• 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Susu Tinggi Protein Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)

Protein memainkan peran krusial untuk pertumbuhan anak. Namun, beberapa anak sulit memenuhi kebutuhan nutrisi ini dari makanan saja. Atas alasan tersebut, susu tinggi protein untuk anak dapat dipertimbangkan. Susu tinggi protein untuk anak, bayi, dan balita untungnya cukup banyak di pasaran.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih susu protein tinggi untuk anak, bayi, dan balita. Review susu berprotein tinggi yang bagus dari berbagai merek juga akan kami berikan. Anda dapat memilih susu DANCOW, Morinaga, hingga Pediasure. Artikel ini sudah ditinjau oleh ahli gizi kami, Leona Victoria. Mari simak pembahasannya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Leona Victoria
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 27 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Profil pakar: Nutritionist, Leona Victoria, MND

Victoria adalah ahli gizi yang memiliki akreditasi praktik dari Dietitians Association of Australia. Wanita yang memiliki gelar Master of Nutrition and Dietetics ini sudah 10 tahun berpengalaman menangani diabetes, weight management, mindful eating, dan gizi anak.


Pengalaman kerjanya di Sydney meliputi allergy clinic (RPAH), diabetes center (RNSH), dan Blacktown Medical Center. Di Indonesia Victoria banyak bekerja untuk corporate campaign seperti Kraft, Wyeth Nutrition, Meat & Livestock Australia, dan Pepsodent. 

Sekilas tentang protein

Sebelum menjelaskan cara memilih susu tinggi protein untuk anak, kami akan mengulas tentang apa itu protein. Simak selengkapnya, ya.

Apa itu protein?

Apa itu protein?

Protein adalah nutrisi pembangun jaringan tubuh yang diperlukan oleh semua manusia. Jika dipecah lagi, protein tersusun dari beragam jenis asam amino. Tubuh manusia setidaknya membutuhkan sekitar dua puluh asam amino untuk menjalankan berbagai fungsi. 


Sembilan asam amino tergolong esensial atau tidak mampu dibuat sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, manusia harus memenuhi asam amino esensial dari makanan sehari-hari.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Setiap organ tubuh kita pasti membutuhkan protein sebagai bahan pembentuknya, bahkan sampai ke kuku dan rambut. Asam amino dapat kita ibaratkan sebagai alfabet. Rantai gabungan asam amino yang berbeda-beda dapat membentuk jenis protein berbeda untuk seluruh fungsi tubuh kita.

Manfaat protein untuk tumbuh kembang anak

Pada usia anak-anak, protein memiliki peran penting dalam masa pertumbuhan. Agar Anda lebih memahami pentingnya protein tersebut, sebaiknya Anda simak beberapa fungsinya berikut ini.

Sebagai sumber energi

Sebagai sumber energi

Sama seperti karbohidrat dan lemak, protein juga menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh. Protein menjadi cadangan energi yang akan dipakai ketika asupan karbohidrat dan lemak tidak mencukupi. 


Meski protein dapat memberikan energi pengganti karbohidrat dan lemak, hal itu tidak berlaku sebaliknya. Karbohidrat dan lemak tidak dapat menggantikan peran protein sebab tidak memiliki kemampuan perbaikan dan pertumbuhan sel.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Sama seperti karbohidrat, 1 gram protein mengandung 4 kalori. Saat tubuh kekurangan energi, tubuh dapat memecah massa otot sebagai cadangan terbesar protein sebagai sumber energi. Namun, hal ini tidak kita inginkan, terutama pada anak. Asupan energi harus cukup dari kombinasi karbohidrat, protein, dan lemak.

Membantu proses pertumbuhan

Membantu proses pertumbuhan

Usia anak-anak merupakan masa penting untuk memaksimalkan pertumbuhan. Oleh karena itu, menjaga asupan protein pada masa ini sangatlah penting. Semua proses pertumbuhan pada tubuh, seperti pembentukan kulit, rambut, dan kuku membutuhkan peran protein. Kekurangan asupan protein dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan, gangguan kecerdasan, hingga masalah perilaku.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Kecukupan protein dalam proses pertumbuhan yang paling kasat mata adalah pertambahan tinggi badan anak. Untuk bertambah tinggi, selain pertumbuhan tulang, massa otot yang mengelilingi tulang juga perlu bertambah. Kekurangan energi dan protein kronis bisa menyebabkan wasting (kurus) dan stunting (pendek).

Membangun serta memperbaiki jaringan tubuh

Membangun serta memperbaiki jaringan tubuh

Protein juga bertanggung jawab untuk membangun, memelihara, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Pada tubuh yang sehat, protein akan memelihara dan menjaga jaringan tubuh selalu sama setiap harinya. 


Sementara itu, pada kondisi tertentu seperti pada saat tubuh sakit, kebutuhan protein akan meningkat. Protein bertanggung jawab untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak agar pertumbuhan sel tetap berlangsung.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Tubuh anak harus mengganti sel-sel yang rusak setiap hari. Selain dalam kondisi sakit atau pemulihan, protein tinggi juga diperlukan setelah berolahraga. Protein tinggi berfungsi untuk memperbaiki sel-sel otot dan persendian setelah berolahraga.

Memproduksi zat lain yang diperlukan tubuh

Memproduksi zat lain yang diperlukan tubuh

Protein juga diperlukan untuk memproduksi berbagai zat lain, mulai dari hormon, darah, enzim, hingga sumsum tulang. Zat-zat tersebut berperan penting dalam pertumbuhan, mulai dari masa kanak-kanak hingga usia dewasa. 


Selain itu, protein jugalah yang membantu tubuh membentuk antibodi. Antibodi sendiri berperan untuk melawan infeksi bakteri dan virus sehingga mencegah penyakit yang sama pada kemudian hari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu tinggi protein untuk anak

Ada banyak sekali produk susu anak berbagai merek di pasaran. Agar Anda tidak salah memilih, berikut kami berikan beberapa tips memilih susu tinggi protein untuk anak. 

Pilih berdasarkan jenis susunya

Pilih berdasarkan jenis susunya

Hal pertama untuk diperhatikan saat memilih susu yang mengandung protein adalah jenis susunya. Susu sapi biasanya menjadi pilihan pertama orang tua. Namun, untuk anak yang alergi susu sapi, susu kedelai yang sudah diperkaya dengan banyak nutrisi bisa menjadi alternatif.


  • Susu sapi

Susu sapi memiliki kandungan yang cukup mendekati ASI, termasuk kandungan proteinnya. Kandungan protein pada jenis ini lebih mudah dicerna dan relatif aman sekalipun dikonsumsi saat kondisi perut kosong. 


  • Susu kedelai

Jika anak Anda tidak mengonsumsi susu sapi, misalnya karena alergi, produk susu kedelai fortifikasi dapat menjadi opsi. Fortifikasi berarti susu kedelai yang Anda berikan harus diperkaya dengan beragam nutrisi esensial. Dengan begitu, diharapkan pertumbuhan dan perkembangan si kecil tetap berjalan maksimal.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Susu sapi biasanya lebih gampang untuk dicari. Sementara itu, susu kedelai dapat dipilih oleh anak-anak yang alergi susu sapi ataupun menganut diet vegan.


Harap diingat bahwa anak harus mengonsumsi susu kedelai fortifikasi. Hal ini dilakukan agar susu kedelai fortifikasi dapat dianggap sebagai substitusi susu sapi sebagai sumber protein, kalsium, dan kalori. Susu kedelai homemade tidak mempunyai komposisi nutrisi yang sesuai untuk kebutuhan anak.

Perhatikan kadar protein yang terkandung

Perhatikan kadar protein yang terkandung

Setiap 100 gram sajian susu sapi terkandung sekitar 3,2 gram protein. Sementara itu, protein dalam susu formula memiliki kadar yang berbeda tergantung formulasinya. Untuk mengetahui kadar protein dalam dalam susu anak, Anda bisa melihatnya pada tabel nutrisi. Tabel ini biasanya tersedia di belakang kemasan susu. 


Terdapat dua keterangan kandungan protein yang ditulis, yakni satuan gram dan persentase (%). Satuan gram menunjukkan kandungan gram protein yang terkandung dalam susu per saji. Sementara itu, persentase menunjukkan berapa persen kandungan protein per saji dapat memenuhi angka pemenuhan gizi (AKG).


Kami menyarankan Anda untuk memilih susu yang mengandung protein minimal 5 gram per saji. Namun, beberapa produk seperti susu kedelai biasanya hanya mengandung 4 gram protein per saji.

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Selain kalsium, komposisi protein adalah hal yang harus Anda perhatikan. Usahakan pilih susu yang mengandung paling tidak 5 gram protein per 100 ml atau 12 gram per 1 takaran saji (250 ml).

Sesuaikan susu dengan usia anak

Sesuaikan susu dengan usia anak

Kebutuhan nutrisi tiap usia anak selalu berubah. Maka dari itu, susu formula biasanya memiliki komposisi vitamin dan mineral yang berbeda-beda menyesuaikan dengan rentang usia anak. 


Tentu saja susu untuk anak di bawah satu tahun akan berbeda dengan susu untuk anak usia 1–3 tahun. Begitu pun dengan usia di atasnya. Pilihlah susu yang sesuai dengan usia anak agar asupan gizinya tepat sasaran.

Apakah si kecil berusia enam tahun ke atas? Kami memiliki informasi terkait susu untuk pertumbuhannya pada usia tersebut. Simak pembahasannya, ya!

Leona Victoria
Nutritionist
Leona Victoria

Susu untuk kurang dari 12 bulan dan di atas 12 bulan biasanya terdapat perbedaan kandungan di komposisi zat besinya. Menurut AKG 2019, bayi yang berusia 6–12 bulan membutuhkan 11 mg zat besi per hari. Sementara itu, untuk anak 1–3 tahun hanya membutuhkan 7 mg.


Susu untuk anak di atas satu tahun pun biasanya mempunyai pilihan rasa. Penambahan rasa biasanya diiringi dengan penambahan gula tambahan agar terasa lebih manis. Saya sarankan untuk selalu memilih produk susu yang memiliki gula tambahan paling rendah.

Cek kadar nutrisi lain dalam produk susu

Cek kadar nutrisi lain dalam produk susu

Meski fokus pada kandungan protein dalam susu, bukan berarti Anda mengabaikan nutrisi lainnya. Merek susu yang tinggi protein untuk anak umumnya sudah menambahkan beragam vitamin, mineral, hingga lemak sehat. Namun, hal yang dapat menjadi pembeda dari produk tersebut adalah kadar tiap-tiap nutrisi tersebut.


Misalnya, beberapa produk mengandung vitamin C dengan kadar tinggi. Hal ini tentu bermanfaat untuk menunjang daya tahan tubuh anak. Ada pula produk yang menawarkan mineral tertentu dengan kadar tinggi, seperti kalsium dan zat besi. Kadar nutrisi yang tinggi pada produk susu dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk menyokong pertumbuhan si kecil.

Cari rasa susu sesuai selera anak

Cari rasa susu sesuai selera anak

Tidak sedikit anak yang menolak meminum susu dengan berbagai alasan. Anda harus pandai-pandai menyiasati hal ini. Memilih rasa susu menurut selera anak adalah salah satu cara terbaik. 


Berbagai produk susu kaya protein memiliki varian rasa, mulai dari vanila, cokelat, hingga madu. Jika anak tidak mempermasalahkan rasa, pertimbangkan untuk mengganti varian produk secara berkala agar anak tidak bosan.    

10 Rekomendasi susu tinggi protein terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh susu tinggi protein terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Leona Victoria.

10
Jenis susuSusu kedelai
Isi300 g dan 600 g
Kadar protein per saji4 g
Varian rasaPlain
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D, E, K),
Peruntukan usia6–12 bulan
9
Jenis susuSusu sapi
Isi25 g
Kadar protein per saji4 g
Varian rasaCokelat dan vanila
Nutrisi lainnyaVit. A, vit. B (B1, B2, B3, B6, B9), vit. C, vit. D3, vit. E, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zink, dan selenium
Peruntukan usiaUsia sekolah
8

Mead JohnsonEnfagrow Essential 4

Mulai dari Rp 82.000,00

Jenis susuSusu sapi
Isi400, 800, dan 1.800 g
Kadar protein per saji6 g
Varian rasaVanila
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D, E, K), kolin, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink, mangan, dan nutrisi lainnya
Peruntukan usiaDi atas 3 tahun
7
Jenis susuSusu kedelai
Isi400 g dan 850 g
Kadar protein per saji6 g
Varian rasaVanila
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D3, E, K1), fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, zink, yodium, selenium, DHA, dan nutrisi lainnya
Peruntukan usia1–10 tahun
6
Jenis susuSusu sapi
Isi350 g, 800 g, 1.200 g, dan 1.800 g
Kadar protein per saji6 g
Varian rasaMadu dan vanila
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D, E), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink, mangan, yodium, DHA, kolin, dan nutrisi lainnya
Peruntukan usia3–6 tahun
5

SarihusadaSGM Eksplor Soya 1+ Pro-gress Maxx dengan IronC

Mulai dari Rp 54.800,00

Jenis susuSusu kedelai
Isi400 g dan 700 g
Kadar protein per saji4 g
Varian rasaMadu
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D3, E, K1, kalsium, kalium, kolin, fosfor, zat besi, zink, DHA, dan nutrisi lainnya
Peruntukan usia1–5 tahun
4
Jenis susuSusu sapi
Isi200 g, 400 g, dan 800 g
Kadar protein per saji5 g
Varian rasaMadu, vanila, dan cokelat
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, E, D), kalsium, fosfor, zat besi, zink, kalium, dan nutrisi lainnya
Peruntukan usia5–12 tahun
3
Jenis susuSusu sapi
Isi200 g, 400 g, 850 g, dan 1.800 g
Kadar protein per saji5 g
Varian rasaVanila, cokelat, madu, dan classic milky
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D3, E, K1), kalium, magnesium, zat besi, zinc, kolin, yodium, selenium, taurin, carnitine, arginine, DHA, dan AA
Peruntukan usia1–10 tahun
2
Jenis susuSusu sapi
Isi150 g, 400 g, 800 g, 1.200 g, dan 2.000 g
Kadar protein per saji5 g
Varian rasaMadu, vanila, dan cokelat
Nutrisi lainnyaVit (A, B kompleks, C, D, E, K), kalsium, magnesium, fosfor, biotin, zat besi, zink, yodium, selenium, dan tembaga
Peruntukan usia1–3 tahun
1
Jenis susuSusu sapi
Isi135 g, 350 g, 725 g, dan 950 g
Kadar protein per saji5 g
Varian rasaMadu dan vanila
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D3, E, K), kolin, fosfor, zat besi, zink, DHA, magnesium, dan nutrisi lainnya
Peruntukan usia1–3 tahun

Tabel perbandingan produk susu tinggi protein terbaik untuk anak

Gambar produk
1
vidoran Susu vidoran Xmart 1+ 1

vidoran

2
Frisian Flag Primagro 1+ 1

Frisian Flag

3
Abbott PediaSure 1

Abbott

4
Nestlé  DANCOW 5+ Nutritods 1

Nestlé

5
Sarihusada SGM Eksplor Soya 1+ Pro-gress Maxx dengan IronC 1

Sarihusada

6
Mead Johnson Sustagen Kid 3+ 1

Mead Johnson

7
Abbott Isomil Plus Advance 1

Abbott

8
Mead Johnson Enfagrow Essential 4 1

Mead Johnson

9
Fonterra Anchor Boneeto Sachet 1

Fonterra

10
Morinaga Chil Mil Soya 1

Morinaga

Nama produk

Susu vidoran Xmart 1+

Primagro 1+

PediaSure

DANCOW 5+ Nutritods

SGM Eksplor Soya 1+ Pro-gress Maxx dengan IronC

Sustagen Kid 3+

Isomil Plus Advance

Enfagrow Essential 4

Anchor Boneeto Sachet

Chil Mil Soya

Keunggulan

Dukung cara berpikirnya dengan minyak hati ikan kod

Anak tetap aktif dengan kadar vitamin C yang impresif!

Di balik tubuh anak yang sehat ada susu bervitamin lengkap!

Kebaikan bakteri baik agar anak bebas bereksplorasi

Susu soya tetap nikmat dengan rasa madu

Tinggi zat besi untuk maksimalkan kesehatan si kecil

Optimalkan tumbuh kembang anak dengan tambahan kalsium

Formula tak biasa karena bebas gula pasir

Antiribet, hadir dalam kemasan saset yang praktis

Susu nabati pendamping ASI dengan vitamin B yang komplet

Harga mulai dariRp 60.600,00Rp 21.000,00Rp 79.000,00Rp 55.000,00Rp 54.800,00Rp 168.400,00Rp 123.000,00Rp 82.000,00Rp 30.571,00Rp 90.000,00
Jenis susuSusu sapiSusu sapiSusu sapiSusu sapiSusu kedelaiSusu sapiSusu kedelaiSusu sapiSusu sapiSusu kedelai
Isi135 g, 350 g, 725 g, dan 950 g150 g, 400 g, 800 g, 1.200 g, dan 2.000 g200 g, 400 g, 850 g, dan 1.800 g200 g, 400 g, dan 800 g400 g dan 700 g350 g, 800 g, 1.200 g, dan 1.800 g400 g dan 850 g400, 800, dan 1.800 g25 g300 g dan 600 g
Kadar protein per saji5 g5 g5 g5 g4 g6 g6 g6 g4 g4 g
Varian rasaMadu dan vanilaMadu, vanila, dan cokelatVanila, cokelat, madu, dan classic milkyMadu, vanila, dan cokelatMaduMadu dan vanilaVanilaVanilaCokelat dan vanilaPlain
Nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D3, E, K), kolin, fosfor, zat besi, zink, DHA, magnesium, dan nutrisi lainnyaVit (A, B kompleks, C, D, E, K), kalsium, magnesium, fosfor, biotin, zat besi, zink, yodium, selenium, dan tembagaVitamin (A, B kompleks, C, D3, E, K1), kalium, magnesium, zat besi, zinc, kolin, yodium, selenium, taurin, carnitine, arginine, DHA, dan AAVitamin (A, B kompleks, C, E, D), kalsium, fosfor, zat besi, zink, kalium, dan nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D3, E, K1, kalsium, kalium, kolin, fosfor, zat besi, zink, DHA, dan nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D, E), kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink, mangan, yodium, DHA, kolin, dan nutrisi lainnyaVitamin (A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D3, E, K1), fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, zink, yodium, selenium, DHA, dan nutrisi lainnyaVitamin (A, B kompleks, C, D, E, K), kolin, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, zink, mangan, dan nutrisi lainnyaVit. A, vit. B (B1, B2, B3, B6, B9), vit. C, vit. D3, vit. E, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, zink, dan seleniumVitamin (A, B kompleks, C, D, E, K),
Peruntukan usia1–3 tahun1–3 tahun1–10 tahun5–12 tahun1–5 tahun3–6 tahun1–10 tahunDi atas 3 tahunUsia sekolah6–12 bulan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi susu untuk anak lainnya di sini

Susu dapat menjadi pelengkap nutrisi yang diperlukan anak pada periode perkembangannya. Kami sudah mengulas beragam artikel mengenai susu untuk anak, termasuk susu peninggi badan atau penambah berat badan. Mari simak artikel yang paling pas untuk kondisi si kecil dengan mengeklik tautan berikut.

Kesimpulan

Mengandalkan asupan makanan sehari-hari untuk anak mungkin belum dapat mencukupi asupan nutrisinya. Jika hal itu dibiarkan, pertumbuhan anak pun menjadi kurang maksimal. Dengan memberikan susu tinggi protein, setidaknya Anda sudah memastikan beberapa nutrisi anak terpenuhi.


Semoga tips dan rekomendasi di atas dapat membantu Anda menemukan produk susu tinggi protein untuk anak. Agar makin pas dengan kondisinya, konsultasikanlah dengan dokter sebelum anak memberikan susu tinggi protein. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Bayi - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula yang bagus untuk bayi, seperti Enfamil, SGM, dan Lactogen. Akan tetapi, bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Kami akan membahas cara memilih susu formula untuk bayi. Kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi prematur, bayi usia 0–6 bulan, dan usia 6–12 bulan. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
    Makanan & susu bayi
  • 7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    7 Susu Formula Terbaik untuk Penambah Berat Badan Bayi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Asupan terbaik untuk bayi di bawah usia 1 tahun adalah ASI. Namun, bayi pada kondisi tertentu membutuhkan tambahan nutrisi lain berupa susu formula. Susu formula untuk bayi di bawah 1 tahun tentu berbeda dengan anak usia di atas 1 tahun. Tahapan tumbuh kembang mereka berbeda sehingga kebutuhan nutrisinya juga berbeda.Artikel ini akan membantu Anda mencari susu penambah berat badan bayi yang bagus. Anda akan menemukan beberapa merek terbaik, seperti Morinaga BMT, Lactogen, atau Bebelove. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Leona Victoria. Jadi, tetaplah membaca, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    10 Susu Formula Terbaik untuk Anak 2 Tahun - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam tiap fase tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda sesuai tingkat usia dan aktivitasnya. Maka dari itu, pemilihan susu formula untuk anak dua tahun haruslah sesuai dengan kebutuhan nutrisinya. Namun, nutrisi dan gizi apa saja yang harus ada dalam susu formula untuk anak dua tahun?Kami akan membagikan tips memilih susu formula yang bagus untuk anak dua tahun. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula dari merek terbaik, seperti Pediasure, Enfagrow, dan Bebelac. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter OBGYN kami, dr. Andri Welly, SpOG. 
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Ketika mencapai usia 6 bulan, bayi Anda akan membutuhkan makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Bubur bayi instan merupakan salah satu MPASI yang banyak digunakan. Selain praktis, bubur bayi ini memiliki berbagai varian rasa, kandungan vitamin, mineral, dan lainnya.Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih bubur bayi yang bagus, enak, sehat, dan baik untuk perkembangan bayi. Merk-merk bubur bayi untuk kecerdasan otak, seperti Milna, Promina, SUN, dan Cerelac tak ketinggalan untuk kami ulas. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi kami, Leona Victoria. Yuk, simak terus artikel ini selengkapnya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    10 Susu Bayi Terbaik yang Rendah Laktosa - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaik Tahun 2022)
    Bayi Anda mengalami diare setelah minum susu formula? Bisa jadi, pencernaannya intoleran terhadap laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan susu formula bayi rendah laktosa atau bebas laktosa. Kedua varian tersebut bisa Anda dapatkan dari berbagai merk, seperti Neocate LCP, Nutren Junior, dan SGM.Jika Anda sedang mencari susu bayi yang bagus dan rendah atau bebas laktosa, Anda bisa membaca artikel ini. Kami akan mengulas tips memilih, serta memberi rekomendasi sufor bayi terbaik yang rendah atau tanpa laktosa. Kami juga berkolaborasi dengan ahli gizi, Leona Victoria, MND. Simak sampai akhir, ya!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    10 Biskuit Bayi Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2022)
    Selepas usia 6 bulan, bayi boleh diberi makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Selain bubur dan puree, ibu juga bisa memberikan camilan berupa biskuit bayi. Karena itu, kami akan menjelaskan mengenai biskuit bayi, termasuk biskuit fortifikasi dan biskuit tinggi kalori yang bikin gemuk. Beragam biskuit untuk usia 6 bulan, 7 bulan, atau 8 bulan ke atas pun akan kami ulas.Bidan Ony juga turut menambah tips memilih biskuit yang bagus untuk bayi. Ada pula rekomendasi beragam merek biskuit bayi, seperti Milna, Yummy Bites, Promina, dan lain-lain. Selamat membaca!
    Makanan & susu bayi
  • 10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bubur Bayi Organik Terbaik yang Enak dan Aman untuk Dikonsumsi - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan pendamping ASI (MPASI) diperlukan agar tumbuh kembang buah hati Anda lebih optimal. MPASI bisa berupa bubur bayi organik yang bebas dari zat berbahaya, seperti pestisida. Terdapat berbagai macam bubur organik, misalnya yang dibuat tanpa susu sapi dan yang bisa disajikan tanpa perlu dimasak.Kali ini, kami akan berbagi informasi cara memilih bubur bayi organik. Kami juga akan merekomendasikan produk terbaik berdasarkan rasa, kandungan nutrisi, serta teksturnya. Deretan merek bubur bayi organik yang bagus, seperti Milna, Nayz, dan Gasol, akan kami ulas. Simak juga komentar ahli gizi kami, Leona Victoria.
    Makanan & susu bayi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori