1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tablet Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Apakah Anda sedang mencari rekomendasi tab Samsung terbaik? Sebagai merek yang bagus, ada beragam jenis tablet yang diproduksi Samsung. Ada seri Galaxy Tab A yang memiliki harga lebih murah dengan specs mumpuni. Salah satu produk seri ini yang kami rekomendasikan adalah Samsung Galaxy Tab A7 Lite.


Ada juga seri Galaxy Tab S dengan kualitas premium dan spesifikasi tinggi. Pada seri ini, ada Samsung Galaxy Tab S8, S6 Lite, dan S7 yang bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda kebingungan memilih Samsung tab yang tepat, Anda bisa membaca ulasan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!

Diperbaharui 01-04-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tablet Samsung

Sebelum memberikan rekomendasi tablet Samsung terbaik, kami akan membagikan tips cara memilihnya lebih dahulu. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan guna mendapatkan tablet Samsung yang tepat dan sesuai kebutuhan. Berikut ini penjelasannya!

① Kenali karakteristik seri tablet yang dikeluarkan Samsung

Agar tidak over-budget atau melebihi anggaran, ada baiknya jika Anda memilih tablet Samsung berdasarkan serinya. Terdapat dua seri tablet Samsung yaitu seri S dan seri A. Simak perbedaannya berikut ini.

Galaxy Tab A, harga lebih terjangkau dengan spek bersaing

Galaxy Tab A, harga lebih terjangkau dengan spek bersaing
Sumber: samsung.com

Seri Galaxy Tab A merupakan tablet Samsung kelas menengah dengan harga yang lebih terjangkau. Tablet Samsung seri Galaxy Tab A memiliki spesifikasi yang cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi harian dan games ringan. Beberapa modelnya juga ada yang dilengkapi dengan S Pen.


Di sisi lain, beberapa model seri ini dapat menjalankan games yang cukup berat. Spesifikasinya cukup untuk memainkan mulai dari games MOBA, MMORPG, hingga games tipe battle royale seperti PUBG Mobile. Namun, Anda perlu memperhatikan dengan saksama kapasitas RAM/ROM serta chip yang digunakan.

Galaxy Tab S, seri high-end dengan performa unggul

Galaxy Tab S, seri high-end dengan performa unggul
Sumber: samsung.com

Samsung Galaxy Tab S merupakan seri tablet high-end dari Samsung dengan spesifikasi tinggi. Jenis seri tablet ini biasanya memiliki kapasitas RAM/ROM besar dan chip yang mutakhir. Performanya yang tinggi itu membuat tablet mampu menjalankan aplikasi berat, seperti aplikasi untuk editing atau kebutuhan gaming.


Desainnya terlihat berkelas sehingga bisa menambahkan pride bagi yang memilikinya. Tablet pada seri ini juga telah dilengkapi S Pen. Selain itu, ada juga keyboard case yang desain khusus agar fit pada produk seri tertentu. Keyboard case ini bisa Anda beli secara terpisah. Karena masuk dalam kelas premium, seri Galaxy Tab S diberi harga yang cukup tinggi oleh Samsung.

② Pilih jenis fitur tablet sesuai dengan kebutuhan penggunaan

Pertama-tama, Anda harus menentukan apa tujuan Anda membeli tablet. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menemukan tablet dengan fitur yang sesuai kebutuhan.

Untuk ilustrator, lebih leluasa berkreasi bersama tablet yang dilengkapi S Pen

Untuk ilustrator, lebih leluasa berkreasi bersama tablet yang dilengkapi S Pen
Sumber: samsung.com

Apabila Anda bekerja sebagai ilustrator atau desainer grafis, tablet yang dilengkapi S Pen menjadi pilihan terbaik. S Pen merupakan pena digital atau stylus yang memungkinkan Anda menarik garis lebih akurat. Membuat desain atau menggambar ilustrasi pun menjadi makin mudah dengan keberadaan S Pen.


Tak hanya itu, S Pen model terbaru memiliki fitur tambahan Air Action yang dapat tersambung dengan Bluetooth. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengontrol tablet dari jarak jauh menggunakan S Pen dan menyesuaikan gerakannya. Tentunya fitur ini akan sangat berguna baik saat Anda melakukan presentasi maupun menggambar ilustrasi.

Untuk bekerja, mobile working lebih mudah dengan keyboard, Wi-Fi, dan selular

Untuk bekerja, mobile working lebih mudah dengan keyboard, Wi-Fi, dan selular
Sumber: samsung.com

Saat mencari tablet untuk bekerja, ada dua hal yang perlu diperhatikan, seperti jenis koneksi dan keyboard case. Kami akan menjelaskan kedua hal tersebut secara rinci pada poin berikut ini.


  • Jenis koneksi

Ada tablet Samsung yang hanya memiliki koneksi Wi-Fi saja. Jenis tablet ini memiliki harga lebih terjangkau, tetapi kurang fleksibel penggunaannya. Terlebih jika Anda membutuhkan jaringan internet saat bekerja. Ada juga tablet dengan koneksi Wi-Fi dan selular dengan harga yang lebih mahal. Jenis ini cocok untuk Anda yang bekerja secara mobile.


  • Keyboard case

Periksalah apakah ada keyboard case portabel yang fit in dengan tablet tersebut. Biasanya, keyboard case ini dikeluarkan oleh Samsung. Namun, harga keyboard case produksi Samsung cukup pricey. Sebagai alternatif lain, Anda bisa membeli jenis keyboard case lainnya di marketplace. Akan tetapi, tidak semua jenis keyboard tersebut nyaman digunakan saat dipadukan dengan tablet.

Untuk gaming, makin seru dengan kapasitas RAM/ROM besar

Untuk gaming, makin seru dengan kapasitas RAM/ROM besar
Sumber: samsung.com

Jika Anda membeli tablet untuk nge-game, pilihlah tablet dengan RAM minimal 3 GB. Hal ini untuk menghindari terjadinya lagging atau macet saat Anda bermain game. RAM yang besar juga berfungsi mengolah kualitas visual yang disajikan game dengan baik. Makin besar RAM-nya, maka kinerja tablet akan makin cepat dan baik. 


Di samping itu, jangan pula Anda melupakan kapasitas memori internal atau ROM pada tablet. Memori internal ini sama pentingnya dengan RAM. ROM berfungsi menyimpan data-data pada aplikasi agar bisa dijalankan dengan baik. Kami merekomendasikan tablet dengan ROM minimal 32 GB. ROM kapasitas tersebut membuat mobile game favorit Anda dapat dimainkan dengan lancar.

③ Lihat juga kapasitas baterainya

Lihat juga kapasitas baterainya
Sumber: samsung.com

Ada beberapa hal yang memengaruhi ketahanan baterai tablet, seperti aplikasi yang dijalankan, sistem operasi, dan kapasitas baterainya. Kapasitas baterai yang besar memungkinkan penggunaan tablet lebih lama tanpa perlu mengisi ulang daya baterai. Bahkan, ada beberapa tablet yang bisa digunakan seharian.


Kapasitas baterai tablet Samsung bervariasi. Kapasitas baterai yang cukup besar dimiliki oleh Galaxy Tab A7, S5e, dan S6, dengan kapasitas 7.040 mAh. Sementara itu, Galaxy Tab S7 dan S7+ memiliki kapasitas baterai yang bahkan lebih besar lagi yakni 10.090 mAh. Biasanya, makin besar kapasitas tablet, maka makin mahal juga harganya. Jadi, pertimbangkan soal bujet juga, ya.

④ Sesuaikan ukuran tablet dengan kebutuhan Anda

Tablet Samsung memiliki ukuran yang bervariasi. Ukuran tablet yang paling kecil 8 inci dan yang paling besar 12,4 inci. Ukuran tablet ini memiliki keunggulannya masing-masing. Maka dari itu, sesuaikan ukuran tablet Samsung dengan penggunaan Anda.

8–8,7 inci, dipegang menggunakan satu tangan bukan masalah

8–8,7 inci, dipegang menggunakan satu tangan bukan masalah
Sumber: samsung.com

Tablet dengan ukuran 8–8,7 inci lebih mudah dibawa, bahkan dapat dipegang menggunakan satu tangan. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang pas untuk membaca e-book, dokumen, dan komik dengan nyaman menggunakan satu tangan. Tablet ini juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau bermain untuk anak Anda.

10–14,6 inci, layar lebar untuk menonton dan streaming film

10–14,6 inci, layar lebar untuk menonton dan streaming film
Sumber: samsung.com
Tablet ukuran 10–14,6 inci cocok digunakan untuk menonton film, streaming video, atau mendesain ilustrasi. Beberapa tablet dengan layar besar ini juga memiliki spesifikasi yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk gaming dan mengedit video.

Bagi Anda pekerja yang sering mobile atau bepergian, jenis tablet ini akan menguntungkan Anda. Namun, tablet yang besar tidak nyaman dipegang dengan satu tangan. Anda harus memegangnya dengan dua tangan. Anda juga bisa menggunakan stand atau dudukan tablet. Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai dudukan tablet, bukalah tautan di bawah ini.

10 Rekomendasi tablet Samsung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tablet Samsung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Samsung

Galaxy Tab S6 Lite (SM-P619)

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (SM-P619) 1枚目

Desainnya compact, nyaman untuk dibawa kuliah

2

Samsung

Galaxy Tab A7 Lite LTE

Samsung Galaxy Tab A7 Lite LTE  1枚目

Dibekali fitur untuk mengontrol tontonan anak

3

Samsung

Galaxy Tab A8 WiFi

Samsung Galaxy Tab A8 WiFi  1枚目

Tablet Samsung 3 jutaan untuk pemakaian rumahan

4

Samsung

Galaxy Tab A8 LTE

Samsung Galaxy Tab A8 LTE  1枚目

Main sosmed lebih lancar di mana pun, kapan pun

5

Samsung

Galaxy Tab S7 FE

Samsung  Galaxy Tab S7 FE  1枚目

Spek kelas menengah yang sudah didukung 5G

6

Samsung

Galaxy Tab S8 (Wi-Fi)

Samsung Galaxy Tab S8 (Wi-Fi) 1枚目

Seri S8 termurah dengan spek mumpuni

7

Samsung

Galaxy Tab A7 LTE

Samsung Galaxy Tab A7 LTE 1枚目

Budget friendly! Dapatkan tablet Samsung tanpa harus siapkan banyak anggaran

8

Samsung

Galaxy Tab S8 5G

Samsung  Galaxy Tab S8 5G 1枚目

Tablet untuk meeting online dengan fitur auto framing

9

Samsung

Galaxy Tab S8+ 5G

Samsung Galaxy Tab S8+ 5G 1枚目

Mencari tablet untuk game? Pilih yang satu ini!

10

Samsung

Galaxy Tab S8 Ultra 5G

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra 5G 1枚目

Tablet sultan dengan spek setara laptop

Perincian produk
Close
No.1

SamsungGalaxy Tab S6 Lite (SM-P619)SM-P619NZAEXID

Mulai dari Rp6.299.000,00

Desainnya compact, nyaman untuk dibawa kuliah

Kelebihan:

  • Ukuran tablet yang compact dan ringan
  • Audio dengan dual speaker yang sudah didukung Dolby Atmos dan sound by AKG yang membuat nyaman untuk menikmati konten multimedia

Kekurangan:

  • Beberapa reviewer mengeluhkan RAM-nya yang hanya 4GB sehingga cukup sering force close pada aplikasi berat

Apakah Anda anak kuliah yang sedang mencari tablet? Jika iya Anda dapat memilih tablet ini. Tablet Samsung S6 ini merupakan upgrade terbaru dari seri yang sama pada tahun sebelumnya. Tablet ini dilengkapi S Pen, Anda akan lebih mudah mencatat materi kuliah. Anda dapat menggunakan berbagai fitur penunjang pada Samsung Galaxy Note, seperti highlighter dan fitur zoom tulisan.

No.2

SamsungGalaxy Tab A7 Lite LTE SM-T225NZAAXID

Mulai dari Rp2.499.000,00

Dibekali fitur untuk mengontrol tontonan anak

Kelebihan:

  • Dua speaker Dolby yang cukup kencang dan nyaman untuk pilihan multimedia
  • Daya tahan baterai tergolong lama di kelasnya

Kekurangan:

  • Kapasitas RAM tidak terlalu besar sehingga tablet mungkin mengalami lag saat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan

Tablet Samsung dua jutaan ini hadir dalam ukuran yang mudah digenggam. Ukuran yang tepat jika Anda tengah mencari tablet untuk anak. Resolusi kamera depan dan spek-nya cukup baik untuk mendukung kegiatan belajar online anak Anda.


Sebagai tambahan, fitur Samsung Kids dan Parental Control bisa Anda andalkan untuk mencegah anak mengakses konten berbahaya. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir saat anak memegang tablet sendiri.

No.3

SamsungGalaxy Tab A8 WiFi SM-X200NZAAXID

Mulai dari Rp2.999.000,00

Tablet Samsung 3 jutaan untuk pemakaian rumahan

Kelebihan:

  • Terdapat empat speaker yang ada pada samping tablet sehingga suara terdengar lebih jelas
  • Dapat digunakan untuk split screen

Kekurangan:

  • Tablet ini hanya ditujukan untuk pemakaian ringan karena performance yang kurang memadai untuk pemakaian yang berat

Dibanding dengan versi LTE, Galaxy Tab A8 Wi-Fi memang tidak dapat dibawa mobile karena tak memiliki slot SIM card. Namun, performanya bisa dikatakan hampir sama. Selain harganya yang tentu saja lebih miring, spesifikasi versi Wi-Fi ini juga memuaskan untuk penggunaan ala rumahan.


Streaming video, browsing resep masakan, pengetikan dokumen, membuka e-mail, juga video call sangat lancar dilakukan dengan tablet ini. Jadi, jangan ragu untuk memilihnya jika Anda mencari tablet murah untuk penggunaan di rumah.

No.4

SamsungGalaxy Tab A8 LTE SM-X205NZAFXID

Mulai dari Rp4.499.000,00

Main sosmed lebih lancar di mana pun, kapan pun

Kelebihan:

  • Daya tahan baterai yang tergolong awet
  • Terdapat fitur Samsung Kids yang dapat digunakan untuk memonitor tontonan anak

Kekurangan:

  • Charger hanya 7,8 watt menyebabkan waktu charge baterai cukup lama

Galaxy Tab dari Samsung yang satu ini memiliki harga di bawah 5 juta. Didukung dengan kemampuan seluler 4G, tablet ini dapat Anda gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Anda juga akan dimudahkan untuk penggunaan luar ruangan karena tablet ini memiliki daya tahan baterai yang cukup tinggi.


Selain itu, OneUI tablet ini tidak menampilkan iklan sehingga lebih nyaman untuk digunakan. Cocok untuk Anda yang tengah mencari tablet untuk kegiatan sehari-hari, seperti berselancar di media sosial atau untuk kebutuhan sekolah anak.

No.5

Samsung Galaxy Tab S7 FE SM-T736BZKEXID

Mulai dari Rp9.499.000,00

Spek kelas menengah yang sudah didukung 5G

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan display output
  • Posisi kamera selfie yang ideal untuk posisi landscape, cocok untuk video call

Kekurangan:

  • Terdapat review yang menyebutkan performa prosesornya kurang mumpuni untuk gaming

Jika Anda mencari gadget yang sudah support jaringan 5G, Samsung Tab ini bisa jadi pilihan. Samsung Galaxy Tab ini dapat digunakan untuk semua jaringan 5G yang ada di Indonesia. Selain itu, tablet ini juga dapat digunakan untuk multiwindow yang akan mempermudah pekerjaan Anda. Produk ini juga dilengkapi dengan display output sehingga dapat Anda gunakan untuk second screen.

No.6

SamsungGalaxy Tab S8 (Wi-Fi)SM-X700NZAAXID

Mulai dari Rp9.999.000,00

Seri S8 termurah dengan spek mumpuni

Kelebihan:

  • Terdapat fitur tap to scan untuk melakukan scan pada dokumen
  • Dapat digunakan untuk second screen secara wireless

Kekurangan:

  • Performa gaming yang masih belum maksimal

Untuk Anda yang sedang mencari tablet dengan spek sultan, tetapi memiliki budget terbatas, pilihlah tablet yang satu ini. Tablet ini merupakan seri S8 termurah dari Samsung.


Memiliki fitur yang hampir sama dengan tablet S8 lainnya, tablet ini dapat Anda dapatkan hanya dengan 10 juta saja. Beberapa fitur seperti tap to scan untuk dokumen dan second screen secara wireless dapat digunakan untuk mendukung pekerjaan Anda.

No.7

SamsungGalaxy Tab A7 LTESM-T505NZAAXID

Mulai dari Rp2.199.000,00

Budget friendly! Dapatkan tablet Samsung tanpa harus siapkan banyak anggaran

Kelebihan:

  • Daya tahan baterai yang bisa mencapai satu hari
  • Terdapat SIM card untuk 4G LTE


Kekurangan:

  • Performa untuk bermain game yang dinilai kurang memadai
  • Terdapat sedikit lag apabila membuka banyak aplikasi sekaligus
  • Produk barunya mulai langka di pasaran

Tablet Samsung yang satu ini hadir dengan harga terjangkau. Anda cukup menyiapkan budget dua juta untuk mendapatkan tablet ini.


Memiliki baterai yang dapat tahan hingga satu hari. Built quality-nya solid, Anda akan merasakan menggunakan tablet premium hanya dengan dua juta rupiah. Ukurannya yang kecil juga akan membuat Anda nyaman untuk membawanya ke mana pun. Pilihan tepat untuk Anda yang ingin membeli tablet, tetapi budget Anda terbatas.

No.8

Samsung Galaxy Tab S8 5GSM-X706BZAAXID

Mulai dari Rp12.999.000,00

Tablet untuk meeting online dengan fitur auto framing

Kelebihan:

  • Anda dapat menyambungkannya dengan Wi-Fi ataupun selular
  • Terdapat juga aplikasi Samsung Health untuk mendukung gaya hidup sehat Anda

Kekurangan:

  • Fitur office yang masih bassic sehingga kurang cocok untuk pekerjaan yang membutuhkan fitur daftar isi otomatis, macro, dan lain-lain

Tablet seri S8 dari Samsung ini memiliki ukuran yang cukup mudah untuk digenggam. Fitur auto framing pada tablet ini akan membuat kamera depan dapat mengikuti pergerakan Anda. Dengan begitu, Anda dapat lebih nyaman melakukan online meeting tanpa perlu khawatir keluar dari frame.


Tablet ini juga memiliki resolusi yang baik untuk tampilan Anda pada saat online meeting. Pilihan tepat untuk Anda yang sering meeting secara online ataupun mengikuti kelas online.

No.9

SamsungGalaxy Tab S8+ 5GSM-X806BIDBXID

Mulai dari Rp16.999.000,00

Mencari tablet untuk game? Pilih yang satu ini!

Kelebihan:

  • Dapat digunakan dalam tampilan split screen sehingga lebih nyaman untuk running dua aplikasi sekaligus
  • Zoom dan Google Duo yang dapat mendukung meeting online ataupun kelas online

Kekurangan:

  • Tablet ini kurang dapat mendukung pekerjaan pada Excel

Apabila Anda adalah tipe orang yang menikmati game sebagai pelepas stres, tablet ini bisa jadi rekomendasi terbaik. Berlayar cukup lebar, Anda akan mendapat experience bermain game secara maksimal. Spek tinggi berperforma yang apik membuat Anda dapat memainkan game di Android tanpa masalah apa pun. Anda bisa santai memakainya untuk gaming berlama-lama karena kapasitas baterainya yang besar.

No.10

SamsungGalaxy Tab S8 Ultra 5GSM-X906BZAEXID

Mulai dari Rp19.999.000,00

Tablet sultan dengan spek setara laptop

Kelebihan:

  • Memiliki speaker dengan suara yang detail dan jernih 
  • Kualitas layar dengan warna lebih tajam yang cocok digunakan untuk menonton film, drama, atau video 

Kekurangan:

  • Fitur tabel dan fungsi akuntansi yang masih sulit untuk digunakan 

Apabila Anda sedang mempertimbangkan untuk mengganti laptop Anda dengan tablet, produk ini harus masuk list belanja Anda. Memiliki ukuran layar hingga 14,6 inci, tablet ini sudah dapat Anda sandingkan dengan laptop. Fitur-fiturnya pun tidak kalah dengan fitur yang ada pada laptop. 


Anda cukup mengaktifkan mode Samsung Dex untuk dapat merasakan manfaatnya secara lebih maksimal. Mode ini akan menampilkan tombol start yang dapat digunakan untuk melihat daftar aplikasi. Anda juga akan melihat tampilan taskbar pada bagian bawah tablet dan sistem multiwindow seperti dalam PC. Dengan tablet ini Anda dapat merasakan manfaat smartphone dan laptop secara bersamaan.

Baca juga rekomendasi produk tablet lainnya di sini

Selain tablet Samsung, kami juga sudah mengulas produk tablet lainnya, seperti tablet Android, tablet Windows, dan iPad. Tentu saja, tiap-tiap jenis tablet ini memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasinya lebih lanjut, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Ada banyak jenis tablet yang diproduksi oleh Samsung. Hal ini karena kebutuhan penggunaan tiap-tiap orang akan tablet berbeda-beda. Ada yang menggunakan tablet untuk bekerja atau hanya sekadar hiburan saja.


Maka dari itu, memilih tablet yang tepat menjadi hal penting. Anda harus melihat specs, fitur, dan harganya. Agar tidak bingung menentukan pilihan, Anda dapat menjadikan ulasan dari kami ini sebagai panduan memilih. Semoga ulasan ini membantu Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer