1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita
  6. >
  7. 10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Batik Kerja Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2023)

Belakangan ini, pemakaian batik di tempat kerja kian populer. Penampilan Anda dapat terlihat lebih cantik dan modis dengan batik kerja yang sesuai. Selain coraknya yang sangat kaya, model batik kerja untuk wanita pun makin beragam. Banyaknya pilihan tersebut bisa jadi membuat Anda bingung dalam menentukan produk yang tepat.


Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih batik kerja dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk wanita. Anda akan menemukan batik kerja yang bagus dari sejumlah merek, seperti Bhatara Batik dan Batik Keris. Baca hingga tuntas dan pilih batik kerja terbaik Anda!

Diperbaharui 08-26-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih batik kerja untuk wanita

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat hendak membeli batik kerja untuk wanita. Agar tidak salah pilih, perhatikanlah poin-poin di bawah ini dengan saksama. 

① Pastikan batik yang Anda pilih dapat dikenakan di kantor

Pastikan batik yang Anda pilih dapat dikenakan di kantor

Poin pertama yang perlu diperhatikan saat memilih batik kerja adalah peraturan di tempat Anda bekerja. Sejumlah tempat kerja membebaskan pakaian pekerjanya, tetapi ada juga yang memiliki peraturan tertentu terkait outfit saat bekerja. 


Oleh karena itu, sebaiknya periksa dahulu peraturan yang berlaku di kantor Anda sebelum memilih batik kerja. Selain menyesuaikan pilihan batik kerja dengan peraturan, Anda juga bisa memilih batik dengan warna yang mencirikan kantor. 


Anda juga disarankan untuk memilih batik yang sopan dan tetap menonjolkan profesionalitas saat bekerja. Misalnya, tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat, terlalu pendek, atau tidak mengenakan baju model sleeveless. Kalau pun Anda ingin menggunakan batik model sleeveless, Anda bisa melengkapinya dengan outer. 

② Kenali model-model baju batik yang ada di pasaran

Agar memudahkan Anda dalam memilih batik kerja, kami membagi model batik kerja menjadi tiga kategori. Anda bisa memilih batik kerja berupa atasan, outer, atau dress. Simak ulasan berikut ini. 

Atasan batik, mudah dipadukan dengan celana atau rok

Atasan batik, mudah dipadukan dengan celana atau rok

Atasan batik merupakan jenis batik kerja yang paling umum dan mudah ditemukan. Jenisnya pun sangat beragam, mulai dari atasan tanpa lengan, lengan pendek, sampai lengan panjang. Untuk mempertahankan kesan elegan dan profesional, sebaiknya Anda memilih model baju batik yang sederhana dan simpel.


Atasan batik wanita yang cocok dipakai ke kantor antara lain adalah kemeja, blus, atau tunik. Batik kerja berupa atasan juga lebih mudah dipadukan dengan celana atau rok tanpa motif favorit Anda. 

Outer batik, membuat penampilan tidak monoton

Jika Anda punya banyak baju polos di lemari, tidak ada salahnya untuk memadukannya dengan outer batik. Outer batik yang ada di pasaran cukup beragam, di antaranya blazer dan kardigan


Outer batik berupa blazer akan memberikan kesan lebih formal sehingga cocok dipakai saat meeting dengan klien. Jika Anda menginginkan outer batik semiformal yang lebih santai, cobalah kardigan. Untuk kesan yang terlihat profesional, Anda bisa mix and match outer batik dengan dalaman polos dan kalung sebagai aksesori. 

Dress batik, tampil lebih feminin dan anggun

Jika Anda ingin memperlihatkan kesan anggun dan feminin di tempat kerja, dress batik adalah pilihan yang tepat. Selain membuat Anda tampak lebih feminin, dress batik juga lebih simpel. Model dress batik sendiri pun ada banyak sehingga Anda perlu menyesuaikannya dengan bentuk tubuh


Bila Anda ingin menyamarkan bentuk bagian bawah tubuh yang besar, cobalah dress model model A-line. Namun, bila Anda ingin menonjolkan lekuk tubuh yang ramping, dress model slim fit akan lebih cocok digunakan. 

③ Perhatikan bahan yang digunakan

Perhatikan bahan yang digunakan

Pilihlah batik kerja yang tidak hanya membuat Anda terlihat lebih atraktif, tetapi juga membuat Anda merasa nyaman. Jika Anda memakai baju batik yang nyaman, tentunya Anda dapat bekerja dengan produktif. Karena itu, pemilihan bahan batik termasuk poin yang sebaiknya tidak Anda lewatkan. 


  • Katun

Bahan katun akan terasa sejuk ketika dipakai dan mudah menyerap keringat. Di pasaran sendiri, outfit batik berbahan katun akan sangat banyak dijumpai. 


  • Rayon

Bahan rayon memiliki tekstur yang licin. Di sisi lain, rayon juga dikenal adem dan tidak mudah kusut. 


Selain bahan, perhatikan juga kualitas batik yang ingin dibeli. Kualitas batik yang baik tentu memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan batik kualitas biasa.

④ Pilih corak yang sesuai dengan preferensi Anda

Poin lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih batik kerja untuk wanita adalah coraknya. Sesuaikanlah corak batik yang Anda pilih dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Corak batik tertentu, menyamarkan bentuk tubuh

Corak batik tertentu, menyamarkan bentuk tubuh

Pemilihan corak batik tertentu dapat membantu Anda menyamarkan bentuk tubuh, lho! Jika Anda ingin menampilkan siluet tubuh lebih ramping cobalah untuk memilih batik dengan corak geometris vertikal. Anda juga bisa memilih batik full print dengan corak yang kecil dan berwarna gelap.


Sebaliknya, bila Anda ingin terlihat lebih berisi sebaiknya pilih batik dengan corak yang besar. Alternatif lain adalah pemilihan batik dengan corak dan warna yang cerah untuk memberi ilusi tubuh tampak bervolume. 

Corak batik klasik, memberikan kesan formal

Corak batik klasik, memberikan kesan formal

Agar penampilan Anda terlihat formal dan profesional, Anda dapat memilih batik dengan corak klasik khas Indonesia. Hampir tiap daerah di Indonesia memiliki corak batik klasik khasnya sendiri sehingga opsi yang ada sangat beragam. Warna batik klasik biasanya terdiri dari warna netral, seperti cokelat, putih, atau hitam.


Corak batik klasik yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda adalah Megamendung dan Parang. Batik Megamendung yang berasal dari Cirebon memiliki ciri khas gambar awan yang berbaris-baris. Batik Parang berasal dari Pulau Jawa dengan ciri khas bentuk pola mirip huruf S yang berjalin-jalin tanpa putus.

Corak batik kombinasi modern, penampilan lebih modis

Kini sudah banyak corak batik modern yang jauh lebih beragam dan berwarna. Anda bisa menemukan lebih banyak corak, seperti flora, fauna, hingga abstrak. Sejumlah produk juga memodifikasi corak batik klasik sehingga tidak terlihat kuno. 


Selain itu, corak batik modern tidak melulu menonjolkan nuansa formal, ada pula yang semiformal. Anda bisa memadukannya dengan bawahan yang agak kasual dan sneakers agar penampilan terlihat lebih stylish!

⑤ Sesuaikan dengan aksesori yang Anda miliki

Sesuaikan dengan aksesori yang Anda miliki

Agar penampilan terlihat lebih serasi, pemilihan batik juga bisa dilakukan berdasarkan aksesori yang Anda miliki. Bila Anda memakai hijab, koleksi hijab dapat menjadi panduan untuk menentukan batik kerja mana yang pas dikenakan. Selain hijab, Anda juga bisa melihat koleksi outer dan bawahan Anda agar lebih mudah saat mix and match. 


Batik kerja yang akan dibeli juga bisa disesuaikan dengan tas atau sepatu kesayangan Anda. Aksesori lain, seperti jam tangan, kalung, anting, hingga ikat pinggang pun dapat membantu dalam menentukan batik yang akan dikoleksi. Anda bisa menengok isi lemari untuk mengetahui batik kerja seperti apa yang paling Anda butuhkan.

10 Rekomendasi batik kerja terbaik untuk wanita

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk batik kerja terbaik untuk wanita yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sarra Batik

Blus Kalyana #2

Sarra Batik Blus Kalyana #2 1枚目

Warna pastel yang lembut menambah nuansa chic

2

Adinata Batik

Blouse Winny

Adinata Batik Blouse Winny 1枚目

Atasan batik yang simpel dan elegan

3

Bhatara Batik

Tatiana Blazer/3647

Bhatara Batik Tatiana Blazer/3647 1枚目

Jadi pusat perhatian dengan outer batik yang unik

4

Nonarara

Amanda 3N T0512

Nonarara Amanda 3N T0512 1枚目

Tampil fresh dengan atasan asimetris multiwarna

5

Aksa Batik

Leyna Levi Dress

Aksa Batik Leyna Levi Dress 1枚目

Batik merah cantik dengan kerah shanghai

6

Batik Universalku

Cape Batik Paisley Wayang Sogan Mocca

Batik Universalku Cape Batik Paisley Wayang Sogan Mocca 1枚目

Tampil semi-casual look dengan outer cantik ini

7

Lustopia Collection

Maha - Wichita Dress Batik Wanita

Lustopia Collection Maha - Wichita Dress Batik Wanita 1枚目

Model potongan klasik, buat Anda terlihat anggun

8

Jayashree Batik

Kyana Dress

Jayashree Batik Kyana Dress 1枚目

Berikan kesan feminin pada outfit kerja Anda

9

Nayara

Blouse Batik Sadira

Nayara Blouse Batik Sadira 1枚目

Tampil trendi dengan batik bermotif bunga

10

Batik Keris

Sackdress Batik Motif Parang Anom Kombinasi Tirtotejo

Batik Keris Sackdress Batik Motif Parang Anom Kombinasi Tirtotejo 1枚目

Anda akan terlihat makin stylish dengan dress batik ini!

Perincian produk
Close
No.1

Sarra BatikBlus Kalyana #2

Mulai dari Rp53.500,00

Warna pastel yang lembut menambah nuansa chic

Anda yang menyukai fesyen girly style pasti cocok dengan blus batik satu ini. Blouse Kalyana #2 memiliki kombinasi warna pastel yang manis dan lembut. 


Aksen renda pada bagian bawahnya membuat penampilan Anda terlihat lebih manis dan tidak membosankan. Selain itu, blus ini tersedia dalam warna abu-pink dan cokelat. Silakan pilih ragam warna yang menjadi favorit Anda.

No.2

Adinata BatikBlouse Winny

Mulai dari Rp499.000,00

Atasan batik yang simpel dan elegan

Atasan batik ini hadir dengan kerah V-line dan model lengan tiga perempat. Berwarna dasar navy dengan corak gunungan wayang berukuran sedang, membuat desainnya terkesan simple. Namun demikian, ketika dipadukan dengan bawahan yang tepat, atasan ini akan terlihat sangat elegan. Anda bisa memadukannya dengan bawahan berwarna putih atau hitam. 

No.3

Bhatara BatikTatiana Blazer/3647

Mulai dari Rp250.000,00

Jadi pusat perhatian dengan outer batik yang unik

Bosan dengan model atau motif batik yang itu-itu saja? Nah, untuk Anda yang ingin mencuri perhatian di kantor, cobalah kardigan Tatiana dari Bhatara Batik. Produk ini terbuat dari katun kombinasi yang tidak transparan, ringan, dan tidak melar sehingga nyaman digunakan.


Anda bisa memadukannya dengan dalaman dan bawahan polos untuk memberi nuansa berbeda. Potongan dan desain kardigan yang unik ini akan membuat Anda tampil lebih modis. 

No.4

NonararaAmanda 3N T0512

Mulai dari Rp325.000,00

Tampil fresh dengan atasan asimetris multiwarna

Atasan kerja dari Nona Rara ini hadir dengan desain asimetris. Bagian belakang baju dibuat lebih panjang dari bagian depannya. Atasan ini juga dipercantik dengan desain kancing etnik yang membuat tampilan Anda lain dari pada yang lain. 


Selain itu, atasan batik ini tampak estetik dengan paduan warna cokelat sogan, merah Lasem, dan biru Pekalongan. Anda bisa memadukannya dengan bawahan warna hitam untuk lebih menonjolkan warnanya. 

No.5

Aksa BatikLeyna Levi Dress

Mulai dari Rp769.000,00

Batik merah cantik dengan kerah shanghai

Dress keluaran Aksa Batik ini hadir dengan warna maroon yang cantik serta detail corak daun beraneka bentuk dan warna. Dress ini dibuat menggunakan katun berkualitas tinggi dan dilengkapi furing sehingga tidak transparan dan nyaman dikenakan. Ditambah dengan detail aksen kancing shanghai di bagian depan, tampilan dress ini terlihat makin manis. 

No.6

Batik UniversalkuCape Batik Paisley Wayang Sogan Mocca

Mulai dari Rp195.000,00

Tampil semi-casual look dengan outer cantik ini

Bosan dengan outfit batik yang terlalu formal? Nah, Anda bisa memilih Cape Batik Paisley Wayang Sogan Mocca dari Batik Universalku. Outer dengan belahan panjang di bagian lengan, membuat tampilan Anda menjadi lebih stylish. 


Corak wayang berwarna cokelat di atas dasar berwarna hitam memberikan kesan etnik yang estetik. Terlebih dengan bahan rayon yang lembut dan adem, pastinya Anda akan sangat nyaman menggunakannya. 

No.7

Lustopia CollectionMaha - Wichita Dress Batik Wanita

Mulai dari Rp175.000,00

Model potongan klasik, buat Anda terlihat anggun

Saat ada acara resmi di kantor atau saat meeting penting, dress yang satu ini bisa jadi pilihan. Potongan model klasik, dengan lengan tiga per empat, dan dress lipit, menjadikan tampilan Anda tampak anggun. Ditambah lagi dengan paduan warna navy dan hitam, serta kombinasi corak abstrak berwarna merah. Anda pasti akan terlihat sangat cantik dan berkelas. 

No.8

Jayashree BatikKyana Dress

Mulai dari Rp300.000,00

Berikan kesan feminin pada outfit kerja Anda

Tampil manis saat bekerja tentu tak ada salahnya, asalkan sopan dan tetap sesuai aturan perusahaan. Nah, bagi Anda yang ingin terlihat manis, cobalah gunakan Kyana Dress. 


Dress model slim fit dengan pita besar di pinggang ini akan memberikan kesan feminin pada penggunanya. Hadir dengan warna biru terang, tampilan Anda pastinya akan tampak makin segar dan manis. 

No.9

NayaraBlouse Batik Sadira

Mulai dari Rp320.000,00

Tampil trendi dengan batik bermotif bunga

Jika Anda ingin menampilkan kesan trendi dengan batik, produk dari Nayara ini dapat menjadi pilihan. Blouse Batik Sadira memiliki desain modern dengan detail motif batik bunga-bunga dengan pilihan warna merah atau ungu. Anda bisa memadukannya dengan celana pallazo dan sepatu hak tinggi berwarna senada. 

No.10

Batik KerisSackdress Batik Motif Parang Anom Kombinasi Tirtotejo

Mulai dari Rp483.000,00

Anda akan terlihat makin stylish dengan dress batik ini!

Jika ingin siluet tubuh ramping Anda terlihat jelas saat memakai batik, cobalah dress satu ini. Desain dress modern dengan aksen motif di bagian lengan, kerah, dan hanya pada bagian bawah dress, membuatnya tampak cantik. 


Kombinasi motif batik parang anom dan tirtotejo dengan warna maroon atau navy akan membuat Anda terlihat makin modis. Untuk menambah kesan kaki yang jenjang, padankan dress ini dengan sepatu wedges atau high heels kesayangan Anda. 

Tips merawat batik

Tips merawat batik

Batik yang dirawat dengan benar tidak akan cepat rusak dan lebih tahan lama. Batik memerlukan perawatan khusus yang berbeda dengan jenis kain lainnya. 


Saat mencuci batik, gunakan buah lerak atau sabun pencuci khusus batik agar warnanya tidak lekas pudar. Hindari penggunaan deterjen dan pemutih karena dapat mengikis warna asli batik. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan mesin cuci atau sikat agar tidak merusak serat kain. 


Anda cukup merendam dan mengucek kain batik dengan ringan tanpa perlu diperas sebelum dijemur. Agar warna batik lebih awet, hindari menjemur batik langsung di bawah sinar matahari. Anda bisa menjemurnya di tempat yang lebih teduh atau cukup diangin-anginkan saja hingga kering. Menyetrika batik pun tidak bisa sembarangan karena panas setrika berisiko merusak batik. 


Usahakan untuk mengalasi batik dengan kain lain sebelum disetrika agar panasnya tidak bersentuhan langsung, terutama batik tulis. Suhu setrika juga perlu disesuaikan dengan bahan batik karena tiap bahan memiliki ketahanan suhu berbeda. Selain itu, sebaiknya setrika baju batik Anda dari bagian dalam agar warnanya tidak menjadi cepat pudar.

Baca juga rekomendasi produk batik lainnya di sini

Artikel ini membahas cara memilih dan rekomendasi batik kerja untuk wanita. Jika Anda tertarik untuk mengetahui produk batik lain yang tidak kalah menarik, silakan cek artikel berikut. Langsung klik tautan-tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan batik kerja yang sesuai dengan selera Anda? Sembari melestarikan budaya bangsa, Anda tetap bisa tampil stylish dengan menggunakan batik saat bekerja.


Agar tidak salah pilih, silakan jadikan poin-poin memilih batik di atas sebagai pertimbangan dan referensi. Jangan lupa untuk merawat batik kerja dengan tepat agar bisa dipakai dalam waktu lama. Saatnya tampil cantik dengan batik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer