• 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi yang Memiliki Alergi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Susu formula sangat membantu orang tua untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayinya, baik sebagai tambahan maupun asupan nutrisi utama. Namun, tak sedikit bayi yang alergi dengan susu formula. Jika anak Anda termasuk di antaranya, berhati-hatilah saat memilih produknya.


Kali ini kami akan membahas mengenai susu formula untuk bayi yang memiliki alergi. Ada banyak produk yang bagus dari merek-merek terkenal, seperti Nutricia dan Mead Johnson. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Jadikan artikel ini sebagai referensi Anda dalam memilih susu formula terbaik untuk bayi yang memiliki alergi, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 15 Juli 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND
Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia & STR di Indonesia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent. Untuk mengetahui informasi tentang kesehatan dan diet, Victoria bisa disapa melalui Instagram-nya.

Kenali terlebih dahulu tentang alergi susu formula pada bayi

Kenali terlebih dahulu tentang alergi susu formula pada bayi

Nutrisi terbaik bagi bayi yang baru lahir didapatkan dari ASI. Namun, ada beberapa kondisi ketika ASI tidak bisa diberikan pada bayi, misalnya karena jumlah ASI yang tidak mencukupi. Karena itu, susu formula yang umumnya berasal dari susu sapi hadir untuk menggantikan atau melengkapi nutrisi


Akan tetapi, ada bayi yang alergi terhadap protein susu sapi atau juga dikenal sebagai cow’s milk protein allergy. Dalam kasus alergi, tubuh bayi menganggap protein dalam susu sapi sebagai benda berbahaya sehingga mengaktifkan sistem imun tubuh. Tubuh bayi kemudian memproduksi zat-zat pertahanan seperti histamin. Hal ini menyebabkan bayi mengalami gejala-gejala alergi, seperti

  • timbulnya ruam di kulit,
  • gatal,
  • batuk, dan
  • demam.

Selain alergi terhadap protein pada susu sapi, mungkin bayi Anda mengidap lactose intolerant. Lactose intolerant merupakan kondisi kekurangan enzim untuk memecah laktosa, jenis karbohidrat yang ada di susu hewan mamalia. Padahal susu sapi umumnya mengandung laktosa dalam jumlah banyak. Akibatnya, bayi bisa mengalami kembung, sering sendawa, atau diare. Jadi, lactose intolerant berbeda dengan alergi yang membuat sistem imun tubuh menjadi aktif.


Jika bayi Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya konsultasikan kepada dokter anak. Untuk mengatasi alergi pada bayi, sebaiknya gunakan susu formula yang mengandung risiko rendah alergi atau hypoallergenic. Anda bisa memberikan susu formula berbahan dasar kedelai atau susu formula yang terhidrolisis secara parsial.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu formula untuk bayi yang memiliki alergi

Ada beberapa poin yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih susu formula untuk bayi yang memiliki alergi. Simak beberapa hal penting yang perlu diperhatikan berikut.

Ketahui jenis-jenis susu formula untuk bayi yang memiliki alergi

Ketahui jenis-jenis susu formula untuk bayi yang memiliki alergi

Sekitar 80% dari susu formula bayi yang beredar di pasaran berbahan dasar susu sapi. Untuk itu, pilihlah susu formula yang menggunakan bahan dasar lain karena penyebab utama alergi adalah protein dari susu sapi. Kini juga sudah ada susu sapi yang tidak mengandung laktosa (lactose-free) untuk para penderita lactose intolerance. Berikut beberapa jenis susu formula yang direkomendasikan untuk bayi yang memiliki alergi.


  • Susu formula bayi yang berbahan dasar protein kedelai (soya-based milk)
Susu jenis ini mengandung isolat protein kedelai serta berbagai nutrisi lainnya.

  • Susu formula yang terhidrolisis parsial (partially hydrolyzed)
Susu formula semacam ini menyediakan protein dalam ukuran partikel yang lebih kecil. Alhasil, kerja dari enzim pemecah protein dalam tubuh jadi lebih ringan. Susu jenis ini bisa diberikan jika bayi Anda alergi terhadap susu sapi atau susu kedelai. Susu jenis ini biasa juga disebut dengan istilah susu formula terhidrolisa ekstensif atau susu hipoalergenik.

  • Susu dengan formula spesial untuk mengatasi masalah atau penyakit tertentu
Susu formula jenis ini biasanya hanya bisa didapatkan melalui rekomendasi dokter. Harganya biasanya lebih tinggi dan tidak dijual di sembarang apotek atau toko susu bayi. Contohnya adalah susu dengan extensively hydrolyzed protein atau elemental/amino acid based, dan susu tinggi kalori.

Pastikan Anda memberikan takaran susu formula dengan tepat

Pastikan Anda memberikan takaran susu formula dengan tepat

Supaya bayi Anda tidak mengalami kelebihan atau kekurangan nutrisi, perhatikan takaran susu formula yang Anda berikan. Untuk mendapatkan takaran yang tepat, ukur berat badan buah hati Anda. Selanjutnya, hitunglah takaran susu yang dibutuhkan bayi Anda dalam satu hari. Berikut perhitungannya.


  • Untuk menghitung takaran terendah yang dibutuhkan, berat badan bayi dikalikan dua
  • Untuk menghitung takaran tertinggi yang dibutuhkan, berat badan bayi dikalikan dua setengah

Sebagai contoh, berat badan bayi Anda adalah 12 kg. Perhitungannya adalah 12 kg x 2 = 24 dan 12 kg x 2,5 = 30. Dengan begitu, takaran susu yang dibutuhkan bayi Anda adalah 24–30 ons per hari. Apabila ingin memberikan susu sebanyak enam kali, Anda bisa memberikan susu formula sekitar 5 ons untuk sekali minum.

Sesuaikan susu formula dengan usia si kecil

Sesuaikan susu formula dengan usia si kecil

Selain memperhatikan takaran susu yang diberikan, sesuaikan susu formula dengan usia bayi Anda. Perhatikan keterangannya pada labelnya. Pastikan susu hypoallergenic ditujukan untuk bayi 0–6 bulan, 6–12 bulan, atau di atas 1 tahun. Beda usia bayi beda pula nutrisi yang dibutuhkan. Jadi, keterangan pada label tersebut juga mewakili nutrisi yang terkandung di dalam formula susu. 


Selain itu, perhatikan takaran susu yang Anda berikan. Berikut adalah contoh yang dapat Anda gunakan sebagai panduan. 

  • Bayi baru lahir umumnya memiliki ukuran lambung yang sangat kecil. Susu formula yang bisa dikonsumsi dalam sekali minum adalah sebanyak 30–60 ml. Anda bisa memberikan susu formula secara bertahap antara 8–10 botol per hari.
  • Bayi usia 1 bulan membutuhkan susu formula sebanyak 90–120 ml setiap minum. Anda bisa memberikannya 6–8 botol per hari.
  • Bayi usia 2 bulan membutuhkan susu formula sebanyak 120–150 ml per sesinya. Susu dapat diberikan sebanyak 4–5 botol per hari.
  • Bayi usia 3–6 bulan mampu menghabiskan susu formula sebanyak 150–200 ml dengan 4–5 botol dalam satu hari.
  • Bayi usia 6–12 bulan cukup dengan 200 ml susu untuk satu kali minum. Anda bisa memberikannya hingga 3 botol per hari.

Pilihlah susu formula yang mudah dikonsumsi dan mudah dicari

Pilihlah susu formula yang mudah dikonsumsi dan mudah dicari

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah kemudahan susu saat dikonsumsi. Terdapat beberapa bentuk susu formula. Setiap bentuknya memiliki cara seduh yang berbeda. Berikut adalah rangkuman cara menyeduh susu yang tepat.


  • Bentuk susu formula yang paling umum adalah bubuk. Untuk mengonsumsi susu bubuk, Anda perlu melarutkan terlebih dahulu menggunakan air hangat.
  • Susu formula berbentuk konsentrat cair perlu diencerkan menggunakan air yang sesuai takaran ideal.
  • Susu formula kemasan siap minum bisa langsung diberikan kepada bayi Anda.

Selain cara konsumsi, Anda perlu memastikan apakah susu formula tersebut mudah dicari di sekitar tempat Anda tinggal. Pasalnya, susu adalah makanan utama bagi bayi sehingga pasti cepat habis. Jika ketersediaannya terbatas, Anda jadi harus mencari ke tempat yang jauh atau berganti-ganti susu formula. Tentu saja hal ini akan merepotkan dan tidak baik bagi bayi.


Di artikel kali ini, kami hanya akan memberikan rekomendasi susu formula berbentuk bubuk. Anda bisa membelinya secara online melalui marketplace di Indonesia. Pilih yang paling cocok untuk bayi Anda, ya!

Pertimbangkan juga ukuran kemasan dan harganya

Pertimbangkan juga ukuran kemasan dan harganya

Terakhir, Anda harus menyesuaikan dengan budget bulanan karena susu formula bayi akan dikonsumsi dalam jangka panjang. Tak hanya itu, usahakan untuk tidak terkecoh dengan bahasa marketing yang ditampilkan merek ketika memilih susu formula. Anda harus jeli melihat kandungannya satu per satu dan sesuaikan dengan kebutuhan harian bayi Anda


Ukuran produk juga menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Susu formula bayi biasanya dijual dalam kemasan kaleng. Tentukanlah lebih dahulu apakah Anda akan menggunakan suatu produk untuk kebutuhan mingguan atau bulanan


Jika ingin lebih efisien, pilihlah produk yang cukup digunakan dalam 1 bulan. Meski demikian, Anda juga harus mempertimbangkan tempat penyimpanannya agar tidak terkontaminasi bakteri atau jamur.

10 Rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi yang memiliki alergi

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu formula terbaik untuk bayi yang memiliki alergi yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria, MND.

10
Pilihan isi400 g, 850 g
Bahan dasarIsolat protein kedelai
Target usia1–10 tahun
Varian rasaVanilla
9

NutriciaNutrilon Royal Soya 3 Actiduobio+

Mulai dari Rp 400.000,00

Pilihan isi350 g, 700 g
Bahan dasarIsolat protein kedelai
Target usia1–3 tahun
Varian rasaVanila
8

KalbeMorinaga BMT Soya Moricare+ Prodiges

Mulai dari Rp 88.106,00

Pilihan isi300 g, 600 g
Bahan dasarIsolat protein kedelai
Target usia0–6 bulan
Varian rasaPlain
7

Mead JohnsonEnfagrou A+ Nutramigen LGG

Mulai dari Rp 353.363,00

Pilihan isi400 g
Bahan dasarProtein terhidrolisis ekstensif
Target usia0–12 bulan
Varian rasaTidak diketahui
6

Mead JohnsonEnfamil PurAmino Hypoallergenic Infant Formula Powder

Mulai dari Rp 491.240,00

Pilihan isi400 g
Bahan dasarZat besi, asam amino, DHA&ARA
Target usia0–24 bulan
Varian rasaPlain
5
Pilihan isi400 g
Bahan dasarBiotin, thiamin, riboflavin, niacin, zinc, iodine
Target usia0–12 bulan
Varian rasaTidak diketahui
4
Pilihan isi350 g, 800 g
Bahan dasarKasein dan whey protein terhidrolisis parsial
Target usia0–6 bulan
Varian rasaOriginal
3
Pilihan isi400 g, 800 g
Bahan dasarProtein whey terhidrolisis parsial
Target usia1–3 tahun
Varian rasaTidak diketahui
2
Pilihan isi400 g, 700 g
Bahan dasarIsolat protein soya, IronC, minyak ikan, omega 3 & omega 6
Target usia1–5 tahun
Varian rasaMadu, vanilla
1
Pilihan isi170 g
Bahan dasarIsolat protein kedelai
Target usia0–6 bulan
Varian rasaTidak diketahui

Tabel perbandingan produk susu formula terbaik untuk bayi yang memiliki alergi

Gambar produk
1
Nutricia Bebelove Gold Soya 1 1

Nutricia

2
SGM Eksplor Soya Pro-gress Maxx 1

SGM

3
Nestlé  NAN kid pHPro 3 1

Nestlé

4
Mead Johnson Enfamil A+ Gentle Care 1 1

Mead Johnson

5
Nutricia  Neocate LCP 1

Nutricia

6
Mead Johnson Enfamil PurAmino Hypoallergenic Infant Formula Powder 1

Mead Johnson

7
Mead Johnson Enfagrou A+ Nutramigen LGG 1

Mead Johnson

8
Kalbe Morinaga BMT Soya Moricare+ Prodiges 1

Kalbe

9
Nutricia Nutrilon Royal Soya 3 Actiduobio+ 1

Nutricia

10
Abbott Isomil Plus Advance Soya 1

Abbott

Nama produk

Bebelove Gold Soya 1

Eksplor Soya Pro-gress Maxx

NAN kid pHPro 3

Enfamil A+ Gentle Care 1

Neocate LCP

Enfamil PurAmino Hypoallergenic Infant Formula Powder

Enfagrou A+ Nutramigen LGG

Morinaga BMT Soya Moricare+ Prodiges

Nutrilon Royal Soya 3 Actiduobio+

Isomil Plus Advance Soya

Keunggulan

Pencernaan anak sehat, daya pikirnya juga berkembang maksimal!

Dilengkapi formula yang kaya nutrisi untuk tumbuh kembang si kecil

Mudah dicerna, anak akan lebih optimal merasakan manfaat dari perpaduan formulanya

Efektif mengatasi masalah awal pencernaan pada bayi

Formula yang dapat meningkatkan berat badan bayi Anda

Atasi alergi susu sapi berat pada bayi Anda

Susu hypoallergenic untuk mendukung pertumbuhan bayi di tahun pertama

Solusi bijak untuk bayi yang mengalami galaktosemia

Meningkatkan daya tahan tubuh dan kemampuan berpikir si kecil

Dengan tambahan kalsium untuk tulang yang kuat!

Harga mulai dariRp 37.100,00Rp 66.000,00Rp 192.600,00Rp 231.000,00Rp 371.612,00Rp 491.240,00Rp 353.363,00Rp 88.106,00Rp 400.000,00Rp 375.000,00
Pilihan isi170 g400 g, 700 g400 g, 800 g350 g, 800 g400 g400 g400 g300 g, 600 g350 g, 700 g400 g, 850 g
Bahan dasarIsolat protein kedelaiIsolat protein soya, IronC, minyak ikan, omega 3 & omega 6Protein whey terhidrolisis parsialKasein dan whey protein terhidrolisis parsialBiotin, thiamin, riboflavin, niacin, zinc, iodineZat besi, asam amino, DHA&ARAProtein terhidrolisis ekstensifIsolat protein kedelaiIsolat protein kedelaiIsolat protein kedelai
Target usia0–6 bulan1–5 tahun1–3 tahun0–6 bulan0–12 bulan0–24 bulan0–12 bulan0–6 bulan1–3 tahun1–10 tahun
Varian rasaTidak diketahuiMadu, vanillaTidak diketahuiOriginalTidak diketahuiPlainTidak diketahuiPlainVanilaVanilla
Tautan produk

Baca juga rekomendasi susu formula lainnya di sini

Susu formula memiliki berbagai khasiat yang beragam, misalnya untuk pertumbuhan tulang, motorik, atau perkembangan otak bayi. Sebab itu, kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi produk susu lainnya. Silakan baca ulasannya di artikel berikut.

Kesimpulan

Bagaimana, apakah Anda sudah menemukan susu formula terbaik untuk si kecil? Alergi pada bayi adalah hal yang cukup umum terjadi. Sebaiknya Anda menjalin komunikasi yang baik dengan dokter anak agar langkah yang diambil bisa lebih maksimal.


Sebelum memilih susu formula, ketahui terlebih dahulu penyebab alergi pada anak Anda. Selanjutnya, pilih susu formula dengan bahan-bahan yang aman untuk bayi Anda. Pastikan juga produknya mudah didapatkan dan harganya sesuai budget Anda, ya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi memiliki beragam varian rasa serta kaya nutrisi.Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang enak, dan sehat. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi bubur bayi terbaik dari beragam merek yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Cerelac. Ada yang berbahan organik, ada pula yang bermanfaat sebagai penambah berat badan bayi. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari disimak!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam tiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Maka dari itu, pemilihan susu formula untuk anak dua tahun haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Namun, nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak dua tahun?Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak dua tahun. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula dari merek terbaik, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Keju Terbaik untuk MPASI- Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Mulai umur 6 bulan, bayi sudah bisa diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Kandungan MPASI harus lengkap, termasuk karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk menambah berat badan bayi, berikan ia makanan tinggi lemak seperti keju. Namun, Anda perlu memilih keju yang tepat untuk si kecil.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih keju yang baik dan enak untuk MPASI. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi keju MPASI terbaik dari merek-merek yang bagus, seperti Belcube, Greenfields, dan KRAFT. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Nama tepung Gasol tak lagi asing di masyarakat karena populer sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Meskipun tidak bisa menggantikan susu, tepung Gasol dipilih karena kualitas dan kandungan nutrisinya. Jika dilihat dari kualitas, tepung Gasol adalah tepung murni 100%. Melalui kandungan nutrisinya, produk dari Gasol Organik ini bisa memberikan tambahan gizi anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun. Kini tepung Gasol tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti pisang, kacang merah, ubi, dan lainnya. Agar Anda mudah menentukan pilihan, mari cari tahu cara memilih tepung Gasol terbaik!
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori