1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Aksesori anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Anting Bayi Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Perhiasan yang pertama dipakai oleh bayi perempuan adalah anting. Kebanyakan orang tua mulai menindik telinga anak perempuannya dan memberinya anting semenjak masih bayi. Meskipun ada beragam bentuk yang lucu, mencari anting untuk bayi membutuhkan perhatian khusus.


Saat mencari anting untuk buah hati, Anda akan menemukan anting dari berbagai merek dengan model bulat, toge, ataupun stud. Apabila bingung memilih anting yang bagus untuk dipakai bayi Anda, di artikel ini kami akan bagikan beberapa rekomendasinya. Anting bayi dari merek terkenal seperti Little Thing She Wear dan Collexion pun dapat Anda temukan. 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kapan bayi boleh ditindik?

Kapan bayi boleh ditindik?

Usia yang tepat untuk menindik telinga bayi memang menjadi kontroversi. Beberapa ahli berpendapat lebih baik menunda menindik telinga bayi sampai usianya 1 tahun karena daya tahan tubuhnya masih rentan. Namun, pendapat lain mengatakan bahwa usia 1 tahun sampai 10 tahun anak-anak rawan keloid. Jadi, mereka lebih menyarankan untuk menindik telinga bayi saat berusia di bawah 1 tahun.


Menurut American Academy of Pediatric (AAP), tidak ada standar usia untuk menindik telinga bayi. Menindik telinga bayi dinilai tetap aman asal dilakukan secara higienis dan benar. 


Jika ingin menindik telinga bayi Anda, AAP menyarankan untuk melakukannya pada usia 2 bulan. Hal ini dikarenakan bayi sudah mendapatkan vaksin tetanus pertamanya pada usia tersebut sehingga infeksi bisa diminimalkan. Untuk mencegah iritasi atau infeksi, kualitas anting bayi yang Anda pilih tentu tidak boleh sembarangan. Ketahuilah cara memilihnya di bawah ini!

Cara memilih anting bayi

Bayi akan terlihat makin cantik ketika memakai anting. Akan tetapi, kenyamanan dan keamanan bayi adalah faktor utama dalam memilihkan anting untuk mereka. Berikut ini beberapa tips memilih anting bayi yang perlu Anda simak. 

① Perhatikan bahan baku logam yang dipakai

Perhatikan bahan baku logam yang dipakai

Bahan baku yang umumnya dipakai untuk membuat perhiasan adalah platinum, baja, emas, dan perak. Akan tetapi, kami merekomendasikan Anda untuk memilih anting bayi berbahan emas. Logam mulia emas, minimal 8 karat lebih aman dan jarang menimbulkan alergi ketika dipakai di bayi.


Emas juga bisa dijadikan investasi. Ketika bayi beranjak besar dan anting harus diganti, Anda bisa menjualnya, kemudian membeli model serta ukuran terbaru. Meskipun demikian, waspadailah munculnya alergi pada kulit bayi Anda. Jika setelah memakai anting muncul iritasi, segera lepas anting tersebut dan ganti dengan logam jenis lainnya.

② Pastikan keamanan pengait anting

Pastikan keamanan pengait anting

Model anting bayi sangat beragam dan menarik. Namun, jangan buru-buru membelinya. Karena telinga bayi yang masih kecil, Anda harus memperhatikan keamanan dari pengait dan model anting. Berikut adalah model pengait anting bayi yang sering Anda temukan.


  • Hoop dengan pengait

Anting bayi model ini dilengkapi dengan pengait yang menyatukan ujung satu dengan ujung lainnya. Dengan begitu, anting bayi model ini tidak mudah lepas saat ditarik


  • Loop end

Lalu, ada juga anting bayi model loop end yang cara memakainya hanya tinggal dibengkokkan hingga rapat. Karena cara membukanya cukup sulit untuk anak-anak, anting ini tidak akan mudah terjatuh meskipun mereka sangat aktif.


  • Stud
Terakhir, ada juga produk tipe stud. Anting bayi tipe ini dilengkapi dengan sumbat pada bagian belakang untuk menahan anting agar tidak copot. Desain anting bayi tipe ini timeless alias cocok juga digunakan hingga anak dewasa

Sebaiknya, hindari anting bayi dengan model menjuntai atau pengait yang hanya digantungkan di telinga bayi. Selain rawan lepas, model anting seperti ini rawan ditarik oleh tangan bayi yang belum terkontrol. Tentu Anda tidak ingin telinga bayi terluka akibat tertarik tangannya sendiri, bukan? Jadi, perhatikan bentuk pengait anting sebelum membelinya.

③ Ketahui bobot anting

Ketahui bobot anting

Demi kenyamanan bayi, Anda harus memperhatikan berat anting yang akan dipakai. Pilihlah anting dengan berat 0,5 gram hingga maksimal tidak lebih dari 1 gram. Produk di kisaran bobot tersebut sangat ringan dan tidak akan membebani telinga mungilnya.


Saking ringannya, bayi tidak akan merasakan sedang memakai anting sehingga membuatnya tetap leluasa bergerak. Jadi, bayi Anda tetap bisa memakai anting-anting sepanjang hari.

④ Pertimbangkan bentuk dan ukuran anting

Pertimbangkan bentuk dan ukuran anting

Bentuk anting anak perempuan memang beragam, lucu, dan sangat menarik. Akan tetapi, untuk penggunaan pada bayi, sebaiknya Anda mempertimbangkan model anting yang sederhana dan tidak banyak ornamen.


Sesuaikan pula ukuran anting dengan telinga bayi yang masih mungil. Selain anting ukuran besar biasanya lebih berat, penggunaan dalam jangka panjang juga bisa mengganggu pertumbuhan telinga bayi.


Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai anting anak, Anda bisa membacanya melalui link di bawah ini. 

10 Rekomendasi anting bayi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk anting bayi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Yaxiya Jewelry

Anting Bayi Permata Bahan Copper Alloy

Yaxiya Jewelry Anting Bayi Permata Bahan Copper Alloy 1枚目

Permatanya berkilau, bayi makin memukau

2

Anting Bulat Perak Lapis Emas

 Anting Bulat Perak Lapis Emas 1枚目

Bentuk bulat klasik, tidak mudah lepas

3

Little Thing She Wear

Anting Bayi NB Little Mouse Newborn

Little Thing She Wear Anting Bayi NB Little Mouse Newborn 1枚目

Makin imut dengan motif kepala Mickey

4

Anting Bayi Model Toge Emas Aneka Motif

 Anting Bayi Model Toge Emas Aneka Motif 1枚目

Pilihan motifnya banyak, bisa dijadikan kado

5

Little Thing She Wear

Snow Swarovski 0,6 Gram

Little Thing She Wear Snow Swarovski 0,6 Gram 1枚目

Desain elegan, sempurna untuk ke pesta

6

Anting Bayi Kupu-Kupu Emas Kadar 750

 Anting Bayi Kupu-Kupu Emas Kadar 750 1枚目

Model kupu-kupu, simpel nan menawan

7

Anting Bayi Tindik Simpel

 Anting Bayi Tindik Simpel 1枚目

Bentuk klasik membuat bayi makin cantik

8

Collexion

Magical Unicorn Kids Drop Earrings Gold Plated

Collexion Magical Unicorn Kids Drop Earrings Gold Plated 1枚目

Dengan pengait klip, mudah dilepas pasang

9

Anting Bayi Cake Series

 Anting Bayi Cake Series 1枚目

Motif cake colorful, fleksibel dipakai di mana pun

10

Anting Bayi Strawberry Perak Lapis Emas Putih

 Anting Bayi Strawberry Perak Lapis Emas Putih 1枚目

Siap mencuri perhatian dengan merahnya stroberi

Perincian produk
Close
No.1

Yaxiya JewelryAnting Bayi Permata Bahan Copper Alloy 679

Mulai dari Rp15.000,00

Permatanya berkilau, bayi makin memukau

Dalam keseharian, bayi sebaiknya tidak memakai perhiasan yang terlalu banyak dan berat. Namun, bagaimana jika Anda ingin bayi tampil memukau setiap hari? Karena itu, kami merekomendasikan anting bayi model tusuk ini sebagai solusinya. Meskipun bentuknya simpel, permata anting ini berkilau dan siap membuat bayi Anda tampak memukau setiap hari.

No.2

Anting Bulat Perak Lapis Emas

Mulai dari Rp28.000,00

Bentuk bulat klasik, tidak mudah lepas

Karena bayi Anda aktif bergerak, Anda harus memilihkan anting yang aman dan tidak mudah lepas. Mungkin sebelum ini anting di telinga bayi Anda mudah terbuka pengaitnya. Mengapa tidak menggantinya dengan anting bayi bulat polos ini? Pengait anting ini aman dan terkunci rapat sehingga tidak mudah terbuka atau terlepas dari telinga bayi Anda.

No.3

Little Thing She WearAnting Bayi NB Little Mouse Newborn

Mulai dari Rp670.000,00

Makin imut dengan motif kepala Mickey

Anting bayi yang satu ini diklaim aman digunakan untuk bayi yang baru lahir sekalipun. Berbahan dasar emas 17 karat, anting ini tidak menghitam atau berubah warna bila terkena air atau keringat sekalipun. 


Berbentuk kepala mickey, bayi Anda pasti akan tampil lebih menggemaskan dengan anting ini. Anda ingin mencari anting yang mampu membuat bayi Anda tampil beda? Segera checkout produk berkualitas yang satu ini. 

No.4

Anting Bayi Model Toge Emas Aneka Motif

Mulai dari Rp187.000,00

Pilihan motifnya banyak, bisa dijadikan kado

Tersedia dalam beragam pilihan model, anting bayi toge ini banyak diminati. Mulai dari motif kucing, hati, bunga, hingga bintang semuanya ada. Jika Anda mencari anting bayi untuk dijadikan hadiah, produk ini adalah pilihan terbaik. Tidak hanya cantik, anting bayi ini diciptakan dengan pengait model loop end sehingga dijamin tidak mudah terjatuh. 

No.5

Little Thing She WearSnow Swarovski 0,6 Gram

Mulai dari Rp760.000,00

Desain elegan, sempurna untuk ke pesta

Dilengkapi dengan lapisan antialergi, anting ini dijamin tidak menimbulkan iritasi sehingga aman untuk bayi. Didesain dengan motif snow plus hiasan kristal swarovski pada bagian tengahnya, anting bayi ini tampak mewah. 


Memiliki berat sekitar 0,6 gram, anting bayi ini dijamin tidak akan terasa berat meski dikenakan berjam-jam. Apabila Anda membutuhkan anting anak bayi untuk dikenakan saat ke pesta, produk ini bisa Anda andalkan. 

No.6

Anting Bayi Kupu-Kupu Emas Kadar 750

Mulai dari Rp412.500,00

Model kupu-kupu, simpel nan menawan

Dihiasi dengan motif kupu-kupu, anting bayi ini tampak begitu memesona. Jika Anda mencari anting bayi yang desainnya cute sekaligus anggun, produk ini wajib Anda miliki. Hadir dalam dua pilihan wana yaitu emas putih dan kuning, pilih saja warna favorit Anda. Dengan pengait tipe loop end, bayi Anda dijamin tidak akan mudah menarik anting ini hingga terlepas. Hati tenang, anak pun aman. 

No.7

Anting Bayi Tindik Simpel

Mulai dari Rp142.000,00

Bentuk klasik membuat bayi makin cantik

Apabila Anda mencari anting bayi dengan model klasik yang tidak lekang oleh waktu, kami merekomendasikan anting ini. Anting dengan bentuk bulat kecil ini terlihat begitu sederhana sehingga mudah dipadukan dengan beragam busana.


Karena desainnya tidak terlalu childish, anting bayi ini juga bisa dikenakan hingga anak remaja, lho. Tidak hanya itu, anting ini terbuat dari logam emas asli. Hal tersebut membuat anting ini tidak hanya membuat bayi cantik, tetapi juga bisa untuk investasi.

No.8

CollexionMagical Unicorn Kids Drop Earrings Gold PlatedCX76210001G

Mulai dari Rp199.000,00

Dengan pengait klip, mudah dilepas pasang

Didesain dengan model unicorn, anak Anda pasti senang memakai anting satu ini. Dilengkapi dengan pengait tipe klip, anting ini jadi mudah dilepas pakai. Adanya lapisan emas 18 karat pada bagian permukaan membuat anting bayi ini kian awet. Jika Anda mencari anting bayi yang mudah dipakai dan tahan lama, jangan ragu membeli produk ini.

No.9

Anting Bayi Cake Series22-300

Mulai dari Rp215.300,00

Motif cake colorful, fleksibel dipakai di mana pun

Melepas dan memasang anting ke telinga bayi bergonta-ganti sangat merepotkan. Jadi, mengapa tidak memilihkannya anting yang bisa dipakai sehari-hari dan tetap menarik ketika dipakai bepergian? 


Untuk mewujudkan hal tersebut, pilih saja anting bayi dengan motif cake yang lucu ini. Warnanya yang colorful akan membuat anak Anda tampak lebih ceria. Modelnya unik dan simpel, anting bayi berbahan emas 6 karat ini cocok dipakai untuk berbagai acara.

No.10

Anting Bayi Strawberry Perak Lapis Emas PutihBCAA013

Mulai dari Rp68.000,00

Siap mencuri perhatian dengan merahnya stroberi

Anda ingin mengajak bayi pergi ke acara keluarga? Jangan lewatkan untuk memakaikannya anting motif stroberi ini. Warna merahnya begitu merona, anting bayi ini siap mencuri perhatian. Meskipun berwarna merah, anting ini terbuat dari logam perak sesuai standar yaitu berkadar 92,5%. Kadar tersebut cukup tinggi dan tidak membuat kulit bayi Anda iritasi.

Cara merawat telinga bayi setelah ditindik

Cara merawat telinga bayi setelah ditindik

Sebagian orang tua memilih untuk menindik telinga bayi perempuannya beberapa hari setelah lahir. Selain karena telinga masih lunak, gerak bayi juga masih terbatas untuk menjangkau telinganya sendiri. 


Meskipun demikian, telinga bayi Anda tetap membutuhkan perawatan khusus supaya tidak terjadi infeksi. Di bawah ini, kami akan membagikan poin-poin yang perlu diperhatikan untuk merawat telinga bayi setelah ditindik. 


  • Jangan terlalu cepat melepas anting

Setelah telinga bayi ditindik, sebaiknya Anda jangan melepas antingnya paling tidak selama 6 minggu. Hal ini dikarenakan ketika anting dilepas maka lubang telinga bayi bisa menutup dengan cepat. 


  • Bersihkan area yang ditindik dengan alkohol

Kemudiaan, dua atau tiga hari sekali bersihkanlah sisi-sisi sekitar lubang tindik menggunakan cotton bud yang sudah diberi alkohol. Kemudian, setiap selesai mandi, pastikan telinga bayi Anda kering.


  • Sementara jangan berenang terlebih dahulu

Karena telinga bayi masih begitu rentan, sebaiknya Anda tidak membawa anak Anda berenang setelah ditindik. Hal tersebut karena luka yang terbuka dapat berisiko terinfeksi saat terkena air kolam. 


  • Oleskan obat khusus agar luka cepat mengering

Jika dibutuhkan, Anda dapat menggunakan minyak gosok atau salep khusus supaya luka bekas tindik dapat cepat kering.

Baca juga rekomendasi kebutuhan untuk bayi perempuan lainnya di sini

Bayi perempuan tidak hanya membutuhkan anting, mereka juga memerlukan pakaian serta bandana yang cantik. Oleh karena itu, kami akan membantu Anda memberikan beberapa rekomendasi produk pilihan pada artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Mendandani bayi perempuan bisa dilakukan sejak lahir. Salah satu caranya dengan memasang anting cantik di telinga mungilnya. Namun, jangan lupa untuk selalu mengamati telinga bayi setelah ditindik. Jika muncul alergi, infeksi, bernanah, atau berdarah, segeralah pergi ke dokter.


Di artikel ini kami telah memberikan beberapa rekomendasi anting bayi yang lucu dan cantik untuk dipilih. Semoga produk-produk pilihan kami berguna dan bisa membantu Anda dalam mencari produk terbaik. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer