• 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)

Akhir-akhir ini penggunaan wajan keramik sudah makin marak. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.


Terdapat beberapa merek wajan keramik yang bagus, seperti Maxim, Cypruz, dan Shuma. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai manfaat, tips memilih, dan rekomendasi wajan keramik terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Laire Siwi Mentari
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 18 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Profil pakar: Chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari
Laire Siwi Mentari
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur.


Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Keunggulan wajan keramik

Keunggulan wajan keramik

Sebenarnya, wajan keramik adalah peralatan memasak yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Wajan ini kembali populer di Korea karena bahan keramik tidak memiliki lapisan kimia berbahaya. Berkat hal tersebut, wajan keramik dianggap lebih alami dan aman untuk masakan.


Dengan wajan keramik, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kematangan masakan. Pasalnya, bahan dasar keramik dapat menyerap dan menyebarkan panas secara lebih merata. Ditambah lagi, Anda bisa membersihkannya dengan mudah setelah selesai memasak. Cukup gunakan spons halus untuk menghilangkan sisa makanan dan lemak yang menempel di wajan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wajan keramik

Apakah Anda sudah mulai tertarik menggunakan wajan keramik? Supaya mendapatkan produk terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, berikut ini kami bagikan beberapa tipsnya.

Kenali tipe wajan keramik Anda

Wajan keramik terdiri dari dua jenis, yaitu wajan keramik murni (pure ceramic) dan wajan lapis keramik (ceramic coated). Simak karakteristik tiap-tiap tipe wajan tersebut sembari menentukan tipe yang paling sesuai untuk Anda.

Keramik murni, aman digunakan pada suhu tinggi

Keramik murni, aman digunakan pada suhu tinggi

Wajan keramik murni adalah wajan yang terbuat dari bahan 100% keramik. Keramik merupakan bahan nontoksik dan nonreaktif sehingga aman digunakan untuk memasak. Wajan keramik murni tidak melarutkan logam berat dan bahan kimia beracun ke dalam makanan pada suhu tinggi.


Dengan demikian, penggunaan wajan ini tidak akan mengubah rasa dan profil kesehatan makanan favorit Anda. Anda juga tidak membutuhkan banyak minyak saat memasak sehingga makanan lebih sehat dan nutrisinya tetap terjaga. Sayangnya, wajan full keramik masih sulit ditemukan di online shop Indonesia.

Ceramic coated, lebih ringan dan ekonomis

Sesuai dengan namanya, ceramic coated adalah wajan dari bahan dasar logam, seperti aluminium, yang diberi lapisan keramik. Jenis wajan ini banyak diminati karena harganya yang relatif terjangkau. Selain itu, wajan berlapis keramik juga lebih ringan dibanding wajah keramik murni.


Lapisan keramik ini aman digunakan untuk memasak, tetapi lama-kelamaan akan terkikis seiring dengan penggunaan. Bila hal itu terjadi, bahan logam akan ikut terlarut ke dalam makanan, terutama jika dimasak pada suhu tinggi. Karena itu, sebaiknya perhatikan umur pakai wajan Anda dan ikuti petunjuk perawatannya agar lebih awet.


Untuk menanggulangi cepatnya pengikisan ceramic coated, Anda perlu melakukan perawatan secara teratur. Gunakan spons yang sangat halus saat mencucinya. Anda juga bisa merendamnya selama 15 menit atau sampai minyak dan bekas bumbu luruh sebelum mencucinya. Tambahan lain, jangan gunakan suhu yang terlalu tinggi ketika memasak dengan wajan ini.

Pertimbangkan bobot wajan

Pertimbangkan bobot wajan

Pada dasarnya, keramik adalah bahan yang mirip dengan batu. Jadi, wajar jika wajan keramik memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan jenis lainnya. Sebagai contoh, wajan dengan bahan murni keramik umumnya jauh lebih berat dibandingkan wajan lapis keramik.


Untuk memilihnya, carilah wajan yang bobotnya sesuai dengan kemampuan genggaman Anda. Proses memasak terkadang membutuhkan waktu lama dan teknik tertentu dalam mengangkat wajan. Wajan yang terlalu berat cenderung sulit saat digunakan, bahkan bisa membuat tangan dan pundak Anda cedera.


Sebagai acuan, bobot ideal wajan adalah sekitar 1 kg atau bisa diayun dengan satu tangan. Sementara itu, untuk keramik murni, kami menyarankan Anda memilih wajan dengan bobot tidak lebih dari 3 kg.

Perhatikan ukuran wajan

Perhatikan ukuran wajan

Wajan memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari diameter 16 cm sampai dengan 30 cm. Makin besar ukuran wajan keramik tentu akan makin berat dan membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Jadi, selalu sesuaikan ukuran wajan dengan kebutuhan dan kebiasaan Anda saat memasak. Supaya tidak bingung, berikut kami beri panduannya.


  • Untuk yang tinggal sendiri: Pilih wajan berdiameter 16–24 cm.
  • Untuk penggunaan rumah tangga sehari-hari: Pilih wajan berdiameter 26–30 cm.
  • Untuk memasak porsi standar: Pilih wajan berdiameter 26–28 cm.
  • Untuk memasak porsi besar: Pilih wajan berdiameter 30 cm atau lebih.

Pilih handel yang aman dan nyaman

Pilih handel yang aman dan nyaman

Karena wajan keramik lebih berat dibandingkan jenis lainnya, handel yang nyaman harus jadi prioritas. Handel atau pegangan berbahan bakelite memiliki sifat antipanas sehingga nyaman digunakan untuk memasak. Selain itu, pertimbangkan juga bentuk pegangan yang ergonomis dan kokoh supaya tidak licin saat diangkat.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan dan bentuk pengait antara wajan dengan handel. Jika pengaitnya tidak kuat, handel akan mudah lepas dari wajan. Anda disarankan memilih pengait berbentuk baut stainless ulir yang kokoh. Sebaliknya, hindari pengait yang hanya menggunakan besi tanam karena kurang awet.

Sesuaikan wajan dengan jenis kompor

Sesuaikan wajan dengan jenis kompor

Jenis kompor yang Anda pakai sehari-hari juga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih wajan keramik. Umumnya, dapur-dapur Indonesia menggunakan dua jenis kompor, yaitu kompor induksi dan kompor gas biasa. Pada dasarnya, kompor gas biasa cocok dengan wajan keramik jenis apa pun.


Pilih wajan yang bagian bawahnya dilengkapi magnet jika dapur Anda menggunakan kompor listrik atau induksi. Pasalnya, kompor induksi tidak bekerja dengan menyebarkan panas, tetapi menginduksi wajan agar menyebarkan panas. Nah, lapisan magnet akan membantu menyebarkan panas ke seluruh bagian wajan sehingga masakan akan matang merata.


Wajan keramik dengan alas magnet bisa dianggap sebagai pilihan paling tepat karena aman untuk kompor apa pun. Supaya lebih fleksibel, pilihlah wajan keramik yang bisa dipakai baik di kompor gas maupun kompor induksi.

10 Rekomendasi wajan keramik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wajan keramik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 17 September 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Maxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Mayba Miracle 5 muncul sebagai produk terlaris kedua.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.

Gambar produk
1
Maspion Maxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick 1

Maspion

2
Mayba Miracle 5 1

Mayba

3
Kangaroo Frypan Set KG675 1

Kangaroo

4
Shuma Eco Safe Nonstick Ceramic Mini Frypan 1

Shuma

5
Cypruz Pink Ceramic White Wood Handle Series Wok 1

Cypruz

6
Pamosroom Wajan Keramik Kuping 1 Set + Tutup 1

Pamosroom

7
Hi-Cook Wok Pan WP-32 1

Hi-Cook

8
COOKViLLE Aluminum Ceramic Wok 1

COOKViLLE

9
Neoflam FIKA 11" Brunch Pan 1

Neoflam

10
Danari TAMA 3in1 Fry Pan Ceramic Coating 1

Danari

Nama produk

Maxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick

Miracle 5

Frypan Set KG675

Eco Safe Nonstick Ceramic Mini Frypan

Pink Ceramic White Wood Handle Series Wok

Wajan Keramik Kuping 1 Set + Tutup

Wok Pan WP-32

Aluminum Ceramic Wok

FIKA 11" Brunch Pan

TAMA 3in1 Fry Pan Ceramic Coating

Keunggulan

Lapisan keramik lebih tahan lama dengan teknologi Capsil

Set cookware lengkap yang aman untuk memasak MPASI

Dua wajan keramik stylish yang dilengkapi spatula

Ukurannya mini, pas untuk memasak telur mata sapi

Model deep wok yang cekung, memudahkan Anda saat mengaduk masakan

Dengan handle di kedua sisi yang membuatnya lebih stabil saat diangkat

Kualitas lapisan antilengketnya terjamin karena dibuat menggunakan teknologi ILAG

Lebih awet berkat kepadatan lapisan keramik hingga 9H

Wajan keramik Korea asli dengan garansi seumur hidup!

Dilengkapi sekat untuk memasak tiga jenis masakan sekaligus

Harga mulai dariRp 89.900,00Rp 399.000,00Rp 267.000,00Rp 62.800,00Rp 200.000,00Rp 361.500,00Rp 616.000,00Rp 450.000,00Rp 1.600.000,00Rp 599.000,00
Diameter/ukuran wajan20 cm, 22 cm, 24 cm, 26 cm, 28 cm24 cm20 cm, 24 cm12 cm20 cm30 cm32 cm24 cm, 28 cm, 30 cm29 cm x 20 cm28 cm x 28 cm
BobotTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan160 gram1 kgTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan1,53 kg
Bahan wajanTidak disebutkanAluminiumAluminiumAluminiumTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAluminiumAluminiumAluminium
Bahan handelBakeliteBakeliteBakeliteBakeliteBakeliteTidak disebutkanTidak disebutkanBakeliteKayuBakelit
Kompor induksi×----Tidak disebutkan
Antilengket
Tautan produk
10

DanariTAMA 3in1 Fry Pan Ceramic Coating

Mulai dari Rp 599.000,00

Diameter/ukuran wajan28 cm x 28 cm
Bobot1,53 kg
Bahan wajanAluminium
Bahan handelBakelit
Kompor induksi
Antilengket
9
Diameter/ukuran wajan29 cm x 20 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanAluminium
Bahan handelKayu
Kompor induksi
Antilengket
8
Diameter/ukuran wajan24 cm, 28 cm, 30 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanAluminium
Bahan handelBakelite
Kompor induksiTidak disebutkan
Antilengket
7
Diameter/ukuran wajan32 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanTidak disebutkan
Bahan handelTidak disebutkan
Kompor induksi
Antilengket
6

PamosroomWajan Keramik Kuping 1 Set + Tutup

Mulai dari Rp 361.500,00

Diameter/ukuran wajan30 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanTidak disebutkan
Bahan handelTidak disebutkan
Kompor induksi
Antilengket
5

CypruzPink Ceramic White Wood Handle Series Wok

FP-0900

Mulai dari Rp 200.000,00

Diameter/ukuran wajan20 cm
Bobot1 kg
Bahan wajanTidak disebutkan
Bahan handelBakelite
Kompor induksi-
Antilengket
4

ShumaEco Safe Nonstick Ceramic Mini Frypan

Mulai dari Rp 62.800,00

Diameter/ukuran wajan12 cm
Bobot160 gram
Bahan wajanAluminium
Bahan handelBakelite
Kompor induksi-
Antilengket
3
Diameter/ukuran wajan20 cm, 24 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanAluminium
Bahan handelBakelite
Kompor induksi-
Antilengket
2
Diameter/ukuran wajan24 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanAluminium
Bahan handelBakelite
Kompor induksi-
Antilengket
1

MaspionMaxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick

Mulai dari Rp 89.900,00

Diameter/ukuran wajan20 cm, 22 cm, 24 cm, 26 cm, 28 cm
BobotTidak disebutkan
Bahan wajanTidak disebutkan
Bahan handelBakelite
Kompor induksi×
Antilengket

Cara merawat wajan keramik

Cara merawat wajan keramik

Supaya wajan keramik Anda lebih awet, perhatikan cara menggunakan, merawat, dan menyimpannya seperti berikut ini.


  1. Gunakan spatula berbahan kayu atau silikon berstandar food grade untuk memasak. Hindari penggunaan peralatan memasak berbahan logam karena bisa menggores keramik dan membuat proses memasak tidak efektif.

  2. Setiap selesai memasak, diamkan dahulu wajan sampai dingin sebelum merendam atau mencucinya. Jangan pernah menggunakan spons kawat karena bisa merusak lapisan antilengket atau mengikis keramiknya.

  3. Karena memiliki bobot yang berat, hindari menyimpan wajan keramik dengan cara digantung. Jika memang harus digantung, pastikan penggantungnya benar-benar kuat. Anda juga tidak disarankan untuk menumpuknya dengan wajan lain. Apabila terpaksa diletakkan demikian, gunakan serbet untuk melapisinya.

Pertanyaan umum seputar wajan keramik

Kami telah mengulas rekomendasi wajan keramik yang bagus dan menjelaskan poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Sebagai tambahan informasi, kami juga akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar wajan keramik. Mari disimak!

Apakah perbedaan wajan keramik, wajan granit, dan wajan marble?

Wajan keramik dan marble sama-sama berasal dari tanah liat. Bedanya, permukaan wajan marble dilapisi marmer dengan tampilan khas warna hitam berbintik-bintik putih. Sementara itu, wajan granit terbuat dari batu granit yang materialnya lebih padat, awet, dan cepat menghantarkan panas.

Tips dari chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Tips dari chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Wajan keramik tidak boleh direndam terlalu lama dan sering. Alasannya karena seluruh bahan dasarnya terdiri dari bahan alami, seperti batu, pasir, dan lain-lain. Jika Anda merendamnya terlalu lama dalam air, otomatis akan menimbulkan retakan-retakan kecil yang makin lama makin parah.

Baca juga rekomendasi peralatan dapur lainnya di sini

Selain wajan keramik, kami juga mempunyai rekomendasi peralatan dapur lainnya. Terdapat beberapa produk, seperti wajan penggorengan dan waffle maker. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Wajan adalah peralatan dapur yang harus dimiliki oleh siapa pun, baik Anda yang tinggal sendiri maupun yang sudah berkeluarga. Meskipun wajan keramik relatif lebih mahal dibandingkan wajan jenis lainnya, harga tersebut sebanding dengan segala kelebihannya.


Nah, apakah Anda sudah mendapatkan wajan keramik yang sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, silakan gunakan ulasan ini untuk mencari wajan keramik favorit Anda. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas portable adalah kompor yang biasanya memiliki bentuk mini dan penggunaannya dikenal praktis. Saat sedang camping, Anda dapat mengandalkan kompor ini. Cara menyalakan kompor gas portable pun mudah. Meskipun demikian, Anda perlu menggunakan produk yang bagus agar terhindar dari bahaya kompor gas meledak. Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih kompor gas portable yang bagus lengkap dengan rekomendasi produk terbaik. Anda bisa menemukan produk kompor gas portable dari berbagai merek, seperti Miyako, Rinnai, Cosmos, dan lainnya. Pilihlah produk yang awet dengan harga yang cocok di kantong Anda, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Panci Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Panci Listrik Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Panci listrik adalah alat masak alternatif untuk Anda yang ingin memasak secara praktis. Selain tidak membutuhkan kompor, panci listrik juga lebih portable. Anda yang sering traveling atau tinggal di indekos bisa menggunakan panci listrik serbaguna untuk memasak aneka makanan.Di pasaran Anda akan menemukan beragam produk panci listrik, seperti panci listrik mini dan watt kecil. Kami akan memberikan tips memilih panci listrik yang bagus. Produk terbaik dari merek Maspion, GM Bear, dan Goto Hardware ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas saat ini hadir dalam beragam pilihan model dan fitur. Dari modelnya Anda pasti sudah akrab dengan kompor meja dan kompor gas tanam. Namun, kini telah hadir juga kompor gas oven, kompor portable, dan kompor gas infrared. Beragam kompor gas ini hadir dalam pilihan satu tungku, dua tungku, hingga empat tungku. Apabila Anda bingung menentukan kompor yang bagus, mari ikuti ulasan kami. Kami akan mengulas merek kompor gas terbaik, seperti Rinnai, Quantum, dan Modena. Anda juga akan mendapatkan tips memilih kompor gas yang tepat. Jadi, simak terus, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kompor Gas Rinnai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kompor gas merupakan peralatan dapur yang sangat penting digunakan untuk mendukung kebutuhan rumah tangga. Dengan kompor gas, Anda dapat memasak secara lebih cepat, mudah, dan hemat. Salah satu merek kompor gas yang populer adalah Rinnai. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen kompor gas yang bagus dan berkualitas. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk kompor gas Rinnai terbaik. Kami juga memberikan rekomendasi kompor gas Rinnai 1 tungku, 2 tungku, hingga 5 tungku yang dapat Anda pilih. Untuk itu, baca artikel ini sampai tuntas, ya!
    Peralatan masak
  • 10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Frying Pan Set Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki set alat masak di rumah pastinya akan membuat aktivitas memasak Anda lebih lancar. Kini ada banyak frying pan set bagus yang dijual di pasaran. Anda bisa memilih frying pan set dari merek BOLDë, Tefal, Stein Cookware, Pero, Oxone, sampai Greenpan. Bahannya juga beragam, mulai dari Teflon, stainless steel, sampai keramik.Di artikel ini kami akan mengulas cara memilih frying pan set terbaik. Selain itu, kami juga merekomendasikan sepuluh set frying pan yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Peralatan masak
  • 10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cobek Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Cobek adalah peralatan dapur yang sering digunakan untuk menghaluskan bumbu masakan. Dibandingkan blender, menghaluskan bumbu masakan nusantara menggunakan cobek terasa lebih sedap dan mantap. Karena itu, peralatan dapur ini masih memiliki posisi spesial di hati masyarakat. Cobek sangat bervariasi. Ada cobek yang terbuat dari batu asli, kayu jati, tanah liat, keramik, hingga stainless steel. Untuk memudahkan Anda menemukan cobek yang bagus, kami merangkum tips memilih cobek terbaik. Kami juga mengulas macam-macam cobek dari merek IKEA, Aren Handicraft, dan Dekayu. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari.
    Peralatan masak
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori