1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Lensa & aksesori
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lensa Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2023)

Selain dapat dijadikan sebagai profesi, banyak orang menjadikan fotografi sebagai hobi. Tak jarang, seseorang yang menekuni kegiatan fotografi akan mengoleksi lebih dari satu lensa. Salah satu merek kamera mirrorless yang sudah terkenal dan cukup banyak digunakan adalah Sony.


Setiap lensa mirrorless Sony menawarkan keunggulan yang berbeda-beda. Misalnya saja FE 85mm F1.8 dan Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS yang berbeda kualitasnya dengan lensa kit standar. Untuk itu, kami akan menjelaskan tips memilih lensa mirrorless Sony terbaik sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 08-02-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih lensa mirrorless merek Sony

Mungkin sebagian orang menganggap bahwa menggunakan lensa kit standar sudah memberikan kepuasan. Namun, untuk menghasilkan gambar yang berkualitas dan lebih sempurna, tentunya Anda membutuhkan lensa khusus. Bagaimana cara menentukan dan memilih lensa mirrorless Sony? Berikut poin-poin penjelasannya!

① Sesuaikan dengan jenis sensor kamera

Sesuaikan dengan jenis sensor kamera
Sumber: sony.co.id

Dalam memilih lensa kamera mirrorless Sony, utamakan untuk memilih lensa yang sesuai dengan jenis kamera yang Anda gunakan sekarang. Poin pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli lensa mirrorless Sony adalah jenis sensornya. Umumnya, terdapat dua jenis sensor pada kamera mirrorless Sony, yaitu APS-C dan full frame. Kedua jenis sensor ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada ukurannya.


  • Sensor full frame memiliki tangkapan layar yang lebih lebar dibandingkan dengan APS-C. Dari segi bobot, kamera full frame juga lebih berat. Lensa yang kompatibel bisa dikenali dari kode huruf FE yang mengikuti focal length-nya. Contohnya, FE 12-24 mm atau FE 50.

  • Sensor APS-C berbobot lebih ringan. Meskipun tangkapan layarnya tak selebar full frame, hasil foto yang dihasilkan cukup baik, bahkan untuk kebutuhan profesional. Lensa yang bisa Anda pilih adalah yang berkode E, misalnya E 30 mm atau E 50 mm.

② Periksa panjang focal length pada lensa

Periksa panjang focal length pada lensa
Sumber: sony.co.id

Focal length adalah kemampuan lensa untuk melihat dan merekam objek gambar. Biasanya, ukuran focal length ditulis dalam satuan millimeter (mm). Makin pendek focal length pada lensa, maka makin jauh pula jarak objek gambar yang dapat terekam. Begitu pula sebaliknya. Makin panjang focal length sebuah lensa, jarak objek gambar yang dapat terekam makin dekat.


Kebutuhan fotografi setiap orang tentunya berbeda-beda. Untuk itu, kenali terlebih dulu cara memotret dan kondisi objek gambar yang akan Anda bidik. Jika Anda lebih senang memotret objek gambar dari jarak yang jauh, setidaknya Anda membutuhkan lensa zoom atau tele. Setiap lensa tele pun memiliki focal length yang berbeda-beda. Makin panjang focal length-nya, maka makin mahal pula harganya.


Sementara untuk Anda yang ingin memotret kegiatan sehari-hari, menggunakan lensa kit sebenarnya sudah cukup. Namun, jika ingin lebih maksimal, membawa lensa dengan rentang focal length 12 mm hingga 85 mm sangat disarankan.

③ Sesuaikan jenis lensa dengan kebutuhan penggunaan

Panjang focal length lensa yang berbeda-beda tentunya memberikan kualitas dan pengalaman memotret yang berlainan pula. Dari sisi produk, produsen Sony memiliki banyak pilihan lensa untuk berbagai macam kebutuhan di lapangan. Untuk itu, sebelum menentukan pilihan, ketahui kebutuhan penggunaan lensa mirrorless Sony saat ini.

Lensa kit: Untuk pemula yang baru memulai fotografi

Lensa kit: Untuk pemula yang baru memulai fotografi
Sumber: sony.co.id

Umumnya, pembelian kamera mirrorless Sony juga akan disertai lensa kit. Lensa ini merupakan lensa standar yang masuk ke dalam paket pembelian kamera yang siap digunakan untuk memotret. Saat Anda membeli kamera Sony sensor APS-C, lensa kit yang disertai adalah tipe E 16-50 mm F3.5-5.6 OSS. Sementara untuk kamera Sony sensor full frame, lensa yang disertai adalah tipe FE 24-70 mm F3.5-5.6 OSS.


Bagi Anda yang memiliki keterbatasan anggaran, menggunakan lensa kit tidaklah mengecewakan. Berbagai kebutuhan fotografi seperti foto lanskap, portrait, maupun videografi tentunya dapat terpenuhi. Dengan keterampilan memotret yang terus ditingkatkan, Anda dapat menghasilkan gambar dan video yang berkualitas.

Lensa wide dan ultra-wide: Untuk memotret objek gambar yang lebih luas

Lensa wide dan ultra-wide: Untuk memotret objek gambar yang lebih luas
Sumber: sony.co.id

Lensa wide dan ultra-wide juga dikenal sebagai lensa sudut lebar. Lensa ini dapat memotret gambar dengan cakupan yang lebih luas dalam satu frame. Makin kecil focal length-nya, maka makin luas pandangannya. Jenis lensa ini umumnya lebih cocok digunakan untuk memotret interior ruangan maupun lanskap alam.

Lensa fix: Untuk hasil yang lebih bokeh

Lensa fix: Untuk hasil yang lebih bokeh
Sumber: sony.co.id

Lensa fix atau sering disebut lensa tetap memiliki focal length dan aperture yang tetap. Lensa jenis ini juga memiliki bentuk yang sederhana dan compact. Saat menggunakan lensa ini, Anda tidak dapat melakukan pembesaran atau zoom sehingga harus mengatur jarak saat pengambilan gambar. Lensa ini sangat cocok digunakan untuk memotret ekspresi seseorang, makanan, dan minuman.


Keunggulan dari lensa fix terletak pada aperture atau bukaan pada lensanya. Makin kecil aperture yang menyertai lensa, hasil gambar yang Anda dapatkan akan lebih bokeh. Selain itu, hasil foto dari lensa ini biasanya terlihat lebih tajam.

Lensa macro: Untuk fotografi makro

Lensa macro: Untuk fotografi makro
Sumber: sony.co.id

Lensa makro sering kali digunakan untuk memotret gambar close-up. Umumnya, jenis lensa ini digunakan untuk mengabadikan objek gambar yang memiliki ukuran kecil seperti serangga. Tujuan penggunaan lensa ini adalah membuat pengguna kamera lebih dekat dengan objek gambar.


Kelemahan dari lensa makro dengan teknologi standar adalah autofokus yang tidak secepat lensa lainnya. Untuk itu, supaya hasil gambar lebih maksimal, Anda harus benar-benar fokus saat membidik objek gambar.


Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Sony memiliki dua jenis lensa makro unggulan, yaitu Zeiss dan G Master. Kualitas lensa ini tentu sangat berbeda dengan lensa biasa di mana terdapat fitur autofokus yang lebih memuaskan.

Lensa tele dan super-tele: Untuk memotret objek gambar yang jauh

Lensa tele dan super-tele: Untuk memotret objek gambar yang jauh
Sumber: sony.co.id

Lensa tele adalah jenis lensa yang dirancang khusus untuk mengambil gambar jarak jauh. Lensa ini cocok untuk Anda yang kesulitan menjangkau objek jarak jauh saat memotret. Lensa tele memiliki bentuk yang khas dengan bodi besar dan panjang karena berkaitan dengan ukuran focal length. Jika diukur dari focal length-nya, lensa tele umumnya memiliki ukuran mulai dari 70 mm hingga 300 mm.


Sementara itu, jenis lensa super-tele memiliki panjang focal length di atas 300 mm. Lensa tele ataupun super-tele umumnya dipakai untuk memotret kegiatan olahraga, satwa di alam liar, dan lainnya. Makin besar focal length pada lensa tele, makin berat bobotnya dan mahal harganya.

④ Perhatikan aperture pada lensa

Perhatikan aperture pada lensa
Sumber: sony.co.id

Aperture atau bukaan merupakan poin yang cukup penting untuk diperhatikan saat Anda membeli lensa. Fungsi dari aperture pada lensa adalah untuk menerima cahaya. Makin lebar aperture pada lensa, maka makin banyak pula cahaya yang dapat diterima.


Aperture pada lensa ditunjukkan dalam satuan F, contohnya F1.8, F.2.2, dan lainnya. Angka yang mengikuti huruf F menunjukkan aperture maksimum yang ada pada lensa. Makin kecil angka F-nya, maka makin lebar aperture pada lensa.


Dalam memilih lensa mirrorless Sony, pilihlah lensa dengan aperture yang lebar atau nilai F kecil. Angka aperture sangat memengaruhi hasil gambar dari lensa yang Anda gunakan. Nilai aperture yang kecil akan memberikan area fokus yang sempit sehingga latar gambar menjadi blur. Teknik fotografi ini dikenal juga dengan teknik bokeh.

⑤ Perhatikan fitur stabilisasi gambar untuk kualitas gambar yang halus

Saat Anda memotret tanpa tripod atau stabilizer kamera, risiko gambar blur akibat terguncang tentu tak bisa dihindarkan. Namun, sebagian orang merasa repot jika harus membawa tripod saat bepergian. Terlebih lagi jika Anda melakukan perjalanan travelling dengan durasi dan jarak yang jauh.


Untuk meminimalkan risiko foto menjadi blur akibat guncangan saat memotret, pilihlah lensa mirrorless yang dibekali fitur stabilisasi gambar. Fitur ini dapat meredam guncangan maupun ketidakseimbangan saat Anda memotret. Bahkan saat Anda melakukan perekaman video, fitur ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan video yang lebih halus.

10 Rekomendasi lensa mirrorless terbaik merek Sony

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh lensa mirrorless terbaik merek Sony yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sony

E 35mm F1.8 OSS Lens

Sony E 35mm F1.8 OSS Lens 1枚目

Foto makanan terlihat lebih menggiurkan!

2

Sony

FE 28-70mm F3.5-5.6 OSS

Sony FE 28-70mm F3.5-5.6 OSS 1枚目

Lensa kit standar untuk pemula

3

Sony

FE 85mm F1.8

Sony FE 85mm F1.8 1枚目

Hasilkan foto portrait dengan bokeh yang smooth

4

Sony

FE 90mm F2.8 Macro G OSS

Sony FE 90mm F2.8 Macro G OSS 1枚目

Macro lense Sony dengan detail yang tajam

5

Sony

Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA

Sony Sonnar T* FE 55mm F1.8 ZA 1枚目

Hasilkan foto wedding yang lebih artistik

6

Sony

Vario-Tessar T* FE 24-70mm F4 ZA OSS

Sony Vario-Tessar T* FE 24-70mm F4 ZA OSS 1枚目

Untuk mendapatkan hasil video yang lebih sinematik

7

Sony

FE 70-200mm F4 G OSS

Sony FE 70-200mm F4 G OSS 1枚目

Lensa tele nan ergonomis, juaranya fotografi outdoor

8

Sony

E 10-18mm F4 OSS

Sony E 10-18mm F4 OSS 1枚目

Dapatkan foto ultra-wide yang memukau dan tajam

9

Sony

FE 24-240mm F3.5-6.3 OSS

Sony  FE 24-240mm F3.5-6.3 OSS 1枚目

Zoom sangat fleksibel, lebih bebas memotret dengan framing berbeda

10

Sony

Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS

Sony Vario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSS 1枚目

Lensa yang sempurna untuk street photography

Perincian produk
Close
No.1

SonyE 35mm F1.8 OSS LensSEL35F18

Mulai dari Rp4.549.000,00

Foto makanan terlihat lebih menggiurkan!

Kelebihan:

  • Built quality tampak solid
  • Harganya cukup terjangkau di kelasnya

Kekurangan:

  • Hasilnya kurang maksimal apabila dipakai di sensor full frame

Salah satu tantangan dari seorang fotografer makanan adalah membuat foto yang terlihat lezat dan menggiurkan. Jika Anda menggunakan lensa biasa, akan sulit rasanya untuk mendapatkan foto yang sempurna. Untuk itu, gantilah lensa lama Anda dengan produk ini. Lensa ini memiliki keunggulan dalam pengambilan gambar di cahaya rendah berkat aperture yang lebar.


Lensa ini akan sangat membantu Anda saat memotret makanan di dalam ruangan ataupun saat malam hari. Selain itu, latar foto yang bokeh tentunya kian mempercantik hasil gambar makanan. Tidak heran apabila lensa ini cukup banyak diminati pengguna kamera bersensor APS-C.

No.2

SonyFE 28-70mm F3.5-5.6 OSSSEL2870

Mulai dari Rp6.939.000,00

Lensa kit standar untuk pemula

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan dengan ukuran yang compact

Kekurangan:

  • Kualitas lensanya standar

Bagi Anda yang baru memulai hobi fotografi dengan kamera full frame, memilih lensa ini bukanlah pilihan yang salah. Pasangan ideal untuk kamera full frame body only adalah lensa kit ini. Baik untuk keperluan foto dan video, lensa ini mampu memberikan hasil yang cukup bagus.


Ukuran focal length-nya termasuk standar yang mampu menghasilkan gambar semi-wide hingga mode portrait. Lensa kit ini sudah dilengkapi Optical SteadyShot™ yang memudahkan Anda sebagai pemula untuk mendapatkan hasil gambar maksimal.

No.3

SonyFE 85mm F1.8SEL85F18

Mulai dari Rp8.099.000,00

Hasilkan foto portrait dengan bokeh yang smooth

Kelebihan:

  • Motor autofokus linier ganda yang halus dan presisi
  • Tahan debu dan kelembapan

Kekurangan:

  • Bodi masih terasa menggunakan bahan plastik

Lensa ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang suka memotret menggunakan model. Performa aperture melingkar sembilan bilah pada lensa ini dapat menghasilkan bokeh yang halus. Belum lagi dengan aperture F1.8, ketajaman gambar yang dihasilkan akan membuat Anda takjub.


Pengaturan mode manual dan autofokus pada lensa ini pun sangat membantu Anda dalam pengoperasian. Saat ingin mengunci objek gambar, Anda dapat menahan tombol fokus yang berada di sisi samping lensa. Bersiaplah untuk memotret ekspresi terbaik dari setiap model yang Anda abadikan!

No.4

SonyFE 90mm F2.8 Macro G OSSSEL90M28G

Mulai dari Rp16.199.000,00

Macro lense Sony dengan detail yang tajam

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi Coating Nano AR yang menekan refleksi cahaya
  • Sudah tahan debu dan udara lembap

Kekurangan:

  • Ukurannya besar dan bobotnya cukup berat

Bagi sebagian orang, fotografi makro adalah genre foto yang sangat sulit, contohnya mengabadikan semut yang sedang minum air. Dengan focal length 90 mm, lensa ini mampu meringankan kesulitan tersebut.


Lensa ini sangat efektif digunakan untuk pengambilan gambar dengan kondisi cahaya rendah. Berkat aperture besar F2.8. Stabilizer-nya pun mampu menunjang pengambilan gambar agar tetap fokus, detail, dan tajam. Untuk keperluan fotografi makro, serahkan semua pada lensa ini!

No.5

SonySonnar T* FE 55mm F1.8 ZASEL55F18Z

Mulai dari Rp13.849.000,00

Hasilkan foto wedding yang lebih artistik

Kelebihan:

  • Bodi berbahan metal premium
  • Optik lensa buatan Carl Zeiss

Kekurangan:

  • Bodi mudah baret apabila tidak berhati-hati

Apakah Anda berprofesi sebagai fotografer dan videografer acara pernikahan? Jika ya, lensa ini wajib Anda coba. Baik untuk kepentingan foto maupun video, lensa ini dapat diandalkan. Momen bahagia klien Anda dapat terekam secara sempurna dengan lensa berlabel Zeiss ini.


Selain itu, ditambah aperture yang lebar, pastinya Anda dapat menghasilkan foto yang bokeh. Lensa ini juga dibekali lapisan antisilau sehingga cukup nyaman digunakan di ruangan penuh cahaya.

No.6

SonyVario-Tessar T* FE 24-70mm F4 ZA OSSSEL2470Z

Mulai dari Rp14.199.000,00

Untuk mendapatkan hasil video yang lebih sinematik

Kelebihan:

  • Gambar yang sangat tajam di bagian tengah
  • Bodi sudah berbahan metal

Kekurangan:

  • Bodi cukup besar saat dipasang di kamera Sony A7
  • Belum ada pengaman water resistant

Produk ini adalah lensa yang cocok dimiliki bagi Anda yang gemar atau berprofesi di dunia videografi. Hal itu karena ring zoom-nya yang terasa agak berat justru memberikan efek transisi zoom in dan out yang akurat serta presisi. Selain itu, lensa ini termasuk jenis parfocal, yaitu titik fokusnya ke objek tidak berubah walau sedang di zoom-in dan out.


Tidak hanya unggul dipakai untuk video, lensa zoom ini tetap enak untuk memotret mode lanskap hingga close-up. Hasil foto tentunya khas kualitas Zeiss, yaitu komposisi kontras, warna, dan ketajamannya yang pas. Produk ini cocok masuk daftar wishlist lensa Anda.

No.7

SonyFE 70-200mm F4 G OSSSEL70200G

Mulai dari Rp18.199.000,00

Lensa tele nan ergonomis, juaranya fotografi outdoor

Kelebihan:

  • Sudah terdapat fitur auto stabilizer
  • Dilengkapi dengan weather sealing untuk mencegah lensa berembun
  • Desain ergonomis, meski besar tetap enak digenggam

Kekurangan:

  • Tombol pengaturannya cukup kompleks, mungkin membingungkan bagi pemula
  • Aperture f/4 kurang bokeh dibanding ukuran lainnya yang lebih kecil

Lensa ini didesain untuk pengambilan gambar jarak jauh. Misalnya untuk fotografer kegiatan olahraga maupun wildlife yang menangkap momen langka di alam liar. Lensa ini didesain tahan terhadap debu dan lembap sehingga cukup aman dibawa ke luar ruangan.


Produk ini tentunya telah dibekali fitur stabilisasi yang meminimalisir guncangan sehingga hasil gambar lebih halus dan antiblur. Apabila gemar fotografi jarak jauh, lensa tele ini layak Anda miliki.

No.8

SonyE 10-18mm F4 OSSSEL1018

Mulai dari Rp9.099.000,00

Dapatkan foto ultra-wide yang memukau dan tajam

Kelebihan:

  • Ketajaman gambar yang baik, terutama di bagian tengah

Kekurangan:

  • Tepian gambar kurang tajam saat dipasang di kamera full frame


Memotret bangunan bersejarah atau arsitektur modern yang banyak detail bisa Anda lakukan dengan lensa wide ini. Rentang focal length dari 10–18 mm mempermudah Anda untuk mendapatkan sudut pandang luas guna menangkap lebih banyak objek. Lensa ini juga unggul dalam hal ketajaman gambar, terutama di bagian tengah. Detail bangunan terkecil pun akan dapat tertangkap dengan jelas.

No.9

Sony FE 24-240mm F3.5-6.3 OSSSEL24240

Mulai dari Rp12.649.000,00

Zoom sangat fleksibel, lebih bebas memotret dengan framing berbeda

Kelebihan:

  • Hasil yang tajam terutama di rentang 35–150mm dan di bukaan f/8
  • Bodi sudah berbahan metal

Kekurangan:

  • Bodi bongsor dan agak timpang saat dipakai di kamera mirrorless
  • Autofocus agak lambat untuk memotret jarak dekat

Pengguna kamera bersensor full frame kini tidak perlu lagi membawa lensa tele besar yang berat. Cukup membawa lensa ini, berbagai kebutuhan fotografi dapat terpenuhi. Lensa ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang menyukai traveling dan tidak mau repot membawa banyak peralatan fotografi. Memotret mode wide, portrait, ataupun close-up bisa dilakukan hanya dengan satu lensa. Lebih ringkas, bukan?

No.10

SonyVario-Tessar T* E 16-70mm F4 ZA OSSSEL1670Z

Mulai dari Rp12.249.000,00

Lensa yang sempurna untuk street photography

Kelebihan:

  • Optik lensa buatan Carl Zeiss
  • Bodi sudah berbahan metal

Kekurangan:

  • Lebih maksimal di kamera sensor APS-C

Fotografi jalanan merupakan genre fotografi yang mengabadikan objek di ruang terbuka dalam kondisi tanpa pengarahan. Pengambilan gambar genre ini biasanya dilakukan di jalan atau pasar. Untuk itu, disarankan membawa kamera dan lensa yang ringkas agar tidak tampil mencolok dan mengganggu mobilitas sekitar.


Apabila Anda pengguna Sony mirrorless bersensor APS-C, lensa ini adalah pilihan yang bagus. Dengan label Zeiss, Anda akan mendapatkan hasil gambar yang tajam dan lebih dramatis. Karakter foto kamera dan lensa Sony yang menonjolkan warna biru akan sangat cocok untuk memotret latar pemandangan alam.

Baca juga produk lensa kamera lainnya di sini

Selain mengulas lensa terbaik untuk kamera mirrorless Sony, kami juga telah menyiapkan beberapa artikel lensa lainnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mendapatkan referensi lensa terbaik untuk kamera Anda. Semoga Anda mendapatkan produk yang tepat, ya!

Kesimpulan

Lensa mirrorless merek Sony memang terbilang cukup mahal. Namun, harga yang mahal tersebut tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Jangan lupa untuk menyesuaikan sensor kamera dengan kamera Anda.


Selain itu, karena lensa mirrorless merek Sony tersedia dalam berbagai jenis, pilihlah yang dapat memenuhi kebutuhan memotret Anda. Semoga ulasan di atas membantu Anda untuk segera mendapatkan lensa impian, ya! Selamat memotret dan mengunggahnya ke media sosial!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer