1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Makanan & susu bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tepung Gasol Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Nama tepung Gasol tak lagi asing di masyarakat karena populer sebagai makanan pendamping air susu ibu (MPASI). Meskipun tidak bisa menggantikan susu, tepung Gasol dipilih karena kualitas dan kandungan nutrisinya. Jika dilihat dari kualitas, tepung Gasol adalah tepung murni 100%. 


Melalui kandungan nutrisinya, produk dari Gasol Organik ini bisa memberikan tambahan gizi anak dengan usia 6 bulan sampai 5 tahun. Kini tepung Gasol tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti pisang, kacang merah, ubi, dan lainnya. Agar Anda mudah menentukan pilihan, mari cari tahu cara memilih tepung Gasol terbaik!

Diperbaharui 10-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Apa keistimewaan produk tepung Gasol?


Tepung Gasol adalah tepung produksi lokal dari PT Gasol Pertanian Organik yang dapat digunakan sebagai MPASI. Umumnya tepung ini dibuat dari beras pecah kulit yang ditanam secara organik di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat. Tepung murni yang ditanam dan dibuat di Desa Gasol ini pun dinamai dengan tepung Gasol. Lalu, apa kelebihan dan kekurangannya? Mari simak!


Kelebihan tepung Gasol:

  • Tepung Gasol dibuat tanpa adanya kandungan tambahan, seperti pengawet, perasa, dan pewarna makanan. 
  • Tepung Gasol memiliki banyak varian. Selain dari beras, tepung Gasol juga dibuat dari buah-buahan, biji-bijian, dan bahan lainnya.
  • Tepung Gasol memiliki rasa tawar dan tidak perlu ditambahi gula atau garam saat akan disajikan.
  • Tepung Gasol 100% bebas gluten dan bukan berasal dari hasil rekayasa genetika (GMO).
  • Tepung Gasol bersertifikat organik dan halal.

Kekurangan tepung Gasol:
  • Berbeda dengan tepung instan, tepung Gasol tidak bisa disajikan hanya dengan disiram air panas. Anda harus memasak tepung Gasol ini hingga menjadi bubur tepung sebelum disajikan. Namun, cara memasaknya cukup mudah. Anda hanya perlu memanaskan tepung dan air di atas tungku sekitar 10 menit saja.

Cara memilih tepung Gasol

Poin-poin apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih tepung Gasol? Mengingat produk ini akan diberikan untuk bayi, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih. Anda harus memperhatikan bahan baku utama dan varian rasa yang sekiranya disukai si kecil. Terakhir, Anda juga perlu mempertimbangkan manfaatnya. 

① Pilih berdasarkan tipe bahan dasarnya

Tepung Gasol dibuat dari berbagai jenis bahan, seperti beras, umbi-umbian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Tiap-tiap bahan tersebut tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Mari ketahui keunggulannya masing-masing agar Anda dapat menemukan produk yang tepat. 

Beras: Aman dan tidak menimbulkan alergi

Beras: Aman dan tidak menimbulkan alergi

Jika anak memiliki sistem pencernaan yang lemah, Anda bisa memilih tepung Gasol berbahan beras. Tepung Gasol yang terbuat dari beras lebih disukai karena tidak menimbulkan alergi dan cenderung aman untuk bayi. Saat akan diberikan pada bayi, Anda bisa mencampurkannya dengan ASI atau susu formula.


Saat ini Gasol memakai berbagai jenis beras, seperti beras merah wangi, beras putih, beras merah, beras cokelat, dan beras hitam. Jika anak sudah terbiasa dan tidak mengalami masalah, Anda bisa mulai memberikan tepung Gasol dengan bahan yang lain. 

Umbi-umbian: Sumber energi alternatif

Umbi-umbian: Sumber energi alternatif

Umbi-umbian terkenal sebagai sumber karbohidrat yang bisa menggantikan fungsi beras. Dengan demikian, tepung umbi juga cocok digunakan untuk sumber energi alternatif si kecil.


Jika si kecil sudah bosan dengan tipe beras, Anda bisa memulai pemakaian tepung Gasol berbahan umbi-umbian. Apa saja pilihannya? Anda bisa menemukan tepung Gasol berbahan ubi garut dan ubi ungu. 

Biji-bijian: Kaya serat dan baik untuk pencernaan

Biji-bijian: Kaya serat dan baik untuk pencernaan

Apabila Anda mencari tepung Gasol yang baik untuk pencernaan, pilihlah yang berbahan biji-bijian. Keunggulan dari tipe ini adalah kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Dengan mengonsumsinya secara rutin, anak akan terhindar dari risiko sembelit dan gangguan metabolisme lainnya. Tipe ini memiliki dua varian yaitu sorgum dan jagung. 

Buah-buahan: Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Buah-buahan: Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Gasol Organik juga menyediakan produk tepung berbahan buah-buahan. Namun, saat ini memang baru tersedia tepung pisang saja. Walaupun baru tersedia satu varian saja, Anda bisa memilih tepung pisang untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral si buah hati. Menarik dicatat, pisang juga mengandung kalium dan pektin yang bagus untuk pencernaan dan melancarkan peredaran darah 

Kacang-kacangan: Meningkatkan kecerdasan dan imunitas tubuh

Kacang-kacangan: Meningkatkan kecerdasan dan imunitas tubuh

Tepung Gasol berbahan kacang-kacangan juga tersedia di pasaran, yaitu tepung kacang kedelai, tepung kacang hijau, dan tepung kacang merah. Dengan memilih tepung Gasol dengan bahan ini, si kecil akan mendapatkan manfaat baik dari kacang-kacangan.


Salah satu manfaat baik tepung Gasol berbahan kacang-kacangan adalah meningkatkan kecerdasan anak karena mengandung asam folat. Dengan memilih tepung Gasol jenis ini, anak akan memiliki tulang yang kuat, tubuh yang sehat, dan otak yang cerdas!

② Pertimbangkan tipe five grains jika menginginkan kandungan gizi lebih lengkap

Pertimbangkan tipe five grains jika menginginkan kandungan gizi lebih lengkap

Ada satu tipe tepung Gasol yang memiliki kandungan gizi lebih komplet dibandingkan tipe lain yaitu tepung five grains. Sesuai namanya, tepung ini terbuat dari lima bahan, yaitu beras merah, beras cokelat, sorgum, kacang hijau, dan kacang merah. Dengan demikian, anak Anda akan mendapatkan lima manfaat sekaligus dengan hanya mengonsumsi satu produk saja. 

③ Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan si kecil

Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan si kecil

Tepung Gasol tersedia dalam berbagai varian dengan manfaat yang berbeda-beda. Karena itu, Anda harus lebih jeli melihat informasi khasiat produk. Pilihlah varian tepung Gasol yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan si kecil. Berikut ini beberapa contohnya:


  • Anda bisa memilih tepung Gasol berbahan beras jika anak memiliki alergi pada bahan makanan tertentu. Hindari memberikan tepung berbahan dasar kacang-kacangan yang cenderung memicu alergi.

  • Anda bisa mempertimbangkan tipe umbi-umbian untuk anak yang sudah bosan dengan varian beras. Kedua tipe ini sama-sama memiliki kandungan karbohidrat sehingga cocok dipakai untuk menggantikan fungsi satu sama lain. 

Ini hanyalah beberapa contoh cara memilih tepung Gasol berdasarkan kondisi dan kebutuhan si kecil. Kini tugas Anda adalah mencari tahu kebutuhan nutrisi anak agar bisa menemukan produk yang tepat. Caranya, perhatikan informasi khasiat pada tiap produk tepung Gasol. 

10 Rekomendasi tepung Gasol terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tepung Gasol terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Gasol Organik

Tepung Beras Putih

Gasol Organik Tepung Beras Putih  1枚目

Pilihan paling pas untuk pemberian MPASI pertama!

2

Gasol Organik

Tepung Beras Merah

Gasol Organik Tepung Beras Merah 1枚目

Tinggi serat! Cegah si kecil alami sembelit

3

Gasol Organik

Tepung Kacang Hijau

Gasol Organik Tepung Kacang Hijau 1枚目

Salah satu cara untuk mencegah anemia pada bayi

4

Gasol Organik

Tepung Ubi

Gasol Organik Tepung Ubi 1枚目

Memiliki warna ungu cantik yang menggoda!

5

Gasol Organik

Tepung Jagung

Gasol Organik Tepung Jagung 1枚目

Si kecil lebih aktif bergerak dan tak gampang lapar

6

Gasol Organik

Tepung Kacang Merah

Gasol Organik Tepung Kacang Merah 1枚目

Mendukung perkembangan otak bayi agar tumbuh cerdas

7

Gasol Organik

Tepung Pisang

Gasol Organik Tepung Pisang  1枚目

Kaya kalium yang baik untuk kesehatan otot

8

Gasol Organik

Tepung Arrowroot

Gasol Organik Tepung Arrowroot 1枚目

Tak ada terigu? Bisa pakai tepung garut dari Gasol!

9

Gasol Organik

Tepung Five Grains

Gasol Organik Tepung Five Grains 1枚目

Dapatkan manfaat dari tiga jenis bahan sekaligus!

10

Gasol Organik

Tepung Kedelai

Gasol Organik Tepung Kedelai 1枚目

Membantu tulang dan gigi anak tumbuh optimal

Perincian produk
Close
No.1

Gasol OrganikTepung Beras Putih

Mulai dari Rp28.000,00

Pilihan paling pas untuk pemberian MPASI pertama!

Kelebihan:

  • Mengandung vitamin C, vitamin A, dan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan
  • Mudah dicerna oleh bayi

Kekurangan:

  • Kemasan di website resmi berbeda dengan di seller resmi sehingga mungkin akan membingungkan pembeli

Anda yang belum tahu kondisi tubuh si kecil secara pasti bisa memilih Gasol Tepung Beras Putih. Sesuai dengan rekomendasi WHO, tepung beras putih adalah bahan paling cocok untuk percobaan MPASI. Hal ini karena kandungan karbohidrat tepung beras putih sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Alhasil, risiko terjadinya alergi pun rendah. 

No.2

Gasol OrganikTepung Beras Merah

Mulai dari Rp28.000,00

Tinggi serat! Cegah si kecil alami sembelit

Kelebihan:

  • Mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan

Kekurangan:

  • Bayi bisa saja memiliki alergi terhadap kandungan protein yang ada di dalamnya

Selain diare, bayi bisa mengalami gangguan pencernaan lain, misalnya sembelit. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa memberikan Gasol Tepung Beras Merah yang tinggi kandungan serat. Serat alami dari beras merah sangat baik untuk melancarkan pencernaan sehingga si kecil terhindar dari sembelit.


Bukan hanya serat, produk ini juga kaya akan selenium, magnesium, fosfor dan vitamin B kompleks. Kandungan tersebut bermanfaat untuk tumbuh kembang, daya tahan, serta metabolisme tubuh bayi.

No.3

Gasol OrganikTepung Kacang Hijau

Mulai dari Rp28.000,00

Salah satu cara untuk mencegah anemia pada bayi

Kelebihan:

  • Termasuk jenis kacang-kacangan yang risiko alerginya rendah
  • Mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi

Kekurangan:

  • Meski risiko alerginya rendah, orang tua tetap perlu berhati-hati jika bayi memiliki alergi terhadap kacang-kacangan 

Kacang hijau sering dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi anemia. Tepung kacang hijau tentunya memiliki manfaat yang sama. Nah, agar si kecil terhindar dari gejala anemia, Anda bisa memberikannya olahan dari tepung kacang hijau, seperti produk ini.


Kandungan zat besi di dalam Gasol Tepung Kacang Hijau mampu mendorong pembentukan sel darah merah. Alhasil, Anda tidak perlu khawatir si kecil terkena anemia yang bisa menghambat pertumbuhannya.

No.4

Gasol OrganikTepung Ubi

Mulai dari Rp28.000,00

Memiliki warna ungu cantik yang menggoda!

Kelebihan:

  • Tinggi serat
  • Cocok dikombinasikan dengan varian tepung Gasol lainnya 

Kekurangan:

  • Selain vitamin A dan zat besi, tidak ada keterangan mengenai kandungan vitamin dan mineral lainnya

Tepung ubi memiliki warna ungu sehingga tampilannya terlihat lebih menarik. Nah, Anda bisa memilih tepung ini untuk menggoda anak yang malas makan. Tak hanya unggul dari segi tampilan, produk ini juga bagus untuk mata dan imunitas. Pasalnya, tepung ubi ini mengandung karotenoid yang bisa menjaga kesehatan mata dan memperkuat daya tahan tubuh. 

No.5

Gasol OrganikTepung Jagung

Mulai dari Rp28.000,00

Si kecil lebih aktif bergerak dan tak gampang lapar

Kelebihan:
  • Kaya akan kandungan vitamin A dan serat
  • Baik digunakan untuk menaikkan berat badan bayi

Kekurangan:

  • Tidak ada keterangan mengenai kandungan mineral

Apakah si kecil sering rewel dan terlihat tak bertenaga? Coba berikan Gasol Tepung Jagung sebagai MPASI. Kandungan protein dan karbohidratnya bisa membuat bayi kenyang lebih lama. Dengan demikian, si kecil tidak mudah merasa lapar dan memiliki banyak stok energi untuk bergerak. Anda bisa memberikan tepung ini sebelum bepergian agar si kecil tidak rewel selama di perjalanan. 

No.6

Gasol OrganikTepung Kacang Merah

Mulai dari Rp28.000,00

Mendukung perkembangan otak bayi agar tumbuh cerdas

Kelebihan:

  • Kaya akan nutrisi, bantu penuhi kebutuhan gizi bayi
  • Tinggi serat, bagus untuk pencernaan

Kekurangan:

  • Mungkin menimbulkan alergi pada bayi dengan pencernaan sensitif


Gasol Tepung Kacang Merah adalah pilihan tepat jika Anda ingin mendukung perkembangan otak si kecil. Kandungan kolin di dalamnya penting untuk pembentukan sinaps, membran sel, serta asetilkolin yang merupakan neurotransmitter untuk memori.


Ditambah lagi, produk ini kaya akan kandungan zat besi yang berperan dalam proses pembentukan saraf dan proses mielinasi otak bayi. Jadi, memberikan Gasol Tepung Kacang Merah sebagai MPASI pastinya akan membantu si kecil tumbuh dengan cerdas.

No.7

Gasol OrganikTepung Pisang

Mulai dari Rp28.000,00

Kaya kalium yang baik untuk kesehatan otot

Kelebihan:
  • Memiliki rasa manis yang pas dan alami

Kekurangan:

  • Meski baik untuk kesehatan otot, kandungan proteinnya tidak begitu tinggi

Selain organ tubuh, Anda juga harus memperhatikan kesehatan otot anak. Anda yang ingin anak memiliki otot yang sehat dan kuat bisa memilih Gasol Tepung Pisang. Tepung ini mengandung kalium yang tinggi dan bagus untuk menjaga kesehatan otot. Selain kesehatan otot, produk ini juga direkomendasikan untuk kesehatan jantung si kecil.

No.8

Gasol OrganikTepung Arrowroot

Mulai dari Rp28.000,00

Tak ada terigu? Bisa pakai tepung garut dari Gasol!

Kelebihan:

  • Serbaguna, bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu

Kekurangan:

  • Tidak mengandung protein

Jika Anda hobi membuat kudapan. coba gunakan tepung Gasol berbahan garut. Tepung Gasol yang satu ini cocok dipakai sebagai pengganti terigu, lho! Dengan demikian, Anda bisa memakainya untuk membuat aneka kudapan, seperti pudding, kue, cookies, dan lainnya. 


Tak hanya multifungsi, tepung Gasol ini juga dapat membantu mengatasi masalah lambung, seperti asam lambung, mag, dan diare. Kandungan patinya dapat membantu menetralkan zat asam di dalam lambung. Tak hanya bayi dan balita, orang dewasa pun bisa mengonsumsi produk ini. 

No.9

Gasol OrganikTepung Five Grains

Mulai dari Rp22.000,00

Dapatkan manfaat dari tiga jenis bahan sekaligus!

Kelebihan:

  • Kandungan nutrisi cukup lengkap sehingga meminimalkan kerepotan orang tua untuk mengombinasikan makanan

Kekurangan:

  • Mengandung kacang-kacangan, perlu dievaluasi efeknya jika diberikan pada bayi dengan pencernaan sensitif

Produk ini bisa dikatakan paket lengkap karena memiliki nutrisi dari tiga jenis bahan, yaitu beras, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lebih lanjut, tepung five grains ini kaya akan kalsium, serat, fosfor, antioksidan, flavonoid, vitamin, dan zat besi.


Gasol Tepung Five Grains disarankan untuk Anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu menyiapkan makanan. Dengan produk ini, Anda tak perlu sering-sering mencampur atau membeli banyak produk untuk memberikan nutrisi yang seimbang. 

No.10

Gasol OrganikTepung Kedelai

Mulai dari Rp28.000,00

Membantu tulang dan gigi anak tumbuh optimal

Kelebihan:

  • Mengandung isoflavon, dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang
  • Bisa dijadikan alternatif pengganti tepung susu berbahan dasar susu sapi

Kekurangan:

  • Mungkin menyebabkan alergi pada bayi yang sensitif terhadap kacang-kacangan

Selain susu sapi, ada banyak sumber makanan lain yang tinggi kandungan kalsium. Salah satunya adalah kacang kedelai. Nah, untuk memenuhi kebutuhan kalsium si kecil, Gasol Organik menyediakan Tepung Kacang Kedelai yang bisa diberikan sebagai menu MPASI.


Dengan mengonsumsinya, pertumbuhan tulang dan gigi bayi tentu akan menjadi lebih optimal. Diperkaya dengan vitamin dan mineral. produk ini bukan hanya bermanfaat untuk tulang dan gigi, tetapi juga daya tahan bayi.

Baca juga rekomendasi pilihan MPASI lainnya di sini

Selain memberikan tepung Gasol, tentunya Anda perlu melengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan makanan pendamping lain. Yuk, simak ulasannya pada tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda mengenai tepung Gasol? Berbagai kelebihan yang ditawarkan sepertinya lebih dari cukup untuk menjadikan tepung Gasol sebagai bagian dari menu MPASI si kecil. Meskipun demikian, untuk memastikan kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi, Anda tetap perlu memberikan sumber nutrisi lain, ya.


Silakan jadikan artikel kami sebagai panduan dalam memilih tepung Gasol. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menentukan pilihan untuk sang buah hati. Selamat memilih! 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer