1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2023)

Lari adalah olahraga yang sederhana sebab tidak menggunakan banyak alat. Satu-satunya perlengkapan yang Anda perlukan adalah sepatu. Dengan sepatu yang nyaman, kegiatan lari akan lebih menyenangkan. Anda yang memiliki bujet ketat juga tak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak sepatu running yang bagus dengan harga di bawah 1 juta.


Sebelum Anda membeli, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa sepatu lari terbaik yang harganya tak lebih dari 1 juta rupiah. Diadora, adidas, dan Nike masuk dalam daftar review kami. Selamat menemukan running shoes yang pas di kantong!

Diperbaharui 11-29-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sepatu lari di bawah 1 juta

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kaki tetap nyaman dan performa lari tetap terjaga. Untuk Anda yang seorang pemula, catat beberapa hal berikut, ya!

① Perhatikan bagian-bagian sepatu

Sepatu lari terbagi atas beberapa bagian yang setiap bagiannya memiliki fungsi sendiri-sendiri. Ada baiknya Anda pahami bagian-bagian tersebut agar dapat memaksimalkan fungsinya.

Outsole, pijakan terluar yang menunjang performa lari

Outsole, pijakan terluar yang menunjang performa lari

Outsole adalah bagian bawah dari sepatu lari. Bagian ini langsung bersentuhan dengan permukaan jalan sehingga cukup penting untuk diperhatikan. Pilihlah outsole yang mencengkram dengan baik sehingga dapat menunjang performa Anda saat berlari. Bahan outsole biasanya terbuat dari rubber atau phylon yang didesain antiselip.

Midsole, sol tengah yang empuk untuk menanggung beban tubuh

Midsole, sol tengah yang empuk untuk menanggung beban tubuh

Midsole terletak di bagian atas outsole dan biasanya terbuat dari material yang empuk atau berpori. Fungsi midsole adalah untuk mengurangi risiko benturan dan menanggung beban tubuh. Midsole sepatu lari biasanya terbuat dari EVA foam yang terkenal sebagai busa dengan fleksibilitas dan elastisitas tinggi. 


Saat berlari, kaki akan dibebani berat tubuh yang meningkat 4–5 kali dari berat tubuh sesungguhnya. Bayangkan jika berat tubuh Anda 70 kg, beban yang ditanggung kaki saat berlari bisa mencapai 280–350 kg. Oleh karena itu, midsole sangat penting. 


Bentuk midsole untuk sepatu lari umumnya menurun. Jika Anda menemukan sepatu yang midsole-nya flat, bisa dipastikan sepatu tersebut tidak cocok untuk lari. Salah memilih midsole bisa menyebabkan risiko cedera kaki, lutut, hingga tulang belakang pinggang. Jadi, pastikan midsole sepatu lari yang Anda pilih cukup empuk.

Upper, pelindung atas yang elastis dan lentur

Upper, pelindung atas yang elastis dan lentur

Upper merupakan bagian atas dari sepatu yang menutup kaki. Fungsinya selain menahan kaki berada di dalam juga melindungi kaki dari panas, debu, dan kotoran lainnya. Anda perlu memperhatikan bagian upper terutama bahan yang dipakai. Banyak jenis bahan yang biasa dipakai untuk upper, seperti nilon, polyester, dan kulit sintetis. 


Anda dapat mempertimbangkan bahan nilon yang membuat sirkulasi udara sehingga kaki dapat bernapas dengan baik. Pada beberapa merek sepatu, upper ini memiliki sebutan breathable mesh atau nylon air mesh.


Untuk menyesuaikan bentuk dan gerakan kaki, bahan polyester lebih disarankan karena sifatnya yang lebih elastis. Sementara untuk bahan kulit sintetis membuat sepatu lebih ringan dan lebih cepat kering.

Insole, sol dalam yang empuk untuk kenyamanan telapak kaki

Insole, sol dalam yang empuk untuk kenyamanan telapak kaki

Insole adalah bagian dalam dari sepatu. Sama seperti midsole, sebaiknya Anda memilih insole yang empuk untuk kenyamanan telapak kaki. Dengan insole yang empuk dan nyaman, risiko kaki lecet akan berkurang. Pertimbangkan juga insole yang bentuknya mengikuti lekukan telapak kaki agar Anda merasa makin nyaman. 

② Pilih ukuran yang sedikit lebih besar

Pilih ukuran yang sedikit lebih besar

Saat digunakan untuk berlari, ukuran kaki secara otomatis akan mengembang. Agar tidak mengalami lecet, pilih setengah ukuran lebih besar daripada ukuran kaki sebenarnya. Berikan ruang selebar ibu jari sebagai tambahan di sisi depan sepatu. Anda juga sebaiknya memperhatikan lebar sepatu.


Anda juga perlu ingat bahwa setiap merek sepatu memiliki ukuran yang sedikit berbeda. Jadi, pastikan lagi ukuran merek tertentu dengan mencobanya langsung atau membaca review-nya.


Selanjutnya, pertimbangkan juga perihal kaus kaki. Ketebalan kaus kaki bisa memengaruhi ukuran sepatu. Jangan sampai sepatu terasa sempit dan tidak nyaman karena kurang mempertimbangkan ketebalan kaus kaki. Sebaliknya, saat Anda merasa sepatu terlalu kebesaran, kaos kaki tebal dapat membantu mengganjal sepatu.

③ Utamakan kenyamanan dibanding model sepatu

Utamakan kenyamanan dibanding model sepatu

Anda mungkin akan tertarik dengan model dan penampilan sepatu yang trendi. Namun, untuk sepatu lari, hal ini sebaiknya bukan menjadi prioritas. Utamakan soal kenyamanan untuk mendapatkan performa yang maksimal. Jika Anda menemukan sepatu lari yang nyaman dan sesuai dengan model yang Anda sukai, anggap saja sebagai bonus.

10 Rekomendasi sepatu lari terbaik di bawah 1 juta

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu lari terbaik di bawah 1 juta yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

SPOTEC

Ryder

SPOTEC Ryder  1枚目

Empuk dan breathable, harganya pun tak membuat kantong bolong

2

adidas

Galaxy 6

adidas Galaxy 6 1枚目

Mau running shoes yang eco-friendly? Ada!

3

New Balance

Fresh Foam Arishi v3

New Balance Fresh Foam Arishi v3 1枚目

Mau lari di dalam atau luar ruangan, sepatu ini bisa diandalkan!

4

REEBOK

Lite Plus 3 Running Shoes

REEBOK Lite Plus 3 Running Shoes 1枚目

Desain yang nyaman untuk menemani Anda latihan lari ringan

5

Skecher

GOrun Elevate Accelerate Men's Running Shoes

Skecher GOrun Elevate Accelerate Men's Running Shoes 1枚目

Lincah berlari di berbagai medan dengan midsole empuk dan traksi agresif

6

adidas

Runfalcon 2.0 Shoes

adidas Runfalcon 2.0 Shoes 1枚目

Sporty sekaligus stylish, Anda bisa langsung hang out usai jogging!

7

New Balance

068 Running Shoes

New Balance 068 Running Shoes  1枚目

Pilihan terbaik untuk performa lari dan kenyamanan sehari-hari

8

Nike

Revolution 5

Nike  Revolution 5 1枚目

Tampil trendi dengan desain dan pilihan warna menarik

9

Diadora

KURUKA 5

Diadora  KURUKA 5 1枚目

Lebih nyaman berlari berkat kombinasi midsole double action dan nylon mesh

10

Nike

Revolution 6 FlyEase Next Nature

Nike Revolution 6 FlyEase Next Nature 1枚目

Bantalannya empuk dan mudah dilepas pasang

Perincian produk
Close
No.1

Empuk dan breathable, harganya pun tak membuat kantong bolong

Kelebihan:

  • Dilengkapi rajutan elastis di pergelangan kaki yang bisa menggantikan kaos kaki

Kekurangan: 

  • Tidak menggunakan jahitan, outsole berisiko mudah lepas

Sepatu ini cocok untuk Anda yang menginginkan sepatu lari yang bisa dipakai untuk aktivitas harian. Desainnya stylish dan sleek tanpa kesan berlebihan. Anda akan nyaman menggunakannya untuk jogging dan running selama berjam-jam karena didukung midsole high quality phylon yang empuk. 


Tidak hanya itu, running shoes dengan harga yang sangat terjangkau ini juga telah dilengkapi air flow mesh construction. Sistem ini akan menjaga kaki Anda tetap segar sehingga terasa nyaman dipakai sepanjang hari. 

No.2

Mau running shoes yang eco-friendly? Ada!

Kelebihan: 
  • Terbuat dari material daur ulang

Kekurangan:

  • Outsole rubber, kurang sesuai untuk medan trail

Dengan upper berbahan mesh yang ringan dan memiliki sirkulasi udara baik, kaki Anda tetap terasa sejuk selama lari. Sementara itu, midsole Cloudfoam akan memberikan sensasi pantulan dan mendukung performa lari. Tak berhenti di sana, outsole dari bahan karet didesain agar pijakan Anda tetap solid di permukaan rumput basah atau tanah becek. 


Dengan begitu, Anda bisa mengubah rencana track lari tanpa harus mengganti sepatu. Menariknya lagi, sepatu ini dibuat dari rangkaian bahan daur ulang. Untuk Anda yang menginginkan sepatu lari berkualitas sambil sedikit berkontribusi terhadap pengurangan limbah plastik, pilihlah produk ini.

No.3

New BalanceFresh Foam Arishi v3

Mulai dari Rp348.900,00

Mau lari di dalam atau luar ruangan, sepatu ini bisa diandalkan!

Kelebihan:

  • Sesuai untuk lari di dalam atau luar ruangan

Kekurangan:
  • Bantalannya tidak seempuk Fresh Foam dari seri New Balance yang lebih premium

Banyak wanita yang merasa kurang nyaman saat harus berlari di luar ruangan dan menjadi perhatian orang. Anda yang merasa demikian dapat memakai treadmill sebagai solusi berlari di dalam ruangan bersama sepatu ini. Sepatu ini dirancang dengan outsole karet sehingga tidak hanya andal di luar ruangan, tetapi juga di dalam ruangan.


Menggunakan bahan rajut dan mesh, sepatu ini juga terasa empuk dan ringan di kaki. Ditambah lagi, terdapat midsole yang menggunakan Fresh Foam yang sama empuk. Soal desain, sepatu ini cukup ramping dan cocok dipakai oleh wanita. Psst, varian untuk pria pun ada, kok! Pilih saja sesuai selera Anda, ya.

No.4

REEBOKLite Plus 3 Running Shoes

Mulai dari Rp799.000,00

Desain yang nyaman untuk menemani Anda latihan lari ringan

Kelebihan:

  • Grip optimal baik untuk lari di permukaan kering maupun basah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, bagian upper kurang tahan lama

Anda yang baru memulai lari, barangkali bisa mempertimbangkan sepatu dari REEBOK ini. Desainnya cukup nyaman untuk dipakai latihan lari ringan. Sepatu ini dilengkapi dengan busa midsole dari Fuelfoam yang memberikan bantalan nyaman untuk telapak kaki. 


Upper-nya juga menggunakan bahan mesh sehingga terjadi sirkulasi udara dan membuat kaki terasa tidak gerah. Produk ini juga dibekali outsole berbahan rubber dengan grip optimal. Jadi, bagi Anda yang ingin bisa berlari dengan nyaman baik di jalur kering maupun basah, produk ini juga dapat Anda andalkan.

No.5

SkecherGOrun Elevate Accelerate Men's Running Shoes

Mulai dari Rp899.000,00

Lincah berlari di berbagai medan dengan midsole empuk dan traksi agresif

Kelebihan:

  • Dapat digunakan untuk lari di berbagai medan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia model untuk pria

Tangguh adalah kesan yang cocok untuk disematkan pada sepatu ini. Lihat saja desainnya yang solid, baik dari bentuk dan warnanya. Pada upper, sepatu ini hadir dengan mesh fabric sehingga sangat breathable saat digunakan berlari.


Untuk midsole, sepatu ini telah dibekali ULTRA GO yang empuk dan tahan lama. Kedua hal itu sudah cukup membuatnya agresif dan andal untuk diajak lari di berbagai medan. Anda yang suka lari melewati medan terjal, bisa mencoba untuk menguji kemampuan sepatu ini.

No.6

adidasRunfalcon 2.0 Shoes

Mulai dari Rp850.000,00

Sporty sekaligus stylish, Anda bisa langsung hang out usai jogging!

Kelebihan:

  • Tersedia dalam banyak pilihan warna dan desain stylish

Kekurangan:

  • Beberapa ulasan pengguna menyebutkan bahwa produk ini kurang responsif sehingga kurang pas untuk lari jarak jauh

Jika Anda menginginkan sepatu jogging yang langsung siap menemani Anda hang out, pertimbangkanlah produk ini. Runfalcon 2.0 Shoes siap memberikan kenyamanan untuk Anda berlari dan beraktivitas. Sandwich mesh di bagian upper serta midsole EVA yang ringan membuat Anda dapat berlari dengan traksi maksimal. 


adidas juga memenuhi keinginan Anda yang gemar tampil stylish dengan memberikan desain menarik dan banyak pilihan warna. Jadi, Anda bisa langsung singgah ke kafe dan hang out usai lari di taman. Asyik, ya?

No.7

New Balance068 Running Shoes

Mulai dari Rp799.000,00

Pilihan terbaik untuk performa lari dan kenyamanan sehari-hari

Kelebihan:

  • Tak hanya sesuai untuk lari, tetapi juga untuk jalan jauh

Kekurangan:

  • Bentuknya sangat lancip sehingga sebagian orang mungkin kesulitan ketika akan memasang atau melepas sepatu ini

Produk ini adalah pilihan terbaik untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan pemakaian sehari-hari. Pada sisi performa, sepatu ini ditunjang dengan DynaSoft midsole yang responsif dan empuk baik untuk dipakai lari maupun berjalan jauh. 


Dari segi desain, pilihan warnanya memang cenderung monokrom, yaitu didominasi warna abu-abu dan hitam. Akan tetapi, jika Anda menyukai sepatu yang desainnya simpel dan mudah dipadukan dengan outfit apa saja, silakan pertimbangkan sepatu New Balance ini!

No.8

Tampil trendi dengan desain dan pilihan warna menarik

Kelebihan:

  • Hadir dalam ragam pilihan warna menarik

Kekurangan:

  • Menurut beberapa review, sepatu ini cenderung terasa kaku

Bagi wanita, visual mungkin adalah salah satu hal yang utama. Jika Anda suka mencocokkan warna outfit yang Anda kenakan termasuk saat lari, sepatu inilah pilihannya. Nike Revolution 5 memiliki banyak pilihan warna yang super manis khas selera para wanita. Bagaimana dengan para pria yang menginginkan warna gelap? Tenang saja sebab Nike juga menghadirkan pilihan warna gelap dengan aksen yang tetap menarik.


Soal performa dan kenyamanan, Anda tidak perlu khawatir. Sepatu ini menggunakan bahan rajut yang ringan dan breathable. Begitu juga pada midsole dengan soft foam yang membuatnya makin nyaman saat kaki dientakkan.

No.9

Diadora KURUKA 5

Mulai dari Rp350.000,00

Lebih nyaman berlari berkat kombinasi midsole double action dan nylon mesh

Kelebihan:

  • Desainnya sesuai untuk lari jarak pendek atau jarak jauh
  • Dilengkapi barrier antibakteri

Kekurangan:

  • Sudah tidak tersedia di official store sehingga pencarian produk original agak tricky

Produk yang satu ini menawarkan desain kontemporer yang cocok untuk latihan lari pendek atau jalan jarak jauh. Kenyamanan itu bisa Anda dapatkan berkat midsole berteknologi Double Action pada bagian tumit. 


Selain itu, pada bagian upper menggunakan bahan nilon mesh yang membuatnya makin nyaman. Tentunya kaki Anda tidak akan terasa gerah meski sudah berlari dalam waktu lama.

No.10

NikeRevolution 6 FlyEase Next Nature

Mulai dari Rp799.000,00

Bantalannya empuk dan mudah dilepas pasang

Kelebihan:

  • Mudah dilepas dan dipasang berkat teknologi FlyEase
  • Multifungsi, dapat digunakan di track aspal atau off-road

Kekurangan:

  • Desain bagian depan agak lancip sehingga mungkin kurang nyaman untuk pemilik wide feet
  • Ritsleting bisa bergesekan dengan kaki saat Anda berlari

Kenyamanan merupakan elemen penting dalam berlari. Apabila Anda mencari sepatu yang tetap bisa memberikan bantalan empuk di berbagai track lari, jatuhkan pilihan pada produk ini. Berlari di jalan aspal bukanlah persoalan saat Anda menggunakan sepatu dari Nike ini. 


Begitu pula ketika Anda berlari di jalur off road, kenyamanan yang sama tetap bisa Anda rasakan berkat foam midsole-nya. Produk ini makin terasa praktis berkat teknologi FlyEase yang akan memudahkan Anda saat akan melepas dan memakai sepatu. Anda tentu tak ingin membuang waktu lama memakai sepatu, padahal sedang terburu-buru.

Baca juga rekomendasi sepatu lari lainnya di sini

Jika Anda masih belum menemukan sepatu lari yang cocok di sini, Anda tak perlu khawatir. Kami masih punya rekomendasi sepatu lari lain pada artikel di bawah ini. Segera temukan sepatu lari idaman Anda di sini!

Kesimpulan

Salah memilih sepatu dapat mengakibatkan lecet, keseleo, dan bengkak. Dalam jangka panjang, cedera lutut hingga tulang belakang dapat terjadi. Memilih sepatu yang nyaman tak hanya menambah performa lari, tetapi juga meminimalkan risiko cedera.


Anda tak perlu cemas terkait harga sebab sepuluh sepatu running dengan harga terjangkau telah kami ulas di atas. Semoga tips dan rekomendasi kami membantu Anda menemukan sepatu lari terbaik berharga di bawah 1 juta!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer