• 10 Masker Tomat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Masker Tomat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Masker Tomat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Masker Tomat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Masker Tomat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Masker Tomat Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Tomat kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Tomat juga dipercaya memberikan banyak manfaat pada kulit sehingga sering dijadikan masker. Untuk itu, kami akan membahas beberapa masker tomat yang dapat membantu masalah beruntusan, jerawat, dan bekas jerawat.


Apabila Anda tertarik mengetahui lebih lanjut, silakan simak artikel ini sampai habis, ya! Kami akan memberikan tips memilih serta mengulas produk-produk terbaiknya untuk Anda. Ada berbagai masker tomat yang bagus seperti produk merek Citra, POND'S, dan Mustika Ratu. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Galih Manggala Mahardika. Selamat membaca!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Galih Manggala
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Galih Manggala Mahardika
dr. Galih Manggala
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Galih Manggala

dr. Galih adalah dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Brawijaya. Beliau anggota aktif PERDOSKI dan sering mengikuti simposium dan workshop nasional maupun internasional untuk meningkatkan kompetensi.

Saat ini dr. Galih berpraktik di RS Permata Depok, RS Brawijaya Depok, dan Calysta Skincare Bandung. Selama 10 tahun berpraktik, beliau menangani bidang kosmetik, infeksi, alergi dan autoimun, infeksi menular seksual, kehamilan, dan sebagainya. Beliau juga aktif membuat konten edukasi di akun Instagram-nya.

Kenali manfaat tomat untuk kulit

Kenali manfaat tomat untuk kulit

Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan, tomat menyimpan banyak manfaat untuk kulit. Tomat mengandung sejumlah antioksidan dan vitamin yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Karena itu, tidak jarang produsen kosmetik menggunakannya sebagai bahan dalam produk perawatan kulit. Beberapa kandungan lain dalam tomat yang baik untuk kulit adalah:


  • Likopen: Warna merah tomat diperoleh dari senyawa likopen, yaitu senyawa yang dapat melindungi kulit dari bahaya kanker. Likopen juga membantu mengurangi risiko sunburn dan inflamasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

  • Vitamin C: Tomat juga dikenal sebagai sumber vitamin, terutama vitamin C yang mampu menunjang sistem imun dan merangsang produksi kolagen. Bukan hanya itu, vitamin C pada konsentrasi tertentu dapat mencerahkan kulit.

  • Vitamin B: Tomat mengandung serangkaian vitamin B yang menunjang pencegahan terhadap penuaan dini, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam.

  • Antioksidan dan asam: Dipercaya membantu mengontrol penumpukan minyak di pori-pori.

  • Potassium: Dapat memberikan kelembapan untuk kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih masker tomat

Di bawah ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang dapat Anda gunakan untuk memilih masker tomat. Pemilihan masker tomat yang tepat akan membuat hasilnya optimal.

Ketahui jenis masker tomat

Masker tomat yang ditawarkan para produsen tidak hanya satu jenis. Setiap jenis memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda.

Wash-off mask, masker bilas yang terasa lembut di kulit

Wash-off mask, masker bilas yang terasa lembut di kulit

Wash-off mask adalah jenis masker yang perlu dibilas dengan air seusai pemakaiannya. Masker jenis bilas dapat berupa krim atau bubuk yang membutuhkan tambahan air sebelum siap digunakan. Anda bisa mengoleskannya di wajah dengan kuas maupun jari. 


Wash-off mask perlu didiamkan beberapa saat agar mengering. Periksalah petunjuk pemakaian karena tiap masker dapat mengering dalam waktu yang berbeda. Setelah itu, bilas masker sampai bersih lalu keringkan wajah dengan tisu atau handuk. Kulit Anda akan terasa lebih lembut dan tampak cerah setelah pemakaian masker ini.

Sheet mask, lebih praktis dan memberikan kelembapan ekstra

Sheet mask, lebih praktis dan memberikan kelembapan ekstra

Sheet mask merupakan jenis masker berbentuk seperti lembaran tisu yang direndam dalam cairan berupa essence. Meski dapat digunakan untuk semua jenis kulit, sheet mask sangat direkomendasikan untuk kulit kering karena memberikan kelembapan ekstra. Selain kemasannya tidak memakan banyak tempat, penggunaan sheet mask sangat mudah dan praktis.


Cukup buka kemasan masker, keluarkan lembarannya, lalu tempelkan di wajah Anda. Tunggu 15–20 menit agar kandungannya meresap ke dalam kulit. Lepas masker, lalu tepuk-tepuk cairan yang tersisa di kulit wajah tanpa perlu dibilas. Anda juga bisa memanfaatkan kelebihan essence dari sheet mask untuk melembapkan area tubuh lain seperti leher atau siku. 

Sleeping mask, kulit terlihat lebih cerah di keesokan harinya

Sleeping mask, kulit terlihat lebih cerah di keesokan harinya

Sesuai dengan namanya, masker ini digunakan pada malam hari sebelum tidur. Sleeping mask sering kali digunakan sebagai tahap terakhir dari rangkaian rutin perawatan kulit. Umumnya, sleeping mask memiliki tekstur berbentuk krim atau gel yang digunakan dengan cara dioleskan di wajah.


Kandungan dalam masker akan bekerja dan diserap oleh kulit selama Anda tertidur. Saat Anda bangun tidur keesokan harinya, jangan lupa untuk membilas masker. Anda akan mendapatkan wajah yang terasa segar dan terlihat lebih cerah pada pagi hari.

Peel-off mask, angkat sel kulit mati dan komedo membandel

Peel-off mask, angkat sel kulit mati dan komedo membandel

Peel-off mask biasanya bertekstur gel dan akan mengering dalam beberapa waktu setelah dioleskan di wajah. Setelah mengering, gel tersebut nantinya akan membentuk menjadi lapisan yang perlu dikelupas dari wajah.


Anda tidak perlu lagi mencuci wajah setelah menggunakan peel-off mask, cukup gunakan toner agar kulit tidak kering. Karena ampuh mengatasi problem seperti penyumbatan pori dan minyak berlebih, peel-off mask direkomendasikan untuk kulit berminyak. Namun, penggunaan terlalu sering kadang membuat kulit teriritasi.

Perhatikan kandungannya agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda

Perhatikan kandungannya agar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, Anda juga bisa memilih masker tomat berdasarkan kondisi dan kebutuhan kulit. Umumnya, masker tomat dibuat dengan kandungan tambahan yang dapat membantu Anda mengatasi permasalahan kulit tertentu.


  • Kulit berminyak
Masker tomat sendiri baik untuk kulit berminyak karena mengandung asam salisilat yang mampu membantu menyerap minyak berlebih.


  • Kulit beruntusan dan berjerawat
Untuk kulit berminyak dan acne prone, pilih masker tomat yang mengandung madu, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Vitamin-vitamin tersebut dapat mengatasi jerawat dan bekasnya, sedangkan madu merangsang pertumbuhan sel kulit dan melembapkan. Namun, madu juga dapat menyebabkan alergi pada pasien yang sensitif terhadap polen.


  • Kulit kering
Kulit kering membutuhkan kelembapan ekstra yang menghidrasi. Maka dari itu, pilih masker dengan kandungan lidah buaya, mentimun, hyaluronic acid, atau shea butter.

  • Kulit sensitif dan kemerahan
Pemilik jenis kulit ini perlu lebih berhati-hati dalam memilih masker. Pilih masker yang memiliki kandungan sederhana dan tidak mengandung alkohol dan fragrance. Apabila kesulitan menemukan produknya, lakukan percobaan dahulu di area sekitar leher untuk memastikan masker tidak menyebabkan iritasi.


  • Kulit kusam
Masker dengan kandungan vitamin B3, vitamin C, atau alpha arbutin mampu mencerahkan kulit. Anda bisa menggunakan semua jenis masker yang memiliki kandungan tersebut untuk mendapatkan wajah segar dan cerah.


  • Kulit dengan tanda penuaan dini
Penuaan dini dapat ditandai dengan munculnya kerutan, garis halus, dan flek hitam di kulit. Untuk mengatasi masalah penuaan dini yang mempengaruhi penampilan, Anda memerlukan produk dengan kandungan antioksidan, kolagen, dan vitamin.

Pilih berdasarkan kemasannya

Pilih berdasarkan kemasannya

Kemasan masker yang ditawarkan di pasaran sangat bervariasi, termasuk kemasan masker tomat. Untuk memudahkan Anda dalam pemakaiannya, cobalah masker dengan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 


  • Jar: isinya lebih banyak sehingga Anda tidak perlu membelinya lagi selama beberapa waktu.

  • Tube: lebih steril karena tangan tidak bersentuhan langsung dengan produk yang belum terpakai. 

  • Sachet: kemasan sachet biasanya digunakan untuk mengemas sheet mask atau masker jenis lain dengan harga lebih terjangkau. Masker dalam kemasan sachet tidak memerlukan banyak tempat sehingga cocok untuk dibawa bepergian.

10 Rekomendasi masker tomat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker tomat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 29 Agustus 2022: 

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Citra Fresh Glow Multifunction Gel Tomato Bright UV masih memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, POND'S Vitamin Duo Sheet Mask Plumping Vitamin B6 + Tomato muncul sebagai produk terlaris kedua.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Galih Manggala Mahardika.

Gambar produk
1
Unilever Citra Fresh Glow Multifunction Gel Tomato Bright 1

Unilever

2
POND'S Vitamin Duo Sheet Mask Tomato + Vitamin B6 1

POND'S

3
Velrose Secret Nature Organic Face Mask Carrot Tomato 1

Velrose Secret

4
Mustika Ratu Masker Tomat 1

Mustika Ratu

5
Ovale  Facial Mask Tomato 1

Ovale

6
Lea Gloria Sheet Mask Tomato Smoothing 1

Lea Gloria

7
Layskin Tomato with Alpha Arbutin Peel Off Mask 1

Layskin

8
KKV La Beaute Tomato Nourishing Spa Mask 25g 1

KKV

9
Nature Republic Real Nature Tomato Mask Sheet (Ampoule Type) 1

Nature Republic

10
Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask 1

Smooto

Nama produk

Citra Fresh Glow Multifunction Gel Tomato Bright

Vitamin Duo Sheet Mask Tomato + Vitamin B6

Nature Organic Face Mask Carrot Tomato

Masker Tomat

Facial Mask Tomato

Sheet Mask Tomato Smoothing

Tomato with Alpha Arbutin Peel Off Mask

La Beaute Tomato Nourishing Spa Mask 25g

Real Nature Tomato Mask Sheet (Ampoule Type)

Tomato Collagen White & Smooth Mask

Keunggulan

Gel multifungsi yang praktis dengan harga ekonomis

Kombinasi kekuatan tomat dan vitamin B6 untuk samarkan pori-pori

Dilengkapi ekstrak wortel, efektif mengatasi masalah jerawat dan bekasnya

Redakan kemerahan di wajah dengan sensasi menyegarkan

Wajah tampak lebih muda berkat perpaduan ekstrak tomat dan vitamin

Lembaran maskernya tipis, essence-nya bisa terserap maksimal!

Cegah sumbatan di pori dengan peel-off mask

Lawan efek negatif radikal bebas dengan bahan pilihan

Essence melimpah tanpa terasa lengket di kulit

Formula khusus dari tomat segar berikan banyak manfaat untuk kulit

Harga mulai dariRp 29.900,00Rp 21.400,00Rp 100.000,00Rp 10.200,00Rp 8.900,00Rp 12.000,00Rp 15.000,00Rp 9.900,00Rp 14.000,00Rp 28.900,00
Isi180 ml20 gram150 gram15 gram15 gram15 ml10 gram25 gram23 ml10 gram
Jenis maskerSleeping maskSheet maskWash-off maskWash-off maskWash-off maskSheet maskPeel-off maskSheet maskSheet maskWash-off mask
Saran penggunaanSemua jenis kulitKulit kusam, kering, dan pori-pori besarKulit berminyak dan sensitifKulit kusamKulit yang menunjukkan penuaan diniTidak disebutkanSemua jenis kulitSemua jenis kulitTidak disebutkanSemua jenis kulit, termasuk kulit berminyak
KemasanTubeSachetJarSachetSachetSachetSachetSachetSachetSachet
Tautan produk
10

SmootoTomato Collagen White & Smooth Mask

Mulai dari Rp 28.900,00

Isi10 gram
Jenis maskerWash-off mask
Saran penggunaanSemua jenis kulit, termasuk kulit berminyak
KemasanSachet
9

Nature RepublicReal Nature Tomato Mask Sheet (Ampoule Type)

Mulai dari Rp 14.000,00

Isi23 ml
Jenis maskerSheet mask
Saran penggunaanTidak disebutkan
KemasanSachet
8

KKVLa Beaute Tomato Nourishing Spa Mask 25g

Mulai dari Rp 9.900,00

Isi25 gram
Jenis maskerSheet mask
Saran penggunaanSemua jenis kulit
KemasanSachet
7

LayskinTomato with Alpha Arbutin Peel Off Mask

Mulai dari Rp 15.000,00

Isi10 gram
Jenis maskerPeel-off mask
Saran penggunaanSemua jenis kulit
KemasanSachet
6

Lea GloriaSheet Mask Tomato Smoothing

Mulai dari Rp 12.000,00

Isi15 ml
Jenis maskerSheet mask
Saran penggunaanTidak disebutkan
KemasanSachet
5
Isi15 gram
Jenis maskerWash-off mask
Saran penggunaanKulit yang menunjukkan penuaan dini
KemasanSachet
4
Isi15 gram
Jenis maskerWash-off mask
Saran penggunaanKulit kusam
KemasanSachet
3

Velrose SecretNature Organic Face Mask Carrot Tomato

Mulai dari Rp 100.000,00

Isi150 gram
Jenis maskerWash-off mask
Saran penggunaanKulit berminyak dan sensitif
KemasanJar
2

POND'SVitamin Duo Sheet Mask Tomato + Vitamin B6

Mulai dari Rp 21.400,00

Isi20 gram
Jenis maskerSheet mask
Saran penggunaanKulit kusam, kering, dan pori-pori besar
KemasanSachet
1

UnileverCitra Fresh Glow Multifunction Gel Tomato Bright

Mulai dari Rp 29.900,00

Isi180 ml
Jenis maskerSleeping mask
Saran penggunaanSemua jenis kulit
KemasanTube

Pertanyaan umum seputar masker tomat

Pertanyaan umum seputar masker tomat

Setelah membahas tips memilih dan merekomendasikan produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar masker tomat untuk Anda. Bacalah uraian di bawah ini untuk mengetahui jawaban dari tiap pertanyaannya.

Berapa kali sebaiknya menggunakan masker tomat?

Terlalu sering menggunakan masker tomat dapat menimbulkan reaksi alergi akibat histamin. Jadi, masker tomat idealnya digunakan 1–2 kali seminggu. Hal tersebut penting terutama bila kulit Anda sensitif dan memiliki toleransi rendah terhadap efek samping masker tomat. Dengan begitu, Anda masih bisa merasakan manfaat masker tomat secara efektif dan aman.

Mengapa wajah terasa gatal ketika memakai masker tomat?

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kulit, dalam beberapa kasus, penggunaan masker tomat juga bisa menimbulkan efek samping negatif. Lalu, apa efek samping penggunaan masker tomat? Efek samping negatif seperti rasa gatal dan perih dapat terjadi akibat penggunaan masker tomat karena beberapa alasan.


  • Kulit sensitif
Buah tomat mengandung histamin, yaitu senyawa yang berfungsi untuk mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini akan dilepaskan ketika tubuh menangkap sinyal adanya zat asing dari luar. Proses pelepasan histamin inilah yang menyebabkan timbulnya rasa gatal, kulit memerah, atau ruam sebagai reaksi alergi.

  • Iritasi
Perlu diingat bahwa tomat mengandung asam yang mungkin membuat kulit terasa gatal, perih, dan disertai kemerahan. Masker tomat juga memiliki kandungan tambahan yang mungkin tidak cocok dengan kulit Anda. Jika kulit terasa gatal setelah pemakaian, segera cuci dan oleskan pelembap. Bila sudah sampai tahap iritasi, hentikan penggunaan sebelum berlanjut menjadi peradangan.

Baca juga rekomendasi masker dari bahan lainnya di sini

Selain masker tomat, kami telah menyiapkan artikel terkait masker dengan bahan dasar lain yang tidak kalah bermanfaat untuk kulit. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, silakan klit tautan berikut ini. 

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah menemukan masker tomat yang paling menarik hati?


Pilihlah masker tomat berdasarkan jenis dan kemasan yang paling memudahkan Anda saat memakainya. Sesuaikan juga masker pilihan dengan kebutuhan kulit Anda agar hasilnya lebih maksimal. Anda juga perlu memastikan bahwa masker pilihan aman dan cocok di kulit. Selamat tampil cantik dengan masker tomat!

Artikel terkait

  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Usia 30-an - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Berbeda dengan kondisi kulit di usia 20-an, memasuki usia 30-an kulit akan mengalami perubahan signifikan. Biasanya, kulit akan terasa lebih kering, sensitif, dan muncul tanda penuaan. Untuk mencegahnya, Anda perlu memakai serum untuk perawatan yang lebih intensif.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi serum yang bagus untuk usia 30-an. Beragam merek serum terbaik, seperti SOMETHINC, SKINTIFIC, Purivera Botanicals ada dalam ulasan kami. Tak lupa, Anda juga bisa menyimak berbagai tips skincare dari kami. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Simak sampai akhir, ya!
    Perawatan wajah
  • 8 Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    8 Face Emulsion Terbaik untuk Kulit Sensitif - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit sensitif cenderung mengkhawatirkan karena mudah menyebabkan iritasi. Untuk itu, penting menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan face emulsion secara rutin. Namun, ada banyak merek face emulsion di pasaran seperti Nature Republic, Holika Holika, TONYMOLY, dan lainnya. Lalu, manakah yang bagus untuk kulit sensitif?Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih face emulsion bagi Anda yang memiliki kulit sensitif. Tak lupa, kami sertakan juga beberapa produk rekomendasi yang dapat Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Krim Malam Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Krim malam berfungsi untuk melembapkan wajah saat Anda tidur. Krim ini juga memberikan manfaat lain seperti mencerahkan dan menutrisi kulit. Saat ini, banyak merek beauty care terkemuka yang memproduksi krim malam, seperti Wardah, Pond's, dan Garnier.Karakteristik tiap produk pun bervariasi, ada yang untuk kulit berminyak, anti-aging, dan ada yang khusus kulit sensitif dan berjerawat. Supaya tidak bingung, kami akan menjelaskan tips memilih krim malam yang bagus. Beberapa produk rekomendasi terbaik telah kami siapkan untuk Anda. Artikel ini juga telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pelembap Terbaik yang Mengandung Ceramide - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Skin barrier yang rusak akan menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit kering, iritasi, dan dehidrasi. Salah satu cara untuk menjaga dan memperbaiki skin barrier adalah dengan menggunakan skincare berupa moisturizer yang mengandung ceramide. Ada banyak merek pelembap ceramide, seperti Skintific, CeraVe, dan Paula's Choice.Beberapa merek lokal, yaitu Whitelab, BHUMI, dan Somethinc, juga menawarkan pelembap yang mengandung ceramide. Untuk itu, kami akan membahas tips memilih pelembap dengan kandungan ceramide yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Ana Rahmawati.
    Perawatan wajah
  • 10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Masker Terbaik untuk Menyamarkan Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Tampilan pori-pori yang besar bisa mengganggu penampilan. Namun, saat ini ada beragam produk masker untuk mengecilkan pori pori. Anda bisa memilih berbagai merek masker yang bagus, seperti SOMETHINC, Whitelab, dan Emina. Masker wajah tersebut juga tersedia dalam bentuk peel off mask, sheet mask, dan clay mask.Dari beragam masker tersebut, manakah masker yang ampuh mengecilkan pori pori Anda? Untuk membantu Anda, kami sudah menyiapkan tips memilih beserta rekomendasi masker pengecil pori-pori terbaik. Yuk, langsung saja baca ulasannya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.
    Perawatan wajah
  • 10 Exfoliating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Exfoliating Toner Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Eksfoliasi merupakan langkah penting dalam perawatan kulit. Exfoliating toner adalah bentuk chemical exfoliator yang aman bagi pemula sekalipun. Saat ini, sudah tersedia berbagai produk untuk bermacam tipe kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih exfoliating toner terbaik. Temukan rekomendasi exfoliating toner yang bagus dari berbagai merek, seperti Avoskin, SOMETHINC, dan lainnya. Ada exfoliating toner untuk remaja juga, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Pembersih Wajah NIVEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pembersih Wajah NIVEA Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Membersihkan wajah merupakan ritual wajib agar kulit Anda tetap sehat dan terlindungi. Saat ini, di pasaran sudah banyak dijual produk pembersih wajah, salah satunya adalah merek NIVEA. NIVEA menawarkan berbagai produk pembersih wajah, baik untuk wanita maupun pria.Tentu saja Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih pembersih wajah. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tips mudah dalam memilih pembersih wajah yang bagus dari NIVEA. Simak juga rekomendasi pembersih wajah NIVEA terbaik, seperti MicellAIR, Sparkling Bright Whitening Facial Foam, dan lainnya di sini. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari berintensitas tinggi membuat kulit Anda membutuhkan perlindungan ekstra. Salah satu caranya dengan menggunakan sunscreen secara teratur. Merek sunscreen lokal ternama seperti ERHA, Azarine, dan Emina tersedia di pasaran. Selain harganya lebih terjangkau, komposisinya telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit orang Indonesia.Kali ini, kami akan mengajak Anda mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen, serta memberi tips memilih sunscreen lokal yang bagus. Simak juga rekomendasi produk sunscreen lokal terbaik pilihan kami. Ada komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria Agustina, lho!
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Lokal Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah mengering pun, jerawat kerap meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan serum yang bagus dan berkualitas. Berbagai brand lokal telah memproduksi serum untuk menghilangkan bekas jerawat. Mana yang sebaiknya Anda pilih?Baca terus artikel ini dan ketahui tips memilih serum lokal terbaik untuk menghilangkan bekas jerawat! Simak juga rekomendasi produk lokal penghilang bekas jerawat dari berbagai merek populer, seperti Wardah, Avoskin, Hanasui, dan Implora. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Pilih yang terbaik supaya kulit Anda terbebas dari bekas jerawat!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Skincare Oriflame Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Skincare Oriflame Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Oriflame adalah merek produk kecantikan asal Swedia yang populer di Indonesia. Produk Oriflame sangat bervariasi, mulai dari kosmetik hingga skincare. Hal itulah yang membuat banyak orang memilih berbagai produk Oriflame, termasuk produk skincare. Oriflame memiliki beberapa rangkaian skincare yang bagus, seperti Love Nature, NoVage, dan Pure Skin.Untuk memudahkan Anda mendapatkan produk yang cocok, kami akan membagikan rekomendasi skincare Oriflame terbaik. Anda dapat menemukan produk Oriflame yang bikin wajah glowing atau skincare Oriflame yang cocok untuk remaja. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!
    Perawatan wajah
  • Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat, terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi, dari yang mahal hingga harga kurang dari 100 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga menyiapkan beberapa rekomendasi merek serum retinol yang bagus, seperti Somethinc, Avoskin, dan Azarine. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Produk Bioaqua Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Bioaqua Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa waktu belakangan ini industri kecantikan terasa makin meriah dengan hadirnya beragam merek, baik dari dalam maupun luar negeri. Bioaqua termasuk merek perawatan kulit yang meramaikan industri kecantikan sejak 2009. Produknya meliputi skincare dan kosmetik yang keduanya akan kami bahas dalam artikel ini.Meskipun pilihan produk Bioaqua yang bagus sangat beragam, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan saat memilihnya. Kami telah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produk Bioaqua terbaik. Bioaqua 24K Gold Serum, Nenhong Pink Gentle Gel, hingga cushion ada dalam rekomendasi kami, lho. Baca sampai tuntas, ya!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori