1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Alat medis
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Masker Kain yang Bagus (Terbaru Tahun 2023)

Di tengah mewabahnya COVID-19, setiap orang wajib menjaga kebersihan untuk melindungi diri dari ancaman virus. Memakai masker merupakan salah satu cara aman mencegah masuknya virus melalui droplet. Namun, masker yang disarankan adalah masker kain karena masker sekali pakai lebih dibutuhkan oleh orang sakit dan tenaga medis.


Ada banyak sekali masker kain yang ditawarkan di pasaran. Karena itu, kami akan membahas cara memilih masker kain yang bagus dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik. Terdapat berbagai merek masker kain dengan model terbaru, seperti UNIQLO dan Character Land. Selamat menyimak!

Diperbaharui 08-01-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya

Cara memilih masker kain

Sebelum membeli masker kain, Anda perlu memilih bahan, tipe, ukuran, dan motif yang sesuai. Untuk itu, kami akan membahas poin-poin tersebut dengan rinci. Silakan simak ulasannya berikut ini. 

① Tentukan berdasarkan bahan masker

Poin utama yang perlu menjadi pertimbangan dalam pemilihan masker kain adalah bahan yang digunakan. Ikuti terus pemaparannya agar lebih jelas, ya.

Masker dengan bahan rapat dan nonelastis, lebih aman untuk digunakan

Masker dengan bahan rapat dan nonelastis, lebih aman untuk digunakan

Masker nonmedis dapat terbuat dari bermacam-macam kain dengan kombinasi, urutan lapisan, dan bentuk yang bervariasi. Berdasarkan World Health Organization (WHO), kinerja minimum filtrasi masker kain sebaiknya sebesar 70% untuk menyaring partikel padat atau droplet. Selain itu, masker tetap harus memudahkan Anda bernapas. 


Pastikan juga Anda memilih masker dari bahan yang rapat agar kotoran tidak mudah masuk. Berikut cara mengecek masker yang bahannya rapat dan yang tidak.

  • Rentangkan masker menghadap ke arah cahaya. Jika cahaya menembus dengan mudah melalui serat kain dan serat-seratnya terlihat, hindarilah masker tersebut.

  • Anda juga bisa meniup lilin untuk memeriksa kerapatan bahan masker. Apabila udara dapat keluar masuk dengan mudah melalui serat-serat maskernya, masker tersebut juga perlu dihindari.

  • Selanjutnya, Anda dapat mencoba menarik masker. Jika bahan masker mudah ditarik, hal itu berarti masker menggunakan bahan elastis. Bahan elastis tidak disarankan karena menyebabkan ukuran pori-pori kain meningkat dan efisiensi penyaringan menurun.

Masker dengan bahan berlapis, lebih optimal melindungi

Masker dengan bahan berlapis, lebih optimal melindungi

WHO menyarankan masker kain dengan tiga lapis bahan yang mudah dicuci dan tahan suhu tinggi. Biasanya setiap lapisan masker memiliki karakteristik dan fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak poin berikut ini.


  • Lapisan pertama adalah lapisan yang menyentuh kulit. Karena itu, sebaiknya gunakan bahan yang memudahkan Anda bernapas, misalnya katun. Jika kulit Anda sensitif, pilihlah bahan yang tidak menyebabkan iritasi, seperti katun organik.

  • Lapisan kedua sebaiknya menggunakan bahan yang dapat menyaring kotoran dengan lebih baik, seperti polypropylene, non-woven, atau spunbound. Jika masker yang dipilih hanya memiliki dua lapisan, Anda dapat menambahkan penyaring ekstra atau tisu untuk meningkatkan daya saringnya.

  • Lapisan ketiga merupakan lapisan terluar. Bahan yang digunakan dapat berupa poliester atau bahan lain dengan kerapatan tinggi.

Namun, terkadang masker tiga lapis membuat pemakainya merasa sesak. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan jumlah lapisan masker kain dengan baik sebelum menentukan pilihan.

② Pilih berdasarkan tipe masker

Secara garis besar tipe masker kain dibagi menjadi dua, yakni tipe lipit dan duckbill. Tiap tipe memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing. Ketahuilah tipe masker kain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe lipit, lebih memudahkan pemakai saat berbicara

Tipe lipit, lebih memudahkan pemakai saat berbicara

Masker kain tipe lipit memiliki bentuk menyerupai masker medis. Tipe ini membuat pemakainya lebih leluasa berbicara karena tidak mudah tergelincir saat mulut digerakkan.


Sejumlah masker tipe lipit memiliki kawat yang dapat ditekuk mengikuti struktur hidung. Saat tidak digunakan, Anda dapat meluruskan kawatnya dan melipat masker sehingga tidak boros tempat. 

Tipe duckbill, lebih leluasa bernapas dan tidak mengganggu makeup

Tipe duckbill, lebih leluasa bernapas dan tidak mengganggu makeup

Masker tipe duckbill umumnya memiliki area mulut yang lebih luas sehingga pemakainya lebih leluasa bernapas. Bentuk masker duckbill lebih sesuai dengan kontur wajah dan tidak menyentuh bibir. Karena itu, lipstik dan penampilan Anda tidak akan terganggu saat memakai masker duckbill.


Masker duckbill biasanya disimpan dengan cara dilipat  secara vertikal. Anda bisa langsung memasang masker duckbill ke wajah hanya dengan membuka lipatannya. Sejumlah produk masker duckbill juga ada yang dilengkapi dengan kawat tambahan untuk menyesuaikan struktur wajah pemakainya.

③ Perhatikan tipe tali pengaitnya

Selain bentuk, poin lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih masker kain adalah tipe pengaitnya. Untuk mengetahui perbedaan lebih lanjut, silakan simak ulasan berikut ini. 

Tipe earloop, mudah dikaitkan di telinga

Tipe earloop, mudah dikaitkan di telinga

Sesuai namanya, masker dengan pengait tipe earloop digunakan dengan cara dikaitkan di telinga. Tali pengait masker earloop umumnya terbuat dari karet yang bersifat elastis. Pilihlah tali pengait yang tebal dan lembut agar tidak menyakiti telinga meski lama dipakai. Namun, bila telinga Anda tetap terasa sakit atau lecet, sebaiknya hindari penggunaan masker dengan pengait earloop

Tipe headloop, ideal untuk yang berhijab

Tipe headloop, ideal untuk yang berhijab
Masker tipe headloop cocok untuk pengguna hijab karena digunakan dengan cara diikat di belakang kepala. Ada pengait yang terbuat dari karet, tali, pita, bahkan kancing. Pengait tipe ini tidak menyentuh telinga sehingga tidak menyebabkan sakit atau lecet. Namun, Anda perlu mengikatnya dengan kuat agar tidak ada celah pada masker ketika dipakai. 

④ Sesuaikan ukuran masker dengan wajah Anda

Sesuaikan ukuran masker dengan wajah Anda

Masker kain yang Anda pilih harus menutupi hidung, mulut, dagu, dan pipi sepenuhnya. Ukuran masker yang tidak sesuai akan membuat celah sehingga udara yang masuk dan keluar tidak tersaring. Namun, pastikan Anda tidak kesulitan bernapas saat mengenakannya.


Pastikan juga masker kain dapat dipakai dengan stabil tanpa perlu banyak menyesuaikan tali pengaitnya. Masker untuk orang dewasa dan anak-anak tentu berbeda. Masker untuk laki-laki pun biasanya lebih besar dibandingkan masker untuk wanita. Karena itu, Anda perlu memilih ukuran masker yang sesuai dengan wajah Anda. 

⑤ Pertimbangkan masker berdasarkan tujuan penggunaan

Pertimbangkan masker berdasarkan tujuan penggunaan

Tujuan penggunaan masker kain tiap orang tidaklah sama. Ada yang menggunakannya untuk menghalau polusi, mencegah virus dan bakteri, atau kebutuhan fashion. Di tengah pandemi ini, masker telah bertransformasi menjadi salah satu fashion item yang dapat menunjang penampilan. Karena itu, Anda dapat menyesuaikan masker kain dengan outfit yang sedang digunakan. 


Anda juga bisa memilih masker kain berdasarkan warna atau motif yang disukai. Kini, sudah banyak produsen dan desainer yang menawarkan masker kain dengan tampilan yang stylish. Selain digunakan untuk melindungi diri, masker juga bisa membuat penampilan menjadi lebih modis

10 Rekomendasi masker kain terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker kain terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin

Ara

Masker Kriwil Hijab

Ara Masker Kriwil Hijab  1枚目

Talinya kriwil dan hijab-friendly, cocok untuk Anda yang berhijab

Goto Living

Masker Kain EVO

Goto Living  Masker Kain EVO 1枚目

Masker kain EVO bermotif polos, cocok untuk pria dan wanita

Character Land

Masker Dewasa Perempuan Disney Tsum Tsum

Character Land Masker Dewasa Perempuan Disney Tsum Tsum 1枚目

Penampilan makin trendi dengan masker kain motif karakter Disney

BOSS

Masker Kain Batik 3 Lapis

BOSS  Masker Kain Batik 3 Lapis  1枚目

Lengkapi gaya etnik Anda dengan masker kain batik

Rider

Masker Kain Antibakteri

Rider  Masker Kain Antibakteri 1枚目

Masker kain reuseable dengan harga ekonomis

Sritex

Masker Kain 3 Ply Airycool 3D

Sritex  Masker Kain 3 Ply Airycool 3D  1枚目

Masker kain Sritex, memiliki bahan kain antimikrobial dan water-repellent

ARTCH

Mask

ARTCH  Mask  1枚目

Masker kain kekinian dengan tali pengait fleksibel, bisa diatur sesuka hati

Seruni Living

Masker Kain 3 Ply Seri Bunga

Seruni Living Masker Kain 3 Ply Seri Bunga  1枚目

Masker kain 3 lapis bermotif bunga yang cantik dan girly

Mooi

Cotton Mask (Non-Medical Mask)

Mooi  Cotton Mask (Non-Medical Mask) 1枚目

Terbuat dari tinta bersertifikasi internasional, masker kain ini ramah lingkungan

UNIQLO

AIRism Masker

UNIQLO  AIRism Masker   1枚目

Masker kain UNIQLO, aman dan nyaman digunakan dalam segala jenis cuaca

Perincian produk
Close

AraMasker Kriwil Hijab

Mulai dari Rp9.999,00

Talinya kriwil dan hijab-friendly, cocok untuk Anda yang berhijab

Kelebihan:

  • Tali pengait maskernya tidak mudah melar

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan bahwa jahitan masker kurang rapi

Anda menyukai tampilan yang feminin? Segera tambahkan masker kain hijab dari Ara ini ke dalam keranjang belanja Anda! Produk ini memiliki tali pengait berbentuk kriwil dan bertipe headloop sehingga pas untuk Anda yang berhijab.


Dengan desainnya tersebut, masker kain ini cocok digunakan untuk acara formal ataupun nonformal. Menariknya lagi, masker kain ini terbuat dari dua lapisan yang lembut dan halus. Jika Anda ingin tampil lebih menawan, masker kain dari Ara ini tidak boleh Anda lewatkan.

Goto Living Masker Kain EVO

Mulai dari Rp22.250,00

Masker kain EVO bermotif polos, cocok untuk pria dan wanita

Kelebihan:

  • Bahannya diklaim hypoallergenic
  • Dapat dicuci dan digunakan kembali sehingga mengurangi limbah sampah

Kekurangan:

  • Bahan masker kurang lembut sehingga tidak terlalu nyaman digunakan

Apakah Anda suka dengan gaya masker kain EVO bermotif polos? Jika ya, masker kain dari Goto Living ini bisa menjadi pilihan Anda. Masker kain ini memiliki bahan katun premium yang sejuk dan nyaman.


Model masker ini ialah 3D atau EVO sehingga bentuknya lebih pas dengan wajah. Dengan begitu, pengguna masker kain ini bisa lebih lega saat bernapas. Tidak hanya itu, masker ini juga diklaim memiliki pengait earloop yang kuat dan antimelar.

Character LandMasker Dewasa Perempuan Disney Tsum Tsum

Mulai dari Rp14.900,00

Penampilan makin trendi dengan masker kain motif karakter Disney

Kelebihan:

  • Memiliki motif yang lucu
  • Bahan lembut dan sejuk

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa printing gambarnya kurang jernih

Anda mencari masker kain yang memiliki motif trendi? Kalau begitu, masker dari Character Land ini adalah pilihan tepat. Masker kain ini memiliki motif karakter Disney Tsum Tsum yang lucu dan menggemaskan.


Masker kain ini juga menggunakan bahan katun premium yang lembut dan sejuk sehingga nyaman dipakai. Anda bisa menggunakan masker karakter Disney Tsum Tsum ini untuk menunjang penampilan agar terlihat lebih trendi.

BOSS Masker Kain Batik 3 Lapis

Mulai dari Rp10.000,00

Lengkapi gaya etnik Anda dengan masker kain batik

Kelebihan:

  • Memiliki banyak motif batik yang bisa dipilih

Kekurangan:

  • Ukuran sisi kanan dan kiri masker ada yang tidak sama menurut beberapa pembeli

Masker kain motif batik dari BOSS ini sangat cocok untuk Anda gunakan saat menghadiri acara formal. Ada beberapa motif batik yang ditawarkan dan bisa Anda pilih sesuai selera.


Masker kain yang dibuat dari bahan katun ini memiliki tiga lapisan. Ketiga lapisan masker tersebut tentunya dapat melindungi Anda dari virus COVID-19, debu, dan kotoran. Menariknya lagi, masker kain batik ini memiliki bahan yang lembut sehingga nyaman untuk digunakan.

Rider Masker Kain Antibakteri

Mulai dari Rp7.280,00

Masker kain reuseable dengan harga ekonomis

Kelebihan:

  • Lapisan dalamnya lembut dan mampu menyerap keringat

Kekurangan:

  • Ada ulasan yang mengatakan bahwa tali pengaitnya mudah melar

Masker kain bisa menjadi pilihan untuk Anda gunakan sehari-hari. Meski begitu, setiap 4 jam sekali, Anda harus mengganti masker. Untuk itu, setidaknya Anda harus memiliki dua hingga tiga masker. Namun, terkadang masker kain memiliki harga yang mahal. Nah, kami merekomendasikan masker kain Rider ini untuk Anda.


Masker ini memiliki harga ekonomis sehingga Anda bisa lebih berhemat jika ingin membeli banyak. Selain itu, masker ini juga terbuat dari bahan katun jersey yang lembut dan dapat menyerap keringat. Masker kain ini juga reuseable sehingga Anda bisa menggunakannya lagi setelah dicuci.

Sritex Masker Kain 3 Ply Airycool 3D

Mulai dari Rp10.000,00

Masker kain Sritex, memiliki bahan kain antimikrobial dan water-repellent

Kelebihan:

  • Memiliki bahan yang antimikrobial dan antiair
  • Mampu menyerap kelembapan sehingga memberikan efek sejuk pada kulit

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan bahwa ukuran masker agak kecil sehingga kurang cocok untuk orang dewasa

Memakai masker dapat meminimalkan kemungkinan terkena percikan batuk atau bersin dari orang lain. Nah, masker kain Sritex ini memiliki bahan yang water-repellent atau antiair. Dengan bahan tersebut, produk ini akan melindungi Anda dengan maksimal.


Selain itu, masker kain ini juga memiliki bahan antimikrobial. Bahan tersebut dapat menahan virus dan bakteri yang akan masuk ke dalam masker.

Masker kain kekinian dengan tali pengait fleksibel, bisa diatur sesuka hati

Kelebihan:

  • Menggunakan rubber knot yang bisa diatur sesuai keinginan
  • Reusabledapat dicuci dan dipakai kembali


Kekurangan:

  • Bahan agak tipis sehingga belum tentu aman digunakan
  • Beberapa ulasan mengatakan bahwa masker mudah luntur

Masker yang satu ini pas untuk Anda yang suka tampil fashionable dan berjiwa muda. Masker lokal ini memiliki sejumlah motif menarik dengan warna cerah yang bisa dipadukan dengan beragam outfit kekinian.


Bahan dari masker ini adalah katun Jepang yang halus sehingga nyaman dan tidak membuat sesak saat dipakai. Masker dari Artch ini juga dilengkapi dengan tali karet elastis sehingga bisa disesuaikan ukurannya, lho.

Seruni LivingMasker Kain 3 Ply Seri Bunga

Mulai dari Rp22.000,00

Masker kain 3 lapis bermotif bunga yang cantik dan girly

Kelebihan:

  • Bahannya halus dan lembut
  • Memiliki tiga lapisan sehingga penyaringannya lebih baik

Kekurangan:
  • Beberapa motif bunganya agak kurang jelas
  • Karet pengaitnya terlalu panjang, terutama untuk tipe earloop

Jika Anda ingin tampil lebih girly saat menggunakan masker, cobalah produk ini. Masker kain dari Seruni Living ini memiliki beberapa pilihan motif bunga dengan warna-warna cerah dan lembut.


Masker kain tiga lapis ini juga terbuat dari bahan yang lembut dan halus sehingga sangat nyaman untuk digunakan. Anda bisa menggunakan masker kain ini untuk melengkapi gaya fashion Anda.

Mooi Cotton Mask (Non-Medical Mask)

Mulai dari Rp11.000,00

Terbuat dari tinta bersertifikasi internasional, masker kain ini ramah lingkungan

Kelebihan:

  • Dibuat dari material yang antibakteri
  • Memiliki celah yang dapat digunakan untuk menyelipkan tisu

Kekurangan:

  • Ulasan mengatakan bahwa tali pengait agak pendek sehingga mudah terlepas
  • Bahan masker cenderung tipis dan mudah lecek ketika dicuci

Masker kain bermotif terkadang memiliki cetakan yang berbau menyengat atau motif yang kurang menarik. Nah, masker ini aman dan ramah lingkungan sebab dicetak menggunakan tinta bersertifikasi internasional. Motif-motif masker kain yang diklaim antibakteri ini pun imut dan lucu.


Masker kain dengan pengait earloop ini memiliki celah di tengah untuk diselipkan tisu atau penyaring lain. Anda juga bisa terlihat kompak dengan si kecil karena tersedia ukuran dewasa dan anak.

UNIQLO AIRism Masker

Mulai dari Rp149.000,00

Masker kain UNIQLO, aman dan nyaman digunakan dalam segala jenis cuaca

Kelebihan:

  • Memiliki filter berperforma tinggi, mampu menghalangi 90% sinar UV
  • Bahan lembut di kulit dan breathable

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan mengatakan bahwa masker yang berukuran L terlalu besar sehingga kurang nyaman digunakan

Anda pasti sudah tidak asing dengan merek UNIQLO, bukan? Merek yang satu ini ternyata mengeluarkan produk masker dengan nama AIRism. Masker ini dapat Anda gunakan berulang kali karena bisa dicuci, baik secara manual maupun menggunakan mesin cuci.


Tiga lapisan non-woven yang dimilikinya mampu memberikan performa tinggi dalam penyaringan. Bahkan, masker ini diklaim mampu menyaring 99% partikel, seperti bakteri dan polen. Uniknya lagi, Anda bisa memilih masker sesuai dengan ukuran wajah karena produk ini memiliki tiga ukuran.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer