• 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Piring merupakan wadah untuk menampung makanan. Piring yang dijual di pasaran saat ini terbuat dari berbagai macam bahan. Salah satu bahan yang terbaik adalah keramik. Keramik merupakan bahan yang aman digunakan dalam perlengkapan makan. Anda bisa menemukan piring keramik putih dan piring keramik dengan beragam motif.


Kali ini, kami akan membahas beberapa hal seputar jenis piring keramik. Anda dapat memilih piring keramik sebagai piring makan ataupun piring kue. Berbagai merek piring keramik yang bagus ada dalam rekomendasi kami, seperti ZEN Tableware, IKEA, UCHII, Kopin, dan Platerie. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 21 Agustus 2022
Daftar isi

Cara memilih piring keramik

Di samping corak yang memesona, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih piring keramik. Kami sudah menyiapkan beberapa tips penting untuk memilih piring keramik dalam beberapa poin berikut ini.

Kenali jenis-jenis piring keramik

Bahan keramik terbuat dari clay atau tanah liat tanpa kandungan metal yang kemudian dibakar. Ada tiga jenis keramik yang biasanya digunakan untuk membuat alat makan, yaitu earthenware, stoneware, dan porselen. Perbedaannya terdapat pada jenis clay yang digunakan serta suhu pembakarannya. Kami akan menjelaskan setiap jenisnya dalam poin berikut ini.

Earthenware: Tampak lebih rustic dan harganya lebih terjangkau

Earthenware: Tampak lebih rustic dan harganya lebih terjangkau

Earthenware, atau dalam bahasa Indonesianya disebut gerabah, merupakan jenis keramik yang memiliki sedikit rongga-rongga di dalamnya. Keramik jenis ini dibakar pada suhu 1.000–1.150 °C. Berikutnya, earthenware dilapisi dengan serbuk kaca yang kemudian dibakar untuk kedua kalinya.


Proses tersebut menghasilkan keramik yang lebih berat dan tampak lebih rustic. Namun, modelnya lebih cepat menyerap cairan dan warna sehingga Anda tidak boleh merendamnya terlalu lama di dalam air.


Earthenware memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis keramik lainnya. Sebagian besar produknya dapat dimasukkan ke dalam microwave dan dishwasher. Hanya saja, jenis keramik ini kurang tahan lama dan tidak sekuat keramik lainnya. 

Stoneware: Lebih tebal dan memiliki beragam pilihan finishing piring

Stoneware: Lebih tebal dan memiliki beragam pilihan finishing piring

Jenis keramik stoneware banyak digunakan karena dinilai lebih tahan lama dibandingkan earthenwareStoneware menggunakan material kaca di dalamnya dan dibakar pada suhu sekitar 1.200 °C. Tidak heran apabila hasilnya lebih kuat dan tebal. Jenis keramik ini memiliki berbagai finishing atau hasil akhir, seperti glossy, matte, dan satin finish.


Merawat stoneware juga lebih mudah. Anda dapat menggunakannya dalam microwave, dishwasher, oven, dan freezer. Namun, jangan gunakan stoneware dalam perubahan suhu yang terlalu ekstrem, ya.

Porselen: Keramik yang paling awet dan tahan lama

Porselen: Keramik yang paling awet dan tahan lama

Jenis keramik terakhir adalah porselen. Porselen sangat banyak Anda temui di pasaran karena sangat tahan lama. Rahasianya terdapat pada clay dengan partikel halus yang digunakan dalam pembuatan porselen, seperti feldspar, quartz, atau kaolin. Porselen dibakar pada suhu lebih dari 1.200 °C untuk hasil yang awet dan kuat.


Proses pembuatannya membuat porselen lebih tipis dibandingkan jenis keramik lainnya. Lapisan dekorasinya, seperti corak, didapatkan dengan pembakaran lebih lanjut. Piring porselen biasanya memiliki hasil akhir yang berkilau. Piring keramik porselen juga aman digunakan pada dishwasher, microwave, dan oven.

Sesuaikan ukuran piring dengan penggunaannya

Ukuran piring memang beragam. Piring tidak hanya digunakan untuk makanan utama saja, tetapi juga makanan penutup atau lainnya. Pemilihan ukuran piring harus sesuai dengan penggunaannya. Kami akan menjelaskan tiga ukuran piring yang biasa digunakan di Indonesia.

Piring berukuran 10–20 cm: Pas untuk menyajikan makanan penutup

Piring berukuran 10–20 cm: Pas untuk menyajikan makanan penutup

Selain piring untuk makanan utama, ada juga piring untuk menyajikan makanan penutup. Ukurannya tentu lebih kecil dibandingkan piring untuk makanan utama. Bentuknya juga beragam dan dapat disesuaikan dengan makanannya. Piring ukuran ini akan membuat tampilan makanan penutup jadi makin cantik.


Tradisi menyajikan makanan penutup memang kurang lazim di Indonesia. Namun, Anda dapat menggunakan piring ini untuk menyajikan kue, puding, atau makanan ringan lainnya.

Piring berukuran 20–30 cm: Umum untuk menyajikan makanan utama

Piring keramik berdiameter 20–30 cm merupakan piring yang paling umum digunakan untuk makan sehari-hari. Piring berbentuk bulat ini disebut juga sebagai dinner plate.


Bentuk piring ini ada yang datar dan ada yang memiliki cekungan di bagian tengahnya. Jika Anda menggunakannya untuk makanan yang sedikit berkuah, pilihlah yang memiliki cekungan di bagian tengahnya.

Piring berukuran sekitar 30 cm: Ideal untuk menyajikan lauk

Saat acara makan keluarga, biasanya Anda juga menyajikan lauk yang dapat diambil sendiri oleh orang yang sedang makan. Untuk menyajikan lauk, pilihlah piring berukuran cukup besar, seperti sekitar 30 cm. Dengan demikian, Anda dapat menyajikan lauk secara lebih tertata.


Bentuk piring untuk menyajikan lauk juga cukup beragam, mulai dari bulat, kotak, sampai oval. Perhatikan juga cekungan piring untuk menyajikan lauk. Jika lauk yang Anda sajikan sedikit berkuah, tentu Anda harus memilih piring yang memiliki cekungan.

Perhatikan juga bentuk piring keramik

Anda dapat menemukan bentuk piring yang berbeda-beda. Piring yang digunakan untuk makan ada yang berbentuk bulat, persegi, sampai bentuk yang tidak teratur.


  • Piring keramik bulat adalah bentuk piring keramik yang umum digunakan untuk makan ataupun menyajikan lauk.

  • Anda juga dapat memilih piring berbentuk persegi sebagai piring makan.

  • Piring berbentuk oval atau memanjang dapat digunakan untuk menyajikan ikan karena bentuk ikan yang memanjang. Bentuk piring ini juga dapat digunakan untuk menyajikan lauk lainnya.

  • Untuk menunjang tampilan yang lebih estetis, Anda bisa memilih piring yang bentuknya tidak beraturan. Anda bisa menjadikan piring ini sebagai pelengkap konten Anda agar tampilan foto atau video lebih menarik.

  • Perhatikan juga kedalaman piring keramik. Piring dengan permukaan yang datar lebih pas untuk makanan kering tanpa kuah. Sebaliknya, pilihlah piring dengan cekungan untuk menyajikan makanan sedikit berkuah.

Pilih corak piring yang sesuai dengan kebutuhan

Hal paling menarik dari piring keramik adalah coraknya yang beragam. Anda dapat menemukan berbagai pilihan corak, mulai dari garis sampai lukisan yang menarik.


  • Piring keramik dengan bagian tengah yang polos, seperti piring keramik putih, cocok untuk menonjolkan makanan yang disajikan. Anda dapat memilih piring yang sepenuhnya polos agar lebih simpel dan fleksibel untuk berbagai hidangan. Di sisi lain, ada juga piring yang dilengkapi dengan motif menarik di bagian tepinya. Adanya motif membuat piring lebih menarik.

  • Piring keramik bermotif penuh serta warna-warni tampak lebih ceria dan pas dijadikan pajangan. Sebetulnya, tidak masalah jika Anda ingin menggunakan piring bermotif untuk menyajikan makanan. Namun, model piring keramik bermotif penuh tidak terlalu menonjolkan makanan Anda. Isi piring mungkin tampak memusingkan akibat banyaknya corak pada piring keramik.

Pertimbangkan membeli set piring keramik agar lebih praktis dan matching

Membeli piring yang dijual dalam satu set akan membuat acara makan Anda tampak lebih apik. Anda akan mendapatkan lebih dari satu piring ketika membeli dalam bentuk set. Tidak ada lagi piring belang-belang di meja makan Anda.


Piring yang dijual dalam bentuk set biasanya sudah termasuk piring makan dan piring dessertSelain itu, ada juga yang menjual set berisi piring, alat makan, dan cangkir. Meja makan Anda akan tampak lebih rapi jika menggunakan peralatan makan bertema seragam.

10 Rekomendasi piring keramik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk piring keramik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 8 Agustus 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Platerie Piring Porcelain Omega Plate 9 Inch Bohemian Motif memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, ZEN Tableware Animal Series Salad Plate yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 3 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee. 

Gambar produk
1
Platerie Piring Porcelain Omega Plate 9 Inch Bohemian Motif 1

Platerie

2
Kopin High Quality Piring Ayam Jago Seri 2 1

Kopin

3
ZEN Tableware Animal Series Salad Plate  1

ZEN Tableware

4
Sango Set Piring Makan Stackable Adelaide 1

Sango

5
Kaibon Brilliant Cake Plate 1

Kaibon

6
Dekoruma Danari Rippa Dinner Plate 26 cm 1

Dekoruma

7
IKEA DINERA, Piring Cekung 1

IKEA

8
Capodimonte  Piring Set Keramik Rose White 1

Capodimonte

9
UCHII  HANABI Set Exclusive Ceramic Dinnerware 21pcs Alat Makan Keramik 1

UCHII

10
Brewsuniq Pantera Gold Long Plate 12" 1

Brewsuniq

Nama produk

Piring Porcelain Omega Plate 9 Inch Bohemian Motif

High Quality Piring Ayam Jago Seri 2

Animal Series Salad Plate

Set Piring Makan Stackable Adelaide

Brilliant Cake Plate

Danari Rippa Dinner Plate 26 cm

DINERA, Piring Cekung

Piring Set Keramik Rose White

HANABI Set Exclusive Ceramic Dinnerware 21pcs Alat Makan Keramik

Pantera Gold Long Plate 12"

Keunggulan

Percantik meja makan dengan piring porselen motif Bohemian

Piring keramik ayam jago, klasik dan sangat timeless!

Gambar binatangnya membuat waktu makan lebih fun

Piring keramik dengan desain elegan, makan bersama lebih mewah

Uniknya piring dessert dengan motif di salah satu sisinya

Piring keramik putih yang simpel dengan list warna biru

Piring keramik IKEA polos dengan cekungan

Detail kembang yang cantik ala shabby chic

Set piring keramik dan alat makan ala Jepang

Model piring keramik estetis, bikin foto makin kece

Harga mulai dariRp 24.000,00Rp 30.000,00Rp 75.000,00Rp 225.000,00Rp 39.100,00Rp 99.000,00Rp 29.900,00Rp 762.500,00Rp 1.699.000,00Rp 158.000,00
Jenis keramikPorselenPorselenPorselenPorselenTidak disebutkanStonewareEarthenwareTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
UkuranDiameter: 23 cmDiameter: 23 cmDiameter: 21,7 cmDiameter: 26 cmDiameter: 15 cmDiameter: 26 cmDiameter: 18 cmDiameter: 22,6 cmPiring makan: 18 cm dan 20,3 cm・Mangkuk nasi: 11,43 cm・Mangkuk sup: 20,3 cm・Piring saus: 8,9 cm x 8,9 cm・Piring saji: 30,5 cm x 16,5 cm32 cm x 12,5 cm
WarnaKuning, biru, biru motif bungaPutihPutih dengan gambar hewanPutih biru, putih emasPutih cokelatPutihPink, krem, abu-abu tuaPutihPutih biruHitam emas
SetXXX✔︎✔︎XX✔︎✔︎X
Tautan produk
10

BrewsuniqPantera Gold Long Plate 12"

PLT0493

Mulai dari Rp 158.000,00

Jenis keramikTidak disebutkan
Ukuran32 cm x 12,5 cm
WarnaHitam emas
SetX
9

UCHII HANABI Set Exclusive Ceramic Dinnerware 21pcs Alat Makan Keramik

Mulai dari Rp 1.699.000,00

Jenis keramikTidak disebutkan
UkuranPiring makan: 18 cm dan 20,3 cm・Mangkuk nasi: 11,43 cm・Mangkuk sup: 20,3 cm・Piring saus: 8,9 cm x 8,9 cm・Piring saji: 30,5 cm x 16,5 cm
WarnaPutih biru
Set✔︎
8
Jenis keramikTidak disebutkan
UkuranDiameter: 22,6 cm
WarnaPutih
Set✔︎
7
Jenis keramikEarthenware
UkuranDiameter: 18 cm
WarnaPink, krem, abu-abu tua
SetX
6

DekorumaDanari Rippa Dinner Plate 26 cm

Mulai dari Rp 99.000,00

Jenis keramikStoneware
UkuranDiameter: 26 cm
WarnaPutih
SetX
5

KaibonBrilliant Cake Plate

GM4234

Mulai dari Rp 39.100,00

Jenis keramikTidak disebutkan
UkuranDiameter: 15 cm
WarnaPutih cokelat
Set✔︎
4

SangoSet Piring Makan Stackable Adelaide

Mulai dari Rp 225.000,00

Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter: 26 cm
WarnaPutih biru, putih emas
Set✔︎
3

ZEN TablewareAnimal Series Salad Plate

Mulai dari Rp 75.000,00

Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter: 21,7 cm
WarnaPutih dengan gambar hewan
SetX
2

KopinHigh Quality Piring Ayam Jago Seri 2

Mulai dari Rp 30.000,00

Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter: 23 cm
WarnaPutih
SetX
1

PlateriePiring Porcelain Omega Plate 9 Inch Bohemian Motif

Mulai dari Rp 24.000,00

Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter: 23 cm
WarnaKuning, biru, biru motif bunga
SetX

Baca juga rekomendasi alat makan lainnya di sini

Di samping piring, Anda tentunya juga membutuhkan alat makan, seperti mangkuk, sendok, garpu, sumpit, dan pisau. Kami memiliki artikel lainnya tentang peralatan makan. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut berbagai alat makan yang pas dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Piring makan dari keramik disukai karena microwaveable dan memiliki motif menarik. Banyak merek lokal menawarkan piring keramik yang bagus. Anda bisa memilih piring keramik putih dan piring keramik dengan motif berwarna cerah. Perhatikan pula ukuran, bentuk, warna, dan corak yang tepat untuk melengkapi sajian Anda. Dapatkan waktu makan yang menyenangkan dengan piring keramik yang tepat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tumbler rasanya sudah menjadi bagian dari kehidupan zaman sekarang, ya. Ada banyak kedai kopi yang menjual tumbler premium yang menarik. Salah satu bahan tumbler yang banyak dicari adalah stainless. Stainless tumbler dengan insulasi yang baik dapat menahan suhu minuman panas ataupun dingin lebih lama.Selain tumbler dari kafe Starbucks, ada banyak stainless tumbler merek lainnya yang bagus, seperti Thermos, LocknLock, dan Shuma. Sebelum Anda membeli stainless tumbler, simak dahulu informasi seputar memilih stainless tumbler terbaik beserta tips lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tidak hanya kopinya yang enak, Starbucks juga memiliki koleksi tumbler yang bagus dan sayang dilewatkan. Kelebihan tumbler Starbucks adalah saat Anda membawanya ke kedai kopi merek ini. Starbucks memberikan promo khusus "Tumbler Day" bagi Anda yang membeli kopi menggunakan tumblernya.Starbucks menyediakan beragam tumbler yang menarik, seperti seri klasik, reserver, dan seasonal. Namun, pastikan Anda membeli tumbler Starbucks original. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara memilih tumbler Starbucks terbaik yang asli. Tenang saja, kami akan menjelaskannya untuk Anda di artikel ini. Ada rekomendasi produknya juga, lho. Yuk, dimulai!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Mangkuk atau mangkok bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas, seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya, kini mangkuk tahan panas sudah tersedia di pasaran. Mangkuk tahan panas umumnya terbuat dari kaca, tetapi ada juga yang berbahan dasar plastik. Nah, kami akan memperkenalkan mangkuk tahan panas yang bagus beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan produk merek IKEA, Dekoruma, dan Cookshabit. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Botol minum stainless steel merupakan produk yang sering digunakan oleh orang dewasa ataupun anak-anak ketika bepergian. Tersedia beragam bentuk dan tipe botol stainless dari berbagai merek, seperti Thermos, Tupperware, atau Klean Kanteen. Tentunya hal ini dapat membingungkan Anda saat akan memilih produk yang bagus.Namun, tidak perlu khawatir karena kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih botol minum stainless steel. Anda juga dapat membandingkan spesifikasi beberapa produk dari daftar rekomendasi yang telah disiapkan. Simak informasinya dan pilihlah produk yang menjadi favorit Anda!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Sendok Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sendok Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Sendok kopi merupakan item penting saat hendak menyeduh kopi. Sendok kopi juga dapat digunakan untuk menakar susu, gula, dan tepung. Terdapat beragam jenis sendok kopi yang bagus di pasaran, mulai dari sendok kayu hingga stainless steel.Kami akan memberikan tips memilih sendok kopi dan memberikan rekomendasi sendok kopi terbaik dari merek Blanco, Tanica, dan lainnya. Daftar rekomendasi tersebut dibuat berdasarkan bahan, kemudahan pemakaian, dan poin lain. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Takaran pas adalah kunci utama membuat kopi nikmat, jadi milikilah sendok kopi yang tepat!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cutlery Set (Perlengkapan Makan) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Set perlengkapan makan atau cutlery set adalah barang yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari. Selain untuk pribadi, cutlery set juga cocok untuk dijadikan hadiah. Dengan desain dan bahan yang beraneka ragam, mungkin Anda sedikit kebingungan saat hendak memilihnya.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi cutlery set terbaik. Anda akan menemukan beragam cutlery set berkualitas, seperti cutlery set INFORMA dan cutlery set Tupperware. Dengan set perlengkapan makan yang sesuai, acara makan pun akan jadi makin menyenangkan.
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tutup Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tutup Gelas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tutup gelas merupakan perabot makan yang wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga. Selain menjaga gelas dan air di dalamnya tetap bersih, pemakaian tutup gelas juga dapat mempercantik meja makan. Terlebih, saat ini ada banyak variasi warna dan bentuk tutup gelas di pasaran.Material tutup gelas juga makin beragam, mulai dari plastik, melamin, stainless steel, hingga kertas. Namun, manakah yang terbaik? Nah, kali ini kami akan membahas cara memilih tutup gelas yang bagus. Tak lupa, sepuluh rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti IKEA dan Cookville, juga telah kami siapkan. Mari disimak!
    Peralatan makan & minum
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori