• 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Mandi air hangat memang menjadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika dilakukan setelah pulang kerja atau ketika mengalami hari yang melelahkan. Dengan mandi air hangat, Anda bisa merasa relaks dan tidur lebih nyenyak. Zaman sekarang, Anda tak perlu repot memasak air panas untuk mandi menggunakan kompor karena sudah ada water heater.


Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih water heater yang bagus dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Produk dari merk terkenal, seperti Electrolux, Midea, dan Sanken akan kami tampilkan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya agar Anda tidak salah pilih!

  • Pembaharuan terakhir: 13 April 2021
  • 28.228 Views
Daftar isi

Cara memilih water heater

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih water heater, misalnya sumber dayanya, konsumsi listrik, bentuk, serta kapasitasnya. Simak penjelasan lebih detail berikut ini.

Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Umumnya, ada dua jenis water heater yang dijual di pasaran, yakni storage tank dan on-demand. Water heater jenis storage tank adalah tipe kovensional yang masih menggunakan tangki penampungan air. Ini berbeda dengan water heater jenis on-demand yang sudah tidak menggunakan tangki sama sekali. Water heater jenis on-demand sering disebut juga tankless.


Pada tipe storage tank, air yang sudah dipanaskan ditampung dalam satu tangki besar. Sementara itu, water heater model on-demand bekerja dengan langsung memanaskan air yang masuk melalui bagian input. Proses pemanasan terjadi di saluran tersebut, lalu airnya keluar melalui shower atau keran dalam kondisi sudah panas.


Jika water heater jenis storage tank memiliki ukuran kapasitas per tangki, jenis on-demand dinilai dari kapasitas aliran air per menitnya. Ini menunjukkan berapa liter air yang bisa dipanaskan dalam waktu satu menit. Namun, water heater tipe on-demand hanya mampu menyediakan air panas dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan storage tank.


Di sisi lain, tipe on-demand lebih efisien dalam penggunaan energi. Jika Anda jarang menggunakan air panas atau hanya sesekali menggunakannya, pilihlah tipe on-demand. Sementara untuk Anda yang sering menggunakan air panas, pilihlah tipe storage tank.

Ketahui jenis daya yang digunakan

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan water heater berdasarkan sumber daya yang digunakan. Ada water heater yang menggunakan gas atau listrik, dan ada juga tipe hybrid.

Tipe gas, lebih hemat energi

Water heater yang sumber dayanya berasal dari gas merupakan tipe paling jadul di antara pilihan lainnya. Konsepnya sama seperti memasak air menggunakan kompor gas, tetapi dalam bentuk water heater. Karena menggunakan gas untuk menghangatkan air, instalasinya harus sangat memperhatikan sirkulasi udara agar tidak terjadi kebakaran. Selain itu, Anda tidak boleh meletakkan barang yang mudah terbakar di dekatnya.


Kelebihan dari penggunaan water heater tipe gas adalah lebih hemat energi dibandingkan water heater tipe elektrik. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat memasang water heater tipe gas adalah memastikan jenis gas yang dibutuhkan. Umumnya, water heater menggunakan gas propana atau gas natural.

Tipe elektrik, pemasangannya lebih ekonomis, tetapi biaya operasionalnya tinggi

Jenis water heater yang cukup modern adalah tipe elektrik. Di pasaran, water heater tipe elektrik juga memiliki variasi yang paling beragam sehingga Anda tidak akan kehabisan pilihan. Water heater elektrik juga lebih aman karena tidak ada risiko kebocoran gas yang bisa menyebabkan kebakaran. Ruang yang harus Anda siapkan juga lebih kecil karena tidak perlu memikirkan tentang saluran gas.


Water heater elektrik memang berpotensi meningkatkan biaya listrik bulanan Anda dengan signifikan. Namun, biaya pemasangan pertama water heater elektrik jauh lebih murah dibandingkan water heater tipe gas. Selain itu, water heater elektrik juga jauh lebih tahan lama dibandingkan tipe gas. Hal ini berkat komponennya yang lebih simpel dan tidak bersentuhan langsung dengan panas.


Dari segi kinerjanya, water heater elektrik juga jauh lebih efisien dan cepat dalam memanaskan air. Water heater tipe gas memerlukan ventilasi untuk mengurangi tekanan udara di dalam tangki agar tidak meledak. Sementara itu, tipe elektrik tidak memerlukan ventilasi sehingga proses pemanasan air bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

Tipe hybrid, lebih mahal saat instalasi, tetapi hemat biaya operasional

Water heater tipe hybrid, atau lebih dikenal dengan heat pump, memanfaatkan panas dari udara untuk menghangatkan air. Produk tipe ini bisa dibilang paling modern di antara tipe lainnya. Kelebihannya adalah lebih hemat secara biaya bulanan dibandingkan tipe elektrik.


Biasanya, water heater jenis hybrid memiliki electric heat pump di bagian atas tangki. Electric heat pump berfungsi menangkap udara panas dari luar tangki, lalu menggunakannya untuk memanaskan air di dalam tangki. Bagian electric heat pump yang berperan dalam melakukan hal tersebut adalah kompresor dan evaporator. Water heater hybrid lebih efisien dalam hal penggunaan energi hingga 60%.


Biaya pemasangannya mungkin jauh lebih mahal dibandingkan water heater tipe lainnya. Namun, water heater yang efisien ini akan lebih menguntungkan jika dilihat dalam jangka waktu 3–4 tahun. Biaya listrik bulanan yang Anda keluarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan water heater tipe elektrik.

Pilih yang kapasitasnya mencukupi kebutuhan Anda

Pilih yang kapasitasnya mencukupi kebutuhan Anda

Untuk water heater jenis storage tank, Anda perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan airnya. Lebih baik jika kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda. Ketika Anda kehabisan air panas, water heater tipe storage tank memerlukan beberapa waktu untuk memanaskan airnya lagi. Jadi, jika kapasitasnya terlalu kecil akan sangat merepotkan. Sementara untuk water heater jenis on-demand, pastikan aliran air panas per menitnya sesuai dengan kebutuhan Anda atau keluarga.

Sesuaikan ukurannya dengan tempat yang Anda sediakan

Water heater merupakan alat elektronik yang berukuran kecil hingga sedang. Anda perlu mempertimbangkan tempat instalasinya agar muat dengan ukuran water heater yang Anda beli. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa seberapa besar water heater yang ingin Anda beli. Pertimbangkan juga jalur instalasinya karena biasanya water heater dilengkapi kabel atau pipa untuk mengalirkan air.

10 Rekomendasi water heater terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi water heater dari berbagai merek ternama yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Silakan pilih yang paling bisa memenuhi kebutuhan keluarga Anda, ya!

10
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran389 mm x 301 mm x 389 mm
Bobot8,6 kg
Kapasitas15 liter
9
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran380 mm x 380 mm x 312 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas15 liter
8
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
UkuranKapasitas 15 liter: 340 mm x 340 mm x 345 mm ・ Kapasitas 30 liter: 430 mm x 430 mm x 440 mm
BobotKapasitas 15 liter: 8 kg ・ Kapasitas 30 liter: 13 kg
Kapasitas15 liter atau 30 liter
7
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran278 mm x 278 mm x 420 mm
Bobot5,6 kg
Kapasitas tangki10 liter
6

WasserSingle Point Gas Water Heater

WH-506 A

Mulai dari Rp 1.650.000,00

TipeOn-demand
Sumber dayaGas LPG
Ukuran402 mm x 270 mm x 190 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas5 liter per menit
5
TipeOn-demand
Sumber dayaGas LPG
Ukuran300 mm x 150 mm x 407 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas5 liter per menit
4
TipeOn-demand
Sumber dayaGas
Ukuran360 mm x 288 mm x 141 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas5,1 liter per menit
3

ElectroluxWater Heater Instant ComfortFlow 500

EWE241KX-DWB6

Mulai dari Rp 3.690.900,00

TipeOn-demand
Sumber dayaElektrik
Ukuran401 mm x 220 mm x 90 mm
Bobot1,5 kg
Kapasitas2 liter per menit
2

FerroliWater Heater Classical Series

SEH-100

Mulai dari Rp 4.296.900,00

TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran450 mm X 480 mm X 930 mm
Bobot27,5 kg
Kapasitas100 liter
1
TipeStorage tank
Sumber dayaHybrid
Ukuran770 mm x 1009 mm x 239 mm
Bobot37,5 kg
Kapasitas tangki80 liter

Tabel perbandingan produk water heater terbaik

Gambar produk
1
Ariston Lydos Hybrid 1

Ariston

2
Ferroli Water Heater Classical Series 1

Ferroli

3
Electrolux Water Heater Instant ComfortFlow 500 1

Electrolux

4
Paloma PH-5 RX  1

Paloma

5
Ariston Fast R 1

Ariston

6
Wasser Single Point Gas Water Heater 1

Wasser

7
Rinnai Water Heater Rinnai 1

Rinnai

8
Ariston Andris Lux  1

Ariston

9
Midea VA1 1

Midea

10
MODENA UNICA  1

MODENA

Nama produk

Lydos Hybrid

Water Heater Classical Series

Water Heater Instant ComfortFlow 500

PH-5 RX

Fast R

Single Point Gas Water Heater

Water Heater Rinnai

Andris Lux

VA1

UNICA

Keunggulan

Menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan

Menggunakan alat pemanas dengan teknologi terbaru!

Mandi dengan water heater bergaya Skandinavia

Dijamin irit pengeluaran bulanan!

Produk standar Eropa yang aman dan memanaskan air dengan cepat!

Hemat saat beli, hemat juga biaya bulanannya

Dilengkapi ELCB yang supersensitif untuk menghindari korsleting

Pertama di Indonesia, menggunakan incoloy sebagai pelapis heater!

Menyediakan air panas dengan instan dan menggunakan tangki bebas bakteri

Desain modern, keamanan terjamin

Harga mulai dariRp 15.079.000,00Rp 4.296.900,00Rp 3.690.900,00Rp 2.540.000,00Rp 1.499.000,00Rp 1.650.000,00Rp 1.623.000,00Rp 2.600.000,00Rp 1.748.000,00Rp 2.350.000,00
TipeStorage tankStorage tankOn-demandOn-demandOn-demandOn-demandStorage tankStorage tankStorage tankStorage tank
Sumber dayaHybridElektrikElektrikGasGas LPGGas LPGElektrikElektrikElektrikElektrik
Ukuran770 mm x 1009 mm x 239 mm450 mm X 480 mm X 930 mm401 mm x 220 mm x 90 mm 360 mm x 288 mm x 141 mm300 mm x 150 mm x 407 mm402 mm x 270 mm x 190 mm278 mm x 278 mm x 420 mmKapasitas 15 liter: 340 mm x 340 mm x 345 mm ・ Kapasitas 30 liter: 430 mm x 430 mm x 440 mm380 mm x 380 mm x 312 mm389 mm x 301 mm x 389 mm
Bobot37,5 kg27,5 kg1,5 kgTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui5,6 kgKapasitas 15 liter: 8 kg ・ Kapasitas 30 liter: 13 kgTidak diketahui8,6 kg
Kapasitas tangki80 liter100 liter2 liter per menit5,1 liter per menit5 liter per menit5 liter per menit10 liter15 liter atau 30 liter15 liter15 liter
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk peralatan untuk kamar mandi lainnya di sini

Selain water heater, ada beberapa peralatan rumah tangga yang bisa membuat kegiatan mandi Anda lebih nyaman. Kami sudah pernah membahas beberapa produk, seperti shower, speaker Bluetooth tahan air, pengharum kamar mandi, dan lainnya. Simak selengkapnya di tautan berikut ini.

Kesimpulan

Kami sudah membahas dengan cukup lengkap mengenai cara memilih water heater dan produk rekomendasi terbaiknya. Apakah Anda sudah menemukan water heater favorit?


Adanya water heater akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga saat mandi. Oleh karena itu, pilihlah dengan teliti dan jadikan poin-poin yang sudah kami sebutkan sebagai pertimbangan utama. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kursi Kantor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kursi kantor tak hanya digunakan saat bekerja di kantor, tetapi juga saat bekerja di rumah. Ada beragam kursi kantor yang dijual di pasaran dengan harga, bahan, dan fitur tambahan yang berbeda. Begitu banyaknya pilihan yang tersedia pasti membuat Anda bingung, bukan?Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan beberapa poin yang perlu diperhatikan saat membeli kursi kantor. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk dari berbagai produsen terkenal, seperti IKEA, Ergotech, dan juga JYSK. Simak artikel ini baik-baik agar bisa menemukan produk yang cocok menemani Anda bekerja.
    Kebutuhan rumah
    39.770 Views
  • 10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Reed Diffuser Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk mengatasi stres dan bad mood adalah dengan menghirup aroma dari reed diffuser. Reed diffuser merupakan aromaterapi yang menggunakan fragrance oil dan stik rotan. Penggunaannya sangat praktis tanpa perlu dibakar atau disambungkan ke listrik. Namun, belakangan ini makin banyak reed diffuser yang dijual sehingga mungkin membingungkan Anda.Melalui artikel ini kami akan membantu Anda memilih reed diffuser yang paling tepat. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari sejumlah merek, seperti Kemayu and Co, Camani, dan Kaminari. Siap untuk memanjakan indra penciuman Anda?
    Kebutuhan rumah
    13.638 Views
  • 10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Selimut Terbaik yang Nyaman Digunakan di Rumah (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk mengatasi kedinginan saat tidur atau bersantai di rumah, selimut adalah partner yang pas. Anda bisa menggunakannya saat berada di atas sofa, kursi, atau di tempat tidur untuk menghangatkan badan. Selimut yang bagus dengan berbagai bahan akan Anda temukan di pasaran dan terlihat menarik untuk dibeli.Kami akan menjelaskan cara memilih bahan selimut yang bagus dan nyaman untuk digunakan. Kami juga akan merekomendasikan merek selimut terbaik yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda, contohnya selimut IKEA. Selain itu, selimut wol, selimut katun jepang, semuanya bisa Anda temukan di sini. Selamat membaca!
    Kebutuhan rumah
    17.214 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Pompa Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, tidak sedikit rumah yang menggunakan mesin pompa air untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Anda tidak perlu repot lagi menimba air dari sumur secara manual sehingga lebih hemat tenaga dan waktu. Jenis mesinnya pun beragam, mulai dari pompa air untuk sumur dangkal, sumur bor, bahkan untuk irigasi.Anda bisa menemukan banyak merk mesin pompa air yang bagus di pasaran. Mesin pompa air Shimizu, Sanyo, dan Honda adalah beberapa merk yang jadi favorit banyak orang. Simak artikel kami kali ini sebab ada tips dan rekomendasi produk mesin pompa air terbaik khusus untuk Anda!
    Kebutuhan rumah
    2.270 Views
  • 10 Rekomendasi Kunci Pintu Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kunci Pintu Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan kunci pintu rumah sangatlah krusial agar rumah aman dihuni. Produk futuristis, seperti kunci pintu rumah otomatis, kunci pintu rumah digital, hingga kunci pintu rumah alarm tersedia di pasaran. Desainnya pun variatif, ada kunci pintu rumah minimalis, modern, tanpa gagang, bulat, dan sebagainya.Cara memilih dan rekomendasi kunci pintu rumah terbaik ada dalam artikel ini. Kunci pintu rumah merk Belluci, Dekkson, Belleza, PALOMA, Muller, dan sebagainya akan Anda temukan. Dengan begitu, kunci pintu rumah yang bagus pun bisa segera Anda pasang. 
    Kebutuhan rumah
    1.973 Views
  • 10 Rekomendasi Penahan Pintu (Door Stopper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penahan Pintu (Door Stopper) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sering kali Anda membiarkan pintu tetap terbuka untuk mendapatkan udara segar. Untuk itu, Anda akan memerlukan penahan pintu agar pintu tetap terbuka dan tidak menutup saat tertiup angin. Ketika Anda hendak membelinya, Anda akan menemukan beragam produk penahan pintu beredar di pasaran.Agar Anda semakin mudah memiliih, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi penahan pintu (door stopper) terbaik. Anda bisa memilih produk dengan model, material, ukuran, dan desain yang paling Anda suka. Selamat membaca dan memilih produk!
    Kebutuhan rumah
    15.560 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori