1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Gym & fitness
  6. >
  7. 10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Cross Trainer Terbaik - Ditinjau oleh Physiotherapist (Terbaru Tahun 2023)

Cross trainer sangat cocok bagi Anda yang ingin diet. Anda bisa melakukan aerobik dan melatih bagian tubuh atas dan bawah secara bersamaan. Cross trainer memiliki berbagai model, baik yang dapat dilipat maupun yang dilengkapi monitor. Dari banyaknya merek, seperti Berwyn, Yesoul, iReborn, Total Health Gym, dan Kettler, manakah yang harus Anda pilih? 


Pada artikel ini kami akan menjelaskan tips memilih cross trainer yang bagus dan memberi rekomendasi beberapa produk terbaik. Simak komentar injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy dan temukan cross trainer untuk diet, melatih otot, menjaga kesehatan, hingga rehabilitasi.

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia. Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Profil Dr. Andy Widjaja
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Sangat efektif untuk diet, apa itu cross trainer?

Sangat efektif untuk diet, apa itu cross trainer?

Cross trainer adalah alat latihan kebugaran dengan pengulangan gerakan mendayung pada tangan dan kaki secara bergantian. Dengan satu alat, Anda dapat menirukan gerakan menaiki tangga, berjalan, atau berlari. 


Latihan aerobik ini sangat efisien sebab Anda dapat melatih tubuh bagian atas dan tubuh bagian bawah secara bersamaan. Prinsip dasar latihan ini adalah bergerak seperti menggambar elips menggunakan pedal. Karena kaki tidak beranjak dari pedal, lutut dan pergelangan kaki Anda tidak akan terbebani. Artinya, risiko terjadi cedera atau jatuh pun lebih kecil. 


Jadi, para orang tua atau lansia, bahkan penderita artritis, dapat menggunakan cross trainer dengan tenang. Selain itu, latihan dengan alat ini juga banyak membakar kalori sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan. 

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ada dua cara penggunaan cross trainer dilihat dari pegangan yang Anda genggam. Semua cross trainer memiliki:


  • Genggaman luar (tersambung dengan pedal kaki): Untuk Anda yang ingin melatih dan menggerakan tangan.
  • Genggaman dalam (tidak tersambung dengan pedal kaki): Untuk Anda yang ingin melatih kaki sehingga tangan tidak ikut membantu pergerakan.

Salah satu kelebihan cross trainer adalah rendahnya impact atau tekanan yang diterima oleh sendi tubuh, terutama pada lutut dan telapak kaki. Jika Anda mempunyai cedera pada lutut dan telapak kaki, cross trainer merupakan opsi yang aman. Alat ini akan tetap melatih kardio atau jantung tanpa membuat cedera Anda makin parah.


Kelebihan lain dari cross trainer adalah Anda dapat menggerakannya dengan tenaga dari kaki atau tangan. Ketika salah satu bagian tubuh Anda, misalnya kaki, sudah lelah, Anda bisa mengistirahatkannya. Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggerakan cross trainer dengan tenaga tangan. Sebaliknya, Anda bisa mengistirahatkan tangan dan fokus pada kaki apabila tangan lelah.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih cross trainer

Pilihan cross trainer sangat beragam tergantung pada tujuan penggunaan dan ruang penyimpanannya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda memilih alat fitness yang satu ini.

① Pilihlah yang sesuai tujuan Anda

Cross trainer tersedia dalam berbagai model di pasaran. Ada model yang cocok untuk menurunkan berat badan, melatih otot, menjaga kebugaran tubuh, atau rehabilitasi. Pilihlah yang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda.

Untuk diet, cross trainer dengan fitur perhitungan kalori yang terbakar

Untuk diet, cross trainer dengan fitur perhitungan kalori yang terbakar

Model alat dengan perhitungan jumlah kalori yang terbakar sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Cukup banyak mesin yang memiliki fungsi ini sehingga Anda dapat berlatih sampai target jumlah pembakaran kalori tercapai.


Penambahan beban dan sudut kemiringan akan secara otomatis meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Namun, pemula cukup berlatih tanpa tambahan beban apa pun. Tingkat kesulitan latihan dapat ditingkatkan secara bertahap.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Bagi para pemula, gunakan cross trainer tanpa beban dengan kecepatan yang medium selama 2030 menit. Untuk hasil yang optimal, detak atau denyut jantung Anda harus sedikit naik dari kondisi normal. Jika denyut jantung Anda tidak meningkat, intensitas latihannya kurang optimal. Anda pun bisa meningkatkan kecepatan kayuhan atau menambah beban cross trainer-nya.

Untuk membentuk otot, cross trainer dengan variasi penyesuaian beban

Untuk membentuk otot, cross trainer dengan variasi penyesuaian beban

Ada dua jenis beban pada cross trainer, yaitu:


  • Beban yang diperoleh dari penambahan bobot
  • Perubahan kemiringan

Apabila Anda ingin berlatih dengan baik, pilih model yang memiliki kedua fungsi tersebut. Untuk model alat yang dapat diubah kemiringannya, gerakan pedal juga akan berubah. Jika Anda dapat menjaga postur tubuh selama berlatih, otot perut dan panggul akan menjadi kencang. 


Selain itu, perubahan gerakan otot paha akan mengencangkan otot tubuh bagian bawah. Cross trainer dilengkapi rem magnetik atau rem elektrik untuk menambah beban. Jika mode beban penuh dipilih, Anda dapat berlatih aerobik ringan sampai latihan fisik yang relatif berat.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika Anda ingin menggunakan cross trainer untuk melatih otot, tingkatkanlah beban cross trainer tersebut sehingga injakannya menjadi berat. Untuk melatih otot, berat beban pada cross trainer lebih penting dibandingkan dengan kecepatan Anda mengayuh.

Untuk menjaga kesehatan lansia, model dengan fitur pengukuran fungsi jantung

Untuk menjaga kesehatan lansia, model dengan fitur pengukuran fungsi jantung

Bagi para lansia yang tetap ingin menjaga kebugaran tubuh, pilihlah model dengan fitur pengukuran fungsi jantung. Jadi, Anda dapat memantau apakah intensitas latihan sudah tepat atau terlalu berat. Rata-rata denyut jantung memang sangat tergantung pada usia dan tujuan latihan itu sendiri. 


Jika Anda ingin menurunkan berat badan, misalnya, 60%80% dari denyut jantung cukup efisien untuk pembakaran lemak. Fitur pemantauan fungsi jantung ini juga akan berguna bagi Anda yang khawatir akan kesehatan jantung. Pengukur denyut jantung ini biasanya berupa sensor yang menempel pada handle.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Ketika tujuan Anda melatih otot jantung atau kardio, Anda bisa menggunakan beban yang relatif lebih ringan dan fokus pada kecepatan mengayuh cross trainer-nya. Namun, jika Anda mempunyai riwayat penyakit jantung dan peredaran darah, harap cek dahulu dengan dokter sebelum memulai latihan dengan cross trainer.

② Utamakan model cross trainer yang sudut dan tinggi pedalnya dapat disesuaikan

Utamakan model cross trainer yang sudut dan tinggi pedalnya dapat disesuaikan

Dalam penggunaan cross trainer, ketepatan postur sangat penting. Karena itu, pilihlah model alat yang pedalnya dapat disesuaikan. Kami merekomendasikan model alat yang posisi, ketinggian, serta jarak pedalnya dapat diatur hingga sesuai dengan postur Anda.


Saat menggunakan alat ini, ketinggian pedal sebaiknya tidak melebihi lutut Anda. Punggung Anda tegak lurus dan tidak condong ke depan, sedangkan posisi tumit selalu melekat pada pedal. Gerakan langkah yang lebar dapat dilakukan agar diet lebih optimal. Sementara itu, latihan dengan gerakan mundur memungkinkan Anda untuk membentuk otot paha dan bokong.

③ Pertimbangkan model yang nyaman digunakan di dalam ruangan

Situasi di gym tentu sangat berbeda dengan rumah. Apabila Anda membeli cross trainer untuk pemakaian di rumah, pilihlah model yang nyaman digunakan di dalam ruangan. 

Model yang tidak berisik dan hanya menimbulkan sedikit getaran untuk penggunaan di apartemen

Model yang tidak berisik dan hanya menimbulkan sedikit getaran untuk penggunaan di apartemen

Dengan posisi kaki selalu mengayuh pedal, cross trainer sebetulnya sangat cocok digunakan di dalam ruangan. Alat ini cenderung tidak berisik dan tidak menimbulkan banyak getaran dari mesin. Meski demikian, ada juga model cross trainer yang cukup berisik ketika pedal berputar atau saat dilipat. 


Demi kenyamanan, sebaiknya pilih model dengan desain yang tidak berisik, apalagi jika Anda tinggal di apartemen. Di pasaran tersedia juga produk yang dilengkapi dengan matras kedap suara untuk dipasang di bawah cross trainer. Sayangnya, cross trainer yang dilengkapi matras masih jarang di Indonesia.

Ukuran cross trainer sesuai dengan area yang tersedia untuk kemudahan penyimpanan

Ukuran cross trainer sesuai dengan area yang tersedia untuk kemudahan penyimpanan

Saat membeli cross trainer, pastikan ukurannya sesuai dengan ruang yang tersedia di rumah. Akan lebih menghemat tempat jika Anda memilih model yang dapat dilipat atau model yang dilengkapi dengan roda. Jadi, alat mudah disimpan atau dipindahkan. Namun, jika ingin meletakkan alat di area tertentu agar mudah digunakan, pastikan kekuatan lantai dan bobot alat sesuai.


Seperti diketahui, alat ini digunakan dengan cara mengayunkannya ke depan dan belakang. Maka dari itu, penting juga untuk memastikan rentang ayunannya sehingga tidak menyenggol barang lain di ruangan tersebut.

④ Ketahui fitur-fitur yang membantu Anda memantau perkembangan kondisi fisik

Adanya fitur yang dapat memantau kondisi fisik sangat penting pada alat latihan kebugaran. Dengan memilih model yang tepat, Anda akan lebih termotivasi untuk berolahraga secara konsisten. 

Fitur pengukur jarak dan waktu, bisa menambah motivasi

Fitur pengukur jarak dan waktu, bisa menambah motivasi

Dengan fitur pengukuran jarak dan waktu untuk setiap penggunaan, peningkatan kekuatan tubuh Anda akan terekam. Hal ini dapat memotivasi Anda untuk berlatih. Untuk memperoleh peningkatan, bukan berarti Anda harus terus meningkatkan kecepatan seperti pada penggunaan running machine. Pada cross trainer kecepatan yang direkam adalah kecepatan mengayunkan langkah. 


Anda juga boleh saja berlatih dengan kecepatan konstan untuk menjaga ritme sambil meningkatkan kekuatan tubuh secara perlahan. Meski demikian, sebaiknya tetap pilih alat dengan fitur pengukuran kecepatan. Tujuannya adalah memudahkan Anda jika ingin mengubah kecepatan selama latihan. 

Meja atau gadget holder, olahraga sambil multitasking

Meja atau gadget holder, olahraga sambil multitasking

Beberapa orang ingin dapat melakukan aktivitas lain sambil berolahraga. Apabila Anda termasuk tipe demikian, alat dengan gadget holder merupakan pilihan sesuai. Anda dapat menulis email sambil berolahraga sehingga bisa menggunakan waktu dengan efektif. 


Selain itu, Anda dapat mengunduh aplikasi tertentu yang menyajikan pengalaman bergerak jauh secara virtual. Anda juga dapat browsing atau menonton video selama berolahraga. Dengan demikian, olahraga pun terasa lebih menyenangkan. 

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Berlatih cross trainer sambil menonton video atau film dapat memberikan efek positif terhadap latihan Anda. Ketika pikiran Anda terfokus pada video atau film, rasa lelah pun akan berkurang dan Anda bisa berlatih dengan intensif dalam durasi yang lama

10 Rekomendasi cross trainer terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk cross trainer terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andy Widjaja.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Total Health Gym

Orbitrack Plat - Elliptical Bike Crosstrainer

Total Health Gym Orbitrack Plat - Elliptical Bike Crosstrainer 1枚目

Temukan berbagai fungsi dalam satu alat saja!

2

Yesoul

Elliptical Trainer

Yesoul Elliptical Trainer 1枚目

Bisa berlatih di rumah sambil menikmati pemandangan indah secara virtual!

3

Total Health Gym

Multi Functional Bike - Elliptical Bike Crosstrainer

Total Health Gym Multi Functional Bike - Elliptical Bike Crosstrainer 1枚目

Berolahraga di rumah tanpa menghabiskan banyak ruang

4

Kettler

Skylon 2

Kettler Skylon 2 1枚目

Berlatih lebih optimal dengan berbagai fitur canggih

5

Total Health Gym

Big Magnetic Cross Trainer

Total Health Gym Big Magnetic Cross Trainer 1枚目

Model yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung

6

OB FIT

New Elliptical Cross Trainer with Seat

OB FIT New Elliptical Cross Trainer with Seat 1枚目

Variasi intensitas latihan dengan 8 level tension

7

Kettler

Cross Trainer Ecocross M

Kettler Cross Trainer Ecocross M 1枚目

Menurunkan berat badan dengan latihan yang menyenangkan

8

OB FIT

New Design Sepeda Orbitrak Multifungsi

OB FIT New Design Sepeda Orbitrak Multifungsi 1枚目

Dilengkapi twister, cocok untuk Anda yang perlu variasi latihan

9

Berwyn

Elliptical

Berwyn Elliptical 1枚目

Ramping, sederhana, dan ramah bagi pemula

10

iReborn

Rio Air Elliptical

iReborn Rio Air Elliptical 1枚目

Tetap bugar dengan biaya terjangkau!

Perincian produk
Close
No.1

Total Health GymOrbitrack Plat - Elliptical Bike Crosstrainer

Mulai dari Rp2.880.000,00

Temukan berbagai fungsi dalam satu alat saja!

Produk ini tidak hanya berfungsi sebagai cross trainer, tetapi dapat pula digunakan sebagai sepeda statis. Bersama dengan produk ini, Anda juga akan memperoleh bonus dumbbell sehingga dapat sekaligus berlatih angkat beban. Dengan kata lain, membeli produk ini merupakan cara praktis untuk menjaga kebugaran dan bentuk tubuh.

No.2

YesoulElliptical TrainerE30S

Mulai dari Rp9.639.000,00

Bisa berlatih di rumah sambil menikmati pemandangan indah secara virtual!

Yesoel E30S dapat terkoneksi dengan aplikasi Zwift, Wahoo, dan Kinomap. Alhasil, alat ini memungkinkan Anda untuk berlatih sembari melihat pemandangan di luar negeri secara virtual! Gerakan mengayun yang dilakukan akan terasa lebih seru jika dilakukan sembari "cuci mata", kan? Berolahraga di rumah pun jauh dari kata membosankan.


Selain itu, Yesoel E30S ini juga dilengkapi dengan teknologi 24 Gears Magnetic Resistance yang membuat Anda bisa mengatur intensitas latihan ringan ataupun berat. Dengan berbagai keunggulannya, tak heran produk ini sempat mendapatkan penghargaan Brand Choice Award 2021!

No.3

Total Health GymMulti Functional Bike - Elliptical Bike CrosstrainerTL- 8508

Mulai dari Rp2.980.000,00

Berolahraga di rumah tanpa menghabiskan banyak ruang

Cross trainer ini menawarkan berbagai fitur. Salah satu keunggulannya adalah dimensi yang ramping dan roda ganda yang mudah dilipat sehingga memudahkan penyimpanan. 


Oleh karena itu, alat ini cocok bagi Anda yang tinggal di apartemen atau hunian yang mungil. Dengan ruang yang terbatas, Anda tetap dapat menjaga kebugaran tubuh secara konsisten. 

No.4

KettlerSkylon 27691-200

Mulai dari Rp17.950.000,00

Berlatih lebih optimal dengan berbagai fitur canggih

Anda dapat berlatih dengan lebih optimal menggunakan berbagai fitur yang dimiliki produk ini. Tersedia fitur pendeteksi detak jantung secara real time dan tampilan performa latihan Anda.


Untuk sinkronisasi data, Anda juga dapat menghubungkan alat dengan aplikasi kebugaran melalui fitur Bluetooth yang tersedia. Bahkan, Anda dapat membuat program latihan sesuai dengan kebutuhan. Menariknya, meski dilengkapi berbagai fitur canggih, produk ini tetap mudah digunakan.

No.5

Total Health GymBig Magnetic Cross TrainerTL-388E

Mulai dari Rp5.060.000,00

Model yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung

Intensitas latihan dengan produk cross trainer yang satu ini relatif ringan dengan hasil maksimal. Alat ini dilengkapi dengan pemberat magnetik yang dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda serta layar yang menampilkan denyut jantung. Oleh karena itu, produk ini cocok untuk menjaga kesehatan jantung, bahkan cocok bagi penderita penyakit jantung sekalipun.

No.6

OB FITNew Elliptical Cross Trainer with SeatOB-1821

Mulai dari Rp12.300.000,00

Variasi intensitas latihan dengan 8 level tension

Produk ini cocok digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Delapan level tension yang tersedia memungkinkan Anda untuk mengatur intensitas latihan. Jadi, kebutuhan setiap orang yang berbeda-beda dapat terakomodasi oleh alat ini. Cross trainer ini juga dilengkapi roda yang membuatnya mudah untuk dipindahkan ketika sedang tidak digunakan.

No.7

KettlerCross Trainer Ecocross M220-000

Mulai dari Rp8.325.000,00

Menurunkan berat badan dengan latihan yang menyenangkan

Layaknya latihan aerobik lain, berlatih dengan cross trainer pun sangat optimal dalam membakar lemak dan kalori. Berlatih selama 30 menit akan membakar kurang lebih 200 kalori.


Menariknya, produk ini akan membuat latihan Anda lebih menyenangkan karena dilengkapi dengan monitor dan phone holder. Selama latihan, Anda bisa mendengarkan podcast, melihat video, atau sekadar browsing.

No.8

OB FITNew Design Sepeda Orbitrak MultifungsiOB 6017

Mulai dari Rp9.400.000,00

Dilengkapi twister, cocok untuk Anda yang perlu variasi latihan

Beberapa di antara Anda mungkin mudah merasa bosan ketika harus melakukan gerakan yang sama berulang-ulang. Dengan cross trainer multifungsi ini, hal tersebut dapat dihindari.


Tidak hanya gerakan mengayuh atau melangkah, alat ini juga memungkinkan Anda berlatih push up atau twister. Selain itu, radio FM pada alat ini membuat latihan makin menyenangkan!

No.9

Ramping, sederhana, dan ramah bagi pemula

Cross trainer dari Berwyn bisa jadi pilihan jika Anda membutuhkan produk yang ramping, simpel, dan user-friendly. Fitur-fiturnya sudah lengkap untuk pemula, mulai dari pengaturan jarak, waktu, kecepatan, sensor tangan, hingga penghitung kalori dan denyut nadi. Alat ini juga tidak membutuhkan listrik. Anda hanya perlu menggunakan baterai AA untuk mengaktifkan layar monitornya.

No.10

iRebornRio Air Elliptical

Mulai dari Rp2.500.000,00

Tetap bugar dengan biaya terjangkau!

Cross trainer ini termasuk salah satu jenis alat kebugaran yang dijual dengan harga cukup ekonomis. Produk ini didesain tanpa tension control dan bergantung pada tekanan angin. Makin cepat Anda mengayuh, makin berat tekanan yang akan dirasakan. Jadi, Anda dapat menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan tanpa harus merogoh saku terlalu dalam.

Apa perbedaan mesin elliptical dan cross trainer?

Apa perbedaan mesin elliptical dan cross trainer?

Cross trainer dan elliptical trainer sama-sama tergolong dalam mesin elliptical atau mesin elips. Perbedaannya adalah cross trainer memiliki beberapa tambahan fitur lainnya yang tidak terdapat di dalam mesin elips standar. 


Cross trainer dirancang untuk melatih tubuh bagian atas dan juga tubuh bagian bawah. Pada mesin elips standar Anda bergerak dengan mengaktifkan otot kaki, bokong, dan paha. Sementara itu, pada cross trainer Anda juga mengayuh melibatkan otot tubuh bagian atas, seperti biseps, triseps, dada, serta core. 

Baca juga rekomendasi alat fitness kardio lainnya untuk diet di sini

Cross trainer memang dikenal cocok untuk diet, tetapi alat ini bukan satu-satunya pilihan. Anda juga dapat melatih kebugaran dan menurunkan berat badan dengan menggunakan alat fitness lain. Sepeda spinning dan treadmill merupakan pilihan alat yang dapat digunakan. Untuk menemukan produk yang sesuai, Anda dapat melihat link di bawah ini!

Kesimpulan

Meskipun menjaga kebugaran tubuh itu penting, tidak semua orang sempat pergi ke pusat kebugaran. Padahal, hanya perlu 30 menit per hari sudah cukup untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Memiliki alat latihan seperti cross trainer di rumah memungkinkan Anda untuk berlatih secara teratur. Waktu latihan dapat disesuaikan dengan jadwal kegiatan harian Anda. Jadi, olahraga teratur bukan lagi kendala.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer