1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan badan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bath Milk Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Anda pasti sudah mengenal manfaat mengonsumsi susu bagi kesehatan tulang. Namun, apakah Anda tahu bahwa susu juga baik bagi kulit? Selama lebih dari ratusan tahun, susu telah dimanfaatkan sebagai perawatan kulit oleh Cleopatra hingga kekaisaran Romawi.


Hingga saat ini, susu sering digunakan sebagai salah satu rutinitas perawatan kulit oleh selebritas papan atas. Selain membuat relaks, berendam dengan campuran susu dapat melembapkan dan menghaluskan kulit. Sekarang, kami akan membahas manfaat dan cara memilih produk milk bath yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi dari merek Ayudya, Beauty Buffet, dan Bali Alus.

Diperbaharui 06-03-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat milk bath untuk kulit

Manfaat milk bath untuk kulit

Bagi pemilik kulit kering, mandi susu bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Dengan mandi susu, kulit akan terasa lebih lembut dan licin. Sensasi ini bukan karena kulit yang berminyak, melainkan dari kandungan protein dan lemak pada susu yang diserap kulit.


Anda mungkin sudah mengetahui kandungan alpha hydroxy acid (AHA) yang sering dimanfaatkan dalam produk skincare, bukan? Susu juga mengandung salah satu senyawa AHA, yakni asam laktat yang berfungsi sebagai eksfoliator alami. 


Asam laktat membantu menghilangkan sel kulit mati secara lembut sehingga permukaan kulit menjadi lebih halus. Dengan begitu, sel kulit yang masih remaja mendapatkan ruang untuk tumbuh dan melakukan regenerasi. Selain untuk eksfoliasi, susu juga kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan nutrisi ini dapat membantu melembapkan dan menjaga elastisitas kulit Anda


Dengan semua manfaat ini, tidak heran susu selalu menjadi pilihan untuk merawat kulit. Nah, kini mandi susu bisa Anda lakukan dengan menggunakan produk milk bath yang banyak tersedia di pasaranAnda tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk perawatan mandi susu di spa.

Cara memilih bath milk

Selama ini Anda mungkin mengenal milk bath sebagai produk sabun mandi bayi. Namun, pada pembahasan artikel ini kami hanya akan berfokus pada produk milk bath untuk orang dewasa. Yuk, simak lebih lanjut cara memilihnya!

① Pilih berdasarkan jenis susu yang digunakan

Pilih berdasarkan jenis susu yang digunakan

Secara umum, ada dua jenis susu yang digunakan dalam produk milk bath, yakni susu hewani dan susu nabati. Saat ini, memang belum ada penelitian yang menyatakan bahwa salah satu jenis susu lebih baik daripada yang lainnya. Meski demikian, Anda tetap bisa memilih produk milk bath dengan jenis susu yang diinginkan.


  • Susu hewani

Susu hewani seperti susu sapi banyak dipakai dalam produk milk bath karena murah dan mudah diperoleh. Mandi susu sapi memberi sensasi lembut pada kulit. Selain susu sapi, susu kambing juga banyak digunakan. Susu kambing mengandung butter fat atau lemak susu yang lebih tinggi. Selain itu, teksturnya juga lebih creamy dan kental.


  • Susu nabati

Produk milk bath dengan susu nabati dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang vegan. Meskipun memiliki kandungan yang berbeda dari susu hewani, susu nabati juga dapat melembapkan kulit dengan baik. Susu nabati yang bisa digunakan untuk melembutkan kulit contohnya adalah susu kelapa, susu kedelai, dan susu almon.


Kami juga memiliki produk perawatan kulit lain yang terbuat dari susu, yakni body milk. Jika Anda berminat, klik tautan di bawah ini, ya!

② Cek kandungan tambahan untuk manfaat maksimal

Cek kandungan tambahan untuk manfaat maksimal

Tidak hanya bermanfaat bagi kulit kering, milk bath juga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Selain bahan pelembap, milk bath juga banyak dilengkapi kandungan tambahan lainnya. Anda dapat memilih produk milk bath sesuai dengan kebutuhan kulit.


  • Apabila Anda memiliki kulit yang sangat kering dan membutuhkan kelembapan ekstra, Anda bisa memilih milk bath dengan tambahan madu. Humektan dan emolien alami yang terkandung pada madu dapat meningkatkan kadar air di kulit dan mencegah kekeringan. 

  • Untuk membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen, Anda bisa memilih produk milk bath dengan kandungan essential oil. Essential oil seperti lavender oil, almond oil, dan castor oil berfungsi sebagai aromaterapi sekaligus membantu mengatasi masalah kulit.

  • Bagi pemilik kulit sensitif, sebaiknya menggunakan produk milk bath dengan kandungan bahan alami. Hindari produk dengan banyak kandungan tambahan karena belum tentu memberikan manfaat maksimal. Selain itu, Anda juga harus lebih berhati-hati dalam memilih produk. Pastikan tidak ada zat aditif seperti bahan pengawet dan pewangi buatan.

③ Tentukan berdasarkan teksturnya

Produk milk bath dapat tersedia dalam bentuk bubuk atau cair. Kandungan nutrisi serta masa penyimpanan dapat menjadi pertimbangan ketika Anda hendak memilih salah satu dari kedua varian ini. 

Milk bath bubuk, bisa disimpan lebih lama

Milk bath bubuk, bisa disimpan lebih lama

Milk bath berbentuk bubuk terbuat dari susu cair yang diproses dengan metode pengeringan dan evaporasi. Kandungan vitamin dan protein pada susu sebagian besar dapat menghilang bersamaan dengan proses pengeringan menggunakan suhu tinggi. Meski demikian, produk milk bath bubuk tetap dapat melembapkan dan melembutkan kulit ketika digunakan. 


Karena memiliki kadar air yang rendah, milk bath dalam bentuk bubuk memiliki masa simpan yang lebih panjang dibanding milk bath cair. Apabila Anda hanya menggunakan milk bath sesekali, produk bubuk dapat menjadi pilihan tepat.

Milk bath cair, nutrisi terjaga meski masa simpan singkat

Milk bath cair, nutrisi terjaga meski masa simpan singkat

Milk bath dalam bentuk cair telah melalui sejumlah tahapan pengolahan untuk menjaga stabilitas dan penambahan senyawa aktif lainnya. Meski begitu, nutrisinya tetap terjaga sehingga memiliki kandungan vitamin dan protein yang lebih baik dibandingkan milk bath bubuk. 


Akan tetapi, masa simpan milk bath cair biasanya lebih singkat karena masih memiliki kadar air yang tinggi. Anda perlu memperhatikan keterangan masa simpan pada kemasan sebelum menggunakannya. Produk yang kandungannya sudah tidak dalam kondisi ideal dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit.

④ Perhatikan penggunaan milk bath bagi yang memiliki alergi

Perhatikan penggunaan milk bath bagi yang memiliki alergi

Bagi penderita lactose intolerant, tubuh akan sulit mencerna laktosa yang terkandung pada susu sapi. Hal ini bisa menyebabkan perut menjadi bergas hingga diare. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena milk bath hanya digunakan di bagian luar tubuh. Oleh karena itu, tidak ada risiko efek samping pada pencernaan


Namun, jika Anda memiliki alergi pada produk susu, perhatikanlah jenis susu yang digunakan. Kandungan kasein atau whey protein pada susu dapat memicu reaksi alergi pada kulit. Reaksi alergi, seperti gatal-gatal, ruam, bengkak, dan eksem mungkin saja timbul. Pilihlah alternatif produk milk bath yang menggunakan susu nabati untuk menghindari reaksi alergi pada kulit.

10 Rekomendasi bath milk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bath milk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

The Bath Box

Goats Don't Lie Geranium

The Bath Box Goats Don't Lie Geranium 1枚目

Diformulasi untuk kulit sensitif, mulai dari eczema hingga psoriasis

2

Beauty Buffet

Scentio Milk Plus Organic Whitening Body/Bath Wash & Moisturizer

Beauty Buffet Scentio Milk Plus Organic Whitening Body/Bath Wash & Moisturizer 1枚目

Kembalikan keremajaan kulit dengan kandungan co-enzyme Q10

3

Denara

Body Masker Powder Milk Bath Susu

Denara  Body Masker Powder Milk Bath Susu 1枚目

Tersedia dalam kemasan 1 kg yang cocok dipakai satu keluarga

4

Bali Alus

Milk Bath

Bali Alus Milk Bath 1枚目

Milk bath serbaguna, untuk berendam dan masker tubuh

5

Ayudya

Milk Bath

Ayudya Milk Bath 1枚目

Foaming dan non-foaming milk bath, pilih sesuai selera!

6

Beauty Buffet

Made in Nature Goat Milk Cream Bath

Beauty Buffet Made in Nature Goat Milk Cream Bath 1枚目

Kulit kering ternutrisi berkat khasiat susu kambing

7

Vienna

Milk Bath Powder

Vienna Milk Bath Powder 1枚目

Dilengkapi minyak aromaterapi yang menenangkan

8

DeBiuryn

Body Milky Foam

DeBiuryn Body Milky Foam  1枚目

Mandi susu dengan busa melimpah! Aman untuk ibu hamil dan menyusui

9

Watsons

Rejuvenating Soy Milk Bath

Watsons Rejuvenating Soy Milk Bath 1枚目

Rasakan kelembutan susu kedelai dengan aromanya yang manis

10

Amaranthine

Sanur Sweet Sense Spa Firming and Slimming Milk Bath

Amaranthine Sanur Sweet Sense Spa Firming and Slimming Milk Bath 1枚目

Dapat efek tambahan untuk membantu membakar lemak tubuh

Perincian produk
Close
No.1

The Bath BoxGoats Don't Lie Geranium

Mulai dari Rp250.000,00

Diformulasi untuk kulit sensitif, mulai dari eczema hingga psoriasis

Bagi yang memiliki permasalahan kulit, produk ini kami rekomendasikan khusus untuk Anda. Produk ini diformulasi khusus untuk membantu mengatasi berbagai masalah kulit, mulai dari jerawat, alergi, eczema, hingga psoriasis. Produk ini terbuat dari susu kambing murni dan diperkaya dengan sejumlah bahan alami.


Wangi geranium essential oil-nya begitu menggoda. Sementara itu, olive oil, jojoba oil, dan shea butter-nya sangat melembapkan. Uniknya, produk ini tidak memiliki warna seperti milk bath pada umumnya. Alih-alih berwarna putih susu, milk bath ini justru berwarna cokelat seperti teh.

No.2

Beauty BuffetScentio Milk Plus Organic Whitening Body/Bath Wash & Moisturizer

Mulai dari Rp210.000,00

Kembalikan keremajaan kulit dengan kandungan co-enzyme Q10

Selain wajah, kulit tubuh juga membutuhkan perawatan anti-aging agar terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan dehidrasi. Untuk itu, kami rekomendasikan satu lagi produk dari Beauty Buffet. Produk ini diperkaya co-enzyme Q10 yang dikenal mampu meremajakan kulit.


Produk ini dilengkapi vitamin E sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Manfaat susu di dalamnya juga akan melembapkan dan membuat kulit menjadi lebih cerah. Anda akan merasakan kulit makin lembut dan halus!

No.3

Denara Body Masker Powder Milk Bath Susu

Mulai dari Rp25.000,00

Tersedia dalam kemasan 1 kg yang cocok dipakai satu keluarga

Jika Anda mencari produk milk bath untuk satu keluarga besar? Produk dari Denara ini bisa dijadikan pilihan. Produk ini tersedia dalam kemasan 1 kg yang tentunya lebih hemat digunakan. Selain dipakai sebagai milk bath, produk ini juga bisa digunakan sebagai body masker


Produk lokal dari pulau Dewata ini murni terbuat dari susu alami yang kaya nutrisi. Kandungannya yang tanpa tambahan bahan-bahan lain menjadikannya aman digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Produk ini juga tersedia dalam kemasan 100 gram yang praktis, lho.

No.4

Milk bath serbaguna, untuk berendam dan masker tubuh

Bali Alus adalah salah satu merek produk kecantikan yang sering dijadikan oleh-oleh khas Pulau Dewata. Selain menyediakan lulur, sabun, dan minyak aromaterapi, Bali Alus juga memproduksi milk bath dalam bentuk bubuk. Produk ini berasal dari susu alami yang dapat digunakan untuk mandi susu, berendam, atau sebagai masker badan.


Untuk berendam, Anda dapat menuangkan milk bath ke dalam bathtub. Anda juga bisa mengoleskannya ke tubuh sebagai masker, kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah menggunakan produk ini, Anda akan merasakan kulit lebih cerah, halus, dan lebih sehat.

No.5

Foaming dan non-foaming milk bath, pilih sesuai selera!

Milk bath dari Ayudya ini menggunakan susu sapi full cream yang dapat menjaga kelembapan kulit. Kandungannya diperkaya dengan vitamin E dan glycerin yang makin menutrisi kulit. Setelah berendam selama 20 menit dengan milk bath ini, kulit akan terasa lebih lembut dan kenyal!


Produk ini tersedia dalam dua varian, yakni foaming dan non-foaming milk bath. Untuk Anda yang suka berendam dengan sensasi busa melimpah, varian foaming tentu wajib Anda coba. Selain itu, produk ini juga tersedia dalam kemasan refill 500 gram, lho. Bisa Anda pilih jika ingin lebih hemat.

No.6

Beauty BuffetMade in Nature Goat Milk Cream Bath

Mulai dari Rp210.000,00

Kulit kering ternutrisi berkat khasiat susu kambing

Susu kambing memiliki kandungan lemak lebih tinggi ketimbang susu sapi sehingga mampu melembapkan dan menghaluskan kulit dengan lebih baik. Apabila Anda memiliki kulit yang sangat kering, cobalah milk bath berbahan dasar susu kambing seperti produk satu ini.


Susu kambing juga kaya akan vitamin E, B6, dan B12 sehingga sangat baik untuk memberikan nutrisi ekstra pada kulit. Produk ini juga dilengkapi dengan co-enzyme Q10 yang dapat menangkal radikal bebas dan menstimulasi produksi kolagen. Rasakan kulit ekstra lembut dengan produk milk bath unik dari susu kambing ini.

No.7

ViennaMilk Bath Powder

Mulai dari Rp29.000,00

Dilengkapi minyak aromaterapi yang menenangkan

Bersantai dengan berendam di air hangat setelah seharian beraktivitas memang dapat membuat tubuh menjadi relaks. Makin nyaman lagi jika dilengkapi wewangian aromaterapi khas spa mewah. Sekarang Anda bisa menjadikan ritual mandi terasa seperti di spa dengan produk ini! Milk bath powder dari Vienna ini dilengkapi aromatherapy oil yang menenangkan.


Produk ini diformulasikan secara khusus dengan susu yang kaya akan vitamin, protein, dan mineral. Berbagai kandungan susu tersebut akan membantu merawat kulit agar lebih cerah, serta menjadikan warna kulit lebih merata. Produk ini tersedia dalam tiga varian, yakni Goat's Milk, Alluring Rose, dan Relaxing Lavender.

No.8

DeBiurynBody Milky Foam

Mulai dari Rp69.000,00

Mandi susu dengan busa melimpah! Aman untuk ibu hamil dan menyusui

Mandi susu memang dapat membuat pikiran menjadi tenang. Namun, mandi busa juga memberikan sensasi tersendiri yang seru dan menyenangkan. Tidak perlu bingung memilih antara mandi busa atau mandi susu, Anda bisa merasakan keduanya bersamaan dengan memilih produk ini!


Dengan bahan utama susu sapi, kulit Anda akan terasa halus, segar, dan sehat setelah mandi. Kandungannya diperkaya dengan bahan alami, yaitu Aloe barbadensis extract dan Acacia senegal gum fragrance. Produk ini juga diklaim aman untuk ibu hamil dan menyusui.

No.9

WatsonsRejuvenating Soy Milk Bath

Mulai dari Rp69.900,00

Rasakan kelembutan susu kedelai dengan aromanya yang manis

Milk bath dari Watsons ini mengandung ekstrak kedelai yang bermanfaat sebagi anti-aging. Dilengkapi pula dengan protein susu terhidrolisis, penyerapan nutrisinya ke dalam kulit jadi lebih maksimal. Produk ini mampu meremajakan, melembapkan, dan melembutkan kulit.


Anda dapat menggunakan Rejuvenating Soy Milk Bath untuk berendam atau sebagai pengganti sabun. Formulanya akan membersihkan kulit dengan lembut dan meninggalkan aroma manis yang menenangkan.

No.10

AmaranthineSanur Sweet Sense Spa Firming and Slimming Milk Bath

Mulai dari Rp124.118,00

Dapat efek tambahan untuk membantu membakar lemak tubuh

Apakah Anda ingin mendapatkan efek tambahan selagi berelaksasi mandi menggunakan milk bath? Jika ya, produk ini wajib Anda coba. Dengan ramuan tradisional, produk ini akan membantu membakar lemak tubuh dan membantu mengencangkan tubuh. Meski demikian, Anda tetap harus menjaga pola makan sehat dan berolahraga secara teratur, ya! Dengan begitu, hasil yang dirasakan akan lebih optimal.

Cara menggunakan milk bath

Cara menggunakan milk bath

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan milk bath. Simak tips dan ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!


  • Untuk mandi susu atau berendam di bathub

Isilah bathub menggunakan air hangat. Kemudian tambahkan kurang lebih tiga sendok makan milk bath cair atau bubuk ke dalamnya. Aduk hingga rata, lalu gunakan untuk berendam selama 20-30 menit. Biarkan otot-otot Anda relaks. Lakukan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.


  • Untuk luluran

Masukkan dua sendok makan milk bath ke dalam mangkok. Masukkan lulur mandi secukupnya dan aduk merata. Apabila Anda menggunakan milk bath jenis powder dan campurannya masih terlalu kental, bisa tambahkan air sesuai selera. Aplikasikan ke permukaan tubuh sambil pijat perlahan. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas sampai bersih.


  • Untuk mandi biasa

Milk bath jenis cair bisa langsung Anda tuang langsung ke telapak tangan atau ke spons mandi. Kemudian, aplikasikan ke tubuh selayaknya memakai shower gel. Gosok badan secara merata, lalu bilas hingga bersih. Untuk jenis bubuk, campurkan terlebih dahulu dengan air hangat.


Baca juga rekomendasi produk perlengkapan mandi lainnya di sini

Selain milk bath, ada beberapa produk lainnya yang bisa menjadikan sensasi mandi Anda lebih nyaman. Di antaranya adalah bath bomb, bath salt, lilin aromaterapi. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, silakan cek artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan milk bath yang dirasa paling cocok? Semoga referensi dari kami bisa membantu Anda menemukan milk bath terbaik. Untuk kecantikan dan kesehatan kulit, pilihlah jenis susu sesuai dengan manfaat yang diinginkan. Cek juga kandungan tambahan di dalamnya. 


Anda juga bisa memilih berdasarkan tekstur yang lebih Anda sukai. Milk bath akan membuat pengalaman mandi Anda lebih menyenangkan. Anda juga akan lebih relaks setelah mandi. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer