• 10 Kecap Asin Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kecap Asin Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kecap Asin Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kecap Asin Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kecap Asin Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kecap Asin Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)

Saat memasak, sering kali kita membutuhkan kecap asin agar mendapatkan cita rasa paling enak. Rasanya yang gurih membuat kecap asin sering dipakai untuk masakan tumis, bubur, bahkan beberapa jenis masakan Jepang. Dibandingkan garam, kecap asin lebih efektif memberi rasa gurih karena memiliki tekstur cair yang mudah menyatu dengan masakan.

Kami akan membantu Anda memilih kecap asin yang bagus dan enak. Beberapa merek kecap asin terbaik dan terenak seperti ABC, Kikkoman, dan Indofood ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dionisius Denizar
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 22 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar

Profil pakar: Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner, Dionisius Denizar
Dionisius Denizar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya.


Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Apa itu kecap asin?

Apa itu kecap asin?

Kecap asin adalah bumbu penyedap yang terbuat dari kedelai atau bahan baku hewani berprotein tinggi yang sudah difermentasi. Kebanyakan kecap asin berwarna cokelat tua, bertekstur encer, wanginya khas, dan rasanya gurih. Rasa asin tersebut berasal dari proses pembuatan kecap asin yang menambahkan garam sedikit lebih banyak.


Akan tetapi, tidak hanya garam, beberapa kecap asin mengandung komposisi ikan laut untuk mendapatkan rasa gurih. Itulah sebabnya kecap asin cocok digunakan untuk masakan tumisan, nasi goreng, bubur, dan masakan Jepang seperti sushi atau sashimi. Berkat tambahan kecap asin, cita rasa masakan Anda jadi makin enak.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kecap asin

Sebelum Anda membeli kecap asin, ada baiknya mengetahui dahulu bagaimana cara memilih kecap asin yang tepat. Untuk mendapatkan cita rasa masakan terenak, Anda harus memilih kecap asin yang sesuai. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih kecap asin.

Pilih berdasarkan kemasan kecap asin

Pilih berdasarkan kemasan kecap asin

Pada umumnya, kecap asin dikemas dalam bentuk botol. Bagi Anda yang mengutamakan keamanan, silakan memilih kemasan botol plastik. Dengan demikian, jika Anda tidak sengaja menyenggol botol saat sedang memasak, botol tidak akan pecah.


Namun, bagi Anda yang mengutamakan kualitas rasa dan kesehatan, pilihlah kemasan botol kaca. Kemasan botol kaca ini biasanya masuk dalam kategori food grade yang materialnya tidak beracun dan tidak mengubah kualitas produk.


Bila Anda masih mencari kecap asin yang pas, kami menyarankan untuk membeli kecap asin kemasan saset terlebih dahulu. Jadi, seandainya Anda tidak cocok, Anda tidak perlu membuang sisa kecap yang masih banyak.

Kenali tekstur dan warnanya

Kenali tekstur dan warnanya

Kebanyakan kecap asin memiliki tekstur yang encer dan warna lebih terang dibanding kecap manis. Berkat tekstur encer inilah kecap asin jadi mudah menyatu dengan masakan dan rasa gurihnya dapat tercampur rata. 


Akan tetapi, jika ingin sekaligus membuat masakan lebih berwarna, pilihlah kecap asin yang warnanya sedikit lebih pekat. Biasanya, kecap asin yang warnanya pekat mengandung sari kedelai yang lebih banyak. Hanya dengan menambahkan sedikit kecap asin maka Anda akan mendapatkan warna masakan yang diinginkan.

Perhatikan jenis masakannya

Perhatikan jenis masakannya

Pada dasarnya, kecap asin bisa digunakan untuk semua jenis masakan seperti tumis-tumisan dan bubur. Namun, ada juga beberapa jenis masakan yang sebaiknya memakai kecap asin khusus.


Sebagai contoh, untuk menambah cita rasa masakan Jepang, pilihlah kecap asin khas Jepang. Biasanya, kecap asin khas Jepang memiliki rasa kedelai yang lebih kuat, tekstur sedikit lebih kental, dan warna lebih pekat. Namun, rasa asin khas Jepang kurang begitu kuat.


Jika Anda ingin membuat masakan tumisan atau nasi goreng paling enak, gunakanlah kecap asin biasa. Kecap asin yang memiliki cita rasa kedelai yang pekat dapat digunakan pada masakan tumisan atau bibir khas Cina. Sementara itu, untuk bubur atau bakmi ayam khas Indonesia, Anda dapat menggunakan kecap asin yang kandungan kedelainya lebih sedikit.

Pertimbangkan kecap asin rendah sodium demi diet yang sukses

Pertimbangkan kecap asin rendah sodium demi diet yang sukses

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, kecap asin bisa dijadikan pilihan pengganti garam. Rasa asin dari kecap asin diyakini lebih sehat dibanding garam karena terbuat dari bahan alami hasil fermentasi kedelai.


Meskipun demikian, supaya diet Anda lebih sukses lagi, hindarilah kecap asin dengan kandungan natrium atau sodium yang tinggi. Sebaliknya, carilah kecap asin yang rendah natrium atau sodium dan berasal dari biji kedelai murni.

10 Rekomendasi kecap asin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kecap asin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dionisius Denizar.

10

D'NaturalCoconut Aminos

Mulai dari Rp 39.900,00

Isi250 ml
KomposisiNira kelapa organik, garam laut alami
KemasanBotol kaca
Jumlah penjualan141 (https://shopee.co.id/Dnatural-Kecap-Asin-Kelapa-Coconut-Aminos-Soy-Free-NON-MSG-250-mL-i.140549923.5439152426?sp_atk=5f244e91-e90f-44b9-9276-da51a366cda6)
9
Isi200 ml
KomposisiTidak disebutkan
KemasanBotol kaca
8

Pearl River BridgeMushroom Flavoured Superior Dark Soy Sauce

Mulai dari Rp 16.500,00

Isi100 ml, 150 ml, 250 ml, 500 ml, 600 ml, 1,8 liter
KomposisiAir, kedelai, gula, garam, biji gandum, ekstrak jamur
KemasanBotol kaca, jeriken
7
Isi500 ml
KomposisiAir, garam, kedelai, biji gandum, pewarna natural, gula, sodium benzoat,
KemasanBotol kaca
6
Isi500 ml, 900 ml, 1,8 liter, 13 liter
KomposisiAir, kedelai tanpa lemak, garam, sirup jagung tinggi fruktosa, gandum, pewarna alami karamel IV (150d), pengawet metil p-hidroksibenzoat, pemanis alami glikosida steviol
KemasanBotol plastik, jeriken
Jumlah penjualan289 (https://shopee.co.id/Monggo-Jin-Gan-Jang-500ml-Jin-Ganjang-Korean-Soy-Sauce-i.225148343.4317475634?sp_atk=9138efe0-4ea4-4c2d-8277-3bbc5a71f069)
5
Isi140 ml
KomposisiSari kedelai, air, sirup fruktosa, garam, perisa sintetik (antioksidan tokoferol), penguat rasa (dinatrium inosinat dan guanilat)
KemasanBotol plastik
4
Isi275 ml, 600 ml
KomposisiAir, kacang keledai, garam, tepung terigu, pengawet natrium benzoat
KemasanBotol kaca, botol plastik, saset isi ulang
3
Isi200 ml
KomposisiAir, garam NaCl dan KCl, bubuk kecap 3,01% (mengandung pewarna alami karamel I, penguat rasa dinatrium isonat, dan dinatrium guanilat), pewarna alami karamel IV, dan pengawet kalium sorbat
KemasanBotol plastik
2
Isi5 ml, 25 gram, 150 ml, 250 ml, 620 ml, 1,6 liter, 2 liter, 5 liter, 18 liter
KomposisiKecap, air, gula, garam
KemasanSachet, botol plastik, botol kaca, jeriken
1
Isi133 ml, 620 ml, 6 kg
KomposisiAir, garam, kedelai, biji gandum, gula, penguat rasa (mononatrium glutamat dan inosinat guanilat), pengawet natrium benzoat
KemasanBotol plastik, botol kaca, jeriken

Tabel perbandingan produk kecap asin terbaik

Gambar produk
1
Kraft Heinz  ABC Kecap Asin 1

Kraft Heinz

2
Kikkoman Kecap Asin Khas Jepang 1

Kikkoman

3
Nutrifood Tropicana Slim Kecap Asin 1

Nutrifood

4
Hati Angsa Kecap Asin Cap Hati Angsa 1

Hati Angsa

5
Indofood Kecap Asin 1

Indofood

7
Lee Kum Kee Dark Soy Sauce 1

Lee Kum Kee

8
Pearl River Bridge Mushroom Flavoured Superior Dark Soy Sauce 1

Pearl River Bridge

9
Yamasa Sushi Soy Sauce 1

Yamasa

Nama produk

ABC Kecap Asin

Kecap Asin Khas Jepang

Tropicana Slim Kecap Asin

Kecap Asin Cap Hati Angsa

Kecap Asin

Dark Soy Sauce

Mushroom Flavoured Superior Dark Soy Sauce

Sushi Soy Sauce

Keunggulan

Kecap asin berkualitas tinggi dari kedelai perasan pertama, enak untuk mie ayam

Praktis dengan pilihan kecap asin sachet sekali pakai

Rasanya tetap gurih dan enak meskipun rendah garam

Kecap legendaris asal Medan, pilihan mantap untuk nasi goreng

Kecap asin halal yang cocok untuk berbagai masakan

Kecap asin non-MSG yang banyak digunakan di hotel-hotel berbintang dunia

Aroma jamurnya meningkatkan cita rasa khas masakan China

Pilihan tepat kecap asin enak agar sushi makin lezat

Harga mulai dariRp 4.500,00Rp 600,00Rp 28.500,00Rp 8.000,00Rp 5.790,00Rp 37.500,00Rp 16.500,00Rp 40.000,00
Isi133 ml, 620 ml, 6 kg5 ml, 25 gram, 150 ml, 250 ml, 620 ml, 1,6 liter, 2 liter, 5 liter, 18 liter200 ml275 ml, 600 ml140 ml500 ml100 ml, 150 ml, 250 ml, 500 ml, 600 ml, 1,8 liter200 ml
KomposisiAir, garam, kedelai, biji gandum, gula, penguat rasa (mononatrium glutamat dan inosinat guanilat), pengawet natrium benzoatKecap, air, gula, garamAir, garam NaCl dan KCl, bubuk kecap 3,01% (mengandung pewarna alami karamel I, penguat rasa dinatrium isonat, dan dinatrium guanilat), pewarna alami karamel IV, dan pengawet kalium sorbatAir, kacang keledai, garam, tepung terigu, pengawet natrium benzoatSari kedelai, air, sirup fruktosa, garam, perisa sintetik (antioksidan tokoferol), penguat rasa (dinatrium inosinat dan guanilat)Air, garam, kedelai, biji gandum, pewarna natural, gula, sodium benzoat, Air, kedelai, gula, garam, biji gandum, ekstrak jamur Tidak disebutkan
KemasanBotol plastik, botol kaca, jerikenSachet, botol plastik, botol kaca, jerikenBotol plastikBotol kaca, botol plastik, saset isi ulangBotol plastikBotol kacaBotol kaca, jerikenBotol kaca
Tautan produk

Tips dari foodie kami, Dionisius Denizar

Tips dari foodie kami, Dionisius Denizar

Ketika menggunakan kecap asin dalam masakan, Anda perlu memerhatikan rasa akhir dari masakan yang diolah. Apabila ingin mencapai rasa asin gurih, gunakan kecap asin dengan kandungan kedelai.


Namun, jika ingin mencapai rasa asin yang lebih kuat, gunakan kecap asin yang kandungan kedelainya lebih sedikit. Selain itu, jika ingin rasa yang lebih khas, Anda bisa menggunakan kecap asin yang memiliki bahan ikan di dalamnya.

Pertanyaan umum seputar kecap asin

Pertanyaan umum seputar kecap asin

Kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering diajukan seputar kecap asin. Anda penasaran masakan apa saja yang cocok ditambahkan kecap asin dan beda dark soy sauce dengan kecap manis? Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya!

Kecap asin enak dimasak apa saja?

Kecap asin, selain enak sebagai cocolan dan bumbu marinisasi atau kuah lezat, juga cocok untuk berbagai masakan enak. Beberapa masakan khas Asia yang diramu bersama kecap asin adalah:


  • Gai bing khas Thailand
  • Golden phoenix dengan saus Mandarin
  • Iga babi kukus
  • Ikan kod kukus bumbu kecap asin
  • Ikan goreng kecap
  • Marinasi telur di kaldu kedelai
  • Mie goreng Kanton
  • Mie pangsit khas Malaysia
  • Sayap ayam kecap madu
  • Tahu goreng

Apakah dark soy sauce sama dengan kecap manis?

Dark soy sauce berbeda dengan kecap manis (sweet soy sauce). Meskipun kekentalan dan kepekatannya mirip, rasa kecap manis tentu saja manis karena terdapat campuran gula saat dibuat. Sementara itu, rasa dark soy sauce sedikit asin ketimbang kecap asin biasa.


Dark soy sauce ini sering dipakai dalam masakan Jepang, Vietnam, dan Korea. Baik dark soy sauce maupun kecap manis sama-sama terbuat dari fermentasi kedelai. Bedanya, dark soy sauce teksturnya lebih cair ketimbang kecap manis. Namun, keduanya tetap memiliki cita rasa kedelai yang kuat.

Baca juga rekomendasi produk kecap dan saus lainnya di sini

Dalam memasak, Anda mungkin tidak hanya membutuhkan kecap asin saja. Ada beragam jenis kecap dan saus yang bisa Anda pilih sesuai dengan jenis masakan Anda. Berikut ini, terdapat beberapa ulasan yang bisa membantu Anda mencari produk kecap dan saus lainnya.

Kesimpulan

Bagi Anda yang ingin mengurangi garam, tetapi tidak ingin menghilangkan cita rasa masakan, kecap asin bisa dijadikan pilihan. Ditambah lagi, kecap asin bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan. Jadi, pastikan kecap asin selalu ada di dapur Anda.


Setelah membaca artikel ini, kami harap Anda bisa mendapatkan kecap asin yang paling sesuai dengan kebutuhan. Berkat kecap asin terbaik ini, masakan Anda pasti akan jadi makin enak. Selamat memasak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Bakso Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Menyantap bakso kuah yang hangat atau bakso goreng yang renyah mungkin jadi kenikmatan tersendiri. Jika Anda tiba-tiba ingin menikmati bakso Kota Cak Man atau bakso Solo Samrat, Anda tidak perlu pergi jauh-jauh. Berkat tepung bakso, Anda dapat membuat bakso kenyal sendiri di rumah.Banyak merek tepung yang bagus untuk membuat bakso di pasaran, misalnya tepung bakso MamaSuka, Sasa, dan Saguku. Tidak perlu bingung memilihnya karena kami akan mengulasnya satu per satu di sini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy. Disimak, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Nasi merupakan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Meskipun sama-sama berasal dari tanaman Oryza sativa, ternyata ada berbagai macam beras yang dihasilkan. Selain beras putih, Anda dapat memilih beras merah, beras cokelat, dan beras hitam.Untuk membantu Anda memilih beras yang enak, kami akan memberikan tips sederhana. Ada juga rekomendasi beras terbaik dari berbagai merek yang bagus seperti Sania, Topi Koki, dan Si Pulen. Beras merah organik, pandan wangi, setra ramos, dan beras Jepang ada dalam rekomendasi. Terlebih, artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP.
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori