• 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Water Heater Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Mandi air hangat memang menjadi kenikmatan tersendiri, apalagi jika dilakukan setelah pulang kerja atau ketika mengalami hari yang melelahkan. Dengan mandi air hangat, Anda bisa merasa relaks dan tidur lebih nyenyak. Zaman sekarang, Anda tak perlu repot memasak air panas untuk mandi menggunakan kompor karena sudah ada water heater.


Di artikel kali ini, kami akan membahas cara memilih water heater dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Produk dari merek terkenal, seperti Electrolux, Midea, dan Sanken akan kami tampilkan untuk Anda. Yuk, simak selengkapnya agar Anda tidak salah pilih!

  • Pembaharuan terakhir: 13 September 2020
  • 195 Views
Daftar isi

Cara memilih water heater

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih water heater, misalnya sumber dayanya, konsumsi listrik, bentuk, serta kapasitasnya. Simak penjelasan lebih detail berikut ini.

Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Pilih water heater berdasarkan bentuknya

Umumnya, ada dua jenis water heater yang dijual di pasaran, yakni storage tank dan on-demand. Water heater jenis storage tank adalah tipe kovensional yang masih menggunakan tangki penampungan air. Ini berbeda dengan water heater jenis on-demand yang sudah tidak menggunakan tangki sama sekali. Water heater jenis on-demand sering disebut juga tankless.


Pada tipe storage tank, air yang sudah dipanaskan ditampung dalam satu tangki besar. Sementara itu, water heater model on-demand bekerja dengan langsung memanaskan air yang masuk melalui bagian input. Proses pemanasan terjadi di saluran tersebut, lalu airnya keluar melalui shower atau keran dalam kondisi sudah panas.


Jika water heater jenis storage tank memiliki ukuran kapasitas per tangki, jenis on-demand dinilai dari kapasitas aliran air per menitnya. Ini menunjukkan berapa liter air yang bisa dipanaskan dalam waktu satu menit. Namun, water heater tipe on-demand hanya mampu menyediakan air panas dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan storage tank.


Di sisi lain, tipe on-demand lebih efisien dalam penggunaan energi. Jika Anda jarang menggunakan air panas atau hanya sesekali menggunakannya, pilihlah tipe on-demand. Sementara untuk Anda yang sering menggunakan air panas, pilihlah tipe storage tank.

Ketahui jenis daya yang digunakan

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan water heater berdasarkan sumber daya yang digunakan. Ada water heater yang menggunakan gas atau listrik, dan ada juga tipe hybrid.

Tipe gas, lebih hemat energi

Water heater yang sumber dayanya berasal dari gas merupakan tipe paling jadul di antara pilihan lainnya. Konsepnya sama seperti memasak air menggunakan kompor gas, tetapi dalam bentuk water heater. Karena menggunakan gas untuk menghangatkan air, instalasinya harus sangat memperhatikan sirkulasi udara agar tidak terjadi kebakaran. Selain itu, Anda tidak boleh meletakkan barang yang mudah terbakar di dekatnya.


Kelebihan dari penggunaan water heater tipe gas adalah lebih hemat energi dibandingkan water heater tipe elektrik. Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat memasang water heater tipe gas adalah memastikan jenis gas yang dibutuhkan. Umumnya, water heater menggunakan gas propana atau gas natural.

Tipe elektrik, pemasangannya lebih ekonomis, tetapi biaya operasionalnya tinggi

Jenis water heater yang cukup modern adalah tipe elektrik. Di pasaran, water heater tipe elektrik juga memiliki variasi yang paling beragam sehingga Anda tidak akan kehabisan pilihan. Water heater elektrik juga lebih aman karena tidak ada risiko kebocoran gas yang bisa menyebabkan kebakaran. Ruang yang harus Anda siapkan juga lebih kecil karena tidak perlu memikirkan tentang saluran gas.


Water heater elektrik memang berpotensi meningkatkan biaya listrik bulanan Anda dengan signifikan. Namun, biaya pemasangan pertama water heater elektrik jauh lebih murah dibandingkan water heater tipe gas. Selain itu, water heater elektrik juga jauh lebih tahan lama dibandingkan tipe gas. Hal ini berkat komponennya yang lebih simpel dan tidak bersentuhan langsung dengan panas.


Dari segi kinerjanya, water heater elektrik juga jauh lebih efisien dan cepat dalam memanaskan air. Water heater tipe gas memerlukan ventilasi untuk mengurangi tekanan udara di dalam tangki agar tidak meledak. Sementara itu, tipe elektrik tidak memerlukan ventilasi sehingga proses pemanasan air bisa berjalan dengan cepat dan efisien.

Tipe hybrid, lebih mahal saat instalasi, tetapi hemat biaya operasional

Water heater tipe hybrid, atau lebih dikenal dengan heat pump, memanfaatkan panas dari udara untuk menghangatkan air. Produk tipe ini bisa dibilang paling modern di antara tipe lainnya. Kelebihannya adalah lebih hemat secara biaya bulanan dibandingkan tipe elektrik.


Biasanya, water heater jenis hybrid memiliki electric heat pump di bagian atas tangki. Electric heat pump berfungsi menangkap udara panas dari luar tangki, lalu menggunakannya untuk memanaskan air di dalam tangki. Bagian electric heat pump yang berperan dalam melakukan hal tersebut adalah kompresor dan evaporator. Water heater hybrid lebih efisien dalam hal penggunaan energi hingga 60%.


Biaya pemasangannya mungkin jauh lebih mahal dibandingkan water heater tipe lainnya. Namun, water heater yang efisien ini akan lebih menguntungkan jika dilihat dalam jangka waktu 3–4 tahun. Biaya listrik bulanan yang Anda keluarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan water heater tipe elektrik.

Pilih yang kapasitasnya mencukupi kebutuhan Anda

Pilih yang kapasitasnya mencukupi kebutuhan Anda

Untuk water heater jenis storage tank, Anda perlu memperhatikan kapasitas penyimpanan airnya. Lebih baik jika kapasitasnya disesuaikan dengan kebutuhan keluarga Anda. Ketika Anda kehabisan air panas, water heater tipe storage tank memerlukan beberapa waktu untuk memanaskan airnya lagi. Jadi, jika kapasitasnya terlalu kecil akan sangat merepotkan. Sementara untuk water heater jenis on-demand, pastikan aliran air panas per menitnya sesuai dengan kebutuhan Anda atau keluarga.

Sesuaikan ukurannya dengan tempat yang Anda sediakan

Water heater merupakan alat elektronik yang berukuran kecil hingga sedang. Anda perlu mempertimbangkan tempat instalasinya agar muat dengan ukuran water heater yang Anda beli. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa seberapa besar water heater yang ingin Anda beli. Pertimbangkan juga jalur instalasinya karena biasanya water heater dilengkapi kabel atau pipa untuk mengalirkan air.

10 Rekomendasi water heater terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi water heater dari berbagai merek ternama yang sudah kami pilihkan untuk Anda. Silakan pilih yang paling bisa memenuhi kebutuhan keluarga Anda, ya!

10
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran389 mm x 301 mm x 389 mm
Bobot8,6 kg
Kapasitas15 liter
9
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran380 mm x 380 mm x 312 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas15 liter
8
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
UkuranKapasitas 15 liter: 340 mm x 340 mm x 345 mm ・ Kapasitas 30 liter: 430 mm x 430 mm x 440 mm
BobotKapasitas 15 liter: 8 kg ・ Kapasitas 30 liter: 13 kg
Kapasitas15 liter atau 30 liter
7
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran278 mm x 278 mm x 420 mm
Bobot5,6 kg
Kapasitas tangki10 liter
6
TipeOn-demand
Sumber dayaGas LPG
Ukuran402 mm x 270 mm x 190 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas5 liter per menit
5
TipeOn-demand
Sumber dayaGas LPG
Ukuran300 mm x 150 mm x 407 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas5 liter per menit
4
TipeOn-demand
Sumber dayaGas
Ukuran360 mm x 288 mm x 141 mm
BobotTidak diketahui
Kapasitas5,1 liter per menit
3

ElectroluxWater Heater Instant ComfortFlow 500

EWE241KX-DWB6

Rp 3.690.900,00

TipeOn-demand
Sumber dayaElektrik
Ukuran401 mm x 220 mm x 90 mm
Bobot1,5 kg
Kapasitas2 liter per menit
2
TipeStorage tank
Sumber dayaElektrik
Ukuran450 mm X 480 mm X 930 mm
Bobot27,5 kg
Kapasitas100 liter
1
TipeStorage tank
Sumber dayaHybrid
Ukuran770 mm x 1009 mm x 239 mm
Bobot37,5 kg
Kapasitas tangki80 liter

Tabel perbandingan produk water heater terbaik

Gambar produk
1
Ariston Lydos Hybrid 1

Ariston

2
Ferroli Water Heater Classical Series 1

Ferroli

3
Electrolux Water Heater Instant ComfortFlow 500 1

Electrolux

4
Paloma PH-5 RX  1

Paloma

5
Ariston Fast R 1

Ariston

6
Wasser Single Point Gas Water Heater 1

Wasser

7
Rinnai Water Heater Rinnai 1

Rinnai

8
Ariston Andris Lux  1

Ariston

9
Midea VA1 1

Midea

10
MODENA UNICA  1

MODENA

Nama produk

Lydos Hybrid

Water Heater Classical Series

Water Heater Instant ComfortFlow 500

PH-5 RX

Fast R

Single Point Gas Water Heater

Water Heater Rinnai

Andris Lux

VA1

UNICA

Keunggulan

Menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan

Menggunakan alat pemanas dengan teknologi terbaru!

Mandi dengan water heater bergaya Skandinavia

Dijamin irit pengeluaran bulanan!

Produk standar Eropa yang aman dan memanaskan air dengan cepat!

Hemat saat beli, hemat juga biaya bulanannya

Dilengkapi ELCB yang supersensitif untuk menghindari korsleting

Pertama di Indonesia, menggunakan incoloy sebagai pelapis heater!

Menyediakan air panas dengan instan dan menggunakan tangki bebas bakteri

Desain modern, keamanan terjamin

HargaRp 15.079.000,00Rp 4.296.900,00Rp 3.690.900,00Rp 2.540.000,00Rp 1.499.000,00Rp 1.650.000,00Rp 1.623.000,00Rp 2.600.000,00Rp 1.748.000,00Rp 2.350.000,00
TipeStorage tankStorage tankOn-demandOn-demandOn-demandOn-demandStorage tankStorage tankStorage tankStorage tank
Sumber dayaHybridElektrikElektrikGasGas LPGGas LPGElektrikElektrikElektrikElektrik
Ukuran770 mm x 1009 mm x 239 mm450 mm X 480 mm X 930 mm401 mm x 220 mm x 90 mm 360 mm x 288 mm x 141 mm300 mm x 150 mm x 407 mm402 mm x 270 mm x 190 mm278 mm x 278 mm x 420 mmKapasitas 15 liter: 340 mm x 340 mm x 345 mm ・ Kapasitas 30 liter: 430 mm x 430 mm x 440 mm380 mm x 380 mm x 312 mm389 mm x 301 mm x 389 mm
Bobot37,5 kg27,5 kg1,5 kgTidak diketahuiTidak diketahuiTidak diketahui5,6 kgKapasitas 15 liter: 8 kg ・ Kapasitas 30 liter: 13 kgTidak diketahui8,6 kg
Kapasitas tangki80 liter100 liter2 liter per menit5,1 liter per menit5 liter per menit5 liter per menit10 liter15 liter atau 30 liter15 liter15 liter
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk peralatan untuk kamar mandi lainnya di sini

Selain water heater, ada beberapa peralatan rumah tangga yang bisa membuat kegiatan mandi Anda lebih nyaman. Kami sudah pernah membahas beberapa produk, seperti shower, speaker Bluetooth tahan air, pengharum kamar mandi, dan lainnya. Simak selengkapnya di tautan berikut ini.

Kesimpulan

Kami sudah membahas dengan cukup lengkap mengenai cara memilih water heater dan produk rekomendasi terbaiknya. Apakah Anda sudah menemukan water heater favorit?


Adanya water heater akan meningkatkan kenyamanan Anda dan keluarga saat mandi. Oleh karena itu, pilihlah dengan teliti dan jadikan poin-poin yang sudah kami sebutkan sebagai pertimbangan utama. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Alat Cukur Rambut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda ingin memotong rambut sendiri di rumah, tentunya diperlukan alat cukur khusus. Saat ini, di pasaran telah tersedia berbagai jenis alat cukur yang dilengkapi bermacam fungsi, mulai dari yang bisa dicuci hingga yang bisa di-charge dalam waktu cepat. Ada juga produk yang bisa diganti-ganti mata cukurnya sesuai kebutuhan pemakaian. Sangat praktis, bukan?Nah, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih alat cukur berdasarkan jenis dan fungsinya. Alat cukur dari berbagai merek, seperti Philips, Panasonic, Kemei, HTC, dan sebagainya akan kami rekomendasikan di sini. Selamat membaca!
    Elektronik rumah tangga
    108.968 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera video adalah alat yang tepat untuk mengabadikan setiap momen terbaik Anda, yang hanya bisa diambil saat ini. Bermula dari Handycam Sony yang klasik, kini telah beredar banyak kamera video dari Panasonic, Canon, JVC, maupun merek lainnya dengan beragam keunggulan seperti tahan air, berukuran kecil, hingga kamera video tipe 4K. Kali ini, kami akan berbagi tips mengenai bagaimana cara memilih kamera video, dengan membandingkan harga maupun fungsinya, agar Anda bisa mendapatkan kamera video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    28.081 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2020)
    Dengan kemunculan network camera seperti wireless camera, biaya pemasangan kamera CCTV pun menjadi semakin murah. Meskipun kamera CCTV terkesan sederhana, ternyata banyak jenis kamera CCTV yang beredar di pasaran. Kali ini, kami akan mengulas cara-cara memilih kamera CCTV untuk dipakai di rumah Anda, sekaligus merekomendasikan kamera CCTV terbaik untuk Anda, dengan membandingkan harga dan fungsinya. Artikel ini wajib dibaca untuk Anda yang ingin membeli kamera CCTV untuk melindungi keluarga dan menjaga keamanan rumah Anda.
    Elektronik rumah tangga
    51.552 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk ipad (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik untuk ipad (Terbaru Tahun 2020)
    Umumnya, iPad digunakan untuk menonton video, bermain game, keperluan sosial media, serta browsing saat senggang, namun sebenarnya kita bisa memaksimalkannya lebih jauh untuk keperluan bisnis, penulisan, atau proses kreatif lainnya. Jika Anda berminat untuk mengeksplorasi kemampuan iPad seperti yang kami sebutkan, Anda memerlukan keyboard sebagai aksesoris tambahan.Pada kesempatan berikut, kami akan memperkenalkan bagaimana cara memilih keyboard yang pas untuk digunakan sebagai teman iPad Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk keyboard terbaik untuk iPad sebagai referensi Anda sebelum membeli. Jadi, simak artikel berikut sampai habis.
    Elektronik rumah tangga
    5.282 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kipas Angin Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Cuaca tropis Indonesia membuat Anda banyak berkeringat. Karena itu, Anda membutuhkan kipas angin yang dapat digunakan di mana saja. Kini, Anda dapat dengan mudah menemukan kipas angin portable yang menggunakan tenaga baterai atau dicolokkan melalui port USB. Desainnya pun beragam, mulai dari yang mini, berkarakter kartun, digantungkan di leher, mudah digenggam tangan, dan sebagainya.Supaya Anda bisa mendapatkan kipas angin portable yang pas untuk dibawa-bawa, baca dulu artikel ini. Kami akan membahas tentang cara memilih kipas angin portable yang sesuai dengan penggunaannya serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Seperti apa? Yuk, disimak!
    Elektronik rumah tangga
    19.759 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    137.429 Views
  • 10 Rekomendasi Aksesori Terbaik yang Kompatibel dengan USB Tipe C (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Aksesori Terbaik yang Kompatibel dengan USB Tipe C (Terbaru Tahun 2020)
    USB tipe C (USB–C) merupakan tipe USB yang banyak terdapat pada berbagai gawai. Adam Elements, LINDY, SanDisk, ORICO, dan KiiP telah membuat aksesori yang kompatibel dengan USB tipe C. Jika Anda memilih aksesori USB tipe C dengan tepat, Anda bisa melakukan banyak hal dengan mudah.Kami akan mengulas poin penting yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih aksesori untuk USB tipe C. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh aksesori terbaik yang bagus dan kompatibel dengan USB tipe C. Silakan bookmark artikel berikut ini agar Anda mendapat referensi yang dibutuhkan.
    Elektronik rumah tangga
    4.460 Views
  • 10 Rekomendasi Flashdisk Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Flashdisk Terbaik Ukuran Mini (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda berencana membeli flash disk atau USB flash drive, ada baiknya untuk mempertimbangkan versi mini yang ukurannya hanya sekitar 2-3 cm. Dengan kecepatan dan fitur lain yang serupa dengan USB biasa, Anda tidak akan merasa terganggu meskipun jika USB mini dibiarkan menempel pada PC atau laptop.Selain itu, saat ini kapasitas USB mini pun semakin beragam, termasuk yang bisa menyimpan data hingga 256 GB layaknya hard disk eksternal! Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih flash disk ukuran mini yang tepat, serta merekomendasikan produk terbaik untuk Anda jadikan pertimbangan. Mari temukan flash disk mini yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    7.766 Views
  • 10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi MIDI Keyboard Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    MIDI keyboard atau Musical Instrument Digital Interface Keyboard adalah alat musik digital yang dapat terhubung langsung dengan PC atau alat musik digital lainnya. MIDI keyboard berguna bila ingin memproduksi musik secara digital dengan PC atau tablet. Beberapa produsen MIDI keyboard antara lain adalah M-Audio, Akai, dan Novation.Banyaknya pilihan MIDI keyboard mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan cara memilih MIDI keyboard dan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya untuk Anda. Untuk yang baru pertama ingin membeli MIDI keyboard, jadikanlah artikel kami sebagai rujukan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    4.013 Views
  • 10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kulkas Hemat Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulkas merupakan alat rumah tangga yang selalu dinyalakan 24 jam setiap hari. Dengan demikian, penggunaan listriknya perlu Anda perhitungkan. Tak perlu khawatir, saat ini sudah banyak produk kulkas hemat listrik bermunculan di pasaran. Dengan menggunakan kulkas yang kebutuhan listriknya kecil, Anda bisa mengurangi biaya pemakaian listrik.Jika Anda sedang beralih memilih kulkas hemat listrik, simaklah tips dari kami. Kami juga akan memberikan berbagai rekomendasi produk kulkas hemat listrik, seperti merek LG, Samsung, Sharp, Electrolux, dan lainnya. Selamat membaca! Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Elektronik rumah tangga
    27.430 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    253.543 Views
  • 10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi AC (Pendingin Ruangan) Terbaik Seharga 2-3 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Ada banyak merek AC atau pendingin ruangan terkenal, seperti Sharp, Samsung, Polytron, Panasonic, dan sebagainya yang dijual di pasaran. Harga dan fitur-fitur yang dimiliki setiap AC pun sangat bervariasi satu sama lain. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, bukan?Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk AC terbaik seharga 2-3 jutaan. Kami juga akan menjelaskan cara membersihkan AC yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Jadikan artikel ini sebagai referensi dan temukan AC yang sesuai untuk ruangan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    137.429 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    169.555 Views
  • 10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Air Purifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air purifier adalah alat untuk menjernihkan udara di ruangan. Setelah disaring, udara sekitar akan lebih bersih dan bebas polusi. Anda juga dapat menemukan fungsi humidifikasi, penyaring serbuk sari dan partikel polutan, hingga dijadikan sebagai diffuser. Namun, Anda harus cermat memilih karena harganya yang tidak murah.Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa produk terbaik dari berbagai produsen, seperti Sharp, Panasonic, Daikin, dan lainnya. Sebelumnya, simaklah penjelasan kami berikut sebelum menentukan pilihan Anda. Selamat menyimak dan memilih produk yang paling tepat untuk kebutuhan Anda!
    Elektronik rumah tangga
    71.826 Views
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone (Earphone) Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Permainan game seperti PS4, online game, dan sebagainya adalah hiburan yang banyak diminati saat ini. Saat sedang memainkan game kesukaan Anda, tentunya Anda ingin bisa fokus merasakan dunia game tanpa gangguan. Selain visual, suara juga merupakan faktor yang membuat Anda dapat merasakan dunia game dengan optimal.Agar dunia game terasa semakin nyata, Anda harus menggunakan earphone gaming yang berkualitas, misalnya keluaran Shure, SoundPEATS, Marshall, atau Razer. Kali ini, kami akan membahas cara memilih earphone gaming dan rekomendasi produk terbaik yang paling diminati. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain Anda!
    Elektronik rumah tangga
    112.295 Views
  • 10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Wireless Router Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda dapat menikmati pengalaman browsing di dunia internet yang bebas dari kendala, seperti putusnya koneksi atau buffering, dengan menjaga kestabilan koneksi internet di rumah dengan memasang wireless router. Wireless router adalah solusi untuk mendapatkan kualitas jaringan ketika menggunakan internet. Namun, sekarang ini sudah banyak produsen menjual wireless router dengan berbagai fitur dan keunggulan yang bervariasi sehingga sulit bagi pembeli untuk menentukan wireless router yang pas sesuai kebutuhan.Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana memilih wireless router, membandingkan produk yang terbaik dari sisi performa dan harga, serta merekomendasikan produk yang terbaik untuk Anda. Selain itu, juga akan dijelaskan tips memasang wireless router. Temukan wireless router terbaik Anda yang dapat memberikan kenyamanan ketika menggunakan internet.
    Elektronik rumah tangga
    101.537 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera video adalah alat yang tepat untuk mengabadikan setiap momen terbaik Anda, yang hanya bisa diambil saat ini. Bermula dari Handycam Sony yang klasik, kini telah beredar banyak kamera video dari Panasonic, Canon, JVC, maupun merek lainnya dengan beragam keunggulan seperti tahan air, berukuran kecil, hingga kamera video tipe 4K. Kali ini, kami akan berbagi tips mengenai bagaimana cara memilih kamera video, dengan membandingkan harga maupun fungsinya, agar Anda bisa mendapatkan kamera video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    28.081 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori