1. TOP
  2. >
  3. Fashion anak
  4. >
  5. Aksesori anak
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Jas Hujan Anak Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Cuaca bisa sulit diprediksi. Agar si kecil tidak kehujanan, Anda perlu menyiapkan jas hujan anak. Namun, ragam desain dan motifnya mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Ada yang cocok untuk anak kecil usia SD dan ada juga yang pas untuk anak remaja.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih jas hujan anak yang bagus. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek jas hujan anak terbaik, seperti Elmondo dan Plevia. Baik produk untuk anak laki-laki maupun perempuan, semuanya ada. Temukan produk yang disukai anak di artikel ini!

Diperbaharui 12-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih jas hujan anak

Sebelum Anda membeli jas hujan anak, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Sesuaikanlah lebih dahulu bahan, model, ukuran, hingga fitur produk dengan kebutuhan dan selera anak Anda. Simak perinciannya dari kami di bawah ini dengan saksama, ya.

① Perhatikan bahan yang digunakan jas hujan anak

Perhatikan bahan yang digunakan jas hujan anak

Dewasa ini bahan yang digunakan untuk membuat jas hujan sudah cukup beragam. Anda hanya perlu memastikan bahannya kuat, tahan lama, dan berkualitas baik.


Bahan yang sering digunakan untuk membuat jas hujan adalah PVC, EVA, taslan, hipora, dan poliester. Berikut kami akan menjelaskan keunggulan bahannya masing-masing agar Anda lebih mudah dalam menentukan pilihan.


  • PVC
Bahan ini cukup ringan dan sejuk ketika dipakai. Namun, jas hujan anak berbahan ini perlu digunakan dengan hati-hati karena PVC mudah sobek.

  • EVA

Material ini aman untuk kulit si kecil. Selain aman, EVA terbuat dari vinil yang terbilang kuat dan bersifat water-repellent.


  • Taslan

Tampilan bahan ini menyerupai parasut. Jas hujan anak dari taslan berbobot ringan seperti jaket biasa sehingga nyaman dipakai anak-anak.


  • Hipora

Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan jaket serta sarung tangan untuk berkendara motor dan sepeda. Meski cukup tebal, jas hujan berbahan hipora terbilang breathable. Produknya bahkan dapat melindungi anak dari guyuran air hujan yang deras.


  • Poliester

Penggunaan poliester biasanya dicampur dengan oil coating. Bagian dalam produk menggunakan poliester yang nyaman di kulit. Sementara itu, oil coating yang bersifat water-repellent melapisi bagian luarnya. Bahan lain yang sering dicampur dengan poliester adalah PVC.

② Pilih model jas hujan anak yang sesuai dengan kebutuhan

Model dari jas hujan anak terbagi menjadi tiga, yaitu setelan, ponco, dan overcoat. Setiap model memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk lebih lengkapnya, silakan baca penjelasan berikut.

Setelan, melindungi dari atas hingga bawah

Setelan, melindungi dari atas hingga bawah

Jas hujan setelan terdiri dari dua item, yaitu atasan dan bawahan. Atasannya yang berlengan panjang biasanya dilengkapi bawahan model rok atau celana. Mau rok atau celana, keduanya dapat melindungi busana anak dari cipratan air hujan.


Jas hujan dengan bawahan rok akan mempermudah anak perempuan saat sedang mengenakan seragam sekolah. Sementara itu, bawahan celana tentu bisa digunakan oleh anak laki-laki ataupun perempuan yang sering menggunakan celana. Dengan memakai jas hujan setelan, anak Anda akan terlindungi dari atas sampai bawah!

Ponco, modelnya lebih besar dan lebar

Ponco, modelnya lebih besar dan lebar

Jas hujan ini memiliki potongan yang lebar dan besar. Ponco biasanya tidak perlu dikancingkan, tetapi ada juga yang diberi ritsleting atau kancing snap di bagian depan. Di pasaran ada dua jenis model ponco yang ditawarkan, yaitu dengan lengan dan tanpa lengan.


Jas hujan model ponco tanpa lengan biasanya memiliki ruang lebih besar sehingga memudahkan anak saat membawa tas. Sementara itu, ponco dengan lengan akan membuat anak mudah bergerak tanpa membuat bagian tangan basah. Kekurangan dari model ponco yaitu bagian kaki anak tidak akan tertutupi dengan sempurna.

Overcoat, sangat cocok untuk jalan-jalan

Overcoat, sangat cocok untuk jalan-jalan

Berbeda dari jas hujan model ponco, produk dengan model overcoat memiliki potongan yang lurus. Jas hujan anak model ini memiliki panjang kurang lebih hingga betis.


Biasanya pejalan kaki menggunakan jas hujan model overcoat untuk pergi ke suatu tempat yang jaraknya dekat. Anak pun bisa memakainya ketika bermain bersama teman di lapangan atau saat pergi memancing bersama ayah

③ Sesuaikan ukuran jas hujan dengan postur dan usia anak

Sesuaikan ukuran jas hujan dengan postur dan usia anak

Selain memilih modelnya, sesuaikanlah ukuran produk dengan postur dan usia anak Anda. Jas hujan anak biasanya berukuran all size. Tidak semua produk memberikan detail informasi soal ukurannya. Jika demikian, Anda dapat melihat kategori usianya.


Ada juga produk yang menawarkan variasi ukuran. Produk yang seperti ini bisa dipilih agar Anda mendapat ukuran yang pas. Namun, kategori usianya tetap berbeda-beda. Agar lebih pasti, periksalah detail ukuran pada penjual atau website resmi produk. Dengan begitu, Anda dapat memilih ukuran produk yang pas atau sedikit lebih besar.


Kategori usia produk pun tak hanya soal ukuran. Hal berikut juga bisa dipertimbangkan.


  • Untuk remaja, pilihlah produk yang rentang usianya dimulai dari 6 tahun. Produk seperti ini biasanya diberi desain dan motif yang lebih simpel. 
  • Sementara itu, jas hujan yang lucu dan unik banyak ditujukan untuk anak kecil usia 3 tahun ke atas.

④ Ketahui fitur yang ditawarkan jas hujan anak

Ketahui fitur yang ditawarkan jas hujan anak

Kelebihan tambahan yang ada pada jas hujan anak akan membuat produknya lebih efektif. Beberapa produsen menambahkan karet pada ujung tangan dan kaki, garis fosfor, pelindung mata, dan lainnya. Apa saja fungsinya? Yuk, simak penjelasannya!


  • Pelindung mata

Fitur ini berfungsi melindungi mata dari air hujan sehingga pandangan anak tidak terganggu. Pelindung mata biasanya didesain menyatu dengan tudung kepala dan bentuknya menjorok ke depan seperti topi.


  • Pengencang tudung kepala

Fitur ini berfungsi agar tudung kepala pada jas hujan anak tidak melorot atau mudah tertiup angin. Pengencang tudung bisa diatur sesuai dengan ukuran kepala anak. Jadi, kepala anak akan terlindungi dengan lebih baik dari air hujan.


  • Ujung karet

Fitur ini biasanya ada pada jas hujan model setelan. Karet pada ujung tangan dan celana berfungsi untuk menutup rapat jas hujan. Dengan demikian, aliran air tidak bisa masuk ke dalamnya. Ujung karet juga berfungsi agar jas hujan menempel sempurna di badan sehingga anak Anda lebih leluasa bergerak.


  • Garis fosfor atau scotlight

Jas hujan dengan garis fosfor atau scotlight akan sangat membantu ketika anak harus keluar rumah saat malam hari. Garis ini akan menyala dalam gelap sehingga akan terlihat jelas oleh orang lain. Umumnya garis fosfor berada di sisi belakang jas hujan dengan bentuk garis horizontal.


  • Ruang ransel

Dengan fitur ini, anak tidak akan merasa kesempitan saat memakai jas hujan sambil menggendong tas punggung. Jas hujan yang demikian diberikan ruang yang lebar di bagian belakangnya.


  • Saku

Jas hujan dengan saku akan memudahkan anak menyimpan dan mengambil barang penting. Namun, ingatkanlah anak untuk tidak menyimpan barang di saku jas saat hujan deras karena belum tentu kedap air.

10 Rekomendasi jas hujan anak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk jas hujan anak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Indoplast

Jaket Celana Kido

Indoplast Jaket Celana Kido 1枚目

Lebih praktis dibawa-bawa dengan tas selempang bertali panjang

2

Elmondo

Jas Hujan Jaket Celana Remaja

Elmondo Jas Hujan Jaket Celana Remaja 1枚目

Ukuran dan fiturnya pas sebagai jas hujan anak SD

3

Tiger Head

Metro Kids

Tiger Head Metro Kids 1枚目

Berkendara di malam hari makin aman berkat garis fosfor yang menyeluruh

4

Plevia

Bestkids

Plevia Bestkids 1枚目

Tetap aman dari hujan dengan ponco yang dilengkapi lengan dan celana

5

X Urband Absolute

Jas Hujan Anak

X Urband Absolute Jas Hujan Anak 1枚目

Dengan motif dinosaurus 3D yang terlihat begitu cute dan warna yang standout

6

Indoplast

Jaket Rok Remaja Olive

Indoplast Jaket Rok Remaja Olive 1枚目

Setelan dengan bawahan rok yang pas untuk anak perempuan

7

Plevia

Starkids

Plevia Starkids 1枚目

Ada ujung karet di lengan dan celana, mudah disesuaikan dengan postur anak

8

EVA Lightweight Raincoat

 EVA Lightweight Raincoat 1枚目

Tetap modis meski pakai jas hujan

9

Jas Hujan Anak Raining Day

 Jas Hujan Anak Raining Day 1枚目

Ada face shield, kepala anak aman dari percikan air

10

Jas Hujan Anak UFO

 Jas Hujan Anak UFO 1枚目

Desainnya lucu, orang-orang pasti gemas

Perincian produk
Close
No.1

IndoplastJaket Celana Kido

Mulai dari Rp50.000,00

Lebih praktis dibawa-bawa dengan tas selempang bertali panjang

Kelebihan:

  • Dilengkapi tas selempang yang praktis dibawa, jas hujan tidak perlu dimasukkan ke dalam ransel

Kekurangan:

  • Tidak ada ujung karet, ukuran lengan dan celananya bisa terlalu panjang untuk anak

Saat musim hujan, anak Anda mungkin lebih sering berhalangan pergi ke luar. Agar si kecil tetap bisa beraktivitas seperti biasa, berikanlah produk ini. Jas hujan anak ini sudah sepaket dengan tas bertali panjang sehingga mudah diselempangkan.


Dengan tas selempang produk ini, anak Anda akan lebih praktis membawanya bepergian. Kini hujan bukan lagi halangan bagi anak untuk pergi les atau sekadar main ke rumah teman. Keistimewaan lain produk ini adalah dilengkapi ritsleting. Tidak hanya praktis untuk dibawa-bawa, jas hujan ini mudah untuk dikenakan anak Anda.

No.2

ElmondoJas Hujan Jaket Celana RemajaEJC 606

Mulai dari Rp47.500,00

Ukuran dan fiturnya pas sebagai jas hujan anak SD

Kelebihan:

  • Harga terjangkau untuk tipe dan fiturnya

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bahwa bahannya cukup tipis

Produk ini cocok dipilih bila Anda mencari rekomendasi jas hujan anak untuk dibawa pulang pergi sekolah. Elmondo EJC 606 sudah dilengkapi fitur ruang ransel. Selain itu, kategori usianya cocok untuk anak SD. Anak Anda pun tidak akan segan memakainya karena produk ini tersedia dalam motif untuk anak perempuan dan laki-laki.

No.3

Tiger HeadMetro Kids68311

Mulai dari Rp150.700,00

Berkendara di malam hari makin aman berkat garis fosfor yang menyeluruh

Kelebihan:

  • Tersedia untuk ukuran anak kecil dan remaja
  • Bahan tebal dan tidak mudah robek
  • Termasuk kantong untuk menyimpan jas hujan

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bahwa ukuran lengan dan celananya terlalu panjang untuk postur anak

Jika Anda biasa mengajak anak berkendara motor, produk ini wajib dipilih. Hujan yang deras biasanya mengurangi daya pandang seseorang saat berkendara. Karena itu, lindungilah si kecil dengan jas hujan anak yang garis fosfornya menyeluruh ini.


Tidak hanya di bagian belakang, garis fosfor produk ini melingkar hingga ke bagian dada. Maka dari itu, produk ini akan memberikan keamanan ekstra saat Anda memboncengkan anak di malam hari. Tambahan lagi, jas hujan anak remaja ini menggunakan bahan taslan berkualitas premium yang tebal dan awet.

No.4

Tetap aman dari hujan dengan ponco yang dilengkapi lengan dan celana

Kelebihan:

  • Dilengkapi tas khusus untuk menyimpan jas hujan

Kekurangan:

  • Beberapa review menyebutkan bahwa bahannya cukup tipis

Berbeda dengan orang dewasa, anak-anak justru senang bermain di bawah hujan. Agar si kecil bisa tetap bebas bereksplorasi, lengkapilah dengan jas hujan anak 3 tahun ke atas ini. Ponco ini sudah termasuk celana. Bagian ujung celananya pun dilengkapi karet sehingga memberi perlindungan ekstra.


Selain itu, produk dari salah satu merek jas hujan anak yang bagus ini diberi saku depan. Bagian tersebut dapat dimanfaatkan anak untuk menyimpan mainan atau temuannya. Tersedia dalam enam varian warna, Anda bisa memilih warna jas hujan yang sesuai dengan selera anak.

No.5

X Urband AbsoluteJas Hujan Anak

Mulai dari Rp45.000,00

Dengan motif dinosaurus 3D yang terlihat begitu cute dan warna yang standout

Kelebihan:

  • Ukurannya bervariasi, mudah disesuaikan dengan umur anak

Kekurangan:

  • Ada review yang menyebutkan bahwa kancingnya terlalu rapat sehingga bisa agak sulit dibuka

Warna cerah pada jas hujan anak kecil ini membuatnya terlihat begitu standout. Kombinasi detail motif dinosaurus 3D yang ada di sisi belakang dan tudung juga membuatnya lebih eye-catching. Produk ini tersedia dalam ukuran untuk anak usia 1–2 tahun, lho. Jika anak Anda ada termasuk dalam kategori usia tersebut, pilih saja jas hujan yang cute ini.

No.6

IndoplastJaket Rok Remaja Olive

Mulai dari Rp27.500,00

Setelan dengan bawahan rok yang pas untuk anak perempuan

Kelebihan:

  • Bahannya elastis dan dilengkapi ujung karet sehingga panjang tangan bisa disesuaikan dengan mudah

Kekurangan:

  • Karena all size, roknya bisa terlalu panjang atau pendek untuk anak

Anak perempuan biasanya lebih sering memakai rok, terutama saat sekolah. Mengenakan jas hujan model ponco atau overcoat mungkin kurang efektif untuk melindungi rok. Oleh karenanya, akan lebih praktis jika anak Anda mengenakan jas hujan ini. 


Jas hujan anak perempuan model setelan ini tidak menawarkan bawahan celana, melainkan rok. Selain rok anak Anda akan tetap rapi dengan produk ini, pilihan warnanya juga manis dan feminin.

No.7

Ada ujung karet di lengan dan celana, mudah disesuaikan dengan postur anak

Kelebihan:

  • Harganya terjangkau untuk ragam fitur yang ditawarkan

Kekurangan:

  • Ukurannya tidak terlalu besar, kurang cocok untuk anak SD

Produk ini bisa dipilih bila Anda ingin menghindari jas hujan yang terlalu panjang untuk anak. Plevia Starkids 110 dilengkapi ujung karet pada bagian lengan dan celananya. Ujung karet akan menempel pada badan anak sehingga lengan atau celana yang terlalu panjang dapat diatasi.


Plevia merupakan salah satu merek jas hujan anak terbaik di pasaran. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas produknya. Jas hujan ini dapat melindungi anak Anda dengan baik berkat ragam fiturnya.

No.8

EVA Lightweight Raincoat

Mulai dari Rp21.900,00

Tetap modis meski pakai jas hujan

Kelebihan:

  • Compact dan ringan, mudah dibawa bepergian

Kekurangan:

  • Tidak menutupi kepala anak dengan sempurna, hanya cocok dipakai saat gerimis

Anak sudah tampil modis, tetapi hujan mulai turun. Ia pasti kecewa kalau outfit favoritnya tertutupi jas hujan. Akali saja hal tersebut dengan produk ini. Jas hujan ini semitransparan, lho. Motif polkadot pun membuatnya menarik dipakai sebagai outer.


Anda bisa menyiapkan jas hujan anak ini saat jalan-jalan atau traveling bersama keluarga. Produk ini compact dan ringan sehingga Anda tidak perlu direpotkan jas hujan yang berat. EVA Lightweight Raincoat bahkan tersedia dalam ukuran orang dewasa. Jadi, Anda bisa tetap tampil modis bareng anak meski turun hujan!

No.9

Jas Hujan Anak Raining Day

Mulai dari Rp115.000,00

Ada face shield, kepala anak aman dari percikan air

Kelebihan:

  • Fiturnya lengkap, bahkan diberi face shield

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan ukurannya kurang besar untuk anak SD

Penutup mata pada jas hujan biasanya cuma ada di atas kepala. Namun, produk ini tidak biasa. Jas hujan anak Raining Day dilengkapi penutup mata yang bisa memanjang ke bawah seperti face shield! Dengan begitu, kepala anak akan aman sepenuhnya dari percikan air.


Bukan itu saja keistimewaannya. Jas hujan ini masih punya banyak fitur menarik, bahkan terbilang lengkap. Meski tidak ada karet, ujung lengannya diberi kancing sehingga bisa tertutup rapat. Pilih produk ini bila anak ingin jas hujan yang praktis dipakai, sementara Anda ingin yang proteksinya bagus.

No.10

Jas Hujan Anak UFOHW-152

Mulai dari Rp28.999,00

Desainnya lucu, orang-orang pasti gemas

Kelebihan:

  • Mudah dikenakan, tinggal dipasangkan dari atas kepala

Kekurangan:

  • Tidak menutupi badan anak, kurang cocok untuk dipakai saat hujan deras

Anak Anda tak ingin menggunakan payung ataupun memakai jas saat hujan turun? Jika iya, produk ini merupakan pilihan yang tepat. Desainnya yang seperti piringan UFO membuatnya mudah sekali dikenakan. Si kecil akan sulit sekali menolaknya!


Produk ini juga memiliki beberapa pilihan warna dengan motif karakter yang imut. Anak Anda pasti akan terlihat sangat menggemaskan saat mengenakan jas hujan yang lucu dan unik ini. Namun, produk ini lebih pas dipakai saat gerimis saja.

Baca juga rekomendasi jas hujan lainnya di sini

Tidak hanya anak, Anda juga perlu memiliki jas hujan untuk berjaga-jaga. Kami telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Silakan kunjungi tautan-tautan di bawah ini untuk membaca ulasan selengkapnya dari kami.

Kesimpulan

Kami sudah memberikan tips cara memilih dan merekomendasikan sepuluh jas hujan anak terbaik untuk Anda. Sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera si kecil?


Setiap orang tua tentu ingin memberikan jas hujan anak yang bagus agar awet untuk jangka panjang. Karena itu, jangan lupa untuk memperhatikan bahan dan fiturnya agar bisa digunakan secara maksimal. Sesuaikan juga model produk dengan tujuan penggunaannya agar anak Anda merasa nyaman, ya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer