1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 HP OPPO Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

OPPO merupakan salah satu merek HP yang populer di Indonesia. HP OPPO terbaru dengan spesifikasi dan fitur yang memanjakan penggunanya terus dihadirkan di pasaran. OPPO juga menawarkan kapasitas RAM/ROM yang besar, kamera yang bagus, dan baterai berkapasitas besar pada banyak produknya.


Kali ini kami akan membahas tips agar Anda dapat memilih HP OPPO yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi HP OPPO terbaik, di antaranya OPPO A16, A57, A76, A96 dan Reno8. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Deddy Huang adalah seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman menangani content marketing lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga seorang commercial food photographer untuk kebutuhan foto menu dan produk serta seorang travel blogger. Deddy juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gadget sehingga membuatnya menjadi seorang tech enthusiast. Sebagai tech enthusiast, ia berbagi ulasan seputar gadget melalui blog dan Instagram-nya.

Profil Deddy Huang
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Alasan memilih HP dari OPPO

Alasan memilih HP dari OPPO
Sumber: oppo.com

OPPO menjadi salah satu brand yang merajai pasar ponsel pintar atau smartphone di Indonesia. OPPO juga termasuk dalam lima brand HP yang paling diminati. Selain inovasi fitur yang selalu update, OPPO saat ini sudah memiliki pabrik di Indonesia sehingga ketersediaan produknya terjamin.


Jenis HP yang dikeluarkan OPPO pun bervariasi, mulai dari seri low-end, mid-end, hingga kelas flagship. Hal ini karena OPPO ingin menjawab semua kebutuhan konsumen. Anda tinggal menyesuaikannya dengan bujet dan tujuan penggunaan.


Ada beberapa daya tarik yang ditawarkan oleh OPPO, seperti kualitas kamera dan kapasitas baterai yang besar. Selain itu, OPPO menggunakan teknologi VOOC flash charge untuk pengisian daya baterai yang lebih cepat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih HP OPPO

Di bawah ini kami akan mengulas tips dalam memilih HP OPPO. Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami sebelum memilih, mulai dari seri, fitur, hingga kapasitas baterainya. Simak tips dari kami agar Anda makin mantap dalam memilih HP OPPO.

① Ketahui seri HP yang dikeluarkan oleh OPPO

OPPO tidak lagi memproduksi seri F dan R yang dahulu sempat menjadi tren. Sekarang OPPO hanya memiliki tiga seri utama, yaitu A, Reno, dan Find X. Kami akan menjelaskan kelebihan setiap serinya dalam poin berikut.

A series, bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari

A series, bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari
Sumber: oppo.com

OPPO seri A merupakan smartphone yang dirancang untuk kebutuhan sehari-hari tanpa mengurangi fungsi utamanya sebagai ponsel pintar. Spesifikasi yang diberikan seri ini memang tidak setinggi Reno dan Find X. Karena itu, OPPO A series memiliki harga yang paling rendah dibandingkan seri Reno dan Find X.


Meskipun demikian, smartphone dalam seri ini sudah memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Fitur yang diberikan juga bisa Anda andalkan untuk bermain mobile game. Kameranya pun cukup mumpuni untuk mengambil gambar dengan baik. Tambahan lagi, bodinya relatif tipis sehingga tidak akan merepotkan jika harus Anda simpan dalam kantong celana

Reno series, HP mid-end yang menghadirkan performa seimbang

Reno series, HP mid-end yang menghadirkan performa seimbang
Sumber: oppo.com

Reno series adalah smartphone OPPO kelas mid-end dengan spesifikasi dan fitur yang mumpuni. Reno series termasuk seri HP OPPO yang laris karena spesifikasinya dikhususkan untuk pengguna yang menginginkan performa seimbang.


OPPO Reno series biasanya memiliki RAM 8 GB dan ROM 128 GB. Selain itu, kualitas kameranya sudah bagus. Anda pun akan dimanjakan dengan beragam fitur untuk mengembangkan kreativitas.

 
Performa Reno series untuk gaming juga tidak mengecewakan. Istimewanya lagi adalah seri Reno dilengkapi teknologi VOOC sehingga Anda dapat mengisi dayanya dalam waktu yang lebih cepat.


Untuk fitur NFC, ada produk dari seri Reno yang sudah dilengkapi dan ada juga yang belum. Jadi, perhatikan ketersediaannya jika Anda sering menggunakan fitur tersebut, ya. 

Find X series, HP flagship dengan fitur komplet

Find X series, HP flagship dengan fitur komplet
Sumber: oppo.com

OPPO Find X series merupakan flagship smartphone yang memiliki DNA performa. Seri ini adalah smartphone dengan fitur lengkap. Mulai dari prosesor sampai kameranya akan membuat Anda jatuh hati. Pengguna smartphone ini akan terbiasa dengan multitasking karena sudah didukung oleh prosesor terbaik.


Tidak hanya unggul dari segi performa, OPPO Find X series juga memiliki desain yang elegan dan kukuh. Seri HP OPPO ini sudah memiliki sertifikasi IP68 yang berarti tahan air dan antidebu.


Kualitas kamera dari seri HP OPPO ini pun tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki piksel besar, ada kamera tambahan yang tidak dimiliki seri lain, seperti periscope dan microscope. Maka dari itu, harga OPPO Find X series terbilang tinggi. Jika Anda mementingkan gaya, prestise, dan kelengkapan fitur, seri ini patut dimiliki.

② Sesuaikan spesifikasi dan fitur HP dengan penggunaan Anda

Memilih fitur HP merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan. Pemilihan fiturnya tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut kami akan menjelaskan beberapa fitur yang ditawarkan oleh OPPO sesuai dengan penggunaannya.

Fotografi, kamera depan dan belakang memengaruhi kualitas gambar

Fotografi, kamera depan dan belakang memengaruhi kualitas gambar

OPPO terkenal dengan hasil tangkapan gambarnya yang kece. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperiksa jika Anda mencari HP dengan kualitas kamera yang bagus. Perhatikanlah jenis kamera yang dipasang serta fitur-fiturnya.


Ada bermacam lensa kamera pada HP OPPO, seperti kamera wide, ultra wide-angle, telefoto, makro, monokrom, periscope, dan microscope. Pilihlah HP OPPO dengan jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan angle objek yang dipotret.


Selain itu, cek fitur-fitur yang tersedia. Beberapa fitur yang bisa Anda temukan adalah night mode, bokeh, dan AI Palette. Bagi Anda yang ingin mengevlog dengan HP, perhatikan kualitas video rekamannya. Beberapa HP OPPO dilengkapi penangkapan gambar anti-shake. Hasil rekamannya stabil meski objek atau perekamnya bergerak.


Kualitas kamera memang memengaruhi hasil gambar. Namun, jangan lupa kalau cahaya yang memadai juga diperlukan dalam fotografi. Bukan hanya soal tingginya resolusi kamera, Anda pun perlu memperhatikan kondisi cahaya di sekitar.

Gaming, prosesor dan RAM paling memengaruhi kinerja saat bermain game

Gaming, prosesor dan RAM paling memengaruhi kinerja saat bermain game

Aplikasi mobile game saat ini memakan banyak memori. Karena itu, pengguna yang menyukai gaming harus mempertimbangkan prosesor dan RAM yang memadai. Dengan begitu, Anda akan mendapat pengalaman bermain game yang lebih maksimal.


OPPO memang tidak memiliki HP khusus gaming. Namun, banyak HP OPPO dibekali prosesor dan kapasitas RAM yang cukup untuk memainkan mobile game. Maka dari itu, periksa kedua hal ini jika Anda mencari HP OPPO untuk gaming, ya.


  • Prosesor

Sebenarnya, prosesor MediaTek sudah bisa menunjang permainan Anda. Namun, pemilihan prosesor yang mumpuni akan membuat grafis game menjadi lebih baik. Jika Anda menginginkan pengalaman gaming yang terbaik, Anda dapat memilih Qualcomm Snapdragon 855 ke atas.


  • RAM

Kapasitas penyimpanan yang kecil tentu membuat HP kesulitan menyimpan data permainan Anda. Akibatnya adalah game menjadi lag dan mengganggu permainan. Kami sarankan Anda memilih smartphone dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB ke atas untuk bermain game.

③ Lihat fitur-fitur menarik lainnya yang disediakan OPPO

OPPO juga masih membekali berbagai fitur menarik pada produknya, lho. Hal ini tentu menambah value dari smartphone tersebut. Mari simak pembahasannya satu per satu!

NFC, memudahkan beragam sistem pembayaran

NFC, memudahkan beragam sistem pembayaran

Near-field communication atau NFC berfungsi untuk melakukan pertukaran data dengan perangkat lain dalam jarak yang dekat. Bukan hanya transfer data, NFC juga dapat digunakan untuk mempermudah pembayaran. Penggunaan NFC yang paling umum adalah untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik atau e-money. E-money digunakan untuk beragam pembayaran, seperti parkir dan tol.

Bluelight protector, melindungi mata saat menatap layar

Bluelight protector, melindungi mata saat menatap layar

Penggunaan HP yang terlalu lama bisa mengganggu fungsi penglihatan karena efek sinar biru (blue light) dari layar HP. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sebagian besar HP OPPO sudah tersertifikasi TÜV Rheinland Full Care Display. Sertifikasi ini menjamin layar HP OPPO ramah untuk mata.


Anda dapat mengatur layar dalam mode eye care. Mode ini mampu menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara otomatis berdasarkan cahaya di sekitar Anda. Karena itu, mata akan tetap nyaman, bahkan ketika dalam keadaan gelap selama 30 menit.

IP rating, sertifikasi ketangguhan HP agar aman saat dibawa ke luar ruangan

IP rating, sertifikasi ketangguhan HP agar aman saat dibawa ke luar ruangan

IP rating saat ini menjadi nilai tambah dalam penjualan smartphone. Fitur yang paling banyak dicari adalah ketahanan terhadap air. Namun, jangan menganggap bahwa smartphone bisa berendam lama dalam air dengan adanya IP rating. Perlu Anda ingat bahwa kerusakan akibat air tidak termasuk dalam garansi produk.


Jika Anda mencari produk yang kuat, tahan air, dan antidebu, Anda perlu memeriksa IP rating dari HP tersebut. IP atau ingress protection adalah sertifikasi kekukuhan dari suatu produk. Sayangnya tidak semua HP OPPO memiliki sertifikasi IP rating


Hanya beberapa produk yang telah tersertifikasi IP rating, seperti seri Find X dengan IP68. HP dengan rating IP68 dapat berfungsi baik saat dibawa berenang di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Ada juga OPPO A54 dengan sertifikasi IPX4. HP ini cukup aman ketika tersiram atau tersemprot air.

④ Untuk penggunaan yang lama, periksa kapasitas baterai HP

Untuk penggunaan yang lama, periksa kapasitas baterai HP
Sumber: oppo.com

Biasanya makin besar kapasitas baterai, makin lama juga HP dapat bertahan dalam sekali charging. Namun, kapasitas baterai yang besar tentu akan membuat bobot HP lebih berat. Carilah kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan penggunaan HP.


Cek juga keberadaan fitur fast charging. Dengan fitur ini, waktu yang Anda gunakan untuk charging jadi makin singkat.

10 Rekomendasi HP OPPO terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk HP OPPO terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Deddy Huang.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

OPPO

A16

OPPO  A16  1枚目

HP budget-friendly yang minim lagging

2

OPPO

A95

OPPO  A95 1枚目

Menawarkan layar AMOLED dengan harga yang terjangkau

3

OPPO

A57

OPPO  A57 1枚目

Speaker stereo, suara tidak pecah meski volume seratus persen!

4

OPPO

Reno6

OPPO  Reno6  1枚目

Paket lengkap untuk daily driver Anda

5

OPPO

A96

OPPO  A96 1枚目

Bodi tahan gores, cocok untuk mobilitas tinggi

6

OPPO

A76

OPPO A76 1枚目

HP OPPO 3 jutaan yang bisa untuk gaming

7

OPPO

A54

OPPO  A54  1枚目

Smartphone level entry dengan performa mumpuni dan memori yang besar

8

OPPO

Reno8 Z 5G

OPPO  Reno8 Z 5G 1枚目

Menghadirkan kualitas sinema untuk menonton serial favorit

9

OPPO

Reno 6 5G

OPPO  Reno 6 5G 1枚目

Desain flat-edge yang elegan dan nyaman dalam genggaman!

10

OPPO

Find X5 Pro 5G

OPPO Find X5 Pro 5G 1枚目

Kelas flagship, menghasilkan foto yang premium

Perincian produk
Close
No.1

HP budget-friendly yang minim lagging

Kelebihan:

  • Layar sudah mendukung teknologi Eye Care 

Kekurangan:

  • Tidak terdapat fitur NFC untuk membaca kartu

Kami merekomendasikan produk ini apabila Anda mencari HP OPPO yang murah dan andal. Meski murah, performanya cukup bagus berkat penggunaan chipset MediaTek Helio G35 yang mampu mengurangi lagging hingga 18%. Soal fitur keamanan, HP OPPO A16 sudah dilengkapi sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power. Produk ini tentu merupakan salah satu HP OPPO 1 jutaan yang bagus.

No.2

Menawarkan layar AMOLED dengan harga yang terjangkau

Kelebihan:

  • Sudah terdapat koneksi NFC
  • Layarnya jernih karena menggunakan panel AMOLED

Kekurangan:
  • Tidak mendukung kamera ultra-wide


HP OPPO 3 jutaan ini sudah dibekali layar AMOLED. Layar tersebut memberi tampilan yang lebih jernih dan cerah, sudut pandang luas, serta hemat energi. Baik dipakai di outdoor maupun indoor, tampilan layarnya tetap sama bagus. Hal itu karena rentang tingkat kecerahan layarnya luas, yakni 2–600 nits. Bila Anda mencari rekomendasi HP OPPO dengan layar AMOLED yang harganya terjangkau, pilih OPPO A95.

No.3

Speaker stereo, suara tidak pecah meski volume seratus persen!

Kelebihan:

  • Sudah mendukung fast charging 33 watt

Kekurangan:

  • Kurang cocok untuk gaming karena tidak menggunakan chipset kelas gaming

Inilah salah satu OPPO seri A terbaik untuk Anda yang gemar menikmati musik lewat smartphone. HP OPPO 2 jutaan ini dilengkapi dual speaker sehingga audionya stereo. Kualitas suaranya makin prima berkat teknologi DIRAC 3.0. Posisi speaker utama ada di bagian bodi bawah, sedangkan speaker sekunder menyatu dengan earpiece HP OPPO A57. Hal ini membuat suaranya tetap jernih meski volume diatur maksimum.

No.4

Paket lengkap untuk daily driver Anda

Kelebihan:

  • Dibekali teknologi Dolby Atmos untuk audio yang kuat
  • Mendukung fast charging berdaya 50 watt

Kekurangan:

  • Belum mendukung jaringan 5G untuk kelas harganya

OPPO Reno6 merupakan smartphone kelas menengah dengan fitur yang komplet. Bodi tipis dan bobot yang ringan membuatnya nyaman digenggam. Selain itu, mata Anda akan dimanjakan oleh panel layar AMOLED Full HD dengan refresh rate 90 Hz yang smooth. Performa Reno6 pun memuaskan berkat chipset Snapdragon 720G yang sanggup melahap berbagai aplikasi.


Kameranya juga lengkap, mulai dari kamera selfie 44 MP, kamera utama 64 MP, kamera ultra wide-angle, makro, hingga monokrom. Melihat spesifikasi dan keunggulannya, HP OPPO ini cocok dijadikan daily driver Anda.

No.5

Bodi tahan gores, cocok untuk mobilitas tinggi

Kelebihan:

  • Layar dengan refresh rate 90 Hz adaptive yang smooth


Kekurangan:

  • Tidak mendukung kamera ultra-wide

Produk ini menjadi HP OPPO terbaik untuk menemani aktivitas outdoor Anda yang tinggi. Bodinya tahan gores dan lolos uji tahan jatuh puluhan ribu kali. Permukaan OPPO A96 bertekstur doff dan dirancang agar tidak meninggalkan bekas sidik jari. Ditambah gabungan sertifikasi rating IP5X dan IPX4, smartphone ini makin berdaya tahan prima. 

No.6

HP OPPO 3 jutaan yang bisa untuk gaming

Kelebihan:

  • Mendukung fast charging 33 watt
  • Refresh rate layar lebih smooth karena sudah 90 Hz

Kekurangan:

  • Layarnya belum AMOLED


Anda butuh rekomendasi HP OPPO 3 jutaan untuk gaming? Jika iya, OPPO A76 bisa dipertimbangkan. Smartphone ini dibekali chipset Snapdragon 680 yang mampu menjalankan sejumlah game populer, seperti PUBGM dan Mobile Legend. Chipset Snapdragon 680 juga menawarkan efisiensi daya 20 persen lebih baik dibandingkan seri pendahulunya. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memakainya untuk multitasking.

No.7

Smartphone level entry dengan performa mumpuni dan memori yang besar

Kelebihan:

  • Multitasking cukup smooth berkat RAM yang besar

Kekurangan:

  • Masih menggunakan chipset MediaTek yang dianggap kurang bertenaga

Jika Anda memiliki dana 3 jutaan dan bingung menentukan smartphone terbaik di kelas ini, OPPO A54 bisa menjadi pilihan. Meskipun kelasnya entry level, ada banyak fitur menarik pada HP OPPO 3 jutaan ini.


Produk ini menawarkan opsi RAM hingga 6 GB. RAM yang besar tentu membuat performa HP menjadi kian lancar untuk multitasking. Menyimpan berbagai file juga terasa lega berkat kapasitas memori internal yang mencapai 128 GB. OPPO bahkan masih memberikan slot microSD untuk menambah kapasitas memori penyimpanan.

No.8

Menghadirkan kualitas sinema untuk menonton serial favorit

Kelebihan:

  • Hasil fotonya cukup bagus, termasuk pada malam hari
  • Suhu ponsel relatif terkendali meski dipakai untuk performa berat

Kekurangan:

  • Refresh rate layar masih 60 Hz, kurang halus untuk gaming atau browsing

Produk ini adalah OPPO Reno terbaik untuk Anda para penikmat streaming film. Salah satu HP OPPO terbaru ini dilengkapi layar AMOLED FHD+ yang memanjakan mata. Ada juga sertifikat Netflix HD Certification dan Amazon Prime Video HD Certification. Jadi, menonton tayangan dari platform tersebut makin optimal. Selain itu, ada fitur Eye Care Display guna meminimalisir blue light. Kombinasi fitur yang menarik, bukan?

No.9

Desain flat-edge yang elegan dan nyaman dalam genggaman!

Kelebihan:

  • Mendukung jaringan 5G
  • Layar sudah berteknologi AMOLED yang nyaman dipandang

Kekurangan:

  • Tidak terdapat slot microSD, kapasitas memori tidak bisa ditambah
  • Tidak ada porta audio jack 3,5 mm

OPPO Reno 6 5G adalah smartphone berdesain flat-edge nan ultra-slim sehingga tampil modern. Produk ini cocok untuk Anda pencari HP OPPO dengan bodi yang nyaman digenggam. Tenang saja karena Anda dapat menggenggamnya terus tanpa perlu takut HP cantik ini cepat kotor.


Produk ini menggunakan teknologi OPPO Reno Glow yang membuat permukaannya tidak meninggalkan bekas sidik jari. Jangan lupakan juga bahwa HP ini sudah mendukung fitur fast charging hingga 65 watt!

No.10

OPPOFind X5 Pro 5G

Mulai dari Rp14.999.000,00

Kelas flagship, menghasilkan foto yang premium

Kelebihan:

  • Layar berteknologi AMOLED dengan refresh rate 120 Hz

Kekurangan:

  • Fitur fast charging masih 33 watt, bukan yang terkini dan tercepat di kelasnya

Fotografi menggunakan kamera smartphone kian umum diminati karena menawarkan kepraktisan dan hasil yang memukau. Salah satu HP OPPO terbaik untuk fotografi adalah produk ini. Sebagai HP flagship, kameranya menggunakan sensor Sony IMX 766. Sensor tersebut memiliki ukuran f/1.56, lebih besar dari seri pendahulunya.


Ukuran sensor yang besar memungkinkan cahaya yang masuk lebih banyak. Dengan begitu, kamera utamanya mampu memproduksi foto yang lebih detail dan tajam, termasuk pada mode low light. OPPO Find X5 Pro merupakan pilihan yang masuk akal untuk penyuka fotografi.

Baca juga rekomendasi HP lainnya di sini

Merek sering menjadi salah satu pertimbangan saat memilih HP. Maka dari itu, kenalilah setiap mereknya sebelum Anda membeli HP. Silakan klik tautan-tautan berikut untuk mengetahui informasi mengenai berbagai merek HP dengan produk unggulannya.

Kesimpulan

Apakah Anda mulai tertarik untuk memiliki salah satu HP OPPO terbaik? Ada banyak pilihan HP OPPO yang bagus di pasaran. Pilihlah produk dengan fitur yang menunjang penggunaan Anda.

 
Kami telah menjelaskan poin-poin penting yang dapat Anda jadikan acuan saat memilih. Kami juga memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pertimbangkan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah memilih HP OPPO yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer