• 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.

Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Agustus 2022
Daftar isi

Keunggulan kaldu jamur

Keunggulan kaldu jamur

Kaldu jamur adalah kaldu yang berbahan dasar jamur, baik jamur tiram, shiitake, maupun porcini. Kaldu jamur merupakan produk tambahan yang sering digunakan vegetarian untuk menambah cita rasa makanan dan memenuhi kebutuhan gizi. Rasa gurih yang dihasilkan kaldu jamur disebut-sebut menyerupai rasa umami yang biasa ditemukan dalam monosodium glutamat (MSG). 


Sayangnya penggunaan MSG yang terlalu banyak sering dianggap memberi dampak negatif terhadap tubuh. Oleh karena itu, kaldu jamur mulai sering dipakai untuk menggantikan penggunaan vetsin atau bumbu penyedap yang mengandung MSG. Selain mampu melezatkan masakan, kaldu jamur memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain:


  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Di dalam kaldu jamur terdapat asam amino, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh.
  • Menjadi sumber energi. Kandungan nutrisi yang terkandung di dalam jamur juga disebut mampu meningkatkan kualitas sel-sel otak menjadi lebih baik.
  • Mampu mencegah serta mengeluarkan racun yang ada di jaringan hati. Bahkan, kaldu jamur juga diyakini bisa menjadi penangkal pertumbuhan kanker di dalam tubuh.
  • Membantu mengurangi kolesterol serta menurunkan tekanan darah

Cara memilih kaldu jamur

Setelah mengetahui keunggulan dan manfaat kaldu jamur, apakah Anda makin tertarik untuk mencobanya? Jika iya, ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih kaldu jamur. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Perhatikan bahan dasar jamur dan komposisinya

Perhatikan bahan dasar jamur dan komposisinya

Sesuai dengan namanya, kaldu jamur adalah bumbu penyedap yang diolah dari jamur. Bahan dasar dari kaldu jamur dapat berupa jamur tiram maupun jamur shiitake. Akan tetapi, jamur shiitake memiliki cita rasa umami yang lebih kuat dibandingkan jenis lainnya. Meskipun begitu, semua rasa jamur tidak kalah gurih dibandingkan dengan kaldu hewani dari ayam atau sapi.


Selain komposisi utama yang berupa jamur, kaldu jamur dilengkapi bahan lain, seperti garam dan gula. Apabila Anda sedang diet garam sebaiknya hindari kaldu dengan tambahan garam. Begitu pula dengan penderita diabetes yang disarankan untuk mengurangi asupan gula. Anda juga perlu memeriksa produk dengan lebih saksama apabila Anda atau anggota keluarga memiliki alergi tertentu.

Pilih berdasarkan kemasannya

Pilih berdasarkan kemasannya

Kaldu jamur dapat Anda temukan dalam berbagai kemasan dan ukuran. Pilihlah bentuk kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Produk kaldu jamur umumnya dikemas dalam sachet dan botol plastik. 


  • Kemasan sachet

Kemasan sachet terdiri dari ukuran kecil hingga besar. Jika Anda baru ingin mencicipi kaldu jamur, kemasan sachet kecil adalah pilihan tepat. Di pihak lain, pemilik usaha kuliner barangkali lebih pas memilih kaldu jamur kemasan yang lebih besar sehingga lebih ekonomis. Namun, Anda perlu memindahkan kaldu tersebut ke wadah tertutup rapat agar tidak menggumpal. 


  • Kemasan botol

Kaldu jamur berkemasan botol biasanya memiliki lubang-lubang kecil di bagian tutupnya yang berfungsi untuk menaburkan bumbu. Jadi, Anda bisa lebih mudah mengontrol taburan kaldu jamur dengan tutup botol yang berlubang-lubang. Kemasan botol ini lebih praktis karena Anda tidak perlu repot menyiapkan wadah lain selama botol tertutup rapat. 

Cari produk yang aman dan terpercaya

Cari produk yang aman dan terpercaya

Jangan lupa untuk memperhatikan keamanan dan sertifikasi yang telah dimiliki kaldu jamur pilihan Anda. Sebuah produk dapat dikatakan aman dan tepercaya apabila telah memenuhi kualitas berdasarkan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan


Lembaga yang bertugas mengawasi kualitas makanan di Indonesia, antara lain, adalah BPOM, LPPOM-MUI, dan P-IRT. Jika produk sudah memiliki sertifikasi dari lembaga tersebut berarti produk tersebut aman dikonsumsi karena telah memenuhi syarat yang ditentukan. 

10 Rekomendasi kaldu jamur terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaldu jamur terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 9 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Totole Kaldu Rasa Jamur memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Pawon Ibun Kaldu Jamur yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.

Gambar produk
1
Totole Kaldu Rasa Jamur 1

Totole

2
Pawon Ibun Kaldu Jamur 1

Pawon Ibun

3
Unilever Royco Kaldu Rasa Jamur 1

Unilever

4
Lingkar Organik Maseko Kaldu Jamur 1

Lingkar Organik

5
Motovegan  Penyedap Rasa Kaldu Jamur  1

Motovegan

6
Bumbu Bunda Elia Kaldu Bubuk Rasa Jamur 1

Bumbu Bunda Elia

7
Lemonilo Kaldu Pelezat Jamur  1

Lemonilo

8
Aidan Mushroom Stock Powder 1

Aidan

9
Bionic Farm Umamitake Non MSG Shiitake Mushroom Stock 1

Bionic Farm

10
Serambi Botani Kaldu Jamur Non MSG 1

Serambi Botani

Nama produk

Kaldu Rasa Jamur

Kaldu Jamur

Royco Kaldu Rasa Jamur

Maseko Kaldu Jamur

Penyedap Rasa Kaldu Jamur

Kaldu Bubuk Rasa Jamur

Kaldu Pelezat Jamur

Mushroom Stock Powder

Umamitake Non MSG Shiitake Mushroom Stock

Kaldu Jamur Non MSG

Keunggulan

Tersedia dalam berbagai ukuran, lebih ekonomis

Bisa ditabur langsung atau dimasukkan ke dalam masakan

Cita rasa jamur asli tanpa pewarna dan penguat rasa

Kaldu organik dari jamur lokal organik pilihan

Pengganti MSG untuk rasa kaldu yang mantap

Siapkan MPASI sehat bergizi untuk bayi

Bumbu penyedap yang ramah untuk tubuh Anda

Diolah secara homemade, bantu siapkan makanan sehat dan lezat untuk keluarga

Hadirkan rasa gurih umami yang lebih sehat

Warna, aroma, dan, rasa alami terjaga berkat metode pengaturan kelembapan

Harga mulai dariRp 4.250,00Rp 40.000,00Rp 5.000,00Rp 19.500,00Rp 51.000,00Rp 66.999,00Rp 30.500,00Rp 40.000,00Rp 30.000,00Rp 37.000,00
Berat/isi40 gram, 80 gram, 200 gram, 400 gram, 1.000 gram50 gram40 gram, 170 gram80 gram, 100 gram500 gram, 50 gram, 5 gram50 gram80 gram50 gram75 gram80 gram
KomposisiGaram, jamur kering, beras, gula, hidrolisa protein sayur (mengandung kacang kedelai), tepung penguat rasa (terbuat dari beras dan tepung jagung), perisa alamiJamur tiram, bawang putih Garam, ekstrak ragi, dekstrin, gula, minyak nabati, bawang, jamur bubuk, jamur tiram iradiasi, perisa sintetik jamur, antikempal silikon dioksida, kunyit, lada, seledri, palaTepung maizena, merica, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, jamurGaram, gula, pati jagung, bubuk jamur, maltodextrin, ekstra ragi, penguat rasa, protein nabati terhidralisa, perisa sintetik jamurJamur tiram, bawang putihGaram, ekstrak jamur, cabai, lada, bawangJamur tiram, bawang putih, rempah pilihanMaltodekstrin, garam, gula (mengandung pengawet sulfit), jamur shiitake bubuk, bawang putih bubuk, ekstrak ragi, antikempal (silikon dioksida)Garam, gula pasir, ekstrak jamur, bawang merah, pati termodisikasi, bawang butih, meric, nucleotide, antikempal, kunyit
Kandungan gula×××Plain: ×・Gurih: ✔
Kandungan garam××Plain: ×・Gurih: ✔
KemasanSachetBotolSachetBotol, sachetSachetBotolBotolBotolBotolBotol
SertifikasiBPOMP-IRTBPOMP-IRTBPOMBPOMPIRTP-IRTP-IRTP-IRT
Tautan produk
10
Berat/isi80 gram
KomposisiGaram, gula pasir, ekstrak jamur, bawang merah, pati termodisikasi, bawang butih, meric, nucleotide, antikempal, kunyit
Kandungan gula
Kandungan garam
KemasanBotol
SertifikasiP-IRT
9

Bionic FarmUmamitake Non MSG Shiitake Mushroom Stock

Mulai dari Rp 30.000,00

Berat/isi75 gram
KomposisiMaltodekstrin, garam, gula (mengandung pengawet sulfit), jamur shiitake bubuk, bawang putih bubuk, ekstrak ragi, antikempal (silikon dioksida)
Kandungan gula
Kandungan garam
KemasanBotol
SertifikasiP-IRT
8
Berat/isi50 gram
KomposisiJamur tiram, bawang putih, rempah pilihan
Kandungan gulaPlain: ×・Gurih: ✔
Kandungan garamPlain: ×・Gurih: ✔
KemasanBotol
SertifikasiP-IRT
7
Berat/isi80 gram
KomposisiGaram, ekstrak jamur, cabai, lada, bawang
Kandungan gula×
Kandungan garam
KemasanBotol
SertifikasiPIRT
6
Berat/isi50 gram
KomposisiJamur tiram, bawang putih
Kandungan gula×
Kandungan garam×
KemasanBotol
SertfikasiBPOM
5

Motovegan Penyedap Rasa Kaldu Jamur

Mulai dari Rp 51.000,00

Berat/isi500 gram, 50 gram, 5 gram
KomposisiGaram, gula, pati jagung, bubuk jamur, maltodextrin, ekstra ragi, penguat rasa, protein nabati terhidralisa, perisa sintetik jamur
Kandungan gula
Kandungan garam
KemasanSachet
SertifikasiBPOM
4

Lingkar OrganikMaseko Kaldu Jamur

Mulai dari Rp 19.500,00

Berat/isi80 gram, 100 gram
KomposisiTepung maizena, merica, bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, jamur
Kandungan gula
Kandungan garam
KemasanBotol, sachet
SertifikasiP-IRT
3
Berat/isi40 gram, 170 gram
Komposisi Garam, ekstrak ragi, dekstrin, gula, minyak nabati, bawang, jamur bubuk, jamur tiram iradiasi, perisa sintetik jamur, antikempal silikon dioksida, kunyit, lada, seledri, pala
Kandungan gula
Kandungan garam
KemasanSachet
SertifikasiBPOM
2
Berat/isi50 gram
KomposisiJamur tiram, bawang putih
Kandungan gula×
Kandungan garam×
KemasanBotol
SertifikasiP-IRT
1
Berat/isi40 gram, 80 gram, 200 gram, 400 gram, 1.000 gram
KomposisiGaram, jamur kering, beras, gula, hidrolisa protein sayur (mengandung kacang kedelai), tepung penguat rasa (terbuat dari beras dan tepung jagung), perisa alami
Kandungan gula
Kandungan garam
KemasanSachet
SertifikasiBPOM

Pertanyaan umum seputar kaldu jamur

Pertanyaan umum seputar kaldu jamur

Setelah membaca ulasan di atas, Anda mungkin masih penasaran dengan keistimewaan kaldu jamur. Kami telah merangkum beberapa pertanyaan seputar kaldu jamur dan akan menjawabnya di bawah ini. Silakan disimak!

Kaldu jamur bisa digunakan untuk masakan apa?

Kaldu jamur bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan, baik itu sop, tumisan, ataupun pasta. Selain itu, kaldu jamur juga bisa digunakan untuk membuat MPASI. Supaya lebih aman untuk bayi dan anak-anak, Anda bisa memilih kaldu jamur tanpa gula dan garam.

Apakah kaldu jamur mengandung garam?

Kaldu jamur ada yang mengandung garam dan ada pula yang tidak. Penambahan garam bertujuan menambah cita rasa gurih pada kaldu, tetapi tanpa garam pun kaldu jamur memiliki rasa umami yang khas. Kaldu jamur yang terbuat dari jamur kering memiliki rasa umami yang lebih kuat dibandingkan jamur biasa yang tidak dikeringkan.

Apakah kaldu jamur aman untuk bayi, penderita hipertensi, dan kolestrol?

Berbahan dasar jamur yang bebas lemak, kolesterol, dan rendah kalori, kaldu jamur dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Jadi, kaldu jamur dapat dikonsumsi oleh penderita hipertensi atau tinggi kolesterol. Selain itu, kaldu jamur juga aman dikonsumsi bayi dan ditambahkan sebagai bumbu dalam MPASI.

Tips menggunakan kaldu jamur

Tips menggunakan kaldu jamur

Kaldu jamur hadir dalam bentuk bubuk. Dengan demikian, kaldu jamur dapat digunakan sebagai penambah dan penguat rasa pada masakan agar lebih gurih serta lezat. Anda bisa memanfaatkannya sebagai pengganti bumbu penyedap dari kaldu sapi ataupun ayam yang sudah banyak beredar di pasaran. 


Selain dicampur ke dalam masakan seperti bumbu penyedap biasa, Anda dapat menaburkannya di atas kentang goreng, popcorn, atau pasta. Anda cukup menaburkan kaldu jamur secukupnya sesuai selera. Agar roti panggang atau sandwich terasa umami, Anda pun bisa menggunakan campuran kaldu jamur dengan sedikit minyak zaitun. 


Karena kaldu jamur aman dikonsumsi saat diet, Anda juga bisa menggunakannya untuk menambah rasa di salad atau sup. Kaldu jamur juga bisa digunakan sebagai tambahan dalam makanan pendamping ASI (MPASI) untuk buah hati tercinta. 

Baca juga rekomendasi produk bumbu instan lainnya di sini

Selain kaldu jamur, ada produk lain yang dapat Anda gunakan untuk membuat makanan menjadi makin lezat. Kami telah menyiapkan sejumlah artikel yang membahas bumbu instan lainnya beserta rekomendasi produk terbaik. Jika Anda tertarik, klik tautan di bawah ini dan dapatkan informasinya.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda tentang artikel ini? Sudahkah Anda menemukan produk kaldu jamur yang sesuai selera Anda? Saat ini, kaldu jamur tengah menjadi primadona di kalangan konsumen bumbu dapur sehingga tersedia dalam berbagai pilihan.


Karena itu, sediakan selalu kaldu jamur di rak bumbu Anda sebagai opsi variasi rasa masakan. Selain lebih sehat, rasa gurih yang dihasilkan kaldu jamur tidak kalah dari kaldu berbahan hewani. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Sambal Terenak (Terbaru Tahun 2022)
    Lidah orang Indonesia terbiasa dengan makanan pedas dan berbumbu. Tak heran jika saus sambal menjadi pelengkap hidangan paling digemari. Karena kepopulerannya, banyak perusahaan nasional hingga internasional yang memproduksi saus sambal terbaik bercita rasa lokal. Sebut saja merk Indofood, ABC, Dua Belibis, Jawara, hingga Del Monte.Saus sambal juga hadir dalam beragam kemasan botolan hingga sachet. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih saus sambal yang enak. Kami pun akan merekomendasikan saos sambal terenak, terpedas, dan cocok untuk diet dari berbagai merk di e-commerce Indonesia. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Gula Merah Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gula Merah Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Gula merah adalah pemanis alami yang dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir. Gula ini memiliki indeks glikemik rendah sehingga cocok untuk menunjang program diet. Selain untuk diet, gula merah juga disarankan untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tidak melonjak tinggi.Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda memeriksa beberapa poin yang akan kami sampaikan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi gula merah terbaik, mulai dari merek Singabera hingga Javara. Sudah siap memulai hidup sehat dengan mengonsumsi gula merah? Simak informasinya! Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori