• 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kamera Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Canon merupakan salah satu produsen kamera yang sudah cukup terkenal dan digemari banyak pengguna. Misalnya saja EOS 8D, PowerShot G7 Mark III, atau EOS 90D yang sudah banyak digunakan para profesional. Namun, bagaimana bagi Anda yang baru memulai hobi fotografi? Tentu saja akan merasa kesulitan dalam memilih kamera terbaik, bukan?


Melalui artikel ini, kami akan mengulas cara memilih kamera Canon bagi para pemula hingga kebutuhan profesional. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk kamera Canon terbaik di setiap tipe sensornya. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)
Ashari Yudha
Noe Row
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 1.879 Views
Daftar isi

Cara memilih kamera Canon

Sebelum Anda membeli sebuah kamera, pastikan bahwa produk yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Supaya Anda tidak salah dalam membeli kamera, simak baik-baik penjelasan berikut ini!

Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan

Setiap kamera Canon didesain mengikuti kebutuhan penggunanya. Di sisi lain, tidak semua orang membutuhkan fitur kamera yang tinggi. Selain harus mempertimbangkan jumlah anggaran, terdapat hal-hal lain yang harus Anda perhatikan. Untuk itu, kenali tipe kamera Canon yang akan Anda gunakan. 

Untuk Anda yang ingin praktis, pilih kamera pocket/saku

Kamera pocket atau kamera saku memiliki ukuran yang kecil dan ringan. Anda pun dapat memasukkan kamera ini ke dalam saku Anda. Keunggulan dari kamera pocket adalah kemudahan pengoperasiannya. Untuk itu, kamera ini sangat cocok digunakan oleh fotografer pemula, khususnya bagi Anda yang memiliki budget terbatas.


Salah satu kekurangan dari kamera pocket terletak pada lensanya. Berbeda dengan kamera mirrorless atau DSLR yang memiliki banyak pilihan lensa, kamera pocket hanya dibekali lensa yang menempel pada badan kamera. Jadi, Anda tidak dapat bereksplorasi, misalnya saja membuat gambar lebih bokeh atau melakukan pembesaran lebih jauh.


Di sisi lain, sering kali kamera pocket dianggap tidak dapat menghasilkan gambar yang memuaskan. Untuk itu, keterampilan dalam memotret sangatlah dibutuhkan. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa tipe kamera pocket Canon yang didesain untuk profesional. Misalnya saja seri PowerShot G7 X Mark II, PowerShot G5 X Mark II, atau PowerShot G1 X Mark III.

Untuk hasil yang memuaskan dan mudah dibawa, pilih kamera mirrorless

Dilihat dari desainnya, kamera mirrorless memiliki bodi yang lebih kecil daripada DSLR. Tombol pengaturan dan pengoperasiannya pun relatif lebih mudah dibandingkan DSLR. Dari sisi kualitas gambar, kamera mirrorless dan DSLR memiliki beberapa kemiripan. Selain dipengaruhi oleh jenis sensor dan resolusi, hasil gambar yang didapat sangat bergantung dari keterampilan penggunanya. 


Kamera mirrorless cukup digemari karena memiliki desain yang futuristis dan stylish. Terdapat pula viewfinder elektronik yang memudahkan Anda untuk melihat secara langsung gambar yang dibidik. Viewfinder tersebut akan sangat membantu saat Anda menaikkan ISO atau menurunkan aperture


Lewat viewfinder, Anda juga dapat melihat secara langsung perubahan warna yang terjadi. Untuk itu, kamera mirrorless sangat cocok untuk para konten kreator yang ingin praktis dan mengutamakan kualitas gambar. Misalnya saja saat ingin membuat vlog, video sinematik, fotografi jalanan, dan lainnya.

Untuk kebutuhan profesional, pilih kamera DSLR

Berbeda dengan kamera tipe pocket dan mirrorless, kamera DSLR memiliki bentuk bodi yang besar dan kokoh. Meskipun bodi kameranya sangat berat, kamera DSLR sangat direkomendasikan untuk Anda yang serius menggeluti fotografi. Hasil foto dari kamera DSLR Canon pun terbilang sangat memuaskan. 


Bahkan, ketahanan baterai dari kamera DSLR diklaim lebih baik dibandingkan kamera mirrorless. Hal ini disebabkan karena sedikitnya komponen elektronik pada kamera DSLR. Berbeda dengan tipe mirrorless, kamera DSLR masih menggunakan cermin untuk memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder. Untuk itu, gambar yang Anda lihat melalui viewfinder akan terlihat sama persis dengan objek aslinya. 


Keuntungan lain bagi pengguna kamera DSLR adalah pilihan lensa yang cukup beragam. Anda dapat menemukan banyak pilihan lensa, mulai dari jenis fixed, wide angle, telephoto, hingga macro. Jika profesionalitas kerja menjadi hal yang terpenting untuk Anda, kamera DSLR adalah pilihan terbaik.

Perhatikan ukuran sensornya

Setiap kamera memiliki ukuran sensor yang berbeda-beda. Jenis sensor ini akan memengaruhi kualitas gambar yang akan Anda dapatkan. Apa saja jenis dan ukuran sensor pada kamera Canon? Bagaimana keunggulan dari masing-masing ukuran sensor tersebut? Simak penjelasan di bawah ini!

APS-C: harga lebih terjangkau dan memiliki banyak pilihan lensa

APS-C: harga lebih terjangkau dan memiliki banyak pilihan lensa

Secara fisik, kamera bersensor APS-C dan mirrorless tidaklah berbeda. Perbedaan dari kedua jenis sensor ini adalah komponen di dalamnya. Dari segi harga, kamera APS-C dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Umumnya, sensor APS-C memiliki ukuran di bawah 35 mm. Ukuran yang paling umum digunakan pada merek Canon adalah 22,5 x 15 mm.


Adapun kelebihan kamera bersensor APS-C terletak pada bobot dan ketersediaan lensanya. Kamera ini relatif lebih ringan dan cukup fleksibel pada semua jenis lensa. Untuk Anda yang senang memotret objek jarak jauh, crop factor pada lensa APS-C sangatlah membantu. Misalnya saja ketika Anda menggunakan lensa dengan focal length 200 mm, setelah terkena crop factor lensa tersebut akan memiliki ukuran sejauh 300 mm.


Kekurangan dari kamera bersensor APS-C adalah cakupan ruang bidiknya. Untuk mendapatkan hasil foto landscape yang indah, Anda harus menggunakan lensa superwide. Kelemahan lain dari kamera bersensor APS-C sangat terasa ketika dipakai untuk memotret pada kondisi cahaya gelap. Bagi sebagian orang, kondisi seperti ini mungkin cukup mengganggu. Untuk itu, disarankan tidak menggunakan ISO terlalu besar agar noise dapat diminimalisasi.

Full frame: ukuran gambar lebih lebar dan tajam

Full frame: ukuran gambar lebih lebar dan tajam

Kamera bersensor full frame umumnya memiliki ukuran sensor yang lebih besar daripada kamera APS-C, yakni 36 x 24 mm. Ukuran sensor yang besar inilah yang membuat bodi kamera lebih berat saat dibawa. Ukuran sensor ini juga memberikan pengaruh terhadap dynamic range. Artinya, dengan sensor yang lebih besar, kamera seri full frame lebih unggul dalam menangkap cahaya.


Hal yang paling terasa saat menggunakan kamera bersensor full frame adalah mengenai cakupan bidikannya. Jika Anda menggunakan lensa ultra wide berukuran 18 mm, kamera tidak akan terkena crop factor. Artinya, tampilan yang akan muncul di kamera benar-benar berukuran 18 mm. Berbeda dengan APS-C yang akan terkena crop faktor menjadi 1,5x. Untuk itu, banyak fotografer landscape yang menggunakan kamera bersensor full frame.


Kekurangan dari kamera bersensor full frame adalah harga yang tinggi, baik bodi maupun lensanya. Tak hanya itu, tidak semua lensa APS-C cocok dipasangkan pada kamera bersensor full frame. Meski kualitas gambarnya tidak berubah, sudut pandangnya akan mengalami perubahan. Hal ini dikarenakan lensa APS-C memiliki sensor yang lebih kecil sehingga tidak dapat mencakupi bidang kamera full frame. 

Perhatikan ketersediaan fitur

Perhatikan ketersediaan fitur

Untuk mendapatkan hasil foto yang optimal, perhatikan setiap fitur yang ditawarkan. Bagi Anda yang berprofesi sebagai videografer, memilih kamera dengan format perekaman 4K adalah pilihan yang tepat. Perhatikan juga ketersediaan jack mikrofon yang mendukung pemasangan perangkat audio tambahan.


Fungsi Log atau C-Log pada kamera juga perlu diperhatikan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menampilkan detail warna asli dari lokasi pengambilan gambar. Saat mengaktifkan fitur ini, background dan warna objek gambar akan terlihat lebih flat. Karena itu, fungsi Log pada kamera memang diperuntukkan bagi Anda yang merencanakan grading saat proses editing.


Sementara untuk Anda yang membutuhkan kecepatan tinggi, pilihlah kamera dengan autofokus yang cepat. Perhatikan pula ketersediaan stabilisasi gambar pada bodi kamera agar gambar yang dihasilkan tidak blur. Hal yang tak kalah pentingnya adalah teknologi tracking dan mode burst-nya. Fitur ini tentunya sangat membantu Anda ketika memotret objek bergerak, seperti olahraga, kehidupan satwa liar, dan lainnya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Canon EOS M100 Kit

(EF-M15-45 IS STM)

Rp 6.600.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kamera Canon terbaik

Apakah Anda sudah memahami cara memilih kamera Canon terbaik? Jika Anda masih kesulitan, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk kamera Canon terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Jangan lupa untuk membaca kembali tips memilih kamera yang sudah kami bahas sebelumnya, ya!

10
Jenis Kamera pocket/saku
Sensor Tidak disebutkan
Titik sistem AF -
Piksel efektif 20,2 MP
ISO efektif 800—3200
Perekaman video Full HD
Berat 147 gram
Image stabilizer Tipe geser lensa
9
Jenis Kamera pocket/saku
Sensor Tidak disebutkan
Titik sistem AF 31 titik
Piksel efektif 20,1 MP
ISO efektif 125—12800 (H:25600)
Perekaman video 4K (tanpa crop)
Berat 304 gram
Image stabilizer Jenis lens-shift
8
Jenis Mirrorless
Sensor APS-C
Titik sistem AF 49 titik
Piksel efektif 24,2 MP
ISO efektif 100—25600
Perekaman video Full HD
Berat 690 gram
Image stabilizer Tipe geser lensa
7
Jenis Mirrorless
Sensor APS-C
Titik sistem AF Maksimal 5.481 pilihan posisi titik AF/hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 32,5 MP
ISO efektif 100—25600 (H:51200)
Perekaman video 4K
Berat 408 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi
6
Jenis Mirrorless
Sensor APS-C
Titik sistem AF 143/99 titik (hingga 143 titik AF yang dapat ditampilkan apabila menggunakan lensa yang kompatibel)
Piksel efektif 24,1 MP
ISO efektif 100—25600 (H: 52100)
Perekaman video 4K
Berat Hitam: ±351 gram・Putih: ±354 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar 5-sumbu selama perekaman film (combination IS)
5
Jenis DSLR
Sensor APS-C
Titik sistem AF 45 titik (semua tipe silang)
Piksel efektif 24,2 MP
ISO efektif 100—12800 (H:25600)
Perekaman video Full HD
Berat 730 gram
Image stabilizer x
4
Jenis DSLR
Sensor APS-C
Titik sistem AF OVF: 45 titik/ live view: 5.481 pilihan area fokus
Piksel efektif 32,5 MP
ISO efektif 100—25600 (H:51200)
Perekaman video 4K
Berat 701 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi
3
Jenis DSLR
Sensor Full frame
Titik sistem AF 61 (cross-type AF point: max. 41 points)
Piksel efektif 50,6 MP
ISO efektif 100—6400 (H:12800)
Perekaman video Full HD
Berat 930 gram
Image stabilizer x
2
Jenis DSLR
Sensor Full frame
Titik sistem AF OVF: maksimal 191 titik (titik AF tipe silang: maks. 155 titik)/ live view: maksimal 3869 pilihan posisi titik AF/ hingga 525 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 20,1 MP
ISO efektif Stills: 100—102400 (L:50, H1:204800, H2:409600, H3:819200)・Film: 100—25600 (H1:204800)
Perekaman video 5.5K 50p/60p RAW, 4K 60p UHD/DCI
Berat 1440 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi
1
Jenis Mirrorless
Sensor Full frame
Titik sistem AF Maksimal 5.655 pilihan posisi titik AF/ hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)
Piksel efektif 30,3 MP
ISO efektif 100—40000 (L: 50, H1: 52100, H1: 102400)
Perekaman video 4K
Berat 1360 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodi

Tabel perbandingan produk kamera Canon terbaik

Gambar produk
1
Canon EOS R (RF24-105mm f/4-7.1 IS STM)  1

Canon

2
Canon EOS-1D X Mark III 1

Canon

3
Canon EOS 5DS R (Bodi)  1

Canon

4
Canon EOS 90D (Bodi)  1

Canon

5
Canon EOS 80D (Bodi)  1

Canon

6
Canon EOS M50 Kit (EF-M15-45 IS STM) 1

Canon

7
Canon EOS M6 Mark II (Bodi) 1

Canon

8
Canon EOS M6 Kit (EF-M18-150 IS STM) 1

Canon

9
Canon PowerShot G7 X Mark III 1

Canon

10
Canon IXUS 285 HS 1

Canon

Nama produk

EOS R (RF24-105mm f/4-7.1 IS STM)

EOS-1D X Mark III

EOS 5DS R (Bodi)

EOS 90D (Bodi)

EOS 80D (Bodi)

EOS M50 Kit (EF-M15-45 IS STM)

EOS M6 Mark II (Bodi)

EOS M6 Kit (EF-M18-150 IS STM)

PowerShot G7 X Mark III

IXUS 285 HS

Keunggulan

Keren! Mampu mendeteksi fokus dengan cepat hingga 0,05 detik

Buat film Anda makin berkualitas dan mengagumkan

Resolusi piksel paling besar di kelas DSLR Canon

Dilengkapi silent electronic shutter yang berguna untuk fotografi alam liar

Abadikan gambar bergerak tanpa blur lewat sensor AF yang luar biasa

Kualitas gambar yang memukau di berbagai kondisi pencahayaan

Gambar lebih hidup berkat Eye Detection AF

Membuat vlog makin mudah, monitor LCD-nya bisa ditekuk!

Nyaman digunakan untuk aktivitas sehari-hari

Pengaturannya simpel, harganya pun terjangkau

HargaRp 48.323.000,00Rp 122.945.000,00Rp 56.298.000,00Rp 19.800.000,00Rp 17.990.000,00Rp 12.562.000,00Rp 14.245.000,00Rp 16.445.000,00Rp 11.259.000,00Rp 3.236.000,00
Jenis Mirrorless DSLR DSLRDSLRDSLRMirrorless MirrorlessMirrorlessKamera pocket/sakuKamera pocket/saku
Sensor Full frameFull frameFull frameAPS-CAPS-CAPS-CAPS-CAPS-CTidak disebutkanTidak disebutkan
Titik sistem AF Maksimal 5.655 pilihan posisi titik AF/ hingga 143 area AF (pemilihan otomatis)OVF: maksimal 191 titik (titik AF tipe silang: maks. 155 titik)/ live view: maksimal 3869 pilihan posisi titik AF/ hingga 525 area AF (pemilihan otomatis)61 (cross-type AF point: max. 41 points) OVF: 45 titik/ live view: 5.481 pilihan area fokus 45 titik (semua tipe silang) 143/99 titik (hingga 143 titik AF yang dapat ditampilkan apabila menggunakan lensa yang kompatibel)Maksimal 5.481 pilihan posisi titik AF/hingga 143 area AF (pemilihan otomatis) 49 titik31 titik-
Piksel efektif 30,3 MP20,1 MP50,6 MP32,5 MP24,2 MP24,1 MP32,5 MP24,2 MP20,1 MP20,2 MP
ISO efektif 100—40000 (L: 50, H1: 52100, H1: 102400)Stills: 100—102400 (L:50, H1:204800, H2:409600, H3:819200)・Film: 100—25600 (H1:204800)100—6400 (H:12800)100—25600 (H:51200)100—12800 (H:25600)100—25600 (H: 52100)100—25600 (H:51200)100—25600 125—12800 (H:25600)800—3200
Perekaman video 4K5.5K 50p/60p RAW, 4K 60p UHD/DCIFull HD4KFull HD4K4KFull HD4K (tanpa crop)Full HD
Berat 1360 gram 1440 gram930 gram701 gram730 gramHitam: ±351 gram・Putih: ±354 gram408 gram690 gram304 gram147 gram
Image stabilizer Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodiStabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodixStabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodixStabilisasi gambar 5-sumbu selama perekaman film (combination IS)Stabilisasi gambar elektronik 5-axis dalam bodiTipe geser lensaJenis lens-shiftTipe geser lensa
Tautan produk

Baca juga rekomendasi kamera dari merek lainnya di sini

Selain sepuluh produk kamera Canon yang sudah kami sebutkan di atas, terdapat juga kamera dari merek lain yang bisa Anda pertimbangkan. Untuk memudahkan Anda menemukan kamera yang tepat, kami telah menyiapkan beberapa artikel yang dapat Anda pelajari. Silakan klik tautan berikut ini dan dapatkan produk kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan produk kamera Canon yang tepat? Secara khusus, Canon merupakan produsen yang terus mengembangkan teknologi kamera. Dalam memilih kamera Canon, sebaiknya Anda menyesuaikan terhadap level dan kebutuhan penggunaannya.


Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, selalu tingkatkan keterampilan Anda dalam memotret. Jika masih belum puas terhadap kualitasnya, cobalah untuk membeli lensa lain. Selamat mengabadikan setiap momen dengan kamera Canon pilihan Anda!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera digital compact atau kamera pocket merupakan kamera digital berukuran kecil dan hasil fotonya berkualitas tinggi. Meski kepopulerannya sempat menurun seiring kemunculan smartphone dengan kamera canggih, kamera pocket merek terkenal masih dicari. Bahkan, perusahaan besar seperti SONY, Canon, dan FUJIFILM sekarang mengeluarkan berbagai model kamera yang menarik.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek kamera pocket dan memberikan tips cara memilihnya. Tentunya, setiap kamera memiliki keunggulan tersendiri. Simak artikel ini untuk mendapatkan kamera pocket yang ideal bagi Anda!
    Kamera digital
    22.242 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
    19.982 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    8.986 Views
  • 10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Filter Lensa Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi fotografi? Tentunya harga kamera dan lensa SLR Anda tidak dapat dibilang murah, ya. Pastinya Anda ingin menjaga agar lensa tetap aman dari goresan meskipun sering digunakan dalam jangka waktu lama. Untuk perlindungan lensa Anda, filter lensa merupakan solusinya.Ada banyak brand yang memproduksi filter lensa, seperti K&F Concept, ZOMEi, dan Hoya. Tidak hanya untuk melindungi lensa, filter lensa juga dapat berfungsi untuk efek fotografi. Barangkali Anda cukup kewalahan memilih filter lensa yang Anda butuhkan. Karena itu, simaklah tips serta rekomendasi dari kami.
    Lensa & aksesori
    8.733 Views
  • 10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Fisheye Lens Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fisheye lens adalah lensa yang dapat mengambil gambar dengan skala lebih luas. Hasil foto menggunakan fisheye lens akan terlihat berbeda dengan adanya distorsi yang kentara. Bisa dibilang kalau fisheye lens adalah must have item bagi Anda yang suka mengambil foto pemandangan atau traveling.Berhubung fisheye lens bukanlah lensa biasa, tidak banyak orang mengerti cara memilih fisheye lens. Untuk itulah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi fisheye lens terbaik. Anda akan menemukan beragam fisheye lens berkualitas keluaran Canon, Olympus, Nikon, dan sebagainya dalam artikel ini. Yuk, disimak!
    Lensa & aksesori
    1.717 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    19.833 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.
    Lensa & aksesori
    2.537 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera menjadi perlengkapan yang sangat penting untuk mendokumentasikan kegiatan. Salah satu merek kamera yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah Lumix. Beberapa seri yang cukup laris di pasaran di antaranya adalah Lumix DC-GF10 dan Lumix DMC-G7K.Namun, bagaimana cara memilih kamera Lumix terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Melalui artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera Lumix terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas tips cara memilih kamera Lumix agar Anda tidak salah pilih. Selamat membaca!
    Kamera digital
    4.630 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!
    Kamera digital
    13.000 Views
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
    555 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!
    Kamera digital
    13.000 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Kamera digital
    19.982 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera Pocket Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera digital compact atau kamera pocket merupakan kamera digital berukuran kecil dan hasil fotonya berkualitas tinggi. Meski kepopulerannya sempat menurun seiring kemunculan smartphone dengan kamera canggih, kamera pocket merek terkenal masih dicari. Bahkan, perusahaan besar seperti SONY, Canon, dan FUJIFILM sekarang mengeluarkan berbagai model kamera yang menarik.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai merek kamera pocket dan memberikan tips cara memilihnya. Tentunya, setiap kamera memiliki keunggulan tersendiri. Simak artikel ini untuk mendapatkan kamera pocket yang ideal bagi Anda!
    Kamera digital
    22.242 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Lumix Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera menjadi perlengkapan yang sangat penting untuk mendokumentasikan kegiatan. Salah satu merek kamera yang cukup terkenal dan memiliki banyak pengguna adalah Lumix. Beberapa seri yang cukup laris di pasaran di antaranya adalah Lumix DC-GF10 dan Lumix DMC-G7K.Namun, bagaimana cara memilih kamera Lumix terbaik bagi pengguna pemula maupun profesional? Melalui artikel ini, kami akan mengulas sepuluh rekomendasi kamera Lumix terbaik untuk Anda. Kami juga akan mengulas tips cara memilih kamera Lumix agar Anda tidak salah pilih. Selamat membaca!
    Kamera digital
    4.630 Views
  • 10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Compact Camera Canon Terbaik di Bawah 3 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Canon merupakan salah satu perusahaan kamera yang sudah lama berdiri di Jepang. Hingga saat ini, kamera compact dari Canon sering menjadi pilihan bagi pemula fotografi atau Anda yang memiliki bujet terbatas. Beberapa seri kamera Canon yang memiliki harga di bawah tiga juta rupiah di antaranya adalah PowerShot, IXUS, dan iNSPic. Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih kamera compact Canon di bawah tiga juta rupiah. Tak ketinggalan, Anda dapat melihat daftar produk rekomendasi dari kami. Simak artikel ini dan dapatkan kamera compact Canon impian Anda dengan harga terjangkau!
    Kamera digital
    555 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    8.986 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori