• 10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Koper Kabin Terbaik - Ditinjau oleh Travel Blogger (Terbaru Tahun 2022)

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat, koper kabin adalah pilihan terbaik untuk dibawa. Entah business trip atau sekadar liburan, koper kabin dinilai paling ringan dan praktis untuk menampung barang bawaan Anda. Ukuran koper kabin sangat beragam, mulai dari 15 inci hingga 20 inci.


Kami akan memberikan tips memilih koper kabin terbaik. Berbagai merek dan size koper kabin yang bagus, seperti Navy Club, American Tourister, dan Polo Team akan turut kami ulas. Artikel ini juga telah ditinjau oleh travel blogger kami, Zizy Damanik. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Zizy Damanik
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Travel blogger & photographer, Zizy Damanik

Profil pakar: Travel blogger & photographer, Zizy Damanik
Zizy Damanik
Lifestyle blogger & photographer
Zizy Damanik

Zizy adalah seorang travel blogger & photographer yang sudah menulis lebih dari 15 tahun. Karena keseriusannya pada pada traveling dan fotografi, dia sering diminta menuliskan cerita perjalanannya oleh beberapa brand layanan perjalanan.


Saat ini Zizy menjalani profesi sebagai seorang digital strategist. Ia menggunakan waktu luangnya untuk melakukan perjalanan dengan teman-teman fotografer dan putri remajanya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih koper kabin

Sebelum melihat produk rekomendasi dari kami, sebaiknya Anda menyimak beberapa poin berikut terlebih dahulu. Di bawah ini kami paparkan tips memilih koper kabin. Agar Anda tidak salah pilih, bacalah dengan saksama, ya!

Pilih berdasarkan bahannya

Pilih berdasarkan bahannya

Poin pertama yang wajib Anda pertimbangkan ketika akan membeli koper adalah bahannya. Pada umumnya, koper yang bisa dibawa di kabin terdiri dari dua tipe, yaitu hard case dan soft case. Kedua tipe ini terbuat dari bahan yang berbeda dengan keunggulannya masing-masing.


Jika Anda menginginkan koper yang tahan air dan tahan terhadap guncangan, pilihlah tipe hard case. Bahan yang biasa dipakai untuk koper hard case adalah polycarbonate, polypropene, dan ABS (acrylonitrile butadiene styrene).


Dari sisi ketahanan, koper dari polycarbonate memang lebih kuat dibandingkan dua bahan lainnya. Namun, harganya cenderung lebih mahal. Jika Anda mencari hard case dengan ketahanan hampir setara polycarbonate dengan harga lebih hemat, Anda bisa memilih polypropene.


Sementara itu, koper tipe soft case terbilang lebih ringan dan elastis. Bahan yang sering digunakan adalah nilon dan poliester. Koper yang terbuat dari bahan nilon memiliki karakteristik yang tahan lama, tidak mudah sobek, dan mudah dibersihkan. Namun, jika harga menjadi pertimbangan utama Anda, koper berbahan poliester bisa dijadikan pilihan. Harganya lebih ekonomis dan kualitasnya cukup baik.

Sesuaikan ukuran koper dengan jangka waktu bepergian

Koper kabin hadir dalam beberapa ukuran, mulai dari 15 hingga 20 inci. Setiap ukuran dan berat tersebut memiliki kapasitas yang berbeda. Untuk itu, agar semua barang keperluan Anda bisa masuk ke koper, Anda perlu menyesuaikan ukuran koper dengan jangka waktu bepergian.

Ukuran 15 hingga 17 inci, untuk jangka waktu bepergian 1–3 hari

Ukuran 15 hingga 17 inci, untuk jangka waktu bepergian 1–3 hari

Koper kabin dengan ukuran 15 hingga 17 inci memang paling pas untuk short trip yang hanya menghabiskan waktu 1 hingga 3 hari. Koper ukuran ini umumnya memiliki ukuran kurang lebih 30 cm x 17 cm x 40 cm. Tak hanya muncul dalam bentuk vertikal, koper kabin ukuran kecil ada juga yang berbentuk horizontal.


Beberapa maskapai seperti Lion Air dan Wings Air memiliki batas maksimal ukuran koper kabin, yaitu 16 inci. Jika ukuran maksimal kabin Lion Air adalah 40 cm x 30 cm x 20 cm, maskapai Wings Air menentukan ukuran maksimal 35 cm x 30 cm x 20 cm. Berat maksimal koper kabin dari kedua maskapai tersebut adalah 7 kg.

Ukuran 18 atau 19 inci, untuk bepergian selama 3–5 hari

Ukuran 18 atau 19 inci, untuk bepergian selama 3–5 hari

Untuk Anda yang akan pergi dengan rentang waktu 3 hingga 5 hari, pilih koper kabin dengan ukuran 18 atau 19 inci saja. Panjang koper kabin ukuran 18 dan 19 inci biasanya adalah 47 cm. Kedua ukuran ini merupakan ukuran yang paling ideal dan aman ketika dibawa di kabin.

Ukuran 22 inci, untuk perjalanan yang membutuhkan waktu 5–7 hari

Ukuran 22 inci, untuk perjalanan yang membutuhkan waktu 5–7 hari

Berbeda dengan ukuran 15 hingga 19 inci, ukuran 22 inci tentu menawarkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Anda bisa memasukkan banyak barang di dalamnya, mulai dari pakaian, peralatan mandi, sepatu, laptop, kamera, buku, hingga aneka dokumen penting.


Jadi, koper 22 inci layak untuk Anda bawa ketika bepergian selama 5 hingga 7 hari. Ukuran rata-rata dari koper kabin 22 inci adalah 56 cm x 37 cm x 22 cm. Meski begitu, beberapa maskapai seperti AirAsia dan Garuda Indonesia memiliki batas maksimal ukuran koper yang bisa dibawa di kabin, yaitu 56 cm x 36 cm x 23 cm.


Tak sedikit koper berukuran 22 inci yang menawarkan kompartemen luar yang fungsional. Ada tempat khusus dokumen, laptop, power bank, dan lainnya. Alhasil, Anda bisa meletakkan barang-barang tersebut dan mengambilnya dengan mudah. Tak perlu bongkar isi koper lagi untuk mencarinya!

Jangan lupa pertimbangkan juga berat koper saat dalam keadaan kosong

Jangan lupa pertimbangkan juga berat koper saat dalam keadaan kosong

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tiap maskapai memiliki aturan masing-masing terkait berat maksimal koper kabin. Rata-rata maskapai memperbolehkan setiap penumpang membawa satu bagasi kabin dengan berat maksimal 7 kg. Berat yang terhitung adalah berat total dari koper beserta isinya. 


Untuk dapat membawa barang semaksimal mungkin, Anda perlu mempertimbangkan berat kosong dari koper kabin yang Anda bawa. Makin ringan koper kabin Anda, tentu akan makin banyak barang yang dapat diangkut. Sebaliknya, jika koper kosong Anda sudah berat, barang yang Anda bawa tidak bisa terlalu banyak karena bisa over bagasi.

Perhatikan jumlah rodanya

Perhatikan jumlah rodanya

Anda juga perlu memerhatikan jumlah roda pada koper yang akan Anda pilih. Umumnya, koper untuk dibawa di dalam kabin dibuat dengan dua atau empat roda. Jumlah roda akan sangat memengaruhi mobilitas koper.


Koper roda dua akan tetap awet meskipun dipakai di atas permukaan yang tidak rata. Namun, jika barang Anda cukup banyak, koper roda dua akan terasa lebih berat dan membuat tangan cepat lelah dan pegal.


Di sisi lain, koper beroda empat terbilang lebih mudah didorong atau ditarik. Bahkan, kemampuan manuvernya juga sangat bagus. Jadi, Anda pun tidak perlu repot untuk memutar atau mengangkat koper lagi. Namun, Anda akan merasa kewalahan jika harus mendorong koper roda empat saat berada di trotoar. Mau tak mau, Anda pun harus menariknya agar koper bisa berjalan dengan baik.

Periksa kelebihan lainnya

Periksa kelebihan lainnya

Saat ini, koper tak hanya berfungsi untuk membawa pakaian atau perlengkapan mandi ketika bepergian. Karena itu, ada beberapa produk yang ditambahkan tempat khusus untuk laptop atau tablet.


Bahkan, ada juga produk yang dilengkapi dengan TSA (Transportation Security Administration) dan kunci kombinasi untuk meningkatkan keamanan. Anda jadi tak perlu khawatir lagi akan kemalingan saat tengah melancong.


Selain itu, beberapa kelebihan lain seperti silent wheel dan roda putar 360 derajat juga akan membuat koper makin nyaman digunakan. Koper kabin menarik yang dirancang khusus untuk si kecil juga ada, lho! Desainnya dibuat imut dengan ride on mode sehingga anak bisa mengendarainya dengan nyaman. Anak makin happy, Anda pun tak kerepotan lagi!

10 Rekomendasi koper kabin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk koper kabin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini adalah murni rekomendasi mybest dan bukan dari Zizy Damanik.

10

Hush PuppiesExpandable Softcase Kabin Koper

693139

Mulai dari Rp 3.180.000,00

TipeSoft case
Ukuran20 inci (49 cm × 37 cm × 24 cm)
BahanNylon, polyester
Jumlah roda4
Berat kosongTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi, roda putar 360 derajat, expandable, security zipper
9

XiaomiTrolley 90 Points Suitcase 20"

Mulai dari Rp 989.000,00

TipeHard case
Ukuran20 inci (37,5 cm х 22,3 cm х 55 cm)
BahanPolycarbonate, polyester
Jumlah roda4
Berat kosong2,9 kg
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi TSA, kompartemen khusus untuk laptop dan tablet, antiair, roda putar 360 derajat dan shock resistance, silent wheel
8

Navy Club Koper Soft Case Kabin BJAA

Mulai dari Rp 1.329.000,00

TipeSoft case
Ukuran15 inci (39 cm х 24 cm х 35 cm)
BahanNilon
Jumlah roda2
Berat kosong2,6 kg
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi 3 angka, tempat laptop, trolley, ergonomis
7

BontoyTraveller Luggage Ride-On

Mulai dari Rp 1.750.000,00

TipeHard case
Ukuran17 liter (54 cm х 28 cm х 25 cm)
BahanTidak disebutkan
Jumlah roda4
Berat kosongTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaRide-on mode, noiselessness wheels
6

Real PoloKoper Kabin Hardcase Fiber ABS – GGEB

Mulai dari Rp 899.000,00

TipeHard case
Ukuran20 inci (35 cm х 25 cm х 49 cm)
BahanABS
Jumlah roda4
Berat kosong3,2 kg
Kelebihan lainnyaKunci kombinasi 3 angka, roda putar 360 derajat
5

American TouristerKAMILIANT - Kojo Koper Soft Case Kabin

Mulai dari Rp 1.790.000,00

TipeSoft case
Ukuran20 inci (37 cm х 27 cm х 57 cm)
BahanTidak disebutkan
Jumlah roda4
Berat kosong2,7 kg
Kelebihan lainnyaRitsleting antipencurian SafePlux ™
4

DupontTas Koper Hardcase Antitusuk

0272

Mulai dari Rp 1.822.500,00

TipeHard case
Ukuran20 inci (35 cm х 24 cm х 50 cm)
BahanPoly Propylene
Jumlah roda4
Berat kosongTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaScratch resistance, kunci kombinasi TSA Internasional, expander, zipper antitusuk, padded handle, roda putar 360 derajat, matching color accessory
3

American TouristerSprint Plus Koper Hardcase Cabin

Mulai dari Rp 1.690.000,00

TipeHard case
Ukuran20 inci
BahanPVC dan plastik
Jumlah roda4
Berat kosongTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaKunci TSA
2
TipeHard case
Ukuran20 inci (37 cm х 22 cm х 46 cm)
BahanPoli ABS, fiber
Jumlah roda4
Berat kosongTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaUltra light, tridial troly, combi lock, roda ganda dan berputar 360 derajat
1

Polo TeamKoper Kabin Hardcase Fiber

043

Mulai dari Rp 622.500,00

TipeHard case
Ukuran18 inci (34 cm х 20 cm х 50 cm)
BahanABS+PVC Coated
Jumlah roda4
Berat kosongTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaAntigores, tahan guncangan, roda ganda, padded handle

Tabel perbandingan produk koper kabin terbaik

Gambar produk
1
Polo Team Koper Kabin Hardcase Fiber 1

Polo Team

2
Travelinox Koper Fiber Bobba 1

Travelinox

3
American Tourister Sprint Plus Koper Hardcase Cabin 1

American Tourister

4
Dupont Tas Koper Hardcase Antitusuk 1

Dupont

5
American Tourister KAMILIANT - Kojo Koper Soft Case Kabin 1

American Tourister

6
Real Polo Koper Kabin Hardcase Fiber ABS – GGEB 1

Real Polo

7
Bontoy Traveller Luggage Ride-On  1

Bontoy

8
Navy Club  Koper Soft Case Kabin BJAA 1

Navy Club

9
Xiaomi Trolley 90 Points Suitcase 20" 1

Xiaomi

10
Hush Puppies Expandable Softcase Kabin Koper 1

Hush Puppies

Nama produk

Koper Kabin Hardcase Fiber

Koper Fiber Bobba

Sprint Plus Koper Hardcase Cabin

Tas Koper Hardcase Antitusuk

KAMILIANT - Kojo Koper Soft Case Kabin

Koper Kabin Hardcase Fiber ABS – GGEB

Traveller Luggage Ride-On

Koper Soft Case Kabin BJAA

Trolley 90 Points Suitcase 20"

Expandable Softcase Kabin Koper

Keunggulan

Traveling penuh gaya dengan koper eksentrik

Beragam pilihan warna mencolok membuat koper Anda mudah dikenali

Foto OOTD makin seru dengan koper merah menyala

Perjalanan makin aman berkat zipper antitusuk

Bobotnya ringan sehingga memudahkan pergerakan

Gaya maksimal dengan aksen timbul dalam empat pilihan warna

Bisa dikendarai, anak pun tidak akan bosan saat di perjalanan

Koper horizontal minimalis dengan tempat khusus laptop

Fitur silent wheel bikin business trip lebih well

Tawarkan desain elegan dengan kompartemen yang cukup banyak

Harga mulai dariRp 622.500,00Rp 199.000,00Rp 1.690.000,00Rp 1.822.500,00Rp 1.790.000,00Rp 899.000,00Rp 1.750.000,00Rp 1.329.000,00Rp 989.000,00Rp 3.180.000,00
TipeHard caseHard caseHard caseHard caseSoft caseHard caseHard caseSoft caseHard caseSoft case
Ukuran18 inci (34 cm х 20 cm х 50 cm)20 inci (37 cm х 22 cm х 46 cm)20 inci 20 inci (35 cm х 24 cm х 50 cm)20 inci (37 cm х 27 cm х 57 cm)20 inci (35 cm х 25 cm х 49 cm)17 liter (54 cm х 28 cm х 25 cm)15 inci (39 cm х 24 cm х 35 cm)20 inci (37,5 cm х 22,3 cm х 55 cm)20 inci (49 cm × 37 cm × 24 cm)
BahanABS+PVC CoatedPoli ABS, fiberPVC dan plastikPoly PropyleneTidak disebutkanABSTidak disebutkanNilonPolycarbonate, polyesterNylon, polyester
Jumlah roda4444444244
Berat kosongTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan2,7 kg3,2 kgTidak disebutkan2,6 kg2,9 kgTidak disebutkan
Kelebihan lainnyaAntigores, tahan guncangan, roda ganda, padded handleUltra light, tridial troly, combi lock, roda ganda dan berputar 360 derajatKunci TSAScratch resistance, kunci kombinasi TSA Internasional, expander, zipper antitusuk, padded handle, roda putar 360 derajat, matching color accessoryRitsleting antipencurian SafePlux ™Kunci kombinasi 3 angka, roda putar 360 derajatRide-on mode, noiselessness wheelsKunci kombinasi 3 angka, tempat laptop, trolley, ergonomisKunci kombinasi TSA, kompartemen khusus untuk laptop dan tablet, antiair, roda putar 360 derajat dan shock resistance, silent wheelKunci kombinasi, roda putar 360 derajat, expandable, security zipper
Tautan produk

Tips merawat koper agar tidak cepat rusak dari travel blogger kami, Zizy Damanik

Tips merawat koper agar tidak cepat rusak dari travel blogger kami, Zizy Damanik

Bagi traveler, koper adalah andalan untuk menemani bepergian setiap saat. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk merawat koper dengan benar agar tidak cepat rusak. Koper yang tersimpan terlalu lama atau tidak disimpan dengan benar akan cepat mengalami pelapukan hingga berjamur. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam merawat koper kesayangan Anda.


  • Langsung kosongkan dan angin-anginkan koper begitu selesai dari perjalanan.

Hal ini harus dilakukan agar tidak ada kotoran menumpuk. Selain itu, sisa bau dari baju kotor yang menempel di bagian dalam koper juga akan hilang. Setelah itu, letakkan koper di daerah terang dan berangin agar sisa bau yang mungkin masih ada dapat segera sirna.


  • Bersihkan juga bagian luar koper.

Tidak hanya mengosongkan isi koper, tetapi bagian luar koper, seperti roda, handle, dan body, juga harus segera dibersihkan. Hal ini dilakukan karena pasti ada banyak kotoran dan bakteri yang menempel.


Gunakan sikat halus untuk membersihkan roda dan bagian yang keras bila ada kotoran keras menempel. Body koper bisa dibersihkan menggunakan kain lap basah dengan sedikit sabun. Setelah itu, keringkan koper dari sisa-sisa air.


  • Bungkus koper dan simpan di tempat sejuk.

Setelah koper bersih, bungkus dan simpan di tempat yang sejuk. Jangan lupa masukkan beberapa dry gel ke dalam koper untuk menjaga kelembapan.

Baca juga rekomendasi koper lainnya di sini

Setelah Anda melihat produk koper kabin, tak ada salahnya melirik berbagai rekomendasi koper lainnya. Siapa tahu ada produk yang pas dengan kebutuhan Anda. Jika tertarik, langsung klik tautan di bawah ini, ya! Ada tips memilihnya juga supaya Anda lebih mudah menemukan produk terbaik.

Kesimpulan

Setelah melihat rekomendasi produk dari kami, apakah Anda sudah menemukan koper kabin favorit? Selain ukurannya tidak boleh terlalu besar, berat maksimal koper yang bisa dibawa ke kabin rata-rata hanya 7 kg. 


Akan tetapi, beberapa maskapai memiliki peraturan yang berbeda. Jadi, lebih baik periksalah terlebih dahulu peraturan yang diberlakukan pada pesawat yang akan Anda pakai, ya. Semoga perjalanan Anda selalu nyaman dengan koper pilihan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Koper Terbaik dengan Desain Modis (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak hanya fungsional, koper dapat menunjang penampilan Anda saat traveling. Untuk itu, Anda memerlukan koper dengan desain modis. Produknya tidak hanya mengutamakan desain, lho. Fitur dan kapasitasnya pun tidak kalah dari koper konvensional.Kali ini kami akan membagikan cara memilih koper terbaik dengan desain modis. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi koper dari merek yang bagus, seperti Samsonite, American Tourister, dan lainnya. Produknya terdiri dari berbagai jenis, bahan, dan warna. Pastinya ada yang paling cocok untuk Anda. Yuk, baca artikel ini sampai habis untuk menemukannya!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Koper Terbaik - Ditinjau oleh Tour Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Koper merupakan barang penting bagi Anda yang hendak liburan, dinas, atau mudik. Untuk kegiatan tersebut tentu Anda mencari koper yang kuat dan berkualitas baik, bukan? Saat ini terdapat banyak model koper dengan ukuran beragam sehingga mungkin akan sedikit membingungkan Anda.Di sini, kami akan menjelaskannya hal-hal yang perlu dijadikan acuan saat mencari koper terbaik. Merek koper yang bagus, seperti Polo, Dupont, LOJEL, atau American Tourister juga termasuk dalam daftar rekomendasi kami. Artikel ini juga telah ditinjau oleh tour consultant kami, Farianty Gunawan. Selamat membaca!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Koper Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Koper Polo Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Koper merek Polo sudah dikenal masyarakat Indonesia sebagai koper berkualitas. Koper Polo awet sudah banyak beredar, tentu Anda bisa menggunakannya untuk jangka panjang. Mengikuti perkembangan zaman, koper Polo keren juga banyak diproduksi dan sangat menggoda untuk dimiliki.Cara memilih dan daftar rekomendasi koper Polo terbaik akan kami berikan pada Anda melalui artikel ini. Dengan begitu, Anda tidak akan kesulitan menentukan koper Polo yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Hanya koper Polo yang bagus dan asli yang akan Anda temukan dalam artikel ini. Selamat memilih!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tas jinjing saja tidak mungkin bisa menampung semua oleh-oleh yang Anda beli dari luar kota. Travel bag atau carry-on bag adalah solusinya. Travel bag berfungsi sebagai tas cadangan untuk di dalam ataupun di luar koper. Anda dapat membawa barang tambahan secara lebih efisien saat traveling.Merek MINISO, Matador, Onepolar, dan Eiger memiliki produk travel bag yang bagus dan nyaman dibawa bepergian. Meski berkapasitas besar, tas traveling ini ringan dan bisa masuk kabin pesawat. Beberapa tas bahkan bisa dilipat kecil. Mari persiapkan travel bag Anda untuk perjalanan berikutnya!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2022)
    Saat melakukan perjalanan bisnis, para pebisnis biasanya membawa barang yang cukup banyak. Daripada punggung sakit akibat beban berat dari memanggul backpack, pilih saja tas koper! Tas koper yang tidak terlalu besar akan cukup untuk membawa barang Anda jika harus menginap selama 1–3 hari.Tips memilih tas koper yang bagus untuk perjalanan bisnis akan kami uraikan dalam artikel ini. Anda pun bisa menemukan produk-produk rekomendasi kami dari berbagai merek, misalnya TUMI, Samsonite, Traveler’s Choice, Navy Club, dan lainnya. Simaklah dan dapatkan tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis Anda di sini!
    Perlengkapan travelling
  • 10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teropong Binocular Terbaik untuk Menonton Konser dan Pertandingan (Terbaru Tahun 2022)
    Teropong binocular digunakan untuk kegiatan seperti menonton konser atau pertandingan olahraga. Alat ini memudahkan Anda untuk melihat secara jelas dan detail dari jarak jauh. Banyak merk teropong binocular yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan Celestron. Namun, manakah produk yang cocok untuk menunjang aktivitas Anda?Di artikel ini, kami akan memberikan petunjuk cara memilih teropong binocular yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk yang dapat Anda beli secara online. Simak artikel ini sampai akhir untuk menemukan teropong binocular terbaik yang pas untuk Anda!
    Perlengkapan travelling
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori