• 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Jamu Tradisional Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Jamu merupakan ramuan tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia sejak dahulu. Campuran bahan herbal, seperti akar-akaran, rimpang, atau rempah ini dipercaya memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Tidak hanya untuk imunitas, jamu juga dapat membantu merawat kulit dan organ tubuh lainnya.


Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips memilih jamu tradisional yang bagus untuk Anda. Ada juga rekomendasi merek jamu tradisional yang terkenal di Indonesia, seperti Sido Muncul, Mustika Ratu, dan Jamu Jago. Temukan manfaat jamu tradisional sesuai kebutuhan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah wirausaha dan juga praktisi herbal selama hampir 8 tahun. Melalui Agradaya dan warung Murakabi Minggir, Asri mengolah pangan lokal dan rempah-rempah khas Indonesia sehingga nilainya lebih tinggi. Asri juga melakukan edukasi tentang penggunaan tanaman rempah untuk keluarga serta kelompok tani.


Award yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X. Saat ini Asri sedang mengikuti kursus pendek mengenai Woman in Business sebagai salah satu Australian Award awardee.  

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih jamu tradisional

Jamu memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bahan herbal yang digunakan pun sangat beragam. Kami akan menjelaskan cara pemilihan produknya dalam beberapa poin berikut ini. Yuk, simak penjelasannya agar Anda menemukan jamu yang paling tepat untuk kebutuhan Anda!

Pilih jamu berdasarkan bentuknya

Ada dua bentuk jamu tradisional yang dijual di pasaran, yaitu bubuk dan ready-to-drink. Kami akan menjelaskan kelebihan setiap bentuk jamu tersebut.

Ready-to-drink: Lebih fresh untuk dikonsumsi

Ready-to-drink: Lebih fresh untuk dikonsumsi

Salah satu contoh jamu tradisional siap minum atau ready-to-drink adalah yang dijajakan keliling oleh "mbok jamu". Rasanya biasanya lebih segar untuk dikonsumsi. Sayangnya, bentuk seperti ini tidak terlalu tahan lama. Anda perlu menyimpannya di dalam kulkas agar lebih awet.


Seiring berkembangnya teknologi, banyak produsen memproduksi jamu ready-to-drink yang dikemas dengan lebih steril. Selain itu, ada juga jamu ready-to-drink yang dijual dalam bentuk konsentrat. Anda perlu mencampurkannya dengan air untuk mengonsumsinya.

Jamu bubuk: Lebih tahan lama

Jamu bubuk: Lebih tahan lama

Bentuk jamu tradisional lain yang juga banyak dijual adalah bubuk. Bentuk seperti ini tentu akan tahan lebih lama untuk disimpan. Bila Anda membeli secara online, proses pengirimannya pun lebih mudah dilakukan.


Memang rasanya tidak sesegar jamu tradisional dalam bentuk ready-to-drink. Anda juga perlu menyeduh bubuknya terlebih dahulu sehingga lebih merepotkan. Namun, jangan khawatir karena ada juga jamu bubuk yang dapat larut dalam air bersuhu ruang.

Perhatikan komposisi jamu untuk mengetahui manfaatnya

Jamu merupakan racikan herbal. Ada beberapa bahan herbal yang biasa Anda temui di dalamnya. Kami akan jelaskan manfaat beberapa bahan herbal yang lazim Anda temui. Namun, tentu masih ada banyak bahan herbal lainnya di luar bahan yang kami informasikan, ya.

Jahe: Menghangatkan tubuh dan mengurangi mual

Jahe: Menghangatkan tubuh dan mengurangi mual

Jahe merupakan bahan herbal yang dapat Anda temui hampir di seluruh ramuan jamu tradisional. Jahe memberikan efek hangat bagi tubuh sehingga nyaman sekali dikonsumsi oleh Anda yang sedang pilek.


Gingerol merupakan bahan aktif di dalam jahe yang memberikan rasa unik. Rasa dari jahe dapat membantu mengurangi rasa mual, terutama untuk ibu hamil. Selain itu, gingerol juga berperan sebagai anti-inflamasi, meredakan masalah pencernaan, serta mencegah kanker.


Anda tertarik untuk mencoba minuman berbahan utama jahe? Kami juga punya artikelnya. Klik link di bawah ini untuk membaca artikelnya!

Kunyit: Meredakan nyeri saat haid

Kunyit: Meredakan nyeri saat haid

Kunyit mengandung curcumin yang kaya akan antioksidan, serta sanggup berperan sebagai anti-inflamasi. Jika Anda memiliki permasalahan pencernaan, Anda dapat rutin mengonsumsi kunyit agar pencernaan tetap sehat.


Saat disajikan sebagai jamu, kunyit sering kali dikombinasikan dengan asam Jawa. Campuran kedua bahan tersebut biasa disebut kunyit asam. Kunyit asam termasuk salah satu campuran jamu favorit para wanita. 


Curcumin dapat berfungsi sebagai pereda nyeri. Sementara itu, asam Jawa mampu menenangkan ketegangan di rahim saat periode datang bulan. Nah, perpaduan keduanya akan membuat tubuh wanita jadi lebih nyaman saat sedang menstruasi.


Selain itu, kunyit asam juga membantu menjaga berat badan Anda tetap stabil. Anda bisa memanfaatkannya sebagai jamu pelangsing. Kami sudah membahas minuman kunyit asam secara khusus, lho. Klik link di bawah ini untuk membaca ulasannya!

Kencur: Membantu meredakan sakit tenggorokan dan pilek

Kencur: Membantu meredakan sakit tenggorokan dan pilek

Kencur merupakan bahan herbal yang kaya manfaat. Anda dapat menggunakannya untuk meredakan sakit tenggorokan, batuk, dan pilek. Kencur juga sanggup meringankan gejala sakit mag serta membuat tubuh lebih bugar.


Kencur kerap dicampurkan dengan beras untuk dijadikan jamu beras kencur. Berdasarkan penelitian, beras kencur bermanfaat untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti diare. Beras kencur juga bermanfaat untuk membantu meredakan batuk pilek, membantu mengeluarkan dahak, dan membantu meredakan demam.

Temu lawak: Meningkatkan nafsu makan sekaligus menjaga organ hati

Temu lawak: Meningkatkan nafsu makan sekaligus menjaga organ hati

Temu lawak atau Curcuma xanthorrhiza memiliki kemiripan dengan kunyit. Namun, temu lawak memiliki warna kuning yang lebih lembut, tidak secerah kunyit. Sejak dahulu, temu lawak dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. 


Sebenarnya, temu lawak membantu merangsang empedu sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Metabolisme tubuh juga dapat meningkat berkat rutin mengonsumsi temu lawak. 


Selain masalah pencernaan, temu lawak juga telah diklaim dapat melindungi organ hati dari zat kimia yang bersifat merusak. Meski begitu, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena berisiko menyebabkan mual dan iritasi perut.

Brotowali: Rasanya pahit, tetapi kaya manfaat

Brotowali: Rasanya pahit, tetapi kaya manfaat

Mungkin Anda termasuk tidak suka dengan rasa brotowali yang pahit. Warna air rebusannya pun hitam pekat. Akan tetapi, bahan herbal dengan nama Latin Tinospora cordifolia ini memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh.


Brotowali kaya akan zat fitokimia, seperti alkaloid, flavonoid, flavon glikosida, triterpen, diterpen, diterpen glikosida, firoditerpen, lakton, sterol, dan lignan. Tanaman ini dipercaya dapat menjaga kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah aterosklerosis, juga mengatasi beberapa permasalahan kulit. Hanya saja, konsumsi brotowali secara berlebihan dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Agar lebih sehat, hindari tambahan pemanis dan pengawet buatan

Agar lebih sehat, hindari tambahan pemanis dan pengawet buatan

Ada beberapa produsen yang menambahkan pengawet buatan agar jamu produksinya tahan lama. Di sisi lain, sejumlah produk jamu juga ditambahkan bahan kimia obat yang berisiko berbahaya. 


Kami menyarankan Anda untuk menghindari jamu tradisional yang diberi tambahan bahan tersebut. Tambahan bahan tersebut tentu memiliki dampak kurang baik untuk tubuh, terutama bila sering dikonsumsi.


Sebagian besar jamu yang dijual di pasaran juga mengandung gula tambahan. Pilihlah produk yang menggunakan gula alami, seperti gula aren, gula kelapa, atau madu. Jika Anda sedang dalam program diet atau menderita diabetes, hindari jamu dengan pemanis, ya.

Pilih produk yang aman dikonsumsi

Pilih produk yang aman dikonsumsi

Ada kasus yang mencatat bahwa beberapa produk jamu dapat menyebabkan komplikasi bagi yang mengonsumsinya. Produk-produk tersebut mungkin saja produk ilegal dan mengandung bahan yang berbahaya untuk dikonsumsi.


Label jamu tradisional memang menggoda Anda untuk membeli produk tersebut. Terlebih lagi klaim yang ditawarkan terkadang membuat calon pembeli makin tergoda. Namun, Anda perlu memperhatikan keamanan produknya. Pilihlah produk yang ternama atau tepercaya, misalnya dari produsen yang memiliki sertifikasi keamanan tertentu, seperti P-IRT ataupun BPOM


Sebagai informasi, BPOM membedakan obat tradisional menjadi tiga, yaitu jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka. Produk-produk yang telah terdaftar dan mendapatkan sertifikasi tentu telah diperiksa terlebih dahulu keamanannya.

10 Rekomendasi jamu tradisional terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jamu tradisional terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati.

10

Mustika RatuJamu Selapan - Jamu Perawatan Sehabis Melahirkan

Mulai dari Rp 227.500,00

BentukBubuk, ready-to-drink
Bahan herbalAdas, kencur, daun katuk, pulasari, jiten hitam, kemukus, ketumbar
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMembantu melancarkan ASI, menambah nafsu makan, mengurangi pegal dan nyeri, menambah stamina, melancarkan peredaran darah, pengobatan pasca persalinan
9
BentukReady-to-drink
Bahan herbalKencur, jahe, kapulaga, cengkeh, kunyit, madu, cuka apel, kayu manis, lemon
Sertifikasi BPOM
Klaim manfaatMembantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokan
8
BentukBubuk
Bahan herbalAdas-pulasari, lengkuas, buah pinang, bunga-buah sidowayah, adas, kunyit
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMemelihara kesehatan organ kewanitaan, mengurangi produksi lendir berlebih, mengatasi bau dan gatal
7

Jamu Iboe JayaIBOE Natural Drink Beras Kencur

Mulai dari Rp 12.000,00

BentukBubuk
Bahan herbalBeras kencur, kapulaga, kunyit
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMeringankan pegal-pegal, nyeri sendi, dan gejala masuk angin
6
BentukBubuk
Bahan herbalKayu manis, kayu ules, biji adas, lempuyang wangi
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMembantu memelihara fungsi usus dan meringankan keluhan pencernaan
5

KonimexHerbadrink Sari Temulawak Sugar Free

Mulai dari Rp 13.200,00

BentukBubuk
Bahan herbalEkstrak temulawak
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMembantu memelihara kesehatan hati dan memperbaiki nafsu makan
4
BentukSirop/konsentrat ready-to-drink
Bahan herbalKunyit, asam Jawa, gula aren
SertifikasiP-IRT
Klaim manfaatMembantu memulihkan inflamasi karena stres, haid, pospartum, dan gangguan pencernaan
3

Orang TuaKiranti Sehat Datang Bulan

Mulai dari Rp 7.690,00

BentukReady-to-drink
Bahan herbalKunyit, asam jawa, kencur, pandan, jahe, dan kayu manis
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMembantu meringankan keluhan datang bulan dan menyegarkan badan
2
BentukBubuk
Bahan herbalGuazumae folium, Curcumae aeruginosae rhizoma, Curcumae rhizoma, Orthosiphonis folium, Zingiberis aromaticae rhizoma
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMembantu mengurangi lemak tubuh, melancarkan buang air besar
1
BentukBubuk
Bahan herbalTemu lawak, jahe, temu ireng, kayu legi, alang-alang
SertifikasiBPOM
Klaim manfaatMembantu memelihara kesehatan, meningkatkan nafsu makan, dapat digunakan pada penderita cacingan

Tabel perbandingan produk jamu tradisional terbaik

Gambar produk
1
Jamu Jago Buyung Upik 1

Jamu Jago

2
Sido Muncul Jamu Instan Pelangsing Perut 1

Sido Muncul

3
Orang Tua Kiranti Sehat Datang Bulan 1

Orang Tua

4
Rahsa Nusantara Sari Kunyit Asam 1

Rahsa Nusantara

5
Konimex Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free 1

Konimex

6
JMK Jampi Usus 1

JMK

7
Jamu Iboe Jaya IBOE Natural Drink Beras Kencur 1

Jamu Iboe Jaya

8
JMK Jamu Galian Rapet 1

JMK

9
Herbaldoc Fit Well  1

Herbaldoc

10
Mustika Ratu Jamu Selapan - Jamu Perawatan Sehabis Melahirkan 1

Mustika Ratu

Nama produk

Buyung Upik

Jamu Instan Pelangsing Perut

Kiranti Sehat Datang Bulan

Sari Kunyit Asam

Herbadrink Sari Temulawak Sugar Free

Jampi Usus

IBOE Natural Drink Beras Kencur

Jamu Galian Rapet

Fit Well

Jamu Selapan - Jamu Perawatan Sehabis Melahirkan

Keunggulan

Jamu anak yang kaya pilihan rasa

Membantu memperlancar BAB dan menurunkan berat badan

Rahasia sehat datang bulan para wanita

Kepraktisan jamu dalam wujud sirop siap seduh!

Ramuan bebas gula, cocok untuk Anda yang sedang diet

Bantu meredakan sakit perut dan lambung

Tubuh bugar, stamina terjaga, pegal-pegal hilang!

Jamu khusus wanita untuk memelihara kesehatan organ intim

Stok pertolongan pertama untuk meredakan batuk dan dahak

Memanjakan tubuh wanita setelah melahirkan

Harga mulai dariRp 8.073,00Rp 10.200,00Rp 7.690,00Rp 49.000,00Rp 13.200,00Rp 2.000,00Rp 12.000,00Rp 20.000,00Rp 139.000,00Rp 227.500,00
BentukBubukBubukReady-to-drinkSirop/konsentrat ready-to-drinkBubukBubukBubukBubukReady-to-drink Bubuk, ready-to-drink
Bahan herbalTemu lawak, jahe, temu ireng, kayu legi, alang-alang Guazumae folium, Curcumae aeruginosae rhizoma, Curcumae rhizoma, Orthosiphonis folium, Zingiberis aromaticae rhizomaKunyit, asam jawa, kencur, pandan, jahe, dan kayu manisKunyit, asam Jawa, gula arenEkstrak temulawakKayu manis, kayu ules, biji adas, lempuyang wangiBeras kencur, kapulaga, kunyitAdas-pulasari, lengkuas, buah pinang, bunga-buah sidowayah, adas, kunyitKencur, jahe, kapulaga, cengkeh, kunyit, madu, cuka apel, kayu manis, lemonAdas, kencur, daun katuk, pulasari, jiten hitam, kemukus, ketumbar
SertifikasiBPOMBPOMBPOMP-IRTBPOMBPOMBPOMBPOM BPOMBPOM
Klaim manfaatMembantu memelihara kesehatan, meningkatkan nafsu makan, dapat digunakan pada penderita cacinganMembantu mengurangi lemak tubuh, melancarkan buang air besarMembantu meringankan keluhan datang bulan dan menyegarkan badanMembantu memulihkan inflamasi karena stres, haid, pospartum, dan gangguan pencernaanMembantu memelihara kesehatan hati dan memperbaiki nafsu makanMembantu memelihara fungsi usus dan meringankan keluhan pencernaanMeringankan pegal-pegal, nyeri sendi, dan gejala masuk anginMemelihara kesehatan organ kewanitaan, mengurangi produksi lendir berlebih, mengatasi bau dan gatalMembantu meredakan batuk dan melegakan tenggorokanMembantu melancarkan ASI, menambah nafsu makan, mengurangi pegal dan nyeri, menambah stamina, melancarkan peredaran darah, pengobatan pasca persalinan
Tautan produk

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Jamu tradisional merupakan minuman yang dapat dinikmati hampir semua kalangan, termasuk wanita dan anak-anak. Anda bisa mencoba konsumsi kunyit untuk imunitas. Anda juga bisa mencampurkan jahe dan kencur di saat merasa pilek atau flu. Namun, sebelum minum jamu, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing


Jika ingin memberikan jamu tradisional pada anak kecil, sebaiknya berikan pada usia di atas 1 tahun. Anak usia di atas 1 tahun dianggap sudah memiliki sistem pencernaan yang sempurna. Berikan sedikit dahulu lalu observasi reaksi di badan anak. Jika jamu tersebut memberikan efek baik bagi anak, pemberian jamu bisa dilanjutkan. 

Baca juga rekomendasi minuman lainnya untuk menjaga kesehatan di sini

Di samping jamu tradisional, ada berbagai minuman yang bermanfaat untuk kesehatan Anda. Teh hijau, jus buah, dan banyak lainnya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi terkait minuman-minuman tersebut.

Kesimpulan

Wah, banyak sekali ya manfaat dari jamu tradisional. Bahan-bahan alami memang tidak pernah gagal untuk membuat tubuh lebih sehat. Namun, tetaplah perhatikan bahan-bahan jamu tersebut supaya sesuai dengan kebutuhan Anda.


Sekian dahulu pembahasan kami tentang jamu tradisional. Semoga Anda merasa terbantu. Pilihlah jamu tradisional yang aman untuk dikonsumsi. Selamat hidup lebih sehat dengan jamu tradisional!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Teh Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teh Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Teh herbal populer di kalangan wanita dan masyarakat yang mendambakan kesehatan. Namun, tahukah Anda apa saja manfaat teh herbal serta efek sampingnya? Apakah teh herbal benar-benar bebas kafein, melancarkan program diet, dan boleh diminum oleh wanita hamil?Di artikel ini kami akan memberikan berbagai informasi mengenai teh herbal. Beberapa rekomendasi produk yang bagus, seperti teh Dilmah, Twinings, dan Kepala Djenggot juga akan kami bahas tuntas. Kami juga dibantu oleh seorang konsultan dan spesialis teh, Muhammad Ashfiya, untuk membagikan ilmunya! Mari simak terus artikel ini. 
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Teh Ginseng Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Teh Ginseng Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ginseng merupakan bahan baku yang sering digunakan pada pengobatan Cina. Karena bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, teh ginseng pun populer dan banyak dijual. Namun, manakah merek teh ginseng yang bagus untuk Anda?Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih teh ginseng sekaligus memberikan rekomendasi produk dari berbagai negara. Ada produk CNI dari Indonesia, Alitea dari Malaysia, sampai Josamwon dari Korea. Tiap-tiap produknya sudah kami ulas untuk Anda. Baca artikel ini sampai tuntas agar Anda mendapatkan teh ginseng yang paling pas! Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Casein Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Casein Protein Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Casein seolah menjadi protein yang terlupakan. Padahal, manfaatnya juga tak kalah hebat daripada saudaranya, yakni whey. Daya serap kasein yang lambat membuat protein ini bisa dikonsumsi untuk diet dan workout. Lantas, bagaimana memilih produk casein protein yang tepat?Agar Anda dapat menemukan produk yang bagus, kami akan menjelaskan tips memilih casein protein. Review minuman protein kasein dari berbagai merek, seperti Optimum Nutrition, Dymatize, dan Muscle First juga akan kami berikan. Mari simak ulasannya agar diet dan workout Anda berjalan maksimal!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Madu Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Madu Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Madu adalah cairan alami yang diproduksi dari nektar bunga yang dibawa oleh lebah. Madu bisa memberi banyak manfaat bagi orang dewasa dan anak-anak. Manfaat madu antara lain adalah menjaga kesehatan anak, mengatasi alergi, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.Saat ini, ada berbagai merek madu yang bagus, mulai dari Madu Antariksa, Vitabumin, hingga TJ Joybee. Hal ini mungkin akan membuat Anda bingung memilih madu yang sebaiknya dikonsumsi oleh anak. Karena itu, sebelum membaca rekomendasi madu anak, mari cari tahu terlebih dahulu cara memilihnya di bawah ini!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Susu Diabetes Terbaik - Ditinjau oleh Ahli Gizi (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Susu Diabetes Terbaik - Ditinjau oleh Ahli Gizi (Terbaru Tahun 2022)
    Susu merupakan sumber kalsium yang baik bagi tubuh. Namun, tidak semua jenis susu aman dikonsumsi oleh diabetesi atau penderita diabetes. Saat ini ada banyak produsen susu yang memasarkan susu untuk diabetesi. Produk dari merek Diabetasol, Tropicana Slim, dan Anlene adalah beberapa contohnya.Karena itu, kami akan memberikan beberapa tips memilih susu yang bagus dan aman untuk penderita diabetes. Kami juga merangkum beberapa rekomendasi produk susu diabetes terbaik yang rendah gula serta rendah lemak. Ada juga komentar dari ahli gizi kami, Leona Victoria. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Teh Pelangsing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki berat badan ideal merupakan impian banyak orang. Apakah Anda juga begitu? Salah satu produk yang dapat membantu Anda mendapat tubuh langsing adalah teh pelangsing. Namun, ada beberapa merek teh pelangsing yang ternyata tidak aman untuk dikonsumsi karena efek sampingnya.Untuk membantu Anda dalam memilih teh pelangsing yang aman, kami akan memberikan beberapa tips yang mudah. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi teh pelangsing terbaik dari berbagai merek, seperti WRP, Mustika Ratu, Orihiro, dan lainnya. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 6 tahun, pertumbuhan anak, baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikologis, berkembang dengan sangat pesat. Agar tumbuh kembangnya optimal, susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi asupan gizi anak. Dari sekian banyak merek susu yang ada di pasaran, seperti Bebelac, Dancow, PediaSure, dan Friso, manakah yang terbaik?Kali ini kami akan memberikan tips memilih susu pertumbuhan yang bagus untuk anak usia 6 tahun ke atas. Simak juga tips memilihnya dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Mari pilih susu anak yang mendukung kecerdasan dan perkembangannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Rekomendasi Produk Tropicana Slim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tropicana Slim Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tropicana Slim adalah brand yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan pemanis pengganti gula. Padahal, produknya tidak hanya pemanis saja, lho. Anda bahkan bisa menemukan produk cookies, susu, sirup, selai, hingga minyak goreng dari Tropicana Slim! Tidak hanya untuk diabetesi, produk Tropicana Slim juga baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang diet.Kami memiliki beberapa rekomendasi produk Tropicana Slim terbaik untuk Anda. Sweetener Classic, Skim Milk Original, dan Susu High Fiber Chocolate adalah beberapa di antaranya. Namun, sebelum membeli produk Tropicana Slim, simak dulu beberapa tips memilih dari kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Mass Gainer Terbaik untuk Bulking (Terbaru Tahun 2022)
    Mass gainer menjadi penyelamat bagi pria dan wanita yang kurus. Dengan kalori dan proteinnya yang tinggi, mass gainer bermanfaat dalam bulking agar berat badan menjadi ideal. Tak heran, banyak merek berlomba-lomba menawarkan mass gainer yang bagus.Pada artikel ini, kami akan membagikan tips memilh mass gainer untuk bulking. Review mass gainer terbaik untuk bulking juga akan kami sajikan. Anda bisa mempertimbangkan produk Evolene, Muscle First, atau L-Men yang harganya murah. Beberapa produk juga halal sehingga aman untuk umat muslim. Mari simak ulasannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • Artikel populer

  • 10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Diet Terbaik untuk Mengurangi Berat Badan - Ditinjau oleh Biotechnologist (Terbaru Tahun 2022)
    Anda sedang dalam program diet? Jika iya, susu diet dapat membantu program penurunan berat badan Anda. Susu untuk diet umumnya dirancang sebagai meal replacement saat pagi dan malam agar asupan kalori lebih terkontrol. Susu diet biasanya mengandung protein tinggi dan rendah lemak.Kali ini, kami punya cara memilih susu diet yang bagus untuk Anda. Tak cuma itu, kami juga menyediakan rekomendasi merek susu diet terbaik, seperti WRP, Tropicana Slim, dan L-Men. Simak juga tips dari biotechnologist agar Anda menemukan susu diet yang efektif. Penasaran? Langsung saja simak ulasan kami, ya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Minuman Kolagen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin tebersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merek minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai minuman kolagen. Kami juga akan menjelaskan cara memilih minuman kolagen hingga mengulas berbagai merek terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Byoote, Ms Glow, Noera, dan lain sebagainya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Pertumbuhan Terbaik untuk Anak Usia 6 Tahun ke Atas - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 6 tahun, pertumbuhan anak, baik dari segi fisik, kognitif, maupun psikologis, berkembang dengan sangat pesat. Agar tumbuh kembangnya optimal, susu pertumbuhan dapat menjadi pilihan untuk melengkapi asupan gizi anak. Dari sekian banyak merek susu yang ada di pasaran, seperti Bebelac, Dancow, PediaSure, dan Friso, manakah yang terbaik?Kali ini kami akan memberikan tips memilih susu pertumbuhan yang bagus untuk anak usia 6 tahun ke atas. Simak juga tips memilihnya dari dokter umum, dr. Aldila Ardine. Mari pilih susu anak yang mendukung kecerdasan dan perkembangannya!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sereal Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Sereal adalah makanan yang berasal dari biji-bijian dan dapat dibuat dari jagung, gandum, serta oat. Selain menjadi makanan favorit untuk sarapan, sereal juga banyak dikonsumsi untuk diet. Terdapat beragam pilihan sereal yang tersedia di pasaran. Namun, apakah Anda sudah tahu sereal yang bagus untuk diet?Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk sereal untuk diet. Setelahnya, kami juga akan memberi review sepuluh merek sereal rendah kalori untuk diet, seperti Kellogg's, Quaker, dan Energen. Jangan lupa, cek juga informasi tambahan dari ahli gizi, Mochammad Rizal, di bawah ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Anda yang Sedang Workout - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi Anda yang sedang workout, mengonsumsi makanan saja tidak cukup memaksimalkan pertumbuhan massa otot. Di sinilah minuman protein berperan sebagai minuman penambah massa otot. Dengan mengonsumsi minuman tinggi protein sesuai timing, pertumbuhan massa otot Anda akan lebih cepat.Di pasaran terdapat banyak jenis minuman berprotein tinggi, misalnya whey casein dan soy. Ada banyak pula merek minuman protein yang bagus, seperti L-Men, Vectorlabs, dan Muscle First yang bisa dipilih. Nah, kami telah menyiapkan tips cara memilih dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Selamat membaca!
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Protein Terbaik untuk Diet - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Protein merupakan zat gizi yang sangat mengenyangkan. Oleh karena itu, minuman protein sering dijadikan sumber nutrisi saat menjalani program diet. Ada banyak merek minuman protein untuk diet, seperti Puro, Natlab, dan Xpose. Apakah Anda bingung memilih produk yang bagus?Tenang saja. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih minuman protein untuk diet. Selain itu, kami juga akan memberikan review minuman protein yang cocok untuk menurunkan berat badan. Semua produk bisa dikonsumsi oleh pria maupun wanita. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga memberikan komentarnya di artikel ini.
    Makanan & minuman kesehatan
  • 10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Herbal Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Tren minuman herbal kembali marak di pasaran, apalagi sejak pandemi COVID-19 merebak. Minuman herbal dipercaya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar Anda tetap bugar dan diet. Salah satu minuman herbal yang paling banyak dicari adalah empon-empon. Namun, masih banyak minuman herbal lainnya, lho.Anda bisa memilih minuman herbal dari berbagai merek ternama, seperti Sidomuncul, Herbilogy, dan Herbadrink. Ada juga Acaraki sebagai pelopor jamu kekinian. Simak tips dari kami untuk memilih minuman herbal yang bagus dan bermanfaat. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.
    Makanan & minuman kesehatan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori