• 10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Ampoule Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Ampoule merupakan salah satu jenis skincare yang dapat bekerja secara cepat pada wajah Anda. Dengan menggunakannya, permasalahan yang terjadi pada kulit wajah Anda dapat cepat diselesaikan. Beberapa merek ampoule yang banyak beredar di Indonesia adalah Laneige, Missha, atau Nature Republic.


Karena terdapat berbagai merek dan fungsi bagi masing-masing jenis kulit, Anda mungkin akan bingung untuk menentukan pilihan. Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih ampoule terbaik untuk Anda. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi merek dan jenis yang dapat Anda pilih.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Tuty Queen
Iva Asih
  • Pembaharuan terakhir: 25 Mei 2022
Daftar isi

Sekilas tentang ampoule

Sebelum menjelaskan cara memilih ampoule, kami akan mengulas tentang perbedaan ampoule dengan serum dan essence. Kami juga akan menjelaskan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan ampoule. Disimak, yuk.  

Perbedaan ampoule, serum, dan essence

Perbedaan ampoule, serum, dan essence

Mungkin banyak di antara Anda yang masih bingung membedakan antara ampoule, serum, ataupun essence. Hal yang paling mendasar di antara ketiga skincare ini adalah konsentrasi kandungan aktif di dalamnya. Essence memiliki konsentrasi kandungan aktif yang paling kecil. Tekstur essence pun biasanya juga jauh lebih encer sehingga mudah terserap kulit.


Sementara itu, serum memiliki tekstur yang lebih kental daripada essence. Konsentrasi kandungan aktifnya pun lebih tinggi dibandingkan essence. Akan tetapi, ada beberapa merek yang menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Jadi, banyak yang menganggap keduanya merupakan skincare yang sama. Perbedaan lainnya adalah serum biasanya dipergunakan untuk masalah kulit yang lebih spesifik.


Nah, ampoule adalah serum yang lebih terkonsentrat. Kandungan aktifnya paling banyak sehingga dapat dengan cepat menyelesaikan permasalahan kulit. Ketika akan menghadiri acara-acara penting, mungkin Anda pernah mengalami wajah tiba-tiba berjerawat atau kusam. Untuk hasil yang cepat, Anda dapat memilih menggunakan ampoule daripada essence ataupun serum.


Akan tetapi, berbeda dengan essence dan serum, ampoule tidak dapat digunakan setiap hari. Sekalipun terdapat iklan yang mengatakan ampoule yang Anda inginkan dapat digunakan setiap hari, ada baiknya Anda tidak langsung percaya. Karena sekali lagi, penggunaan ampoule hanya untuk kulit yang benar-benar bermasalah.

Manfaat ampoule untuk kulit

Manfaat ampoule untuk kulit

Sama seperti essence atau serum, ampoule berfungsi untuk menutrisi wajah. Akan tetapi, khasiatnya jauh lebih cepat terasa dibandingkan essence atau serum. Ampoule sangat direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil singkat untuk mendapatkan wajah yang glowing dan sehat.


Ampoule dapat digunakan untuk menjadikan kulit wajah Anda jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, kandungan aktif di dalamnya seperti vitamin E atau Vitamin C sangat bermanfaat untuk menyelesaikan permasalahan kulit Anda. Hal lainnya adalah ampoule sangat berkhasiat untuk melembapkan kulit Anda.

Cara memilih ampoule

Anda telah mengetahui perbedaan ampoule dengan produk skincare sejenis lainnya. Sekarang, kami akan memberikan beberapa tips memilih ampoule terbaik yang sesuai dengan Anda. 

Sesuaikan kandungannya dengan jenis dan permasalahan kulit Anda

Setiap jenis dan permasalahan kulit harus menggunakan penawar yang tepat sehingga tidak menimbulkan permasalahan baru. Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering muncul untuk setiap jenis kulit. 

Untuk kulit kering, pilih kandungan tinggi pelembap seperti hyaluronic acid

Untuk kulit kering, pilih kandungan tinggi pelembap seperti hyaluronic acid

Anda yang memiliki kulit kering membutuhkan pelembap dengan kandungan tinggi. Ampoule dengan konsentrat yang tinggi sangat cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Agar kulit Anda tetap lembap, Anda dapat memilih ampoule dengan hyaluronic acid


Hyaluronic acid dapat membantu meningkatkan kadar air pada kulit Anda. Selain itu, ada juga beberapa bahan yang harus kulit kering hindari, yaitu salicylic acid, benzoyl peroxide, dan retinoid.

Untuk kulit menua, pilih kandungan anti-aging seperti niacinamide

Untuk kulit menua, pilih kandungan anti-aging seperti niacinamide

Apabila kulit Anda mengalami flek hitam, keriput, maupun garis halus, itu artinya tanda-tanda penuaan pada kulit Anda. Gejala ini muncul karena bertambahnya usia dan seringnya kulit terpapar sinar matahari berlebih.


Untuk menanganinya, Anda dapat memilih ampoule dengan kandungan niacinamide. Selain niacinamide, Anda juga dapat memilih ampoule dengan kolagen, retinol, antioksidan, ceramide, dan cica.

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilih kandungan Centella asiatica

Untuk kulit berminyak dan berjerawat, pilih kandungan Centella asiatica

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pastinya sudah tidak asing lagi dengan jerawat yang sering mendadak muncul. Selain jerawat yang sering muncul, ada juga permasalahan pori-pori yang terlihat besar sekalipun sudah tertutup makeup.


Untuk menanggulanginya, Anda dapat memilih ampoule yang memang dibuat untuk kulit berjerawat dan pori-pori besar. Kandungan yang baik di antaranya adalah kandungan Centella asiatica, salicylic acid (BHA), green tea, dan tea tree.

Untuk kulit sensitif, pilih bahan alami dan mengandung propolis

Untuk kulit sensitif, pilih bahan alami dan mengandung propolis

Untuk Anda yang memiliki kulit kering cenderung sensitif, Anda dapat memilih ampoule dengan kandungan propolis di dalamnya. Propolis dapat menenangkan kulit Anda yang iritasi akibat alergi. Selain propolis, Anda juga dapat memilih ampoule dengan bahan calendula, chamomile, atau oat.


Selain itu, hindari juga penggunaan fragrance dan paraben bagi kulit sensitif. Agar penggunaan ampoule lebih maksimal, ada baiknya Anda yang berkulit sensitif berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis.

Periksa kandungan tambahan lainnya

Periksa kandungan tambahan lainnya

Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal saat menggunakan ampoule Anda juga harus membaca kandungan pada ampoule yang Anda gunakan. Jangan sampai terdapat kandungan tambahan yang malah akan membuat kulit Anda bermasalah. Hindari penggunaan fragrance dan alkohol berlebih pada ampoule Anda.


Selain kandungan bahan lainnya, Anda juga harus memperhatikan kandungan bahan yang sesuai dengan permasalahan kulit Anda. Apabila permasalahan kulit Anda tidak terlalu berat, Anda dapat memilih ampoule dengan konsentrat rendah.


Sementara itu, jika permasalahan kulit Anda sangat mendesak, pilihlah kandungan utama yang lebih besar dibandingkan kandungan lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memilih ampoule dengan single ingredient.

Sesuaikan dengan makeup dan skincare harian Anda

Sesuaikan dengan makeup dan skincare harian Anda

Ampoule merupakan tambahan skincare yang akhir-akhir ini mulai naik daun. Jadi, apabila Anda ingin mencoba menggunakannya, sesuaikan juga dengan kandungan skincare dan makeup Anda. Jangan sampai kandungan ampoule bertabrakan dengan kandungan skincare dan makeup Anda.


Misalnya Anda sudah menggunakan essence atau serum dengan kandungan vitamin C, pastikan ampoule tidak mengandung niacinamide. Hal ini karena niaciamide akan menimbulkan iritasi apabila bertemu dengan vitamin C. Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan hal ini, ya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Pureheals Caviar 90 Renewing Ampoules 15ml

Mulai dari Rp 176.000,00

Spesialis
mybest

Mediheal N.M.F Aquaring Ampoule Mask EX.

Mulai dari Rp 18.855,00

10 Rekomendasi ampoule terbaik

Anda sudah membaca apakah ampoule itu dan juga tips memilihnya. Sekarang, saatnya kami memberikan beberapa rekomendasi produk ampoule terbaik untuk Anda. 

10

Nature RepublicCapture Miracle Ampoule Mask Sheet Tea Tree

Mulai dari Rp 50.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran30 ml (mask sheet)
KandunganTea tree extract, tea tree oil, evening primrose oil extract, arrowroot extract, giant king leaf extract
Umur simpan24 bulan
BPOMNA26190205599
9
Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran45 ml
KandunganHarakeke extract, hyaluronic acid, lotus root extract, gastrodia extract, aloe extract, okra extract, cactus extract, dragon fruits extract, Polygonatum odoratum extract, maca extract
Umur simpan18 bulan
BPOMNA26170104794
8
Jenis kulitMenua
Ukuran30 ml
KandunganWater, Camellia sinensis (green tea) leaf extract, retinol, Rubus idaeus (raspberry) fruit extract, Punica granatum (fruit) extract, Phaseolus radiatus seed extract, BHA, Avena sativa (oat) meal extract
Umur simpan6 bulan
BPOMNA18200101056
7
Jenis kulitBerminyak
Ukuran25 ml (sheet mask)
KandunganMineral water, charcoal powder, hyaluronic acid, chestnut shell extract, Caulerpa lentillifera extract
Umur simpan18 bulan
BPOMNA26180201129
6

InnisfreeJeju Lava Seawater Boosting Ampoule EX

Mulai dari Rp 450.000,00

Jenis kulitMenua
Ukuran25 ml
KandunganSea water, butylene glycol, glycerin, ethylhexylglycerin, adenosine
Umur simpan36 bulan
BPOMNA26190105764
5
Jenis kulitKering
Ukuran30 ml
KandunganPropolis extract, Cassia obtusifolia seed extract, panthenol
Umur simpan12 bulan
BPOMNA26180102308
4

SKIN1004Madagascar Centella Asiatica Ampoule

Mulai dari Rp 269.500,00

Jenis kulitSensitif
Ukuran50 ml
KandunganCentella asiatica extract
Umur simpan24 bulan
BPOMNA26180110519
3

LANEIGEWhite Dew Original Ampoule Essence

Mulai dari Rp 770.000,00

Jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran40 ml
KandunganWater, propanediol, Saururus chinensis extract, Camellia sinensis leaf extract, cetearyl olivate, sorbitan olivate, alcohol, PEG-60 hydrogenated castor oil, hydrogenated lecithin
Umur simpan24 bulan
BPOMNA26200100263
2

MISSHATime Revolution Night Repair Probio Ampoule

Mulai dari Rp 559.000,00

Jenis kulitNormal, Kering, sensitif
Ukuran50 ml
Kandungan utamaBifide ferment lysate, water, damask rose extract, violet carrots extract, violet cabbage extract, eggplant extract, beetroots extract, blueberries extract, lupinus seed extract, sunflower seed oil
Umur simpan20 bulan
BPOMNA26170101551
1
Jenis kulitSensitif
Ukuran20 ml
KandunganCentella asiatica leaf water, butylene gycol, Centella asiatica extract, PEG-60 hydrogenated castor oil
Umur simpan24 bulan
BPOMNA26180102307

Tabel perbandingan produk ampoule terbaik

Gambar produk
1
COSRX Centella Blemish Ampule 1

COSRX

2
MISSHA Time Revolution Night Repair Probio Ampoule 1

MISSHA

3
LANEIGE White Dew Original Ampoule Essence 1

LANEIGE

4
SKIN1004 Madagascar Centella Asiatica Ampoule 1

SKIN1004

5
COSRX Full Fit Propolis Light Ampoule 1

COSRX

6
Innisfree Jeju Lava Seawater Boosting Ampoule EX  1

Innisfree

7
SNP Charcoal Mineral Black Ampoule Mask 1

SNP

8
Avoskin Miraculous Retinol Ampoule 1

Avoskin

9
the SAEM Urban Eco Harakeke Ampoule 1

the SAEM

10
Nature Republic Capture Miracle Ampoule Mask Sheet Tea Tree 1

Nature Republic

Nama produk

Centella Blemish Ampule

Time Revolution Night Repair Probio Ampoule

White Dew Original Ampoule Essence

Madagascar Centella Asiatica Ampoule

Full Fit Propolis Light Ampoule

Jeju Lava Seawater Boosting Ampoule EX

Charcoal Mineral Black Ampoule Mask

Miraculous Retinol Ampoule

Urban Eco Harakeke Ampoule

Capture Miracle Ampoule Mask Sheet Tea Tree

Keunggulan

Satu produk untuk berbagai permasalahan kulit

Produk anti-aging yang juga mencerahkan kulit dari dalam

Selamat tinggal noda membandel di wajah!

Bahan tunggal dengan banyak manfaat

Tak hanya meredakan iritasi, propolisnya juga membuat wajah lebih glowing

Manfaat air laut dalam satu ampoule

Cara praktis menggunakan ampoule

Dapat menstimulasi terbentuknya kolagen secara alami

Meredakan peradangan dengan ekstrak harakeke

Samarkan pori-pori besar seketika

Harga mulai dariRp 320.000,00Rp 559.000,00Rp 770.000,00Rp 269.500,00Rp 212.000,00Rp 450.000,00Rp 39.000,00Rp 229.000,00Rp 439.000,00Rp 50.000,00
Jenis kulitSensitifNormal, Kering, sensitifSemua jenis kulitSensitifKeringMenuaBerminyakMenuaSemua jenis kulitSemua jenis kulit
Ukuran20 ml50 ml40 ml50 ml30 ml25 ml25 ml (sheet mask)30 ml45 ml30 ml (mask sheet)
KandunganCentella asiatica leaf water, butylene gycol, Centella asiatica extract, PEG-60 hydrogenated castor oilBifide ferment lysate, water, damask rose extract, violet carrots extract, violet cabbage extract, eggplant extract, beetroots extract, blueberries extract, lupinus seed extract, sunflower seed oilWater, propanediol, Saururus chinensis extract, Camellia sinensis leaf extract, cetearyl olivate, sorbitan olivate, alcohol, PEG-60 hydrogenated castor oil, hydrogenated lecithinCentella asiatica extractPropolis extract, Cassia obtusifolia seed extract, panthenolSea water, butylene glycol, glycerin, ethylhexylglycerin, adenosineMineral water, charcoal powder, hyaluronic acid, chestnut shell extract, Caulerpa lentillifera extractWater, Camellia sinensis (green tea) leaf extract, retinol, Rubus idaeus (raspberry) fruit extract, Punica granatum (fruit) extract, Phaseolus radiatus seed extract, BHA, Avena sativa (oat) meal extractHarakeke extract, hyaluronic acid, lotus root extract, gastrodia extract, aloe extract, okra extract, cactus extract, dragon fruits extract, Polygonatum odoratum extract, maca extractTea tree extract, tea tree oil, evening primrose oil extract, arrowroot extract, giant king leaf extract
Umur simpan24 bulan20 bulan24 bulan24 bulan12 bulan36 bulan18 bulan6 bulan18 bulan24 bulan
BPOMNA26180102307NA26170101551NA26200100263NA26180110519NA26180102308NA26190105764NA26180201129NA18200101056NA26170104794NA26190205599
Tautan produk

Waktu terbaik untuk menggunakan ampoule

Waktu terbaik untuk menggunakan ampoule

Karena konsentrasi kandungan ampoule lebih tinggi dibandingkan essence atau serum, Anda tidak disarankan untuk menggunakannya setiap hari. Untuk penggunaan setiap hari, Anda lebih baik memilih serum. Pada dasarnya permasalahan kulit dapat diselesaikan dengan menggunakan serum, tetapi tidak dalam waktu singkat.


Jadi, apabila Anda ingin hasil yang cukup instan, Anda dapat menggunakan ampoule untuk pengganti serum Anda. Akan tetapi, Anda hanya dapat menggunakan ampoule dua kali seminggu. Gunakan ampoule setelah menggunakan toner dan sebelum menggunakan moisturizer.

Baca juga rekomendasi serum di sini

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, permasalahan kulit dapat diselesaikan secara singkat dengan ampoule. Akan tetapi, harga ampoule yang mahal akan membuat Anda akan berpikir sekali lagi untuk membelinya. 


Oleh karena itu, Anda dapat mengganti penggunaan ampoule dengan serum. Memang hasilnya tidak akan secepat ampoule. Akan tetapi, dengan penggunaan rutin dan tahapan yang tepat, permasalahan kulit Anda juga dapat teratasi.

Kesimpulan

Ampoule merupakan skincare yang dapat mengatasi permasalahan kulit secara cepat. Anda dapat memilih ampoule berdasarkan permasalahan kulit, jenis kulit, serta kandungannya. Harganya memang lebih mahal dibandingkan dengan skincare lainnya. 


Akan tetapi, harga yang mahal sebanding dengan hasil yang maksimal dalam waktu singkat. Jadi, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Apabila belum, jadikan artikel ini sebagai pedoman Anda mendapat ampoule terbaik untuk Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang wajib digunakan setiap hari. Terdapat beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya adalah physical sunscreen. Produk yang ditawarkan sangat variatif dan memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa merek physical sunscreen yang bagus adalah JOYLAB, Neogen, dan Innisfree.Kami akan memberikan paparan lengkap mengenai physical sunscreen. Ada tips memilih physical sunscreen serta rekomendasi produk terbaik. Anda dapat menemukan physical sunscreen lokal dan produk terbaik lainnya. Ada komentar dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan juga, lho! Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Essence Terbaik untuk Usia Akhir 20-an (Terbaru Tahun 2022)
    Memasuki usia 20-an atau saat Anda mulai menginjak usia 25, kulit akan menampakkan tanda awal penuaan. Kulit perlahan akan tampak kendur, kusam, kering, dan mulai bertekstur. Inilah pertanda Anda harus mulai menggunakan essence dalam skincare routine. Essence merupakan perawatan pelengkap yang biasanya dipakai setelah penggunaan toner.Essence mengandung bahan aktif yang akan mengatasi tanda penuaan. Kali ini kami akan membahas cara memilih essence yang bagus untuk Anda. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Kami juga menyiapkan rekomendasi berbagai merk, seperti Somethinc, NPure, dan Huxley. 
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori