• 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)

Jerawat sering kali menimbulkan masalah berkepanjangan bagi penampilan. Bahkan setelah kering, sering kali jerawat meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serum produksi brand lokal yang pastinya berkualitas. Berbagai brand lokal telah memproduksi serum untuk menghilangkan bekas jerawat. Mana yang sebaiknya Anda pilih?


Baca terus artikel ini untuk mengetahui tips memilih serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat. Simak juga ulasan berbagai produk serum lokal penghilang bekas jerawat, seperti Wardah, Avoskin, Votre Peau, dan Luxcrime. Pilih yang terbaik supaya kulit Anda terbebas dari bekas jerawat!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Widya Lim
  • Pembaharuan terakhir: 14 November 2020
  • 17.314 Views
Daftar isi

Karakteristik beberapa merek lokal

Ada banyak sekali merek kosmetik dan skincare lokal yang bagus untuk Anda pilih. Agar Anda tidak bingung memilih, cobalah memulainya dengan mengetahui ciri khas dari beberapa merek lokal berikut ini.

Wardah: brand dengan tema kosmetik halal

Kebangkitan pasar kosmetik lokal turut dimeriahkan oleh Wardah yang mengusung tema kosmetik halal. Produk-produknya mudah didapatkan, harganya pun ramah di kantong. Hal penting lainnya, tema halal yang diusung Wardah membuat para wanita Muslim tidak khawatir untuk memakainya.


Tak hanya kosmetik, Wardah juga berekspansi ke pasar skincare dengan masih mempertahankan tema halalnya. Kualitasnya tak perlu Anda ragukan lagi. Selain itu, tentunya produk-produk Wardah telah terdaftar di BPOM dan MUI.

Sensatia Botanicals: konsisten menggunakan bahan-bahan alami

Lahir pada tahun 2000, Sensatia Botanicals merupakan perusahaan kosmetik pertama di Bali yang bersertifikat GMP. Sejak kemunculannya, brand ini selalu konsisten menggunakan bahan-bahan alami berkualitas yang diproses dengan saksama. Hasilnya, Sensatia Botanicals memiliki produk-produk yang aman, bahkan untuk kulit sensitif. Saat ini, telah ada lebih dari 200 produk Sensatia Botanicals yang terdaftar di BPOM.

Avoskin Beauty: mengatasi berbagai masalah kulit dengan produk-produk cruelty free

Avoskin Beauty menawarkan beragam produk skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Anda bisa mendapatkan perawatan untuk kulit kering, kulit berminyak, masalah jerawat, hingga anti-aging. Brand ini secara konsisten menerapkan prinsip cruelty-free untuk semua produknya. Sama sekali tidak ada produknya yang diuji ke binatang. Semuanya dicoba langsung oleh personel Avoskin sebelum dirilis ke pasar. Kemasan yang digunakan juga diklaim lebih ramah lingkungan karena terbuat dari kaca yang dapat didaur ulang.

Cara memilih serum lokal untuk menghilangkan bekas jerawat

Karena serum memiliki konsentrasi kandungan yang tinggi, memilih serum tidak boleh hanya berdasarkan kata orang saja. Berikut ini, kami akan berbagi tips memilih serum lokal yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat tanpa menimbulkan masalah baru. Dibaca sampai tuntas, ya!

Sesuaikan kandungan utama di dalam serum dengan jenis bekas jerawat Anda

Pertama, Anda harus mengenali dahulu jenis bekas jerawat Anda. Setidaknya, ada tiga jenis bekas jerawat, yaitu bekas kemerahan, bekas menghitam, dan bekas jerawat kawah. Masing-masing bekas jerawat tentu membutuhkan kandungan yang berbeda agar dapat dihilangkan. Simak penjelasannya berikut ini.

Salicylic acid: mengatasi peradangan pada bekas jerawat memerah

Salicylic acid: mengatasi peradangan pada bekas jerawat memerah

Warna merah pada jerawat yang telah kering mengindikasikan masih adanya peradangan akibat bakteri yang masih aktif. Bila dibiarkan, bekas jerawat memerah akan mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan penggelapan di area tersebut.


Anda memerlukan serum dengan kandungan antiinflamasi dan antibakteri untuk mengatasi bekas jerawat memerah. Agar peradangan segera mereda, Anda dapat memilih serum dengan kandungan salicylic acid. Kandungan ini mampu bekerja sebagai anti-inflamatory sekaligus membersihkan sisa-sia kotoran di pori-pori untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

Vitamin C dan niacinamide: memudarkan bekas jerawat menghitam

 Vitamin C dan niacinamide: memudarkan bekas jerawat menghitam

Saat jerawat meradang tidak ditangani dengan benar, kulit akan memproduksi melanin dalam jumlah besar untuk melawan bakteri di area tersebut. Sayangnya, penumpukan melanin ini dapat menyebabkan penggelapan yang kemudian muncul sebagai bekas jerawat menghitam. 


Untuk memudarkannya, Anda memerlukan serum penghilang bekas jerawat dengan kandungan pencerah. Vitamin C dan niacinamide merupakan agen pencerah kulit yang dapat membantu Anda mengatasi bekas jerawat menghitam. Pilihlah serum yang mengandung 5% niacinamide agar bekas jerawat mengitam Anda dapat memudar dalam waktu lebih cepat.

AHA dan BHA: memperbaiki tekstur kulit pada bekas jerawat kawah

AHA dan BHA: memperbaiki tekstur kulit pada bekas jerawat kawah

Bekas jerawat kawah muncul karena rusaknya jaringan kulit sehingga teksturnya menjadi tidak rata. Jenis bekas jerawat seperti ini agak sulit untuk dihilangkan karena meninggalkan luka yang cukup dalam. Meski demikian, Anda masih bisa menggunakan serum dengan kandungan AHA dan BHA untuk mengatasinya.


AHA (Alpha Hidroxy Acids) berperan sebagai exfoliator yang dapat mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan ini juga mampu mengecilkan pori-pori, serta mengembalikan elastisitas kulit. Jika dikombinasikan dengan BHA dan salicylic acid, AHA akan mampu mengembalikan tekstur kulit, juga mencerahkannya.

Perhatikan keamanan produk yang Anda pilih

Konsentrasi kandungan yang tinggi di dalam serum membuatnya mampu bekerja dengan cepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Akan tetapi, konsentrasi yang tinggi tersebut bisa menyebabkan masalah jika Anda salah memilih produk. Untuk itu, pastikan Anda memilih serum yang teruji keamanannya.

Pilih produk yang minim zat aditif

 Pilih produk yang minim zat aditif

Serum dibuat dengan menggunakan banyak bahan. Selain kandungan utama, Anda sebaiknya juga memperhatikan kandungan tambahan lainnya di dalam serum tersebut. Beberapa bahan tambahan yang sering masuk ke dalam komposisi serum antara lain mineral oil, alkohol, paraben, parfum, dan pewarna. Kandungan-kandungan tersebut cukup berisiko, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.


Bagi beberapa orang, mineral oil terkadang malah menimbulkan munculnya fungal acne. Sementara itu, parfum dan pewarna sintetis bisa menyebabkan iritasi kulit. Paraben yang sering digunakan sebagai pengawet juga berpotensi menimbulkan alergi untuk kulit yang sensitif. Untuk alkohol, bukan masalah jika yang digunakan adalah fatty alcohol seperti cetearyl alcohol, glycol, cetyl alcohol, C12-16, stearyl alcohol, myristyl alcohol, dan lauryl alcohol. Namun, hindari produk yang mengandung alkohol jenis lain.


Untuk menghindari risiko alergi dan munculnya masalah baru pada kulit wajah Anda, pilihlah serum yang minim kandungan zat aditif. Supaya Anda tidak khawatir, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum memilih serum penghilang bekas jerawat.

Pastikan produk yang Anda pilih telah terdaftar di BPOM

Pastikan produk yang Anda pilih telah terdaftar di BPOM

Sangat penting untuk mengecek apakah produk yang Anda pilih telah memiliki sertifikasi BPOM atau belum. Produk yang telah terdaftar di BPOM pastinya sudah dicek bahan kandungan dan proses produksinya sehingga lebih aman untuk Anda gunakan.


Anda bisa mengecek kode sertifikasi suatu produk pada kemasannya. Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya di website resmi BPOM. Jangan sampai Anda membeli produk palsu atau yang belum terbukti keamanannya, ya!

Pilih serum yang nyaman untuk Anda gunakan

Pilih serum yang nyaman untuk Anda gunakan

Serum memiliki tekstur dan aroma yang berbeda-beda. Ada yang sangat cepat meresap ke dalam kulit, tetapi ada juga yang perlu dipijat lembut terlebih dahulu agar meresap. Beberapa serum bahkan meninggalkan rasa lengket saat diaplikasikan. Serum bertekstur cair dan gel biasanya lebih cepat meresap. Sementara itu, serum dengan tekstur emulsi memerlukan waktu lebih lama untuk diserap oleh kulit.


Beberapa merek serum memiliki aroma lembut seperti floral dan citrus. Akan tetapi, ada juga serum dengan aroma yang cukup kuat sehingga cukup mengganggu bagi yang kurang menyukainya. Pilihlah serum yang membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Perhatikanlah tekstur dan aroma dari serum tersebut. Jika tidak dijelaskan di kemasannya, Anda bisa bertanya kepada penjualnya. Bila Anda membeli secara online, Anda sebaiknya membaca review dari pengguna lain terlebih dahulu.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Di bagian ini, kami akan mengulas sepuluh produk serum lokal terbaik yang bisa membantu Anda menghilangkan bekas jerawat. Baca dengan saksama dan temukan yang paling cocok untuk Anda.

10
Tekstur serumCair
Kandungan utamaSalicylic acid, centella asiatica leaf extract
Jenis bekas jerawatKawah, menghitam
BPOM
Isi20 ml
9
Tekstur serumGel
Kandungan utamaGalactomyces ferment filtrate, niacinamide, rapeseed extract, water lily flower extract
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
Isi30 ml dan 15 ml
8
Tekstur serumCair
Kandungan utamaSilver vine extract
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
Isi17 ml
7

Sensatia BotanicalsUnscented Sensitive Facial C-Serum

Rp 180.000,00

Tekstur serumEmulsi
Kandungan utamaEkstrak kakadu plum, ekstrak aloe vera, ekstrak teh hijau
Jenis bekas jerawatKemerahan, menghitam
BPOM
isi60 ml
6
Tekstur serumKental
Kandungan utamaVitamin C, hyaluronic acid, MSM, vitamin E
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
Isi30 ml
5

Humphrey SkincareNiacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum

Rp 229.000,00

Tekstur serumCair
Kandungan utamaNiacinamide, hyaluronic acid
Jenis bekas jerawatKemerahan, menghitam
BPOM
Isi10 ml
4
Tekstur serumKental
Kandungan utamaAHA, BHA, niacinamide, ceramide
Jenis bekas jerawatKawah, menghitam
BPOM
Isi30 ml
3
Tekstur serumCair
Kandungan utamaVitamin C, esktrak adansonia. collagen, allantoin, arbutin
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
Isi15 ml
2

Maharis BeautyVotre Peau Pour Maharis Vit. C Serum

Rp 380.000,00

Tekstur serumGel
Kandungan utamaEthyl ascorbic acid, salicylic acid, hyaluronic acid, traxenamic acid
Jenis bekas jerawatSemua jenis bekas jerawat
BPOM
Isi30 ml
1
Tekstur serumKental
Kandungan utamaEkstrak daun hamamelis virginiana, minyak asam salisilat, minyak peppermint, sodium hyaluronate, citrus aurantium dulcis, dekstrin, acer saccharum, ekstrak daun cynara scolymus
Jenis bekas jerawatSemua jenis bekas jerawat
BPOM
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Gambar produk
1
Luxcrime Aurora Serum: Acne Care 1

Luxcrime

2
Maharis Beauty Votre Peau Pour Maharis Vit. C Serum 1

Maharis Beauty

3
Mineral Botanica Brightening - Face Serum 1

Mineral Botanica

4
Avoskin Beauty Miraculous Refining Serum 1

Avoskin Beauty

5
Humphrey Skincare Niacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum 1

Humphrey Skincare

6
For Skin's Sake Vitamin C Serum 1

For Skin's Sake

7
Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

8
Wardah White Secret Intense Brightening Essence 1

Wardah

9
The Bath Box Brassica 1

The Bath Box

10
ElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin 1

ElsheSkin

Nama produk

Aurora Serum: Acne Care

Votre Peau Pour Maharis Vit. C Serum

Brightening - Face Serum

Miraculous Refining Serum

Niacinamide 10% + Hyaluronic Acid Serum

Vitamin C Serum

Unscented Sensitive Facial C-Serum

White Secret Intense Brightening Essence

Brassica

Smoothing Serum For Acne Skin

Keunggulan

Ampuh atasi semua masalah akibat jerawat

Mampu memfasilitasi terbentuknya kolagen

Bekas jerawat membandel di kulit kering dan sensitif? Atasi dengan serum ini!

Bye-bye, kulit tidak rata!

Memudarkan bekas jerawat hingga 79%

Bisa untuk perawatan anti-aging juga, lho!

Mengandung kakadu plum, salah satu sumber vitamin C tertinggi di dunia

Kulit lebih cerah bersinar dengan produk tersertifikasi halal

Kulit kusam dan bekas jerawat menghitam bukan masalah lagi!

Ampuh bereskan bekas jerawat tanpa membuat kulit kering

HargaRp 189.000,00Rp 380.000,00Rp 95.900,00Rp 219.000,00Rp 229.000,00Rp 240.000,00Rp 180.000,00Rp 79.000,00Rp 255.000,00Rp 189.000,00
Tekstur serumKentalGelCairKentalCairKentalEmulsiCairGelCair
Kandungan utamaEkstrak daun hamamelis virginiana, minyak asam salisilat, minyak peppermint, sodium hyaluronate, citrus aurantium dulcis, dekstrin, acer saccharum, ekstrak daun cynara scolymusEthyl ascorbic acid, salicylic acid, hyaluronic acid, traxenamic acidVitamin C, esktrak adansonia. collagen, allantoin, arbutinAHA, BHA, niacinamide, ceramideNiacinamide, hyaluronic acidVitamin C, hyaluronic acid, MSM, vitamin EEkstrak kakadu plum, ekstrak aloe vera, ekstrak teh hijauSilver vine extractGalactomyces ferment filtrate, niacinamide, rapeseed extract, water lily flower extractSalicylic acid, centella asiatica leaf extract
Jenis bekas jerawatSemua jenis bekas jerawatSemua jenis bekas jerawatMenghitamKawah, menghitamKemerahan, menghitamMenghitamKemerahan, menghitamMenghitamMenghitamKawah, menghitam
BPOM
Isi30 ml30 ml15 ml30 ml10 ml30 ml60 ml17 ml30 ml dan 15 ml20 ml
Tautan produk

Baca juga artikel lainnya tentang produk untuk menghilangkan bekas jerawat di sini

Tak hanya jerawat, bekasnya pun pasti membuat Anda sebal menghadapinya. Kami memiliki artikel lain yang bisa membantu Anda menghilangkan bekas jerawat membandel. Silakan klik link di bawah ini untuk menemukan tips dan rekomendasi produk terbaiknya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan serum lokal yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat Anda? Yang pasti, kenali terlebih dahulu jenis bekas jerawat Anda. Setelah itu, pilihlah serum lokal dengan kandungan yang sesuai untuk menghilangkannya. Pilih produk dengan kandungan zat aditif sesedikit mungkin agar nyaman untuk digunakan.


Semoga Anda menemukan serum lokal penghilang bekas jerawat yang cocok untuk Anda! Milikilah wajah bersih dan sehat impian Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Perawatan wajah
    635.911 Views
  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Perawatan wajah
    488.007 Views
  • 10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Masker Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Masker organik adalah masker wajah yang menggunakan 100% bahan alami. Berbeda dengan masker biasa, masker organik tidak menggunakan tambahan bahan kimia. Semua bahannya berasal dari alam sehingga tidak menjadi racun pada tubuh dan tidak merusak lingkungan bila digunakan dalam jangka waktu lama.Ada banyak produk masker organik yang dijual di pasaran, seperti dari The Bath Shop, Sensatia Botanicals, dan Skin Dewi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan tentang cara memilih masker organik yang tepat serta beberapa rekomendasi produknya. Dengan masker organik, Anda bisa cantik tanpa efek samping!
    Perawatan wajah
    178.316 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
    407.352 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Perawatan wajah
    471.186 Views
  • 10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Toner Terbaik untuk Kulit Berminyak (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit berminyak merupakan tipe kulit yang cukup tricky dalam perawatannya. Salah sedikit saja, kulit malah bisa jadi berjerawat. Untuk menghindarinya, peran toner tidak boleh dilewatkan dalam rangkaian skincare Anda. Selain bisa mengembalikan pH kulit menjadi lebih netral, toner juga mampu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih. Pada artikel ini, kami akan membahas secara lengkap cara memilih toner untuk kulit berminyak. Kami juga akan merekomendasikan merek-merek toner wajah terbaik, seperti Wardah, Innisfree, atau Some By Mi. Anda penasaran? Kalau begitu, jangan lewatkan artikel ini hingga akhir! 
    Perawatan wajah
    129.770 Views
  • 10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Acne patch, sering disebut plester jerawat, adalah produk untuk mengatasi jerawat yang banyak digunakan di Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, pengguna acne patch makin banyak karena terbukti efektif untuk mengatasi jerawat. Bahan aktif di dalamnya mampu melindungi area kulit yang berjerawat, serta mempercepat proses penyembuhannya.Berbagai merek terkenal, seperti Nexcare, Etude House, Derma Angel, dan lainnya telah memproduksi acne patch andalan yang layak dicoba. Agar Anda bisa memilih dengan tepat, kami akan memberi tips memilihnya. Tak lupa, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya. Mari simak artikel ini sampai tuntas!
    Perawatan wajah
    52.765 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori