalah gula pasir yang dihaluskan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gula pasir dibuat dari air tebu yang dikristalisasi. Namun, beberapa produsen juga menawarkan gula halus yang dibuat dari nira kelapa. Gula halus dari bahan kelapa ini mengandung banyak nutrisi dengan rasa manis yang alami dan aroma yang khas.


Sementara itu, ada juga gula halus yang dibuat dari hasil rafinasi. Gula rafinasi berasal dari gula tebu dan gula bit. Karena rasa manisnya lebih terasa, tak heran banyak industri makanan dan minuman yang menjadikannya sebagai bahan baku. Namun sayangnya, gula halus dengan hasil rafinasi tak boleh dikonsumsi sering-sering karena dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Pilih berdasarkan ukurannya

Saat akan membeli gula halus, Anda juga perlu mempertimbangkan ukurannya. Produk yang dijual di pasaran tersedia dalam banyak pilihan ukuran, mulai dari ukuran terkecil 250 gram hingga 10 kg. Cukup beragam, ya?


Karena itu, pilihlah ukuran gula halus berdasarkan kebutuhan Anda. Apabila Anda ingin latihan membuat adonan kue dengan gula halus, pilihlah ukuran terkecil agar tidak terbuang percuma. Lain halnya jika Anda memiliki usaha bakery, tentu saja ukuran 10 kg adalah yang paling pas. Jangan sampai membeli gula halus dengan ukuran yang besar jika Anda tidak berencana menggunakannya lagi. 

Cermati perbedaannya dengan gula tabur

Cermati perbedaannya dengan gula tabur

Jika dilihat sekilas, gula halus dan gula tabur (gula donat) memang memiliki warna dan tekstur yang hampir sama. Bahan yang digunakan pun rata-rata serupa, yaitu gula pasir yang dihaluskan. 


Banyak yang menggunakan gula halus sebagai bahan dasar pembuatan cake atau bolu. Rasa manis yang dicampur dengan mentega, telur, dan terigu akan menghasilkan hidangan yang begitu lezat. 


Selain itu, gula halus atau icing sugar juga dapat digunakan untuk topping maupun dekorasi kue. Misalnya, untuk membuat fondant, Anda bisa mencampurkan gula halus dengan gliserin, shortening, gelatin, dan glukosa. Sementara itu, gula halus yang dicampur dengan putih telur, susu, dan air lemon bisa untuk membuat royal icing.


Di sisi lain, gula tabur merupakan solusi yang paling tepat dan lebih praktis untuk digunakan sebagai taburan donat atau kue. Ciri-ciri dari gula tabur adalah memberikan sensasi dingin ketika terkena lidah. Dibandingkan dengan gula halus, gula tabur tidak mudah larut dalam adonan.

10 Rekomendasi gula halus terbaik

Memilih gula halus ternyata tidak terlalu sulit, kan? Di bawah ini, kami akan memberikan 10 produk rekomendasi gula halus terbaik untuk Anda. Baca ulasan hingga tuntas, dan selamat menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan!

10
KomposisiTidak ada keterangan
Ukuran250 gram
9
KomposisiGula pasir rafinasi
Ukuran500 gram
8
KomposisiGula tebu
Ukuran1 kg
7
KomposisiGula tebu
Ukuran500 gram
6
KomposisiGula tebu
Ukuran1 kg
5
KomposisiGula halus
Ukuran250 gram
4
KomposisiGula pasir
Ukuran300 gram
3
KomposisiGula halus murni
Ukuran425 gram
2
BahanTidak ada keterangan
Ukuran10 kg
1
KomposisiGula tebu
Ukuran500 gram

Tabel perbandingan produk gula halus terbaik

Gambar produk
1
CSR Sugar Pure Icing Sugar 1

CSR Sugar

2
WIN Icing sugar 1

WIN

3
Gandum Mas Kencana Haan Fiesta Icing Sugar 1

Gandum Mas Kencana

4
Merbabu Gula Halus 1

Merbabu

5
Claris Gula Halus 1

Claris

6
FKS Pangan Nusantara BOLA Deli Gula Halus 1

FKS Pangan Nusantara

7
Adi Karya Gemilang Rose Brand Gula Halus 1

Adi Karya Gemilang

8
Gandum Mas Kencana Haan Fiesta Icing Sugar 1

Gandum Mas Kencana

9
Gulus Gula Halus 1

Gulus

10
Multi Warna Rasa Gula Halus Cap Segi Tiga Emas 1

Multi Warna Rasa

Nama produk

Pure Icing Sugar

Icing sugar

Haan Fiesta Icing Sugar

Gula Halus

Gula Halus

BOLA Deli Gula Halus

Rose Brand Gula Halus

Haan Fiesta Icing Sugar

Gula Halus

Gula Halus Cap Segi Tiga Emas

Keunggulan

Buat dekorasi kue makin cantik dengan produk gluten free

Pilihan tepat untuk para pengusaha bakery

Praktis kemasannya, enggak ada drama tumpah-tumpah!

Teksturnya sangat lembut, tak takut menggumpal lagi

Rasa manisnya pas, tak bikin enek di lidah

Dibuat dari tebu pilihan dengan kualitas yang terjamin

Produk dari merek kesayangan berbagai kalangan

Lebih aman dibuka tutup berkat zipper lock

Campuran kue panggang untuk dapatkan rasa yang nendang

Kemasan kecil dengan tiga kelebihan!

HargaRp 61.400,00Rp 200.000,00Rp 18.800,00Rp 12.600,00Rp 7.000,00Rp 16.000,00Rp 13.500,00Rp 37.500,00Rp 8.000,00Rp 10.000,00
KomposisiGula tebuTidak ada keteranganGula halus murniGula pasirGula halusGula tebuGula tebu Gula tebuGula pasir rafinasiTidak ada keterangan
Ukuran500 gram10 kg425 gram300 gram250 gram1 kg500 gram1 kg500 gram250 gram
Tautan produk

Cara membuat gula halus sendiri di rumah

Cara membuat gula halus sendiri di rumah

Jika gula halus di rumah habis dan Anda belum sempat membelinya, buat saja gula halus sendiri. Anda hanya perlu menyiapkan gula pasir dan blender saja. Simpel, bukan?


Cara membuat gula halus adalah dengan menghaluskan gula pasir menggunakan blender sampai berbentuk bubuk. Lalu, tiriskan gula tersebut di wadah yang kering. Voilà, gula halus pun siap dijadikan topping atau campuran adonan.


Namun, jika dirasa masih kurang halus, siapkan saringan untuk mengayak gula yang sudah diblender. Tuangkan gula tersebut sedikit demi sedikit ke saringan, kemudian tepuk pelan-pelan bagian pinggiran saringan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan gula dengan tekstur yang lebih halus lagi. Agar tidak mudah menggumpal, jangan lupa untuk menyimpannya di stoples yang kering, ya. Selamat mencoba!

Baca juga rekomendasi gula lainnya di sini

Di pasaran, jenis dari gula memang sangat banyak ragamnya. Nah, karena gula halus sudah kami bahas di artikel ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi jenis gula lainnya. Ada gula merah, gula pasir, hingga gula rendah kalori yang bisa Anda pilih. Jika tertarik, langsung klik tautan berikut, ya!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah memahami cara memilih gula halus yang baik? Kemudian, sudahkah Anda menemukan produk favorit? Apa pun pilihan Anda, mengonsumsi gula secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung. Untuk itu, gunakanlah gula halus secara bijak agar kesehatan Anda tetap terjaga. Selamat membuat hidangan dengan gula halus pilihan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Steak Sauce Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Steak Sauce Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk membuat steak yang lezat di rumah, tentunya Anda akan membutuhkan steak sauce atau saus steak. Dengan kombinasi daging yang enak, Anda akan bisa merasakan sensasi makan steak seperti di restoran. Saat ini banyak varian saus steak, seperti merek Knorr, Del Monte, atau Jay’s Kitchen yang bisa Anda temukan di pasaran.Pemilihan saus steak yang tepat akan membuat suasana makan Anda menjadi menyenangkan. Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan saus steak yang bisa Anda gunakan di rumah. Simak penjelasan kami berikut ini agar saat-saat makan steak Anda bisa semakin nikmat dan menyenangkan!
    Bumbu & bahan masakan
    23.399 Views
  • 10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Truffle Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda tahu truffle oil? Truffle oil merupakan minyak zaitun yang kaya akan aroma dan rasa jamur truffle yang mewah. Ada dua jenis jamur truffle yang digunakan dalam minyak ini, yaitu black truffle dan white truffle. Jika ini pertama kalinya bagi Anda, tentu Anda akan sangat kebingungan dalam memilih yang terbaik.Kali ini, kami akan menjelaskan lebih lengkap tentang truffle oil. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan minyak truffle dari berbagai produsen, seperti Urbani, Costa d’Oro, dan Geofoods. Dengan truffle oil, hidangan biasa Anda pun akan menjadi istimewa. Simak lebih lanjut, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    12.962 Views
  • 10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Madu Manuka Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Madu Manuka merupakan madu yang kaya akan vitamin dan mineral. Bergantung pada notasi yang tertera di kemasannya, masing-masing madu Manuka memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Namun, beberapa orang memang kurang menyukai aroma dan rasa khas madu Manuka. Bila ini pertama kalinya Anda mencoba madu Manuka, mungkin Anda akan bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih madu Manuka supaya Anda tidak membeli produk yang salah. Kami juga akan memberi rekomendasi produk terbaik dari berbagai merek seperti Manuka Health, Streamland, dan lainnya. Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    32.105 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Tartar Terbaik Beserta Variasi Ide Masakan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Saus Tartar Terbaik Beserta Variasi Ide Masakan (Terbaru Tahun 2020)
    Saus tartar merupakan perpaduan telur, acar, dan bawang cincang yang dicampurkan ke dalam mayones. Saus yang berasal dari Eropa ini juga telah populer digunakan di Indonesia sebagai pendamping berbagai hidangan. Anda bisa menemukan saus tartar yang dijual dalam berbagai kemasan, baik di supermarket maupun toko online.Bookmark artikel ini apabila Anda ingin mengetahui tips memilih saus tartar terbaik dari kami. Ulasan dan rekomendasi saus tartar dari merek Kewpie hingga MasterFoods juga dapat Anda temukan di sini. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    3.761 Views
  • 10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cuka Buah Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sejak dahulu, cuka buah umum digunakan sebagai bumbu. Bahkan, sebagian jenis cuka buah, seperti cuka apel, dimanfaatkan juga untuk kesehatan dan skincare. Kandungannya yang tanpa alkohol membuat cuka memiliki rasa yang enak sehingga sering digunakan dalam berbagai makanan atau diminum langsung.Apakah Anda juga sedang mencari cuka buah? Mungkin adanya berbagai produk di pasaran, seperti merek KUHNE, Heinz, dan Bragg malah membuat Anda bingung memilihnya. Tenang saja, kami akan menjelaskan cara memilih cuka buah terbaik serta memberikan rekomendasi produk cuka buah untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    5.885 Views
  • 10 Rekomendasi Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bumbu Nasi Goreng Instan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah nasi goreng termasuk makanan favorit Anda? Sekarang ini memasak nasi goreng semakin mudah dengan adanya bumbu instan. Bumbu instan tersebut dapat Anda temui di pasaran, seperti Indofood, Kobe, dan Sajiku. Rasanya pun sangat beragam, mulai dari yang oriental, rempah, seafood sampai pedas.Dengan banyaknya bumbu nasi goreng yang ada di pasaran, mungkin Anda merasa bingung bumbu mana yang akan Anda beli. Dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara memilih bumbu nasi goreng instan. Tidak lupa kami juga memberikan rekomendasi bumbu nasi goreng instan yang nikmat. Sudah tidak sabar? Simak terus artikel ini!
    Bumbu & bahan masakan
    16.070 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Tempura Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Tempura Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tempura adalah masakan Jepang sejenis gorengan yang dibalut tepung. Bahan dasarnya pun sangat beragam, yaitu udang, cumi-cumi, sayuran, dan lainnya. Dengan berbagai produk tepung tempura, seperti Nisshin, Ottogi, dan sebagainya, kini Anda bisa membuat tempura yang lezat di rumah.Kali ini, kami akan memaparkan sepuluh rekomendasi tepung tempura terbaik untuk Anda. Namun, sebelum itu, simak dulu cara memilihnya agar tempura bisa sesuai dengan selera Anda, ya. Baca sampai selesai dan temukan tepung tempura yang bisa menggoyang lidah Anda, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    3.274 Views
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makaroni tentunya sudah tidak asing lagi untuk orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Jangan khawatir karena kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik dalam artikel kali ini. Setelah itu, temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan banyak lainnya dalam rekomendasi produk dari kami. Simak terus artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewat, ya.
    Bumbu & bahan masakan
    4.658 Views
  • 10 Rekomendasi Pewarna Makanan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pewarna Makanan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tambahan pewarna pada makanan akan membuat tampilannya lebih menarik dan menggugah selera. Namun, pewarna alami terkadang dapat mengubah rasa makanan sehingga akhirnya pewarna sintetis lebih banyak dipakai. Dalam memilih pewarna makanan sintetis, Anda perlu berhati-hati. Pilihlah produk yang aman dikonsumsi.Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi tips dalam memilih pewarna makanan yang aman untuk dikonsumsi, juga memberi rekomendasi produk terbaik. Berbagai produk, seperti Koepoe Koepoe, AmeriColor, Colatta, dan Chefmaster ada dalam rekomendasi kami. Silakan lanjutkan membaca untuk menemukan berbagai info menarik!
    Bumbu & bahan masakan
    11.116 Views
  • 10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biji Wijen Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Biji wijen merupakan jenis biji-bijian yang memiliki segudang manfaat. Meski kecil, biji wijen kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat memanfaatkan biji wijen sebagai taburan di atas nasi. Lebih dari itu, biji wijen bisa dimanfaatkan sebagai bumbu, saus, dan berbagai olahan lainnya.Banyak produk olahan wijen yang beredar di pasaran. Ada wijen sangrai dari Jay's Kitchen, saus wijen dari Kewpie dan Maestro, serta masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan kami mengenai cara memilih dan rekomendasi produk wijen berikut ini. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    699 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    109.370 Views
  • 10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Penyedap Rasa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menambahkan penyedap rasa ke masakan merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap tanpa perlu meracik bumbu sendiri. Penyedap rasa juga memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Apakah sekarang Anda sudah merasa cocok dengan penyedap rasa yang Anda gunakan?Meskipun penyedap rasa merupakan produk yang sudah sering Anda temui, kami akan membahas tentang cara memilih produk tersebut. Berbagai merek terkenal, seperti Totole, Masako, dan Biomiwon, ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel kali ini dan dapatkan informasinya.
    Bumbu & bahan masakan
    56.336 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
    106.727 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Bumbu & bahan masakan
    107.379 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Goreng Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang baik.Saat ini, ada banyak sekali produk minyak goreng yang beredar di pasaran, seperti Bimoli, Filma, hingga Sania. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing. Guna mendapatkan produk terbaik, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
    61.632 Views
  • 10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Beberapa tahun terakhir, gaya hidup sehat mulai meningkat di kalangan masyarakat. Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi antara lain adalah meningkatnya konsumsi bahan penyedap bebas MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG yang tengah populer adalah kaldu jamur.Sejumlah merek, seperti Pawon Ibun, Lemonilo, dan Royco, menawarkan kaldu jamur yang mungkin akan membuat Anda bingung memilih. Dalam artikel kali ini, kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi produk terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
    4.492 Views
  • 10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cuka apel (apple vinegar) sangat baik dikonsumsi setiap hari karena memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya untuk diet, menurunkan tekanan darah tinggi, perawatan wajah, dan sebagainya. Namun, banyaknya produk yang dijual di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam menentukan pilihan. Untuk itu, artikel kali ini akan menjelaskan cara memilih cuka apel yang pas sesuai kebutuhan Anda. Tak ketinggalan, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi cuka apel terbaik, seperti dari merek Bragg, Heinz, dan S&W. Simak terus artikel ini, ya!
    Bumbu & bahan masakan
    28.900 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori