• 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Setelah mengering pun, jerawat kerap meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serum yang bagus dan berkualitas. Berbagai brand lokal telah memproduksi serum untuk menghilangkan bekas jerawat. Mana yang sebaiknya Anda pilih?


Baca terus artikel ini dan ketahui tips memilih serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat! Simak juga rekomendasi produk lokal penghilang bekas jerawat dari berbagai merek populer, seperti Wardah, Avoskin, Hanasui, dan Implora. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Pilih yang terbaik supaya kulit Anda terbebas dari bekas jerawat!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
  • Pembaharuan terakhir: 04 Mei 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Karakteristik beberapa merek lokal

Ada banyak sekali produk skincare lokal yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Agar Anda tidak bingung memilih, cobalah memulainya dengan mengetahui ciri khas dari beberapa merek lokal berikut ini.

Wardah: Brand dengan tema kosmetik halal

Kebangkitan pasar kosmetik lokal turut dimeriahkan oleh Wardah yang mengusung tema kosmetik halal. Produk-produknya mudah didapatkan, harganya pun ramah di kantong. Hal penting lainnya, tema halal yang diusung Wardah membuat para wanita muslim tidak ragu untuk memakainya.


Tak hanya kosmetik, Wardah juga berekspansi ke pasar skincare dengan masih mempertahankan tema halalnya. Kualitasnya pun tak perlu Anda ragukan lagi. Selain itu, tentunya produk-produk Wardah telah terdaftar di BPOM dan MUI.

Sensatia Botanicals: Konsisten menggunakan bahan-bahan alami

Lahir pada tahun 2000, Sensatia Botanicals merupakan perusahaan kosmetik pertama di Bali yang bersertifikat GMP (Good Manufacturing Practice). Dengan sertifikat ini, artinya Sensatia Botanicals dapat melacak bahan baku dan produk yang diterima atau meninggalkan fasilitas produksi. Setiap bahan baku dan produknya juga terdaftar di Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menjaga sertifikasi halal.


Sejak kemunculannya, brand lokal ini selalu konsisten menggunakan bahan-bahan alami berkualitas yang diproses dengan saksama. Hasilnya, Sensatia Botanicals memiliki produk-produk yang aman, bahkan untuk kulit sensitif dan ibu hamil/menyusui. Saat ini, telah ada lebih dari 200 produk Sensatia Botanicals yang terdaftar di BPOM.

Avoskin Beauty: Mengatasi berbagai masalah kulit dengan produk-produk cruelty free

Avoskin Beauty menawarkan beragam produk skincare untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Anda bisa mendapatkan perawatan untuk kulit kering, berminyak, masalah jerawat, kusam, hingga anti-aging. Produk-produknya juga lengkap, bahkan untuk Anda yang menerapkan 10 langkah skincare ala Korea.


Brand ini secara konsisten menerapkan prinsip cruelty-free untuk semua produknya. Jadi, seluruh produk Avoskin bebas dari uji coba pada binatang. Semua produk dicoba langsung oleh personel Avoskin sebelum dirilis ke pasar. Kemasan yang digunakan juga diklaim lebih ramah lingkungan karena terbuat dari kaca yang dapat didaur ulang.

Hanasui: Produknya lengkap dengan formula yang ringan

Hanasui termasuk salah satu merek skincare dan kosmetik lokal yang produknya banyak dicari belakangan ini. Brand ini merupakan beauty product yang diproduksi oleh Eka Jaya Internasional. Jajaran produknya terbilang lengkap, mulai dari perawatan wajah, tubuh, rambut, tubuh, hingga makeup.

 
Produk-produk Hanasui umumnya memiliki formula yang ringan dan dapat digunakan baik oleh remaja maupun dewasa. Harga produknya rata-rata di bawah 100 ribu, bahkan banyak juga produk Hanasui yang harganya di bawah 50 ribu. Dari segi keamanan, produk-produknya telah terdaftar di BPOM. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir!

Implora: Menawarkan produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau

Implora adalah brand kecantikan asal dari Sidoarjo, Jawa Timur, yang memproduksi beragam skincare, kosmetik, dan parfum. Brand lokal yang satu ini makin populer dan banyak peminatnya. Dengan harga yang terjangkau, produk-produk Implora digunakan oleh berbagai kalangan. Anda pun tak perlu ragu akan keamanannya karena produk-produk Implora telah terdaftar di BPOM.


Meskipun harganya terjangkau, Implora tetap menawarkan produk berkualitas. Banyak ulasan positif yang dibagikan oleh para konsumen di media sosial atau marketplace. Dengan Implora, produk-produk perawatan dan kecantikan bisa Anda dapatkan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum lokal untuk menghilangkan bekas jerawat

Serum memiliki konsentrasi kandungan yang tinggi. Karena itu, memilih serum tidak boleh hanya berdasarkan kata orang. Setelah ini, kami akan berbagi tips memilih serum lokal yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat tanpa menimbulkan masalah baru. Yuk, dibaca sampai tuntas!

Sesuaikan kandungan utama di dalam serum dengan jenis bekas jerawat Anda

Pertama, Anda harus mengenali dahulu jenis bekas jerawat Anda. Setidaknya, ada tiga jenis bekas jerawat, yaitu bekas kemerahan, bekas menghitam, dan bekas jerawat kawah. Masing-masing bekas jerawat tentu membutuhkan kandungan yang berbeda agar dapat dihilangkan. Simak penjelasannya berikut ini.

Salicylic acid: Mengatasi peradangan pada bekas jerawat memerah

Salicylic acid: Mengatasi peradangan pada bekas jerawat memerah

Warna merah pada jerawat yang telah kering mengindikasikan adanya peradangan akibat bakteri yang masih aktif. Bila dibiarkan, bekas jerawat memerah akan mengalami hiperpigmentasi dan menyebabkan penggelapan di area tersebut.


Anda memerlukan serum dengan kandungan anti-inflamasi dan antibakteri untuk mengatasi bekas jerawat memerah. Agar peradangan segera mereda, Anda dapat memilih serum dengan kandungan salicylic acid. Kandungan ini bekerja sebagai anti-inflamatory sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran di pori-pori untuk mencegah timbulnya jerawat baru.

Vitamin C dan niacinamide: Memudarkan bekas jerawat menghitam

 Vitamin C dan niacinamide: Memudarkan bekas jerawat menghitam

Apabila jerawat meradang tidak ditangani dengan benar, kulit akan memproduksi banyak melanin untuk melawan bakteri di area tersebut. Sayangnya, penumpukan melanin ini dapat menyebabkan penggelapan yang kemudian muncul sebagai bekas jerawat menghitam. 


Untuk memudarkannya, Anda memerlukan serum penghilang bekas jerawat dengan kandungan pencerah. Vitamin C dan niacinamide merupakan agen pencerah kulit yang dapat membantu Anda mengatasi bekas jerawat menghitam. Pilihlah serum yang mengandung 5% niacinamide agar bekas jerawat menghitam Anda dapat memudar dalam waktu lebih cepat.

AHA dan BHA: memperbaiki tekstur kulit pada bekas jerawat kawah

AHA dan BHA: memperbaiki tekstur kulit pada bekas jerawat kawah

Bekas jerawat kawah muncul karena rusaknya jaringan kulit sehingga teksturnya menjadi tidak rata. Jenis bekas jerawat seperti ini agak sulit untuk dihilangkan karena meninggalkan luka yang cukup dalam. Meskipun demikian, Anda masih bisa menggunakan serum dengan kandungan AHA dan BHA untuk mengatasinya.


AHA (Alpha Hidroxy Acids) berperan sebagai exfoliator yang dapat mengikis dan mengangkat sel kulit mati. Selain itu, kandungan ini juga mampu mengecilkan pori-pori dan mengembalikan elastisitas kulit. Jika dikombinasikan dengan BHA dan salicylic acid, AHA akan mampu mengembalikan tekstur kulit sekaligus mencerahkannya.

Perhatikan keamanan produk yang Anda pilih

Konsentrasi kandungan yang tinggi di dalam serum membuatnya mampu bekerja dengan cepat untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Akan tetapi, hal ini bisa menyebabkan masalah jika Anda salah memilih produk. Karena itu, pastikan Anda memilih serum yang teruji keamanannya dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

Produk yang minim zat aditif untuk mencegah masalah kulit lainnya

Produk yang minim zat aditif untuk mencegah masalah kulit lainnya

Serum dibuat dengan menggunakan banyak bahan. Selain kandungan utama, Anda sebaiknya juga memperhatikan kandungan tambahan di dalam serum tersebut. Beberapa bahan tambahan yang sering masuk ke dalam komposisi serum antara lain mineral oil, alkohol, paraben, parfum, dan pewarna. Bagi beberapa orang, mineral oil terkadang menyebabkan comedonal acne.


Sementara itu, parfum dan pewarna sintetis bisa menyebabkan iritasi kulit. Beberapa jenis paraben tertentu yang sering digunakan sebagai pengawet juga berpotensi menimbulkan alergi pada kulit yang sensitif. Untuk alkohol, bukan masalah jika yang digunakan adalah fatty alcohol. Misalnya, cetearyl alcohol, glycol, cetyl alcohol, C12-16, stearyl alcohol, myristyl alcohol, dan lauryl alcohol.


Namun, Anda yang memiliki jenis kulit sensitif sebaiknya menghindari produk-produk yang mengandung alkohol jenis lain. Untuk menghindari risiko alergi dan munculnya masalah baru pada kulit wajah Anda, pilihlah serum yang bebas pewangi dan pewarna.

Lebih aman bila produk yang Anda pilih telah terdaftar di BPOM

Lebih aman bila produk yang Anda pilih telah terdaftar di BPOM

Sangat penting untuk mengecek apakah produk yang Anda pilih telah memiliki sertifikasi BPOM atau belum. Produk yang telah terdaftar di BPOM pastinya sudah dicek bahan kandungan dan proses produksinya sehingga lebih aman untuk Anda gunakan.


Anda bisa mengecek kode sertifikasi suatu produk pada kemasannya. Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya di website resmi BPOM. Jangan sampai Anda membeli produk palsu atau yang belum terbukti keamanannya, ya!


Banyak serum merek dari brand lokal yang sudah terdaftar di BPOM. Kami telah menyusun ulasan dan rekomendasi skincare lokal yang bagus untuk menghilangkan bekas jerawat. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasi seputar serum yang sesuai dengan kebutuhan Anda! 

Pilih serum yang nyaman untuk Anda gunakan

Serum memiliki tekstur dan aroma yang berbeda-beda. Ada yang sangat cepat meresap ke dalam kulit. Namun, ada juga yang perlu dipijat lembut terlebih dahulu agar meresap. Serum bertekstur cair biasanya lebih cepat meresap. Sementara itu, serum dengan tekstur kental atau emulsi memerlukan waktu lebih lama untuk diserap oleh kulit.


Beberapa merek serum memiliki aroma lembut seperti floral dan citrus. Pilihlah serum yang membuat Anda nyaman saat menggunakannya. Pasalnya, ada juga serum dengan aroma yang cukup kuat sehingga agak mengganggu bagi yang kurang menyukainya. Perhatikanlah tekstur dan aroma dari serum tersebut. Jika tidak dijelaskan di kemasannya, sebaiknya baca review dari pengguna lain terlebih dahulu.

10 Rekomendasi serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum lokal penghilang bekas jerawat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10

Mineral BotanicaBrightening Face Serum: First Defense Serum

Mulai dari Rp 95.900,00

Tekstur serumCair
Kandungan utamaVitamin C, ekstrak adansonia. collagen, allantoin, alpha arbutin
Isi20 ml
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
9

ElsheSkinSmoothing Serum For Acne Skin

Mulai dari Rp 119.000,00

Tekstur serumCair
Kandungan utamaEkstrak Centella asiatica, galaktosil salisilat, gliserin
Isi15 ml, 30 ml
Jenis bekas jerawatKawah, kemerahan
BPOM
8

Sensatia BotanicalsUnscented Sensitive Facial C-Serum

Mulai dari Rp 180.000,00

Tekstur serumEmulsi
Kandungan utamaEkstrak kakadu plum, ekstrak pepaya, ekstrak Aloe vera, ekstrak teh hijau
Isi60 ml
Jenis bekas jerawatKemerahan, menghitam
BPOM
7

SomethincBakuchiol Skinpair Oil Serum

Mulai dari Rp 24.900,00

Tekstur serumCair
Kandungan utamaBakuchiol, sunflower seed oil, apple seed oil, Calophyllum inophyllum seed oil, salicylic acid, tocopherol
Isi5 ml, 20 ml
Jenis bekas jerawatSemua jenis bekas jerawat
BPOM
6
Tekstur serumKental
Kandungan utamaEkstrak Hamamelis virginiana, niacinamide, retinyl palmitate
Isi20 ml
Jenis bekas jerawatKawah
BPOM
5

Avoskin BeautyMiraculous Refining Serum

Mulai dari Rp 249.000,00

Tekstur serumKental
Kandungan utamaAHA, BHA, niacinamide, ceramide
Isi30 ml
Jenis bekas jerawatKawah, menghitam
BPOM
4

TrueveLuminous Dark Spot Brightening Serum

Mulai dari Rp 158.000,00

Tekstur serumKental
Kandungan utamaNiacinamide, Hyalu-10, Ceramide-6, marine collagen, natural moisturizing factor
Isi30 ml
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
3

WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Mulai dari Rp 84.500,00

Tekstur serumKental
Kandungan utamaEdelweiss extract, alpha arbutin, tranexamic acid, niacinamide
Isi20 ml
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM
2

ImploraLuminous Brightening Serum

Mulai dari Rp 35.000,00

Tekstur serumCair
Kandungan utamaVitamin C dari kakadu plum, niacinamide, caviar collagen, black pearl
Isi20 ml
Jenis bekas jerawatMenghitam, kemerahan
BPOM
1

HanasuiFace Serum Vitamin C + Collagen

Mulai dari Rp 25.000,00

Tekstur serumCair
Kandungan utamaVitamin C, pto collagen, sodium hyaluronic, niacinamide, fucogel, stay C®50
Isi20 ml
Jenis bekas jerawatMenghitam
BPOM

Tabel perbandingan produk serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat

Gambar produk
1
Hanasui Face Serum Vitamin C + Collagen 1

Hanasui

2
Implora Luminous Brightening Serum 1

Implora

3
Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Wardah

4
Trueve Luminous Dark Spot Brightening Serum 1

Trueve

5
Avoskin Beauty Miraculous Refining Serum 1

Avoskin Beauty

6
Ertos  Pore Minimizer Serum 1

Ertos

7
Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum 1

Somethinc

8
Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum 1

Sensatia Botanicals

9
ElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin 1

ElsheSkin

10
Mineral Botanica Brightening Face Serum: First Defense Serum 1

Mineral Botanica

Nama produk

Face Serum Vitamin C + Collagen

Luminous Brightening Serum

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Luminous Dark Spot Brightening Serum

Miraculous Refining Serum

Pore Minimizer Serum

Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Unscented Sensitive Facial C-Serum

Smoothing Serum For Acne Skin

Brightening Face Serum: First Defense Serum

Keunggulan

Mencerahkan sekaligus merawat tanda-tanda penuaan, lho!

Dengan kandungan kakadu plum yang tinggi vitamin C

Kulit lebih cerah bersinar dengan produk tersertifikasi halal

Menyamarkan noda hitam sekaligus memberantas minyak berlebih

Bye-bye, kulit tidak rata! Selamat datang kulit cantik!

Kulit tampak flawless dengan pori-pori terlihat lebih kecil hingga 70%

Produksi kolagen lebih lancar, solusi juga bagi tekstur kulit yang beruntusan

Terbuat dari bahan-bahan alami yang dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui

Merawat bekas jerawat tanpa membuat kulit kering

Bekas jerawat membandel di kulit kering? Atasi dengan serum ini!

Harga mulai dariRp 25.000,00Rp 35.000,00Rp 84.500,00Rp 158.000,00Rp 249.000,00Rp 120.000,00Rp 24.900,00Rp 180.000,00Rp 119.000,00Rp 95.900,00
Tekstur serumCairCairKentalKentalKentalKentalCairEmulsiCairCair
Kandungan utamaVitamin C, pto collagen, sodium hyaluronic, niacinamide, fucogel, stay C®50Vitamin C dari kakadu plum, niacinamide, caviar collagen, black pearlEdelweiss extract, alpha arbutin, tranexamic acid, niacinamideNiacinamide, Hyalu-10, Ceramide-6, marine collagen, natural moisturizing factorAHA, BHA, niacinamide, ceramideEkstrak Hamamelis virginiana, niacinamide, retinyl palmitateBakuchiol, sunflower seed oil, apple seed oil, Calophyllum inophyllum seed oil, salicylic acid, tocopherolEkstrak kakadu plum, ekstrak pepaya, ekstrak Aloe vera, ekstrak teh hijauEkstrak Centella asiatica, galaktosil salisilat, gliserinVitamin C, ekstrak adansonia. collagen, allantoin, alpha arbutin
Isi20 ml20 ml20 ml30 ml30 ml20 ml5 ml, 20 ml60 ml15 ml, 30 ml20 ml
Jenis bekas jerawatMenghitamMenghitam, kemerahanMenghitamMenghitamKawah, menghitamKawahSemua jenis bekas jerawatKemerahan, menghitamKawah, kemerahanMenghitam
BPOM
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar bekas jerawat

Pertanyaan umum seputar bekas jerawat

Bekas jerawat tak jarang sulit untuk dihilangkan. Di artikel ini kami telah membahas banyak hal mengenai serum lokal penghilang bekas jerawat. Namun, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan yang belum terjawab. Di sini, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Apa perbedaan bekas jerawat PIE dan PIH?

PIE atau Post Inflammatory Erythema merupakan bekas jerawat berwarna kemerahan yang timbul setelah jerawat sembuh. PIE disebabkan oleh pembuluh darah kecil di area bekas jerawat. Ukuran dan jumlah pembuluh darah ini bertambah akibat proses peradangan di sekitar lesi jerawat saat fase aktif. Bekas jerawat PIE umumnya ditemukan pada Anda yang berkulit terang.


PIH atau Post Inflammatory Hyperpigmentation merupakan bekas jerawat yang berwarna kecokelatan dan muncul setelah jerawat aktif mereda. PIH timbul karena peradangan pada fase aktif jerawat yang memicu produksi melanin (pigmen). Akibatnya, kulit di area tersebut tampak lebih gelap. PIH umumnya terjadi pada Anda yang memiliki kulit gelap.

Mengapa bekas jerawat kawah (skar jerawat) sulit hilang?

Berbeda dengan PIE dan PIH yang perlahan memudar, bekas jerawat kawah (skar jerawat) membutuhkan treatment yang tepat. Skar terjadi akibat proses peradangan di fase aktif jerawat yang merusak kolagen di bawah kulit. Sayangnya, setelah itu bagian yang rusak tidak diiringi dengan perbaikan yang sempurna.


Diperlukan skincare dengan bahan aktif yang dapat memicu produksi kolagen baru, misalnya retinol, AHA, peptide, dan growth factor. Bila skincare dirasa kurang membantu, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit. Dokter dapat merekomendasikan treatment yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Baca juga rekomendasi produk untuk menghilangkan bekas jerawat di sini

Tak hanya jerawat, bekasnya pun pasti membuat Anda sebal menghadapinya. Kami memiliki artikel lain yang bisa menjadi referensi bila Anda ingin menghilangkan bekas jerawat membandel. Silakan klik link di bawah ini untuk menemukan tips dan rekomendasi produk terbaiknya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan serum lokal yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat Anda? Pastinya, kenali terlebih dahulu jenis bekas jerawat Anda. Setelah itu, pilihlah serum lokal dengan kandungan yang sesuai untuk menghilangkannya. Pilih produk dengan kandungan zat aditif sesedikit mungkin agar nyaman untuk digunakan.


Semoga Anda menemukan serum lokal penghilang bekas jerawat yang cocok untuk Anda! Milikilah wajah bersih dan sehat impian Anda. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia 40-an (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin banyak di antara Anda yang mengalami berbagai masalah kulit saat berusia 40-an. Kulit kering, noda hitam, keriput, kendur, kusam, dan pori-pori yang terbuka adalah contohnya. Untuk menghindari masalah kulit dan menjaganya agar tetap awet muda, Anda perlu menggunakan essence yang cocok bagi kulit usia 40-an.Namun, banyaknya pilihan essence yang ada di pasaran tentu akan membuat Anda bingung. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih essence untuk Anda yang memasuki usia 40-an. Tidak lupa kami juga akan memberikan rekomendasi produk terbaik beserta ulasannya.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori