• 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Canon adalah salah satu merek kamera terkenal dan banyak digemari oleh pengguna. Fitur-fitur canggih dan spesifikasi yang lengkap membuat kamera Canon banyak dicari, baik oleh pemula maupun profesional. Ada berbagai jenis kamera Canon yang tersedia di pasaran. Namun, tipe kamera Canon seperti apa yang harus dipilih?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon yang bagus. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh kamera Canon terbaik, mulai dari IXUS 285 HS, Canon EOS 1500D, Canon EOS R, dan lainnya. Yuk, baca terus artikel ini selengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih kamera Canon

Sebelum membeli kamera Canon, pastikan produk yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Pertimbangkan tentang jenis kamera, ukuran sensor kamera, dan fitur-fitur dalam kamera Canon. Agar tidak salah pilih, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan

Setiap kamera Canon dirancang dengan berbagai fitur canggih untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Walaupun begitu, Anda juga perlu mempertimbangkan tujuan penggunaan. Untuk itu, kami akan menjelaskan jenis-jenis kamera Canon untuk melengkapi informasi Anda.

Kamera pocket/saku, efisien dan praktis untuk digunakan

Bila Anda mencari kamera yang efisien dan praktis untuk digunakan, kami menyarankan kamera pocket. Kamera pocket memiliki keunggulan sebagai berikut:


  • Kamera pocket atau kamera saku memiliki ukuran kecil, ringkas, dan ringan. Anda dapat memasukkan kamera ini ke dalam saku.
  • Mudah dioperasikan sehingga sangat cocok digunakan oleh fotografer pemula.
  • Harganya lebih terjangkau dibandingkan kamera jenis lain sehingga cocok Anda yang memiliki budget terbatas.

Kekurangan kamera pocket ada pada hasil gambarnya yang tidak bisa sedramatis kamera DSLR. Hal ini disebabkan karena kamera pocket hanya dibekali lensa yang menempel pada bodi kamera. Jadi, Anda tidak dapat bereksplorasi dengan bebas, misalnya membuat gambar lebih bokeh atau melakukan pembesaran lebih jauh.


Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sekarang ini, Anda dapat menemukan jenis kamera pocket Canon yang dirancang untuk profesional. Misalnya saja seri PowerShot G7 X Mark II, PowerShot G5 X Mark II, atau PowerShot G1 X Mark III. Selain perangkat kamera yang canggih, jangan lupa bahwa gambar yang bagus juga berasal dari skill fotografi yang mumpuni.

Kamera mirrorless, hasil memuaskan dan fleksibel

Kamera mirrorless memiliki bodi lebih kecil daripada DSLR. Kamera ini digemari karena memiliki desain futuristis dan stylish. Dari sisi kualitas gambar, sekilas kamera mirrorless dan DSLR memiliki beberapa kemiripan. Fitur pengaturan dan pengoperasian kamera ini dikenal relatif lebih sederhana dan mudah.


Kamera mirrorless memiliki viewfinder elektronik untuk memudahkan Anda melihat objek yang dibidik secara langsung. Viewfinder sangat membantu saat Anda menaikkan ISO atau menurunkan aperture. Dengan menaikan ISO, hasil foto yang Anda jepret tampak lebih terang. Aperture lebih kecil berarti makin banyak cahaya masuk pada kamera sehingga dapat menghasilkan foto lebih jernih.


Tidak hanya itu, melalui viewfinder Anda juga dapat melihat secara langsung perubahan warna yang terjadi. Kamera mirrorless sangat cocok untuk konten kreator yang mengutamakan kualitas gambar, tetapi membutuhkan kamera yang praktis. Misalnya untuk membuat vlog, video sinematik, fotografi jalanan, dan lainnya.

Kamera DSLR, cocok untuk profesional

Kamera DSLR memiliki bodi lebih besar dan kukuh dibandingkan kamera pocket dan mirrorless. Kamera DSLR direkomendasikan untuk fotografer profesional. Hasil foto kamera DSLR Canon pun jernih dan sangat memuaskan.


Ketahanan baterai kamera DSLR juga diklaim lebih baik dibandingkan kamera mirrorless. Hal ini disebabkan karena komponen elektronik kamera DSLR lebih sedikit. Kamera DSLR juga masih menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Hasilnya, gambar yang Anda lihat melalui viewfinder akan terlihat sama persis dengan objek asli.


Keuntungan memakai kamera DSLR adalah Anda memiliki pilihan lensa yang cukup beragam. Anda dapat menemukan banyak pilihan lensa, mulai dari jenis fixed, wide angle, telephoto, hingga macro. Jika profesionalitas kerja menjadi hal terpenting untuk Anda, kamera DSLR adalah pilihan terbaik.


Apabila Anda mencari kamera Canon DSLR, silakan bukan link di bawah ini.

Perhatikan ukuran sensor kamera

Setiap kamera memiliki ukuran sensor berbeda-beda dan ini akan memengaruhi kualitas gambar yang akan Anda dapatkan. Untuk mengetahui secara lebih lengkap, simak ukuran sensor kamera Canon dan keunggulannya masing-masing.

APS-C: Banyak pilihan lensa dengan harga lebih terjangkau

APS-C: Banyak pilihan lensa dengan harga lebih terjangkau

Apabila dilihat secara fisik, kamera Canon dengan sensor APS-C dan mirrorless tidak jauh berbeda. Perbedaan sensor dari kedua jenis kamera tersebut ada pada komponen di dalamnya. Umumnya, sensor APS-C memiliki ukuran di bawah 35 mm. Ukuran paling umum yang digunakan pada merek Canon adalah 22,5 x 15 mm. Harga kamera Canon dengan sensor APS-C juga lebih terjangkau dibandingkan mirrorless.


Kelebihan kamera dengan sensor APS-C terletak pada bobot dan ketersediaan lensa. Kamera ini relatif lebih ringan dan fleksibel untuk semua jenis lensa. Apabila Anda senang memotret objek jarak jauh, crop factor pada lensa APS-C sangat membantu. Misalnya ketika Anda menggunakan lensa dengan focal length 200 mm. Setelah terkena crop factor lensa tersebut akan memiliki ukuran sejauh 300 mm.


Kekurangan kamera dengan sensor APS-C terletak pada cakupan ruang bidiknya. Untuk mendapatkan hasil foto landscape indah, Anda harus menggunakan lensa superwide. Kelemahan kamera dengan sensor APS-C juga terasa ketika dipakai untuk memotret pada kondisi gelap. Bagi sebagian orang, kondisi seperti ini cukup mengganggu. Untuk itu, Anda tidak disarankan menggunakan ISO terlalu besar agar noise dapat diminimalkan.

Full frame: Ukuran gambar lebih lebar dan tajam

Full frame: Ukuran gambar lebih lebar dan tajam

Kamera dengan sensor full frame umumnya memiliki ukuran sensor lebih besar daripada kamera APS-C, yakni 36 x 24 mm. Ukuran sensor besar ini membuat bodi kamera terasa lebih berat saat dibawa. Ukuran sensor juga memberi pengaruh terhadap dynamic range. Artinya, dengan sensor lebih besar, kamera seri full frame lebih unggul dalam menangkap cahaya.


Kamera dengan sensor full frame juga memengaruhi cakupan bidikan. Apabila Anda menggunakan lensa ultra wide berukuran 18 mm, kamera tidak akan terkena crop factor. Artinya, tampilan yang akan muncul di kamera benar-benar berukuran 18 mm. Hal ini berbeda dengan APS-C yang akan terkena crop factor menjadi 1,5x. Untuk itu, banyak fotografer landscape menggunakan kamera bersensor full frame.


Kekurangan dari kamera ini adalah tidak semua lensa APS-C cocok dipasangkan pada kamera bersensor full frame. Meskipun kualitas gambar tidak berubah, sudut pandangnya akan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan lensa APS-C memiliki sensor lebih kecil sehingga tidak dapat mencakupi bidang kamera full frame.

Pertimbangkan fitur-fitur yang bermanfaat sesuai kebutuhan

Pertimbangkan fitur-fitur yang bermanfaat sesuai kebutuhan

Untuk mendapatkan hasil foto yang optimal, perhatikan setiap fitur yang ditawarkan oleh kamera Canon. Apabila Anda berprofesi sebagai videografer, memilih kamera dengan format perekaman 4K adalah pilihan tepat. Perhatikan juga ketersediaan jack mikrofon yang mendukung pemasangan perangkat audio tambahan. Dengan demikian, Anda dapat sharing ke laptop, komputer, atau perangkat lain.


Fungsi Log atau C-Log pada kamera juga perlu diperhatikan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan detail warna asli dari lokasi pengambilan gambar. Saat mengaktifkan fitur Log atau C-Log, background dan warna objek gambar akan terlihat lebih flat. Karena itu, fungsi Log pada kamera cocok bagi Anda yang memiliki rencana grading saat proses editing.


Bila Anda membutuhkan kecepatan tinggi, pilihlah kamera dengan autofokus yang cepat. Perhatikan pula ketersediaan stabilisasi gambar pada bodi kamera agar gambar yang dihasilkan tidak blur. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah teknologi tracking dan mode burst-nya. Fitur ini sangat membantu Anda ketika memotret objek bergerak, seperti event olahraga, kehidupan satwa liar, dan lainnya.

10 Rekomendasi kamera Canon terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera Canon terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Canon EOS M50 Mark II (EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM) 1

Canon

2
Canon IXUS 185 1

Canon

3
Canon EOS 3000D Kit (EF S18-55 III) 1

Canon

4
Canon PowerShot G7 X Mark II 1

Canon

5
Canon EOS 1500D Kit (EF S18-55 IS II) 1

Canon

6
Canon IXUS 285 HS 1

Canon

7
Canon EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM) 1

Canon

8
Canon EOS RP (Bodi) 1

Canon

9
Canon EOS R (Bodi) 1

Canon

10
Canon EOS R3 (Bodi) 1

Canon

Nama produk

EOS M50 Mark II (EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM)

IXUS 185

EOS 3000D Kit (EF S18-55 III)

PowerShot G7 X Mark II

EOS 1500D Kit (EF S18-55 IS II)

IXUS 285 HS

EOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM)

EOS RP (Bodi)

EOS R (Bodi)

EOS R3 (Bodi)

Keunggulan

Kualitas perekaman film 4K yang brilian dengan kinerja AF luar biasa

Dengan teknologi ZoomPlus, tiap momen bisa diabadikan dalam bidikan kamera

Kamera DSLR yang cocok untuk para entry level

Kamera pocket rasa DSLR dengan hasil jepretan yang tajam

Memudahkan posting foto dan video ke media sosial dengan koneksi Wi-Fi

Pengaturannya simpel, harganya pun terjangkau

Kamera DSLR full frame ringkas dengan berbagai fitur canggih

Setiap momen berharga akan terekam dengan sempurna

Kamera full frame dengan kemampuan perekam 4K

Kamera mirrorless full frame tercepat dengan AF terbaru

Harga mulai dariRp 13.600.400,00Rp 1.947.000,00Rp 6.460.300,00Rp 8.932.000,00Rp 9.180.600,00Rp 3.751.000,00Rp 45.600.500,00Rp 19.900.100,00Rp 30.750.500,00Rp 117.370.000,00
Jenis kameraMirrorlessPocket/sakuDSLRPocket/sakuDSLRKamera pocket/sakuDSLRMirrorlessMirrorlessMirrorless
Sensor APS-CTidak disebutkanAPS-CTidak disebutkanAPS-CTidak disebutkanFull frameFull frameFull frameFull frame
Titik sistem AF Stills: Maksimal 3.975 pilihan posisi titik AF/hingga 143 zona (pemilihan otomatis), perekaman film: Maksimal 3.375 pilihan posisi titik AF/hingga 117 zona (pemilihan otomatis)x9 Titik AF (AF tipe silang yang sensitif hingga f/5.6 dengan titik AF di tengah)x 9 Titik AF (AF tipe silang yang sensitif hingga f/5.6 dengan titik AF di tengah)x45 titik (tipe silang, maksimal 45 titik) Maksimal 4.779 pilihan posisi titik AF/hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)Maksimal 5.655 pilihan posisi titik AF/hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)Stills: maksimal 4.779 pilihan posisi titik AF/hingga 1.053 area AF (pemilihan otomatis) Perekaman movie: maksimal 3.969 pilihan posisi titik AF/hingga 819 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 24,1 MP20 MP18 MP20,1 MP24,1 MP20,2 MP26,2 MP26,2 MP30,3 MP24,1 MP
ISO efektif 100—25.600 (H: 52.100)100–1.600100 hingga 6.400 (H:12.800)125–12.800100 hingga 6.400 (H:12.800)800—3.200100–40.000, dapat diperbesar hingga 102.400 (kisaran yang dapat diperbesar L:50, H1:51.200, H2:102.400) 100–40.000 (L:50, H1:51.200, H1:102.400)100–40.000 (L:50, H1:52.100, H1:102.400)Stills: 100–102.400 (L:50, H:204.800), Movie: 100-25.600 (H:102.400), Canon Log movie: ISO 800–25.600 (L:100-650, H:32.000-102.400), HDR PQ movie: ISO 100-25.600
Perekaman video 4KxFull HDTidak disebutkanFull HDFull HDFull HD4K4K6K RAW + video 4K dengan 6K oversampling
Berat Hitam: 517 gram, putih: 518 gram126 gram389 gram319 gram427 gram147 gram765 gram485 gram660 gram1,015 kg
Image stabilizer Stabilisasi gambar 5-sumbu selama perekaman film (kombinasi IS)Digital (digital IS mode)xTidak disebutkanTidak disebutkanLens-shift typeJenis lens-shiftStabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodiStabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi Stabilisasi gambar 5-sumbu dalam bodi (Still/Movie)
C-LogxxxTidak disebutkanxTidak disebutkanxx
Tautan produk
10
Jenis kameraMirrorless
Sensor Full frame
Titik sistem AF Stills: maksimal 4.779 pilihan posisi titik AF/hingga 1.053 area AF (pemilihan otomatis) Perekaman movie: maksimal 3.969 pilihan posisi titik AF/hingga 819 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 24,1 MP
ISO efektif Stills: 100–102.400 (L:50, H:204.800), Movie: 100-25.600 (H:102.400), Canon Log movie: ISO 800–25.600 (L:100-650, H:32.000-102.400), HDR PQ movie: ISO 100-25.600
Perekaman video 6K RAW + video 4K dengan 6K oversampling
Berat 1,015 kg
Image stabilizer Stabilisasi gambar 5-sumbu dalam bodi (Still/Movie)
C-Log
9
Jenis kameraMirrorless
Sensor Full frame
Titik sistem AF Maksimal 5.655 pilihan posisi titik AF/hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 30,3 MP
ISO efektif 100–40.000 (L:50, H1:52.100, H1:102.400)
Perekaman video 4K
Berat 660 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi
C-Log
8
Jenis kameraMirrorless
Sensor Full frame
Titik sistem AF Maksimal 4.779 pilihan posisi titik AF/hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 26,2 MP
ISO efektif 100–40.000 (L:50, H1:51.200, H1:102.400)
Perekaman video 4K
Berat 485 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi
C-Logx
7

CanonEOS 6D Mark II Kit (EF24-105mm f/4L IS II USM)

Mulai dari Rp 45.600.500,00

Jenis kameraDSLR
Sensor Full frame
Titik sistem AF 45 titik (tipe silang, maksimal 45 titik)
Piksel efektif 26,2 MP
ISO efektif 100–40.000, dapat diperbesar hingga 102.400 (kisaran yang dapat diperbesar L:50, H1:51.200, H2:102.400)
Perekaman video Full HD
Berat 765 gram
Image stabilizer Jenis lens-shift
C-Logx
6
Jenis kameraKamera pocket/saku
Sensor Tidak disebutkan
Titik sistem AF x
Piksel efektif 20,2 MP
ISO efektif 800—3.200
Perekaman video Full HD
Berat 147 gram
Image stabilizer Lens-shift type
C-LogTidak disebutkan
5

CanonEOS 1500D Kit (EF S18-55 IS II)

Mulai dari Rp 9.180.600,00

Jenis kameraDSLR
Sensor APS-C
Titik sistem AF 9 Titik AF (AF tipe silang yang sensitif hingga f/5.6 dengan titik AF di tengah)
Piksel efektif 24,1 MP
ISO efektif 100 hingga 6.400 (H:12.800)
Perekaman video Full HD
Berat 427 gram
Image stabilizer Tidak disebutkan
C-Logx
4
Jenis kameraPocket/saku
Sensor Tidak disebutkan
Titik sistem AF x
Piksel efektif 20,1 MP
ISO efektif 125–12.800
Perekaman video Tidak disebutkan
Berat 319 gram
Image stabilizer Tidak disebutkan
C-LogTidak disebutkan
3

CanonEOS 3000D Kit (EF S18-55 III)

Mulai dari Rp 6.460.300,00

Jenis kameraDSLR
Sensor APS-C
Titik sistem AF 9 Titik AF (AF tipe silang yang sensitif hingga f/5.6 dengan titik AF di tengah)
Piksel efektif 18 MP
ISO efektif 100 hingga 6.400 (H:12.800)
Perekaman video Full HD
Berat 389 gram
Image stabilizer x
C-Logx
2
Jenis kameraPocket/saku
Sensor Tidak disebutkan
Titik sistem AF x
Piksel efektif 20 MP
ISO efektif 100–1.600
Perekaman video x
Berat 126 gram
Image stabilizer Digital (digital IS mode)
C-Logx
1

CanonEOS M50 Mark II (EF-M15-45mm f/3.5-6.3 IS STM)

Mulai dari Rp 13.600.400,00

Jenis kameraMirrorless
Sensor APS-C
Titik sistem AF Stills: Maksimal 3.975 pilihan posisi titik AF/hingga 143 zona (pemilihan otomatis), perekaman film: Maksimal 3.375 pilihan posisi titik AF/hingga 117 zona (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 24,1 MP
ISO efektif 100—25.600 (H: 52.100)
Perekaman video 4K
Berat Hitam: 517 gram, putih: 518 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar 5-sumbu selama perekaman film (kombinasi IS)
C-Logx

Baca juga rekomendasi kamera lainnya di sini

Selain kamera Canon yang sudah kami rekomendasikan, ada juga merek kamera lain yang bisa Anda pertimbangkan. Silakan klik tautan berikut ini dan dapatkan produk kamera sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah menentukan kamera Canon yang akan dipilih? Semoga penjelasan kami tersebut dapat memberi informasi yang makin jelas untuk Anda, ya.


Untuk mendapatkan tipe kamera Canon yang bagus, sebaiknya Anda mempertimbangkan jenis kamera, harga kamera, dan kebutuhan penggunaan. Selain itu, tingkatkan terus skill memotret Anda agar hasil jepretan kamera makin sempurna.

Artikel terkait

  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera digital compact atau kamera pocket adalah kamera yang memiliki ukuran kecil. Meskipun demikian, hasil kamera ini mampu bersaing dengan jenis kamera lain seperti mirrorless dan DSLR. Saat ini, ada perusahaan besar, seperti SONY, Canon, Fujifilm, dan Nikon memproduksi beragam kamera pocket yang bagus.Kamera pocket tersebut didesain khusus sesuai dengan kebutuhan. Ada kamera profesional, ada juga kamera traveling. Harganya juga bervariasi, ada yang murah, ada pula yang mahal. Hal ini dipengaruhi dengan merek, fitur, dan perusahaan pembuat kamera pocket. Jika Anda sedang mencari kamera pocket terbaik, bacalah artikel ini!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Filter lensa tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tetapi juga membuat hasil jepretan lebih bagus, terlebih jika Anda menggunakan kamera DSLR. Anda bisa bereksplorasi dengan menggunakan beragam jenis filter lensa, seperti ND filter, CPL filter, UV filter, dan lainnya.  Tiap jenis filter lensa mempunyai karakteristiknya masing-masing yang digunakan untuk kondisi dan kebutuhan berbeda. Kali ini, kami akan mengulas tips memilih filter lensa terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi merek filter lensa yang bagus, seperti Kenko, Hoya, dan K&F Concept. Bacalah artikel ini dengan saksama dan temukan produk yang sesuai kebutuhan.
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lensa tele adalah lensa yang digunakan untuk memotret objek jauh, seperti saat mengambil foto pertandingan sepakbola, lanskap, atau burung-burung liar. Saat ini, ada banyak produsen memproduksi lensa tele yang bagus seperti Canon, Nikon, Sony, Fujifilm, dan sebagainya.  Jenis lensa tele yang diproduksi tersebut sangat beragam. Ada lensa tele yang murah ada juga yang mahal, tergantung pada spesifikasi dari lensa tersebut. Anda pun harus memilih lensa tele terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika Anda Anda masih bingung memilih lensa tele yang pas, jadikanlah artikel ini sebagai panduan untuk memilih. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Panasonic merupakan salah satu produsen kamera yang sudah meluncurkan banyak seri kamera dengan merek LUMIX. Beberapa seri kamera LUMIX yang bagus dan laris di antaranya adalah LUMIX DC-GF9K, LUMIX DMC-LX10, dan LUMIX DC-S1R. Bagaimana cara memilih kamera LUMIX terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Lewat artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera LUMIX terbaik sesuai kebutuhan. Kamera LUMIX harganya beragam, Anda juga akan memperoleh gambaran terkait hal tersebut dalam artikel ini.
    Kamera digital
  • 10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 2 jutaan tentu memiliki perbedaan kualitas dengan kamera yang harganya tinggi. Namun, saat ini sudah banyak beredar produk yang fiturnya tak kalah canggih dari tipe high-end. Hanya saja memilih kamera digital low-end yang bagus bukanlah hal yang mudah.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih kamera digital terbaik harga 2 jutaan. Khusus untuk Anda, Kami juga akan berbagi rekomendasi produk Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya. Jenisnya pun beragam. Dari kamera mirrorless sampai prosumer, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Mari disimak!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    YI Technology merupakan merk dari anak perusahaan Xiaomi yang memproduksi beragam kamera terbaru. Ada beberapa produk terbaik kamera YI, seperti YI Action Camera, YI Home, YI Discovery, 360 VR, hingga YI-M1 Mirrorless. Penggunaan kamera ini pun beragam, mulai dari sport camera hingga security camera yang bagus untuk memantau rumah Anda. Jika Anda tertarik dengan YI camera, silakan baca ulasan lengkap di sini. Kami akan membahas cara memilih kamera YI yang bagus beserta spesifikasi dan bocoran harga-harganya yang terjangkau. Bacalah review kamera YI dan temukan produk yang Anda butuhkan di sini!
    Kamera digital
  • Artikel populer

  • 10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera 2 jutaan tentu memiliki perbedaan kualitas dengan kamera yang harganya tinggi. Namun, saat ini sudah banyak beredar produk yang fiturnya tak kalah canggih dari tipe high-end. Hanya saja memilih kamera digital low-end yang bagus bukanlah hal yang mudah.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan tips memilih kamera digital terbaik harga 2 jutaan. Khusus untuk Anda, Kami juga akan berbagi rekomendasi produk Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya. Jenisnya pun beragam. Dari kamera mirrorless sampai prosumer, semuanya ada. Artikel ini sudah ditinjau oleh photographer kami, Zizy Damanik. Mari disimak!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
  • 10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kamera Pocket Terbaik - Ditinjau oleh Photographer (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera digital compact atau kamera pocket adalah kamera yang memiliki ukuran kecil. Meskipun demikian, hasil kamera ini mampu bersaing dengan jenis kamera lain seperti mirrorless dan DSLR. Saat ini, ada perusahaan besar, seperti SONY, Canon, Fujifilm, dan Nikon memproduksi beragam kamera pocket yang bagus.Kamera pocket tersebut didesain khusus sesuai dengan kebutuhan. Ada kamera profesional, ada juga kamera traveling. Harganya juga bervariasi, ada yang murah, ada pula yang mahal. Hal ini dipengaruhi dengan merek, fitur, dan perusahaan pembuat kamera pocket. Jika Anda sedang mencari kamera pocket terbaik, bacalah artikel ini!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera LUMIX Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Panasonic merupakan salah satu produsen kamera yang sudah meluncurkan banyak seri kamera dengan merek LUMIX. Beberapa seri kamera LUMIX yang bagus dan laris di antaranya adalah LUMIX DC-GF9K, LUMIX DMC-LX10, dan LUMIX DC-S1R. Bagaimana cara memilih kamera LUMIX terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Lewat artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera LUMIX terbaik sesuai kebutuhan. Kamera LUMIX harganya beragam, Anda juga akan memperoleh gambaran terkait hal tersebut dalam artikel ini.
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera YI Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    YI Technology merupakan merk dari anak perusahaan Xiaomi yang memproduksi beragam kamera terbaru. Ada beberapa produk terbaik kamera YI, seperti YI Action Camera, YI Home, YI Discovery, 360 VR, hingga YI-M1 Mirrorless. Penggunaan kamera ini pun beragam, mulai dari sport camera hingga security camera yang bagus untuk memantau rumah Anda. Jika Anda tertarik dengan YI camera, silakan baca ulasan lengkap di sini. Kami akan membahas cara memilih kamera YI yang bagus beserta spesifikasi dan bocoran harga-harganya yang terjangkau. Bacalah review kamera YI dan temukan produk yang Anda butuhkan di sini!
    Kamera digital
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori