1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Perlengkapan outdoor
  6. >
  7. 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Walkie Talkie/Handy Talky (HT) Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Walkie talkie dan handy talky sering digunakan sebagai alat komunikasi dalam sejumlah kegiatan. Kedua alat komunikasi ini dijadikan pilihan karena mudah digunakan. Selain itu, walkie talkie dan handy talky dapat dioperasikan tanpa pulsa dan internet sehingga lebih hemat biaya operasional.


Anda akan menemukan berbagai merek walkie talkie dan handy talky yang bagus, seperti Motorola, Xiaomi, dan Baofeng. Agar tidak kebingungan saat memilih, kami akan memberikan tips memilih walkie talkie dan handy talky. Kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.

Diperbaharui 10-28-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa perbedaan walkie talkie dan handy talky?

Apa perbedaan walkie talkie dan handy talky?
Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa walkie-talkie dan handy-talky adalah sama. Kedua alat komunikasi ini memang mirip dan sering disebut two way radios

  • Sejarah

Walkie-talkie diciptakan pada tahun 1937 yang digunakan sebagai alat komunikasi pada masa perang dunia. Bentuknya saat itu belum berupa alat komunikasi genggam, melainkan sebuah transceiver radio berukuran besar yang dipasang di dalam ransel. Selanjutnya, pada tahun 1940 Motorola mengeluarkan produk walkie-talkie dua arah yang dapat digenggam dengan satu tangan. Alat inilah yang dinamakan handy-talky.


Seiring dengan perkembangan zaman, walkie-talkie atau handy-talky sudah menjadi alat komunikasi genggam dua arah yang dapat dipakai oleh berbagai kalangan. Namun, kedua alat komunikasi ini memiliki beberapa perbedaan


Adapun perbedaan walkie-talkie dan handy-talky adalah sebagai berikut

  • Walkie-talkie adalah alat komunikasi genggam dua arah yang memanfaatkan gelombang radio. Walkie-talkie biasanya dijual per pasang dan sudah bisa digunakan karena frekuensi telah diatur dan tertutup. Karena itu, walkie-talkie atau WT dapat dioperasikan oleh anak-anak hingga dewasa. Sayangnya, jarak jangkauan komunikasinya dekat sehingga hanya bisa digunakan pada area yang terbatas.

  • Handie-talkie atau handy-talky juga merupakan alat komunikasi genggam dua arah yang mengandalkan gelombang radio. Hanya saja, penggunaan handy-talky atau HT harus mendapat izin dari pihak terkait. Selain itu, handy-talky memiliki jarak jangkauan komunikasi yang lebih luas sehingga dapat digunakan pada area yang lebih luas. Frekuensinya juga harus diatur sebelum digunakan.

    Handie-talkie
    biasanya sudah mendapatkan sertifikasi rentang frekuensi dari pemerintah. Handie-talkie juga umum digunakan oleh komunitas di Indonesia bersama dengan radio CB (citizens band) atau radio amatir.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih walkie talkie/handy talky (HT)

Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih walkie-talkie atau handy-talky. Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih produk walkie-talkie dan handy-talky? Silakan perhatikan poin-poin berikut ini untuk menemukan produk yang paling sesuai.

① Pilih berdasarkan tipenya

Karena mirip, tipe walkie-talkie dan handy-talky pun sama. Ada dua tipe walkie-talkie dan handy-talky yang dapat ditemukan di pasaran, yaitu tipe analog dan nirkabel digital. Pastikan Anda memilih produk dengan tipe yang sesuai dengan kebutuhan.

Analog: Mudah digunakan dan harga terjangkau

Analog: Mudah digunakan dan harga terjangkau

Walkie-talkie dan handy-talky tipe ini memiliki daya rendah dengan transmisi output sekitar 10 mW. Karena itu, jarak jangkauan komunikasi menjadi lebih dekat. Di area perkotaan produk tipe ini hanya bisa digunakan pada jarak 100–200 meter. Sementara itu, di ruang terbuka produk tipe ini hanya dapat digunakan untuk komunikasi dengan jarak sekitar 1 km.


Tipe ini juga mudah dioperasikan sehingga orang awam dan anak-anak pun bisa menggunakannya. Anda tidak perlu mengatur frekuensi secara manual karena preset-nya sudah ada pada produknya. Selain itu, walkie-talkie atau handy-talky tipe ini memiliki harga terjangkau sehingga Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Nirkabel digital: Memiliki jangkauan yang lebih luas

Nirkabel digital: Memiliki jangkauan yang lebih luas

Produk WT dan HT tipe nirkabel digital memiliki transmisi output yang cukup besar sekitar 5 W. Anda dapat berkomunikasi dengan lawan bicara dalam rentang jarak sekitar 500 meter di area perkotaan yang banyak gedung. Saat berada di area terbuka atau alam bebas, tipe ini memiliki jangkauan komunikasi hingga beberapa kilometer. Selain itu, frekuensinya tidak mudah terganggu oleh frekuensi lain.


Walkie-talkie dan handy-talky tipe ini banyak dipilih masyarakat karena penggunaannya sangat praktis. Selain itu, produk tipe ini juga lebih mudah ditemukan di pasaran. Namun, harga produk tipe ini umumnya lebih mahal dibandingkan tipe analog sehingga Anda harus menyiapkan dana yang cukup.

② Periksa jarak jangkauan panggilnya

Jarak jangkauan panggilan menjadi salah satu pembeda antara walkie-talkie dan handy-talky. Anda harus memilih jarak jangkauan panggil ketika ingin membeli kedua alat komunikasi ini. Pastikan Anda mendapatkan produk WT dan HT yang sesuai dengan kebutuhan.

Kurang dari 2,5 km, gunakan walkie talkie

Kurang dari 2,5 km, gunakan walkie talkie

Walkie-talkie secara umum memiliki jarak jangkauan maksimal kurang dari 2,5 km. Namun, ada juga walkie-talkie yang jarak jangkauan komunikasinya lebih dari 2,5 km. Anda bisa menggunakan walkie-talkie dalam kegiatan outdoor, seperti camping dan hiking. Dengan berkomunikasi menggunakan walkie-talkie dapat meminimalkan risiko tersesat saat pendakian.


Walkie-talkie juga bisa Anda gunakan ketika sedang melakukan touring. Walkie-talkie dapat digunakan untuk memantau jika ada teman yang tertinggal saat melakukan touring.


Untuk keperluan touring, sebaiknya Anda memilih walkie-talkie dengan jarak jangkauan antara 1 km hingga 3 km. Hal ini karena medan touring yang berupa jalan berkelok dan naik turun dapat menghalangi gelombang radio. Gelombang radio juga bisa terhalang oleh pepohonan di hutan yang lebat atau di dalam gedung bertingkat.

Lebih dari 2,5 km, gunakan handy talky

Lebih dari 2,5 km, gunakan handy talky

Handy-talky atau HT memiliki jarak jangkauan komunikasi lebih dari 2,5 km yang lebih luas dari walkie-talkie. Gunakanlah HT jika memang jarak Anda dan lawan bicara mencapai lebih dari 2,5 km. Anda bisa menggunakan HT untuk mengawasi lokasi hingga koordinasi acara. Jika Anda membutuhkan pertukaran informasi yang lebih privat dan rahasia, pilihlah HT dengan fitur confidential function.


HT biasanya menggunakan frekuensi yang lebih banyak. HT juga banyak digunakan pada stasiun radio komunikasi dua arah yang bersifat tetap dengan daya yang besar. Oleh karena itu, HT dapat menjangkau area yang luas meskipun terhalang baik oleh pohon maupun bangunan.


Handy-talky juga bisa digunakan dalam persiapan jika terjadi bencana. Dengan kata lain, HT dapat menjadi senjata ketika ada bencana untuk melakukan proses evakuasi. Apalagi ketika Anda berada jauh dari kota atau tidak bersama siapa-siapa, Anda dapat berkabar lewat alat ini. Jangan lupa juga untuk mengamankan baterai darurat agar persiapan lebih optimal.

③ Temukan produk berlisensi atau memiliki standardisasi

Temukan produk berlisensi atau memiliki standardisasi

Sebelum memutuskan membeli walkie-talkie atau handy-talky, pastikan produk yang Anda pilih cukup qualified dan memenuhi standar. Produk yang tersertifikasi atau terstandardisasi tentu memiliki kualitas yang lebih baik. Sebaliknya, WT atau HT yang tidak memenuhi standardisasi mungkin akan menyebabkan noise pada jaringan televisi dan ponsel


Meski memiliki performa yang bagus, menggunakan walkie-talkie dan handy-talky yang tidak qualified berarti melanggar peraturan radio. Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan sertifikasi produk dengan teliti sebelum membeli, ya.

④ Cek kompatibilitas dan saluran

Cek kompatibilitas dan saluran

Walkie-talkie dan handy-talky memiliki saluran komunikasi (channel) yang dapat digunakan antarpengguna. Pengguna alat ini dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menyelaraskan saluran frekuensi. Beberapa produk mungkin tidak kompatibel dengan produk dari produsen lain sehingga tidak bisa saling terhubung. 


Produk tipe analog dan nirkabel digital tidak dapat berbagi frekuensi dan tidak dapat saling berkomunikasi. Jika Anda ingin mengganti menjadi tipe digital, Anda harus mengeluarkan biaya lagi. Jika pada masa mendatang Anda menginginkan tipe digital, pilihlah produk tipe nirkabel digital sedari awal.

⑤ Pertimbangkan kemudahan penggantian daya

Pertimbangkan kemudahan penggantian daya

Ada dua tipe penggantian daya pada walkie-talkie dan handy-talky. Ada produk yang menggunakan baterai kering dan ada juga yang menggunakan baterai cas (rechargeable battery). Tipe produk analog biasanya tidak begitu banyak mengonsumsi daya. Karena itu, produk analog dengan baterai kering lebih terjangkau dan cocok digunakan untuk pemakaian singkat.

Sebaliknya, tipe nirkabel digital memiliki output dan konsumsi daya yang besar. Untuk menggunakan produk dalam waktu yang lebih lama, pilihlah yang dilengkapi baterai cadangan sekaligus baterai kering dan baterai cas.


Baterai isi ulang yang sekarang beredar di pasaran sudah menggunakan tipe Lithium-ion. Selain tahan lama, Li-ion memiliki ketahanan terhadap suhu sekitarnya dari 0℃ hingga 75℃. Pengisian dayanya pun cepat dan lebih irit saat digunakan.

⑥ Carilah produk yang tahan air dan debu

Carilah produk yang tahan air dan debu

Walkie-talkie dan handy-talky memiliki ukuran yang ringkas dan mudah dibawa sehingga ideal untuk kegiatan luar ruangan. Jadi, sebaiknya Anda memilih WT atau HT dengan fitur tahan air dan debu. Adanya fitur tersebut dapat mengurangi risiko kerusakan pada walkie-talkie dan handy-talky akibat kemasukan air atau debu.

⑦ Khusus untuk HT, pastikan dapat izin penggunaannya

Khusus untuk HT, pastikan dapat izin penggunaannya

Meski sudah mengenal handy-talky, banyak masyarakat yang belum mengetahui bahwa penggunaannya harus memiliki izin. Pengguna HT wajib memiliki izin amatir radio atau sertifikat. Izin penggunaan HT bisa diperoleh dengan melewati serangkaian ujian. Pengguna HT diharuskan menguasai beragam materi, terutama terkait tata cara dan teknis penggunaan sehingga mampu menjawab pertanyaan ujian.


Selain mendapatkan izin penggunaan, masyarakat yang ingin berkomunikasi menggunakan HT perlu mengantongi izin akses frekuensi. Izin akses frekuensi bisa didapatkan dari Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI). Ada juga izin akses frekuensi dari Radio Antar Penduduk Indonesia atau RAPI. Jika ingin mengakses frekuensi khusus, masyarakat harus mengurus perizinan di ISR (Izin Stasiun Radio).


Jika tidak ada izin dalam menggunakan HT, Anda akan dikenai sanksi administratif berupa teguran. Namun, jika pelanggaran masih dilakukan, Anda akan terancam jerat pidana. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang telekomunikasi.

10 Rekomendasi walkie talkie/handy talky (HT) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk walkie-talkie/handy-talky (HT) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Baofeng

HT

Baofeng HT  1枚目

Sudah mendapatkan izin postel, bisa langsung digunakan

2

Osaka

Walkie Talkie

Osaka  Walkie Talkie  1枚目

Baterai awet hingga berhari-hari dengan kualitas suara yang jernih

3

Comteck

Handy Talky

Comteck  Handy Talky  1枚目

Bisa terhubung ke sinyal VHF, UHF, dan radio FM

4

Xiaomi

Mijia Smart Walkie Talkie

Xiaomi Mijia Smart Walkie Talkie  1枚目

Bisa digunakan untuk mendengarkan radio dan berbagi lokasi

5

WLN

Mini Radio Walkie Talkie

WLN Mini Radio Walkie Talkie 1枚目

Miliki desain sirkuit berkualitas tinggi setara alat komunikasi militer

6

PXTON

Handy Talkie

PXTON  Handy Talkie  1枚目

Dilengkapi dengan belt clip dan headset

7

Motorola

Handy Talky

Motorola Handy Talky  1枚目

Memiliki sinyal DMTF internal yang dukung komunikasi pribadi

8

Baofeng

Mini Walkie Talkie

Baofeng Mini Walkie Talkie 1枚目

Dilengkapi fitur voice prompt dalam dua bahasa sekaligus

9

Kenwood

Handy Talky

Kenwood  Handy Talky  1枚目

Dapat tersambung ke 199 saluran, jangkauan komunikasi lebih luas

10

Xiaomi

Beebest Mini Walkie Talkie Premium Design

Xiaomi Beebest Mini Walkie Talkie Premium Design 1枚目

Cukup di-charge selama 3 jam bisa digunakan hingga 17 jam

Perincian produk
Close
No.1

Sudah mendapatkan izin postel, bisa langsung digunakan

Sebelum menggunakan HT, Anda harus mengantongi izin agar terhindar dari sanksi. Jika Anda tidak mau repot, pilihlah HT best seller dari Baofeng seri UV-5R ini. Anda bisa langsung menggunakan HT ini karena sudah mengantongi izin postel (pos dan telekomunikasi). Izin postel merupakan izin yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.


Secara fisik dan fitur, HT ini memang mirip dengan HT Comteck UV-5R. Namun, jangkauan HT Baofeng UV-5R jauh lebih luas. Jangkauan komunikasi HT ini di area perkotaan yang padat mencapai 1,4 km. Sementara itu, di alam terbuka jangkauan komunikasinya mencapai 50 km. Jangkauan komunikasinya dapat diperluas lagi dengan menggunakan antena tambahan.

No.2

Osaka Walkie Talkie A1

Mulai dari Rp175.000,00

Baterai awet hingga berhari-hari dengan kualitas suara yang jernih

Kantor Anda sedang mencari walkie-talkie untuk keperluan koordinasi? Kami rekomendasikan WT dari Osaka yang satu ini. WT ini cocok untuk berkomunikasi di area perkantoran, perhotelan, dan pekerjaan proyek. Hal ini karena baterai produk ini awet dan bisa digunakan sampai berhari-hari.


Walkie-talkie ini juga menghasilkan kualitas suara yang keras dan jernih sehingga komunikasi bisa lebih lancar. Anda juga akan menemukan fitur tambahan pada WT ini. Misalnya saja, terdapat fitur torch light untuk penerangan dan emergency alarm untuk peringatan.

No.3

Comteck Handy Talky UV-5R

Mulai dari Rp280.000,00

Bisa terhubung ke sinyal VHF, UHF, dan radio FM

Anda ingin menggunakan handy-talky yang terhubung kedua jenis sinyal sekaligus? Kami rekomendasikan handy-talky dari Comteck. Handy-talky ini bertipe dual band yang memungkinkan untuk terhubung ke sinyal VHF dan UHF sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa menghubungkannya ke sinyal radio FM sehingga Anda tidak ketinggalan informasi.

No.4

XiaomiMijia Smart Walkie Talkie 1s

Mulai dari Rp749.000,00

Bisa digunakan untuk mendengarkan radio dan berbagi lokasi

Mijia Smart Walkie Talkie 1s juga memiliki desain minimalis sehingga nyaman digenggam. Selain itu, produk ini awet digunakan hingga 16 jam. Jika walkie-talkie mati, Anda bisa men-charge menggunakan micro USB.


Selain untuk berkomunikasi, Anda dapat memanfaatkan WT ini untuk mendengarkan radio. Dengan menekan tombol sebanyak dua kali, mode radio akan aktif. Walkie-talkie ini juga dilengkapi fitur location team yang dapat digunakan untuk membagikan lokasi pada teman. Jadi, WT ini cocok bagi Anda yang akan melakukan penjelajahan bersama tim.

No.5

WLNMini Radio Walkie TalkieKD-C1

Mulai dari Rp164.800,00

Miliki desain sirkuit berkualitas tinggi setara alat komunikasi militer

Kualitas walkie-talkie tentu dapat memengaruhi kelancaran komunikasi. Jika Anda menginginkan komunikasi berjalan lancar, pertimbangkan untuk menggunakan walkie-talkie keluaran dari WLN. WT ini memiliki desain sirkuit berkualitas tinggi selayaknya alat komunikasi militer. Hal terlihat dari sinyal yang kuat sehingga komunikasi menjadi lebih lancar.


Dari segi tampilan, WT ini didesain extrem ultra-thin. Hal ini menjadikan produk pas dalam genggaman sehingga Anda bisa membawanya dengan lebih mudah. Tersedia juga produk dengan warna hitam dan putih yang bisa Anda pilih.

No.6

PXTON Handy Talkie PX-1200X

Mulai dari Rp238.000,00

Dilengkapi dengan belt clip dan headset

Merek asal Amerika, PXTON, mengeluarkan handy-talky dengan range frekuensi kisaran 470 MHz. Jika membeli HT ini, Anda juga akan mendapatkan belt clip dan headset. Belt clip dapat Anda gunakan untuk membawa HT. Lalu, headset akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi. Bagi Anda yang ingin terlihat profesional, kami sarankan untuk memilih HT yang satu ini.

No.7

MotorolaHandy Talky CP1660

Mulai dari Rp1.250.000,00

Memiliki sinyal DMTF internal yang dukung komunikasi pribadi

HT pada umumnya memang tidak digunakan untuk komunikasi pribadi. Namun, handy-talky seri CP1600 dari Motorola dapat digunakan untuk komunikasi pribadi. Hai ini karena HT ini memiliki sinyal DMTF (dual tone multi frequency) internal. Oleh karena itu, HT ini cocok untuk Anda yang ingin menjaga kerahasiaan pesan.


Selain itu, HT ini sudah dilengkapi layar dan full keypad. Adanya layar dan keypad memudahkan Anda untuk mengatur fitur yang diinginkan. Untuk memulai komunikasi, Anda harus mengatur terlebih dahulu frekuensi pada HT ini.

No.8

BaofengMini Walkie TalkieBF-C50

Mulai dari Rp309.000,00

Dilengkapi fitur voice prompt dalam dua bahasa sekaligus

Walkie-talkie keluaran Baofeng ini didesain portable dan begitu simpel. Hal ini menjadikan walkie-talkie ini mudah untuk digenggam. Bahkan, Anda bisa membawanya dengan memasukkan ke kantong baju atau menggantungkannya di leher. 


Walkie-talkie ini juga dilengkapi dengan fitur voice prompt dalam dua bahasa. Anda bisa mengeluarkan perintah suara dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Dengan adanya fitur ini, Anda tidak perlu repot ketika hendak menggunakannya.

No.9

Kenwood Handy Talky TH K20A

Mulai dari Rp1.750.000,00

Dapat tersambung ke 199 saluran, jangkauan komunikasi lebih luas

Selain menghadirkan suara jernih, handy-talky dari Kenwood ini dapat tersambung ke 199 saluran. Banyak saluran yang tersambung menjadikan jangkauan komunikasi Anda lebih luas. 


Selain itu, HT ini juga dilengkapi fitur wide/narrow deviation selection yang dapat digunakan untuk mengatur jangkauan per saluran. Untuk itu, pilihlah HT Kenwood ini jika ingin melakukan komunikasi dengan jangkauan yang lebih luas.

No.10

XiaomiBeebest Mini Walkie Talkie Premium DesignA208

Mulai dari Rp335.000,00

Cukup di-charge selama 3 jam bisa digunakan hingga 17 jam

Anda merasa jika berkomunikasi menggunakan walkie-talkie sudah ketinggalan zaman? Sebaiknya, Anda pertimbangan untuk memilih Beebest Mini Walkie Talkie Premium Design dari Xiaomi. Produk ini memiliki desain simpel dan elegan sehingga cocok untuk kawula muda.


Tidak sekadar penampilannya yang menarik, walkie-talkie ini juga terbilang cukup awet. Anda hanya perlu men-charge produk ini selama kurang lebih 3 jam. Setelah di-charge, Anda bisa menggunakannya untuk berkomunikasi hingga 17 jam lamanya. 

Penyewaan walkie talkie atau handy talky bisa menjadi solusi

Penyewaan walkie talkie atau handy talky bisa menjadi solusi

Jika Anda memakai walkie-talkie dan handy-talky hanya untuk sesekali waktu, Anda dapat mempertimbangkan opsi menyewa. Anda dapat berkonsultasi ingin menyewa walkie-talkie atau handy-talky seperti apa dan untuk keperluan apa di tempat persewaan. 


Dengan jasa persewaan, Anda juga dapat mencoba tipe walkie-talkie atau handy-talky yang Anda idamkan sebelum memutuskan membeli sendiri nantinya. Jadi, pada saat memutuskan membeli, Anda sudah tahu bagaimana kualitas dan kenyamanan pemakaiannya. Pastikan walkie-talkie atau handy-talky berfungsi dengan baik sebelum Anda menyewanya.

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Saat ini, banyak produk handy-talkie yang sudah dilengkapi dengan fungsi-fungsi tambahan, seperti jepitan pinggang, radio, senter, pembagi lokasi, dan sebagainya. Fungsi-fungsi tambahan tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan lebih lanjut sebelum memutuskan untuk membeli.


Perlu diingat, beberapa fungsi tambahan tersebut juga memerlukan daya. Oleh karena itu, perhatikan kembali kapasitas atau tipe baterai isi ulang yang digunakan.

Baca juga perlengkapan untuk kondisi darurat lainnya di sini

Walkie-talkie dan handy-talkie dapat digunakan sebagai alat komunikasi dalam keadaan darurat seperti saat terjadi bencana. Selain kedua alat tersebut, Anda perlu juga mengetahui perlengkapan untuk kondisi darurat lainnya. Simaklah penjelasannya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Walkie-talkie dan handy-talky akan membantu koordinasi dan komunikasi dalam kegiatan Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Ikuti cara memilih yang telah kami agar mendapatkan produk yang sesuai. Selain itu, produk rekomendasi kami pun dapat Anda jadikan pilihan. Temukan walkie-talkie atau handy-talky terbaik untuk memperlancarkan komunikasi Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer