• 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Piring Keramik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Piring merupakan wadah untuk menampung makanan. Piring yang dijual di pasaran saat ini terbuat dari berbagai macam bahan. Salah satu bahan terbaiknya adalah keramik. Keramik adalah bahan yang cukup aman digunakan dalam perlengkapan makan. Coraknya pun beragam dan sangat memanjakan mata Anda.


Kali ini, kami akan membahas beberapa hal seputar piring keramik. Simak tipsnya agar Anda dapat menemukan piring keramik yang bagus. Baca juga rekomendasi produk terbaiknya, ya. Di dalamnya, terdapat piring keramik dari berbagai merk ternama, seperti ZEN Tableware, IKEA, UCHII, dan lainnya. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inna Riana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 Mei 2022
Daftar isi

Cara memilih piring keramik

Di samping coraknya yang memesona, ada beberapa hal lain yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih piring keramik. Kami sudah menyiapkan beberapa tips penting untuk memilih piring keramik dalam beberapa poin berikut ini.

Kenali jenis-jenis keramik

Bahan keramik terbuat dari clay atau tanah liat tanpa kandungan metal. Bahan ini lalu dibakar. Ada tiga jenis keramik yang biasanya digunakan untuk membuat alat makan termasuk piring, yaitu earthenware, stoneware, dan porselen. Perbedaannya terdapat pada jenis clay yang digunakan, serta suhu pembakarannya. Kami akan menjelaskan setiap jenisnya dalam poin berikut ini.

Earthenware : tampak lebih rustic dan harganya lebih terjangkau

Earthenware : tampak lebih rustic dan harganya lebih terjangkau

Earthenware, atau dalam bahasa Indonesianya disebut gerabah, merupakan jenis keramik yang memiliki sedikit rongga-rongga di dalamnya. Keramik jenis ini dibakar pada suhu 1000–1150°C. Berikutnya, earthenware dilapisi dengan serbuk kaca, lalu dibakar untuk kedua kalinya.


Proses tersebut menghasilkan keramik yang lebih berat dan tampak lebih rustic. Namun, modelnya memang lebih cepat menyerap cairan dan warna sehingga Anda tidak boleh merendamnya terlalu lama di dalam air.


Earthenware memiliki harga yang lebih murah dibandingkan jenis keramik lainnya. Sebagian besar produknya dapat digunakan dalam microwave dan dishwasher. Hanya saja, jenis keramik ini tidak tahan lama dan tidak sekuat keramik lainnya. 

Stoneware : lebih banyak pilihan hasil akhirnya

Stoneware : lebih banyak pilihan hasil akhirnya

Jenis keramik berikutnya adalah stoneware. Sekarang, jenis keramik stoneware mulai banyak digunakan karena lebih tahan lama dibandingkan earthenware. Stoneware menggunakan material kaca di dalamnya, lalu dibakar pada suhu sekitar 1200°C. Tidah heran bila hasilnya lebih kuat dan tebal. Jenis keramik ini memiliki berbagai hasil akhir, yaitu berkilau, satin, dan matte.


Merawat stoneware juga lebih mudah. Anda dapat menggunakannya dalam microwave, dishwasher, oven, dan freezer. Namun, jangan gunakan stoneware dalam perubahan suhu yang terlalu ekstrem, ya.

Porselen : keramik yang paling awet dan tahan lama

Porselen : keramik yang paling awet dan tahan lama

Jenis keramik terakhir adalah porselen. Porselen sangat banyak Anda temui di pasaran karena sangat tahan lama. Rahasianya adalah clay dengan partikel halus yang digunakan untuk pembuatan porselen, seperti feldspar, quartz, atau kaolin. Porselen dibakar pada suhu lebih dari 1200°C untuk hasil yang awet dan kuat.


Proses pembuatannya membuat porselen lebih tipis dibandingkan jenis keramik lainnya. Lapisan dekorasinya, seperti corak, didapatkan dengan pembakaran lebih lanjut. Biasanya porselen memiliki hasil akhir yang berkilau. Porselen juga aman digunakan dalam dishwashermicrowave, dan oven.

Pilih ukuran sesuai penggunannya

Ukuran piring memang beragam. Piring tidak hanya digunakan untuk makan makanan utama saja, tetapi juga makanan penutup dan lainnya. Pemilihan ukuran piring harus sesuai dengan penggunaannya. Kami akan menjelaskan tiga ukuran piring yang biasa digunakan di Indonesia.

Diameter 10-20 cm : pas untuk menyajikan makanan penutup

Diameter 10-20 cm : pas untuk menyajikan makanan penutup

Selain piring untuk makanan utama, ada juga piring untuk menyajikan makanan penutup. Ukurannya tentu lebih kecil dibandingkan piring untuk makanan utama. Bentuknya juga beragam, disesuaikan dengan makanannya. Piring ukuran ini akan membuat tampilan makanan penutup jadi makin cantik.


Tradisi menyajikan makanan penutup memang kurang lazim di Indonesia. Namun, Anda dapat menggunakan piring ini untuk menyajikan kue, puding, atau makanan ringan lainnya.

Diameter 20-30 cm : untuk menyajikan makanan utama

Piring dengan ukuran diameter 20-30 cm merupakan piring yang paling umum digunakan untuk makan sehari-hari. Piring berbentuk bulat ini disebut juga sebagai dinner plate.


Bentuk piring ini ada yang datar dan ada yang memiliki cekungan di bagian tengahnya. Jika Anda menggunakannya untuk makanan yang sedikit berkuah, pilihlah yang memiliki cekungan di bagian tengahnya.

Diameter sekitar 30 cm : piring untuk menyajikan lauk

Saat acara makan keluarga, biasanya Anda juga menyajikan lauk yang dapat diambil sendiri oleh orang yang sedang makan. Untuk menyajikan lauk, pilihlah piring berukuran cukup besar, seperti sekitar 30 cm. Dengan demikian, Anda dapat menyajikan lauk secara lebih tertata.


Bentuk piring untuk menyajikan lauk juga cukup beragam, seperti bulat, kotak, sampai oval. Perhatikan juga cekungan piring untuk menyajikan lauk. Jika lauk yang Anda sajikan sedikit berkuah, tentu Anda harus memilih piring yang memiliki cekungan.

Perhatikan juga bentuk piringnya

Anda dapat menemukan bentuk piring yang berbeda-beda. Piring yang digunakan untuk makan ada yang berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk persegi.


Berbeda dengan piring untuk makan, ada juga piring untuk menyajikan ikan. Piring untuk menyajikan ikan umumnya berbentuk oval atau persegi panjang agar dapat memuat ikan. Piring oval juga dapat Anda gunakan untuk menyajikan lauk.


Selain itu, periksalah kedalaman piringnya. Piring dengan permukaan yang datar lebih pas untuk makanan kering tanpa kuah. Jika Anda akan menyajikan makanan yang sedikit berkuah, pilihlah piring dengan cekungan. Kedalaman cekungannya juga perlu Anda perhatikan. Makin banyak cairan atau kuah dalam makanan, pilihlah cekungan yang lebih dalam.

Pilih corak yang netral agar sesuai dengan makanan

Hal paling menarik dalam memilih piring keramik adalah coraknya yang beragam. Anda dapat menemukan berbagai pilihan corak, mulai dari garis sampai lukisan yang menarik. 


Memang tidak ada salahnya memilih piring keramik dengan corak yang paling Anda sukai. Namun, agar lebih selaras dengan makanan Anda, sebisa mungkin pilihlah warna yang netral dan tidak terlalu banyak corak. Piring keramik yang telalu banyak corak bisa saja terlihat tidak selaras dengan makanan yang Anda sajikan.


Di samping sebagai alas makanan, Anda dapat menjadikan piring keramik sebagai pajangan yang cantik di rumah. Jika Anda ingin menjadikannya sebagai pajangan, Anda dapat memilih corak yang lebih penuh agar bisa menjadi pusat perhatian.

Memilih piring dalam bentuk set akan lebih praktis dan matching

Membeli piring yang dijual dalam satu set akan membuat acara makan Anda tampak lebih apik. Anda akan mendapatkan lebih dari satu piring ketika membeli dalam bentuk set. Tidak ada lagi piring belang-belang di meja makan Anda.


Terkadang, piring yang dijual dalam bentuk set juga termasuk piring makan dan piring dessert. Selain itu, ada juga yang menjual set berisi piring makan sampai cangkir. Acara makan Anda bersama orang terkasih akan tampak lebih rapi dalam peralatan makan bertema seragam.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi piring keramik terbaik

Berikutnya, kami akan memberi sepuluh rekomendasi piring keramik terbaik. Jadikanlah rekomendasi ini sebagai referensi Anda dalam memilih. Namun, ingat untuk tetap disesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.

10

Piring Keramik Motif Anyaman

Mulai dari Rp 132.500,00

Jenis keramikPorselen
Ukuran21 cm x 21 cm
WarnaHijau, cokelat
9

IKEADinera, Piring Kecil

504.155.25 / 604.443.44 / 604.444.62

Mulai dari Rp 24.900,00

Jenis keramikEarthenware
UkuranDiameter : 20 cm
WarnaPink, krem, abu-abu tua
8

BrewsuniqStonecast Black Medium Platter 10"

PLT0256

Mulai dari Rp 167.000,00

Jenis keramikTidak disebutkan
Ukuran27 cm x 19 cm
WarnaHitam
7

Artisan CeramicBlack Spo Wave Sushi Roll

SG00-WAV-BLK-SPO-251015

Mulai dari Rp 179.000,00

Jenis keramikStoneware
Ukuran25,5 cm x 10 cm
WarnaHitam
6

Set 4in1 Piring Keramik 8 Inchi Nordic Style

Mulai dari Rp 125.000,00

Jenis keramikTidak disebutkan
UkuranDiameter : 20,3 cm
WarnaPutih
5

Indo PorcelainBLANC PORCELAIN Piring Sup OS

Mulai dari Rp 32.000,00

Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter : 24 cm
WarnaPutih
4
Jenis keramikTidak disebutkan
UkuranDiameter : 26 cm
WarnaHitam
3
Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter : 23 cm
WarnaPutih
2

UCHIIExclusive Ceramic Dinnerware Gift Set Box

Mulai dari Rp 499.000,00

Jenis keramikTidak disebutkan
UkuranTidak disebutkan
WarnaBiru
1

ZEN TablewarePiring Keramik Animal

Mulai dari Rp 75.000,00

Jenis keramikPorselen
UkuranDiameter : 22 cm
WarnaPutih dengan gambar hewan

Tabel perbandingan produk piring keramik terbaik

Gambar produk
1
ZEN Tableware Piring Keramik Animal 1

ZEN Tableware

2
UCHII Exclusive Ceramic Dinnerware Gift Set Box 1

UCHII

3
High Quality Piring Ayam Jago 1

4
Agung Keramik Piring 10" Motif Rustiq 1

Agung Keramik

5
Indo Porcelain BLANC PORCELAIN Piring Sup OS 1

Indo Porcelain

6
Set 4in1 Piring Keramik 8 Inchi Nordic Style 1

7
Artisan Ceramic Black Spo Wave Sushi Roll 1

Artisan Ceramic

8
Brewsuniq Stonecast Black Medium Platter 10" 1

Brewsuniq

9
IKEA Dinera, Piring Kecil 1

IKEA

10
Piring Keramik Motif Anyaman 1

Nama produk

Piring Keramik Animal

Exclusive Ceramic Dinnerware Gift Set Box

High Quality Piring Ayam Jago

Piring 10" Motif Rustiq

BLANC PORCELAIN Piring Sup OS

Set 4in1 Piring Keramik 8 Inchi Nordic Style

Black Spo Wave Sushi Roll

Stonecast Black Medium Platter 10"

Dinera, Piring Kecil

Piring Keramik Motif Anyaman

Keunggulan

Gambar binatangnya membuat waktu makan lebih menyenangkan

Set alat makan lengkap dengan motif ala Jepang

Si ayam jago yang klasik dan timeless

Desain rustic-nya sangat elegan untuk sajian istimewa

Piring sup yang pas untuk segala acara makan

Gambar daunnya berbeda-beda, tetapi tetap selaras

Sajikan sushi dengan lebih artistik

Lauk biasa jadi lebih istimewa!

Model minimalisnya akan mempercantik dessert Anda

Piring keramik yang modelnya sangat unik!

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 499.000,00Rp 26.000,00Rp 360.000,00Rp 32.000,00Rp 125.000,00Rp 179.000,00Rp 167.000,00Rp 24.900,00Rp 132.500,00
Jenis keramikPorselenTidak disebutkanPorselenTidak disebutkanPorselenTidak disebutkanStonewareTidak disebutkanEarthenwarePorselen
UkuranDiameter : 22 cmTidak disebutkanDiameter : 23 cmDiameter : 26 cmDiameter : 24 cmDiameter : 20,3 cm25,5 cm x 10 cm27 cm x 19 cmDiameter : 20 cm21 cm x 21 cm
WarnaPutih dengan gambar hewanBiruPutihHitamPutihPutihHitamHitamPink, krem, abu-abu tuaHijau, cokelat
Tautan produk

Baca juga rekomendasi alat makan lainnya di sini

Di samping piring, Anda juga membutuhkan alat makan, seperti sendok, garpu, sumpit, dan pisau. Kami memiliki artikel lainnya tentang peralatan makan. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai alat makan yang pas dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Piring makan bukan sekadar sebagai alas makan saja, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan. Memilih keramik sebagai material piring merupakan pilihan yang aman. Piring keramik juga sangat menarik dengan corak-corak pada beberapa produknya.


Perhatikan ukuran, bentuk, warna, dan corak yang tepat untuk melengkapi waktu makan Anda. Sekian pembahasan kami tentang piring keramik. Semoga Anda terbantu, ya. Dapatkan waktu makan yang menyenangkan dengan piring yang tepat. Selamat memilih produknya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Stainless Tumbler Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda punya minuman favorit dari coffee shop langganan? Tentu menyenangkan jika minuman tersebut dapat dibawa pulang dan dinikmati dengan suhu yang sama ketika dibuat. Untuk itu, Anda memerlukan sebuah stainless tumbler untuk menjaga suhu minuman. Ada banyak variasi model dan ukuran stainless tumbler yang dapat Anda jumpai di pasaran. Namun, manakah yang cocok untuk Anda?Sebelum membeli, mari simak tips memilih stainless tumbler yang tepat. Setelah itu, Anda dapat membaca rekomendasi stainless tumbler dari berbagai merek, seperti IKEA dan Kinto. Selamat membaca dan temukan produk favorit Anda di sini!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tumbler Starbucks Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa yang tidak mengenal merk Starbucks? Starbucks merupakan kedai kopi ternama asal Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1971. Pada tahun 2002, Starbucks membuka gerai pertamanya di Indonesia. Sekarang, Starbucks sudah memiliki gerai hampir di setiap kota di Indonesia.Tidak hanya kopinya saja yang enak, Starbucks memiliki koleksi tumbler yang bagus dan tidak boleh dilewatkan. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tumbler dari Starbucks. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi tumbler terbaiknya, seperti Stojo Collapsible Cup, Tumbler Folk, dan berbagai tumbler lainnya. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Botol Minum Stainless Steel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Botol minum stainless steel merupakan produk yang sering digunakan oleh orang dewasa maupun anak-anak ketika bepergian. Tersedia beragam bentuk dan tipe botol stainless dari berbagai merek, seperti Thermos, Zojirushi, atau Shuma. Tentunya hal ini dapat membingungkan Anda saat akan memilih produk.Tidak perlu khawatir, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan poin-poin dalam memilih botol minum stainless steel. Anda juga dapat membandingkan spesifikasi beberapa produk dari daftar rekomendasi yang telah kami siapkan. Simak informasinya dan pilihlah produk yang menjadi favorit Anda!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mangkuk Tahan Panas Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Mangkuk bukanlah perlengkapan masak yang asing. Namun, tidak semua mangkuk bisa digunakan untuk makanan panas. Untuk memasak menggunakan pemanas, seperti microwave atau oven, Anda memerlukan mangkuk tahan panas. Untungnya, kini mangkuk tahan panas sudah tersedia di pasaran. Mangkuk tahan panas merek Pyrex atau Luminarc umumnya terbuat dari kaca yang stabil. Namun, ada juga yang berbahan dasar plastik dengan bobot ringan seperti produk milik IKEA. Kali ini kami akan memperkenalkan produk mangkuk tahan panas yang bagus beserta cara memilihnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Tempat Minum Tupperware Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Minum Tupperware Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tempat minum Tupperware merupakan salah satu botol minum reusable favorit banyak orang. Baik anak kecil maupun orang dewasa bisa menggunakannya dengan nyaman. Hal itu karena Tupperware memiliki banyak koleksi tempat minum berbagai ukuran, mulai dari yang kecil hingga berukuran besar. Anda bisa menemukan tempat minum Tupperware mulai dari ukuran di bawah 500 ml, 1 liter, hingga berukuran 2 liter. Jika Anda bingung memilihnya, di artikel ini kami akan membantu memberikan beberapa tips dan rekomendasi produk terbaiknya. Anda bisa mempertimbangkan X-treme Bottle, T-Tumbler, atau Eco Bottle. Selamat membaca!
    Peralatan makan & minum
  • 10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sendok Makan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siapa sih yang tak pernah menggunakan sendok saat makan? Dengan menggunakan sendok, makan pun lebih nyaman dan praktis. Material dan desain dari sendok makan ada banyak ragamnya. Mulai dari sendok berbahan stainless steel yang minimalis hingga sendok berbahan wheat straw dengan pilihan warna yang manis. Ada juga produsen yang menawarkan sendok dengan perlengkapan makan lainya. Karena sudah berbentuk set, tentu saja harganya lebih affordable. Nah, kami akan berikan tips cara memilih dan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Ada sendok dari Claris, Vicenza, dan Jakemy yang bisa dijadikan pilihan.
    Peralatan makan & minum
  • 10 Teko Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teko Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Teko kopi akan memudahkan Anda menikmati kopi di rumah. Saat ini banyak teko untuk membuat kopi yang dijual dengan berbagai macam model. Beberapa di antaranya adalah kettle kopi leher angsa, teko kopi listrik, dan lain sebagainya. Namun, bagaimana cara memilih teko kopi yang baik?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih, serta memberikan rekomendasi teko kopi terbaik. Terdapat beragam merek teko kopi yang bagus keluaran Bonavita, Hario, Otten Coffee, dan sebagainya. Anda juga akan menemukan tips memilihnya dari coffee consultant, Deni Dermanto. Yuk, temukan produk favorit Anda!
    Peralatan makan & minum
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori