mybest
Jamu & minuman herbal

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024)

Jamu merupakan ramuan tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sejak dahulu. Campuran bahan herbal, seperti akar-akaran, rimpang, atau rempah ini dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Tidak hanya untuk imunitas, jamu juga dapat membantu merawat kulit dan organ tubuh lainnya.


Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips memilih jamu tradisional yang bagus untuk Anda. Ada juga rekomendasi merek jamu tradisional yang terkenal di Indonesia, seperti Sido Muncul, Mustika Ratu, dan Jamu Jago. Temukan manfaat jamu tradisional sesuai kebutuhan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.

Diperbaharui 14/07/2023
Nurrahma Asri S.
Pakar
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah praktisi dan pemilik usaha herbal. Ia sudah menyelesaikan pendidikan sarjana di Bioprocess Chemical Engineering, University Technology of Malaysia. Setelah itu, ia mengikuti short course Mastering Herbal Formulation dari The Herbal Academy United States. Asri menggeluti dunia rempah dan tanaman herbal sejak tahun 2015 dengan membangun UMKM Agradaya. Agradaya memproduksi minuman rempah kering berstandar BPOM obat tradisional. Award yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X.

Profil Nurrahma Asri S.
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih jamu tradisional

Jamu memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahan herbal yang digunakan pun sangat beragam. Kami akan menjelaskan cara pemilihan produknya dalam beberapa poin berikut ini. Yuk, simak penjelasannya agar Anda menemukan jamu yang paling tepat untuk kebutuhan Anda!

1

Pilih jamu berdasarkan bentuknya

Ada dua bentuk jamu tradisional yang dijual di pasaran, yaitu bubuk dan ready-to-drink. Kami akan menjelaskan kelebihan setiap bentuk jamu tersebut.

Ready-to-drink: Lebih fresh untuk dikonsumsi

Ready-to-drink: Lebih fresh untuk dikonsumsi

Salah satu contoh jamu tradisional siap minum atau ready-to-drink adalah yang dijajakan keliling oleh "mbok jamu". Rasanya biasanya lebih segar untuk dikonsumsi. Sayangnya, bentuk seperti ini tidak terlalu tahan lama. Anda perlu menyimpannya di dalam kulkas agar lebih awet.


Seiring berkembangnya teknologi, banyak produsen memproduksi jamu ready-to-drink yang dikemas dengan lebih steril. Selain itu, ada juga jamu ready-to-drink yang dijual dalam bentuk konsentrat. Anda perlu mencampurkannya dengan air untuk mengonsumsinya.

Jamu bubuk: Lebih tahan lama

Jamu bubuk: Lebih tahan lama

Bentuk jamu tradisional lain yang juga banyak dijual adalah bubuk. Bentuk seperti ini tentu akan tahan lebih lama untuk disimpan. Bila Anda membeli secara online, proses pengirimannya pun lebih mudah dilakukan.


Memang rasanya tidak sesegar jamu tradisional dalam bentuk ready-to-drink. Anda juga perlu menyeduh bubuknya terlebih dahulu sehingga lebih merepotkan. Namun, jangan khawatir karena ada juga jamu bubuk yang dapat larut dalam air bersuhu ruang.

2

Perhatikan komposisi jamu untuk mengetahui manfaatnya

Jamu merupakan racikan herbal. Ada beberapa bahan herbal yang biasa Anda temui di dalamnya. Kami akan jelaskan manfaat beberapa bahan herbal yang lazim Anda temui. Namun, tentu masih ada banyak bahan herbal lainnya di luar bahan yang kami informasikan, ya.

Jahe: Menghangatkan tubuh dan mengurangi mual

Jahe: Menghangatkan tubuh dan mengurangi mual

Jahe merupakan bahan herbal yang dapat Anda temui hampir di seluruh ramuan jamu tradisional. Jahe memberikan efek hangat bagi tubuh sehingga nyaman sekali dikonsumsi oleh Anda yang sedang pilek.


Gingerol merupakan bahan aktif di dalam jahe yang memberikan rasa unik. Rasa dari jahe dapat membantu mengurangi rasa mual, terutama untuk ibu hamil. Selain itu, gingerol juga berperan sebagai anti-inflamasi, meredakan masalah pencernaan, serta mencegah kanker.


Anda tertarik untuk mencoba minuman berbahan utama jahe? Kami juga punya artikelnya. Klik link di bawah ini untuk membaca artikelnya!

Kunyit: Meredakan nyeri saat haid

Kunyit: Meredakan nyeri saat haid

Kunyit mengandung curcumin yang kaya akan antioksidan, serta sanggup berperan sebagai anti-inflamasi. Jika Anda memiliki permasalahan pencernaan, Anda dapat rutin mengonsumsi kunyit agar pencernaan tetap sehat.


Saat disajikan sebagai jamu, kunyit sering kali dikombinasikan dengan asam Jawa. Campuran kedua bahan tersebut biasa disebut kunyit asam. Kunyit asam termasuk salah satu campuran jamu favorit para wanita. 


Curcumin dapat berfungsi sebagai pereda nyeri. Sementara itu, asam Jawa mampu menenangkan ketegangan di rahim saat periode datang bulan. Nah, perpaduan keduanya akan membuat tubuh wanita jadi lebih nyaman saat sedang menstruasi.


Selain itu, kunyit asam juga membantu menjaga berat badan Anda tetap stabil. Anda bisa memanfaatkannya sebagai jamu pelangsing. Kami sudah membahas minuman kunyit asam secara khusus, lho. Klik link di bawah ini untuk membaca ulasannya!

Kencur: Membantu meredakan sakit tenggorokan dan pilek

Kencur: Membantu meredakan sakit tenggorokan dan pilek

Kencur merupakan bahan herbal yang kaya manfaat. Anda dapat menggunakannya untuk meredakan sakit tenggorokan, batuk, dan pilek. Kencur juga sanggup meringankan gejala sakit mag serta membuat tubuh lebih bugar.


Kencur kerap dicampurkan dengan beras untuk dijadikan jamu beras kencur. Berdasarkan penelitian, beras kencur bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Beras kencur juga bermanfaat untuk membantu meredakan batuk pilek, membantu mengeluarkan dahak, dan membantu meredakan demam.

Temu lawak: Meningkatkan nafsu makan sekaligus menjaga organ hati

Temu lawak: Meningkatkan nafsu makan sekaligus menjaga organ hati

Temu lawak atau Curcuma xanthorrhiza memiliki kemiripan dengan kunyit. Namun, temu lawak memiliki warna kuning yang lebih lembut, tidak secerah kunyit. Sejak dahulu, temu lawak dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. 


Sebenarnya, temu lawak membantu merangsang empedu sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Metabolisme tubuh juga dapat meningkat berkat rutin mengonsumsi temu lawak. 


Selain masalah pencernaan, temu lawak juga telah diklaim dapat melindungi organ hati dari zat kimia yang bersifat merusak. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena berisiko menyebabkan mual dan iritasi perut.

Brotowali: Rasanya pahit, tetapi kaya manfaat

Brotowali: Rasanya pahit, tetapi kaya manfaat

Mungkin Anda termasuk tidak suka dengan rasa brotowali yang pahit. Warna air rebusannya pun hitam pekat. Akan tetapi, bahan herbal dengan nama Latin Tinospora cordifolia ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.


Brotowali kaya akan zat fitokimia, seperti alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, dan lignan. Tanaman ini dipercaya dapat menjaga kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah aterosklerosis, juga mengatasi beberapa permasalahan kulit. Hanya saja, konsumsi brotowali secara berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

3

Agar lebih sehat, hindari tambahan pemanis dan pengawet buatan

Agar lebih sehat, hindari tambahan pemanis dan pengawet buatan

Ada beberapa produsen yang menambahkan pengawet buatan agar jamu produksinya tahan lama. Di sisi lain, sejumlah produk jamu juga ditambahkan bahan kimia obat yang berisiko berbahaya. 


Kami menyarankan Anda untuk menghindari jamu tradisional yang diberi tambahan bahan tersebut. Tambahan bahan tersebut tentu memiliki dampak kurang baik untuk tubuh, terutama bila sering dikonsumsi.


Sebagian besar jamu yang dijual di pasaran juga mengandung gula tambahan. Pilihlah produk yang menggunakan gula alami, seperti gula aren, gula kelapa, atau madu. Jika Anda sedang dalam program diet atau menderita diabetes, hindari jamu dengan pemanis, ya.

4

Pilih produk yang aman dikonsumsi

Pilih produk yang aman dikonsumsi

Ada kasus yang mencatat bahwa beberapa produk jamu dapat menyebabkan komplikasi bagi yang mengonsumsinya. Produk-produk tersebut mungkin saja produk ilegal dan mengandung bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi.


Label jamu tradisional memang menggoda Anda untuk membeli produk tersebut. Terlebih lagi klaim yang ditawarkan terkadang membuat calon pembeli makin tergoda. Namun, Anda perlu memperhatikan keamanan produknya. Pilihlah produk yang ternama atau tepercaya, misalnya dari produsen yang memiliki sertifikasi keamanan tertentu, seperti P-IRT ataupun BPOM


Sebagai informasi, BPOM membedakan obat tradisional menjadi tiga, yaitu jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka. Produk-produk yang telah terdaftar dan mendapatkan sertifikasi tentu telah diperiksa terlebih dahulu keamanannya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi jamu tradisional terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jamu tradisional terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

Jamu Jago

Buyung Upik

Jamu Jago Buyung Upik 1

Rp8.073

Agak Murah

Jamu anak yang kaya pilihan rasa

Sido Muncul

Jamu Instan Pelangsing Perut

Sido Muncul Jamu Instan Pelangsing Perut 1

Rp10.200

Menengah

Membantu memperlancar BAB dan menurunkan berat badan

Orang Tua

Kiranti Sehat Datang Bulan

Orang Tua Kiranti Sehat Datang Bulan 1

Rp7.690

Agak Murah

Rahasia sehat datang bulan para wanita

Rahsa Nusantara

Sari Kunyit Asam

Rahsa Nusantara Sari Kunyit Asam 1

Rp49.000

Agak Mahal

Kepraktisan jamu dalam wujud sirop siap seduh!

Konimex

Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free

Konimex Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free 1

Rp13.200

Menengah

Ramuan bebas gula, cocok untuk Anda yang sedang diet

JMK

Jampi Usus

JMK Jampi Usus 1

Rp2.000

Lebih Murah

Bantu meredakan sakit perut dan lambung

Jamu Iboe Jaya

IBOE Natural Drink Beras Kencur

Jamu Iboe Jaya IBOE Natural Drink Beras Kencur 1

Rp12.000

Menengah

Tubuh bugar, stamina terjaga, pegal-pegal hilang!

JMK

Jamu Galian Rapet

JMK Jamu Galian Rapet 1

Rp20.000

Menengah

Jamu khusus wanita untuk memelihara kesehatan organ intim

Herbaldoc

Fit Well

Herbaldoc Fit Well  1

Rp139.000

Agak Mahal

Stok pertolongan pertama untuk meredakan batuk dan dahak

Mustika Ratu

Jamu Selapan - Jamu Perawatan Sehabis Melahirkan

Mustika Ratu Jamu Selapan - Jamu Perawatan Sehabis Melahirkan 1

Rp227.500

Lebih Mahal

Memanjakan tubuh wanita setelah melahirkan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

Jamu JagoBuyung Upik

Buyung Upik 1
Sumber: djago.store
Buyung Upik 2
Sumber: djago.store
Buyung Upik 3
Sumber: djago.store
Buyung Upik 4
Sumber: djago.store
Buyung Upik 5
Sumber: djago.store
Harga referensi
Rp8.073
Agak Murah
Harga referensi
Rp8.073
Agak Murah

Jamu anak yang kaya pilihan rasa

Apakah Anda kenal dengan jamu yang satu ini? Jamu Buyung Upik memang sempat menjadi tren pada era 90-an. Jamu anak ini mengandung temu lawak dan bahan herbal lainnya. Berbagai bahan tersebut berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan anak, mengobati cacingan, serta melancarkan buang air besar.


Jamu bubuk ini sangat jauh dari kesan rasa pahit. Pilihan rasa cokelat, stroberi, blueberry, jeruk, sampai moccacino pasti menjadi favorit anak-anak. Ada juga Buyung Upik Smart dengan tambahan rumput laut dan rasa melon. Anda dapat memberikannya untuk anak usia 3–12 tahun.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Sido MunculJamu Instan Pelangsing Perut

Harga referensi
Rp10.200
Menengah

Membantu memperlancar BAB dan menurunkan berat badan

Tubuh yang ideal tentu menjadi impian banyak orang. Jamu Sido Muncul ini akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Kandungan daun jati Belanda di dalamnya diklaim sanggup mengurangi lemak dalam tubuh.


Rasanya juga segar berkat tambahan kunyit dan daun teh hijau. Selain itu, di dalamnya terdapat kandungan serat untuk memperlancar buang air besar, serta menjaga sistem pencernaan. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir sistem pencernaan Anda jadi berantakan setelah mengonsumsi jamu ini.

Orang TuaKiranti Sehat Datang Bulan

Harga referensi
Rp7.690
Agak Murah

Rahasia sehat datang bulan para wanita

Jamu yang satu ini pasti sudah diketahui oleh banyak wanita. Kiranti menggunakan bahan-bahan yang dapat membantu meredakan nyeri serta memperlancar siklus datang bulan. Selain rasa original, Kiranti juga memiliki produk dengan rasa jeruk. Anda dapat memilih varian rasa jeruk jika kurang menyukai rasa jamu. Jangan lupa untuk rutin mengonsumsinya tiga hari sebelum dan setelah datang bulan, ya.

Rahsa NusantaraSari Kunyit Asam

Harga referensi
Rp49.000
Agak Mahal

Kepraktisan jamu dalam wujud sirop siap seduh!

Jika Anda kurang suka cita rasa jamu instan bubuk, pertimbangkanlah produk ini. Jamu kunyit asam keluaran Rahsa Nusantara ini hadir dalam bentuk sirop. Anda hanya perlu menuangkan empat sendok makan produk ke dalam gelas dan melarutkannya dengan air. Mau disajikan dingin maupun hangat, jamu ini sama nikmatnya! Layaknya fresh product, simpanlah sari kunyit asam ini di dalam kulkas agar kualitasnya terjaga.

KonimexHerbadrink Sari Temulawak Sugar Free

Harga referensi
Rp13.200
Menengah

Ramuan bebas gula, cocok untuk Anda yang sedang diet

Jika Anda memiliki riwayat diabetes atau sedang membatasi konsumsi gula, jamu bebas gula ini pas untuk Anda. Konimex menawarkan salah satu variasi jamu bebas gula, yaitu Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free. 


Selain bebas gula, produk ini diklaim terbuat dari bahan alami tanpa pengawet dan tanpa tambahan perisa. Varian jamu temu lawak ini berkhasiat untuk membantu merawat kesehatan organ hati dan meningkatkan nafsu makan. 

JMKJampi Usus

Harga referensi
Rp2.000
Lebih Murah

Bantu meredakan sakit perut dan lambung

Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan, cobalah produk ini. Jampi Usus diracik dari resep turun-temurun untuk membantu meredakan gangguan pencernaan, terutama di usus. 


Produk ini juga dipercaya mampu membantu memperbaiki metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh. Dengan formula yang diwariskan dari Nyonya Meneer, Anda tidak perlu meragukan lagi kualitasnya!

Jamu Iboe JayaIBOE Natural Drink Beras Kencur

Harga referensi
Rp12.000
Menengah

Tubuh bugar, stamina terjaga, pegal-pegal hilang!

Ramuan beras kencur dari Jamu Iboe ini tidak hanya beras kencur, tetapi di dalamnya juga terkandung kapulaga dan kunyit. Perpaduan berbagai bahan herbal dalam jamu ini berfungsi untuk meredakan pegal-pegal, nyeri sendi, dan gejala masuk angin. 


Produk herbal yang telah memiliki BPOM ini pas sekali dikonsumsi untuk Anda yang rutin berolahraga atau yang mendekati periode menstruasi. Ditambah lagi, formulanya bebas pengawet dan bahan kimia tambahan.

JMKJamu Galian Rapet

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Jamu khusus wanita untuk memelihara kesehatan organ intim

Para wanita, terutama yang sudah berumah tangga, tentu menginginkan miss V yang sehat, kencang, serta bebas bau tak sedap. Nah, jamu herbal yang satu ini diracik khusus untuk kesehatan organ intim kewanitaan tersebut. 


Anda yang memiliki keluhan lendir berlebih dan gatal pada area kewanitaan juga bisa mencoba jamu ini. Jamu wanita ini dibuat berdasarkan resep jamu yang telah ada sejak tahun 1919. Treasure recipe sekali, bukan?

HerbaldocFit Well

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Stok pertolongan pertama untuk meredakan batuk dan dahak

Saat sedang sakit flu, gejala-gejala yang menyertainya, seperti batuk berdahak dan tenggorokan gatal pasti akan membuat Anda tak nyaman. Nah, untuk meredakan gejala tersebut, cobalah herbal shot Fit Well dari Herbaldoc ini. 


Komposisinya komplet, ada rempah, seperti cengkeh dan kapulaga, rimpang-rimpangan, hingga lemon, cuka apel, dan madu. Untuk memelihara kesehatan, mimum satu shot, atau setara satu hingga dua sendok makan dalam sehari. Untuk pemulihan, Anda bisa meminumnya hingga dua shot dalam sehari.

Mustika RatuJamu Selapan - Jamu Perawatan Sehabis Melahirkan

Harga referensi
Rp227.500
Lebih Mahal

Memanjakan tubuh wanita setelah melahirkan

Sebagaian besar orang memberikan perlengkapan bayi untuk para ibu yang baru melahirkan. Namun, Anda juga dapat memberikan kebutuhan khusus ibu, lho. Berikan paket Jamu Selapan dari Mustika Ratu khusus untuk ibu yang baru melahirkan. Isinya adalah campuran jamu, serta minyak telon dan minyak kayu putih.


Di dalamnya terdapat enam jenis jamu, seperti galian parem wangi, pulih balung sumsum, bubuk bancar air susu, tapel raket mustika sejati, pilis wangi, dan parem seger sumyah. Paketnya sangat bermanfaat untuk melancarkan ASI, menambah nafsu makan, mengurangi nyeri, menambah stamina, sampai melancarkan peredaran darah.

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Jamu tradisional merupakan minuman yang dapat dinikmati hampir semua kalangan, termasuk wanita dan anak-anak. Anda bisa mencoba konsumsi kunyit untuk imunitas. Anda juga bisa mencampurkan jahe dan kencur di saat merasa pilek atau flu. Namun, sebelum minum jamu, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing


Jika ingin memberikan jamu tradisional pada anak kecil, sebaiknya berikan pada usia di atas 1 tahun. Anak usia di atas 1 tahun dianggap sudah memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Berikan sedikit dahulu lalu observasi reaksi di badan anak. Jika jamu tersebut memberikan efek baik bagi anak, pemberian jamu bisa dilanjutkan. 

Baca juga rekomendasi minuman lainnya untuk menjaga kesehatan di sini

Di samping jamu tradisional, ada berbagai minuman yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau, jus buah, dan banyak lainnya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi terkait minuman-minuman tersebut.

Kesimpulan

Wah, banyak sekali ya manfaat dari jamu tradisional. Bahan-bahan alami memang tidak pernah gagal untuk membuat tubuh lebih sehat. Namun, tetaplah perhatikan bahan-bahan jamu tersebut supaya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Sekian dahulu pembahasan kami tentang jamu tradisional. Semoga Anda merasa terbantu. Pilihlah jamu tradisional yang aman untuk dikonsumsi. Selamat hidup lebih sehat dengan jamu tradisional!

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Makanan & minuman kesehatan
  4. 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.