1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Kebutuhan rumah
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Mandi air hangat memang nikmat, apalagi jika dilakukan setelah pulang kerja atau hari yang melelahkan. Dengan mandi air hangat, Anda bisa merasa relaks dan tidur lebih nyenyak. Kini Anda tak perlu memasak air panas dengan kompor untuk mandi karena ada water heater.


Kali ini kami akan membagikan rekomendasi water heater yang bagus. Produk dari merek water heater terbaik ada dalam daftar kami, seperti Ariston Andris2 R dan Electrolux ComfortFlow 500. Anda bisa memilih tipe gas, listrik, atau lainnya. Namun, kami akan membahas tips memilih water heater lebih dahulu. Selamat membaca!

Diperbaharui 09-12-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih water heater

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih water heater, seperti sumber daya, konsumsi listrik, bentuk, serta kapasitasnya. Simak penjelasan lebih detailnya berikut.

① Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air. Umumnya ada dua jenis water heater yang dijual di pasaran, yakni storage tank dan on-demand. Kedua jenis ini memiliki keunggulannya masing-masing. Simak karakteristiknya di bawah ini!


  • Storage tank

Jenis water heater yang konvensional ini menggunakan tangki air. Cara kerjanya adalah dengan menampung air di tangki yang besar dan memanaskannya. Kapasitas jenis ini biasanya lebih banyak dari on-demand. Karena itu, water heater ini cocok untuk Anda yang sering menggunakan air panas.


  • On-demand

Jenis water heater ini tidak menampung air di dalam tangki. Water heater ini juga sering disebut dengan tankless. Jenis on-demand bekerja dengan langsung memanaskan air dari saluran input sehingga airnya keluar dalam kondisi sudah panas. Kapasitas jenis ini biasanya diukur dari jumlah liter yang dapat dipanaskan setiap menit. Sebab itu, water heater ini hemat energi dan cocok bagi yang jarang menggunakan air panas.

② Ketahui jenis daya yang digunakan

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan water heater berdasarkan sumber daya yang digunakan. Ada water heater yang menggunakan gas, listrik, panas matahari, dan juga hybrid

Gas, lebih hemat energi

Gas, lebih hemat energi

Water heater gas merupakan tipe yang paling jadul di antara tipe lainnya. Tipe ini menghangatkan tangki air menggunakan kompor di bawahnya seperti memasak air. Karena itu, instalasinya harus memperhatikan sirkulasi udara agar tidak terjadi kebakaran. Anda tidak boleh meletakkan barang yang mudah terbakar di dekat tipe ini.


Kendati demikian, water heater gas cenderung lebih hemat energi daripada tipe listrik. Biaya perawatannya juga tidak mahal. Anda dapat melakukan perbaikan untuk merek water heater tertentu. Namun, periksalah jenis gas yang dibutuhkan oleh water heater terlebih dahulu. Umumnya water heater menggunakan gas propana atau gas natural.

Listrik, perawatannya lebih ekonomis

Listrik, perawatannya lebih ekonomis

Water heater listrik merupakan tipe yang cukup modern. Anda juga dapat mencarinya dengan mudah di pasaran. Selain itu, tipe ini lebih aman karena tidak ada risiko kebocoran gas. Anda pun dapat menggunakan ruang yang lebih kecil karena banyak pilihan water heater listrik tanpa tangki.


Namun, water heater ini bisa meningkatkan biaya listrik bulanan Anda. Meski begitu, biaya perawatannya lebih murah dibandingkan water heater gas. Tipe ini juga lebih tahan lama dan lebih efisien memanaskan air. Hal ini berkat komponennya yang lebih simpel dan tidak bersentuhan langsung dengan panas.


Jika Anda tertarik memiliki water heater listrik, kami juga telah membahasnya untuk Anda. Silakan baca ulasan dan rekomendasi produknya dari kami di artikel berikut!

Hybrid, biaya operasionalnya lebih hemat

Hybrid, biaya operasionalnya lebih hemat

Water heater tipe hybrid atau lebih dikenal dengan heat pump memanfaatkan panas dari udara untuk menghangatkan air. Tipe ini bisa dibilang paling modern di antara tipe lainnya. Kelebihannya adalah lebih hemat biaya bulanan dibandingkan tipe listrik. Water heater ini lebih efisien dalam hal penggunaan energi hingga 60%.


Biasanya water heater tipe hybrid memiliki electric heat pump di bagian atas tangki. Electric heat pump berfungsi menangkap udara panas dari luar tangki, lalu menggunakannya untuk memanaskan air di dalam tangki. Bagian electric heat pump yang berperan dalam melakukan hal tersebut adalah kompresor dan evaporator.


Biaya pemasangannya mungkin jauh lebih mahal dibandingkan tipe water heater yang lain. Namun, water heater yang efisien ini akan lebih menguntungkan jika dilihat dalam jangka waktu 3–4 tahun. Biaya listrik bulanan yang Anda keluarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan water heater listrik.

Solar, menggunakan sinar matahari yang lebih ramah lingkungan

Solar, menggunakan sinar matahari yang lebih ramah lingkungan

Water heater tipe solar unggul jika Anda ingin mencoba gaya hidup yang ramah lingkungan. Dengan sumber daya solar atau sinar matahari, Anda tidak perlu takut tagihan listrik membengkak.


Water heater ini juga memiliki komponen yang kuat dan dapat bertahan lama hingga bertahun-tahun. Jika Anda mencari water heater yang tahan lama dan ramah lingkungan, pilih tipe ini.


Namun, penggunaan water heater tipe solar tidak cocok bagi Anda yang tinggal di apartemen. Biaya penggantian tangkinya pun sangat mahal sewaktu water heater rusak. Selain itu, Anda tidak dapat menikmati air panas ketika musim penghujan.

③ Tentukan kapasitas yang mencukupi kebutuhan Anda

Tentukan kapasitas yang mencukupi kebutuhan Anda

Sebelum Anda membeli water heater, tentukan terlebih dahulu kapasitasnya agar cocok dengan kebutuhan. Bagi Anda yang memiliki keluarga besar, pilih water heater dengan kapasitas penyimpanan air yang besar. Biasanya water heater dengan kapasitas besar memiliki storage tank di dalamnya. Karena itu, Anda tidak perlu menunggu air panas ketika keluarga ingin mandi. 


Jika Anda tinggal di apartemen atau bersama keluarga kecil, pertimbangkan jenis on-demand dengan kapasitas air panas per menit. Selain efisien dalam memanaskan air, jenis water heater ini tidak memerlukan banyak tempat di rumah Anda. Kapasitasnya juga lebih kecil sehingga pas untuk Anda yang tinggal sendiri atau berdua dengan pasangan. 

④ Sesuaikan ukurannya dengan tempat yang tersedia

Sesuaikan ukurannya dengan tempat yang tersedia

Water heater yang dijual di pasaran memiliki ukuran kecil hingga besar. Karena itu, Anda harus mempertimbangkan tempat instalasinya agar muat dengan ukuran water heater yang hendak dibeli. Bila Anda memilih water heater gas, jangan lupa untuk menyediakan ruang ventilasi sebelum produknya dipasang


Perhatikan juga jalur instalasi dari water heater. Biasanya water heater dilengkapi kabel atau pipa untuk mengalirkan air. Jika kamar mandi Anda luas, water heater bisa ditaruh di kamar mandi. Sebaliknya, pertimbangkan instalasi outdoor agar tidak terjadi risiko tersengat listrik atau kebakaran jika kamar mandi Anda kecil.

10 Rekomendasi water heater terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk water heater terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

NIKO

Gas Water Heater

NIKO Gas Water Heater 1枚目

Desain manis dengan harga yang ekonomis

2

Wasser

Water Heater

Wasser Water Heater 1枚目

Penggunaan gasnya hemat, fiturnya hebat!

3

Rinnai

Water Heater

Rinnai  Water Heater 1枚目

Air dapat panas dengan cepat dan aman

4

Midea

Instant Series Water Heater

Midea  Instant Series Water Heater 1枚目

Mudah dan simpel, cocok untuk pemula!

5

Ariston

Andris2 R 10L

Ariston Andris2 R 10L 1枚目

Banyak diminati berkat garansinya yang panjang

6

Electrolux

ComfortFlow 500

Electrolux ComfortFlow 500 1枚目

Water heater bergaya Skandinavia yang tampil fancy

7

Inti Solar

PRESSURE 10

Inti Solar PRESSURE 10 1枚目

Bisa menghasilkan air panas di cuaca mendung

8

Ariston

Lydos Hybrid 80

Ariston Lydos Hybrid 80 1枚目

Ada mode green, lebih hemat listrik dan ramah lingkungan

9

Wika

Solar Water Heater

Wika Solar Water Heater 1枚目

Terbuat dari titanium yang awet dan tahan lama

10

Solahart

ATMOS Air 270

Solahart  ATMOS Air 270 1枚目

Canggih, dapat memanaskan air dengan udara sekitar!

Perincian produk
Close
No.1

NIKOGas Water HeaterNK-6LN

Mulai dari Rp845.000,00

Desain manis dengan harga yang ekonomis

Kelebihan:

  • Harganya lebih ekonomis jika dibandingkan tipe gas lain
  • Terdapat fitur on/off otomatis yang dapat mematikan gas ketika tidak digunakan

Kekurangan:

  • Tidak ada garansi produk ketika water heater rusak

Produk ini cocok bagi Anda dengan bujet minim yang butuh rekomendasi water heater gas yang ekonomis. Dengan teknologi sensor gas otomatis, Anda tidak perlu takut gas bocor dari produk ini ketika mandi. Water heater gas ini juga dibuat dari baja yang tahan panas dan antikarat. Aliran airnya pun cukup banyak untuk kebutuhan keluarga di rumah Anda.

No.2

WasserWater HeaterWH-506 A

Mulai dari Rp1.369.000,00

Penggunaan gasnya hemat, fiturnya hebat!

Kelebihan:

  • Hemat penggunaan gas, hanya 0,46 kg per jam 
  • Terdapat teknologi ODS System yang bisa mematikan aliran gas ketika tidak ada oksigen di kamar mandi

Kekurangan:

  • Ada review yang mengatakan bahwa selang mudah bocor karena bahannya karet

Salah satu pemanas air mandi terbaik di kalangan masyarakat Indonesia adalah Wasser WH-506 A. Produk ini terkenal memiliki harga yang ramah di kantong, tetapi sudah dilengkapi teknologi yang cukup mumpuni. Konsumsi gasnya pun cukup rendah, yakni 0,46 kg per jam. Jika Anda ingin water heater yang hemat gas, pilih produk ini. 


Water heater gas ini diberi teknologi ODS System yang otomatis mematikan aliran gas jika terjadi kekurangan oksigen di dalam kamar mandi. Fitur ini penting untuk mencegah seseorang mengalami hipoksia hingga keracunan gas jika kekurangan oksigen dan terlalu banyak menghirup gas.

No.3

Rinnai Water HeaterREU-5CFC

Mulai dari Rp1.550.000,00

Air dapat panas dengan cepat dan aman

Kelebihan:

  • Ada fitur keamanan dan ventilasi yang banyak sehingga mencegah terjadinya overheat
  • Dapat memanaskan air dengan cepat karena memiliki saluran air panas dan juga air dingin secara terpisah

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan water heater tidak bekerja pada tekanan air normal, harus tekanan air kencang

Merek yang terkenal dengan kompor gasnya ini menghadirkan water heater yang aman. Jika air terlalu panas, water heater Rinnai ini akan mati secara otomatis. Selain itu, produk ini memiliki aliran air yang berbeda untuk air dingin dan juga air panas. Jadi, Anda dapat mandi dengan suhu air yang diinginkan.


Banyaknya ventilasi udara produk ini tentu akan membuat Anda lebih tenang saat menggunakannya. Tak hanya itu, salah satu water heater gas terbaik ini dilengkapi indikator ketika tekanan di dalamnya tinggi. Produk ini pun dapat memanaskan air dengan cepat. Jika Anda ingin water heater gas yang aman sekaligus canggih, pilih produk ini.

No.4

Midea Instant Series Water HeaterDSK 24Q

Mulai dari Rp1.099.000,00

Mudah dan simpel, cocok untuk pemula!

Kelebihan:

  • Desainnya simpel dengan tombol yang mudah digunakan oleh pemula
  • Lengkap dengan sistem keamanan Stepless Electronic Temperature Control yang mencegah suhu air terlalu panas

Kekurangan:

  • Belum dilengkapi fitur ELCB

Midea DSK 24Q memiliki bentuk dan tombol yang simpel. Anda tidak akan bingung menggunakannya. Karena itu, produk ini pas dipilih bila Anda butuh rekomendasi water heater listrik yang bagus untuk pemula. Tidak hanya itu, water heater ini sudah dilengkapi sistem Stepless Electronic Temperature Control yang mencegah suhu air terlalu panas.

No.5

AristonAndris2 R 10L

Mulai dari Rp3.190.846,00

Banyak diminati berkat garansinya yang panjang

Kelebihan:

  • Tangki bergaransi hingga 5 tahun pemakaian dan dapat diklaim di seluruh Indonesia
  • Ada perlindungan magnesium anode dan lapisan enamel titanium dalam tangki

Kekurangan:

  • Tidak memiliki fitur pintar atau jaringan nirkabel seperti produk Ariston yang lain

Produk ini merupakan salah satu water heater listrik terbaik keluaran Ariston. Water heater best seller ini menggunakan pemanas dari bahan tembaga yang tahan panas lebih lama. Hal ini membuat air panas yang dihasilkannya awet digunakan sehari-hari.


Pemanas air dari salah satu merek water heater terbaik ini memiliki garansi tangki yang lama, yaitu 5 tahun. Selain itu, elemen pemanasnya bergaransi hingga 2 tahun. Ariston juga memiliki lokasi servis yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, pilih water heater Ariston 10 liter ini jika Anda ingin produk dengan garansi yang lama.

No.6

ElectroluxComfortFlow 500 EWE241KX-DWB6

Mulai dari Rp3.170.000,00

Water heater bergaya Skandinavia yang tampil fancy

Kelebihan:

  • Dibekali fitur SafeReady yang menguji listrik sebelum memanaskan air
  • Ada empat titik koneksi daya yang dapat disesuaikan dengan lokasi stopkontak

Kekurangan:

  • Air yang dikeluarkan sedikit sehingga kurang cocok untuk keluarga besar

Water heater listrik ini tampil dengan desain minimalis dan ukuran kecil bergaya Skandinavia. Desainnya cocok untuk Anda yang ingin membuat tampilan kamar mandi makin mewah.


Instalasinya pun fleksibel karena produk ini menyediakan empat titik koneksi daya untuk disesuaikan dengan posisi stopkontak. Anda juga tidak perlu khawatir soal keamanan karena produk ini sudah dilengkapi enam belas fitur keamanan sekaligus!

No.7

Inti SolarPRESSURE 10

Mulai dari Rp18.500.000,00

Bisa menghasilkan air panas di cuaca mendung

Kelebihan:

  • Dapat memanaskan air ketika sedang hujan atau mendung dengan pemanas listrik tambahan
  • Tangki menggunakan vacuum yang dapat menyimpan air panas hingga berhari-hari

Kekurangan:

  • Kapasitasnya kecil untuk water heater tipe solar

Water heater tipe solar biasanya membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk memanaskan air. Berbeda dengan yang lain, produk ini dapat memanaskan air ketika sedang mendung atau hujan. Hal tersebut karena water heater ini dilengkapi pemanas listrik di dalamnya.


Selain itu, tabung produk ini diberi vacuum yang dapat menyimpan air panas hingga berhari-hari. Apabila Anda ingin air panas yang awet dengan tipe solar, pilih Inti Solar PRESSURE 10.

No.8

AristonLydos Hybrid 80

Mulai dari Rp10.493.750,00

Ada mode green, lebih hemat listrik dan ramah lingkungan

Kelebihan:

  • Mode pemanasan air dapat diganti dengan listrik atau heat pump
  • Dilengkapi teknologi i-Memory yang dapat menentukan tingkat kehangatan air yang sesuai

Kekurangan:

  • Membutuhkan waktu yang lama untuk memanaskan air, sekitar 6–7 jam

Tidak hanya mengedepankan kecepatan dalam memanaskan air, Ariston Lydos Hybrid juga mementingkan dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan. Keunggulan produk ini adalah sangat ramah lingkungan dan tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca. Untuk Anda yang peduli terhadap lingkungan, produk ini adalah pilihan tepat!


Jika Anda mengaktifkan mode Green, artinya water heater Ariston ini akan memanaskan air menggunakan energi terbarukan yang berasal dari heat pump. Canggihnya lagi adalah produk ini juga dilengkapi teknologi i-Memory. Teknologi tersebut dapat menentukan tingkat kehangatan air sesuai penggunaan selama 3 minggu sebelumnya.

No.9

WikaSolar Water HeaterSR 130 S1

Mulai dari Rp18.900.000,00

Terbuat dari titanium yang awet dan tahan lama

Kelebihan:

  • Berbahan titanium yang kokoh dan tahan lama, awet hingga bertahun-tahun lamanya
  • Solar water heater dengan sistem ELCB

Kekurangan:

  • Biaya perawatan water heater lebih mahal dibandingkan yang lain

Bila Anda menginginkan water heater yang awet untuk rumah atau vila Anda, pilih produk ini. Wika Solar Water Heater SR 130 S1 ini menggunakan bahan titanium yang awet dan tahan lama. Bahkan produk ini tahan karat ketika terpapar cuaca ekstrem. Tidak hanya itu, water heater ini menggunakan sumber daya matahari. Selain tahan lama, produk ini ramah lingkungan dan hemat listrik!

No.10

Solahart ATMOS Air 270

Mulai dari Rp71.800.000,00

Canggih, dapat memanaskan air dengan udara sekitar!

Kelebihan:

  • Memanaskan air menggunakan udara sekitar water heater
  • Desain top down dapat memanaskan air dengan cepat


Kekurangan:

  • Harganya sangat tinggi dibandingkan produk lain yang memiliki karakteristik serupa

Solahart Atmos Air 270 merupakan heat pump yang dapat mengolah udara sekitar untuk memanaskan air. Produk ini tepat dipilih bila Anda ingin berhemat jangka panjang. Harganya memang terbilang tinggi. Namun, water heater ini hemat daya listrik karena hanya membutuhkan 3,6 kWh saat memanaskan. Tagihan listrik Anda tidak akan membengkak dengan produk ini.

Tips menggunakan water heater listrik

Tips menggunakan water heater listrik

Banyak orang menghindari penggunaan water heater listrik karena alasan keamanan dan biaya. Namun, hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari dengan penanganan yang tepat. Simak tips berikut agar penggunaan water heater listrik lebih aman dan hemat.


  • Matikan water heater sesudah dipakai
Daya water heater listrik biasanya tinggi sehingga boros listrik. Jika Anda tidak ingin tagihan bengkak, matikanlah water heater sesudah dipakai. Anda bisa memilih produk dengan power otomatis apabila tidak ingin repot mematikan water heater. Produknya dapat mematikan aliran listrik secara otomatis.


  • Hindari pemasangan water heater di dalam kamar mandi
Air merupakan salah satu konduktor listrik yang paling berbahaya. Maka dari itu, pasanglah water heater listrik di luar kamar mandi untuk menghindari tersengat listrik ketika mandi. Hal ini akan meminimalkan air yang terciprat ke water heater. Sebisa mungkin pasangkanlah water heater ke stopkontak yang jauh dari air.

  • Pilih water heater dengan fitur ELCB
Saat arus listrik tidak stabil, banyak hal yang tidak diinginkan bisa terjadi. Salah satunya adalah korsleting listrik. Untuk mencegah korsleting listrik, pilihlah water heater dengan fitur ELCB. Fitur ini dapat memutus aliran listrik ketika arus tidak stabil atau air terlalu panas. ELCB juga dapat menghindari pengguna water heater tersengat listrik ketika mandi.

Baca juga rekomendasi peralatan lainnya untuk kamar mandi di sini

Ada beberapa peralatan rumah tangga yang bisa membuat kegiatan mandi Anda lebih nyaman selain water heater. Kami juga memiliki ulasan mengenai shower, rak, hingga pengharum kamar mandi. Simak informasi selengkapnya di tautan-tautan berikut!

Kesimpulan

Kami sudah membahas dengan cukup lengkap mengenai cara memilih water heater terbaik dan merekomendasikan produknya. Apakah Anda sudah menemukan water heater yang sesuai dengan kebutuhan?


Adanya water heater akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga saat mandi. Karena itu, pilihlah produknya dengan teliti dan jadikan poin-poin yang sudah kami sebutkan sebagai pertimbangan utama. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer