mybest
Plester & perban

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Alat medis
  4. 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist]
  • 10 Rekomendasi Koyo  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 1
  • 10 Rekomendasi Koyo  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 2
  • 10 Rekomendasi Koyo  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 3
  • 10 Rekomendasi Koyo  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 4
  • 10 Rekomendasi Koyo  Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist] 5

10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist]

Koyo atau transdermal patch adalah obat luar yang berbentuk plester. Cara menggunakannya adalah dengan menempelkannya di kulit bagian luar. Koyo juga sering dipakai untuk meredakan rasa nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri otot, dan nyeri sendi.


Terdapat beberapa merek koyo yang bagus di pasaran, seperti Salonpas, Koyo Cabe, dan Hot In. Setiap produk tersebut memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Pada artikel kali ini, kami akan mengulasnya satu per satu untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli injury and rehabilitation kami, Dr. Andy. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 16/01/2024
Dr. Andy Widjaja
Pakar
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Physiotherapist ini mendapatkan gelar Doctor of Physiotherapy (DPT) di Australia. Sebagai injury and rehabilitation specialist, dr. Andy menangani segala macam kondisi dan masalah yang berhubungan dengan pergerakan manusia. Strength and performance coach ini juga aktif melatih orang-orang yang ingin bertambah kuat dan ingin meningkatkan kapasitas gerak mereka. Di waktu luangnya, ia aktif memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat tentang exercise, injury, dan rehabilitasi melalui akun Instagram-nya yaitu @theindophysio.

Profil Dr. Andy Widjaja
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih koyo

Beragamnya bentuk koyo mungkin membuat Anda bingung. Lantas, bagaimana cara memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan? Bacalah beberapa tips di bawah ini sebagai acuan Anda dalam mencari koyo terbaik.

1

Pilih berdasarkan sensasi rasanya

Pada dasarnya, koyo terdiri dari dua jenis. Ada koyo yang memberikan sensasi rasa hangat atau panas, ada pula koyo yang memberikan sensasi rasa dingin. Lalu, apa perbedaannya?

Koyo panas dan hangat, untuk mengendurkan otot yang tegang

Koyo panas dan hangat, untuk mengendurkan otot yang tegang

Dalam pengembangannya, beberapa produsen membuat koyo panas menjadi dua jenis berbeda, yaitu koyo hangat (warm) dan koyo panas (hot). Koyo hangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai sensasi panas biasa. Sementara itu, koyo panas mampu memberikan Anda sensasi panas dua kali lipat. Meskipun demikian, pada dasarnya koyo panas dan hangat ini memiliki kandungan yang sama.


Pada umumnya, kedua jenis koyo mengandung menthol, methyl salicylate, dan capsaicin yang dapat memberikan efek panas di kulit. Efek panas inilah yang nantinya dapat mengendurkan otot yang tegang dan pegal-pegal. Selain itu, beberapa koyo panas juga memiliki kandungan ibuprofen dan indomethacin. Kandungan ini membuat koyo panas efektif untuk meredakan nyeri otot, sakit gigi, hingga sakit kepala.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Mungkin beberapa dari Anda berprofesi sebagai seseorang yang mengharuskan untuk duduk di depan komputer dalam waktu yang lama. Hal tersebut menyebabkan Anda sering pegal-pegal di pinggang, punggung, dan leher. Koyo panas atau hangat merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi pegal-pegal tersebut.


Ketika Anda duduk dalam waktu yang lama dan tidak bergerak, otot-otot pada tulang belakang (pinggang, punggung, dan leher) akan cenderung menjadi kaku. Pemakaian koyo panas atau hangat di beberapa bagian tersebut sangatlah efektif untuk melemaskan otot. Selain itu, koyo panas atau hangat membuat Anda menjadi lebih nyaman.


"Apakah untuk melemaskan otot harus panas banget koyonya? Atau hangat saja sudah cukup?" Semua tergantung dari selera masing-masing karena panas itu relatif. Apa yang panas bagi seseorang belum tentu panas bagi orang lain. Pilihlah tingkat kepanasan yang nyaman bagi Anda dan dapat membuat Anda rileks (tidak perlu dipaksakan tingkat kepanasannya).

Koyo dingin, untuk meredakan nyeri dengan nyaman

Koyo dingin, untuk meredakan nyeri dengan nyaman

Kandungan dalam koyo dingin adalah diclofenac dan menthol. Keduanya bekerja dengan memberikan efek dingin pada kulit Anda. Efek dingin inilah yang bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan. Apabila Anda tidak menyukai sensasi panas, pilihlah koyo dingin untuk meredakan nyeri. Jadi, saat beraktivitas pun Anda tetap merasa nyaman dan tidak terganggu dengan efek panasnya.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Koyo dingin lebih efektif digunakan ketika Anda mengalami salah gerakan atau cedera. Selain itu, koyo dingin juga efektif digunakan ketika Anda merasakan rasa sakit yang tajam atau menusuk. Sensasi dingin yang diberikan sangat efektif untuk meredakan nyeri yang tajam dan membantu anda untuk tetap bergerak.

2

Pertimbangkan berdasarkan target penggunanya

Pertimbangkan berdasarkan target penggunanya

Siapakah yang akan menggunakan koyo? Apakah anak-anak ataukah orang dewasa? Untuk pengguna anak-anak, pilihlah koyo khusus anak. Biasanya, koyo jenis ini memberikan sensasi rasa hangat yang tidak terlalu panas. 


Dengan demikian, anak-anak nyaman memakainya dan kulitnya pun tidak iritasi akibat terbakar panasnya koyo. Gunakanlah koyo jenis ini untuk anak Anda yang mengalami keluhan masuk angin, mual, diare, dan perut kembung.


Berbeda dengan penggunaan untuk orang dewasa, Anda bisa mencari koyo yang lebih beragam variasinya. Jika ingin sensasi hangat, pilihlah koyo hangat. Namun, jika menyukai sensasi panas, Anda bisa mencari koyo yang mengandung capsaisin atau komponen dalam cabai.

3

Perhatikan ukuran lebar koyo

Perhatikan ukuran lebar koyo

Koyo memiliki ukuran yang berbeda-beda. Supaya mendapatkan hasil maksimal, sesuaikanlah lebar koyo dengan kebutuhan. Untuk meredakan nyeri kepala atau sakit gigi, carilah koyo dengan ukuran sedang atau kecil. Koyo ukuran sedang biasanya memiliki panjang di bawah 7 cm. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunting koyo untuk menyesuaikannya dengan area tubuh yang akan dihangatkan.


Sebaliknya, jika ingin menghilangkan pegal-pegal di kaki atau pinggang, Anda bisa memilih koyo ukuran besar. Koyo ukuran besar memiliki panjang di atas 10 cm. Jadi, Anda bisa merasakan manfaat koyo yang lebih maksimal tanpa harus menempelkannya berlembar-lembar.

4

Periksa kandungan koyo agar tidak menimbulkan iritasi

Periksa kandungan koyo agar tidak menimbulkan iritasi

Jika saat memakai koyo kulit terasa gatal dan terbakar, artinya Anda mengalami dermatitis kontak atau iritasi kulit. Pada umumnya, koyo mengandung methyl salicylate yang menimbulkan efek hangat di kulit. Namun, pemakaian jangka waktu lama dan timbulnya reaksi alergi bisa membuat kulit Anda iritasi.


Untuk menghindari iritasi, perhatikan komposisi kandungan di dalam setiap koyo. Jangan memilih koyo dengan kandungan yang bisa memicu iritasi kulit. Untuk pemula atau pemilik kulit sensitif, sebaiknya Anda memilih koyo dingin yang lebih terasa nyaman di kulit.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Jika Anda merasakan gatal atau tidak nyaman ketika memakai koyo, harap langsung melepasnya supaya tidak menimbulkan iritasi yang berkelanjutan. Ada dua penyebab rasa gatal dan tidak nyaman, yaitu bisa jadi area tersebut kotor atau tidak bersih. Selain itu, bisa jadi kandungan dalam koyo tersebut tidak cocok dengan kulit Anda.


Jika ini terjadi, saya menyarankan Anda untuk coba membersihkan area yang gatal kemudian coba pakai koyonya lagi. Jika gatalnya hilang, berarti bukan salah kandungannya, tetapi hanya kurang bersih saja. Jika masih tetap gatal, berarti kandungan dalam koyonya memang tidak cocok.

5

Pertimbangkan jangka waktu pemakaian koyo

Pertimbangkan jangka waktu pemakaian koyo

Pemakaian koyo dalam waktu yang terlalu lama bisa membuat pori-pori kulit tertutup dan menyebabkan iritasi kulit. Namun, jika pemakaiannya terlalu singkat, bisa jadi efek yang diberikan belum terlalu optimal. 


Oleh karena itu, Anda bisa mencari koyo yang memberikan efek maksimal, meskipun waktu pemakaiannya relatif pendek. Anda bisa mencari koyo yang terdapat lubang pori-pori di setiap lembarnya. Dengan begitu, kulit Anda tetap bisa bernapas sekalipun tertutup koyo.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Koyo Terbaiks

Berikut ini adalah daftar Koyo rekomendasi Tim Editorial mybest (pada 08 Desember 2023).
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran
Bahan
Warna
Antiair
Elastis
Jenis luka
Area luka

Hisamitsu Pharmaceutical

Salonpas Pain Relief Patch

Hisamitsu Pharmaceutical Salonpas Pain Relief Patch 1

Rp6.568

Agak Murah

Beri kehangatan tahan lama hingga 8 jam!

7 cm x 10 cm

Tidak diketahui

Putih

Tidak diketahui

INDOSAR

Koyo Cabe

INDOSAR Koyo Cabe 1

Rp1.260

Lebih Murah

Sensasi koyo paling panas berkat senyawa cabai

4,5 cm x 5,5 cm

Tidak diketahui

Cokelat

Ultra Sakti

Hotin Koyo Aromatherapy

Ultra Sakti Hotin Koyo Aromatherapy 1

Rp14.500

Agak Mahal

Dengan aromatherapy untuk tambahan efek menenangkan dan menyegarkan

7,4 cm x 11,8 cm

Tidak diketahui

Cokelat

Tidak diketahui

Beiersdorf

Hansaplast Koyo Panas

Beiersdorf Hansaplast Koyo Panas 1

Rp9.267

Menengah

Efektif dan tetap prima panasnya dengan teknologi Heat Lock

7,5 cm x 11,5 cm

Tidak diketahui

Cokelat

Tidak diketahui

Hangzhou Ren De Medicine

Shangshi Zhitong Gao

Hangzhou Ren De Medicine Shangshi Zhitong Gao 1

Rp12.000

Menengah

Nikmati kenyamanan sepanjang hari dari nyeri yang mengganggu

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Putih

Tidak diketahui

Haw Par

Tiger Balm Plaster (Cool)

Haw Par Tiger Balm Plaster (Cool) 1

Rp17.663

Agak Mahal

Tidak meninggalkan bekas plester di kulit

7 cm x 10 cm (small), 14 cm x 10 cm (large)

Non-woven

Putih

Tidak diketahui

HANDOK

Ketotop Plaster

HANDOK Ketotop Plaster 1

Rp7.000

Agak Murah

Koyo Korea, solusi redakan sakit tulang dan sendi

6,8 cm x 10,3 cm

Tidak diketahui

Putih

Tidak diketahui

Hisamitsu

Salonpas Gel Patch

Hisamitsu  Salonpas Gel Patch 1

Rp16.000

Agak Mahal

Lebih elastis dengan desain round corner, makin nyaman digunakan untuk berkegiatan

10 cm x 14 cm

Tidak diketahui

Putih

Tidak diketahui

Yabao

Ding Gui Er Qi Tie

Yabao  Ding Gui Er Qi Tie 1

Rp24.900

Lebih Mahal

Cegah dan atasi permasalahan perut atau masuk angin pada anak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Putih

Tidak diketahui

Indo Abadi Sarimakmur

Takahi Koyo Hangat

Indo Abadi Sarimakmur Takahi Koyo Hangat 1

Rp6.000

Agak Murah

Panas merata untuk melebur stres, cocok untuk gaya hidup sibuk

4,2 cm x 6,5 cm

Tidak diketahui

Putih

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Hisamitsu PharmaceuticalSalonpas Pain Relief Patch

Salonpas Pain Relief Patch 1
Sumber: id.hisamitsu
Salonpas Pain Relief Patch 2
Sumber: shopee.co.id
Salonpas Pain Relief Patch 3
Sumber: shopee.co.id
Salonpas Pain Relief Patch 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp6.568
Agak Murah
Harga referensi
Rp6.568
Agak Murah

Beri kehangatan tahan lama hingga 8 jam!

Apabila Anda sedang mencari koyo dengan sensasi hangat atau panas yang lebih lama, ini dia pilihannya. Salonpas Pain Relief Patch mengandung 10% methyl salicylate dan 3% I-menthol yang kehangatannya diklaim mampu bertahan hingga 8 jam.


Selain hangatnya awet, produk ini juga cukup fleksibel sehingga tidak mengganggu pergerakan Anda ketika beraktivitas. Nyeri otot, sakit gigi, leher tegang, dan lainnya pun bisa lebih tertahan dalam waktu lama dengan penggunaan koyo ini.

Ukuran7 cm x 10 cm
BahanTidak diketahui
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all
Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

INDOSARKoyo Cabe

Harga referensi
Rp1.260
Lebih Murah

Sensasi koyo paling panas berkat senyawa cabai

Sebagian dari Anda mungkin lebih menyukai koyo yang mampu memberikan sensasi rasa paling panas. Pegal-pegal atau nyeri yang Anda rasakan akan cepat hilang dengan panas yang dihantarkan oleh koyo. Untuk itu, Anda wajib mencoba Koyo Cabe.


Di dalam Koyo Cabe terdapat kandungan capsaisin atau salah satu senyawa dalam cabai yang membuatnya menjadi koyo terpanas. Meski begitu, kulit Anda tetap bisa bernapas dengan baik berkat adanya lubang-lubang kecil di permukaan koyo.

Ukuran4,5 cm x 5,5 cm
BahanTidak diketahui
WarnaCokelat
Antiair
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Ultra SaktiHotin Koyo Aromatherapy

Harga referensi
Rp14.500
Agak Mahal

Dengan aromatherapy untuk tambahan efek menenangkan dan menyegarkan

Setelah lelah beraktivitas, Anda membutuhkan koyo yang bisa meredakan pegal-pegal sekaligus menenangkan tubuh. Maka dari itu, koyo ini pasti cocok sekali untuk memanjakan tubuh Anda. HotIn Koyo Aromatherapy tak hanya memiliki kehangatan yang pas, tetapi juga menghadirkan aromaterapi yang membantu Anda fresh kembali. Anda bisa memakai koyo ini pada malam hari untuk mendapatkan tubuh yang terasa lebih segar keesokan harinya.

Ukuran7,4 cm x 11,8 cm
BahanTidak diketahui
WarnaCokelat
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

BeiersdorfHansaplast Koyo Panas

Harga referensi
Rp9.267
Menengah

Efektif dan tetap prima panasnya dengan teknologi Heat Lock

Koyok ini merupakan solusi jitu untuk membantu meredakan pegal, nyeri otot, dan nyeri sendi bagi Anda yang aktif berkegiatan. Anda tinggal menempelnya di bagian nyeri tanpa perlu menyita banyak waktu. Dengan teknologi Heat Lock yang dimilikinya, kualitas panas koyok ini senantiasa terjaga. Anda tak perlu takut sensasi panas dan aromanya berkurang walaupun kemasannya sudah dibuka. 


Koyok Hansaplast ini bekerja meredakan nyeri tepat pada otot yang bermasalah dengan memblokir transmisi sinyal rasa sakit. Aroma mentolnya yang menenangkan dapat merelaksasi otot yang tegang karena nyeri. Berkat bahannya yang elastis, Anda pun akan tetap merasa nyaman menggunakannya selama beraktivitas. Begitu praktis dan efisien!

Ukuran7,5 cm x 11,5 cm
BahanTidak diketahui
WarnaCokelat
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Hangzhou Ren De MedicineShangshi Zhitong Gao

Harga referensi
Rp12.000
Menengah

Nikmati kenyamanan sepanjang hari dari nyeri yang mengganggu

Shangshi Zhitong Gao adalah koyo herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina. Produk ini dirancang untuk membantu meredakan berbagai jenis nyeri, seperti keseleo, nyeri otot, dan nyeri sendi. 


Dengan bahan-bahan aktif, seperti kamper, mentol, dan metil salisilat, koyo ini efektif dalam meredakan nyeri dan membantu melancarkan aliran darah. Produk ini direkomendasikan untuk siapa saja yang mengalami nyeri otot atau sendi. Nikmati manfaat pengobatan tradisional China dengan Shangshi Zhitong Gao!

UkuranTidak diketahui
BahanTidak diketahui
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Haw ParTiger Balm Plaster (Cool)

Harga referensi
Rp17.663
Agak Mahal

Tidak meninggalkan bekas plester di kulit

Sisa-sisa perekat koyo yang menempel di kulit pasti sangat mengganggu dan sering kali agak susah dihilangkan. Tak jarang, sisa perekat koyo juga membuat kulit terasa gatal dan lengket. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan Anda temui jika Anda memilih koyo Tiger Balm ini. 


Terbuat dari bahan hydrogel, perekat koyo ini mudah menempel dan mudah dilepas tanpa meninggalkan sisa lem. Kulit Anda pun bisa tetap bernafas nyaman tanpa khawatir lemnya merekat terlalu kuat jika dipakai terlalu lama.

Ukuran7 cm x 10 cm (small), 14 cm x 10 cm (large)
BahanNon-woven
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

HANDOKKetotop Plaster

Harga referensi
Rp7.000
Agak Murah

Koyo Korea, solusi redakan sakit tulang dan sendi

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan tulang dan sendi, cobalah produk satu ini. Ketotop adalah koyo asal Korea yang sudah dipercaya lebih dari 25 tahun dalam meredakan sakit otot, tulang, dan sendi. 


Koyo ini juga diklaim berkhasiat membantu mengatasi sakit karena tulang rapuh atau osteoporosis. Kandungan ketopropen-nya yang mampu meresap ke dalam tulang akan bekerja mengurangi nyeri Anda. Jadi, apabila Anda memiliki keluhan radang sendi, kaku sendi, asam urat, dan rematik, produk ini bisa dipakai. 

Ukuran6,8 cm x 10,3 cm
BahanTidak diketahui
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Hisamitsu Salonpas Gel Patch

Harga referensi
Rp16.000
Agak Mahal

Lebih elastis dengan desain round corner, makin nyaman digunakan untuk berkegiatan

Keluhan di area sudut atau lipatan tubuh mungkin bukan hal yang asing bila Anda aktif beraktivitas fisik setiap hari. Penggunaan koyok pereda nyeri yang salah justru akan mengganggu aktivitas. Sebagai solusinya, cobalah Salonpas Gel Patch berbahan elastis ini.


Kelebihan produk ini adalah dapat memanjang hingga 1,5 kali lipat dari ukuran normal. Tentunya koyok dengan sensasi dingin pada awal penggunaan ini sangat cocok ditempel di bahu, leher, pinggang, siku, dan lutut. Apa pun aktivitas Anda, koyok tetap akan merekat dengan kuat. Menariknya lagi, keempat sudutnya didesain tidak meruncing sehingga tidak akan menyakiti kulit Anda jika terjadi gesekan. 

Ukuran10 cm x 14 cm
BahanTidak diketahui
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Yabao Ding Gui Er Qi Tie

Harga referensi
Rp24.900
Lebih Mahal

Cegah dan atasi permasalahan perut atau masuk angin pada anak

Biasanya, anak-anak mudah mengalami perut kembung, diare, dan gejala masuk angin, terlebih saat cuaca dingin. Nah, produk berikut ini bisa menjadi solusi efektif untuk meredakan keluhan tersebut. Tempelkan saja koyo ini pada perut si kecil. Perpaduan kandungan ekstrak herbal di dalam koyo ini mudah diserap ke dalam tubuh melalui pusar. Jika Anda akan traveling bersama anak, pastikan produk ini tidak tertinggal, ya!

UkuranTidak diketahui
BahanTidak diketahui
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Indo Abadi SarimakmurTakahi Koyo Hangat

Harga referensi
Rp6.000
Agak Murah

Panas merata untuk melebur stres, cocok untuk gaya hidup sibuk

Dalam cuaca dingin atau setelah seharian beraktivitas, rasakan kehangatan yang menyeluruh dengan Takahi Koyo Hangat. Dirancang untuk memberikan kenyamanan instan, koyo ini memberikan panas secara merata, membantu mengurangi ketegangan otot, dan meningkatkan peredaran darah. 


Produk ini cocok untuk semua kalangan, dari pekerja kantoran yang lelah hingga atlet yang memerlukan pemulihan setelah latihan intensif. Koyo ini adalah teman setia untuk membawa kesejukan dan kehangatan di setiap momen demi memastikan Anda tetap aktif dan bugar.

Ukuran4,2 cm x 6,5 cm
BahanTidak diketahui
WarnaPutih
AntiairTidak diketahui
Elastis
Jenis luka
Area luka
View all

Cara menggunakan koyo dengan benar

Cara menggunakan koyo dengan benar

Untuk menghindari iritasi kulit, Anda harus menggunakan koyo dengan cara yang benar. Pertama, pastikan area kulit yang akan ditempel koyo sudah bersih dan kering. Kedua, jangan pernah menempelkan koyo di kulit yang mengalami iritasi. Hal ini justru akan memperparah kondisi kulit Anda.


Ketiga, jangan gunakan koyo yang sudah pernah dipakai. Buanglah koyo dengan melipat dan merekatkan ujungnya sehingga saling menempel. Keempat, cucilah area bekas tempelan koyo menggunakan sabun dan air, kemudian taburkan sedikit bedak di atasnya. Jadi, kulit Anda tidak menjadi gatal atau iritasi akibat sisa-sisa perekat yang mungkin menempel di kulit.

Dr. Andy Widjaja
Injury and rehabilitation specialist
Dr. Andy Widjaja

Supaya tidak gampang lepas dan tidak menyebabkan iritasi, pastikan semua permukaan koyo menempel di tubuh Anda. Selain itu, pastikan juga tidak ada lipatan-lipatan pada koyo tersebut. Maka dari itu, untuk pemakaian koyo di bagian belakang tubuh, saya sangat menyarankan Anda untuk meminta bantuan orang lain.

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Tips dari injury and rehabilitation specialist kami, Dr. Andy Widjaja, DPT

Sebelum menggunakan koyo, cobalah cari tahu apa yang membuat otot tersebut menjadi kaku. Apakah ada gerakan atau postur spesifik yang membuat ototnya tegang? Jika Anda hanya memakai koyo dan Anda tetap melakukan hal yang membuat ototnya kaku, tentu saja hasilnya menjadi kurang efektif. 


Dengan mengetahui postur atau posisi yang membuat otot kaku, Anda bisa menghindari posisi atau gerakan yang bermasalah. Dengan demikian, efek dari pemakaian koyo bisa menjadi lebih efektif.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Alat medis
  4. 10 Rekomendasi Koyo Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Physiotherapist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.