• 10 Bubur Oatmeal Terbaik untuk MPASI - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bubur Oatmeal Terbaik untuk MPASI - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bubur Oatmeal Terbaik untuk MPASI - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bubur Oatmeal Terbaik untuk MPASI - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bubur Oatmeal Terbaik untuk MPASI - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bubur Oatmeal Terbaik untuk MPASI - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Nutrisi terbaik untuk newborn baby memang berasal dari ASI, tetapi Anda perlu memperkenalkan makanan solid saat usianya 6 bulan. Salah satu pilihan makanan kaya protein, serat, dan bernutrisi yang bisa dibuat MPASI adalah bubur oatmeal.


Di artikel ini kami akan membahas tips memilih oatmeal bayi untuk usia 8 bulan, 1 tahun, dan 2 tahun. Selain itu, ada pula rekomendasi merek oatmeal untuk bayi yang bagus, seperti Gerber, Aiko, dan Quaker. Sebagai informasi, artikel ini juga sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Silakan dibaca sampai selesai, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 26 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign, seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent.

Apa manfaat oatmeal untuk bayi?

Apa manfaat oatmeal untuk bayi?

Bubur oatmeal adalah makanan kaya nutrisi karena mengandung serat dan protein yang tinggi. Banyak ahli dan penelitian yang membuktikan bahwa oatmeal memiliki banyak manfaat untuk bayi. Beberapa manfaat tersebut adalah:


  • Melancarkan pencernaan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh 
  • Mengatasi sembelit
  • Membantu mengurangi peradangan
  • Mengatasi GERD pada bayi

Selain itu, oatmeal juga mudah dicampur dengan bahan-bahan lainnya sebagai variasi menu MPASI agar anak tidak bosan. Namun, bolehkah bayi makan oatmeal setiap hari? Selama anak tidak alergi terhadap oat atau gluten dan tidak bosan, oat dapat diberikan sebagai variasi makanan penukar karbohidrat selain nasi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih bubur oatmeal untuk MPASI

Setelah mengetahui manfaat dan waktu pemberian oatmeal, sekarang saatnya melihat faktor apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih oatmeal. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih bubur oatmeal adalah kandungan gizi, rasa, usia, dan bahan-bahan yang digunakan.

Pilih jenis bubur oatmeal berdasarkan kelengkapan gizinya

Pilih jenis bubur oatmeal berdasarkan kelengkapan gizinya

Kandungan gizi dalam bubur oatmeal sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya, gizi yang baik juga menentukan tumbuh kembang bayi serta memengaruhi kecerdasan motorik dan kognitifnya. Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada bubur oatmeal.


  • Omega-3 dan omega-6

Kandungan ini bagus untuk perkembangan kognitif bayi dan juga berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuhnya. Menurut penelitian, dalam seperempat cangkir oatmeal terdapat sekitar 0,02 mg omega-3 dan 0,44 mg omega-6.


  • Zat besi

Oatmeal adalah sumber zat besi yang tinggi. Menurut USDA database, secangkir oatmeal mengandung sekitar 3,4 mg zat besi. Kandungan zat besi ini berperan untuk perkembangan sistem saraf dan fungsi kognitif bayi. Selain itu, zat besi juga penting untuk mencegah terjadinya stunting. Perlu diketahui, zat besi akan terserap lebih baik jika dikonsumsi bersama sumber vitamin C seperti strawberry atau buah lainnya.


  • Serat

Serat berperan untuk menjaga saluran cerna sehingga bisa mencegah sembelit pada bayi. Nah, oatmeal adalah makanan kaya akan serat yang dibutuhkan bayi. Dalam secangkir oatmeal, terdapat 8 g atau setara 73% AKG kebutuhan serat untuk anak usia 6-11 bulan.

Ketahui rasa bubur oatmeal yang disukai bayi Anda untuk mengindari GTM

Ketahui rasa bubur oatmeal yang disukai bayi Anda untuk mengindari GTM

Bubur oatmeal tersedia dalam beberapa varian rasa. Anda tentunya ingin anak lahap menyantapnya dan tidak mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut), kan? Jadi, pilihlah rasa yang disukai bayi Anda saat ini. Selera bayi bisa jadi berubah-ubah sehingga diperlukan kejelian Anda untuk mengetahui rasa oatmeal yang sedang disukainya. Berikut ini beberapa jenis rasa oatmeal yang banyak tersedia.


  • Oatmeal dengan varian rasa

Saat ini ada banyak produsen memproduksi oatmeal dengan berbagai pilihan rasa manis ataupun gurih. Ada oatmeal rasa buah, cokelat, keju, ataupun sayuran. Bahkan, ada pula produsen yang mencampur rasa sayuran dengan buah untuk memperkaya rasanya. Berkat oatmeal varian rasa ini, menyiapkan MPASI jadi lebih praktis dengan menu yang tidak membosankan.


  • Oatmeal rasa original

Oatmeal plain atau original ini banyak pula dipilih oleh orang tua. Selain mencegah kadar gula yang berlebih pada anak, oatmeal original juga mempermudah Anda yang ingin bereksplorasi mengolah menu oatmeal. Anda bisa mencampurnya dengan ASI, susu formula, daging, ataupun jus buah dan sayur.


Meski begitu, jika mau, Anda dapat berkreasi sendiri. Oatmeal bisa ditambahkan dengan buah-buahan, yoghurt, atau dicampur ke dalam resep finger food, seperti kue, pancake, dan lain-lain.


Selain pilihan rasa tersebut, tekstur oatmeal juga perlu diperhatikan. Ada beberapa bayi yang mengalami GTM ketika tekstur buburnya tidak sesuai atau giginya sedang tumbuh. Untuk kendala tersebut, Anda bisa mencoba menaikkan tekstur buburnya atau sebaliknya, melembutkan teksturnya. Instan atau quick oat biasanya lebih cepat lembut. Sementara itu, regular atau steel cut oat biasanya lebih keras sehingga perlu dimasak lebih lama.

Perhatikan usia bayi saat akan memberikan oatmeal

Perhatikan usia bayi saat akan memberikan oatmeal

Tekstur oatmeal cenderung lebih kasar dibandingkan bubur beras biasa. Karena itu, oatmeal disarankan dikonsumsi oleh bayi berusia 8 bulan ke atas. Apabila bayi Anda berusia 6 bulan dan baru belajar makan, sebaiknya konsultasikan dahulu pada dokter anak. Biasanya oatmeal untuk bayi 6 bulan teksturnya harus dibuat selembut mungkin agar mudah dicerna.


Kebanyakan merek oatmeal bisa untuk bayi usia 7 bulan, 8 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun. Perbedaannya terletak pada cara Anda mengolahnya supaya menghasilkan tekstur yang sesuai dengan kemampuan cerna anak. Meskipun ada pula merek oatmeal yang mencantumkan informasi teksturnya sehingga disarankan untuk bayi 8 bulan ke atas, contohnya Gerber.


Untuk takaran konsumsi oatmeal pada bayi berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda dapat menyesuaikannya dengan usia si buah hati. 

  • Bayi 6–12 bulan, berikan 15 gram oatmeal per hari. 
  • Balita 1–3 tahun, berikan 30 gram oatmeal per porsi (dua kali makan).
  • Anak 4–6 tahun, berikan 30 gram oatmeal per porsi (empat kali makan).

Jika Anda mencari sedang makanan bayi usia 6 bulan, kami sudah mengulasnya pada tautan di bawah ini. Yuk, dapatkan rekomendasi produknya!

Cek komposisi bahan untuk menghindari alergi pada bayi

Cek komposisi bahan untuk menghindari alergi pada bayi

Saluran cerna bayi masih sensitif sehingga lebih rawan terkena alergi, salah satunya alergi gluten. Sebenarnya, oat murni bebas kandungan gluten. Akan tetapi, dalam proses panen, pemindahan, atau penyimpanan, bisa jadi ada biji-bijian gandum putih atau gandum hitam yang tercampur. Biji-bijian tersebut memiliki kandungan gluten yang membuat oatmeal menjadi tidak murni bebas gluten.


Karena itu, bagi bayi yang lebih sensitif, pilihkan bubur oatmeal bebas gluten dan oatmeal organikKomposisi bahan lainnya pun perlu diperhatikan karena siapa tahu anak Anda tidak cocok mengonsumsinya. Misalnya, kandungan susu skim, krimer, atau yoghurt yang menjadi campuran oatmeal dengan varian rasa. Untuk produk khusus seperti ini, setiap merek selalu mencantumkan informasinya pada kemasan.


Nah, jika Anda juga sedang mencari rekomendasi bubur bayi organik, kami juga sudah mengulasnya pada artikel di bawah ini. Yuk, klik dan dapatkan bubur organik yang disukai bayi Anda.

10 Rekomendasi bubur oatmeal terbaik untuk MPASI

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bubur oatmeal terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.

Gambar produk
1
Quaker Instant Oatmeal 1

Quaker

2
Captain Oat Instant Oatmeal 1

Captain Oat

3
Aiko Oatmeal 1

Aiko

4
Health Paradise Organic Instant Baby Oats 1

Health Paradise

5
Minimeal Instant Oatmeal 1

Minimeal

6
Nayz Cereal 1

Nayz

7
Bob's Red Mill Organic Old Fashioned Rolled Oats Gluten Free 1

Bob's Red Mill

8
Gerber Lil' Bits Oatmeal Banana Strawberry Cereal 1

Gerber

9
Cerelo Cereal Oatmeal 1

Cerelo

10
Nestle  Cerelac Oat, Gandum, & Prun 1

Nestle

Nama produk

Instant Oatmeal

Instant Oatmeal

Oatmeal

Organic Instant Baby Oats

Instant Oatmeal

Cereal

Organic Old Fashioned Rolled Oats Gluten Free

Lil' Bits Oatmeal Banana Strawberry Cereal

Cereal Oatmeal

Cerelac Oat, Gandum, & Prun

Keunggulan

Mudah dibuat, solusi praktis menyiapkan MPASI

Nutrisi terjaga karena diproses dengan teknologi OatiFresh

Aroma dan rasanya sangat menggugah selera

Tinggi beta glucan, baik untuk mengontrol berat badan anak

Tersedia dalam kemasan sekali masak yang praktis

Tekstur lembut dan halus, aman untuk bayi

Oatmeal organik klasik yang bebas gluten

Latih anak mengunyah dengan bubur yang bertekstur

Manis alami tanpa pemanis dan pengawet buatan

Rasa dan teksturnya tingkatkan selera makan anak

Harga mulai dariRp 12.800,00Rp 12.000,00Rp 20.450,00Rp 49.800,00Rp 10.000,00Rp 37.950,00Rp 139.000,00Rp 55.000,00Rp 28.000,00Rp 60.000,00
Pilihan isi200 gram, 800 gram, 1.000 gram, 1.200 gram200 gram, 400 gram, 500 gram, 800 gram200 gram500 gram50 gram160 gram454 gram, 907 gram227 gram160 gram120 gram, 250 gram
BahanAustralian oatBiji oat yang sudah diolahOatmeal, susu skim, susu nabatiOat gulung organikOat gulung, gula kelapa, bubuk almon, biji chiaOat, susu, kacang hijau, labu, keju, pisang, kismis, wortel, stroberi, yogurtOat gandum utuh organikTepung gandum utuh, tepung gandum, ekstrak buah organikTepung oat, susu skim, ekstrak buahSusu skim, tepung oats, tepung gandum
Pilihan rasaOriginalOriginalAvocado, cokelat, stroberi, pisangOriginalOriginal, cokelatVeggies and Cheese, Fruits and Veggies, Fruit and YogurtOriginalOatmeal Banana Strawberry, Whole Wheat Apple BlueberryPisang, alpukat, cokelat, stroberi, keju, blueberry, susuPrune
Tautan produk
10
Pilihan isi120 gram, 250 gram
BahanSusu skim, tepung oats, tepung gandum
Pilihan rasaPrune
9
Pilihan isi160 gram
BahanTepung oat, susu skim, ekstrak buah
Pilihan rasaPisang, alpukat, cokelat, stroberi, keju, blueberry, susu
8

GerberLil' Bits Oatmeal Banana Strawberry Cereal

Mulai dari Rp 55.000,00

Pilihan isi227 gram
BahanTepung gandum utuh, tepung gandum, ekstrak buah organik
Pilihan rasaOatmeal Banana Strawberry, Whole Wheat Apple Blueberry
7

Bob's Red MillOrganic Old Fashioned Rolled Oats Gluten Free

Mulai dari Rp 139.000,00

Pilihan isi454 gram, 907 gram
BahanOat gandum utuh organik
Pilihan rasaOriginal
6
Pilihan isi160 gram
BahanOat, susu, kacang hijau, labu, keju, pisang, kismis, wortel, stroberi, yogurt
Pilihan rasaVeggies and Cheese, Fruits and Veggies, Fruit and Yogurt
5
Pilihan isi50 gram
BahanOat gulung, gula kelapa, bubuk almon, biji chia
Pilihan rasaOriginal, cokelat
4
Pilihan isi500 gram
BahanOat gulung organik
Pilihan rasaOriginal
3
Pilihan isi200 gram
BahanOatmeal, susu skim, susu nabati
Pilihan rasaAvocado, cokelat, stroberi, pisang
2
Pilihan isi200 gram, 400 gram, 500 gram, 800 gram
BahanBiji oat yang sudah diolah
Pilihan rasaOriginal
1
Pilihan isi200 gram, 800 gram, 1.000 gram, 1.200 gram
BahanAustralian oat
Pilihan rasaOriginal

Baca juga rekomendasi makanan bayi lainnya di sini

Selain bubur oatmeal, ada beberapa produk lainnya yang bisa digunakan untuk MPASI. Menu MPASI yang bervariasi bisa mencegah GTM pada bayi Anda. Yuk, dapatkan rekomendasi biskuit bayi, bubur bayi, atau tepung gasol yang bisa membuat bayi Anda makan dengan lahap. Klik langsung tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Setelah selesai membaca artikel tentang bubur oatmeal untuk MPASI ini, apakah Anda sudah menemukan produk terbaik bagi bayi Anda? Untuk bayi, usahakan berikan yang terbaik, ya! 


Bubur oatmeal memang memiliki nutrisi yang cukup lengkap dan berbagai manfaat baik bagi tubuh bayi. Akan tetapi, saat menyajikan MPASI, Anda perlu mempertimbangkan jumlah beserta teksturnya juga. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi memiliki beragam varian rasa serta kaya nutrisi.Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak, dan sehat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Cerelac. Ada yang berbahan organik, ada pula yang bermanfaat sebagai penambah berat badan bayi. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam tiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Maka dari itu, pemilihan susu formula untuk anak dua tahun haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Namun, nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak dua tahun?Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak dua tahun. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula dari merek terbaik, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Mulai umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Kandungan MPASI harus lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menambah berat badan bayi, berikan ia makanan tinggi lemak seperti keju. Namun, Anda perlu memilih keju yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih keju yang baik dan enak untuk MPASI. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi keju MPASI terbaik dari merek-merek yang bagus, seperti Belcube, Greenfields, dan KRAFT. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan pendamping ASI (MPASI) diperlukan agar tumbuh kembang buah hati Anda lebih optimal. MPASI bisa berupa bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya, seperti pestisida. Terdapat berbagai macam bubur organik, misalnya yang dibuat tanpa susu sapi dan yang bisa disajikan tanpa perlu dimasak.Kali ini, kami akan berbagi informasi cara memilih bubur bayi organik. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan rasa, kandungan nutrisi, serta teksturnya. Deretan merek bubur bayi organik yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Gasol, akan kami ulas. Simak juga komentar ahli gizi kami, Leona Victoria.
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori