• 10 Santan Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Santan Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Santan Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Santan Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Santan Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Santan Instan Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Santan berasal dari parutan daging kelapa yang diperas dan diambil airnya. Bahan makanan ini menjadikan berbagai masakan, minuman, atau jajanan pasar makin gurih dan enak. Umumnya, santan memiliki tiga varian berdasarkan kekentalannya, yaitu santan kental, sedang, dan encer.

Ada berbagai merek santan instan, seperti Kara, Sasa, Rose Brand, dan lainnya. Kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaik. Ada santan bubuk yang tahan lama dan santan kemasan tanpa pengawet yang lebih sehat. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Simak dan temukan santan instan yang bagus pilihan Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Karirnya di dunia kuliner sejak 8 tahun yang lalu membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.


Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih santan instan

Jangan terburu-buru membeli santan instan! Gunakan tips memilih santan instan di bawah ini sebagai panduan supaya Anda mendapatkan produk yang tepat, ya. 

Pilih berdasarkan jenis santan instan

Santan instan yang dijual di pasaran umumnya terdiri dari dua jenis yaitu santan instan cair dan bubuk. Lantas, apa perbedaannya? Simak dalam penjelasan singkat berikut ini!

Santan instan cair untuk kepraktisan dalam memasak

Santan instan cair untuk kepraktisan dalam memasak

Santan instan cair adalah santan instan yang pertama kali muncul dan paling banyak beredar di pasaran. Santan ini berbentuk cair sehingga praktis sekali digunakan dalam memasak. Anda tidak perlu melarutkan santan dengan air terlebih dahulu, cukup menuangkannya ke dalam masakan atau adonan, kemudian campur hingga merata. Praktis, bukan?


Penggunaan santan pada banyak olahan masakan Nusantara sangatlah esensial. Banyak sekali bumbu yang mewajibkan penggunaan santan agar rasa yang dihasilkan lebih gurih. Zaman dahulu, orang memerlukan proses yang sangat repot hanya untuk bisa menambahkan santan pada campuran olahan masakan mereka. Proses tersebut mulai dari mengupas, memarut, lalu memeras kelapa.


Kini, Anda tidak perlu repot melakukan semua proses tersebut karena santan instan cair tersedia di pasaran. Anda tinggal menuangkan pada bahan makanan yang sedang diolah.

Santan instan bubuk untuk ketahanan yang lebih lama

Santan instan bubuk untuk ketahanan yang lebih lama

Setelah muncul santan instan cair, santan instan bubuk menjadi opsi varian terbaru. Banyak konsumen yang suka dengan santan instan bubuk karena keawetannya. Santan bubuk bisa dengan mudah disimpan lagi jika ada sisa dan sangat tahan lama. Namun, kekurangannya yaitu rasanya yang tidak segurih dan semantap santan cair. Rasa yang dihasilkan oleh santan bubuk sedikit lebih hambar.


Berbeda dengan santan instan cair, santan instan bubuk adalah inovasi terbaru jenis santan instan. Karena berbentuk bubuk, santan harus dilarutkan dahulu dengan air sejumlah takaran yang diinginkan. Menggunakan santan instan bubuk mungkin agak sedikit merepotkan, tetapi santan instan ini jauh lebih awet.

Cek takaran santan dalam satu kemasan

Cek takaran santan dalam satu kemasan

Saat mencari santan instan, Anda akan menemukan berbagai macam bentuk kemasan. Santan instan bubuk rata-rata berbentuk saset yang bisa digunakan sekali pakai. Tipe ini berbeda dengan santan instan cair yang memiliki bentuk kemasan lebih bervariasi. Beberapa merek bahkan menyediakan kemasan 1 liter yang lebih ekonomis untuk penggunaan harian.


Jika Anda mencari santan instan cair praktis sekali pakai, pilihlah yang berkemasan segitiga kecil ukuran 50–65 ml. Umumnya, takaran santan ukuran kecil ini setara dengan setengah butir kelapa. Namun, jika Anda ingin menggunakannya sebagian, lalu menyimpannya, pilihlah santan instan cair kemasan besar ukuran 200 ml. Santan ini setara dengan kurang lebih dua butir kelapa.


Jika Anda memilih santan cair dan ternyata ada sisa, sebaiknya langsung simpan di dalam kulkas. Lama penyimpanannya pun idealnya tidak lebih dari sepuluh hari. Jika santan cair disimpan lebih dari sepuluh hari, teksturnya akan menggumpal dan rasanya akan menjadi lebih asam.

Hindari produk dengan pewarna tambahan dan pengawet buatan

Hindari produk dengan pewarna tambahan dan pengawet buatan

Supaya lebih awet, umumnya santan instan terbuat dari santan murni yang dicampur dengan tanaman guar dan sirop jagung. Bahan-bahan tersebut alami dan aman dikonsumsi. Karena itu, demi kesehatan tubuh, pilihlah santan murni tanpa pewarna tambahan dan pengawet buatan. Jangan lupa pula untuk selalu memperhatikan komposisi yang tertera di kemasan santan.


Selain itu, santan instan yang proses produksinya menggunakan teknologi UHT (ultra high temperature) pun aman dikonsumsi. Santan cair instan yang melalui proses UHT pada suhu dan waktu tertentu akan jauh lebih awet, tetapi tidak merusak nutrisi yang terkandung.


Proses UHT tersebut membuat bakteri dan mikroorganisme patogen dalam santan mati. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan santan dalam kemasan untuk masakan Anda.

Pertimbangkan santan dari kelapa tua pilihan

Pertimbangkan santan dari kelapa tua pilihan

Santan yang baik adalah yang bertekstur kental karena bisa memberi rasa gurih dan menambah kelezatan masakan. Meski begitu, dalam beberapa masakan, santan yang encer lebih preferable. Cara mendapatkan santan kental adalah dari hasil perasan pertama kelapa tua pilihan. 


Bila menggunakan santan murni, Anda mungkin akan lebih mudah memastikan dan memilih langsung buah kelapanya. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada santan instan. Santan instan memiliki tekstur yang kental, meski komposisinya tidak 100% menggunakan kelapa tua. Dalam santan instan, terdapat bahan pengental yang ditambahkan, salah satunya adalah sirop jagung.


Terdapat beberapa produk santan instan cair yang menggunakan sirop jagung sebagai campuran pengental. Sirup jagung sendiri mengandung fruktosa yang sangat tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebih, fruktosa akan diubah oleh tubuh menjadi lemak. Hal ini akan memberikan berbagai dampak buruk pada tubuh Anda.


Namun, Anda tetap bisa mendapatkan santan instan yang terbuat dari kelapa tua. Beberapa produsen memproduksi santan instan dari kelapa tua pilihan. Biasanya, informasi ini tertera di kemasan santan. Jadi, sebaiknya pilihlah santan instan dari perasan kelapa tua pilihan untuk mendapatkan hasil masakan yang gurih dan lezat.

10 Rekomendasi santan instan terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk santan instan terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

10

Sari Segar HusadaAll-Co Santan Kelapa Siap Pakai

Mulai dari Rp 8.547,00

JenisSantan cair
Pilihan ukuran200 ml, 1 liter
KomposisiSantan kelapa 99,9%, penstabil nabati E415
Bebas bahan pengawet
9

Pulau SambuKara Santan Kelapa Siap Pakai

Mulai dari Rp 8.500,00

JenisSantan cair
Pilihan ukuran200 ml, 1 liter
KomposisiKrim kelapa alami segar, air, penstabil (xanthan gum, guar gum, karagenan)
Bebas bahan pengawet
8

Ayam SarlAyam Brand Coconut Milk

Mulai dari Rp 13.000,00

JenisSantan cair
Pilihan ukuran200 ml, 1 liter
KomposisiEkstrak kelapa
Bebas bahan pengawet
7

Pacific Eastern Coconut UtamaKlatu Coconut Cream

Mulai dari Rp 2.999,00

JenisSantan cair
Pilihan ukuran70 ml, 200 ml
KomposisiSantan kelapa segar, air, penstabil nabati
Bebas bahan pengawet
6

Indococo PasificNucifera Coconut Milk Powder

Mulai dari Rp 40.000,00

JenisSantan bubuk
Pilihan ukuran250 gr
KomposisiOrganic coconut milk
Bebas bahan pengawet
5
JenisSantan cair
Pilihan ukuran65 ml, 200 ml, 1 liter
KomposisiSantan kelapa 82,7%, air, penstabil nabati
Bebas bahan pengawet
4
JenisSantan bubuk
Pilihan ukuran20 gr, 80 gr, 500 gr
KomposisiSantan kelapa, maltodekstrin anti kempal silikon dioksida
Bebas bahan pengawet×
3
JenisSantan bubuk
Pilihan ukuran20 gr
KomposisiMaltodekstrin, serbuk kelapa, susu bubuk skim, pengental nabati, garam NaCl, perisa sintetik
Bebas bahan pengawet×
2

Pulau SambuSun KARA Santan Kelapa Siap Pakai

Mulai dari Rp 35.000,00

JenisSantan cair
Pilihan ukuran65 ml, 200 ml, 1 liter
KomposisiKrim kelapa alami segar, air, penstabil (xanthan gum, guar gum, karagenan)
Bebas bahan pengawet
1
JenisSantan cair
Pilihan ukuran65 ml, 200 ml, 1 liter
KomposisiSantan kelapa segar, air, bahan penstabil (nabati)
Bebas bahan pengawet

Tabel perbandingan produk santan instan terbaik

Gambar produk
1
Sasa Inti Santan Cair 1

Sasa Inti

2
Pulau Sambu Sun KARA Santan Kelapa Siap Pakai 1

Pulau Sambu

3
Nutrifood Tropicana Slim Santan Less Fat 1

Nutrifood

4
Sasa Inti Santan Bubuk 1

Sasa Inti

5
Rose Brand Santan Kelapa  1

Rose Brand

6
Indococo Pasific Nucifera Coconut Milk Powder 1

Indococo Pasific

7
Pacific Eastern Coconut Utama Klatu Coconut Cream 1

Pacific Eastern Coconut Utama

8
Ayam Sarl Ayam Brand Coconut Milk 1

Ayam Sarl

9
Pulau Sambu Kara Santan Kelapa Siap Pakai  1

Pulau Sambu

10
Sari Segar Husada All-Co Santan Kelapa Siap Pakai 1

Sari Segar Husada

Nama produk

Santan Cair

Sun KARA Santan Kelapa Siap Pakai

Tropicana Slim Santan Less Fat

Santan Bubuk

Santan Kelapa

Nucifera Coconut Milk Powder

Klatu Coconut Cream

Ayam Brand Coconut Milk

Kara Santan Kelapa Siap Pakai

All-Co Santan Kelapa Siap Pakai

Keunggulan

Cita rasa dan aromanya seperti santan murni

Pilihan yang tepat untuk membuat minuman manis

Sukseskan diet dengan santan rendah lemak dan tinggi serat

Rasakan nikmatnya tekstur kelapa asli yang segar!

Kaya vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh

Lebih sehat berkat santan kelapa organik

Kental dan gurih dari perasan pertama kelapa pilihan

Selalu fresh dengan teknologi UHT

Ciptakan cita rasa rendang yang lezat dan gurih

99,9% santan kelapa murni bebas kolesterol

Harga mulai dariRp 4.500,00Rp 35.000,00Rp 16.600,00Rp 1.900,00Rp 3.700,00Rp 40.000,00Rp 2.999,00Rp 13.000,00Rp 8.500,00Rp 8.547,00
JenisSantan cairSantan cairSantan bubukSantan bubukSantan cairSantan bubukSantan cairSantan cairSantan cairSantan cair
Pilihan ukuran65 ml, 200 ml, 1 liter65 ml, 200 ml, 1 liter20 gr20 gr, 80 gr, 500 gr65 ml, 200 ml, 1 liter250 gr70 ml, 200 ml200 ml, 1 liter200 ml, 1 liter200 ml, 1 liter
KomposisiSantan kelapa segar, air, bahan penstabil (nabati)Krim kelapa alami segar, air, penstabil (xanthan gum, guar gum, karagenan)Maltodekstrin, serbuk kelapa, susu bubuk skim, pengental nabati, garam NaCl, perisa sintetikSantan kelapa, maltodekstrin anti kempal silikon dioksidaSantan kelapa 82,7%, air, penstabil nabatiOrganic coconut milkSantan kelapa segar, air, penstabil nabatiEkstrak kelapaKrim kelapa alami segar, air, penstabil (xanthan gum, guar gum, karagenan)Santan kelapa 99,9%, penstabil nabati E415
Bebas bahan pengawet××
Tautan produk

Makanan apa saja yang memakai santan?

Makanan apa saja yang memakai santan?

Karena Indonesia memiliki iklim tropis, masyarakat kita sangat familier dengan penggunaan kelapa pada masakan-masakan khasnya. Tidak hanya masakan gurih, masakan manis pun banyak yang menggunakan santan sebagai bahan dasar.


Salah satu makanan khas Indonesia yang paling banyak disukai adalah makanan bersantan. Bagaimana tidak, makanan bersantan memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat. Tak hanya itu, makanan bersantan juga mudah dijumpai.


Anda dapat berkreasi membuat makanan bersantan sendiri di rumah. Beberapa inspirasi makanan yang patut Anda coba antara lain sayur lodeh, gulai, dan opor. Anda juga bisa mengolah makanan daerah menggunakan santan, seperti rendang, ayam lodho, dan garang asem.


Selain makanan yang asin, pastinya Anda ingin melengkapi hidangan dengan minuman, bukan? Jangan khawatir, sisa santan yang Anda punya bisa diolah menjadi minuman manis. Apabila cuaca sedang terik, buatlah minuman es bersantan, seperti es selendang mayang, es teler, dan es pisang ijo. Namun, jika cuaca sedang dingin, minuman bajigur merupakan ide yang bagus.


Saat ini, banyak orang yang lebih memerhatikan gaya hidup dan kesehatannya. Karena itu, penggunaan santan pada masakan sering kali diganti menggunakan alternatif lain seperti susu kedai, susu almond, dan sebagainya. Namun, jika ingin mendapatkan rasa yang khas yang legit, peran santan tetap tidak tergantikan.


Santan adalah bahan serbaguna yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Anda bisa mencari inspirasi makanan lainnya di internet. Beberapa produsen santan instan bahkan kerap mencantumkan resep masakan sederhana pada kemasannya. Nah, selamat berkreasi!

Baca juga rekomendasi kebutuhan memasak dan makanan instan lainnya di sini

Saat memasak, Anda tidak hanya membutuhkan santan instan. Apakah Anda membutuhkan tepung bumbu untuk membuat gorengan lebih renyah? Barangkali Anda juga sedang mencari bumbu masakan instan untuk membuat masakan makin menggugah selera. Berikut ini kami telah memberikan beberapa ulasan dan rekomendasi yang akan bermanfaat untuk Anda.

Kesimpulan

Santan adalah bahan masakan yang kerap melengkapi aneka hidangan. Santan instan tentu menjadikan kegiatan memasak jauh lebih praktis dan hemat waktu. Jika Anda ingin menyimpan santan instan, pastikan kemasannya tertutup rapat dan simpanlah di dalam lemari es.


Di artikel ini telah dipaparkan beberapa rekomendasi santan instan pilihan. Sudahkah Anda menemukan santan instan yang sesuai dengan kebutuhan? Semoga berkat ulasan ini, Anda memiliki pandangan tentang santan yang tepat untuk masakan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Unsalted Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Seperti namanya, unsalted butter merupakan mentega yang tidak ditambahkan garam sehingga rasanya lebih tawar. Unsalted butter banyak digunakan ibu rumah tangga untuk memasak dan sebagai lemak tambahan saat memberikan MPASI bayi. Namun, apakah Anda yakin sudah memilih unsalted butter yang tepat?Karena itu, kali ini kami akan membagikan tips untuk Anda bagaimana memilih unsalted butter yang bagus. Rekomendasi produk-produknya juga akan kami ulas untuk Anda. Anda dapat memilih produk dari merk Anchor, Blue Triangle, dan Elle & Vire. Baca artikel ini sampai habis dan temukan produk yang tepat!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Penikmat masakan India pastinya sudah tidak asing dengan beras basmati yang sering disajikan dalam nasi beriani. Ciri khas beras yang berasal dari India ini adalah aromanya yang wangi, rasa sedikit pedas, dan ukurannya yang lebih panjang. Beras yang disebut juga beras Arab ini memiliki berbagai macam khasiat, misalnya mengontrol gula darah.Penasaran ingin coba memasak beras basmati? Di artikel ini kami akan membantu Anda dalam memilih beras basmati yang bagus dengan harga bersahabat. Anda juga akan kami ajak untuk melihat beberapa rekomendasi merk beras basmati terkenal, seperti Doonmalai, Daawat, dan Abu Kass.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori