mybest
Kaca mulut

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Setiap kali ke dokter gigi, Anda pasti melihat dokter menggunakan kaca mulut. Kaca mulut adalah untuk melihat keadaan gigi. Beberapa orang mungkin merasa perlu memilikinya, terutama Anda yang peduli dengan masalah gigi. Belakangan ini, banyak kaca mulut gigi yang mudah dan nyaman digunakan. Bahkan ada yang dilengkapi fitur antikabut atau kaca mulut disposable.


Beberapa merek cermin mulut yang beredar, antara lain OneMed, Relax, dan Premium. Sebelum memutuskan produk mana yang bagus untuk dimiliki, baca dahulu tips memilihnya di artikel ini. Anda juga dapat melihat ulasan rekomendasinya untuk mendapatkan produk terbaik.

Diperbaharui 14/07/2023
Noni Rosliyani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Noni Rosliyani

Noni Rosliyani, akrab disapa Noni, adalah lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang sudah aktif menulis sejak masa sekolah. Pengalamannya menjadi editor profesional untuk buku anak dan parenting selama 14 tahun membuatnya tertarik menjadi pegiat Read Aloud Trainer. Sesekali, ia membagikan pengalaman dunia family dan parenting-nya di blog pribadinya. Di waktu senggangnya, Noni menikmati aktivitas bersama keluarganya, seperti memasak, menonton film, atau traveling. Ia percaya bahwa kesehatan jiwa dan raga keluarga serta dirinya adalah yang utama. Jadi, supaya hidupnya lebih bersemangat, Noni pun gemar mencari tahu buku best seller, fashion terkini, skincare terbaru, atau snack terpopuler yang harus dicobanya.

Profil Noni Rosliyani
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih kaca mulut

Sepintas, semua produk kaca mulut mungkin terlihat sama. Namun, dengan mengacu pada hal-hal tertentu, kegunaannya dapat meningkat signifikan. Nah, sebelum melihat rekomendasi produknya, mari simak poin-poin yang perlu diperhatikan dalam memilih kaca mulut!

1

Periksa visibilitas dari kaca

Pertama-tama, Anda perlu memeriksa visibilitas dari kaca tersebut. Parameternya tergantung pada seberapa detail Anda ingin memeriksa bagian gigi dan mulut. 

Fitur antikabut, memeriksa gigi tanpa perlu menahan napas

Fitur antikabut, memeriksa gigi tanpa perlu menahan napas

Bila Anda mencari kaca mulut yang mudah digunakan, pastikan Anda memilih produk dengan fitur antikabut. Kaca mulut sering kali tidak dapat dilihat jelas karena buram. Supaya kaca tidak buram, kebanyakan orang akhirnya menahan napas pada saat menggunakan kaca mulut.


Namun, tentu tidak menyenangkan bila harus selalu menahan napas saat menggunakan kaca mulut. Tidak mungkin juga terus-menerus memeriksa apakah kaca menjadi buram atau tidak. Itulah pentingnya memilih kaca mulut dengan fitur antikabut. Pantulan bayangan tetap terlihat jelas walaupun kaca diletakkan di bagian belakang mulut. Jadi, kondisi mulut dan gigi dapat diperiksa dengan lebih akurat.

Pembesaran dua kali, fitur optimal untuk jenis kaca pembesar

Pembesaran dua kali, fitur optimal untuk jenis kaca pembesar

Kaca mulut yang berupa kaca pembesar dapat memeriksa kondisi gigi dengan detail, terutama gigi bagian belakang. Dengan jenis kaca pembesar, lebih mudah untuk melihat apakah ada noda atau lubang pada gigi


Kotoran yang biasanya sulit terlihat juga akan tampak jelas di bawah kaca pembesar. Namun, Anda perlu berhati-hati memilih pembesarannya. Anda mungkin malah kesulitan untuk melihat bagian tersebut jika terlalu besar.

Posisi kaca dapat diubah, memudahkan untuk memeriksa gigi secara detail

Posisi kaca dapat diubah, memudahkan untuk memeriksa gigi secara detail

Meskipun Anda telah membuka mulut secara maksimal, biasanya tetap ada bagian yang tidak tampak di kaca mulut. Hal ini mungkin menyebalkan, padahal bagian tersebut ingin Anda periksa. Jika demikian, pilihlah produk dengan posisi kaca yang dapat diubah. Jadi, setiap bagian dari mulut Anda dapat diperiksa secara detail. 


Jika posisi kaca dapat diubah, kaca dapat digunakan untuk memeriksa bagian-bagian dengan ruang yang sangat sempit sekalipun. Fitur ini sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki gigi ortodontik. Sayangnya produk yang posisi kacanya dapat diubah ini masih jarang di Indonesia. 

2

Perhatikan ukuran kaca

Perhatikan ukuran kaca

Ukuran kaca merupakan poin yang perlu diperhatikan. Kaca mulut ukuran besar cocok digunakan untuk memeriksa area yang luas. Beberapa produk bahkan memiliki bentuk persegi panjang sehingga Anda dapat langsung melihat sebagian besar area rongga mulut. Jika Anda menggunakannya untuk pemeriksaan kondisi mulut secara umum, jenis kaca tersebut mungkin memadai. 


Namun, apabila Anda memiliki gigi berlubang atau ingin memeriksa celah pada gigi bagian belakang, pilihlah kaca yang lebih kecil. Dengan demikian, Anda dapat memasukkan kaca tersebut tanpa harus membuka mulut terlalu lebar.


Standar ukuran kaca mulut yang biasa digunakan dokter gigi dibagi menjadi beberapa macam. Penamaan ukuran ini menggunakan istilah nomor, mulai dari nomor 1 atau 14 mm hingga nomor 10 atau 55 mm. Namun, ukuran kaca mulut bulat dan kecil yang banyak dijual di e-commerce adalah sebagai berikut.

  • Kaca mulut No. 3, ukuran 20 mm
  • Kaca mulut No. 4, ukuran 22 mm
  • Kaca mulut No. 5, ukuran 24 mm
3

Pertimbangkan kaca mulut dengan cermin tambahan untuk digunakan di luar rumah

Pertimbangkan kaca mulut dengan cermin tambahan untuk digunakan di luar rumah

Bagi Anda yang sering menggunakan kaca mulut di perjalanan, sebaiknya pilih produk yang dilengkapi cermin tambahan. Jadi, dalam situasi terpaksa harus memeriksa kondisi gigi, Anda dapat memeriksanya tanpa harus pergi ke toilet. Pada situasi tersebut, cermin tambahan akan sangat berguna. 


Dengan memosisikan cermin tambahan secara tepat, Anda bahkan dapat menjadikannya sebagai pengganti sumber cahaya. Memiliki sepaket kaca mulut dengan cermin tambahan juga memperkecil risiko Anda lupa menyimpannya atau hilang. 

4

Pilihlah kaca mulut dari plastik agar lebih aman bagi si kecil

Pilihlah kaca mulut dari plastik agar lebih aman bagi si kecil

Demi keamanan, khususnya jika digunakan untuk anak Anda, pilihlah kaca mulut yang berbahan plastik. Sesuai namanya, kaca mulut memang akan dimasukkan ke dalam rongga mulut. Penggunaan plastik jauh lebih aman, apalagi bagi balita yang cukup sering mengunyah benda yang masuk ke mulutnya


Digigit sekalipun, bahan plastik tidak akan pecah. Begitu juga saat Anda membawanya di dalam tas. Tidak perlu khawatir kaca pecah akibat guncangan dari luar. Terkadang orang luput memeriksa bahan yang digunakan. Namun, bila Anda termasuk yang cukup perhatian, periksalah bahan kaca sebelum membeli. 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kaca mulut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kaca mulut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Hahnenkratt

Relax Mouth Mirrors

Hahnenkratt Relax Mouth Mirrors 1

Rp60.000

Agak Mahal

Memberikan bayangan lebih jelas dan mudah didisinfeksi

2

Kaca Mulut No. 4

 Kaca Mulut No. 4  1

Rp25.000

Menengah

Kaca bisa dilepas pasang, gagang nyaman digenggam

3

Kaca Mulut Behel Plastik

 Kaca Mulut Behel Plastik 1

Rp9.000

Lebih Murah

Cek behel sekarang lebih mudah!

4

OneMed

Dental Mirror 2 kaca

OneMed Dental Mirror 2 kaca 1

Rp20.000

Agak Murah

Didesain dengan kemiringan tertentu & dilengkapi dua kaca

5

Doubleside Cermin Intraoral

 Doubleside Cermin Intraoral 1

Rp119.000

Lebih Mahal

Kaca mulut persegi, mudahkan Anda mengecek deretan gigi

6

Kaca Mulut Lampu LED

 Kaca Mulut Lampu LED 1

Rp35.000

Menengah

Lebih mudah memeriksa kondisi gigi dan mulut dengan lampu LED

7

OneMed

Kaca Mulut Disposable

OneMed Kaca Mulut Disposable  1

Rp118.000

Lebih Mahal

Dilengkapi spatula yang cocok untuk mengoleskan obat

8

Premium

Front Surface Double Side Mouth Mirror

Premium Front Surface Double Side Mouth Mirror 1

Rp22.500

Agak Murah

Ada fitur antikabut, periksa kondisi gigi jadi lebih jelas

9

Perfect

Kaca Mulut Set No 4

Perfect  Kaca Mulut Set No 4 1

Rp30.000

Menengah

Terdaftar di AKL dan mengantogi dua standar ISO

10

Kaca Mulut Zoom No. 4

 Kaca Mulut Zoom No. 4 1

Rp28.000

Menengah

Pengecekan mudah dengan gambar yang diperbesar

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

HahnenkrattRelax Mouth Mirrors

Relax Mouth Mirrors 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp60.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp60.000
Agak Mahal

Memberikan bayangan lebih jelas dan mudah didisinfeksi

Kelebihan:

  • Tersedia dalam berbagai macam warna
  • Tersedia dalam dua macam ukuran no. 4 dan no. 5

Kekurangan:

  • Kaca tidak bisa diganti

Jenis cermin front surface yang digunakan dalam produk ini membuat bayangan yang dihasilkan jauh lebih jelas. Kaca ini juga tidak akan berubah menjadi buram karena memiliki fitur antikabut.

 

Di pihak lain, produk ini tahan dengan berbagai proses disinfeksi. Anda dapat menggunakan larutan disinfektan atau pemanasan untuk membersihkannya. Hal tersebut membuat proses membersihkan alat jadi lebih mudah. Tambahan lagi, kaca mulut ini juga dilengkapi dengan grip pada gagangnya sehingga lebih nyaman saat dipegang.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Kaca Mulut No. 4

Harga referensi
Rp25.000
Menengah

Kaca bisa dilepas pasang, gagang nyaman digenggam

Kelebihan:

  • Bagian kaca bisa dilepas pasang
  • Terdapat handgrip di gagang supaya tidak licin

Kekurangan:

  • Bahan full stainless steel mungkin cukup berat saat digunakan, terutama bagi yang belum terbiasa

Ada kalanya Anda mungkin membutuhkan ukuran kaca mulut yang berbeda-beda. Namun memiliki berbagai jenis kaca mulut bisa jadi amat merepotkan. Jadi, memiliki kaca mulut dengan kaca yang bisa dilepas pasang ini dapat lebih praktis.


Meskipun dijual satu set, gagang kaca mulut ini bisa dilepas dan dipasang ukuran nomor 5, atau jenis zoom. Cukup praktis, bukan? Anda tinggal melepas kacanya, lalu menggantinya dengan ukuran atau jenis yang lain. Di pihak lain, gagangnya yang berukuran 16 cm dilengkapi handgrip yang luas sehingga diklaim lebih nyaman ketika digenggam.

No.3

Kaca Mulut Behel Plastik

Harga referensi
Rp9.000
Lebih Murah

Cek behel sekarang lebih mudah!

Kelebihan:

  • Berbahan plastik sehingga lebih ringan 
  • Tersedia dalam berbagai pilihan warna

Kekurangan:

  • Tidak terdapat handgrip sehingga mungkin bisa terasa licin saat dipegang

Untuk Anda yang memakai behel, kaca ini sangatlah membantu menjaga kondisi behel tetap baik. Anda bisa menggunakannya dengan mudah untuk mengecek setiap sela behel. Jadi, jika ada makanan yang tersangkut di kawat, Anda dapat mengatasinya segera. 


Tambahan lagi, harga kaca mulut ini juga yang paling terjangkau dibandingkan produk lain yang ada di rekomendasi produk. Akan tetapi, alat ini tidak disarankan untuk disterilkan menggunakan air panas karena berbahan plastik.

No.4

OneMedDental Mirror 2 kaca

Harga referensi
Rp20.000
Agak Murah

Didesain dengan kemiringan tertentu & dilengkapi dua kaca

Kelebihan:

  • Terdapat handgrip sehingga tidak licin
  • Bisa disterilisasi menggunakan teknik autoclave

Kekurangan:

  • Kaca tidak bisa dilepas pasang sehingga harus rajin disterilisasi

Kaca mulut ini memiliki derajat kemiringan tertentu sehingga memudahkan Anda memeriksa bagian yang sulit dilihat. Sayangnya, gagang produk ini terbuat dari logam sehingga Anda yang memiliki alergi perlu berhati-hati. 


Untungnya produk ini memiliki dua kaca sehingga Anda dapat membalik posisi kaca dan memperoleh sudut penglihatan yang berbeda. Jadi, Anda dapat memeriksa hampir seluruh bagian mulut, dari gigi bagian depan hingga belakang.

No.5

Doubleside Cermin Intraoral

Harga referensi
Rp119.000
Lebih Mahal

Kaca mulut persegi, mudahkan Anda mengecek deretan gigi

Kelebihan:

  • Terdapat lima buah kaca dengan ukuran yang berbeda-beda
  • Bagian ujung kaca dibuat tumpul sehingga tidak menyakiti mulut

Kekurangan:

  • Ukurannya besar sehingga harus membuka mulut lebih lebar

Bentuk kaca untuk melihat gigi ini berbeda dengan yang lainnya karena ukurannya lebih besar. Dalam satu paket tersedia lima buah kaca bentuk persegi dengan ukuran yang berbeda-beda. Dengan kaca mulut yang lebih besar, Anda bisa mengecek deretan gigi lebih mudah. Pantulan di cermin juga akan terlihat lebih jelas sehingga memudahkan Anda untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

No.6

Kaca Mulut Lampu LED

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Lebih mudah memeriksa kondisi gigi dan mulut dengan lampu LED

Kelebihan:

  • Berbahan plastik ABS yang ringan untuk pengecekan mandiri

Kekurangan:

  • Tidak bisa dicuci seluruhnya, hanya bagian kacanya saja

Kamar mandi di rumah Anda minim pencahayaan? Hal tersebut bukan kendala lagi jika Anda memiliki kaca mulut yang satu ini! Fitur LED akan memudahkan Anda untuk melihat kondisi gigi dan mulut dengan lebih jelas. Fitur ini juga akan memudahkan Anda saat ingin memeriksa gigi bagian belakang. Menarik, bukan?

No.7

OneMedKaca Mulut Disposable

Harga referensi
Rp118.000
Lebih Mahal

Dilengkapi spatula yang cocok untuk mengoleskan obat

Kelebihan:

  • Terdapat spatula yang bisa digunakan untuk memberi obat pada gigi atau gusi
  • Disposable atau sekali pakai sehingga tidak perlu disterilkan

Kekurangan:

  • Tidak terdapat handgrip

Anda yang harus mengoleskan obat gigi atau gusi sepertinya akan menyukai produk ini. Satu sisinya adalah cermin, sedangkan sisi lainnya adalah spatula yang sedikit runcing. Jadi, Anda dapat memakainya untuk mengecek gigi atau gusi serta mengoleskan obat pada bagian gigi atau gusi tertentu.


Alih-alih menggunakan tangan, lebih baik menggunakan spatula ini saja. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot-repot mensterilkannya. Kaca mulut ini adalah produk disposable atau sekali pakai sehingga lebih higienis.

No.8

PremiumFront Surface Double Side Mouth Mirror

Front Surface Double Side Mouth Mirror 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp22.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp22.500
Agak Murah

Ada fitur antikabut, periksa kondisi gigi jadi lebih jelas

Kelebihan:

  • Memberikan pantulan yang jelas dan akurat hingga 99%
  • Kedua sisi kaca dapat digunakan dan tersedia dalam beragam warna

Kekurangan:

  • Sulit disterilisasi sendiri di rumah

Produk ini dilengkapi dengan fitur antikabut sehingga kaca tidak akan menjadi buram meskipun terkena hembusan napas. Jadi, Anda tidak perlu menahan napas saat menggunakan kaca mulut yang satu ini.


Kaca double sisinya makin melengkapi kebutuhan Anda untuk pengecekan yang lebih mudah. Untuk sterilisasinya, disarankan menggunakan teknik autoclavable hingga 123 °C. Namun karena alat sterilisasi ini tidak tersedia di rumah, jangan gunakan kaca mulut ini bergantian, ya.

No.9

Perfect Kaca Mulut Set No 4

Harga referensi
Rp30.000
Menengah

Terdaftar di AKL dan mengantogi dua standar ISO

Kelebihan:

  • Sudah terdaftar dalam AKL dan mengantongi dua standar ISO

Kekurangan:

  • Bagian handgrip hanya dilengkapi cerukan (tidak dilengkapi antiselip) sehingga bisa terasa licin

Beberapa dari Anda mungkin mempertanyakan keamanan dari kaca mulut yang dijual di e-commerce. Oleh karena itu, kami memasukkan produk ini. Kaca mulut ini sudah terdaftar di AKL dan mengantongi dua sistem ISO, yakni ISO 90001 dan ISO 13485. Selain itu, kaca gigi ini juga terbuat dari stainless steel yang cenderung tidak menyebabkan reaksi alergi.

No.10

Kaca Mulut Zoom No. 4

Harga referensi
Rp28.000
Menengah

Pengecekan mudah dengan gambar yang diperbesar

Kelebihan:

  • Dibuat dari bahan stainless steel yang aman


Kekurangan:

  • Karena berbahan stainless steel, mungkin kurang nyaman dipakai anak-anak


Melihat kotoran di dalam mulut yang kecil memang cukup sulit. Untuk itu, Anda membutuhkan kaca mulut zoom. Dengan pantulan kaca yang diperbesar, gambar yang terlihat jadi lebih jelas. Alhasil, kotoran lebih mudah terlihat dan pengecekan pun jadi lebih mudah. Alat ini cocok sekali untuk Anda yang sering kesulitan mengecek keadaan mulut karena tampilan gambar yang minim.

Baca juga rekomendasi produk untuk membersihkan gigi di sini

Ketika memeriksa gigi dengan kaca mulut, besar kemungkinan Anda akan menemukan kotoran. Anda mungkin memerlukan produk-produk tambahan untuk membersihkan gigi. Karena itu, beberapa rekomendasi produk yang akan membantu Anda untuk menjaga kebersihan gigi secara optimal sudah kami sertakan.

Kesimpulan

Poin-poin mengenai cara memilih kaca mulut yang bagus sudah dijabarkan. Kami juga telah memberikan rekomendasi kaca mulut dengan berbagai spesifikasi. Apakah Anda sudah menemukan produk yang cukup menarik untuk dimiliki?


Disadari atau tidak, menjaga kebersihan gigi itu sangat penting. Gigi yang bersih akan membuat Anda tersenyum dengan lebih percaya diri. Temukan kaca mulut yang sesuai untuk Anda dan miliki senyum lebar dengan gigi bersih menawan! Selamat memilih.

5 Rekomendasi Kaca Mulut terbaik

No. 1: HahnenkrattRelax Mouth Mirrors

No. 2: Kaca Mulut No. 4

No. 3: Kaca Mulut Behel Plastik

No. 4: OneMedDental Mirror 2 kaca

No. 5: Doubleside Cermin Intraoral

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Rekomendasi Kaca Mulut Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.