• 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Koyo atau transdermal patch adalah obat luar yang berbentuk plester. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkannya di kulit bagian luar. Koyo juga sering dipakai untuk meredakan rasa nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.


Terdapat beberapa merk koyo yang tersebar di pasaran, seperti Salonpas, Koyo Cabe, dan Hansaplast. Setiap produk memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Di artikel kali ini, kami akan mengulasnya satu per satu. Namun, sebelumnya bacalah cara memilih koyo yang bagus. Kami juga berkolaborasi dengan ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andy Widjaja
  • Pembaharuan terakhir: 20 Juli 2021
  • 9.657 Views
Daftar isi

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Profil pakar: Injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy Widjaja, DPT

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, Dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia.


Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih koyo

Beragamnya bentuk koyo mungkin membuat Anda bingung. Bagaimana cara memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Bacalah beberapa tips di bawah ini sebagai acuan Anda dalam mencari koyo terbaik.

Pilih berdasarkan sensasi rasanya

Pada dasarnya, koyo terdiri dari dua jenis. Ada koyo yang memberikan sensasi rasa hangat atau panas, ada pula koyo yang memberikan sensasi rasa dingin. Lantas, apa perbedaannya?

Koyo panas dan hangat, untuk mengendurkan otot yang tegang

Koyo panas dan hangat, untuk mengendurkan otot yang tegang

Dalam pengembangannya, beberapa produsen membuat koyo panas menjadi dua jenis yang berbeda yaitu koyo hangat (warm) dan koyo panas (hot). Koyo hangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai sensasi panas biasa, sedangkan koyo panas mampu memberikan Anda sensasi panas dua kali lipat. Meskipun demikian, pada dasarnya koyo panas dan hangat ini memiliki kandungan yang sama.


Pada umumnya, kedua jenis koyo mengandung menthol, methyl salicylate, dan capsaicin yang dapat memberikan efek panas di kulit. Efek panas inilah yang nantinya dapat mengendurkan otot yang tegang dan pegal-pegal. Selain itu, beberapa koyo panas juga memiliki kandungan ibuprofen dan indomethacin. Kandungan ini membuat koyo panas efektif untuk meredakan nyeri otot, sakit gigi, hingga sakit kepala.

dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
dr. Andy Widjaja

Mungkin beberapa dari Anda berprofesi sebagai seseorang yang mengharuskan untuk duduk di depan komputer dalam waktu yang lama. Hal tersebut menyebabkan Anda sering pegal-pegal di pinggang, punggung, dan leher. Koyo panas atau hangat merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi pegal-pegal tersebut.


Ketika Anda duduk dalam waktu yang lama dan tidak bergerak, otot-otot pada tulang belakang (pinggang, punggung, dan leher) akan cenderung menjadi kaku. Pemakaian koyo panas atau hangat di beberapa bagian tersebut sangatlah efektif untuk melemaskan otot. Selain itu, koyo panas atau hangat membuat Anda menjadi lebih nyaman.


"Apakah untuk melemaskan otot harus panas banget koyonya? Atau hangat saja sudah cukup?" Semua tergantung dari selera masing-masing karena panas itu relatif. Apa yang panas bagi seseorang belum tentu panas bagi orang lain. Pilihlah tingkat kepanasan yang nyaman bagi Anda dan dapat membuat Anda rileks (tidak perlu dipaksakan tingkat kepanasannya).

Koyo dingin, untuk meredakan nyeri dengan nyaman

Koyo dingin, untuk meredakan nyeri dengan nyaman

Kandungan dalam koyo dingin adalah diclofenac dan menthol. Keduanya bekerja dengan memberikan efek dingin pada kulit Anda. Efek dingin inilah yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan. Apabila Anda tidak menyukai sensasi panas, pilihlah koyo dingin untuk meredakan nyeri. Jadi, saat beraktivitas pun Anda tetap merasa nyaman dan tidak terganggu dengan efek panasnya.

dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
dr. Andy Widjaja

Koyo dingin lebih efektif digunakan ketika Anda mengalami salah gerakan atau cedera. Selain itu, koyo dingin juga efektif digunakan ketika Anda merasakan rasa sakit yang tajam atau menusuk. Sensasi dingin yang diberikan sangat efektif untuk meredakan nyeri yang tajam dan membantu anda untuk tetap bergerak.

Pilih berdasarkan penggunanya

Pilih berdasarkan penggunanya

Siapakah yang akan menggunakan koyo? Apakah anak-anak ataukah orang dewasa? Untuk pengguna anak-anak, pilihlah koyo khusus anak. Biasanya, koyo jenis ini memberikan sensasi rasa hangat yang tidak terlalu panas. 


Dengan demikian, anak-anak nyaman memakainya dan kulitnya pun tidak iritasi akibat terbakar panasnya koyo. Gunakanlah koyo jenis ini untuk anak Anda yang mengalami keluhan masuk angin, mual, diare, dan perut kembung.


Berbeda dengan penggunaan untuk orang dewasa, Anda bisa mencari koyo yang lebih beragam variasinya. Jika ingin sensasi hangat, pilihlah koyo hangat. Namun, jika menyukai sensasi panas, Anda bisa mencari koyo yang mengandung capsaisin atau komponen dalam cabai.

Perhatikan ukuran lebar koyo

Perhatikan ukuran lebar koyo

Koyo memiliki ukuran yang berbeda-beda. Supaya mendapatkan hasil maksimal, sesuaikanlah lebar koyo dengan kebutuhan. Untuk meredakan nyeri kepala atau sakit gigi, carilah koyo dengan ukuran sedang atau kecil. Koyo ukuran sedang biasanya memiliki panjang di bawah 7 cm. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunting koyo untuk menyesuaikannya dengan area tubuh yang akan dihangatkan.


Sebaliknya, jika ingin menghilangkan pegal-pegal di kaki atau pinggang, Anda bisa memilih koyo ukuran besar. Koyo ukuran besar memiliki panjang di atas 10 cm. Jadi, Anda bisa merasakan manfaat koyo yang lebih maksimal tanpa harus menempelkannya berlembar-lembar.

Perhatikan kandungan koyo agar tidak menimbulkan iritasi

Perhatikan kandungan koyo agar tidak menimbulkan iritasi

Jika saat memakai koyo kulit terasa gatal dan terbakar, artinya Anda mengalami dermatitis kontak atau iritasi kulit. Pada umumnya, koyo mengandung methyl salicylate yang menimbulkan efek hangat di kulit. Namun, pemakaian jangka waktu lama dan timbulnya reaksi alergi bisa membuat kulit Anda iritasi.


Untuk menghindari iritasi, perhatikan komposisi kandungan di dalam setiap koyo. Jangan memilih koyo dengan kandungan yang bisa memicu iritasi kulit. Sebaiknya, Anda memilih koyo dingin yang lebih terasa nyaman di kulit.

dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
dr. Andy Widjaja

Jika Anda merasakan gatal atau tidak nyaman ketika memakai koyo, harap langsung melepasnya supaya tidak menimbulkan iritasi yang berkelanjutan. Ada dua penyebab rasa gatal dan tidak nyaman, yaitu bisa jadi area tersebut kotor atau tidak bersih. Selain itu, bisa jadi kandungan dalam koyo tersebut tidak cocok dengan kulit Anda.


Jika ini terjadi, saya menyarankan Anda untuk coba membersihkan area yang gatal kemudian coba pakai koyonya lagi. Jika gatalnya hilang, berarti bukan salah kandungannya, tetapi hanya kurang bersih saja. Jika masih tetap gatal, berarti kandungan dalam koyonya memang tidak cocok.

Pertimbangkan jangka waktu pemakaian koyo

Pertimbangkan jangka waktu pemakaian koyo

Pemakaian koyo dalam waktu yang terlalu lama bisa membuat pori-pori kulit tertutup dan menyebabkan iritasi kulit. Namun, jika pemakaiannya terlalu singkat, bisa jadi efek yang diberikan belum terlalu optimal. Oleh karena itu, Anda bisa mencari koyo yang memberikan efek maksimal, meskipun waktu pemakaiannya relatif pendek.


Selain itu, Anda juga bisa mencari koyo yang terdapat lubang pori-pori di setiap lembarnya. Dengan begitu, kulit Anda tetap bisa bernapas sekalipun tertutup koyo.

10 Rekomendasi koyo terbaik

Berdasarkan tips di atas, berikut ini kami paparkan sepuluh produk koyo terbaik rekomendasi kami. Apakah salah satunya adalah yang Anda cari? Bacalah sampai selesai dan temukan produk favorit Anda.

10
JenisKoyo hangat
Varian isi4 lembar
Varian ukuran10 cm x 7 cm
KandunganL-Menthol, glycol salycylate, dl-camphor, vitamin E
9
JenisKoyo dingin
Varian isi2 lembar
Varian ukuran10 cm x 7 cm (ukuran kecil)・10 cm x 14 cm (ukuran besar)
KandunganCamphora, mint oil, eucalyptus oil
7
JenisKoyo hangat
Varian isi7 lembar, 34 lembar
Varian ukuran10 cm x 7 cm
KandunganKetopropen
7

Hisamitsu PharmaceuticalSalonpas Gel-Patch

Mulai dari Rp 15.500,00

JenisKoyo dingin
Varian isi2 lembar
Varian ukuran14 cm x 10 cm
KandunganGlycol salicylate, i-menthol, dl-camphor, tocopherol acetate
6

Yabao Pharmaceutical Plester Sakit Perut Anak Ding Gui Er Qi Tie

Mulai dari Rp 23.900,00

JenisKoyo hangat
Varian isi1 lembar, 10 lembar
Varian ukuranTidak ada keterangan
KandunganTidak ada keterangan
5
JenisKoyo dingin
Varian isi6 lembar, 18 lembar
Varian ukuran13 cm x 8,5 cm
KandunganLavender, sage, rosemary, lemo, orange
4
JenisKoyo panas
Varian isi1 lembar, 10 lembar
Varian ukuran5,5 cm x 4,5 cm (ukuran standar)・17 cm x 11,5 cm (ukuran besar)
KandunganCapsaicin oleoresin
3

Zhejiang Dingtai PharmaceuticalHot In Koyo Aromatherapy

Mulai dari Rp 7.200,00

JenisKoyo hangat
Varian isi10 lembar
Varian ukuranTidak ada keterangan
KandunganMenthol cystal, gandapura oil, eucaliptus oil, lemongrass Oil, piine oil
2
JenisKoyo panas
Varian isi2 lembar, 10 lembar
Varian ukuran5,5 cm x 10 cm (isi 2)・7,5 cm x 11,5 cm (isi 10)
KandunganSynthetic capsaicin
1

Hisamitsu PharmaceuticalSalonpas Pain Relief Patch

Mulai dari Rp 21.600,00

JenisKoyo hangat
Varian isi3 lembar, 5 lembar
Varian ukuran7 cm x 10 cm
Kandunganl-menthol, methyl salicylate

Tabel perbandingan produk koyo terbaik

Gambar produk
1
Hisamitsu Pharmaceutical Salonpas Pain Relief Patch 1

Hisamitsu Pharmaceutical

2
Beiersdorf Hansaplast Koyo Panas 1

Beiersdorf

3
Zhejiang Dingtai Pharmaceutical Hot In Koyo Aromatherapy 1

Zhejiang Dingtai Pharmaceutical

4
Indo Abadi Sarimakmur Koyo Cabe 1

Indo Abadi Sarimakmur

5
Lion Kyusoku Jikan Ashi-Sukkiri Sheet 1

Lion

6
Yabao Pharmaceutical  Plester Sakit Perut Anak Ding Gui Er Qi Tie 1

Yabao Pharmaceutical

7
Hisamitsu Pharmaceutical Salonpas Gel-Patch 1

Hisamitsu Pharmaceutical

7
Handok Pharmaceutical Ketotop Plaster 1

Handok Pharmaceutical

9
Haw Par Tiger Balm Plaster (Cool) 1

Haw Par

10
Taisho Pharmaceutical  Counterpain Patch  1

Taisho Pharmaceutical

Nama produk

Salonpas Pain Relief Patch

Hansaplast Koyo Panas

Hot In Koyo Aromatherapy

Koyo Cabe

Kyusoku Jikan Ashi-Sukkiri Sheet

Plester Sakit Perut Anak Ding Gui Er Qi Tie

Salonpas Gel-Patch

Ketotop Plaster

Tiger Balm Plaster (Cool)

Counterpain Patch

Keunggulan

Hangatkan tubuh hingga 8 jam

Kualitas terjaga dengan teknologi heat lock

Dapatkan efek relaksasi yang menyegarkan

Rasa lebih panas dengan senyawa cabai

Hilangkan kaki pegal akibat lelah berjalan

Cegah masuk angin pada anak

Lebih lembut, lebih elastis

Koyo Korea, solusi redakan sakit tulang sendi

Tidak tinggalkan bekas plester di kulit

Lebih merekat, tidak mudah lepas

Harga mulai dariRp 21.600,00Rp 6.300,00Rp 7.200,00Rp 8.900,00Rp 59.500,00Rp 23.900,00Rp 15.500,00Rp 42.000,00Rp 16.000,00Rp 64.000,00
JenisKoyo hangatKoyo panasKoyo hangatKoyo panasKoyo dinginKoyo hangatKoyo dinginKoyo hangatKoyo dinginKoyo hangat
Varian isi3 lembar, 5 lembar2 lembar, 10 lembar10 lembar1 lembar, 10 lembar6 lembar, 18 lembar1 lembar, 10 lembar2 lembar7 lembar, 34 lembar2 lembar4 lembar
Varian ukuran7 cm x 10 cm5,5 cm x 10 cm (isi 2)・7,5 cm x 11,5 cm (isi 10)Tidak ada keterangan5,5 cm x 4,5 cm (ukuran standar)・17 cm x 11,5 cm (ukuran besar)13 cm x 8,5 cmTidak ada keterangan14 cm x 10 cm10 cm x 7 cm10 cm x 7 cm (ukuran kecil)・10 cm x 14 cm (ukuran besar)10 cm x 7 cm
Kandunganl-menthol, methyl salicylateSynthetic capsaicinMenthol cystal, gandapura oil, eucaliptus oil, lemongrass Oil, piine oilCapsaicin oleoresinLavender, sage, rosemary, lemo, orangeTidak ada keteranganGlycol salicylate, i-menthol, dl-camphor, tocopherol acetateKetopropen Camphora, mint oil, eucalyptus oilL-Menthol, glycol salycylate, dl-camphor, vitamin E
Tautan produk

Cara menggunakan koyo dengan benar

Cara menggunakan koyo dengan benar

Untuk menghindari iritasi kulit, Anda harus menggunakan koyo dengan cara yang benar. Pertama, pastikan area kulit yang akan ditempel koyo sudah bersih dan kering. Kedua, jangan pernah menempelkan koyo di kulit yang mengalami iritasi. Hal ini justru akan memperparah kondisi kulit Anda.


Ketiga, jangan gunakan koyo yang sudah pernah dipakai. Buanglah koyo dengan melipat dan merekatkan ujungnya sehingga saling menempel. Keempat, cucilah area bekas tempelan koyo menggunakan sabun dan air, kemudian taburkan sedikit bedak di atasnya. Jadi, kulit Anda tidak menjadi gatal atau iritasi akibat sisa-sisa perekat yang mungkin menempel di kulit.

dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
dr. Andy Widjaja

Supaya tidak gampang lepas dan tidak menyebabkan iritasi, pastikan semua permukaan koyo menempel di tubuh Anda. Selain itu, pastikan juga tidak ada lipatan-lipatan pada koyo tersebut. Maka dari itu, untuk pemakaian koyo di bagian belakang tubuh, saya sangat menyarankan Anda untuk meminta bantuan orang lain.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Sebelum menggunakan koyo, cobalah cari tahu apa yang membuat otot tersebut menjadi kaku. Apakah ada gerakan atau postur spesifik yang membuat ototnya tegang? Jika Anda hanya memakai koyo dan Anda tetap melakukan hal yang membuat ototnya kaku, tentu saja hasilnya menjadi kurang efektif. 


Dengan mengetahui postur atau posisi yang membuat otot kaku, Anda bisa menghindari posisi atau gerakan yang bermasalah. Dengan demikian, efek dari pemakaian koyo bisa menjadi lebih efektif.

Baca juga rekomendasi produk pereda nyeri lainnya di sini

Untuk meredakan nyeri, bisa jadi Anda tidak hanya membutuhkan koyo. Mungkin Anda juga membutuhkan obat yang diminum atau obat oles. Atau mungkin Anda mencari obat pereda sakit kepala atau perut. Beberapa artikel di bawah ini bisa Anda jadikan referensi untuk mencari produk pereda nyeri lainnya.

Kesimpulan

Koyo banyak dipilih karena bentuknya ringkas, pemakaiannya praktis, dan tidak lengket di kulit. Bahkan, koyo tidak mengeluarkan bau yang mengganggu sehingga Anda tetap bisa memakainya dengan nyaman saat beraktivitas.


Dari beberapa rekomendasi koyo yang telah dipaparkan, kami harap Anda dapat menemukan produk yang paling sesuai. Dengan memilih produk yang tepat dan penggunaan yang benar, nyeri Anda bisa berkurang berkat koyo. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Multivitamin dan Mineral Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam suplemen merupakan zat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dari banyaknya produk, seperti CDR, Enervon-C, Zevit Grow, Nutrimax, Renovit, dan sebagainya yang tersedia di pasaran, dapatkah Anda memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan tubuh?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih multivitamin dan mineral yang baik berdasarkan pertimbangan harga, kandungan bahan, serta jenis produk yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Karena produk ini akan Anda konsumsi setiap hari, pilihlah yang paling sesuai, baik dari segi manfaat maupun anggaran!
    Vitamin & suplemen
    588.485 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin D Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin D berguna untuk menguatkan otot dan tulang. Vitamin ini hanya akan diproduksi tubuh ketika Anda terpapar sinar matahari. Sayangnya, zaman sekarang, tidak sedikit orang yang jarang terpapar sinar matahari sehingga rentan mengalami kekurangan vitamin D. Berbagai merek suplemen vitamin D diproduksi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, produk seperti apa yang tepat untuk dipilih?Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan rekomendasi suplemen vitamin D terbaik. Ada merek ternama, seperti Doctor’s Best, Now Foods, atau Nature’s Plus yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, simak informasi selengkapnya!
    Vitamin & suplemen
    172.223 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Vitamin C Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vitamin C merupakan nutrisi yang banyak diperoleh dari buah dan sayur. Jika Anda sangat mementingkan kecantikan dan kesehatan, Anda dapat mengonsumsi suplemen sebagai nutrisi tambahan. Terdapat banyak merk, seperti NaturePlus, Enervon C, dan Blackmores. Selain bentuk, kandungan vitamin C dalam suatu produk bisa berbeda, misalnya 500 mg, 1000 mg, atau 1500 mg.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih suplemen vitamin C beserta rekomendasi produknya. Ada produk vitamin C yang bagus untuk kulit juga, lho. Mari temukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Vitamin & suplemen
    451.810 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Terbaik untuk Kesehatan Kulit (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang tidak sehat bisa disebabkan oleh stres, pola makan yang tidak seimbang, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda harus menjalani gaya hidup sehat. Sebaiknya, Anda juga mengonsumsi suplemen atau vitamin kulit untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Banyak vitamin kulit dengan berbagai kandungan dan fungsi berbeda-beda di pasaran. Agar tidak salah pilih, biotechnologist, Marceline Noviani, akan berbagi tips memilih supplement kulit yang bagus pada artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Nourish Skin, Blackmores, Kinohimitsu, dan lain-lain. Jadi, simak terus sampai selesai!
    Vitamin & suplemen
    314.632 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Manusia membutuhkan kolagen tidak hanya untuk menjaga elastisitas dan keremajaan kulit, tetapi juga untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meski kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya akan terus menurun seiring dengan bertambahnya usia.Berbagai merek suplemen kolagen, seperti Puritan’s Pride, Neocell, Youtheory, dan lainnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh Anda. Namun, suplemen kolagen seperti apakah yang ideal untuk Anda? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk suplemen kolagen yang akan kami ulas berikut ini.
    Vitamin & suplemen
    312.898 Views
  • 10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen. Ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang tersebar di pasaran, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
    114.410 Views
  • 10 Rekomendasi Vitamin Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vitamin Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan vitamin mata dan nutrisi agar dapat berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tambahan suplemen mata untuk memastikan mata memperoleh asupan vitamin. Di pasaran tersedia berbagai merek vitamin mata, seperti Eyevit, Blackmores, dan Sidomuncul. Untuk memudahkan Anda memilih, berikut ini kami berikan tips memilih vitamin mata yang tepat untuk Anda. Selain itu, kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk vitamin mata yang bisa Anda pilih. Mari simak artikel ini sampai selesai dan temukan produk terbaiknya!
    Vitamin & suplemen
    4.543 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori