1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan masak
  6. >
  7. 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Wajan Keramik Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2023)

Akhir-akhir ini penggunaan wajan keramik sudah makin marak. Wajan yang awalnya populer di Korea ini digemari karena bahannya lebih aman dan tidak mengganggu kesehatan. Menumis dan menggoreng menggunakan wajan keramik membuat masakan jadi cepat matang secara merata. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilikinya di dapur rumah.


Terdapat beberapa merek wajan keramik yang bagus, seperti Maxim, Cypruz, dan Shuma. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan mengenai manfaat, tips memilih, dan rekomendasi wajan keramik terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari.

Diperbaharui 09-18-2022
Pakar
Chef
Laire Siwi Mentari

Kariernya di dunia kuliner selama 8 tahun membawa Laire menjadi chef dan pemilik restoran Jiwajawi di Yogyakarta. Setelah lulus dari Universitas Indonesia dan IONs Culinary College, Laire bekerja untuk beberapa cafe dan restoran sebagai kepala dapur. Repertoar Laire di antaranya adalah restoran Canting dan Sirjakula. Selain itu, ia juga menjadi konsultan untuk beberapa restoran besar lainnya yang menyajikan menu-menu Nusantara dan interkontinental. Ia sering berkolaborasi dengan beberapa restoran hotel dan mengadakan jamuan makan privat. Saat ini, Laire juga aktif mengajar culinary untuk program CSR PT Djarum.

Profil Laire Siwi Mentari
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Keunggulan wajan keramik

Keunggulan wajan keramik

Sebenarnya, wajan keramik adalah peralatan memasak yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Wajan ini kembali populer di Korea karena bahan keramik tidak memiliki lapisan kimia berbahaya. Berkat hal tersebut, wajan keramik dianggap lebih alami dan aman untuk masakan.


Dengan wajan keramik, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kematangan masakan. Pasalnya, bahan dasar keramik dapat menyerap dan menyebarkan panas secara lebih merata. Ditambah lagi, Anda bisa membersihkannya dengan mudah setelah selesai memasak. Cukup gunakan spons halus untuk menghilangkan sisa makanan dan lemak yang menempel di wajan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih wajan keramik

Apakah Anda sudah mulai tertarik menggunakan wajan keramik? Supaya mendapatkan produk terbaik dan sesuai dengan kebutuhan, berikut ini kami bagikan beberapa tipsnya.

① Kenali tipe wajan keramik Anda

Wajan keramik terdiri dari dua jenis, yaitu wajan keramik murni (pure ceramic) dan wajan lapis keramik (ceramic coated). Simak karakteristik tiap-tiap tipe wajan tersebut sembari menentukan tipe yang paling sesuai untuk Anda.

Keramik murni, aman digunakan pada suhu tinggi

Keramik murni, aman digunakan pada suhu tinggi

Wajan keramik murni adalah wajan yang terbuat dari bahan 100% keramik. Keramik merupakan bahan nontoksik dan nonreaktif sehingga aman digunakan untuk memasak. Wajan keramik murni tidak melarutkan logam berat dan bahan kimia beracun ke dalam makanan pada suhu tinggi.


Dengan demikian, penggunaan wajan ini tidak akan mengubah rasa dan profil kesehatan makanan favorit Anda. Anda juga tidak membutuhkan banyak minyak saat memasak sehingga makanan lebih sehat dan nutrisinya tetap terjaga. Sayangnya, wajan full keramik masih sulit ditemukan di online shop Indonesia.

Ceramic coated, lebih ringan dan ekonomis

Sesuai dengan namanya, ceramic coated adalah wajan dari bahan dasar logam, seperti aluminium, yang diberi lapisan keramik. Jenis wajan ini banyak diminati karena harganya yang relatif terjangkau. Selain itu, wajan berlapis keramik juga lebih ringan dibanding wajah keramik murni.


Lapisan keramik ini aman digunakan untuk memasak, tetapi lama-kelamaan akan terkikis seiring dengan penggunaan. Bila hal itu terjadi, bahan logam akan ikut terlarut ke dalam makanan, terutama jika dimasak pada suhu tinggi. Karena itu, sebaiknya perhatikan umur pakai wajan Anda dan ikuti petunjuk perawatannya agar lebih awet.


Untuk menanggulangi cepatnya pengikisan ceramic coated, Anda perlu melakukan perawatan secara teratur. Gunakan spons yang sangat halus saat mencucinya. Anda juga bisa merendamnya selama 15 menit atau sampai minyak dan bekas bumbu luruh sebelum mencucinya. Tambahan lain, jangan gunakan suhu yang terlalu tinggi ketika memasak dengan wajan ini.

② Pertimbangkan bobot wajan

Pertimbangkan bobot wajan

Pada dasarnya, keramik adalah bahan yang mirip dengan batu. Jadi, wajar jika wajan keramik memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan jenis lainnya. Sebagai contoh, wajan dengan bahan murni keramik umumnya jauh lebih berat dibandingkan wajan lapis keramik.


Untuk memilihnya, carilah wajan yang bobotnya sesuai dengan kemampuan genggaman Anda. Proses memasak terkadang membutuhkan waktu lama dan teknik tertentu dalam mengangkat wajan. Wajan yang terlalu berat cenderung sulit saat digunakan, bahkan bisa membuat tangan dan pundak Anda cedera.


Sebagai acuan, bobot ideal wajan adalah sekitar 1 kg atau bisa diayun dengan satu tangan. Sementara itu, untuk keramik murni, kami menyarankan Anda memilih wajan dengan bobot tidak lebih dari 3 kg.

③ Perhatikan ukuran wajan

Perhatikan ukuran wajan

Wajan memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari diameter 16 cm sampai dengan 30 cm. Makin besar ukuran wajan keramik tentu akan makin berat dan membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Jadi, selalu sesuaikan ukuran wajan dengan kebutuhan dan kebiasaan Anda saat memasak. Supaya tidak bingung, berikut kami beri panduannya.


  • Untuk yang tinggal sendiri: Pilih wajan berdiameter 16–24 cm.
  • Untuk penggunaan rumah tangga sehari-hari: Pilih wajan berdiameter 26–30 cm.
  • Untuk memasak porsi standar: Pilih wajan berdiameter 26–28 cm.
  • Untuk memasak porsi besar: Pilih wajan berdiameter 30 cm atau lebih.

④ Pilih handel yang aman dan nyaman

Pilih handel yang aman dan nyaman

Karena wajan keramik lebih berat dibandingkan jenis lainnya, handel yang nyaman harus jadi prioritas. Handel atau pegangan berbahan bakelite memiliki sifat antipanas sehingga nyaman digunakan untuk memasak. Selain itu, pertimbangkan juga bentuk pegangan yang ergonomis dan kokoh supaya tidak licin saat diangkat.


Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan dan bentuk pengait antara wajan dengan handel. Jika pengaitnya tidak kuat, handel akan mudah lepas dari wajan. Anda disarankan memilih pengait berbentuk baut stainless ulir yang kokoh. Sebaliknya, hindari pengait yang hanya menggunakan besi tanam karena kurang awet.

⑤ Sesuaikan wajan dengan jenis kompor

Sesuaikan wajan dengan jenis kompor

Jenis kompor yang Anda pakai sehari-hari juga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih wajan keramik. Umumnya, dapur-dapur Indonesia menggunakan dua jenis kompor, yaitu kompor induksi dan kompor gas biasa. Pada dasarnya, kompor gas biasa cocok dengan wajan keramik jenis apa pun.


Pilih wajan yang bagian bawahnya dilengkapi magnet jika dapur Anda menggunakan kompor listrik atau induksi. Pasalnya, kompor induksi tidak bekerja dengan menyebarkan panas, tetapi menginduksi wajan agar menyebarkan panas. Nah, lapisan magnet akan membantu menyebarkan panas ke seluruh bagian wajan sehingga masakan akan matang merata.


Wajan keramik dengan alas magnet bisa dianggap sebagai pilihan paling tepat karena aman untuk kompor apa pun. Supaya lebih fleksibel, pilihlah wajan keramik yang bisa dipakai baik di kompor gas maupun kompor induksi.

10 Rekomendasi wajan keramik terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wajan keramik terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Laire Siwi Mentari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maspion

Maxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick

Maspion Maxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick 1枚目

Lapisan keramik lebih tahan lama dengan teknologi Capsil

2

Mayba

Miracle 5

Mayba Miracle 5 1枚目

Set cookware lengkap yang aman untuk memasak MPASI

3

Kangaroo

Frypan Set KG675

Kangaroo Frypan Set KG675 1枚目

Dua wajan keramik stylish yang dilengkapi spatula

4

Shuma

Eco Safe Nonstick Ceramic Mini Frypan

Shuma Eco Safe Nonstick Ceramic Mini Frypan 1枚目

Ukurannya mini, pas untuk memasak telur mata sapi

5

Cypruz

Pink Ceramic White Wood Handle Series Wok

Cypruz Pink Ceramic White Wood Handle Series Wok 1枚目

Model deep wok yang cekung, memudahkan Anda saat mengaduk masakan

6

Pamosroom

Wajan Keramik Kuping 1 Set + Tutup

Pamosroom Wajan Keramik Kuping 1 Set + Tutup 1枚目

Dengan handle di kedua sisi yang membuatnya lebih stabil saat diangkat

7

Hi-Cook

Wok Pan WP-32

Hi-Cook Wok Pan WP-32 1枚目

Kualitas lapisan antilengketnya terjamin karena dibuat menggunakan teknologi ILAG

8

COOKViLLE

Aluminum Ceramic Wok

COOKViLLE Aluminum Ceramic Wok 1枚目

Lebih awet berkat kepadatan lapisan keramik hingga 9H

9

Neoflam

FIKA 11" Brunch Pan

Neoflam FIKA 11" Brunch Pan 1枚目

Wajan keramik Korea asli dengan garansi seumur hidup!

10

Danari

TAMA 3in1 Fry Pan Ceramic Coating

Danari TAMA 3in1 Fry Pan Ceramic Coating 1枚目

Dilengkapi sekat untuk memasak tiga jenis masakan sekaligus

Perincian produk
Close
No.1

MaspionMaxim Neostone Enhanced Ceramic Nonstick

Mulai dari Rp89.900,00

Lapisan keramik lebih tahan lama dengan teknologi Capsil

Kelebihan:

  • Menggunakan teknologi Capsil sehingga lebih tahan lama
  • Antigores meski memakai spatula besi atau stainless steel
  • Panasnya merata dan 4x lebih cepat dari bahan lain


Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan pada kompor induksi

Wajan yang awet digunakan untuk jangka waktu lama tentu akan lebih hemat. Maxim Neostone hadir dengan teknologi Capsil yang membuat lapisannya lebih tahan lama. Harganya juga cukup terjangkau, pas untuk Anda yang senang berhemat.


Wajan keramik Maxim ini juga mempunyai banyak pilihan ukuran yang dapat dipilih mulai dari 20 cm hingga 28 cm. Ditambah lagi, motifnya yang mirip dengan batu granite membuat tampilan wajan ini makin terlihat cantik dan mewah.

No.2

Set cookware lengkap yang aman untuk memasak MPASI

Kelebihan:

  • Terdiri dari wajan wok pan, milk pan, steamer, tutup kaca, dan spatula, praktis untuk memasak MPASI
  • Bebas dari kandungan PTFE, PFOA, cadmium, dan timbal sehingga aman untuk anak dan keluarga
  • Memiliki tiga pilihan warna yang simpel dan menarik

Kekurangan:

  • Ukurannya relatif mini, tidak bisa memasak dalam porsi besar

Jika Anda sedang mencari wajan keramik yang aman untuk MPASI, jangan ragu untuk memilih produk ini. Mayba Miracle 5 merupakan cookware set yang terdiri dari wajan dan panci berbahan keramik, tutup kaca, steamer, serta spatula.


Produk-produknya bebas dari bahan berbahaya sehingga aman dipakai memasak makanan untuk bayi dan seluruh anggota keluarga Anda. Produk ini juga tersedia dalam tiga pilihan warna menarik, yakni emerald, pink, dan white pearl.

No.3

KangarooFrypan Set KG675

Mulai dari Rp267.000,00

Dua wajan keramik stylish yang dilengkapi spatula

Kelebihan:

  • Warna wajan dan gagangnya senada, jadi terlihat makin stylish
  • Bobotnya ringan
  • Bersifat antilengket dan antigores

Kekurangan:

  • Karena ringan, bahannya pun cenderung tipis


Saat memasak menggunakan wajan keramik, Anda membutuhkan spatula yang terbuat dari kayu atau silikon. Jika Anda belum memilikinya, mencari spatula yang cocok dengan wajan bisa jadi akan merepotkan. Oleh karena itu, pertimbangkanlah memilih set fry pan dari Kangaroo ini.


Produk ini terdiri dari dua wajan keramik dengan ukuran yang berbeda, serta satu buah spatula kayu. Anda pun bisa langsung memasak makanan yang sehat dan minim minyak untuk keluarga segera setelah menerima produk ini.

No.4

ShumaEco Safe Nonstick Ceramic Mini Frypan

Mulai dari Rp62.800,00

Ukurannya mini, pas untuk memasak telur mata sapi

Kelebihan:

  • Tidak mengandung PTFE, PFOA, dan kimia berbahaya lainnya
  • Lapisannya keramiknya lebih tahan lama dan antigores

Kekurangan:

  • Ukurannya terlalu kecil sehingga fungsinya terbatas

Wajan antilengket berbahan keramik berikut ini memiliki diameter yang mini, yakni hanya 12 cm. Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat telur mata sapi atau telur ceplok. Shuma Eco Safe Nonstick Ceramic Frypan layak Anda pilih untuk menggoreng telur dengan praktis. Selain itu, bagian interior dan eksteriornya sudah menggunakan lapisan ganda hingga 38 mikron yang lebih tahan lama.

No.5

CypruzPink Ceramic White Wood Handle Series WokFP-0900

Mulai dari Rp200.000,00

Model deep wok yang cekung, memudahkan Anda saat mengaduk masakan

Kelebihan:

  • Wajan model deep wok, bisa dipakai untuk memasak makanan yang agak berkuah
  • Bebas dari bahan berbahaya, seperti PFOA, PTFE, cadmium, dan timbal
  • Mempunyai induction bottom untuk menghantarkan panas lebih cepat dengan hasil yang matang merata

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan untuk memasak makanan sekitar satu sampai dua porsi saja

Wajan keramik Cypruz ini cocok dimiliki oleh Anda yang hobi mengoleksi alat masak berwarna merah muda. Wajan ini didesain dengan model deep wok yang lebih cekung. Dengan demikian, Anda bisa mengaduk masakan tanpa khawatir berserakan dan mengotori area sekitar kompor. Selain itu, Anda juga dapat memakainya untuk memasak makanan yang agak berkuah.

No.6

PamosroomWajan Keramik Kuping 1 Set + Tutup

Mulai dari Rp361.500,00

Dengan handle di kedua sisi yang membuatnya lebih stabil saat diangkat

Kelebihan:

  • Dengan handle kanan-kiri, memudahkan Anda mengangkat wajan yang penuh masakan
  • Handle-nya tidak panas dan nyaman digenggam
  • Dilengkapi tutup wajan agar makanan cepat matang

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan untuk menggoreng dengan durasi lama atau pada suhu di atas 200 derajat celcius

Berbeda dengan mayoritas wajan keramik lainnya, produk yang satu ini tidak dilengkapi gagang panjang. Wajan antilengket ini memiliki handle berbentuk telinga yang terletak di sisi kiri dan kanannya.


Model yang demikian membuatnya lebih stabil saat diangkat meski di dalamnya penuh masakan. Walaupun pendek, Anda tak perlu khawatir tangan terluka karena handle-nya tidak akan panas. Produk ini ideal bagi Anda yang menginginkan wajan keramik dengan model klasik alias berkuping.

No.7

Kualitas lapisan antilengketnya terjamin karena dibuat menggunakan teknologi ILAG

Kelebihan:

  • Dibuat menggunakan teknologi Nonstick Coating ILAG yang terjamin kualitasnya
  • Bisa digunakan pada kompor gas, listrik, induksi, halogen, dan glass ceramic cooker
  • Terbuat dari bahan food grade dan bebas dari zat berbahaya

Kekurangan:

  • Ukurannya besar sehingga bobotnya pun lumayan berat

Kualitas dari wajan keramik ini tak perlu Anda ragukan lagi. Hi-Cook melapisi wajannya menggunakan teknologi nonstick coating ILAG yang merupakan ahli di bidangnya. Bahan makanan yang dimasak tidak akan menempel pada wajan, bahkan saat Anda memasak tanpa minyak sekalipun. Produk ini juga memiliki ukuran yang besar, memudahkan Anda untuk memasak beberapa porsi makanan sekaligus.

No.8

COOKViLLEAluminum Ceramic Wok

Mulai dari Rp450.000,00

Lebih awet berkat kepadatan lapisan keramik hingga 9H

Kelebihan:

  • Dengan kepadatan ceramic coating hingga 9H, lima kali lebih kuat dari teflon biasa
  • Lebih higienis dengan gagang antilengket dan antibau
  • Bagian atas dan bawah sama-sama dilapisi keramik

Kekurangan:

  • Tidak tersedia ukuran yang lebih kecil

Penggunaan wajan secara berkala dapat membuat lapisan keramik menjadi tergerus. Wajan COOKVILLE hadir dengan kepadatan lapisan keramik yang mencapai 9H. Kepadatan ini diklaim lima kali lebih kuat dari teflon antilengket biasa.


Anda dapat memilih produk ini supaya tidak perlu sering mengganti wajan. Baiknya lagi, wajan ini terbuat dari keramik yang ramah lingkungan. Bagian bawah wajan juga dilengkapi tekstur dinding api yang membantu menyerap panas dengan lebih baik.

No.9

NeoflamFIKA 11" Brunch Pan

Mulai dari Rp1.600.000,00

Wajan keramik Korea asli dengan garansi seumur hidup!

Kelebihan:

  • Dibuat menggunakan lapisan keramik Xtrema yang alami dan ramah lingkungan
  • Dilengkapi garansi seumur hidup
  • Cocok dipakai pada kompor listrik, gas, keramik, dan induksi

Kekurangan:

  • Untuk satu wajan berukuran relatif kecil, harga produk ini tergolong pricey

Wajan keramik ini dibuat dan didatangkan langsung dari Korea. Karena itu, produk ini adalah pilihan sempurna bagi Anda yang menginginkan wajan keramik asli Korea. Bentuknya yang persegi panjang membuatnya cocok dipakai untuk memasak telur gulung ala Negeri Ginseng tersebut. Ditambah lagi, produk ini juga dilengkapi garansi seumur hidup sehingga terjamin ketahanannya.

No.10

DanariTAMA 3in1 Fry Pan Ceramic Coating

Mulai dari Rp599.000,00

Dilengkapi sekat untuk memasak tiga jenis masakan sekaligus

Kelebihan:

  • Bisa dipakai untuk memasak tiga hidangan sekaligus
  • Aman digunakan pada kompor gas, induksi, elektrik, dan halogen


Kekurangan:

  • Karena disekat, ukuran wajan jadi lebih kecil sehingga kuantitas hidangan yang bisa dimasak terbatas

Ceramic fry pan Danari ini memiliki dua buah sekat yang membaginya menjadi tiga bagian. Berkat itu, Anda dapat memakainya untuk memasak tiga hidangan dalam satu waktu. Produk ini bisa dijadikan solusi saat Anda tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan sarapan di pagi hari. Tak hanya menghemat waktu, model wajan keramik ini juga praktis untuk Anda yang tinggal seorang diri.

Cara merawat wajan keramik

Cara merawat wajan keramik

Supaya wajan keramik Anda lebih awet, perhatikan cara menggunakan, merawat, dan menyimpannya seperti berikut ini.


  1. Gunakan spatula berbahan kayu atau silikon berstandar food grade untuk memasak. Hindari penggunaan peralatan memasak berbahan logam karena bisa menggores keramik dan membuat proses memasak tidak efektif.

  2. Setiap selesai memasak, diamkan dahulu wajan sampai dingin sebelum merendam atau mencucinya. Jangan pernah menggunakan spons kawat karena bisa merusak lapisan antilengket atau mengikis keramiknya.

  3. Karena memiliki bobot yang berat, hindari menyimpan wajan keramik dengan cara digantung. Jika memang harus digantung, pastikan penggantungnya benar-benar kuat. Anda juga tidak disarankan untuk menumpuknya dengan wajan lain. Apabila terpaksa diletakkan demikian, gunakan serbet untuk melapisinya.

Pertanyaan umum seputar wajan keramik

Kami telah mengulas rekomendasi wajan keramik yang bagus dan menjelaskan poin-poin penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih. Sebagai tambahan informasi, kami juga akan menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan seputar wajan keramik. Mari disimak!

Apakah perbedaan wajan keramik, wajan granit, dan wajan marble?

Wajan keramik dan marble sama-sama berasal dari tanah liat. Bedanya, permukaan wajan marble dilapisi marmer dengan tampilan khas warna hitam berbintik-bintik putih. Sementara itu, wajan granit terbuat dari batu granit yang materialnya lebih padat, awet, dan cepat menghantarkan panas.

Tips dari chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Tips dari chef dan pemilik restoran, Laire Siwi Mentari

Wajan keramik tidak boleh direndam terlalu lama dan sering. Alasannya karena seluruh bahan dasarnya terdiri dari bahan alami, seperti batu, pasir, dan lain-lain. Jika Anda merendamnya terlalu lama dalam air, otomatis akan menimbulkan retakan-retakan kecil yang makin lama makin parah.

Baca juga rekomendasi peralatan dapur lainnya di sini

Selain wajan keramik, kami juga mempunyai rekomendasi peralatan dapur lainnya. Terdapat beberapa produk, seperti wajan penggorengan dan waffle maker. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Wajan adalah peralatan dapur yang harus dimiliki oleh siapa pun, baik Anda yang tinggal sendiri maupun yang sudah berkeluarga. Meskipun wajan keramik relatif lebih mahal dibandingkan wajan jenis lainnya, harga tersebut sebanding dengan segala kelebihannya.


Nah, apakah Anda sudah mendapatkan wajan keramik yang sesuai dengan kebutuhan? Jika belum, silakan gunakan ulasan ini untuk mencari wajan keramik favorit Anda. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer